Budaya
Home > LOEKELOE > SUPRANATURAL > Budaya > [pic]candi dan reruntuhan candi di jawa
Total Views: 70705
Page 18 of 26 | ‹ First  < 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 >  Last ›

ezgoing - 16/01/2010 11:46 PM
#341

Candi Muaro Jambi ( semoga tdk repost )

Kompleks percandian Muaro Jambi pertama kali dilaporkan pada tahun 1823 oleh seorang letnan Inggris bernama S.C. Crooke yang melakukan pemetaan daerah aliran sungai untuk kepentingan militer. Baru tahun 1975, pemerintah Indonesia mulai melakukan pemugaran yang serius yang dipimpin R. Soekmono. Berdasarkan aksara Jawa Kuno[rujukan?] pada beberapa lempeng yang ditemukan, pakar epigrafi Boechari menyimpulkan peninggalan itu berkisar dari abad ke-9-12 Masehi. Di situs ini baru sembilan bangunan yang telah dipugar,[1] dan kesemuanya adalah bercorak Buddhisme. Kesembilan candi tersebut adalah Candi Kotomahligai, Kedaton, Gedong Satu, Gedong Dua, Gumpung, Tinggi, Telago Rajo, Kembar Batu, dan Candi Astano.

Dari sekian banyaknya penemuan yang ada, Junus Satrio Atmodjo menyimpulkan daerah itu dulu banyak dihuni dan menjadi tempat bertemu berbagai budaya. Ada manik-manik yang berasal dari Persia, Republik Rakyat Cina, dan India. Agama Buddha Mahayana Tantrayana diduga menjadi agama mayoritas dengan diketemukannya lempeng-lempeng bertuliskan "wajra" pada beberapa candi yang membentuk mandala.

Source : http://id.wikipedia.org/wiki/Kompleks_Candi_Muaro_Jambi



prabuanom - 17/01/2010 02:24 PM
#342

Quote:
Original Posted By pdgpdgpdgpdgpdg
iya emang ada sedikit kemiripan karena Sabda Palon dan Naya Genggong sama halnya seperti punakawan dalm pewayangan Jawa,, mereka adalah seorang abdi atau pamong, dalam hal ini Sabda Palon dan Naya Genggong adalah pengasuh Prabu Brawijaya V..



Gambaran karakter ini gak sembarangan lo gan,, sosok karakter ini didapet pake tirakat,, para aktor pemeran tokoh ini harus ijin dulu ma eyang Sabda Palon dan eyang Naya Genggong bahkan mereka nginep di candi cetho 3 malam dan katanya sampai didatengi eyang dalam mimpi,, karakter itu disesuaikan ma apa yang aktor liat pas di mimpi..

hem memang kepercayaan dr serat darmogandul kan di katakan bahwa eyang sabdopalon adalah titisan eyang semar gan.
pdgpdgpdgpdgpdg - 18/01/2010 08:10 AM
#343

Quote:
Original Posted By prabuanom
hem memang kepercayaan dr serat darmogandul kan di katakan bahwa eyang sabdopalon adalah titisan eyang semar gan.


hhmm, coba ntar ane tanya guru ane tentang Darmogandhul,, tapi emang bener kok beberapa memang beranggapan seperti itu.. seperti contoh model celengan gerabah yang sekarang kita kenal sebagai celengan Semar tu lo gan (sampai sekarang setiap sekaten masih dijual),, tu kan sebenarnya celengan Sabda Palon dan model itu sudah ada sejak jaman Majapahit pertengahan, sejak dipakainya koin logam.. model celengan jumbonya tuh ada di avatar ane.. hehe,, gedhe banget ya,, tu perpustakaan semar yang ada di daerah lawu..
Spoiler for patung semar tarbesar di Indonesia
prabuanom - 18/01/2010 11:21 AM
#344

Quote:
Original Posted By pdgpdgpdgpdgpdg
hhmm, coba ntar ane tanya guru ane tentang Darmogandhul,, tapi emang bener kok beberapa memang beranggapan seperti itu.. seperti contoh model celengan gerabah yang sekarang kita kenal sebagai celengan Semar tu lo gan (sampai sekarang setiap sekaten masih dijual),, tu kan sebenarnya celengan Sabda Palon dan model itu sudah ada sejak jaman Majapahit pertengahan, sejak dipakainya koin logam.. model celengan jumbonya tuh ada di avatar ane.. hehe,, gedhe banget ya,, tu perpustakaan semar yang ada di daerah lawu..
Spoiler for patung semar tarbesar di Indonesia


baru kemaren aye googling nemu gambar tersebut. tapi belum mendapat penjelasanya. eh itu patung eyang semar didaerah mana gan?. ada artikelnya?difungsikan sebagai apa?di daerah gunung lawu sebelah mananya gan?didirikan taun berapa?
dharmawartha - 18/01/2010 12:53 PM
#345

Quote:
Original Posted By jaro san
salam buat semua, viva nusantara ! he he

Spt biasa... aye minat dan mo ngikut nyumbang... tanpa takut anggapan macam2...
biasanya berkaitan sisi ilmiah: sejarah, geologis & geopolitik... atawa dr sisi mistis-gaibnya...

Lumpur LAPINDO menjadi bencana nasional...
Dr segi sejarah:
sejarah Prabu Banjaransari cs...

segi fungsi/makna candi:
lokasi pemboran tepat di atas situs purba: candi2 Banjaransari. malah.. titik pemboran pas di situs... situs tentunya hancur... pdhal... salah satu fungsi candi: patok wilayah, penanda gejala/ potensi alam. Dlm hal ini.. candi yg dirusak utk pemboran.. mengandung lambang relief katak & teratai... biasanya situs berlambang ini.. sbg penanda.. bahwa di bawahnya terdapat sumber air...

segi geopolitik... candi berfungsi jg sbg penanda wilayah.. baikkekuasaan kerajaan maupun wilayah "suci"... khusus raja.

segi mistis-alam
candi berfungsi pula sbg penanda pepunden.. atau tempat bersemayam ruh2 kuno.. atau jg danyang(danyang bukan iblis, setan dsb), yg mrk semua bertugas menjaga keseimbangan alam dan gaib setempat. Nah jk "kantor" nya digusur/ hancurkan, mk tentu mrk kecewa, wong sudah berbaik hati mengurusi alam agar selaras tenang, bahkan berkorban turun dr alam nirwana ketenangan demi utk kasih sayang mrk thd manusia yg msh hidup... mrk turun kembali..
Mk reaksi dr penggusuran semena2 beragam: pergi meningalkan lokasi dg kecewa, ada yg marah dsb. nah yg terakhir ini yg bahaya... sebab mrk lah yg menguasai selukbeluk lokasi.
Belum lagi jk kepala mereka: para bidadari.... lalu atasnya lg para dewa dewi... lanjut para dewa bathara.... lalu malaikat.... gawat !

Di Jawa, umumnya mata air ada penunggunya/ danyang. Keluarnya mata air atas kehendak Tuhan YME dg berbagai sebab sariat... lalu dijaga para danyang...demi kelestarian alamnya. Namun jk mereka tidak dihargai, bahkan dihina, dihancurkan dg sebjtan musrik dsb... mk mrk akan kecewa... lalu bisa pergi meninggalkan lokasi.. yg berujung dg keringnya mata air tsb.

Subhanallah Yg Maha Luas Maha Berkehendak
Cintailah budaya bangsa, beserta peninggalannya...
Hargailah mereka...

peace
he he


sebelumnya newbie mengucapkan salam perkenalan kepada juragan semua.

setuju, saya juga dapat info dari seseorang di kediri, selain itu juga adalah batas wilayah yang dibuat oleh empu baradah, kalo gak salah.
jcx - 18/01/2010 05:50 PM
#346

Quote:
Original Posted By prabuanom
baru kemaren aye googling nemu gambar tersebut. tapi belum mendapat penjelasanya. eh itu patung eyang semar didaerah mana gan?. ada artikelnya?difungsikan sebagai apa?di daerah gunung lawu sebelah mananya gan?didirikan taun berapa?


Kyaknya itu yang ada di Karang Pandan, Karanganyar mas. Kalo dari Solo ke arah Tawang Mangu sebelah kiri jalan......
pdgpdgpdgpdgpdg - 18/01/2010 08:46 PM
#347

Quote:
Original Posted By prabuanom
hem memang kepercayaan dr serat darmogandul kan di katakan bahwa eyang sabdopalon adalah titisan eyang semar gan.


begini gan, emang bener di Darmogandhul dikisahkan Sabda Palon tu titisan Semar,, tapi kalau dikaji lebih dalam lagi ternyata sosok Semar tu malah justru tercipta karena terinspirasi dari sosok Sabda Palon,, nah lo...
pdgpdgpdgpdgpdg - 18/01/2010 08:47 PM
#348

Quote:
Original Posted By jcx
Kyaknya itu yang ada di Karang Pandan, Karanganyar mas. Kalo dari Solo ke arah Tawang Mangu sebelah kiri jalan......


iya, betul,, Kec. Kr.pandan wetan,, kalau lewat jalur bis Solo-Tawangmangu sebelah kiri jalan sebelum gerbang peron obyek wisata.. kalau gak salah dulu buat perpustakaan.. besok deh kalau lewat ane sempatin mampir buat cari-cari tahu ntar langsung ane posting di thread ini...
biduanmastrip - 19/01/2010 01:04 PM
#349

Quote:
Original Posted By jcx
Kyaknya itu yang ada di Karang Pandan, Karanganyar mas. Kalo dari Solo ke arah Tawang Mangu sebelah kiri jalan......


wah begitu ya mas...keramat ga mas disitu?


Quote:
Original Posted By pdgpdgpdgpdgpdg
begini gan, emang bener di Darmogandhul dikisahkan Sabda Palon tu titisan Semar,, tapi kalau dikaji lebih dalam lagi ternyata sosok Semar tu malah justru tercipta karena terinspirasi dari sosok Sabda Palon,, nah lo...


tetapi yg sering hadir secara ghaib ya mbah semar gan
perkara etrinspirasi atau tidak saya yakin banyak penganut kejawen dan mereka yg menguri uri budaya leluhur sangat hormat kepada beliau.

Quote:
Original Posted By pdgpdgpdgpdgpdg
iya, betul,, Kec. Kr.pandan wetan,, kalau lewat jalur bis Solo-Tawangmangu sebelah kiri jalan sebelum gerbang peron obyek wisata.. kalau gak salah dulu buat perpustakaan.. besok deh kalau lewat ane sempatin mampir buat cari-cari tahu ntar langsung ane posting di thread ini...


hem ditunggu beritanya gan
biejorok - 19/01/2010 11:58 PM
#350

ikut nimbrung.....
pandu_wira - 20/01/2010 02:30 AM
#351

wah,, banyak ya candinyaaa... asik,, nanti mau mampir ke prambanaaan
masivan - 20/01/2010 08:27 AM
#352

manteb nih, rajin bener gan ngumpulin foto candinya
elandinho - 20/01/2010 01:57 PM
#353

Quote:
Original Posted By renn
diusahain bro, thanks dah mau mampir



sekitar tahun 2005, bentuknya gak banyak berubah bro, yang sudah terlalu parah ya dibiarkan saja apa adanya. mungkin karena pertimbangan biaya juga, pemugaran candi membutuhkan biaya yang sangat besar. dan sepertinya pemerintah hanya memugar candi2 yang mempunyai daya tarik yang besar bagi wisata di indonesia.


tidak perlu nunggu Pemerintah Gan.
Kalau kita bisa kenapa tidak!!!!!
Selama ini kita selalu menyerahkan urusan seperti ini ke Pemerintah.
Seharusnya kita mampu untuk merawatnya.
mari kita galakkan Perawatan Candi dimanapun itu berada.
Kita jaga peninggalan nenek moyang kita demi anak cucu kita.
biejorok - 17/03/2010 12:56 PM
#354

kok macet ni gan????????ayoo masi banyak yang musti di jabarin loohhh.....
aneh3 - 17/03/2010 06:21 PM
#355

nice info gan

jadi pengen ngelilingin indonesia liat2 candi.... hahah

update trus yah gan...
prabuanom - 18/03/2010 01:48 PM
#356

Quote:
Original Posted By biejorok
kok macet ni gan????????ayoo masi banyak yang musti di jabarin loohhh.....


iya neh gan
msti dilanjut kembali
biejorok - 18/03/2010 11:02 PM
#357

ayoo semangat yaaa
ingsunpiyambak - 19/03/2010 09:11 AM
#358

di bantuin dong tsnya neh bang jorok, kan situ kayanya banyak tuh simpenan artikelnya?
biejorok - 19/03/2010 01:13 PM
#359

udah nggak punya gan....cuman tinggal simpenan di otak..itu juga sering kabur..... tapi ane usahain dah biar bisa ikut ngramien........
javamidnite - 19/03/2010 01:59 PM
#360

nice info gan..candi2 yg ada di Indonesia emg harus dirawat..
gan, sekedar sharing aja cuma gw blm bisa ambil fotonya..
di daerah Kl*t*n Jawa Tengah bbrapa tahun blkgan ada penemuan kolam pemandian cuma kyknya skr uda ga terkenal lgi lokasi agak jauh dari kompleks candi prambanan dan dekat dengan kota, ditemukan di dekat makam dan ukurannya cukup kecil..
kbr terakhir mau dibangun kompleks candi atau apa saya ga tau di desa x (lupa namanya), cuma kata org daerah bentuknya berupa batu2 berbentuk alat musik, org desa sana mengenalnya sebagai "keramat si gong" kalo kyk gitu disebut candi bukan ya gan? hahaha
ada reruntuhan penemuan candi pada satu desa dimana reruntuhan candi itu halaman rumah warga sekitar cuma uda ga dirawat atau sulit direkonstruksi, kata warga sana diperkirakan lebih tua dari candi Prambanan ntar kpn kalau ada waktu pas saya lbran ke daerah sana saya coba ambil gbrnya, bukti candi berupa batu relief mslhnya lokasinya jauh gan..hahaha
ada juga di pinggir jalan desa ada sebongkah batu berbentuk arca ganesha yg blm jdi, kasian ga terawat..
saya juga suka liat2 penemuan candi kyk gini gan, khususnya yg blm terlalu dikenal org soalnya berkesan gimana gitu dan ini karya nenek moyang bangsa Indonesia yg harus dilestarikan
Page 18 of 26 | ‹ First  < 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 >  Last ›
Home > LOEKELOE > SUPRANATURAL > Budaya > [pic]candi dan reruntuhan candi di jawa