Budaya
Home > LOEKELOE > SUPRANATURAL > Budaya > Menguak Misteri Bali... (Ilmu Bali part II)
Total Views: 237444
Page 3 of 168 |  < 1 2 3 4 5 6 7 8 >  Last ›

tri3nitr3 - 28/08/2008 01:56 AM
#41

Quote:
Original Posted By se7en heaven
cuma bisa nyumbang foto2 ini utk mengagumi budaya bali:















maaf kalo oot.


mantabs... budaya indonesia kya akan budaya yah apalagi bali...
om tau ga pasupati itu apa???
trus ak pernah denger simar maya lanang sejati itu apa yah om.. om tau ga???
wiatnata - 28/08/2008 02:42 AM
#42

Quote:
Original Posted By se7en heaven
cuma bisa nyumbang foto2 ini utk mengagumi budaya bali:















maaf kalo oot.


wow...bagus sekali juragan........
IMade in Jpn - 28/08/2008 08:07 AM
#43
Kanda Pat... (sedikit tambahan)

[QUOTE=sanfak2006;42304252]Mohon izin bli made, kalau berkenan untuk membabarkan ilmu kandapat (kanda empat)
IMade in Jpn - 28/08/2008 08:14 AM
#44

Quote:
Original Posted By okeagung
Tetap semangat Bli. Saya ikutan dukung deh

Suksma... ditunggu masukannya
Quote:
Original Posted By Dukun_komputer
Ijin menyimak mas TS......


Quote:
Original Posted By untungsuropati
lanjut dong bli made
filasafat kain polengnya manteb


Quote:
Original Posted By wirogendeng 212
nunggu puhsese turun gunung ah

ikutan nunggu ahh
Quote:
Original Posted By jaro san
Lanjoet bli Made sanma....

monsieur jaro
Quote:
Original Posted By Suzaku Musha
poleng bang bintulu

sarung'e mas Musha...
Quote:
Original Posted By sungoku
Iya..jadi teringat film ratu calonarang...
Bali masih sangat kental dengan mistiknya...
silahkan dilanjut Kang made...

hatur nuhun Kang, hapunten yeuh saukur ngiringan nyaurkeun kaendahan Nusantara...
Quote:
Original Posted By dewaruci
izin menyimak bli


Quote:
Original Posted By pandapenyet
nambah pengetahuan lg nehhhh....


Quote:
Original Posted By Bettencourt
@wiatnata
dija ngalih to bro...
@TS dan saudara2 sekalian...
perkenalkan saya nubie di sini mohon ijin menyimak.... agar supaya diterima ke depannya...

jangan segan untuk berpartisipasi Bli...
Quote:
Original Posted By LANGITIMUR
ilmu bali..........ikut nyimak .......yacgh....


Quote:
Original Posted By h4Xx0r
Om Awighnamastu Namo Siddham

Kanda Pat
-Spiritual
-Filosofi
-Kehidupan
-Supranatural

walaupun ada sesepuh yang tahu saya yakin beliau tidak berani "ajawera"

untuk belajar lebih baik langsung bertemu orang yang bisa dan tahu sastra
bukan disini


Quote:
Original Posted By permenmolor
ohhhh mbah Made....
salim buat mbah Made.......


Quote:
Original Posted By se7en heaven
cuma bisa nyumbang foto2 ini utk mengagumi budaya bali:


terimakasih... terus ditunggu sumbangsihnya
IMade in Jpn - 28/08/2008 08:34 AM
#45
Meru

Quote:
Original Posted By weeshnoe
mudah2an nggak OOT yaaa...
oh ya sebelumnya mau mengucapkan selamat galungan & kuningan untuk yang merayakannya....
Bli, saya mau tanya nih, apa hubungannya [b]ketinggian dengan ibadah, ritual dan atau spiritual masyarakat Bali/Hindu Bali?
[/B]
yang saya tau pohon2 tinggi mendapatkan tempat yang "istimewa" di Bali. Mungkin hampir sama dengan di jawa atau tempat2 lain di nusantara, bahwa pohon2 besar dan tinggi akan dianggap menjadi tempat tinggal nya "mahluk tertentu" dan karenanya diistimewakan. Tetapi di Bali hal seperti ini kemudian "diresmikan" dalam praktek keagamaan sehari2 di Bali (seperti yang saya lihat, mohon maaf kalau ada salah penafsiran).

Contohnya seperti saya pernah mendengar ada larangan membuat bangunan2 tinggi di Bali, selain itu juga pohon2 yang tinggi nya "di luar kebiasaan" selalu ditempatkan semacam altar persembahyangan di bawahnya.

paling tidak hal ini pernah saya lihat di pohon tinggi di pinggir bulevard di depan bandara Ngurah Rai...kalau agak2 lupa pohon yang mana mungkin bisa diingat dari: kalau kita keluar dari bandara dan ingin ke arah nusa dua/kuta melewati jalan/bulevard yang lama yang nanti nya ketemu pertigaan yang ada patung di tengah2nya, nanti sebelum patung itu disebelah kiri jalan ada pohon tinggi yang akarnya sudah merusak jalanan.
tolong dishare ceritanya disini ya Bli




[b]ketinggian dengan ibadah, ritual dan atau spiritual masyarakat Bali/Hindu Bali?
[/B]

Dalam kepercayaan Bali (Nusantara) yang mana hal ini juga dapat terlihat dalam setiap kepercayaan lama, dimana "keberadaan" surga dimana Tuhan bertempat tinggal ada di "atas" dan nereka berada di bawah, hal menyebabkan masyarakat tradisional akan "mengejewantahkan" kebradaan surga tersebut terdapat di gunung yang tinggi.
Bagi masyarakat Bali, lokasi ini diidentikan dengan Gunung Agung.
Dalam prakteknya, secara turun temurun mereka menyimbolkannya dengan bentuk bangunan yang disebut "Meru" sebuah bangunan dengan pola atap bertingkat dalam jumlah ganjil sebagai stana para dewa dan penghormatan leluhur.
Kebanyakan Meru dibangun sedikit lebih tinggi dari pohon kelapa dewasa, sehingga pada era pemerintahan Presiden Soekarno pernah dikeluarkan larangan mendirikan bangunan (di Bali) yang melebihi tinggi pohon kelapa sebagai bentuk respek terhadap kepercayaan setempat.

***************
Tidak semua pohon besar di "sembahyangi" perlu suatu pengkajian khusus yang dilakukan oleh para pemuka agama dan pimpinan adat setempat untuk menetapkan pohon, benda atau lokasi tertentu sebagai lokasi "persembahyangan" bagi warga setempat (khususnya).
Maknanya kurang lebih sama dengan yang dipercaya oleh masyarakat tradisional di Jawa sebagai "danhyangan", di Bali dikenal dengan istilah Bhuta.
"Persembahyangan" ini dimaksudkan untuk "menenangkan" para Bhuta sehingga tidak mengganggu kehidupan masyarakat.

Dalam kondisi tertentu, lokasi para bhuta bisa dipindahkan melalui ritual tertentu, namun biasanya kalau masih bisa ditolerir, masyarakat segan untuk memindahkan nya.
IMade in Jpn - 28/08/2008 08:46 AM
#46

Quote:
Original Posted By okeagung
Bli2 sesepuh....kalo bisa, dibabar juga tentang Dewata Nawa Sanga dan teknik untuk menyatukannya di mikrokosmos.
Tararatengkyu......

Sekedar untuk mengetahui apa itu Dewata Nawa Sanga mungkin bisa di baca disini untuk masalah teknik, ini yang agak repot bli...
Diperlukan pendalaman dalam memahami pakuwon ala Bali...
IMade in Jpn - 28/08/2008 08:56 AM
#47

Quote:
Original Posted By sanmu0231
wah ada s45p versi Bali y...?
mas ktnya klo beda kasta itu bisa keliatan pas di pura?Di share donk mas(bkn mas ya di sini,mungkin 'Bli' )
salim dl ah


Quote:
Original Posted By wiatnata
kelihatan dari mana nya mas???? saya yang dah sering ke pura ja klo gak kenalan ma orangnya gak bakalan tau kastanya.....
salam kenal mas....


Dalam persembahyangan di pura "Kahyangan Jagat" (pura umum) dimana semua umat Hindu Bali berkumpul, seperti yang bli wiatnata sampaikan mas... tidak akan dapat diketahui latar belakangnya sampai kenalan...
Tapi kalau melakukan persembahyangan di pura keluarga, maka akan dipisahkan lokasi pemujaannya.
Kasta hanya eksis dalam konsep budaya feodal kok mas... memang masih kental pada mereka yang hidup dalam kungkungan budaya kolot tersebut (saat ini hanya sebagian kecil saja kok)
ignpluhur - 28/08/2008 10:07 AM
#48

Bli, bisa dibantu untuk penggolongan ilmu bali??
wiatnata - 28/08/2008 01:03 PM
#49

Quote:
Original Posted By ignpluhur
Bli, bisa dibantu untuk penggolongan ilmu bali??


ilmu kebathinan kah??? ilmu para pedagang...wkakakakakaka....
Nikho - 28/08/2008 01:37 PM
#50

ijin menyimak ah
ashary - 28/08/2008 08:59 PM
#51

thread yang bagus neh....saya tertarik mengenal semua kebudayaan di indonesai neh.....termasuk bali tentunya...
sanmu0231 - 28/08/2008 09:04 PM
#52

Quote:
Original Posted By wiatnata
kelihatan dari mana nya mas???? saya yang dah sering ke pura ja klo gak kenalan ma orangnya gak bakalan tau kastanya.....

salam kenal mas....


salam kenal juga mas watnata
Jd...Dl sy maen ke Bali...Trus iseng2 ngobrol ama driver pribadi kami
Iseng2 nanyain tentang pura kurang lebih percakapan bgini
x:"Pak,apakah smua orang boleh masuk ke pura?"
y:"Oh,smua boleh masuk...Tapi ada tempat yang disakralkan...Klo itu cuma Brahmana(klo gak salah)saja yang boleh masuk."
x:"Loh,ngebedain brahmana ama yang bukan bgimana?"
y:"Ntar di pura jg keliatan"

Nah....Mungkin bs ditanggapi

Salam bw semua dl ah
lapartie7 - 28/08/2008 09:23 PM
#53

welcome back mas made..
sanfak2006 - 28/08/2008 10:01 PM
#54

Quote:
Original Posted By wiatnata
waduh.....saya cuma junker gan, jauh dari lingkup kata sesepuh

beda ma TS....

klo menurut saya kanda pat itu luas sekali lingkupnya..

salah satu nya begini:


itu yang saya tau juragan.....
klo ilmunya walunateng dirah ya saya kurang tau...


salam kenal dari newbie bli wiatnata, di sanur ya bli ?

jadi nambah wawasan nih bli, terima kasih nih postingannya bli
wiatnata - 28/08/2008 10:02 PM
#55

Quote:
Original Posted By sanmu0231
salam kenal juga mas watnata
Jd...Dl sy maen ke Bali...Trus iseng2 ngobrol ama driver pribadi kami
Iseng2 nanyain tentang pura kurang lebih percakapan bgini
x:"Pak,apakah smua orang boleh masuk ke pura?"
y:"Oh,smua boleh masuk...Tapi ada tempat yang disakralkan...Klo itu cuma Brahmana(klo gak salah)saja yang boleh masuk."
x:"Loh,ngebedain brahmana ama yang bukan bgimana?"
y:"Ntar di pura jg keliatan"

Nah....Mungkin bs ditanggapi

Salam bw semua dl ah


maksudnya pinanditha ya bro??? pemangku gitu ya???
wiatnata - 28/08/2008 10:04 PM
#56

Quote:
Original Posted By sanfak2006
salam kenal dari newbie bli wiatnata, di sanur ya bli ?

jadi nambah wawasan nih bli, terima kasih nih postingannya bli


yoi sanur...rumahnya leak...wkakakakakaka

di sanur ngekost, aslinya ubud...hehheehheehe...salam kenal juga bro.....
sanfak2006 - 28/08/2008 10:08 PM
#57

Quote:
Original Posted By IMade in Jpn


Salam sejahtera bro sanfak2006
Kanda Pat sebenarnya bukan tergolong "pangiwan" (ilmu hitam) menurut pendapat saya; Kanda Pat adalah bagian dari ritual Hindu bali yang melekat erat pada kehidupan masyarakat bali itu sendiri... jadi bukan hanya milik Calon Arang dan pengikut aliran "pangiwan" saja...

Sedikit menambah masukan dari "lurah Sanur" ;):


Salam sejahtera juga dari newbie, bli Made

terima kasih banyak atas informasi tambahannya bli, jadi makin bertambah wawasan lagi nih

newbie setuju dengan pendapat bli made mengenai kandapat.

dulu pernah ada yang membahas hal ini dengan saya, tapi sudah agak lupa, jadi mau sekedar refresing biar ingat lagi ;)

Trus mengenai ilmu dan mantra2nya apa masih ada yang mempelajari sampai sekarang di bali bli ? dan penjabaran mengenai kanda empat buta seri 01, dll ?
kalau nggak salah kanda empat buta seri 03 (penjabaran mengenai unsur cair ya bli)?

Trus mengenai penggunaan kata "Ang", "Ung", "Mang" ?

maaf nih bli, jadi banyak tanya nih jadi malu
sanfak2006 - 28/08/2008 10:26 PM
#58

Quote:
Original Posted By wiatnata
yoi sanur...rumahnya leak...wkakakakakaka

di sanur ngekost, aslinya ubud...hehheehheehe...salam kenal juga bro.....


kenal dengan Ida Bagus Sanjaya nggak bli ? wisma/losmen "Manggo" di sanur, kalau nggak salah ?

hmmmm Ubud, kangen euyy ama ijo2 nya
untungsuropati - 28/08/2008 10:28 PM
#59

Quote:
Original Posted By wiatnata
pret ci bogler....enggalin mulih......beliang cang arak ......bendan ci wisuda???

taunya cuma segitu mas untung....itupun copas lagi...hehehheehhe



lanjut bli

walo copasan tp itu penting
hehehehee
untungsuropati - 28/08/2008 10:31 PM
#60

Quote:
Original Posted By IMade in Jpn


Salam sejahtera bro sanfak2006
Kanda Pat sebenarnya bukan tergolong "pangiwan" (ilmu hitam) menurut pendapat saya; Kanda Pat adalah bagian dari ritual Hindu bali yang melekat erat pada kehidupan masyarakat bali itu sendiri... jadi bukan hanya milik Calon Arang dan pengikut aliran "pangiwan" saja...

Sedikit menambah masukan dari "lurah Sanur" ;):


lanjut lanjut bli
kanda 4 versi bali neh
Page 3 of 168 |  < 1 2 3 4 5 6 7 8 >  Last ›
Home > LOEKELOE > SUPRANATURAL > Budaya > Menguak Misteri Bali... (Ilmu Bali part II)