PHOTOGRAPHY
Home > LOEKELOE > PHOTOGRAPHY > [Ask] Jenis Kain u/ Background Foto Studio
Total Views: 11373
Page 2.5 of 2 |  < 1 2

the iim - 05/06/2011 03:10 AM
#31

nambag wawasan lagi dah ane//
smoga apa yang ane baca dan liat bermanfaat buat ane da orang lain//
seramania - 05/06/2011 05:34 PM
#32

ane barusan dari toko liman jogja gan, toko karpet, kain, vinyl terlengkap di jogja buat nyari BG studio.

Ane uda liat kanvas ky apa. Kanvas kok gampang kelipet2 gitu ya gan, lipetannya keliatan sekali gitu. Trus warnanya aslinya agak kuning (kebetulan ane nyari yang putih terang)

Beludru ga ada yg putih gan,

trus temen ane nyaranin pake bahan yang biasa di pake print outdoor, kayak baliho dan x banner. Disisi sebaliknya itu ga mengkilat gitu. jadi bisa di pake.

dan ane jadi bingung mau pake BG dari apaan ni gan, selama ini sih pake tembok putih aja.

kalo pake kain putih, yang kaku, gitu apa ya gan namanya, kalo ada yang tau ?
layarStudiofoto - 05/06/2011 07:57 PM
#33

Quote:
Original Posted By seramania
ane barusan dari toko liman jogja gan, toko karpet, kain, vinyl terlengkap di jogja buat nyari BG studio.

Ane uda liat kanvas ky apa. Kanvas kok gampang kelipet2 gitu ya gan, lipetannya keliatan sekali gitu. Trus warnanya aslinya agak kuning (kebetulan ane nyari yang putih terang)

Beludru ga ada yg putih gan,

trus temen ane nyaranin pake bahan yang biasa di pake print outdoor, kayak baliho dan x banner. Disisi sebaliknya itu ga mengkilat gitu. jadi bisa di pake.

dan ane jadi bingung mau pake BG dari apaan ni gan, selama ini sih pake tembok putih aja.

kalo pake kain putih, yang kaku, gitu apa ya gan namanya, kalo ada yang tau ?


Semua Cotton Canvas (pure-canvas - biasanya u/ media lukisan cat minyak) memang berwarna cream. Nah klo mo cari yang putih anda bisa pakai bahan nonVowen/heygen/canvas china. ketebalan Nonwoven dibedakan dengan satuan GSM (gramasi / gram per square metre). jika dipakai sebagai BG carilah yang ketebalannya GSM-120 keatas (GSM-140, 150, 180 & 220) lebarnya bahannya ada yg sampai 320cm.
Bahan ini multi kegunaan dr alas u/ pengecoran hi-grade, Lapisan safety pada body mobil2x mewah, hingga Banner (saya malah juga memakainya u/ bahan tenda rumah untuk jagoan2x kecil saya + saya gambar2x)
toniiez - 05/06/2011 08:10 PM
#34

Quote:
Original Posted By layarStudiofoto
Para agan sekalian, perkenankan saya berbagi sedikit ttg backdrop/background.
Pada dasarnya tidak ada perbedaan peruntukan baik yg komersial atau pribadi semua tergantung untuk & tujuan apa BG anda perlukan.
Secara garis besar BG dibagi menjadi 2 golongan :
A. Muslin/Flexy ( BG dalam bentuk lemas, bisa dilipat, mudah dibawa2x, biasanya lebih ringan). BG ini bisa dibuat dari bahan kain, kaos ataupun plastic. Kelemahan BG jenis ini adalah seringkali bekas lipatan masih terlihat kala digelar u/ pemotretan (ada cara u/meluruskannya).
B. Canvas/Kaku BG jenis ini sebaiknya selalu dlm posisi tergulung dg maksud agar terhindar dr lecek dan selalu siap pakai. Jika terjadi lecek Jenis BG ini juga bisa diluruskan kembali yg tentu saja sedikit lebih lama waktunya dibanding jenis muslin. Bahan baku BG jenis ini bisa Pure-Canvias Painting, Paper, Kain cotton di coating canvas dan Nonwoven/Heigen/canvas china. Kecuali dr bahan nonwoven, BG jenis kanvas relatif berbobot lebih berat dari muslin.

Pemilihan BG Berdasar carakter permukaan bahan.
BG dr bahan pure-canvas & nonwoven cenderung memiliki texture permukaan terlihat berpori (hasil dr knetting bahan yg lebih lebar) sedang bahan dari kain lebih halus (smooth). Carakter permukaan ini akan sangat berpengaruh jika anda salah menempatkan posisi lighting pada bidikan close-up (u/ pas photo misalnya). Bagi yg sdh mahir hal ini tak bermasalah, bagi yg belum paham + dapat pelanggan yg bawel sering kali jadi problem.

Pemilihan BG Berdasar tingkat pantulan cahaya (paralax).
Berdasar bahan, nonwoven memiliki tingkat paralax yg lebih tinggi dr bahan lain. Paralax ini berpengaruh pada hasil pemotretan, karena pantulan kilau cahaya lighting yang kuat yang ditangkap oleh kamera akan merusak hasil pemotretan. Kelemahan bahan nonwoven ini bisa di atasi dengan penutupan permukaan bahan dengan cat gambar yang sesuai, bahkan jika komposisi catnya pas nilai paralaxnya bisa menyamai bahan kain cotton atau pure-canvas painting.

Pemilihan BG Berdasar lebar bahan (yg beredar di indonesia).
Bahan kain maximal hanya 2.9 mtr, pure-canvas 2,4 mtr, paper 2,8 meter dan non-woven 2,8 meter (kami memiliki bahan 3,20 mtr). Jika anda membutuhkan BG dengan lebar misalnya 6 x 6 mtr maka bahan akan disambung & letak sambungannya diatur sedemikian rupa agar tidak mengganggu (kami pernah membuat hingga 12 x 7,5 mtr)

Pemilihan BG Berdasar keawetan & tetapnya komposisi gambar :
dengan bahan cat yg sama, kain & pure-kanvas menempati posisi paling atas untuk keawetan & tetapnya komposisi gambar. Pertimbangan Point ini bermanfaat bagi anda yg memutuskan memiliki BG dg motif abadi (abstrak dg pola & warna klasic yg sering dipakai u/ BG pemotretan situasi resmi, wedding, keluarga dll)
Jika anda memutuskan u/ membeli BG dg pola gambar bentuk bangun (rak buku dll), sebaiknya dipilih dari bahan yang tidak molor karena bisa merusak komposisi gambar. Kan aneh kalau gambar rak buku. pilar dll jadi mletot sana-sini berubah karena tertarik molornya bahan. Bahan baku yg punya tingkat absorb cairan (cat) lebih besar akan menyebabkan gambar semakin cepat memudar.
Pada kasus kusamnya gambar krn lamanya umur BG, sebenarnya bisa di pulihkan dengan metoda khusus & tanpa penambahan cat baru. Pengalaman kami pemulihan hanya bisa dilakukan jika bahan terbuat dr kain, pure-canvas atau nonwoven).

Demikian sedikit pengetahuan saya jika ada yg kurang, saya siap berbagi pengetahuan dengan para agan sekalian.
Jika ada yg tidak pas saya mohon maaf & Semoga bermanfaat
"http://fotografi.tokobagus.com/kamera-perlengkapan-untuk-studio/backdrop-photostudio-automatic-backg round-rolling-775022.html"


penjelasannya mantappp gan
chiboart - 05/06/2011 09:30 PM
#35

kalo mau yang murah meriah pake kertas ajah gan
Butik.Bangkrut - 09/06/2011 12:46 PM
#36
taishukan eripai
Makasih banyak ilmunya agan agan..
Sore ini sepertinya akan ke toko kain mau coba liat sendiri perbandingnya antara canvas dan yg lain..

layarStudiofoto - 11/06/2011 05:48 PM
#37

Quote:
Original Posted By chiboart
kalo mau yang murah meriah pake kertas ajah gan


paper BG mahal lho. dengan lebar hanya 2,8M harganya setara dengan nonwoven dengan lebar 3,2M. Pertimbangkan juga :
1. Keawetan bahan. Nonwoven & Kanvas kain lebih awet & kuat dibanding kertas.
2. Lebih tahan terhadap air (Nonwoven bisa disikat dengan sikat halus dg gerakan searah, bahan tak berubah saat kering.
3. Nonwoven & Kain/kanvas bisa dibuat BG dengan lebar melebihi lebar asli bahan, sambungan tidak menyolok (BG 6 x 6 - sambungan 2 bahan lebar 3 mtr).
4. Nah ini yg jarang di ketahui orang, jika agan punya BG polos, sdh tampak lusuh/bosan - BG ini bisa di dibuat bahan u/ BG baru dengan motif abstrak dll.
layarStudiofoto - 24/08/2011 11:39 AM
#38
Background Polos & Cromakey Nonwoven
Ini adalah warna2x BG polos bahan Nonwoven yang kami hasilkan.
1. Standart acuannya adalah BG Paper yang memiliki nilai paralax rendah.
3. Varian warna bisa request (sesuai permintaan)
2. Berbagai macam ukuran bisa kami supply (pesanan terlebar hingga saat ini adalah 12 x 7,5 meter u/ pemotretan product sedan limousine baru).

By lang_perdana

Jika para agan ada yg berminta bisa menghubungi kami via 021-88992061, 08164841288, 0821 14958337, [email]Lhastra@yahoo.com[/email]
POWERPUL - 24/08/2011 11:48 AM
#39

Biasanya kalo untuk background ane pake kain anti lecek om.... tapi kain ini tipis, jadi harus ditaro di tembok putih atau tembok yang warnanya ngga mencolok lah... soalnya tipis, tapi anti lecek, jadi kalo di gulung dia ngga lecek.

Kalo background permanent buat ruangan ane lebih suka pake karton hijau, rapih om...
ichi95 - 19/07/2012 10:08 AM
#40

Quote:
Original Posted By aditversality
saya kemaren jg sempet bermasalah nih ttg background.. permasalahan utama adalah harga.. akhirnya nemu tempat (studio) yg jual background ukuran 3m x 11m kalo ga salah, tp harganya 400-700 rebu gila o.O

akhirnya i resolved to toko tekstil biasa, di Jogja namanya toko Liman di jl. Malioboro. Disitu saya beli 3 colours; putih kain biasa entah apa namanya, hitam velvet, sama maroon velvet.. buat warna-warna gelap pake velvet deh asik cara jenis kain ini menyerap cahayanya jadi asik buat like fashion/glamour photography.. even fun thing is buat ukuran 1.5m x 11m harga nya 120rb.. much more affordable than yg di studio tadi.. cara nempel nya primitif.. karena belum studio komersil saya rangkai pake pipa pvc sehingga mebentuk huruf M raksasa, jadi dah background stand dg modal 70rb hahahaha


ini dia jawaban yg ane cari, makasih gan infonya.. meluncur dah ke toko textile
Page 2.5 of 2 |  < 1 2
Home > LOEKELOE > PHOTOGRAPHY > [Ask] Jenis Kain u/ Background Foto Studio