Freshwater Fish
Home > LOEKELOE > MY PETS > Freshwater Fish > [DIY] Bak Terpal
Total Views: 54981
Page 1 of 53 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›

Ny@muk - 04/09/2008 09:25 PM
#1
[DIY] Bak Terpal
Hi All Bros n Sis
gw pengen berbagi neh cara bikin bak dari terpal
lumayan loh, bisa buat berhemat

Spoiler for Alat2

alat - alat yang harus ada:


1. gergaji
2. meteran
3. golok
4. palu
5. pinsil



Spoiler for bahan

bahan bak terpal portable(alias bisa d pindah-pindah):

1. terpal (sebisa mungkin beli yang ada bahan karet na, yang dua warna silver ama biru or coklat n silver)



2. kayu kaso



3. paku 7 ama paku reng


Spoiler for cara bikin

pertama-tama potong kayu kaso sesuai panjang yang diperlukan

misal lo mo bikin bak ukuran 2mX1mX50cm
jadi potong kayu na:

4 batang 225cm

4 batang 125cm

6 batang 55cm


bikin coakan di ujung tiap kayu
panjang 2,5cm lebar 5cm
ini gunanya buat nyatuin kayu-kayu itu biar sambungan nya lebi kuat



inget ya coakan na kudu di sisi yang sama

kalo yang kayu uk. 225cm coakan na di tambah lagi 1 lagi di tengah na

dalemna mah 2,5cm lebar na seh sama 5cm
kek gini




kalo udah nah tinggal pakuin tuh kayu na
pake paku 7 kalo ga paku 5 juga bole
bentuk jadi kek gini







nah udah jadi neh rangka na tinggal ngelapis pake terpal na



kalo sebelum dilapis terpal,
bak lo bisa dipakein triplek dulu biar lebih rapi tiap sisi2na n ngebantu nahan juga seh.

sebelum lo pasang terpal na,
lipet2 dulu di luar terpal na sesuai ukuran yang lo mo bikin
kalo udah dilipet baru deh lo pasangin di rangka tadi

pasang asal aja dulu n pakuin aja buat penahan ntar kalo ngerapihin na mah kalo udah di isi aer



lipet ujung2 na jadi kek gini





kalo udah isi aer sepertigana



nah tinggal lo rapihin deh n lo pakuin pinggir-pinggir na




jadi deh bak terpal na
met mencoba ya


bagi ijo2 dunks heheehehehehehe
DeCooLestGuy - 04/09/2008 09:29 PM
#2

mantap, gw tunggu hasilnya bro
Ny@muk - 04/09/2008 09:33 PM
#3
Tips
tips dari temen2

Spoiler for tips

Quote:
Original Posted By dwardneh
@TS
hati2 ngelipet terpalnya khususnya yg di dasar usahakan jgn ada lipatan sama sekali atau usahakan bener2 datar tanpa wrinkle krn kalo udah keisi air rawan sobeknya di daerah itu.....utk rangkanya apa gak sebaiknya pake besi siku krn kalo pake kayu cepat lapuknya kalo lembab


Quote:
Original Posted By Ny@muk
@All

Buat terpalna aja seh mulai dari 6000-15rb per meter persegi.

Kalo kaso seh per btang na ukuran 3mx5cmx5cm Rp. 12.500,-

Tapi ini gw beli d grosir ya, jadi bisa aja harga na beda, cuma setau gw beda harga terpal d grosir n jualan biasa juga ga jauh ko.

Kenapa gw pilih kayu, soal na kalo kayu gampang nyari n ngebentuk na seh, kalo pake bambu seh bisa2 aja buat rangka na mah, cuma gw ga tau gmana cara supaya bentuk na rapih.

Quote:
Original Posted By deds
gw pake rangka batako nat ...trus luarnya gw kasi batu alam biar keliatan rapi.

Quote:
Original Posted By Ny@muk

Ikan apa aja yah, yg pernah gw liat ato pelihara pake bak terpal seh buanyak banget jenis na,

Koki, cupang, platys, manvis, pleco, udang, LAT, n many more

Quote:
Original Posted By Ny@muk
@chu
Kalo mo bikin tinggi 75cm, rangka harus d pakein siku2 ama d lapis triplek or papan, kalo deket rumah lo ada tempat penggergajian mending beli papan limbah na yg ga kepake, mura lo 15rb dpet 10biji panjang 3m, cuma emang bentuk na ga rapih tp cukup bwt penahan mah

FYI ada yg buat bak dr GRC board ga? Kta na temen gw yg tukang bikin bak seh itu ga kan kuat 2th, walo dah d lapis resin pasti tetep lapuk.

Quote:
Original Posted By Ny@muk
Kalo kayu na dapet yg udah tua n kering ato dapet yg tahan aer, bisa terpal na duluan yg regas bro

Tips tempat beli terpal: beli d grosir na, jangan d eceran. Logika na d tempat grosir barang na masi baru karena perputaran na cepet.


Quote:
Original Posted By cyrus07
apa yg dikatakan bro nyamuk bener mending dikasih alas dibawahnya....saya juga kena masalah nih bawahnya gak dikasih alas...otomatis suhu kebykan lebih dingin kl dibanding yg make alas....alhasil ikan kedinginan dan mulai timbul merah2 di badannya

Quote:
Original Posted By Ny@muk

Maksud gw bikin bak terpal ini kan buat ikan hias bro, walo bisa bwt ikan konsumsi.
Nah ikan hias kebanyakan ga kuat ama temperatur yg naek turun na drastis.
Maka na gw saranin buat d pasangin alas

Peace Man (rastafara style)

Quote:
Original Posted By kabukimaru
bs 2-3th bro, tergantung tebel terpalnya sama lama kejemurnya. kl dlm sehari kena matahari dr pagi-sore, bakalan cpt lapuk. makanya kl outdoor d sarankan pk atep apa ga pk net yg biasa bwt naungi taneman itu loh... IMHO

Quote:
Original Posted By Ny@muk
Tujuan lo ngasi elbayu n garem bwt apaan seh? Disinfektan?
Kalo iya, mending pake PK aja, rendem 1jam jg dah aman. Trus lo ganti aer 2-3x


Quote:
Original Posted By appleku
Mau yang lebih murah tapi lumayan tahan? Hehe... ngga bakal ada yang nanding deh. Pake Bambu solusi-nya. Hihi. 1 Batang bambu yang panjang banget (belasan meter + kuat) cuman 5 Ribu doang.... - tinggal di gergaji + di ulik-ulik deh. Ntar kalo ada waktu ane foto-in deh. Soalnya lagi sibuk ngurus bayi nee (baru 1 minggu istri melahirkan)


Quote:
Original Posted By stardust
Wew... selamet yah buat kelahiran anaknya....

untuk bambu juga harus dipilih bambunya jangan bambu yg asal2an...
gw sih gi ngelirik pohon bambu pager yg tinggi. batangnya sebesar PVC 1/2 inc-3/4 inc kayaknya bagus..& Kuat

btang bambu ini biasa dipake buat gagang sapu ijuk, lebih tebel dagingnya dan rapih kliatannya....

kal bisa sih pake bambu buta...bambu yg ngga ada bolongnya... kaloupun ada kecil banget di belakang ruah gw dulu tumbuh tuh tapi skarang kmana yahh...??.

CMIW....

Quote:
Original Posted By appleku


Kalo mau rapi jangan dipaku. Tapi dibor - dijamin deh. Baru masukin sekrup satu-satu ke bagian yang dibor. Tapi lumayan ribet juga. Hmm... kalo jenis-jenis bambu ngga ngerti deh? soalnya kalo di Kalimantan bambu memang tebel-tebel bro.

Malah capek mau motongnya. Kalo gak ada uang juga bisa. Tinggal masuk aja ke hutan atau kebun orang... pasti dikasi. Bawa parang aja. Asal mampu nebang-nya. Terlalu banyak di sini

Hmm.... lagi mikir dianyam bambunya. Dipecah-pecah terus dirapiin satu-satu. Biar jadi kayak papan gitu. Kira-kira ribet ngga yah? hihihi....


Quote:
Original Posted By Ipangkeh
klo untuk ukuran kayu dipakai biasa 4x4....untuk kaki tulang dipakai 5x10....klo tulang untuk 2x1 polos gw biasa kasi 3tulang pake kayu kaso jg ditengahnya yg 2meter n 1tulang di yg 1meter.....klo masalah tinggi yg gw bikin 40cm.....klo mo lebi tinggi rubah saja ukuran kayunya lebi baik diberi triblok klo mau lebi kokoh....yg tentunya kost lebi tinggi....

Quote:
Original Posted By stardust
gw lagi bikin 3 tingkat
tingkat pertama dah jadi, kedua masih belom tinggal pasang aja.
tingkat 3 buat aqua.
ukuran P 1m, L 0.7m, Tinggi atas bawah 1.25 m.
tinggi antara tingkat 1 dan 2 = 62.5m
tinngi bak terpalnya cuma 25 cm (cetek aja buat burayak cory kok...)

kayu yg dipake buat tiangnya pake ukuran 7 cm x 5 cm(setelah diserut ukurannya segitu)
yg satu lagi gw lupa kalo gak salah 5 cm x 4 cm

bahan kayu bekas dulu ngebangun.... cuma pada bengkok uy... maklum dan setaun lebih dianggurin. (jadi bingkeng :nohope.
baya nol rupiah. coz pake sisa and DIY.

ksulitan. 1. teliti bikin coakan dan milih sisi kayu yg akan dipakai.
2. lipet terpal tetep ksulitan yg paling susah buat gw.....
3. yg bawah gw mungkin tau..........
CMIW IMHO.......................

Quote:
Original Posted By appleku
loh... loh? ada apa nih?



untuk bawal di kolam terpal. kalau udah gede gak tau. ane miara masih kecil bro.
tapi menurut ane sih gak bocor lah. wong lele yang udah indukan aja gak bocor

apalagi bawal? lele kan liar? maen sana sini... loncat sana sini...
patin-nya itu kan lancip.... - selama ini baik-baik aja....

bak atau kolam terpal memang murah meriah....
bener-bener teknologi tepat guna
ketimbang kolam semen muahal

kolam terpal gue malah isi-nya udang galah. bayangin segede gitu?
belom ditambah capitnya yang panjang n lancip?
kalau pun bocor ngga susah kok


Quote:
Original Posted By stardust
Coba gw jawab deh... mangap kalo salah.
kalo dasarnya miring... misal temboknya miring maka akan miring juga bos... gw malah mau bikin miring biar kotorannya bekumpul kalo nyipon ga usah muter2....
asal jangan ada benda tajem aja ntar bisa bocor. punya gw bocor digigit tikus tuh..
pengalaman gw sih pake methylin blue, garem, Pk, aer sabun, tetracyclin slama ini aman2 aja.
kalo lumut sih pasti ada aja. apalagi kalo kn matahari. kalo gw sih malah gw tumbuhin tuh lumutnya. asal ganti aer rutin selama ini sehat2 aja ikanya.....
kalo kmungkinan bakteri merugikan sih sangat ada kmungkinannya. jadi sikat aja pake sikat halus or lap pake busa ktika ganti aer.
CMIW & IMHO.




Ny@muk - 04/09/2008 09:42 PM
#4
hasil temen2 neh
pics hasil temen2 kaskus kita:

Spoiler for hasil

[spoiler=punya ipank]
Quote:
Original Posted By Ipangkeh
Sesuai janji ane nie.....kmrn2 ini skitar 2minggu yg lalu n minggu kmrn bikin project bak terpal dengan overflow.....total yg dibuat 12kolam dengan overflow n instalasi air n aerator (blm disetting masi dalam pengukuran mudah2an minggu dpn sdh bisa direalisasi)

budget yg dikeluarkan sekitar 1,5jt kurang lebih (termasuk instalasi aerator, air, overflow)......

Spec :
- Kayu Kaso 5x5cm
- Terpal satuan yg jadi ukuran 100cm x 50cm x 50cm
- pipa overflow 1.5"
- 28 buah krat utk pondasi

cek TKP bro hasilnya.....


http://i293.photobucket.com/albums/mm57/ipangkeh/IMG00036-20100926-1000.jpg







nanti menyusul foto setelah instalasi selesai yaaa....


Quote:
Original Posted By vans888
neh bro bak terpalnya...



Quote:
Original Posted By vans888
@deddy
neh dari pinggir

difoto pada 10 september 2008
sekarang udah ga ada aqua cupangnya lagi...

Quote:
Original Posted By Begichu
kolamku..









Quote:
Original Posted By Begichu
@ deds

bahannya(bukan barangnya) kurang lebih kyk gini..




sedang dicari infonya. gw kurang berani tanya tmn gw..agak segan gw ma dy..


Quote:
Original Posted By kobey

Mau share bak terpal g :
Ukuran : 1,2 m x 0,6 m x 0,6m
Ketinggian air : 30cm aja (supaya tekanan air ga gitu besar
Rangka : 3 kotak Kayu bekas sayuran (beli di pasar, @5000), trus disambung jadi satu
Terpal : 2 x 3 m dibuat 2 rangkap/didobel (Rp30,000)
Ongkos tukang : Rp20,000 (suruh supir)
=
PRICELESS!

Lokasi : Semi Outdoor (ga kena air ujan)
Ketahanan : mudah-mudahan minimal 2 tahun
* Terpal diikat dengan kawat di masing2 ujung (inspirasi dari kolam lele terpal) u/ mendistribusikan beban air
* Kayu di samping juga berfungsi mendistribusikan beban air (rangka jadi lebih kuat)

Pertanyaan :
- Filternya mau g ganti filter dari tong biru....u/ arus air masuk baiknya gimana yach? kynya dengan filter sekarang aja terlalu kencang buat koki g...takut merusak body mereka....apa lebih baik disebar arus masuknya (pake paralon yang dibolong2in)


Oya, photo penghuni Kos de' Terpal g:
(jangan koment ikannya yach.....malu


Quote:
Original Posted By Ipangkeh
Dhi....gara2 lo menyebar racun bak terpal.....gw jadi ikut2an kena neh racun lo.....2hr kmrn gw bikin nie bwt rumah burayak.....

Hasilnya......






Quote:
Original Posted By stardust
Post Kolam terpal yg blom jadi... (blom dipaku malah...)
Ukuran kalo gak salah 1 meter x 70 x 40.

pinggirannya ditempelin stiker partai. biar ga kpanasan terpalnya....

next

gampang pasang aja dan bisa gulung lagi ga usah maku2. cuma biayanya lebih mahall....

Quote:
Original Posted By Ipangkeh
Update Kolam Terpal gw setelah dibenahin lagi biar lebi rapih.....




ini foto janji gw yg mao fotoin cara maku terpal biar kuat......pakunya diselang seling jgn dikasi garis lurus.....


nanti gw update lagi instalasi air pumpnya....

Quote:
Original Posted By stardust
Sesuai janji mau di Post Bak terpal Susun
1 x 0,7 x 1,25 M. Walo Brantakan tapi lumayan lah...


Quote:
Original Posted By carzmetic_boy
numpang majang kolam terpal ya...
ni minta bikinin seh ke tukang kayu gitu.. ukuran 120x70x50 cm...
total biaya 250rb.. terpalnya dobel..


Quote:
Original Posted By appleku
hihi. ini dia Gan. ane buat ikan lele sih - kalo untuk larva dan bibit sih oke banget! bener-bener pas gak pake dinding. tapi kalau untuk pembesaran waks banget dah. soalnya butuh minimal 80 cm air-nya

selama ini masih nyari tambahan bahan yang termurah untuk dinding dah bawah-nya. ane masih pake papan sih. rencana mau bikin satu lagi tapi masih mikir pake bahan apa? baca di buku sih (lihat foto`nya) ada yang pake bambu di belah-belah gitu.

bambu kan murah? tapi kalo kena air bau-nya gak tahan. doa-in aja deh kalau dah jadi ntar ikutan di posting. selama ini belum ada posting kolam terpal nih hehe....

ikutan setoran ah




Quote:
Original Posted By benbeng
permisi..
gw abis bikin rangka bambu buat kolam terpal.
murah meriah si.. ga sampe 10rb
bambu 8 ribu, paku 3 ribu masi sisa banyak
ukuran kurg lebih 120x50x50
berikut penampakannya
Spoiler for "rangka terpal"


mau nanya itu untuk yg mepet dinding kan terpalnya gw paku di dinding, nah yg di seberangnya dinding kalo gw paku di empat kaki itu aja bakal kuat ga ?

itu rangka uda bener belom ya ?

thx ya


Quote:
Original Posted By mrl8882002
Mau ikutan pamer kolam terpal ahh

Ukuran terpal pesen 80x120x40
ukuran rak nya jadi 80x120x180




[/spoiler]
Heatpipe - 04/09/2008 09:42 PM
#5

ditunggu kelanjutannya
denny_sm - 04/09/2008 09:44 PM
#6

keep posting bro
nashii - 04/09/2008 09:45 PM
#7

wah bersambung tutorial nya...
nice gan,..

lanjutken...
Ny@muk - 04/09/2008 09:51 PM
#8

reserved
Ny@muk - 04/09/2008 09:55 PM
#9

reserved
DeCooLestGuy - 04/09/2008 10:04 PM
#10

gw ngeliatnya aja dah berasa perih pas gergaji tuh kayu... pasti banyak kesusupannya deh gwe

tapi keren bos bikinan lo, rapi
Ny@muk - 04/09/2008 10:06 PM
#11

reserved
Ny@muk - 04/09/2008 10:09 PM
#12

Quote:
Original Posted By DeCooLestGuy
gw ngeliatnya aja dah berasa perih pas gergaji tuh kayu... pasti banyak kesusupannya deh gwe

tapi keren bos bikinan lo, rapi


hehehehe

gw aja kena bro

jempol gw jadi korban na untung cuma kegores aja

;)
DeCooLestGuy - 04/09/2008 10:46 PM
#13

wah keren boss bikinan lo, total brp lama, and brp dana yg keluar tuh?

nanti diupdate kendala2nya boss, misal bocor, ikan nyangkut dilipetan, etc2
shikimori - 05/09/2008 12:17 AM
#14

wah TS ada bakat nih, bisa dipanggil ke rumah kah?? hahaha just kidding keren bro, tp klo bocor serem juga yah
fat.bastard - 05/09/2008 12:53 AM
#15

Keren bgt bro
vans888 - 05/09/2008 02:49 AM
#16

makuna hese broo....
kasona beulah wae...........
trus handapna kudu make kaso deui?
bayu2298 - 05/09/2008 05:08 AM
#17

bro, beli terpalnya itu berapaan ya semeternya? mahal tak?
Echon69 - 05/09/2008 05:34 AM
#18

wahh...bagus..bagus bro..kreatif banget

total biaya berapa tuh bro?
kabukimaru - 05/09/2008 07:14 AM
#19

klo bs d post cr ngelipet terpalnya lbh detail bro, biar lbr jelas. keep posting
denny_sm - 05/09/2008 07:22 AM
#20

keren banget bro





Quote:
Original Posted By kabukimaru
klo bs d post cr ngelipet terpalnya lbh detail bro, biar lbr jelas. keep posting


iya gw juga masih belum jelas bagian ini
Page 1 of 53 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›
Home > LOEKELOE > MY PETS > Freshwater Fish > [DIY] Bak Terpal