Mamalia
Home > LOEKELOE > MY PETS > Mamalia > Musang lover join ya.. - Part 1
Total Views: 246855
Page 483.5 of 501 | ‹ First  < 478 479 480 481 482 483 484 485 486 487 488 >  Last ›

sewutelu - 27/04/2012 11:48 AM
#9651

Quote:
Original Posted By bheka
update gan..setelah kemarin menangkap anak musang..ane coba kata agan martin untuk dihandfeeding.. gigitnya emang ga gitu sakit sih cuma ngagetin..cuma sekarang si musang2 ini udah mulai mau makan dari tangan ane..biarpun dia nyerang tp ane kasi roti yang ane kunyah dulu ( kata orang dulu makanannya kasi ludah kita biar cepet jinak) pas dia nyerang dia makan roti deh hehehe.. memang ya butuh kesabaran buat jinakinnya. pingin banget musang2 ini bisa ane pegang dan main hehehe..

ini fotonya gan..pada mojok gitu takut..



ini videonya gan..ane handfeeding dia ms suka ngagetin sih..

[youtube]oTzkyulhStA[/youtube]


budayakan multiquote ya kakak

itu sih gampang dijinakinnya, itu bukan agresif kok

tapi itu takut, klo agresif (berani) lebih susah

caranya ya timbulin dulu kepercayaan diri musangnya

jangan dikandangin, ditaruh di dalem rumah aja

klo ga mau pelihara jual aja ke orang, tapi musang pandan sih susah laku, di pasar hwan biasa dijual cuma 100-150k

saya ga rekomen susu, belum pernah ngasi susu soalnya

biasa ngasi bubur sun rasa pisang + jangkrik

dijaga aja biar tainya keras

trus klo susu coba beli susu anjing di vet
bheka - 27/04/2012 12:01 PM
#9652

Quote:
Original Posted By sewutelu
budayakan multiquote ya kakak

itu sih gampang dijinakinnya, itu bukan agresif kok

tapi itu takut, klo agresif (berani) lebih susah

caranya ya timbulin dulu kepercayaan diri musangnya

jangan dikandangin, ditaruh di dalem rumah aja

klo ga mau pelihara jual aja ke orang, tapi musang pandan sih susah laku, di pasar hwan biasa dijual cuma 100-150k

saya ga rekomen susu, belum pernah ngasi susu soalnya

biasa ngasi bubur sun rasa pisang + jangkrik

dijaga aja biar tainya keras

trus klo susu coba beli susu anjing di vet


hehehe iya maap2 soalnya waktu postnya berlainan..

masalahnya ga bisa dibiarin dalam rumah gan..soalnya ada kucing siam ane yg gede n beratnya 7kg. kayanya bisa makin stress tuh musang, krn pas liat kucing ane aja dia udah berdiri tegang musangnya udah gitu kucing siam ane hiperaktif banget bisa dikejar terus tuh musang hehe. dan istri ane jg lg hamil gan..kalo taro didalam rumah bisa diomelin nih

oh dia itu takut yah, oke mungkin nnt sesekali ane taro dalam rumah deh. kalo sekarang belum berani, secara kemarin ane tangkep n pindahin ke kandang digigit sakit banget sampe berdarah2 ni tangan hehehe..udah gitu pake acara lepas lagi nih musangnya, susah bener nangkepnya..

kalo dijual pun katanya yang laku yang jinak ya gan, kalo yang ga jinak susah lakunya. nanti kalo udah berhasil jinakin pasti sayang banget mo jual hehehe

terus terang ane suka sama musang, semenjak liat trit khusus musang ini. dulu pingin beli tp krn banyak pertimbangan ane ga beli. eh malah dapet diloteng tetangga hehehe.. makasih banyak ya gan sharenya..bermanfaat banget nih buat ane. terutama pertama kali miara musang..
final_heaven_13 - 27/04/2012 12:08 PM
#9653

Quote:
Original Posted By bheka
update gan..setelah kemarin menangkap anak musang..ane coba kata agan martin untuk dihandfeeding.. gigitnya emang ga gitu sakit sih cuma ngagetin..cuma sekarang si musang2 ini udah mulai mau makan dari tangan ane..biarpun dia nyerang tp ane kasi roti yang ane kunyah dulu ( kata orang dulu makanannya kasi ludah kita biar cepet jinak) pas dia nyerang dia makan roti deh hehehe.. memang ya butuh kesabaran buat jinakinnya. pingin banget musang2 ini bisa ane pegang dan main hehehe..



itu kandang anjing bukan bro??? kalo musang gw ga nyampe 1 menit ud kabur pake kandang bgituan, itu ada celah lumayan buat dia bisa molosin badannya...lubang yg di bawah kiri dan kanan itu selang jaraknya agak gede, jd kudu ditutupin...kalo musang gw ga bakal kabur, jd kalo lepas ga takut ilang...tp punya lu kalo kabur dr kandang, kudu nyari" dulu kaburnya kmana, dan pas mau ditangkep biasanya gigit...itu kandangnya kudu ditutup celah bawahnya kalo ga mau kabur...

musang gw awalnya demen bgt gigitin jari, galaknya mantap...semakin dia gigit, gw kasih jari gw terus buat digigitin ke dia, lama" jg males dia...sampe skrg gw taro jari depan mulutnya jg diem aja...musangnya masih ketakutan bro, jd kalo lu blm brani utk kena gigit jgn dipaksa nangkep pake sarung tangan dll, krn bau yg ada di tangan itu sebagai pengenalan mereka ke pemiliknya, jd ga perlu pake media lain yg akhirnya malah bikin tambah takut merekanya...kalo lu punya baju bekas ga kepake, lu lap keringet lu trus masukkin ke kandangnya, biar mereka ngenalin bau lu, ini salah satu proses bonding jg...tambahan lg, kalo dia mau gigit, lu kepalin tangan lu bro, trus kasih dia gigit, biasanya ntar dia kena gigit tulang dan abis itu cuman beberapa kali gigit lalu stop, ulangin gtu aj tiap hr, lama" ga mau gigit lg dianya...

kalo gw masih kasih mereka susu dan pisang sebagai makanan utama, kotorannya emang agak lembek itu wajar krn mereka minum susu...emang usia anakkan dan masih nyusu jd gw sesuaikan dgn sistem pencernaan mereka dgn kasih susu...ada yg bilang kasih teh manis lah, indomie pake telor, nasi dikecapin, bagi gw tiap org punya cara merawat yg berbeda tp lebih baik dikembalikkan ke tata cara makannya di alam...
bheka - 27/04/2012 12:29 PM
#9654

Quote:
Original Posted By final_heaven_13
itu kandang anjing bukan bro??? kalo musang gw ga nyampe 1 menit ud kabur pake kandang bgituan, itu ada celah lumayan buat dia bisa molosin badannya...lubang yg di bawah kiri dan kanan itu selang jaraknya agak gede, jd kudu ditutupin...kalo musang gw ga bakal kabur, jd kalo lepas ga takut ilang...tp punya lu kalo kabur dr kandang, kudu nyari" dulu kaburnya kmana, dan pas mau ditangkep biasanya gigit...itu kandangnya kudu ditutup celah bawahnya kalo ga mau kabur...

musang gw awalnya demen bgt gigitin jari, galaknya mantap...semakin dia gigit, gw kasih jari gw terus buat digigitin ke dia, lama" jg males dia...sampe skrg gw taro jari depan mulutnya jg diem aja...musangnya masih ketakutan bro, jd kalo lu blm brani utk kena gigit jgn dipaksa nangkep pake sarung tangan dll, krn bau yg ada di tangan itu sebagai pengenalan mereka ke pemiliknya, jd ga perlu pake media lain yg akhirnya malah bikin tambah takut merekanya...kalo lu punya baju bekas ga kepake, lu lap keringet lu trus masukkin ke kandangnya, biar mereka ngenalin bau lu, ini salah satu proses bonding jg...tambahan lg, kalo dia mau gigit, lu kepalin tangan lu bro, trus kasih dia gigit, biasanya ntar dia kena gigit tulang dan abis itu cuman beberapa kali gigit lalu stop, ulangin gtu aj tiap hr, lama" ga mau gigit lg dianya...

kalo gw masih kasih mereka susu dan pisang sebagai makanan utama, kotorannya emang agak lembek itu wajar krn mereka minum susu...emang usia anakkan dan masih nyusu jd gw sesuaikan dgn sistem pencernaan mereka dgn kasih susu...ada yg bilang kasih teh manis lah, indomie pake telor, nasi dikecapin, bagi gw tiap org punya cara merawat yg berbeda tp lebih baik dikembalikkan ke tata cara makannya di alam...


wah makasih banget ni gan masukannya, nnt ane coba pake baju bekas ane deh n ditaro disana biar dia makin kenal sama bau tuannya hehehe..

iya itu kandang anjing gan, kmrn pas nangkep ane taro dikandang burung eh bisa lepas juga tuh musang. ya ampung bro nangkepnya lg susah bener, n akhirnya ketangkep jg sih trs ane taro di kandang kucing yg biasa buat ke petshop. nah kandang anjingnya kan gede tuh, kemarin ane beliin kawat di tukang bangunan, lobang2 yang gede dan seluruh kandang ane lapisin kawat gan. jadinya dia skrg udah ga bisa kabur lg. hehhe..

oke gan nanti saya coba kepalin tangan ane deh, ya intinya harus jangan takut digigit yah hehehe..

buat agan sewutelu dan final_heaven_13 cek kulkas yah..ane kirim ijo2 seger hehehe..
final_heaven_13 - 27/04/2012 12:54 PM
#9655

Quote:
Original Posted By bheka
wah makasih banget ni gan masukannya, nnt ane coba pake baju bekas ane deh n ditaro disana biar dia makin kenal sama bau tuannya hehehe..

iya itu kandang anjing gan, kmrn pas nangkep ane taro dikandang burung eh bisa lepas juga tuh musang. ya ampung bro nangkepnya lg susah bener, n akhirnya ketangkep jg sih trs ane taro di kandang kucing yg biasa buat ke petshop. nah kandang anjingnya kan gede tuh, kemarin ane beliin kawat di tukang bangunan, lobang2 yang gede dan seluruh kandang ane lapisin kawat gan. jadinya dia skrg udah ga bisa kabur lg. hehhe..

oke gan nanti saya coba kepalin tangan ane deh, ya intinya harus jangan takut digigit yah hehehe..

buat agan sewutelu dan final_heaven_13 cek kulkas yah..ane kirim ijo2 seger hehehe..


bener bro, binatang itu pinter...semakin kita takut sama mereka maka mereka makin berani, tp kalo kita nunjukkin kalo kita ga takut sama gertakkan mereka, lama" mereka jg ud ga berani krn usaha mereka gagal...gw pake cara di atas buat jinakkin 2 musang dgn karakter yg berbeda...musang betina gw lebih parah, kalo lepas langsung ngibrit dan ngumpet, kalo mau ditangkep keluarin suara dan langsung gigit, kalo gw analisa dia trauma pas ditangkap sama penjual sebelumnya...setelah gw analisa kenapa dia jd bgitu, akhirnya sering gw lepas dr kandangnya, gw ga pernah paksa tangkep dia, biarin aj ntar dia bakal keluar sendiri, kalo dia mau gigit gw sodorin tangan supaya dia gigit...hasilnya skrg kalo dilepas dr kandang ud ga pernah lari ngibrit, jalan di deket gw tp dgn sikap waspada, ud berani deket" sama tangan, kalo dikasih jari depan mulutnya cuman digigit pelan lalu dilepas, ud mau manjat" di tangan, ud byk berubahnya dr semenjak gw beli yg galaknya ampun" dah...

semuanya butuh proses bro, kalo lu sayang sama mereka, mereka bisa ngerti dan akan jd jinak dan biasain panggil nama mereka dan ajak ngomong, mungkin lu sangka kayak org gila dunk tp percaya ga percaya itu terbukti mereka ngerti...semua binatang apapun kalo cuman tahunya melihara dgn cara lempar makanan dan minuman tp ga pernah dihandle, ga pernah dipegang dan diajak maen pasti akan galak...semakin sering kita berinteraksi sama mereka lambat laun mereka terbiasa dgn kita dan nyaman, akhirnya proses bonding berhasil dan menjadi jinak...
bheka - 27/04/2012 02:14 PM
#9656

Quote:
Original Posted By final_heaven_13
bener bro, binatang itu pinter...semakin kita takut sama mereka maka mereka makin berani, tp kalo kita nunjukkin kalo kita ga takut sama gertakkan mereka, lama" mereka jg ud ga berani krn usaha mereka gagal...gw pake cara di atas buat jinakkin 2 musang dgn karakter yg berbeda...musang betina gw lebih parah, kalo lepas langsung ngibrit dan ngumpet, kalo mau ditangkep keluarin suara dan langsung gigit, kalo gw analisa dia trauma pas ditangkap sama penjual sebelumnya...setelah gw analisa kenapa dia jd bgitu, akhirnya sering gw lepas dr kandangnya, gw ga pernah paksa tangkep dia, biarin aj ntar dia bakal keluar sendiri, kalo dia mau gigit gw sodorin tangan supaya dia gigit...hasilnya skrg kalo dilepas dr kandang ud ga pernah lari ngibrit, jalan di deket gw tp dgn sikap waspada, ud berani deket" sama tangan, kalo dikasih jari depan mulutnya cuman digigit pelan lalu dilepas, ud mau manjat" di tangan, ud byk berubahnya dr semenjak gw beli yg galaknya ampun" dah...

semuanya butuh proses bro, kalo lu sayang sama mereka, mereka bisa ngerti dan akan jd jinak dan biasain panggil nama mereka dan ajak ngomong, mungkin lu sangka kayak org gila dunk tp percaya ga percaya itu terbukti mereka ngerti...semua binatang apapun kalo cuman tahunya melihara dgn cara lempar makanan dan minuman tp ga pernah dihandle, ga pernah dipegang dan diajak maen pasti akan galak...semakin sering kita berinteraksi sama mereka lambat laun mereka terbiasa dgn kita dan nyaman, akhirnya proses bonding berhasil dan menjadi jinak...


proses ngelatihnya berapa lama gan? infonya sangat mendetail..makasih banyak gan..ntar ane coba deh..
final_heaven_13 - 27/04/2012 03:03 PM
#9657

Quote:
Original Posted By bheka
proses ngelatihnya berapa lama gan? infonya sangat mendetail..makasih banyak gan..ntar ane coba deh..


tergantung karakter tiap " musang itu sendiri, kebetulan musang jantan gw perilakunya kalem dan ga pecicilan, dlm waktu 2minggu ud jinak, demennya manjat" ke tangan, naek ke bahu, kalo dilepas ga akan kabur...kalo yg betina perlu waktu lbh lama, sampe skrg jinaknya si betina blm bisa sampe kayak si jantan krn emang karakter betina lbh agresif dan galak, jd gw juga ga akan maksa betina kudu sejinak seperti yg jantan krn mereka punya karakter yg berbeda...

gw ga pernah ngelatih binatang, apalagi mikirin mau bikin jinak segala...selama ini yg gw lakukan cuman sayang sama mereka, suka gw elus", ajak maen", diajak ngomong, gw suapin makan, buat mereka senyaman mungkin dan bahagia, lakuin aj hal kayak gini, ga usah pake dilatih" segala, nanti lambat laun musangnya akan otomatis jinak drpd kudu sampe fokusin buat jinakkin dgn berbagai cara bahkan kadang caranya maksa, yg ada bukan makin jinak malah makin takut dan trauma...

modal buat bikin mereka deket sama kita cuman kudu korbanin waktu doank, gw plg kerja jam 5, bersihin kandang mereka, siapin susu dan pisang buat mereka...jam 6-7 ntn film, abis jam 7 ke atas maen sama mereka, gw lepas mereka keluar kandang, kadang maen sama mereka bisa sampe jam 9an...ud kelar maenin mereka, ngajak maen sugar glider gw sampe jam 10...ud gtu bersihin kandang musangnya lagi, soalnya suka eek diinjek" ke temp tdrnya dan ngajak maen mereka lg dan diajak ngomong, kalo ud waktu tdr suruh mereka tdr dan bilang bobo yah...kelar" tiap hr ngurusin binatang sampe jam 11 mlm, jam 12 mlm gw tdr...pagi" bgn jam setengah 7 pagi, ngurusin mereka sampe jam setengah 8 pagi...ampir semua waktu luang gw buat maen sama mereka jdnya mereka gampang jinaknya dan dekat...
bheka - 27/04/2012 04:59 PM
#9658

Quote:
Original Posted By final_heaven_13
tergantung karakter tiap " musang itu sendiri, kebetulan musang jantan gw perilakunya kalem dan ga pecicilan, dlm waktu 2minggu ud jinak, demennya manjat" ke tangan, naek ke bahu, kalo dilepas ga akan kabur...kalo yg betina perlu waktu lbh lama, sampe skrg jinaknya si betina blm bisa sampe kayak si jantan krn emang karakter betina lbh agresif dan galak, jd gw juga ga akan maksa betina kudu sejinak seperti yg jantan krn mereka punya karakter yg berbeda...

gw ga pernah ngelatih binatang, apalagi mikirin mau bikin jinak segala...selama ini yg gw lakukan cuman sayang sama mereka, suka gw elus", ajak maen", diajak ngomong, gw suapin makan, buat mereka senyaman mungkin dan bahagia, lakuin aj hal kayak gini, ga usah pake dilatih" segala, nanti lambat laun musangnya akan otomatis jinak drpd kudu sampe fokusin buat jinakkin dgn berbagai cara bahkan kadang caranya maksa, yg ada bukan makin jinak malah makin takut dan trauma...

modal buat bikin mereka deket sama kita cuman kudu korbanin waktu doank, gw plg kerja jam 5, bersihin kandang mereka, siapin susu dan pisang buat mereka...jam 6-7 ntn film, abis jam 7 ke atas maen sama mereka, gw lepas mereka keluar kandang, kadang maen sama mereka bisa sampe jam 9an...ud kelar maenin mereka, ngajak maen sugar glider gw sampe jam 10...ud gtu bersihin kandang musangnya lagi, soalnya suka eek diinjek" ke temp tdrnya dan ngajak maen mereka lg dan diajak ngomong, kalo ud waktu tdr suruh mereka tdr dan bilang bobo yah...kelar" tiap hr ngurusin binatang sampe jam 11 mlm, jam 12 mlm gw tdr...pagi" bgn jam setengah 7 pagi, ngurusin mereka sampe jam setengah 8 pagi...ampir semua waktu luang gw buat maen sama mereka jdnya mereka gampang jinaknya dan dekat...


lapor gan..setelah ane mencoba cara yg agan bilang sekarang bisa dibilang berhasil gan..cuma butuh waktu 2 hari dari pertama nangkep galak banget..sekarang dia udah mau dipegang ga gigit lg..caranya ane kasi kepalan tangan pas dia mo gigit..jd kan kena tulang tuh, lama2 dia males jg n mau dipegang kepalanya..

selain itu jg ane kasih makanan roti yang udah ane kunyah, mungkin dia jd bauin bau ane kali ya.. cuma yang masih galak yg plg kecil dia tetep kekeh gigitin kaget tangan ane..hehe..sampe tangan nih jd korban wkwkwkw..cuma emang ga nargetin harus jinak secepatnya sih.. ya emang mungkin sifatnya ga beda jauh dr kucing si musang2 ini. karena ane punya banyak kucing dirumah dan semuanya pada jinak banget sm ane..

oiya ada yang bilang harus sering dimandiin n dilapin supaya lebih cepet jinak ke kita ya gan..ada yg pernah coba cara itu gak?

foto tangan ane jd korban..tp dalam waktu 24 jam si musang udah ga gigit2in tangan ane lg..sesekali aja n udah bs dipegang.

sewutelu - 27/04/2012 05:19 PM
#9659

Quote:
Original Posted By bheka
hehehe iya maap2 soalnya waktu postnya berlainan..

masalahnya ga bisa dibiarin dalam rumah gan..soalnya ada kucing siam ane yg gede n beratnya 7kg. kayanya bisa makin stress tuh musang, krn pas liat kucing ane aja dia udah berdiri tegang musangnya udah gitu kucing siam ane hiperaktif banget bisa dikejar terus tuh musang hehe. dan istri ane jg lg hamil gan..kalo taro didalam rumah bisa diomelin nih

oh dia itu takut yah, oke mungkin nnt sesekali ane taro dalam rumah deh. kalo sekarang belum berani, secara kemarin ane tangkep n pindahin ke kandang digigit sakit banget sampe berdarah2 ni tangan hehehe..udah gitu pake acara lepas lagi nih musangnya, susah bener nangkepnya..

kalo dijual pun katanya yang laku yang jinak ya gan, kalo yang ga jinak susah lakunya. nanti kalo udah berhasil jinakin pasti sayang banget mo jual hehehe

terus terang ane suka sama musang, semenjak liat trit khusus musang ini. dulu pingin beli tp krn banyak pertimbangan ane ga beli. eh malah dapet diloteng tetangga hehehe.. makasih banyak ya gan sharenya..bermanfaat banget nih buat ane. terutama pertama kali miara musang..


klo males pelihara boleh dihibahin ke ane

ongkir bisa ane yg tanggung

dijamin bukan buat disate kok
final_heaven_13 - 27/04/2012 05:22 PM
#9660

Quote:
Original Posted By bheka
lapor gan..setelah ane mencoba cara yg agan bilang sekarang bisa dibilang berhasil gan..cuma butuh waktu 2 hari dari pertama nangkep galak banget..sekarang dia udah mau dipegang ga gigit lg..caranya ane kasi kepalan tangan pas dia mo gigit..jd kan kena tulang tuh, lama2 dia males jg n mau dipegang kepalanya..

selain itu jg ane kasih makanan roti yang udah ane kunyah, mungkin dia jd bauin bau ane kali ya.. cuma yang masih galak yg plg kecil dia tetep kekeh gigitin kaget tangan ane..hehe..sampe tangan nih jd korban wkwkwkw..cuma emang ga nargetin harus jinak secepatnya sih.. ya emang mungkin sifatnya ga beda jauh dr kucing si musang2 ini. karena ane punya banyak kucing dirumah dan semuanya pada jinak banget sm ane..

oiya ada yang bilang harus sering dimandiin n dilapin supaya lebih cepet jinak ke kita ya gan..ada yg pernah coba cara itu gak?

foto tangan ane jd korban..tp dalam waktu 24 jam si musang udah ga gigit2in tangan ane lg..sesekali aja n udah bs dipegang.



baguslah kalo berhasil, krn sebenarnya gw jg ga yakin kalo metode ini akan bisa dipakai ke musang lainnya...jd setiap dia mau gigit, lakukan terus metode kayak gtu bro, nanti lama" dia ud ga mau gigit lg...bro kalo gw saranin jgn kasih roti krn takutnya rotinya pake bahan pengawet dan dsana jg terdapat bahan pengembang adonan...kasih aj buah"an yg bikin mereka sehat dan bagus krn kandungan vitaminnya bikin bulu mereka bagus...

gw bingung kalo baca cara" org lain di luaran, yg kadang" ga gw turutin demi kesehatan musang gw...jd lebih bijak bro utk menyaring mana yg baik dan mana yg tidak...yg gw ga turutin cthnya:

1. kasih minum teh manis supaya jinak dan balik lg krn ketergantungan teh manis yg kita kasih, pd faktanya teh mengandung tanin, kandungan tanin yg berlebih itu ga bgs, kecuali green tea

2. kasih makan indomie pake telor, telor rebus boleh krn musang butuh protein utk pembentukkan energi tp indomie? mendingan taro di mangkok dan buat makan sendiri aja...

3. kasih makan nasi pake kecap, faktanya anjing yg dikasih makan nasi kebykkan obesitas...musang yg gw mau proporsional dan makan makanan yg natural sama seperti keadaan dia di alamnya...

tanpa perlu dimandikan, musang punya sistem pembersihan diri yakni dgn cara grooming atau menjilat" bulu dan bagian tubuh lainnya...kalo mau dimandikan boleh tp jgn sering"...mandikan musang pas siang hari, setelah bersih dilap kering lalu masukkan ke kandang dan jemur kandangnya jgn langsung di bawah terik matahari, 5-10 menit cukup, hindari pemakaian hair dryer, musang bukan anjing yg punya bulu tebal dan jenis bulu musang dan anjing berbeda...

yg sabar yah bro, jinakkin binatang ga bisa dgn cara ekspress...semakin kita berinterkasi dan dekat sama mereka pasti lama" mereka jg terbiasa dan nyaman sama kita...ga usah buru" bro, nikmatin aj sayangin mereka...jgn terlalu fokus mau dijinakkin, have fun sama mereka, sering ajak maen, dipegang", itu akan bikin mereka senang...musang gw kalo lg manja bisa kayak anjing, tdran dgn perutnya ngadep atas dan minta dielus", kdg gw isengin gw kitik" hahahaha...kalo jamnya main, mereka manggil sambil kayak nangis" gitu...
bheka - 27/04/2012 05:38 PM
#9661

Quote:
Original Posted By sewutelu
klo males pelihara boleh dihibahin ke ane

ongkir bisa ane yg tanggung

dijamin bukan buat disate kok


hehehe mau coba dipelihara dulu gan, kalo masi tetep galak masi mau terima gak? tp lagak2nya sih bakalan manja nih musang.
bheka - 27/04/2012 05:45 PM
#9662

Quote:
Original Posted By final_heaven_13
baguslah kalo berhasil, krn sebenarnya gw jg ga yakin kalo metode ini akan bisa dipakai ke musang lainnya...jd setiap dia mau gigit, lakukan terus metode kayak gtu bro, nanti lama" dia ud ga mau gigit lg...bro kalo gw saranin jgn kasih roti krn takutnya rotinya pake bahan pengawet dan dsana jg terdapat bahan pengembang adonan...kasih aj buah"an yg bikin mereka sehat dan bagus krn kandungan vitaminnya bikin bulu mereka bagus...

gw bingung kalo baca cara" org lain di luaran, yg kadang" ga gw turutin demi kesehatan musang gw...jd lebih bijak bro utk menyaring mana yg baik dan mana yg tidak...yg gw ga turutin cthnya:

1. kasih minum teh manis supaya jinak dan balik lg krn ketergantungan teh manis yg kita kasih, pd faktanya teh mengandung tanin, kandungan tanin yg berlebih itu ga bgs, kecuali green tea

2. kasih makan indomie pake telor, telor rebus boleh krn musang butuh protein utk pembentukkan energi tp indomie? mendingan taro di mangkok dan buat makan sendiri aja...

3. kasih makan nasi pake kecap, faktanya anjing yg dikasih makan nasi kebykkan obesitas...musang yg gw mau proporsional dan makan makanan yg natural sama seperti keadaan dia di alamnya...

tanpa perlu dimandikan, musang punya sistem pembersihan diri yakni dgn cara grooming atau menjilat" bulu dan bagian tubuh lainnya...kalo mau dimandikan boleh tp jgn sering"...mandikan musang pas siang hari, setelah bersih dilap kering lalu masukkan ke kandang dan jemur kandangnya jgn langsung di bawah terik matahari, 5-10 menit cukup, hindari pemakaian hair dryer, musang bukan anjing yg punya bulu tebal dan jenis bulu musang dan anjing berbeda...

yg sabar yah bro, jinakkin binatang ga bisa dgn cara ekspress...semakin kita berinterkasi dan dekat sama mereka pasti lama" mereka jg terbiasa dan nyaman sama kita...ga usah buru" bro, nikmatin aj sayangin mereka...jgn terlalu fokus mau dijinakkin, have fun sama mereka, sering ajak maen, dipegang", itu akan bikin mereka senang...musang gw kalo lg manja bisa kayak anjing, tdran dgn perutnya ngadep atas dan minta dielus", kdg gw isengin gw kitik" hahahaha...kalo jamnya main, mereka manggil sambil kayak nangis" gitu...


sebenernya cara agan masuk akal sih gan..saya sering nonton cesar milan di natgeo, memang kalo ngelatih anjing kita harus dominan n jgn mau kita didominasi sama anjingnya. itu yg bikin salah satu hewan peliharaan kita galak..cara ini sbnrnya bs diterapin ke hewan2 lain kok.

dengan kita ngasi tangan kita ke anak musang dan kita ga punya takut, itu sbnrnya psikologis jg ke musangnya. tapi kalo musangnya udah gede gw yang takut jari gw putus gan hehehe..

sama kucing2 gw dirumah jg gw selalu ajak main mereka, main mereka jg gigit2 becanda tp ya rusak jg neh tangan banyak tandatangan kucing hehehe..hasilnya kucing2 ane dirumah pada jinak banget sama gw gan..

untungnya gwnkerja dirumah, jd setiap bbrp jam sekali bs nengokin nih musang dan bisa lebih cepet jg mereka nurut sama kita. kalo masalah dimandiin mungkin agak gedean aja kali gw mandiin krn kaya kucing kalo masih kecil jgn dimandiin takutnya fisiknya ga kuat.

makanan kenapa roti soalnya bs gw kunyah gan,tp kalo roti aja emng ga bagus sih. nanti deh diselang seling sama pepaya n buahan. untuk daging mgkn yg masak aja gw kasih biar ga liar dikasi daging mentah. makasih gan..
elmidyovic - 27/04/2012 05:52 PM
#9663

Quote:
Original Posted By bheka
gan akhirnya anak musang yg saya dapet dr loteng tetangga ane bs kandangin, kandangnya agak gede. karena ane membaca trit ini ane beranikan untuk memelihara musang, pertimbangannya karena musang ini msh kecil. ini ada yg tau gak gan umurnya kira2 brp bulan?

nah kasi tau dong gan step2 melihara musang, terus terang ane blank nih gan. selama ini ane kasi roti dan pisang, mau dikasi susu tp ms galak bgt gan..

akhirnya ane kasi air biasa dulu, musangnya belum bs dipegang ngiri bgt ane disini musangnya pada jinak2..



pls help gan dibimbing ane ya untuk jinakin musang, makasi agan2..

update gan..setelah kemarin menangkap anak musang..ane coba kata agan martin untuk dihandfeeding.. gigitnya emang ga gitu sakit sih cuma ngagetin..cuma sekarang si musang2 ini udah mulai mau makan dari tangan ane..biarpun dia nyerang tp ane kasi roti yang ane kunyah dulu ( kata orang dulu makanannya kasi ludah kita biar cepet jinak) pas dia nyerang dia makan roti deh hehehe.. memang ya butuh kesabaran buat jinakinnya. pingin banget musang2 ini bisa ane pegang dan main hehehe..

ini fotonya gan..pada mojok gitu takut..



ini videonya gan..ane handfeeding dia ms suka ngagetin sih..

[youtube]oTzkyulhStA[/youtube]



wah gan masih segitu gedenya,itu mah masih gk sakit gan gigitannya..mumpung masih segitu ente sering aja pegang n elus2 kepalanya..ente beraniin tangan ente di gigit,mumpung masih blum sakit gigitannya..paling cuman baret2 doang..sebelum dia gede,bolong tangan ente ntar

di liat dari kupingnya,dia itu lagi defensiv,dia ketakutan..ente harus berani ngelus gan
Orek. - 27/04/2012 07:24 PM
#9664

selamat sore menjelang malam

agan agan sekalian ane mau nanya dong
kalo di jakarta selatan kira kira bisa beli musang di mana ya
pengen miara yang bener bener dari kecil biar jinaknya gampang
ane dah cari di barito tapi gak ada

mohon infonya ya gan
or jika ada yg jual disini sekalian boleh di info2in
final_heaven_13 - 27/04/2012 07:48 PM
#9665

Quote:
Original Posted By Orek.
selamat sore menjelang malam

agan agan sekalian ane mau nanya dong
kalo di jakarta selatan kira kira bisa beli musang di mana ya
pengen miara yang bener bener dari kecil biar jinaknya gampang
ane dah cari di barito tapi gak ada

mohon infonya ya gan
or jika ada yg jual disini sekalian boleh di info2in


gw punya dpt dr barito tp kondisinya agak hairloss dan kurus...kalo mau bagus beli sama breeder drpd di pasar burung gtu...kayaknya hewan yg dijual di pasar burung manapun jarang ada yg beres kondisinya, berlaku buat hewan apapun dan berdasar pd pengalaman temen" gw yg beli hewan di pasar" burung...cari di fjb fauna deh, byk yg jual musang pandan kok atau ke forum musang lovers di fb aja...
bheka - 27/04/2012 10:52 PM
#9666

Quote:
Original Posted By elmidyovic
wah gan masih segitu gedenya,itu mah masih gk sakit gan gigitannya..mumpung masih segitu ente sering aja pegang n elus2 kepalanya..ente beraniin tangan ente di gigit,mumpung masih blum sakit gigitannya..paling cuman baret2 doang..sebelum dia gede,bolong tangan ente ntar

di liat dari kupingnya,dia itu lagi defensiv,dia ketakutan..ente harus berani ngelus gan


betul gan..setelah ane beranikan diri untuk digigit tangan gw yg gede skrg malah dia udh diem aja dipegangin.. yg masih galak yg kecil malah, krn dia mungkin trauma pas ditangkep.
final_heaven_13 - 27/04/2012 11:48 PM
#9667

Quote:
Original Posted By bheka
betul gan..setelah ane beranikan diri untuk digigit tangan gw yg gede skrg malah dia udh diem aja dipegangin.. yg masih galak yg kecil malah, krn dia mungkin trauma pas ditangkep.


coba perhatiin itu yg kecil betina atau jantan, gw rasa betina soalnya betina emang agak sulit buat dihandle, betina lbh berhati" sama lingkungan sekitarnya...tp sabar bro, pelan" pasti bisa kok...kasih terus tuh kepalan tangan buat digigitin sama mereka...td gw juga digigit sama yg betina, trus gw bilang "latte (nama musang betina gw), sakit nih digigit mulu, eh dilepas sama dia...dia ngerti kalo diajak ngomong, makanya sering" aj diajak komunikasi musangnya bro
bheka - 28/04/2012 01:01 AM
#9668

Quote:
Original Posted By final_heaven_13
coba perhatiin itu yg kecil betina atau jantan, gw rasa betina soalnya betina emang agak sulit buat dihandle, betina lbh berhati" sama lingkungan sekitarnya...tp sabar bro, pelan" pasti bisa kok...kasih terus tuh kepalan tangan buat digigitin sama mereka...td gw juga digigit sama yg betina, trus gw bilang "latte (nama musang betina gw), sakit nih digigit mulu, eh dilepas sama dia...dia ngerti kalo diajak ngomong, makanya sering" aj diajak komunikasi musangnya bro


sepertinya betina ya gan..soalnya saya perhatiin dr postur muka dan badannya lebih kecil dr yg besar. agak susah dia gan masih gigit trs..

yg jantan dia udah mau dipegang kepalanya, padahal pas pertama kali nangkep yg liar yg gede..dan udah ga nyeringai lg. cuma skrg simusangnya pd ngambek makan..jd pusing deh
bheka - 28/04/2012 01:06 AM
#9669

sorry dopost
final_heaven_13 - 28/04/2012 11:21 AM
#9670

Quote:
Original Posted By bheka
sepertinya betina ya gan..soalnya saya perhatiin dr postur muka dan badannya lebih kecil dr yg besar. agak susah dia gan masih gigit trs..

yg jantan dia udah mau dipegang kepalanya, padahal pas pertama kali nangkep yg liar yg gede..dan udah ga nyeringai lg. cuma skrg simusangnya pd ngambek makan..jd pusing deh


lg sedikit meneliti soalnya, kayaknya betina emang karakternya bgitu kali yah...soalnya di gw, yg jantan itu jinak bangettt, ga ada takut"nya sama org...
Page 483.5 of 501 | ‹ First  < 478 479 480 481 482 483 484 485 486 487 488 >  Last ›
Home > LOEKELOE > MY PETS > Mamalia > Musang lover join ya.. - Part 1