Budaya
Home > LOEKELOE > SUPRANATURAL > Budaya > Menguak Misteri Bali... (Ilmu Bali part II)
Total Views: 237444
Page 117 of 168 | ‹ First  < 112 113 114 115 116 117 118 119 120 121 122 >  Last ›

ccck - 02/04/2011 04:26 PM
#2321

Quote:
Original Posted By onnomotto
ada gambar nya gak gan. biar bisa bedain aksara jawa dengan aksara bali


modifikasi itu maksud bentuk tulisan nya sama tapi baca nya beda ya gan. kalo aksara yang banyak di pake tuh aksara yang sudah di modif atau aksara jawa gan

nih sebagai perbandingan dan tambahan dari apa yang dimuat oleh bro patih; (saya copas dari tempat lain)

Aksara dasar Hanacaraka Jawa (20 Aksara);



Aksara dasar Hanacaraka Bali (18 aksara):



semoga membantu

Quote:
Original Posted By onnomotto
kalo masoda, mesegeh, macaru, dan metetabuh adalah kembali kepada keyakinan pribadi berarti tidak semua orang di bali melakukan nya ya?

setiap masyarakat Bali yang menganut agama Hindu melakukan hal diatas gan, cuman pelaksaannya yang berbeda, contoh aja jika di Bali selatan maka setiap sore mesegeh sedangkan klo di Bali utara hanya saat2 tertentu aja...

Quote:
Original Posted By onnomotto
apakah di bali ada hukum adat nya sendiri yang diberikan kepada orang yang dianggap melanggar adat, sekalian contohnya gan.

ada, ntar yang beginian dibahas oleh para tetua, bli sakradeva atau bli saphiae...
ccck - 02/04/2011 04:45 PM
#2322

Quote:
Original Posted By Dai Nippon
klo bali majapahit,ada ciri khusus yg bisa ngebedain ma bali aga n bali muga ga gan (bahasa/fisik/dll)

n kebanyakan mendiami bali sebelah mana gan/dah nyebar ke satu pulau??

ciri khusus jaman sekarang tidak ada gan karena semua udah membaur klo dahulu ada pembedanya yaitu bahasa yang disebut "omong negari" dan "omong pojol"...

yang saya tau bali aga yaitu masyarakat bali yang dari sejak awal ada di bali , kemudian bali mula yaitu perpaduan masyarakat bali aga dengan pengikut Rsi Markandeya, trus yang bali majapahit yah... yang datang waktu 'eksodus' itu...

klo sekang udah menyebar tempat tinggalnya sedangkan klo dahulu yang bali mula dan bali aga di daerah pegunungan sedangkan yang bali majapahit di dataran rendah...

mungkin para tetua bisa memberikan informasi lebih lengkap...
saphiae - 02/04/2011 08:25 PM
#2323

Quote:
Original Posted By ccck

ada, ntar yang beginian dibahas oleh para tetua, bli sakradeva atau bli saphiae...

Jeg care paling truna neeeeee I ccck
Tiang sebenarnya ga tau apa2 juga. Bentuk pelanggaran yang umumnya dikenakan sangsi adat misalnya tidak pernah hadir dalam kegiatan adat yg dilaksanakan banjar / desa setempat. Sangsinya sering disebut dengan penanjung batu. Bentuk sangsinya beraneka ragam, mulai dari sembako, uang, hingga dikeluarkan dari warga adat. Kira2 begitu lah....
saphiae - 03/04/2011 02:02 PM
#2324

Umat Hindu Bali dan umat Shinto Jepang... Hum....

http://www.mediaindonesia.com/read/2011/04/03/214951/129/101/Doa-untuk-Korban-Tsunami-Jepang-dari-Bal i
denizz - 03/04/2011 04:54 PM
#2325

wah keren nih Thread ane RATE5 ya biar HT :rate5
mangdee - 03/04/2011 07:52 PM
#2326

ane ikut nyimak gan...
FaceKas - 03/04/2011 08:34 PM
#2327

Quote:
Original Posted By IMade in Jpn


Salam sejahtera...

Thread ini bertujuan untuk mengenalkan pulau, budaya dan manusia Bali...
Mudah-mudahan dapat bermanfaat menambah pengetahuan setidaknya dapat menjadi referensi agar liburan rekan-rekan di pulau dewata ini dapat semakin menarik....

bagi yang berminat dengan buku kitab ilmu leak bali bisa menghubungi EDY di 081584750791,oke thanks
patihdjelantik - 03/04/2011 08:36 PM
#2328

     
Quote:
Original Posted By FaceKas
bagi yang berminat dengan buku kitab ilmu leak bali bisa menghubungi EDY di 081584750791,oke thanks

yang boneng gan? emang boleh sembarangan gitu dibagiin
sopholore - 03/04/2011 08:44 PM
#2329

Quote:
Original Posted By FaceKas
bagi yang berminat dengan buku kitab ilmu leak bali bisa menghubungi EDY di 081584750791,oke thanks


kalo gratis tis saya juga mau
patihdjelantik - 03/04/2011 08:47 PM
#2330

     
Quote:
Original Posted By sopholore
kalo gratis tis saya juga mau

apalagi gratis ongkir juga ya gan






ane juga mau gan, kalo gratis
maap udah ngejang dikit
saphiae - 03/04/2011 09:31 PM
#2331

Quote:
Original Posted By FaceKas

bagi yang berminat dengan buku kitab ilmu leak bali bisa menghubungi EDY di 081584750791,oke thanks


Wow baru tau kalo ada kitab nya...

Preview dong gan...... No pic = hoax
ccck - 04/04/2011 09:52 AM
#2332

Quote:
Original Posted By saphiae
Jeg care paling truna neeeeee I ccck

kan mula seken...

Quote:
Original Posted By saphiae
Umat Hindu Bali dan umat Shinto Jepang... Hum....

http://www.mediaindonesia.com/read/2011/04/03/214951/129/101/Doa-untuk-Korban-Tsunami-Jepang-dari-Bal i

nih tak perbaiki linknya;
http://mediaindonesia.com/read/2011/04/03/214951/129/101/Doa-untuk-Korban-Tsunami-Jepang-dari-Bali

yang lalu juga tidak bisa dibuka...

Quote:
Original Posted By FaceKas
bagi yang berminat dengan buku kitab ilmu leak bali bisa menghubungi EDY di 081584750791,oke thanks

apa beda buku dengan kitab ya..??

tapi klo gratis mau juga tuh...
saphiae - 04/04/2011 07:50 PM
#2333

Quote:
Original Posted By ccck

kan mula seken...


Okelah kalo begitu


Quote:
Original Posted By ccck
nih tak perbaiki linknya;
http://mediaindonesia.com/read/2011/04/03/214951/129/101/Doa-untuk-Korban-Tsunami-Jepang-dari-Bali

yang lalu juga tidak bisa dibuka...

Matur suksma pak.....

Quote:
Original Posted By ccck
apa beda buku dengan kitab ya..??

tapi klo gratis mau juga tuh...

Tulisannya beda

OOT dikit:
Ck, pernah ga terpikir tentang candi2 dan peninggalan2 sejarah Hindu yg tak terurus di pulau Jawa?? Saya pernah berpikir alangkah sedihnya yg berstana di sana dan andai saja beliau2 yg di sana dibuatkan tempat yg baru dan ada yg mengurus. Jikalau masyarakat setempat tidak mau mengurus, berikan kepada orang Bali / pihak Hindu yg terkait utk mengurusnya. Jikalaupun urusannya sampai mentok, biar saja semua yg berstana disana dipendak dan diiring utk distanakan di pulau Bali utk dibuatkan tempat yg khusus. Hehehehe kayanya mengkhayal banget yah......
patihdjelantik - 04/04/2011 08:03 PM
#2334

     
Quote:
Original Posted By saphiae
Okelah kalo begitu



Matur suksma pak.....


Tulisannya beda

OOT dikit:
Ck, pernah ga terpikir tentang candi2 dan peninggalan2 sejarah Hindu yg tak terurus di pulau Jawa?? Saya pernah berpikir alangkah sedihnya yg berstana di sana dan andai saja beliau2 yg di sana dibuatkan tempat yg baru dan ada yg mengurus. Jikalau masyarakat setempat tidak mau mengurus, berikan kepada orang Bali / pihak Hindu yg terkait utk mengurusnya. Jikalaupun urusannya sampai mentok, biar saja semua yg berstana disana dipendak dan diiring utk distanakan di pulau Bali utk dibuatkan tempat yg khusus. Hehehehe kayanya mengkhayal banget yah......

sepertinya sekarang sudah banyak yang peduli bli
setiap saya maen ke Candi Badut atau Candi Singosari (tempat jangkauan saya ), pasti selalu ada dupa dan bekas sesajen dan bunga2 disekitar Lingga-Yoni. biasanya sih kesana 2minggu-2bulan sekali
kata penjaga juga, lumaayan banyak orang datang ke Candi untuk sembahyang, entah dari Hindu atau Penghayat Kejawen dan lainnya.
saphiae - 04/04/2011 08:45 PM
#2335

Quote:
Original Posted By patihdjelantik
     
sepertinya sekarang sudah banyak yang peduli bli
setiap saya maen ke Candi Badut atau Candi Singosari (tempat jangkauan saya ), pasti selalu ada dupa dan bekas sesajen dan bunga2 disekitar Lingga-Yoni. biasanya sih kesana 2minggu-2bulan sekali
kata penjaga juga, lumaayan banyak orang datang ke Candi untuk sembahyang, entah dari Hindu atau Penghayat Kejawen dan lainnya.


Oh yah??? Waaahhhhh bagus lah kalo begitu
Kira2 disana memperhitungkan rainan atau odalan ga yah?? Seperti halnya di Bali?? Tetapi tiang takut ketika jika ada yg mengatakan mem-Bali-kan Hindu
Abis mau gimana lagi?? Amontoan dogen ye nawang.... Amonto dogen ye rage melaksana..... Ketimbang punah sama sekali.....
patihdjelantik - 04/04/2011 08:58 PM
#2336

     
Quote:
Original Posted By saphiae
Oh yah??? Waaahhhhh bagus lah kalo begitu
Kira2 disana memperhitungkan rainan atau odalan ga yah?? Seperti halnya di Bali?? Tetapi tiang takut ketika jika ada yg mengatakan mem-Bali-kan Hindu
Abis mau gimana lagi?? Amontoan dogen ye nawang.... Amonto dogen ye rage melaksana..... Ketimbang punah sama sekali.....

yang Hindu bli? ane hindu tetep rainane purname tilem. tapi yen Hindu Jawa, biasane ye ke pura selain purnama tilem to pas Kliwon bli, dini purane ing care di Bali bli (pura desa, pura keluarga, dll). biasane tiap desa atau dusun ada besik pura, malah ade ne 4 dusun (beda desa) purane abesik , samping to guru agama masih bedik ade dini (terutama di desa-desa bli)
ne aneh to, yen sembahyang bek ne nganggo baju adat Bali meskipun ada beberapa tetua yang masih menggunakan busana Jawa. coba yen sembahyang nganggo busana adat masing2, jeg pasti lebih luung tepuk, lebih beragam
meskipun mereka tidak keberatan bersembahyang menggunakan baju adat Bali, tapi menurut saya sih lebih baik jika menggunakan busana masing2, nyak cocok asane bli?


btw adi OOT bek dadine __________
saphiae - 04/04/2011 10:29 PM
#2337

Quote:
Original Posted By patihdjelantik
     
yang Hindu bli? ane hindu tetep rainane purname tilem. tapi yen Hindu Jawa, biasane ye ke pura selain purnama tilem to pas Kliwon bli, dini purane ing care di Bali bli (pura desa, pura keluarga, dll). biasane tiap desa atau dusun ada besik pura, malah ade ne 4 dusun (beda desa) purane abesik , samping to guru agama masih bedik ade dini (terutama di desa-desa bli)
ne aneh to, yen sembahyang bek ne nganggo baju adat Bali meskipun ada beberapa tetua yang masih menggunakan busana Jawa. coba yen sembahyang nganggo busana adat masing2, jeg pasti lebih luung tepuk, lebih beragam
meskipun mereka tidak keberatan bersembahyang menggunakan baju adat Bali, tapi menurut saya sih lebih baik jika menggunakan busana masing2, nyak cocok asane bli?


btw adi OOT bek dadine __________


Tiang sih cocok2 aja.... Tapi seperti apa yg saya bilang di atas mengingat kendala kurangnya guru agama, dimana lagi mau nyari selain di Bali?? Dan tentunya ke-Bali-an Hindu pun akan terbawa. Jadinya ya begitulah, busana ke pura jadi beraneka ragam. Ada yg kiblatnya ke Bali ada pula yg masih Jawa.... Namun yg penting pada intinya adalah sama yaitu menuju kepada Ida SangHyang Widhi Wasa.
Lalu bagaimana dari bentuk persembahannya?? Apa masih pada budaya setempat atau sudah seperti di Bali?? Seperti canang, gebogan, daksina, prayascita, tulung sayut, pras pengambyan, bia kaon, dan lain sebagainya......??
Trus gamelan?? Pake gamelan Bali atau gamelan Jawa??? Beh jeg penasaran sajan tiang
patihdjelantik - 04/04/2011 10:57 PM
#2338

     
Quote:
Original Posted By saphiae
Tiang sih cocok2 aja.... Tapi seperti apa yg saya bilang di atas mengingat kendala kurangnya guru agama, dimana lagi mau nyari selain di Bali?? Dan tentunya ke-Bali-an Hindu pun akan terbawa. Jadinya ya begitulah, busana ke pura jadi beraneka ragam. Ada yg kiblatnya ke Bali ada pula yg masih Jawa.... Namun yg penting pada intinya adalah sama yaitu menuju kepada Ida SangHyang Widhi Wasa.
Lalu bagaimana dari bentuk persembahannya?? Apa masih pada budaya setempat atau sudah seperti di Bali?? Seperti canang, gebogan, daksina, prayascita, tulung sayut, pras pengambyan, bia kaon, dan lain sebagainya......??
Trus gamelan?? Pake gamelan Bali atau gamelan Jawa??? Beh jeg penasaran sajan tiang

emang sih tujuannya tetep satu Sang Hyang Widhi Wasa...
masalah persembahan, wakakakaka tiang ing ngerti bli jenis2ne, tiang nawangne canang sari, daksina jak soda gen . tapi dari pengamatan sih, udah ada percampuran dan disini sepertinya jauh lebih sederhana, dan masih banyak sekali yang menggunakan cok bakal, kalau gaya bali sih paling yang banyak itu canang sari. maklum, tiang ing ngerti banten . gamelan, tetep gamelan jawa dong bahkan kidungnya pun pake kidung jawa (pengalaman di desa yang pernah saya datangi saat purnama). kebetulan desa to lumayan luung bli, suud sembahyang to biasane ade care pesantian keto .
guru agama, tapi sekarang sudah banyak mahasiswa yang belajar agama di sekolah2 agama Hindu.
kalo sejarah agama Hindu, mereka bertahan dengan hanya modal kebudayaan dan tradisi aja bli, meskipun dengan pengetahuan agama yang minim, hampir sama dengan tetau kita di Bali dulu. itu sih katanya dari informasi sesepuh di sana
saphiae - 05/04/2011 12:09 AM
#2339

Quote:
Original Posted By patihdjelantik
     
emang sih tujuannya tetep satu Sang Hyang Widhi Wasa...
masalah persembahan, wakakakaka tiang ing ngerti bli jenis2ne, tiang nawangne canang sari, daksina jak soda gen . tapi dari pengamatan sih, udah ada percampuran dan disini sepertinya jauh lebih sederhana, dan masih banyak sekali yang menggunakan cok bakal, kalau gaya bali sih paling yang banyak itu canang sari. maklum, tiang ing ngerti banten . gamelan, tetep gamelan jawa dong bahkan kidungnya pun pake kidung jawa (pengalaman di desa yang pernah saya datangi saat purnama). kebetulan desa to lumayan luung bli, suud sembahyang to biasane ade care pesantian keto .
guru agama, tapi sekarang sudah banyak mahasiswa yang belajar agama di sekolah2 agama Hindu.
kalo sejarah agama Hindu, mereka bertahan dengan hanya modal kebudayaan dan tradisi aja bli, meskipun dengan pengetahuan agama yang minim, hampir sama dengan tetau kita di Bali dulu. itu sih katanya dari informasi sesepuh di sana


Wuih mantap!! Tiang yakin, getaran vibrasi di pura itu pasti kuat sekali. Tiang juga sangat bersyukur masih ada yg melestarikan warisan leluhur walaupun dalam kelompok2 kecil. Semoga teman2 dan saudara2 di sana rahayu selalu. Astungkara.....
socrates.quest - 05/04/2011 11:38 AM
#2340

Quote:
Original Posted By saphiae
Okelah kalo begitu



Matur suksma pak.....


Tulisannya beda

OOT dikit:
Ck, pernah ga terpikir tentang candi2 dan peninggalan2 sejarah Hindu yg tak terurus di pulau Jawa?? Saya pernah berpikir alangkah sedihnya yg berstana di sana dan andai saja beliau2 yg di sana dibuatkan tempat yg baru dan ada yg mengurus. Jikalau masyarakat setempat tidak mau mengurus, berikan kepada orang Bali / pihak Hindu yg terkait utk mengurusnya. Jikalaupun urusannya sampai mentok, biar saja semua yg berstana disana dipendak dan diiring utk distanakan di pulau Bali utk dibuatkan tempat yg khusus. Hehehehe kayanya mengkhayal banget yah......

yg dibold, beh.. nyanan di bali bek bethara bli, bethara uli luar negeri be ngeliunang gen, jani bethara di jawa masi pindah ke bali hehe..

Quote:
Original Posted By patihdjelantik
     
yang Hindu bli? ane hindu tetep rainane purname tilem. tapi yen Hindu Jawa, biasane ye ke pura selain purnama tilem to pas Kliwon bli, dini purane ing care di Bali bli (pura desa, pura keluarga, dll). biasane tiap desa atau dusun ada besik pura, malah ade ne 4 dusun (beda desa) purane abesik , samping to guru agama masih bedik ade dini (terutama di desa-desa bli)
ne aneh to, yen sembahyang bek ne nganggo baju adat Bali meskipun ada beberapa tetua yang masih menggunakan busana Jawa. coba yen sembahyang nganggo busana adat masing2, jeg pasti lebih luung tepuk, lebih beragam
meskipun mereka tidak keberatan bersembahyang menggunakan baju adat Bali, tapi menurut saya sih lebih baik jika menggunakan busana masing2, nyak cocok asane bli?


btw adi OOT bek dadine __________


Yg dibold, maksudnya pakaian putih kuning ya bos? mungkin skrg scr diam2 sdh disepakati sbg pakaian sembahyang Hindu di Indonesia, yg pake merasa nyaman krn warnanya putih kuning, modelne gen sesuaiang jak daerah masing2, keto mungkin..
Page 117 of 168 | ‹ First  < 112 113 114 115 116 117 118 119 120 121 122 >  Last ›
Home > LOEKELOE > SUPRANATURAL > Budaya > Menguak Misteri Bali... (Ilmu Bali part II)