DEBATE CLUB
Home > CASCISCUS > DEBATE CLUB > Apa yang terbaik untuk bangsa indonesia kedepan ?
Total Views: 911
Page 6.5 of 6 |  < 1 2 3 4 5 6

142%chaos - 14/05/2010 02:47 PM
#111

Sekolah Indonesia
Maju, Berbudaya, Tangguh


Berdasarkan UUD 1945 :
Pembukaan : ....Pemerintah Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa...

Pasal 27 ayat 2 : Tiap-tiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan.

Pasal 30 ayat 1: Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pembelaan negara.

Pasal 31 ayat 1 : Tiap-tiap warga negara berhak mendapatkan pengajaran.

Pasal 31 ayat 2 : Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pengajaran nasional, yang diatur dengan undang-undang.

Pasal 32 : Pemerintah memajukan kebudayaan nasional Indonesia.

Pasal 34 : Fakir miskin dan anak-anak yang terlantar dipelihara oleh negara.

Berdasarkan PANCASILA :
Sila ke 5 : Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.






Latar Belakang

Dalam perkembangan dunia global saat ini, di mana seluruh dunia saling terhubung dan bersaing secara terbuka maka tantangan terbesar yang harus kita hadapi adalah membuat bangsa kita lebih menyiapkan diri agar tidak terpuruk atau kalah dalam persaingan global terutama di bidang sumber daya manusia.

Sayangnya, saat ini Bangsa Indonesia sebagai bangsa yang memiliki modal sangat besar dalam persaingan global, sampai saat ini belum mampu menunjukkan taringnya.

Dalam perkembangan zaman yang terjadi saat ini, Indonesia telah melakukan perkembangan dalam berbagai bidang. Pembangunan yang terjadi di berbagai sektor yang melibatkan banyak pihak dan kepentingan. Pembangunan yang menggunakan sumber daya yang kita miliki secara maksimal. Walaupun pembangunan yang kita lakukan masih terfokus pada explorasi dan exploitasi sumber daya alam yang kita miliki saja. Dalam hal ini kekayaan alam seperti hutan, pertambangan, laut dan pertanian.

Saat ini banyak terjadi kesia-siaan pada sumber daya manusia yang kita miliki. Karena kebanyakan perusahaan-perusahaan di Indonesia saat ini masih memanfaatkan tenaga kerja asing (expatriat) yang selalu dianggap oleh mayoritas orang lebih baik dan berkualitas daripada tenaga kerja dalam negeri (lokal). Padahal kekayaan alam begitu besarnya tanpa pengelolaan yang baik akan menjadi kesia-siaan. Pemanfaatan tenaga kerja lokal sebagian besar hanya sebagai buruh dan sebagian kecil saja yang berada di level pimpinan di perusahaan-perusahaan yang justru mengeksplorasi besar-besaran kekayaan alam negara kita. Dimana kepentingan negara kita selalu dirugikan dalam perjanjian-perjanjian (kontrak) yang selama ini terjadi.

Sedangkan begitu banyak sebenarnya sumber daya manusia yang selama ini di sia-siakan. Dimana kebutuhan untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas dan murah belum dapat dipenuhi oleh negara. Sedangkan saat ini banyak sumber daya manusia yang kita miliki dapat berprestasi lebih baik apabila mereka diberikan kesempatan. Begitu banyak sumber daya manusia Indonesia hanya menjadi budak di negaranya sendiri. Bahkan terlantar di jalanan dari saat mereka masih kecil sekali, padahal apabila mereka dibina dari kecil dan terus dikembangkan maka dapat terprediksi di masa yang akan datang jika mayoritas dari penduduk negara kita adalah manusia-manusia yang memiliki keahlian dan kemampuan yang tinggi maka sekitar 10 (sepuluh) tahun yang akan datang bangsa kita akan menjadi bangsa yang disegani di Asia dan benua-benua lainnya di seluruh dunia.

Dengan melakukan peningkatan terhadap kualitas sumber daya manusia di Indonesia dan menggunakannya semaksimal mungkin maka tenaga kerja yang kita manfaatkan di dalam negeri dan kita kirim ke luar negeri adalah tenaga kerja Indonesia yang professional, memiliki keahlian tinggi dan berkualitas tinggi.

Dengan dasar itu maka diperlukan kerjasama antara pihak pemerintah dan pihak swasta lokal untuk membina dan mengembangkan sumber daya manusia yang selama ini telah tersia-sia dan akan tersia-sia nantinya. Oleh karena itu kami merasa perlu dibentuknya sebuah sekolah yang didanai secara bersama antara pemerintah dan swasta. Sekolah ini nantinya akan diberi nama ?Sekolah Indonesia?.

Sekolah Indonesia adalah sekolah Nasional berskala nasional dan mengunakan kurikulum berstandarisasi Internasional. Sekolah Indonesia menggunakan budaya Indonesia sebagai bentuk pelajaran wajib, sehingga dalam proses belajar dan mengajarnya akan menggunakan bahasa Indonesia dan enam bahasa daerah yang diwajibkan sebagai bahasa pengantar pada hari yang ditentukan. Sekolah Indonesia menggunakan metode baru dalam pengajaran dan pengelolaan manajemen sekolah di mana setiap siswa/siswi akan selalu dalam pengawasan para guru, pembimbing, psikolog dan ahli gizi. Pembimbing, psikolog dan ahli gizi adalah cara baru untuk meningkatkan kualitas pendidikan dalam proses menuju hasil yang terbaik. Pembimbing bertugas menumbuhkan dan meningkatkan motivasi siswa/siswi dalam proses belajar mengajar untuk mencapai tujuan yang terbaik di masa depan. Psikolog bertugas mengawasi dan mempelajari mental dan kondisi kejiwaan siswa/siswi dalam menghadapi tekanan yang mereka hadapi saat ini dan mengekspolrasi bakat-bakat terpendam yang dimiliki siswa/siswi untuk ditindaklanjuti dalam pengarahan menuju masa depan mereka. Sedangkan ahli gizi bertujuan untuk mengawasi dan memberikan masukan berupa makanan/ minuman yang diperlukan siswa/siswi dalam menunjang kemampuan otak dan jasmani para siswa/siswi secara individu sesuai dengan kebutuhan mereka masing-masing.

Sekolah Indonesia tidak melakukan seleksi tahap awal pada saat penerimaan siswa/siswi baru, seleksi akan terjadi setelah proses belajar mengajar dimulai. Sekolah Indonesia tidak memungut biaya dalam bentuk apapun kepada siswa/siswi namun sebagai gantinya ada persyaratan yang wajib dipenuhi oleh setiap siswa/siswi. Persyaratan tersebut adalah para siswa/siswi diwajibkan untuk berprestasi dalam bidang akademis dengan mendapatkan nilai minimal 7 (tujuh) dalam setiap mata pelajaran, apabila dalam waktu 3 (tiga) bulan siswa/siswi tidak dapat memenuhi persyaratan tersebut maka siswa/siswi tersebut akan dikeluarkan dari sekolah. Dalam hal ini tidak terdapat pengecualian apa pun, termasuk jika siswa/siswi tersebut hanya berprestasi dalam bidang tertentu saja ataupun anggota dari keluarga pejabat negara, pimpinan/ pegawai perusahaan donatur, bahkan pejabat dan guru di sekolah. Ini bertujuan untuk menunjukkan dan menanamkan kepada siswa/siswi bahwa mereka bahwa semua diperlakukan sama tanpa membedakan latar belakang keluarga dan lain-lain.

Dalam Sekolah Indonesia ini, para siswa/siswi akan diajarkan dan ditanamkan prinsip bahwa kepintaran akan lebih berarti dan berguna apabila diajarkan kepada yang lain dan digunakan untuk kepentingan masyarakat. Ini bertujuan untuk membentuk pribadi-pribadi yang ingin menjadi lebih pintar dan tangguh bukan hanya untuk dirinya tapi juga untuk kepentingan bangsa dan negara.

Alasan mengapa Sekolah Indonesia tidak melakukan seleksi pada saat penerimaan dikarenakan oleh sekolah ini ingin memberikan kesempatan yang sama pada siswa/siswi yang ingin bersekolah di Sekolah Indonesia. Karena hasil yang ingin dituju oleh Sekolah Indonesia ini adalah terciptanya individu yang ingin menjadi individu yang selalu merasa ingin berkembang menjadi lebih baik dari sebelumnya dan selalu memperbaiki diri dari kesalahan masa lalu untuk menuju masa depan yang lebih baik. Motivasi yang ditanamkan kepada setiap siswa/siswi di sekolah ini adalah bahwa kepintaran itu bukanlah sesuatu kelebihan yang berarti tetapi yang lebih berarti adalah keinginan yang kuat untuk berjuang demi masa depan yang lebih baik.

Visi dan Misi

Visi :
Visi Sekolah Indonesia adalah tercapainya kemandirian Bangsa Indonesia dan kemajuan Nasional dalam segala bidang namun tetap mempertahankan dan menghargai budaya bangsa sebagai pencerminan pribadi.

Misi :
Misi Sekolah Indonesia adalah meningkatkan pendidikan Nasional dengan memberikan pengajaran (pendidikan) yang terbaik, kesempatan dan perlakuan yang sama kepada seluruh siswa dan siswi Sekolah Indonesia.
Menanamkan prinsip kepada siswa dan siswi Sekolah Indonesia bahwa pintar (bisa melakukan) berarti mengajarkan kepada yang belum pintar (belum bisa melakukan).
Menanamkan prinsip kepada siswa dan siswi Sekolah Indonesia bahwa kerjasama bersifat gotong royong harus berlangsung secara fair dalam menghadapi setiap kompetisi.
Menanamkan prinsip kepada siswa dan siswi Sekolah Indonesia bahwa motivasi untuk bertarung dan kemudian membuktikannya dalam kenyataan secara maksimal dengan tujuan mencapai masa depan yang lebih baik.
Menanamkan prinsip kepada siswa dan siswi Sekolah Indonesia bahwa mereka bukan penerus atau pewaris Bangsa tetapi pembetul Bangsa. Dengan begitu siswa dan siswi Sekolah Indonesia sadar bahwa mereka selalu bisa melakukan peningkatan-peningkatan dengan melakukan evaluasi atas hal-hal yang telah mereka lakukan, walaupun hal-hal yang telah mereka lakukan sudah benar.
Membentuk manusia-manusia Indonesia yang maju dan berkembang pesat sesuai dengan perkembangan dunia namun tetap mempertahankan budaya Indonesia sebagai karakter yang mereka miliki di dalam diri mereka.
Membentuk manusia Indonesia yang menghargai para Pahlawan Indonesia yang telah berjuang dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa dalam segala bidang.


C. Tujuan dan Sasaran
Pembangunan Sekolah Indonesia bertujuan :
Membantu pembangungan pemerintah dalam pemberantasan kebodohon, mencerdaskan anak-anak bangsa, membekali dan memperkenalkan anak-anak Indonesia dengan pendidikan yang layak dan hal-hal positif sejak dini, sehingga pada akhirnya akan tercipta sumber daya manusia yang berkualitas.
Memberikan tempat belajar bagi siswa/siswi dengan segala fasilitas dan kelengkapannya.
Meningkatkan kualitas siswa/siswi tidak hanya dalam bidang akademis namun juga dalam bidang lain.

Adapun sasarannya adalah:
Pembangunan Sekolah Indonesia dan segala bentuk fasilitasnya.
Pembentukan kurikulum dengan standarisasi Internasional.
Penggabungan budaya nasional dengan kurikulum.
Seluruh anak-anak Indonesia yang akan disiapkan menjadi masa depan bangsa.



lounger_sejati - 01/10/2010 07:12 AM
#112

ikutan nyimak aja gan
salad_nge_bool - 19/10/2010 11:36 AM
#113

Quote:
Original Posted By kidanbrain
Gue ketinggalan apa aja negh?[/RIGH]
Ketinggalan bool ane, gan. [RIGHT]
catalystariady - 18/01/2011 08:17 AM
#114

yang terbaik kalo investasi asing dikurangi bahkan ditiadakan,
Page 6.5 of 6 |  < 1 2 3 4 5 6
Home > CASCISCUS > DEBATE CLUB > Apa yang terbaik untuk bangsa indonesia kedepan ?