Sipil
Home > LOEKELOE > TEKNIK > Sipil > [Need HELP] Membuat Menara Untuk Tandon Air
Total Views: 5855

PULEWULUNG - 15/09/2011 09:11 PM
#1
[Need HELP] Membuat Menara Untuk Tandon Air
Salam....

Dalam waktu dekat, saya ingin membuat menara untuk tandon air.
Tandon air ( toren ) yang saya butuhkan kapasitas sekitar 3000 liter. Torennya kemungkinan pakai bahan plastik / fiber atau stainlees.

Yang jadi masalah dan butuh pertolongan adalah :

Kamar mandi di lantai 2 tingginya sekitar 3 meter dari permukaan tanah.
Karena kondisi PLN yang sering byar pet...maka bila PLN mati dan pompa booster itu nantinya tidak berfungsi, maka dengan gaya gravitasi saja diharapkan air bisa mengalir dengan lancar ke shower.

Rencana menara air mau saya letakan tepat diatas sumur. Untuk sementara airnya pakai air sumur yang ada. Tapi nanti kalau ada rejeki lagi saya mau buat sumur bor dalam.

Nah, pertanyaanya :

1. Minimal berapa meter tinggi menara air yang harus saya buat ?
2. Bagaimana desain kontruksi untuk membuat menara air tersebut ( yang tentunya aman dan kuat bila ada gempa untuk menopang air 3000 liter ) ?
3. Mana yang lebih murah, kuat dan tahan lama...menara air pakai kerangka besi atau menara air pakai beton bertulang ?

Terima kasih.
ean_civil05 - 15/09/2011 09:43 PM
#2

space yang agan sediakan buat menara berapa m2???? saran ane sih pake tower baja, selain elastis dan cukup tahan goyangan, lebih cepat selesainya. harganya lebih mahal dari beton gan cuma lebih hemat tempat

kalo atap/loteng agan ada Dak/lantai beton bertulangnya dengan tebal >15 cm mending tandon air kapasitas 3000lt itu ditaroh disana aja. masih relatif aman kok.
PULEWULUNG - 15/09/2011 09:53 PM
#3

Quote:
Original Posted By ean_civil05
space yang agan sediakan buat menara berapa m2???? saran ane sih pake tower baja, selain elastis dan cukup tahan goyangan, lebih cepat selesainya. harganya lebih mahal dari beton gan cuma lebih hemat tempat

kalo atap/loteng agan ada Dak/lantai beton bertulangnya dengan tebal >15 cm mending tandon air kapasitas 3000lt itu ditaroh disana aja. masih relatif aman kok.


Diameter sumur tempat saya sekitar 1 meter. Nah seumpama kaki-kaki menara itu saya buat tegak lurus dengan bibir sumur ( pinggiran sumur saya gali lubang untuk pondasi menara ), kira-kira kuat nggak ?

Kebetulan di rumah saya nggak ada space yang memenuhi syarat untuk melatakan tandon air tersebut.... ketinggianya juga sejajar dengan kamar mandi dan wc lantai 2.

Untuk tower baja...kira-kira dibutuhkan ketinggian berapa dan habis biaya berapa ?

Tengkiu..
ean_civil05 - 15/09/2011 10:51 PM
#4

sama sama gan. maaf ga bisa banyak ngebantu.
kutukumpret - 16/09/2011 06:25 AM
#5

pake konstruksi baja aja gan
ketinggian minimal diatas plafond lantai teratas supaya bisa ngalirin air merata kesemua bagian rumah
PULEWULUNG - 16/09/2011 10:18 AM
#6

Quote:
Original Posted By kutukumpret
pake konstruksi baja aja gan
ketinggian minimal diatas plafond lantai teratas supaya bisa ngalirin air merata kesemua bagian rumah

Kran-kran di Lantai 2 ketinggian sekitar 4 m dari permukaan tanah.
Dengan kondisi tersebut...kira-kira ketinggian kontruksi bajanya berapa meter ?
Dan berapa kira-kira harga kontruksi baja untuk ketinggian dan beban seperti tersebut diatas ?

Tengkiu...
mio06 - 16/09/2011 12:49 PM
#7
nubi numpang ngasih saran!
Quote:
Original Posted By PULEWULUNG
Kran-kran di Lantai 2 ketinggian sekitar 4 m dari permukaan tanah.
Dengan kondisi tersebut...kira-kira ketinggian kontruksi bajanya berapa meter ?
Dan berapa kira-kira harga kontruksi baja untuk ketinggian dan beban seperti tersebut diatas ?

Tengkiu...


menurut ane dan pengalaman ane kalau ketinggian kran lt.2 , 4 m dari permukaan tanah, berarti tower tendon agan minimal 6-7 m gan, kalau pake baja profil L estimasi biaya sekitar 6 - 8 juta gan.
PULEWULUNG - 17/09/2011 08:12 AM
#8

Quote:
Original Posted By mio06
menurut ane dan pengalaman ane kalau ketinggian kran lt.2 , 4 m dari permukaan tanah, berarti tower tendon agan minimal 6-7 m gan, kalau pake baja profil L estimasi biaya sekitar 6 - 8 juta gan.


Tengkiu bro...

By the way....kalau pakai baja profil, itu pakai pondasi khusus atau bagaimana ? Untuk tinggi sekitar 8 meter dan beban 3000 liter air, kira-kira butuh lebar pondasi berapa meter ?
hsdstar79 - 17/09/2011 12:01 PM
#9
tergantung kondisi tanah...
Quote:
Original Posted By PULEWULUNG
Tengkiu bro...

By the way....kalau pakai baja profil, itu pakai pondasi khusus atau bagaimana ? Untuk tinggi sekitar 8 meter dan beban 3000 liter air, kira-kira butuh lebar pondasi berapa meter ?


kalau masalah pondasi tergantung kondisi posisi tanah keras bro kalau di daerah bro tanag kerasnya cuma ada 2m di bawah permukaan tanah ya cukup pake pondasi telapak aza trus di kasih angkur untuk dudukan baja profilnya... lebar pondasi kira kira 1x1x0.4 m bro dengan kolom vedestal 25x25 cm.. maaf ane cuma nuby numpanh share..
kutukumpret - 17/09/2011 08:28 PM
#10

Quote:
Original Posted By mio06
menurut ane dan pengalaman ane kalau ketinggian kran lt.2 , 4 m dari permukaan tanah, berarti tower tendon agan minimal 6-7 m gan, kalau pake baja profil L estimasi biaya sekitar 6 - 8 juta gan.


betul banget kata agan mio
kalo mau kuat rangka utama pake unp dan rangka pendukung pake besi siku gan
tofawae - 04/11/2011 10:36 PM
#11
tower air
izin ikut nyimakk

rencana juga mau bikin tower tandon air, dari beton tiang tunggal dikarenakan terbatas tempat, tapi masih binggung hitung22 annyaa. tandon air rencana 1200 L tingginya 7 meter. kamar mandi pakai sower.

mohon bantuannya agan-agan semua..
ariverkauf01 - 05/11/2011 03:40 PM
#12

Quote:
Original Posted By tofawae
izin ikut nyimakk

rencana juga mau bikin tower tandon air, dari beton tiang tunggal dikarenakan terbatas tempat, tapi masih binggung hitung22 annyaa. tandon air rencana 1200 L tingginya 7 meter. kamar mandi pakai sower.

mohon bantuannya agan-agan semua..


Iya gan, kalau tempat sempit ya enaknya pake tiang beton tunggal, kalaupun ada sebaiknya di gabung sama kolom rumah aja gan yang paling luar, he,,, ane juga baru mau ngrencanain bikin kolom tunggal buat penyangga tandon air, rencana mau ditempelin sama kolom rumah yang paling luar dibelakang rumah, trus nanti dibikin plat beton gtu sebagai penyanga tandon,,,
C4hkri5 - 07/11/2011 12:52 PM
#13

Quote:
Original Posted By PULEWULUNG
Tengkiu bro...

By the way....kalau pakai baja profil, itu pakai pondasi khusus atau bagaimana ? Untuk tinggi sekitar 8 meter dan beban 3000 liter air, kira-kira butuh lebar pondasi berapa meter ?


ndak perlu pondasi khusus, pondasi biasa plat cor beton tebal 30-35cm
3000 L, paling tidak kan 3xbak air fiberuk.1x1x1m, ukuran pondasi per tiang kolom (bisa unp ato siku 60 di tangkupken, yg dibayangan saya ada 6 kolom/tiang) yang gampangan 80x80 cm2.

nggo/utk daerah mana mbah? jogja nagari apa sun nagari?

wonk_civil - 10/11/2011 09:42 AM
#14

Quote:
Original Posted By C4hkri5
ndak perlu pondasi khusus, pondasi biasa plat cor beton tebal 30-35cm
3000 L, paling tidak kan 3xbak air fiberuk.1x1x1m, ukuran pondasi per tiang kolom (bisa unp ato siku 60 di tangkupken, yg dibayangan saya ada 6 kolom/tiang) yang gampangan 80x80 cm2.

nggo/utk daerah mana mbah? jogja nagari apa sun nagari?



betul bgt g perlu pondasi khusus selama bisa mengupayakan tandon airnya dalam keadaan selalu terisi...(jgn sampai dibiarkan kosong)
cucuganesha - 06/03/2012 08:38 PM
#15

daripada membuat water tower kenapa ya saya lbh suka membuat tandon air di atap lantai 2. pertama menghemat ruang, kedua menggunakan struktur yg sdh ada (dgn sedikit perkuatan tentunya).
Nbx88 - 16/03/2012 10:39 AM
#16

Quote:
Original Posted By wonk_civil


betul bgt g perlu pondasi khusus selama bisa mengupayakan tandon airnya dalam keadaan selalu terisi...(jgn sampai dibiarkan kosong)


gan...mohon pencerahan....
kalau dibiarkan kosong u/ satu atau dua hari emangnya kenapa ?
tolong dijelasin donk apa resikonya


thanks a lot,
cucuganesha - 16/03/2012 01:01 PM
#17

Quote:
Original Posted By Nbx88


gan...mohon pencerahan....
kalau dibiarkan kosong u/ satu atau dua hari emangnya kenapa ?
tolong dijelasin donk apa resikonya


thanks a lot,

saya pernah buat tandon bawah pake tandon prefab, karena si pak tukang kagak ngerti ataw si mandor kurang instruksi, maka tandon ditanam di bawah dgn perkuatan di sekelilingnya (adukan, cor, dll)...
malemnya hujan, besok paginya si tandon prefab sudah ngapung terangkat seperti perahu...
ternyata tekanan air tanah telah mendorong si tandon yg kosong sesuai hukum archimedes...
hehehe... mestinya si tandon diisi air dulu supaya beratnya cukup utk mengimbangi tekanan air tanah...
di sekolah mandor gak diajarkan, padahal di smp diajarkan hukum archimedes... pelajaran dari kasus ini, betapa kita dilapangan mesti tau & bisa menerapkan logika2 teknik, mekanika & ilmu alam/fisika dalam keseharian kita...
Nbx88 - 18/04/2012 10:28 AM
#18

Quote:
Original Posted By cucuganesha

saya pernah buat tandon bawah pake tandon prefab, karena si pak tukang kagak ngerti ataw si mandor kurang instruksi, maka tandon ditanam di bawah dgn perkuatan di sekelilingnya (adukan, cor, dll)...
malemnya hujan, besok paginya si tandon prefab sudah ngapung terangkat seperti perahu...
ternyata tekanan air tanah telah mendorong si tandon yg kosong sesuai hukum archimedes...
hehehe... mestinya si tandon diisi air dulu supaya beratnya cukup utk mengimbangi tekanan air tanah...
di sekolah mandor gak diajarkan, padahal di smp diajarkan hukum archimedes... pelajaran dari kasus ini, betapa kita dilapangan mesti tau & bisa menerapkan logika2 teknik, mekanika & ilmu alam/fisika dalam keseharian kita...


wah makasih banyak atas penjelasannya, nyesel dulu ga masuk jurusan IPA, belajar logika...

sayang belum bisa ngasih cendoL,
Home > LOEKELOE > TEKNIK > Sipil > [Need HELP] Membuat Menara Untuk Tandon Air