Militer
Home > CASCISCUS > MILITER & KEPOLISIAN > Militer > Prajurit Tradisional Indonesia, Unik dan Mematikan
Total Views: 24181
Page 6 of 7 |  < 1 2 3 4 5 6 7 > 

Global Hawk UAV - 08/12/2011 02:17 PM
#101
Perahu Kora Kora (Maluku)

Kora kora atau coracora disebut juga Belang adalah perahu tradisional Kepulauan Maluku. Bentuknya seperti sampan dengan panjang kira-kira 10 meter dan sangat sempit mirip dengan perahu Naga Cina. Kora-kora digunakan sebagai perahu dagang maupun sebagai kapal perang Kora-kora yang lebih besar digunakan sebagai kapal perang.

Penggunaan sebagai kapal perang misalnya yang merupakan armada perang rakyat Banda. Di bagian dalam belang dipancangkan bendera-bendera adat dari kampung adat belang tersebut berasal. Selain itu juga, pada bagian depan dan belakang belang, dihias pula dengan bendera.Kora-kora pernah digunakan dalam peperangan dengan Belanda di Kepulauan Banda pada abad ke-17.

Jumlah pendayung belang yaitu 30 – 40 orang, ditambah dengan seorang juru mudi dan seorang natu (navigator). Di bawah masing-masing bendera yang terpancang berdiri satu orang, yaitu ketua adat dan kapitan.
Kora – kora atau Belang sekarang digunakan untuk menyambut para tamu yang berkunjung ke Kepulauan Banda. Selain itu juga, sering di adakan perlombaan Belang antar kampung adat

http://bahari7.blogspot.com/2009/12/kora-kora.html
Global Hawk UAV - 08/12/2011 02:25 PM
#102

Quote:
Original Posted By venom.jeka
Mau nambahkan saja foto2 ttg Kerajaan Makassar (Gowa-Tallo) nih




Senjata pusaka


Sultan Hasanuddin


Wilayah Kerajaan Makassar



Semua gambar diatas, bisa di klik untuk mempebesar gambar dan semuanya diambil dari Museum Balla Lompoa Kabupaten Gowa


"pusaka" itu maksudnya apa gan? pusaka= punya kekuatan gaib gitu kayak keris pusaka gitu misalnya...
DEN.OOT.topix - 08/12/2011 02:26 PM
#103

Quote:
Original Posted By Global Hawk UAV
"pusaka" itu maksudnya apa gan? pusaka= punya kekuatan gaib gitu kayak keris pusaka gitu misalnya...


gambar yang gede jangan diquote, boros bandwith, apa dispoiler klo mau diquot


—Klonengan Prof.Dr.Ing. Arjuna Pamungkas G.A.M.
Global Hawk UAV - 08/12/2011 02:28 PM
#104

Quote:
Original Posted By DEN.OOT.topix
gambar yang gede jangan diquote, boros bandwith, apa dispoiler klo mau diquot


—Klonengan Prof.Dr.Ing. Arjuna Pamungkas G.A.M.


ok
kejangketek - 08/12/2011 02:40 PM
#105

Quote:
Original Posted By Global Hawk UAV
"pusaka" itu maksudnya apa gan? pusaka= punya kekuatan gaib gitu kayak keris pusaka gitu misalnya...


IMHO,
di sini pusaka jangan dilihat dari kekuatan gaibnya om nanti susah ngebedain sama forsup
coba dilihat pusaka sebagai sebuah lambang (semisal senjata pusaka lambang pemersatu suatu pasukan di kerajaan tertentu), sebuah senjata warisan yang dulunya dimiliki oleh seorang raja yang menjadi senjata/pusaka kerajaan, dll.
tapi ini juga jangan dibahas terlalu mendalam
Global Hawk UAV - 08/12/2011 02:44 PM
#106

Quote:
Original Posted By kejangketek
IMHO,
di sini pusaka jangan dilihat dari kekuatan gaibnya om nanti susah ngebedain sama forsup
coba dilihat pusaka sebagai sebuah lambang (semisal senjata pusaka lambang pemersatu suatu pasukan di kerajaan tertentu), sebuah senjata warisan yang dulunya dimiliki oleh seorang raja yang menjadi senjata/pusaka kerajaan, dll.
tapi ini juga jangan dibahas terlalu mendalam


ooo yaayaa jadi sebagai lambang kewibawaan ya istilahnyaa

tapi soal benda benda dikasih "kekuatan" itu gw hindu udah akrab sih kayak upacara pasupati dll...
ariksmile - 08/12/2011 02:52 PM
#107



Itu yg petak warna putih apakah sejenis tas?
Kalo iya....Sumpah tas EDCnya keren banget...kayak model jaman kini
Global Hawk UAV - 08/12/2011 02:55 PM
#108

Quote:
Original Posted By ariksmile


Itu yg petak warna putih apakah sejenis tas?
Kalo iya....Sumpah tas EDCnya keren banget...kayak model jaman kini


iyaaa gan

btw ini yg dibawa senapan ya?


siapapun yg baca, tolong jangan panggil gw OM umur gw baru 16 tahun masih SMA kelas 2 gan!
audryliahepburn - 08/12/2011 05:25 PM
#109

Quote:
Original Posted By ariksmile


Itu yg petak warna putih apakah sejenis tas?
Kalo iya....Sumpah tas EDCnya keren banget...kayak model jaman kini


^^
maaf jadi oot..itu kayanya tas buat simpan amunis deh ! kalo melihat kebelakang..sebenarnya etnis dayak juga gak kalah sama etnis2 lainnya, bahkan terbilang lebih ekstrim..masa anak sendiri di masukin dalam tas dipundak gitu..jadi cuma keliatan kepalanya doank yang kliatan sambil di gendong menyusuri sungai dan hutan belantara..tapi ya bisa karena terbiasa. kebetulan saya suka fashion..kalo lihat dari foto diatas dan beberapa foto dari enits2 lainnya..saya tertarik sama selera fashion mereka..yah walaupun masih terbilang primitif...itu penutup kepalanya unik sekali..rada2 mirip penutup kepala wanita2 pedalaman africa..cuma yang ini gak terlalu tinggi, terus kain yang menutupi dada mereka..haha..cowok mah gak punya dada..tapi cara mereka mengenakannya masih good looking dan matching2 aja di mata saya.

mau ikut nyumbang foto2 prajurit dan senjata2 etnis dayak kalimantan barat beserta senjatanya..



Senjata Khas Dayak Pedang Mandau.






Sumpit beracun yang mematikan..


Pengakuan dari Panglima Kodam Tanjung Pura tentang Kemampuan Prajurit Dayak Kalimantan

Quote:
Keberadaan prajurit asli Kalimantan di perbatasan memang vital bagi Malaysia dan Indonesia. Panglima Kodam XII/Tanjungpura (saat itu) Mayor Jenderal TNI Moeldoko, yang ditemui di Pontianak, mengatakan, ia memprioritaskan penerimaan anak-anak pedalaman untuk menjadi prajurit TNI. ”Kalau bicara standar akademis, tentu sulit menerima mereka. Tetapi, mengingat kemampuan adaptasi mereka dengan alam, kita beri dispensasi dalam penerimaan tamtama dan bintara putra asli, dengan mempertimbangkan kemampuan mereka beradaptasi dengan alam Kalimantan,” ujar Moeldoko, yang kini menjadi Panglima Kodam III/Siliwangi di Bandung.

Keputusan itu tidak salah. Sebelum Malaysia berdiri, tahun 1862, pemerintahan Rajah Sarawak, yakni satu-satunya wangsa kerajaan Eropa di Asia, membentuk Sarawak Rangers, yaitu pasukan yang berintikan warga asli Kalimantan. Pada era Perang Dunia II hingga Konfrontasi RI-Malaysia, Sarawak Rangers terlibat aktif dalam tugas tempur. Mereka berasal dari pedalaman dan mengenal hutan rimba yang menjadi medan tempur.

Kondisi itu berbeda dengan sukarelawan RI pada masa Konfrontasi yang kebanyakan berasal dari luar Pulau Kalimantan. Tentu sulit bagi mereka untuk menyesuaikan diri dengan ganasnya rimba Kalimantan.

Sarawak Rangers kini menjadi bagian dari Royal Ranger Regiment dan ikut dalam parade hari nasional di Malaysia setiap 31 Agustus. ”Kalau ada prajurit yang terlihat unik dan berbeda dari satuan lain, itulah Ranger Sarawak,” ujar John Pang, eksekutif CIMB asal Kuala Lumpur, dalam satu kesempatan.


nih buat yang nanya malaysia menggunakan prajurit dayak apa ngak..diatas jawabannya..

Spoiler for Bonus
kejangketek - 08/12/2011 05:40 PM
#110

Quote:
Original Posted By Global Hawk UAV
ooo yaayaa jadi sebagai lambang kewibawaan ya istilahnyaa

tapi soal benda benda dikasih "kekuatan" itu gw hindu udah akrab sih kayak upacara pasupati dll...


iya gan kayak upacara tumpek landep yang juga berhubungan sama senjata pusaka....

waduh, kalau ngasih-ngasih kekuatan ane kurang paham deh, tapi yang pasti ketika seorang prajurit membawa pusaka yang dipercaya memiliki kekuatan akan memberi sugesti dan dorongan semangat tempur yang lebih saat peperangan.

ane gak begitu ngerti sih masalah pusaka-pusaka, karena kalau mau membahas masalah isoteri sebuah pusaka bukan di sini tempatnya gan
DEN.OOT.topix - 08/12/2011 05:57 PM
#111

Quote:
Original Posted By Global Hawk UAV
siapapun yg baca, tolong jangan panggil gw OM umur gw baru 16 tahun masih SMA kelas 2 gan!


klo gitu mbah aja...

gimana mbah, sekolah di Denpasar enak?
—Klonengan Prof.Dr.Ing. Bolank G.A.M.
cocema - 08/12/2011 06:33 PM
#112

Tante mau tau dong racikan racun sumpitnya apa aja ?
Quote:
Original Posted By audryliahepburn


^^
maaf jadi oot..itu kayanya tas buat simpan amunis deh ! kalo melihat kebelakang..sebenarnya etnis dayak juga gak kalah sama etnis2 lainnya, bahkan terbilang lebih ekstrim..masa anak sendiri di masukin dalam tas dipundak gitu..jadi cuma keliatan kepalanya doank yang kliatan sambil di gendong menyusuri sungai dan hutan belantara..tapi ya bisa karena terbiasa. kebetulan saya suka fashion..kalo lihat dari foto diatas dan beberapa foto dari enits2 lainnya..saya tertarik sama selera fashion mereka..yah walaupun masih terbilang primitif...itu penutup kepalanya unik sekali..rada2 mirip penutup kepala wanita2 pedalaman africa..cuma yang ini gak terlalu tinggi, terus kain yang menutupi dada mereka..haha..cowok mah gak punya dada..tapi cara mereka mengenakannya masih good looking dan matching2 aja di mata saya.

mau ikut nyumbang foto2 prajurit dan senjata2 etnis dayak kalimantan barat beserta senjatanya..



Senjata Khas Dayak Pedang Mandau.






Sumpit beracun yang mematikan..


Pengakuan dari Panglima Kodam Tanjung Pura tentang Kemampuan Prajurit Dayak Kalimantan



nih buat yang nanya malaysia menggunakan prajurit dayak apa ngak..diatas jawabannya..

Spoiler for Bonus
audryliahepburn - 08/12/2011 07:12 PM
#113

Quote:
Original Posted By cocema
Tante mau tau dong racikan racun sumpitnya apa aja ?


wahhh kalo itu sih saya gak tau pasti..menurut cerita2 orang sini tuh sumpit beracun... buat nembak babi tuh !
DEN.OOT.topix - 08/12/2011 07:46 PM
#114

Quote:
Original Posted By cocema
Tante mau tau dong racikan racun sumpitnya apa aja ?



Quote:
Original Posted By audryliahepburn
wahhh kalo itu sih saya gak tau pasti..menurut cerita2 orang sini tuh sumpit beracun... buat nembak babi tuh !


jawabanya adalah

prajurit Dayak mengolesi mata anak sumpit dengan getah pohon ipuh atau pohon iren.

:cool

:cool
Khloroos - 08/12/2011 08:07 PM
#115

Quote:
Original Posted By cocema
Tante mau tau dong racikan racun sumpitnya apa aja ?


Quote:
Original Posted By audryliahepburn
wahhh kalo itu sih saya gak tau pasti..menurut cerita2 orang sini tuh sumpit beracun... buat nembak babi tuh !


Quote:
Original Posted By DEN.OOT.topix
jawabanya adalah

prajurit Dayak mengolesi mata anak sumpit dengan getah pohon ipuh atau pohon iren.

:cool

:cool


tambahan lagi, terkadang getah juga diracik dengan racun/bisa dari kalajengking atau ular...

"biochemical weapon"
:matabelo


adakah yang tau armada laut ekspedisi pamalayu?
agak susah nyarinya selain jung jawa
Global Hawk UAV - 09/12/2011 04:47 PM
#116

Quote:
Original Posted By audryliahepburn
^^
maaf jadi oot..itu kayanya tas buat simpan amunis deh ! kalo melihat kebelakang..sebenarnya etnis dayak juga gak kalah sama etnis2 lainnya, bahkan terbilang lebih ekstrim..masa anak sendiri di masukin dalam tas dipundak gitu..jadi cuma keliatan kepalanya doank yang kliatan sambil di gendong menyusuri sungai dan hutan belantara..tapi ya bisa karena terbiasa. kebetulan saya suka fashion..kalo lihat dari foto diatas dan beberapa foto dari enits2 lainnya..saya tertarik sama selera fashion mereka..yah walaupun masih terbilang primitif...itu penutup kepalanya unik sekali..rada2 mirip penutup kepala wanita2 pedalaman africa..cuma yang ini gak terlalu tinggi, terus kain yang menutupi dada mereka..haha..cowok mah gak punya dada..tapi cara mereka mengenakannya masih good looking dan matching2 aja di mata saya.

mau ikut nyumbang foto2 prajurit dan senjata2 etnis dayak kalimantan barat beserta senjatanya..



Senjata Khas Dayak Pedang Mandau.






Sumpit beracun yang mematikan..


Pengakuan dari Panglima Kodam Tanjung Pura tentang Kemampuan Prajurit Dayak Kalimantan



nih buat yang nanya malaysia menggunakan prajurit dayak apa ngak..diatas jawabannya..

Spoiler for Bonus

wow nice :thumbup
Quote:
Original Posted By kejangketek
iya gan kayak upacara tumpek landep yang juga berhubungan sama senjata pusaka....

waduh, kalau ngasih-ngasih kekuatan ane kurang paham deh, tapi yang pasti ketika seorang prajurit membawa pusaka yang dipercaya memiliki kekuatan akan memberi sugesti dan dorongan semangat tempur yang lebih saat peperangan.

ane gak begitu ngerti sih masalah pusaka-pusaka, karena kalau mau membahas masalah isoteri sebuah pusaka bukan di sini tempatnya gan

klo orang bawa benda pusaka biasanya keliatan lebih berwibawa/berkharisma
Quote:
Original Posted By DEN.OOT.topix
klo gitu mbah aja...

gimana mbah, sekolah di Denpasar enak?
—Klonengan Prof.Dr.Ing. Bolank G.A.M.

enak sekalayyy
Global Hawk UAV - 09/12/2011 05:17 PM
#117

inget baca page 1 !!!! liat tulisan yg dibawah :rate5



Global Hawk UAV
Turatea12 - 09/12/2011 05:49 PM
#118

Quote:
Original Posted By Global Hawk UAV
"pusaka" itu maksudnya apa gan? pusaka= punya kekuatan gaib gitu kayak keris pusaka gitu misalnya...


Pusaka disini bermakna dua2nya,
1. Pusaka karena ketiga benda tersebut mmg adalah senjata sakti yang dipake oleh raja. (Kalau gambar diperbesar akan kelihatan keterangannya)

2. Pusaka sebagai barang berharga kerajaan Makassar (Gowa/Tallo) yang dimiliki oleh raja.

Ada lagi benda pusaka Kerajaan makassar yaitu Mahkota Kerajaan yang terbuat dari emas murni, permata dan berlian.
Global Hawk UAV - 09/12/2011 10:07 PM
#119

Quote:
Original Posted By Turatea12
Pusaka disini bermakna dua2nya,
1. Pusaka karena ketiga benda tersebut mmg adalah senjata sakti yang dipake oleh raja. (Kalau gambar diperbesar akan kelihatan keterangannya)

2. Pusaka sebagai barang berharga kerajaan Makassar (Gowa/Tallo) yang dimiliki oleh raja.

Ada lagi benda pusaka Kerajaan makassar yaitu Mahkota Kerajaan yang terbuat dari emas murni, permata dan berlian.


mahkota raja gowa kayak gimana ya? apa kayak eropa?

Global Hawk UAV
Global Hawk UAV - 09/12/2011 10:18 PM
#120
Senjata Api Keraton Jogjakarta
Dalam iringan suara tambur, satu pasukan prajurit berbaris rapi. Separuh dari usia pasukan ini tak lagi muda. Terbagi dalam dua regu, 16 orang di depan memanggul senapan dan 20 lainnya di belakang menghunus tombak sepanjang hampir 5 meter. Seorang komandan memimpin pasukan atau bergodo. Sebilah pedang berada di tangan setiap pemimpin.

Mereka inilah bergodo terdepan dalam kirab pernikahan putri bungsu Sultan Hamengku Buwono X, Gusti Kanjeng Ratu Bendara, dengan Kanjeng Pangeran Haryo Yudhane-goro. Bergodo akan mengantarkan mempelai dari Keraton Ngayogya-karta menuju bangsal Kepatihan di kawasan Malioboro. Kirab merupakan bagian dari prosesi pernikahan agung pada Selasa sore. Namun geladi resiknya dilakukan Jumat lalu.

Bergodo ini bernama Wirobrojo. Identitasnya ditandai dengan panjiputih bergambar gula dan kelapa yang dibawa dua prajurit terdepan. Cakra merah tergambar di tengahnya mirip persegi panjang dengan tonjolan enam segitiga di tepiannya. "Ini prajurit truf (andalan),"kata juru bicara keraton, Kanjeng Raden Tumenggung Jatiningrat.

Wirobrojo pada masa lalu merupakan pasukan terdepan dalam pertempuran. Keberaniannya digambarkan dalam warna panji putih (suci) dan merah (berani). Dwiwar-na itu pun mendominasi seragam si-kepan, celana dan topi lombokan warna merah dipadukan dengan sepatu pantofel hitam serta kaus kaki putih. Pada upacara kebesaran kini, pasukan ini tetap di posisi terdepan.

Jatiningrat, biasa disapa RomoTi-run, mengatakan ada delapan bergodo Keraton Ngayogyakarta. Dalam defile pasukan, kian ke belakang posisi barisan, kian tinggi kepangkatan dan status pasukan. Secara berurut-an, Wirobrojo diikuti Bergodo Daeng, Patangpuluh, Jogokaryo, Prawi-rotomo, Nyutro, Ketanggung, dan Mantrijero. Nama-nama itu diabadi-kan untuk daerah sekitar keraton.

Sistem kepangkatannya tak jauh berbeda dengan tentara masa kini. Pangkat terendah jajar biasa masuk dalam pasukan Wirobrojo. Berikutnya ada Wirowerdo (sersan), Wiro-werdotomo (sersan mayor), hingga pangkat setingkat perwira dan jenderal. Formasi Wirobrojo praktis dilengkapi 128 pucuk senjata api pelengkap senjata prajurit keraton.

Senjata itu, kata Romo Tirun, milik Korem Yogyakarta dan dilengkapi peluru hampa serta bayonet di ujung. Senapan disimpan di gudang senjata milik keraton dan sesekali kondisi dan jumlahnya diperiksa oleh TNI. "Senjata milik keraton masih lantakan, model zaman dulu yang bubuk mesiu dan pelomya diisikan dari ujung senapan." mum uubi

http://bataviase.co.id/node/837887


lukisan parade militer prajurit yg dilengkapi senapan


Prajurit Dhaeng berparade membawa senapan


prajurit ketanggung melakukan tembakan salvo (senjata modern nih kayanya, soalnya ada magazine nya:armys)


senapan milik keraton


barisan ketanggung dengan senapannya


barisan patang puluh dengan senapannya



Global Hawk UAV
Page 6 of 7 |  < 1 2 3 4 5 6 7 > 
Home > CASCISCUS > MILITER & KEPOLISIAN > Militer > Prajurit Tradisional Indonesia, Unik dan Mematikan