Kendaraan Roda Empat ( Mobil )
Home > JUAL BELI > Otomotif > Kendaraan Roda Empat ( Mobil ) > Tips beli mobil bekas
Total Views: 379950
Page 1.5 of 65 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›

hermawan.darma - 26/02/2009 06:27 PM
#11
Dari TAM juga kasih tips
Juragan yang pada mau beli mobil bekas ada tips dari TOYOTA
gw lihat iklannya di kompas.com

http://www.toyota-ownerclub.com/usedcar/

Disitu juga ada referensi web mobilbekas, harga, dll
Julianto G - 22/03/2009 10:45 PM
#12

Tambahan juga buat warna mobil, misalnya untuk Hyundai Atoz 2003 warna silver lebih gampang jika dijual kembali, harganya juga bisa lebih bagus.
yagovic - 26/03/2009 07:48 AM
#13
Update
Perlu diingat bahwa membeli mobil bekas sama saja dengan membeli risiko. Karena, kendaraan yang sudah dianggap bagus, begitu pindah tangan banyak yang rusak. Menjadi lebih jengkel, saat kondisi lalulintas padat mendadak mesin overheat. Supaya tidak kecele, ketika hendak membeli mobil bisa membawa mekanik. Paling tidak ia mengerti kondisi mesin. Lebih bagus juga paham kaki-kaki dan bodi.

Kalau tidak punya kenalan mekanik, 11 petunjuk di bawah ini bisa membantu proses penelitian agar Anda tidak tertipu. Sebelas di antaranya merupakan masalah yang umum muncul di mobil bekas.

Spoiler for TAMBAHAN PERTAMA

[*]Lihat BPKB (Bukti Kepemilikan Kendaraan Bermotor)
Untuk mengetahui mobil sudah berpindah tangan berapa kali. Termasuk juga keaslian warna. Perhatikan lokasi tinggal pemilik pertama. Kalau dekat dengan laut, sebaiknya jangan dibeli. Karena kemungkinan karatnya besar lantaran udaranya mengandung garam.

[*]Lampu-lampu
Mulai depan (lampu utama), belakang, kabin hingga indikator. Ini perlu, terutama untuk mobil yang usia sudah di atas 10 tahun. Selain dari umur bohlam, kerja lampu juga dipengaruhi oleh kondisi soket, kabel, sekring dan sistem kelistrikan lainnya. Ganti bohlam saja murah, tapi kalau harus sistem kabel, dananya cukup besar.

[*]Sepatu rem
Tak cukup dengan dilihat, tapi dijalankan dengan kecepatan bervariasi sambil menginjak pedal rem. Dengarkan muncul tidak suara berdecit secara kontinyu. Atau kaki terasa bergetar, kemungkinan sepatu rem sudah tipis dan ada area yang bersentuhan dengan cakram. Jika kaki seperti menendang balik menandakan piring cakram tidak rata.

[*]Filter
Ada tiga, yakni filter udara, oli, bahan bakar. Jika semua kondisinya baik bisa memperpanjang umur pakai mobil. Sebaliknya, salah satu filter atau semuanya kotor atau mampat.Biaya penggantiannya memang tidak mahal. Tapi jika Anda mendapati kondisi filter udara mesin kotor, kondisi mesin relatif sudah menurun. Sementara komponen itu paling mudah diganti. Jadi jika filter udara yang kotor saja tidak diganti, bagaimana dengan filter lainnya?

[*]Busi
Lemahnya kondisi busi dapat menyebabkan kerja mesin menurun. Karena bisa membuat konsumsi bbm lebih boros, menaikkan emisi gas buang serta berakibat kerja mesin jadi tersendat karena gagal memercik. Biasanya, untuk mengakali busi yang sudah aus, celah dibuat lebih rapat dengan elektroda. Sehingga mesin bisa bekerja normal. Tapi hal itu tidak bertahan lama. Jadi sebaiknya, setelah mobil dibeli, busi ini segera diganti.

[*]Aki
Untuk mengecek kemampuan menampung arus listrik aki mobil memang butuh alat khusus. Tapi Anda bisa melihat tinggi cairan, dan jika dinding aki tembus pandang perhatikan apakah sel-sel sudah ada yang melengkung. Perhatikan pula jika ada korosi pada terminal aki. Lihat juga kabel positif dan negatif yang mungkin longgar. Korosi dan kabel kendur membuat daya hantar arus listrik lemah. Sehingga tidak cukup kuat untuk memutar mesin.

[*]Belt
Belt yang slip dapat menimbulkan suara berdecit yang keras. Kendurnya belt dapat mempengaruhi pendinginan mesin, kerja alternator, power steering dan AC. Karena harga belt ini tidak mahal, jadi sebaiknya diganti setelah membeli.

[*]Sokbreker
Komponen ini vital bagi kestabilan dan keselamatan berkendara. Jika sudah lemah atau rusak, ayunan mobil sudah tidak teredam dengan baik dan dapat memperpendek umur pakai ban. Umumnya, sokbreker oli cenderung lebih mudah dideteksi kerusakannya dengan melihat apakah ada lelehan oli pada area di sekitarnya. Masalah lainnya adalah dudukan sokbreker yang sudah diserang karat.

[*]CV joint
Komponen ini berguna untuk menyalurkan tenaga mesin dari kopel (propeller shaft) ke as roda (drive shaft). Umumnya, masalah ini muncul akibat karet Constant Velocity Joint (CV Joint) sudah rusak dan bagian dalamnya kering dari gemuk (grease). Untuk mendeteksinya, Anda perlu test drive karena pada kecepatan tertentu akan muncul getaran berlebih. Atau dengan menikung patah dengan kecepatan rendah. Jika muncul suara berdetak, artinya komponen ini perlu diganti.

[*]Knalpot
Untuk mengecek kondisi knalpot adalah dengan melongok ke kolong mobil. Pastikan tidak ada kebocoran pada exhaust manifold, muffler dan pipa. Anda juga bisa dengan mendengarkan apakah ada suara keras yang tidak normal. Meski hal ini mudah disamarkan dengan alasan sudah dimodifikasi.

[*]Ban
Ban gundul jelas berisiko tinggi untuk berkendara. Meski hanya sebagian tapaknya saja. Ausnya sebagian tapak ban juga bisa dijadikan indikasi pemiliknya sudah lama tidak melakukan wheel alignment dan balancing. Selain itu perhatikan pula apakah ada dinding ban yang menggembung.



yagovic - 26/03/2009 07:50 AM
#14
Tambahan kedua
TAMBAHAN BARU : CEK KNALPOT

Perlu diingat bahwa suara mesin yang halus belum tentu menjamin kondisinya tidak bermasalah, karena banyak juga orang yang ternyata salah mengasumsikan hal ini. Jadinya ada rasa kecewa setelah membeli mobil tersebut pun dibeli, karena harus mengeluarkan uang yang cukup banyak untuk biaya perbaikannya ke bengkel mobil.

Nah...,untuk menghindari kesalahan dalam menilai kondisi mesin mobil berbahan bakar bensin, ada cara lain yang sangat mudah untuk mengetahui kondisi mesin , yaitu bisa melihat dan menjadikan kondisi ujung knalpot mobil tersebut sebagai indikator kondisi mesin.
Spoiler for CEK KNALPOT


[*]Terdapat Lelehan Oli
Jika ujung knalpot seperti ini, berarti ada masalah pada mesin, penyebabnya bisa dikarenakan kerusakan pada seal klep, ring piston atau sudah terdapat adanya baret pada dinding silinder mesin sehingga oli mesin masuk kedalam ruang pembakaran. Biasanya jika terjadi hal ini, knalpot mobil akan mengeluarkan asap putih yang pekat saat mesin menyala.
[*]Terdapat Kerak Hitam Karbon
Kerak hitam pada ujung knalpot disebabkan karena tidak sempurnanya pembakaran pada mesin. Terlalu banyak bensin dibanding udara dalam ruang mesin, sehingga banyak bensin yang tidak terbakar sempurna yang kemudian menghasilkan asap dan kerak hitam pada saluran knalpot. Jika terjadi hal ini biasanya mesin brebet, tidak bertenaga dan boros bensin. Asap hitam juga bisa disebabkan karena saringan udara kotor ataupun injector bermasalah.
[*]Bersih dan berwarna abu-abu
Kondisi seperti ini menunjukkan bahwa pembakaran mesin sudah ideal, perbandingan antara bensin dan udara untuk proses pembakaran sudah seimbang. Proses menyeimbangkan campuran antara bensin dan udara lebih untuk mesin mobil yang masih menggunakan karburator, karena jika yang menggunakan sistem injeksi, pengaturan perbandingannya (Air Fuel Ratio) sudah akurat karena sudah diatur oleh ECU, jelas Rudi, mekanik dari bengkel Latimojong di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat.
[*]Tetesan / Percikan Air : Jika terdapat tetesan air pada saat mesin dalam kondisi dingin adalah hal yang wajar. Ini disebabkan karena adanya proses kondensasi yang menyebabkan adanya embun atau uap air pada saluran knalpot, air pun akan segera hilang setelah mesin panas. Namun jika air masih tetap keluar secara terus menerus setelah mesin panas, maka dapat dipastikan bahwa adanya kebocoran pada paking head sehingga air radiator masuk ke dalam mesin, lama kelamaan hal ini bisa merusak mesin karena korosi pada dinding silinder.




NGOMONG2 KOQ GAK PRNAH ADA YANG NGASIH IJO2 DARI THREAT INI YA....
TUNJUKKAN KASKUSMU DOOOONG !!!
fragholic - 07/04/2009 01:59 AM
#15

wah gan nice info

sekedar sharing.. saya bulan desember 08 beli honda jazz vtec sport, bukan yang top grade. harga bisa dibilang murah dan memang pasaran nya. warna putih mutiara, body semua orisinil (terlihat oleh mata awam) cuma velg uda variasi tapi saya masi menganggap wajar.dibelilah mobil tersebut

Begitu beli saya langsung bungkus jok mobil dengan semi kulit full interior habis 2,5 jt
setelah 2 minggu pakai, power window rusak. 3 dari 4 jendela harus diperbaiki, lalu saya perbaiki dan habis Rp. 100.000
setelah 1 bulan pakai, terlihat semprotan air untuk wiper belakang tidak jalan. saya perbaiki lagi dan habis Rp. 150.000
setelah 1 bulan lebih saya membeli buku servis lagi karena yang sebelumnya hilang, habis Rp. 110.000
tidak lama kemudian ac kurang dingin, saya isi freon plus sedikit perbaikan habis Rp. 150.000
Dana yang saya keluarkan diatas,masi saya anggap normal dan tidak menyadari keanehan2

setelah 3 bulan mobil mogok, ternyata aki bukan orisinil lalu saya ganti dengan yang baru habis Rp. 700.000 plus dll
setelah 4 bulan mobil mogok tapi ternyata bisa jalan kembali, tapi saya tidak melakukan pengecekan
setelah 4,5 bulan mobil saya mogok dan sampai2 saya buat thread dengan judul "uda panas ga ada duit mobil mogok lagi"
setelah di cek ternyata mobil tersebut bekas tabrakan parah, sampai2 turun mesin dll, cat bukan orisinil, dan montir Honda resmi bilang klo ini bakal ada lagi masalah2 lagi. begitu syok dan merasa tertipu oleh orang yang menjual mobil tersebut

sekarnag mobil tersebut sudah dikembalikan ke penjual yang waktu itu saya beli, dan total saya sudah rugi 20jt karena si penjual menerima mobil tersebut dengan harga rendah

sekedar info, sebelum membeli pastikan anda membawa orang yang benar2 ahli dan tau seluk beluk tentang kendaraan supaya juragan2 tidak tertipu seperti yang saya alami.
cek ulang semua, mulai dari kap mesin, pintu dan bagasi. cek mesin dan yang paling aman bawa mobil tersebut ke bengkel resmi.
alex_l3xz - 14/04/2009 11:23 AM
#16

nais info gan...

btw mau sedikit nambahin gan...
gapapa kan...hehehe...

khusus buat yang mau beli mobil eropa selain perhatikan kondisi mesin (tentunya)
hal2 dibawah ini juga perlu perhatian lebih waktu kita liat2 mobil eropa 2nd:
1. ornamen body (lis2 chrome, emblem, dll)
ini penting soalnya selain barang pengganti susah didapat pas barangnya ada harganya selangit...(bayangin aja emblem 320i punya BMW 1995 harganya tembus Rp 400rb, atau lis chrome seken mercy tiger sepotong harganya bisa >Rp 700rb, lampu belakang peugeot 505GR Rp 550rb sebelah) pengalaman pribadi nih gan...
2. kelengkapan Interior (lampu interior,kondisi jok, kondisi plafond,doortrim, kelancaran fungsi indikator di panel instrumen)
alasannya sama kaya diatas...barang ga ada di pasaran...kalaupun ada harga selangit...
selain itu keutuhan interior mobil eropa terutama mobil2 klasik/hobi bakal pengaruh gede banget ke harga jual kembali...

mudah2an bermanfaat...
[InterNisti] - 18/04/2009 07:17 AM
#17

==merged==
zerrocurrent - 04/05/2009 01:51 PM
#18

nice info gan,
tp jd takut beli mobil bekas niy (bnyk part yg hrs diperhatikan ).

bwt beli yg baru duitnya jg pas2an, confused dah ^^'
giizmo - 07/05/2009 09:57 PM
#19

Gan..., bagi tips untuk beli mobil matic second donk...
thx
ibenq - 08/05/2009 03:10 PM
#20
namanya juga mobil seken
Quote:
Original Posted By fragholic
wah gan nice info

sekedar sharing.. saya bulan desember 08 beli honda jazz vtec sport, bukan yang top grade. harga bisa dibilang murah dan memang pasaran nya. warna putih mutiara, body semua orisinil (terlihat oleh mata awam) cuma velg uda variasi tapi saya masi menganggap wajar.dibelilah mobil tersebut

Begitu beli saya langsung bungkus jok mobil dengan semi kulit full interior habis 2,5 jt
setelah 2 minggu pakai, power window rusak. 3 dari 4 jendela harus diperbaiki, lalu saya perbaiki dan habis Rp. 100.000
setelah 1 bulan pakai, terlihat semprotan air untuk wiper belakang tidak jalan. saya perbaiki lagi dan habis Rp. 150.000
setelah 1 bulan lebih saya membeli buku servis lagi karena yang sebelumnya hilang, habis Rp. 110.000
tidak lama kemudian ac kurang dingin, saya isi freon plus sedikit perbaikan habis Rp. 150.000
Dana yang saya keluarkan diatas,masi saya anggap normal dan tidak menyadari keanehan2

setelah 3 bulan mobil mogok, ternyata aki bukan orisinil lalu saya ganti dengan yang baru habis Rp. 700.000 plus dll
setelah 4 bulan mobil mogok tapi ternyata bisa jalan kembali, tapi saya tidak melakukan pengecekan
setelah 4,5 bulan mobil saya mogok dan sampai2 saya buat thread dengan judul "uda panas ga ada duit mobil mogok lagi"
setelah di cek ternyata mobil tersebut bekas tabrakan parah, sampai2 turun mesin dll, cat bukan orisinil, dan montir Honda resmi bilang klo ini bakal ada lagi masalah2 lagi. begitu syok dan merasa tertipu oleh orang yang menjual mobil tersebut

sekarnag mobil tersebut sudah dikembalikan ke penjual yang waktu itu saya beli, dan total saya sudah rugi 20jt karena si penjual menerima mobil tersebut dengan harga rendah

sekedar info, sebelum membeli pastikan anda membawa orang yang benar2 ahli dan tau seluk beluk tentang kendaraan supaya juragan2 tidak tertipu seperti yang saya alami.
cek ulang semua, mulai dari kap mesin, pintu dan bagasi. cek mesin dan yang paling aman bawa mobil tersebut ke bengkel resmi.



juragan.. juragan.. namanya juga beli mobil seken, udah pastilah bakal banyak keluar walopun pas beli dah bawa' mekanik segala.
jadi sebelum beli mobil gan.. yakinin dulu diri kita.. sanggup gk kita membiayai perawatan hidupnya.. pasti aja bakal ada yg rusak. baik yg 1, rusak yg laen selalu begitu. kalo kira2 kita gk mau yg kayak gitu.. ya sebaiknya gk usah beli mobil seken. simpen dulu dananya.. udah banyak.. langsung beli yg baru aja...
bramaxion - 10/05/2009 10:19 AM
#21

Quote:
Original Posted By Mactopia
nice tip bro,

kalau boleh menambahkan, masalah bpkb & stnk jg perlu d cek, apalagi untuk mobil2 yg tergolong tua, kadang2 pajak mati.. sehingga kalau ingin balik nama agak mahalan krn harus menanggung pajak matinya

nice tips bro n jgn lp periksa tulang2ny di bagian yang rawan tabrakan n jgn lupa jg kaki2 nban masih bgus ga kembangnya n pelek dh pada groak or gaskian tambahan gan....:kimpoi:
muhammadfitra - 16/05/2009 03:55 AM
#22

mau nanya gan, kalo ngecek mobil di bengkel resmi kira2 bakal keluar brp ya? jd was2 nih.thx
faizhusein - 17/05/2009 03:25 PM
#23

Quote:
Original Posted By yagovic
TAMBAHAN BARU : CEK KNALPOT

Perlu diingat bahwa suara mesin yang halus belum tentu menjamin kondisinya tidak bermasalah, karena banyak juga orang yang ternyata salah mengasumsikan hal ini. Jadinya ada rasa kecewa setelah membeli mobil tersebut pun dibeli, karena harus mengeluarkan uang yang cukup banyak untuk biaya perbaikannya ke bengkel mobil.

Nah...,untuk menghindari kesalahan dalam menilai kondisi mesin mobil berbahan bakar bensin, ada cara lain yang sangat mudah untuk mengetahui kondisi mesin , yaitu bisa melihat dan menjadikan kondisi ujung knalpot mobil tersebut sebagai indikator kondisi mesin.
Spoiler for CEK KNALPOT


[*]Terdapat Lelehan Oli
Jika ujung knalpot seperti ini, berarti ada masalah pada mesin, penyebabnya bisa dikarenakan kerusakan pada seal klep, ring piston atau sudah terdapat adanya baret pada dinding silinder mesin sehingga oli mesin masuk kedalam ruang pembakaran. Biasanya jika terjadi hal ini, knalpot mobil akan mengeluarkan asap putih yang pekat saat mesin menyala.
[*]Terdapat Kerak Hitam Karbon
Kerak hitam pada ujung knalpot disebabkan karena tidak sempurnanya pembakaran pada mesin. Terlalu banyak bensin dibanding udara dalam ruang mesin, sehingga banyak bensin yang tidak terbakar sempurna yang kemudian menghasilkan asap dan kerak hitam pada saluran knalpot. Jika terjadi hal ini biasanya mesin brebet, tidak bertenaga dan boros bensin. Asap hitam juga bisa disebabkan karena saringan udara kotor ataupun injector bermasalah.
[*]Bersih dan berwarna abu-abu
Kondisi seperti ini menunjukkan bahwa pembakaran mesin sudah ideal, perbandingan antara bensin dan udara untuk proses pembakaran sudah seimbang. Proses menyeimbangkan campuran antara bensin dan udara lebih untuk mesin mobil yang masih menggunakan karburator, karena jika yang menggunakan sistem injeksi, pengaturan perbandingannya (Air Fuel Ratio) sudah akurat karena sudah diatur oleh ECU, jelas Rudi, mekanik dari bengkel Latimojong di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat.
[*]Tetesan / Percikan Air : Jika terdapat tetesan air pada saat mesin dalam kondisi dingin adalah hal yang wajar. Ini disebabkan karena adanya proses kondensasi yang menyebabkan adanya embun atau uap air pada saluran knalpot, air pun akan segera hilang setelah mesin panas. Namun jika air masih tetap keluar secara terus menerus setelah mesin panas, maka dapat dipastikan bahwa adanya kebocoran pada paking head sehingga air radiator masuk ke dalam mesin, lama kelamaan hal ini bisa merusak mesin karena korosi pada dinding silinder.




NGOMONG2 KOQ GAK PRNAH ADA YANG NGASIH IJO2 DARI THREAT INI YA....
TUNJUKKAN KASKUSMU DOOOONG !!!





thanks gan infonya mantabb
Invisible Man.. - 24/05/2009 12:23 AM
#24

nanya donk om..ada yang tau gak kelemahan dari grand vitara?soal konsumsi BBMnya gmn?

maap klo salh kamar yak...


tengkyu atas jawabannya..
jin_efret - 25/05/2009 05:50 PM
#25

nice info gan...

dm200999 - 27/05/2009 02:48 AM
#26

bagi yang ingin cari referensi harga mobil...

silahkan masuk sini :
http://www.kaskus.co.id/showthread.php?p=93144695


semoga bermanfaat....
medang - 27/05/2009 05:30 PM
#27
Minta Saran
Bosss, minta saran nya , ????

Saya rencananya mau beli mobil bekas Taksi ?

Apakah ada yg sdh beli ? Dan setelah dipakai keluhan mobil apa saja ?
jualoto - 28/05/2009 12:46 PM
#28

gw mau nanya nich Kalau mau beli mobil bekas sebaiknya di Showroom , Pedagang atau Pemiliknya yah...........?
dan juga kekurangan dan kelebihan dari showroom/pedagang/pemiliknya....
Mohon sarannya ya.....
khairyrifqy - 01/06/2009 12:25 PM
#29
tolong gan...
klo mobil seken korea tuh tahan ga si gan?
saya rencana mau cari visto ato atoz, klo ama karimun bagus mana?
tengkyu gan..
tryst - 01/06/2009 12:46 PM
#30

g dah beli mobil nissan sentra 2001 selama 1tahun.

karena g awam perihal mobkas jadi kena tipu sana sini.
biaya perbaikan ini itu dah habis skitar 6-8juta. lmyn jg sih.

skrg jadi pelajaran dan mulai ngerti ttg mobil.
saran g sih utk yg mau beli mobkas, bawa mobkas yg mau lu beli itu ke bengkel rekomendasi lu sendiri, jgn bengkel yg penjual rekomendasikan. ada unsur maen mata tuh. ati2 deh.
Page 1.5 of 65 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›
Home > JUAL BELI > Otomotif > Kendaraan Roda Empat ( Mobil ) > Tips beli mobil bekas