Kendaraan Roda 2
Home > LOEKELOE > OTOMOTIF > Kendaraan Roda 2 > [Share Info]Serba-Serbi Kelistrikan/LED (para pakar please share) - Part 3
Total Views: 85964
Page 171 of 185 | ‹ First  < 166 167 168 169 170 171 172 173 174 175 176 >  Last ›

BatamuBataku - 19/09/2012 10:42 AM
#3401

Quote:
Original Posted By KoTsKiNoVa
kiproknya yg pegimane ya bro? ane taunya kiprok thunder yg ada kabelnya 5 biji


nah itu dia..jalurnya kemana aja Om..??
maklum kaga pernah bongkar2 thunder 250..
eeddoo - 19/09/2012 11:52 AM
#3402

wah,, ini yg tak pake buat motorku mas
kurangnya dimana tak lengkapi

weh.. iku relay ne aku gelem.... tak nggo mio ne adik ku...
sesuk tak dolan nggonmu
lordflute - 19/09/2012 12:16 PM
#3403

Quote:
Original Posted By eeddoo
Mau share skema relay lampu , kalo berkenan bisa dipasang di index depan
hanya bisa digunakan untuk motor yg udah fullwave , skema ini berlaku universal untuk motor fullwave, warna garis yg saya bikin itu untuk yamaha, untuk motor merk lain menyesuaikan..
sorry kalo ga bermanfaat
Spoiler for skema

Kaki 30 >= menuju ke (+) aki, jangan lupa diberi fuse, paling tidak 15A untuk lampu 35W
Kaki 87 >= menuju ke bulp
Kaki 86 & 85 sebagai trigger , 85 masuk ke kabel lampu ori
Kaki 86 nempel ke ground, bisa dijadikan satu dengan ground lampu dengan catatan menggunakan kabel yg sama besar nya dengan kabel dari kaki 87

kalo bisa sih semua kabel sama besar, paling nggak pake 1,5mm , kalo untuk trigger kaki 85, pake yg seukuran kabel ori lampu ga masalah...


Quote:
Original Posted By eeddoo
wah,, ini yg tak pake buat motorku mas
kurangnya dimana tak lengkapi

weh.. iku relay ne aku gelem.... tak nggo mio ne adik ku...
sesuk tak dolan nggonmu


Koreksi:
1. Nama relay terbalik hubunganya, yg relay low harusnya ya kesaklar low begitu juga utk relay high harusnya ke saklar high
2. Relay kaki 30 yang kanan belum dihubungkan dengan + (positif) Aki

Makanya om Nova sama om Didik nulis gini
v
v
Quote:
Original Posted By KoTsKiNoVa
ini kalo low-beam, lampunya gak bakal nyala


Quote:
Original Posted By didikjepara
skema kurang lengkap bos....
ArchimageJOE - 19/09/2012 09:31 PM
#3404

halo permisi suhu sekalian,

mau tanya nih,
Motor bebek saya semenjak regulasi ttg lampu disiang hari jadi sering tekor aki-nya, tapi semenjak saya ganti aki baru saya jadi curiga ada yg rusak selain aki nya yg tekor.

Saya tanya didepan katanya ada kemungkinan kiprok dan sepul nya,
btw kiprok dan sepul itu bentuknya yg seperti apa ya? apa kah kalau rusak itu perlu diganti atau hanya dibersihkan?

thx
ghinandjar04 - 19/09/2012 09:38 PM
#3405

Quote:
Original Posted By ArchimageJOE
halo permisi suhu sekalian,

mau tanya nih,
Motor bebek saya semenjak regulasi ttg lampu disiang hari jadi sering tekor aki-nya, tapi semenjak saya ganti aki baru saya jadi curiga ada yg rusak selain aki nya yg tekor.

Saya tanya didepan katanya ada kemungkinan kiprok dan sepul nya,
btw kiprok dan sepul itu bentuknya yg seperti apa ya? apa kah kalau rusak itu perlu diganti atau hanya dibersihkan?

thx


Motor apa emang om? Kalo kiprok setau saya ga bisa di perbaiki.Harus diganti.Kalo sepul bisa diperbaiki.Caranya gulung ulang kumparan sepul.Orang bengkel pasti tau om.
ArchimageJOE - 19/09/2012 09:50 PM
#3406

Quote:
Original Posted By ghinandjar04
Motor apa emang om? Kalo kiprok setau saya ga bisa di perbaiki.Harus diganti.Kalo sepul bisa diperbaiki.Caranya gulung ulang kumparan sepul.Orang bengkel pasti tau om.


motor Sanex 100cc mas gan, akinya yg besar (ktnya buat gokart)
btw, klo service kiprok dan sepul masing2 bisa habis berapa ya?
eeddoo - 19/09/2012 11:29 PM
#3407

Quote:
Original Posted By lordflute
Koreksi:
1. Nama relay terbalik hubunganya, yg relay low harusnya ya kesaklar low begitu juga utk relay high harusnya ke saklar high
2. Relay kaki 30 yang kanan belum dihubungkan dengan + (positif) Aki

Makanya om Nova sama om Didik nulis gini
v
v


wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkw

pantesan

maklum bikinnya subuh2 udh 10watt mata ane ,,, bentar ane bikin lg

Quote:
Original Posted By ArchimageJOE
motor Sanex 100cc mas gan, akinya yg besar (ktnya buat gokart)
btw, klo service kiprok dan sepul masing2 bisa habis berapa ya?


kiprok KW kurang lebih 100 , malah kadang dibawah 100...
gulung spul 100-150an lah....
KoTsKiNoVa - 20/09/2012 12:15 AM
#3408

Quote:
Original Posted By BatamuBataku
nah itu dia..jalurnya kemana aja Om..??
maklum kaga pernah bongkar2 thunder 250..


3pin input dari spul, 2 pin ke aki, positif & negatif/ground ...

Spoiler for "T250"
gunawanspurs - 20/09/2012 01:10 AM
#3409

Quote:
Original Posted By ArchimageJOE
halo permisi suhu sekalian,

mau tanya nih,
Motor bebek saya semenjak regulasi ttg lampu disiang hari jadi sering tekor aki-nya, tapi semenjak saya ganti aki baru saya jadi curiga ada yg rusak selain aki nya yg tekor.

Saya tanya didepan katanya ada kemungkinan kiprok dan sepul nya,
btw kiprok dan sepul itu bentuknya yg seperti apa ya? apa kah kalau rusak itu perlu diganti atau hanya dibersihkan?

thx


Quote:
Original Posted By ArchimageJOE
motor Sanex 100cc mas gan, akinya yg besar (ktnya buat gokart)
btw, klo service kiprok dan sepul masing2 bisa habis berapa ya?


Motcin ya om ? Analisa ku (yg bisa jd ngawur), dr pengalaman motcin itu umumnya parts kelistrikannya rada -maaf- abal2, termasuk alternatornya (spul & magneto).

Gejala yg kutangkap, output alternator kurang memadai utk mendukung aturan AHO, yg mana output spul (arus AC) terus menerus disedot utk menyalakan lampu utama, otomatis bagian arus AC yg bisa direktifikasi kiprok utk charging (pengisian) ke accu jd berkurang. Bila kondisi accu jg udah berumur/mulai soak, ini akan sangat terasa efeknya, hingga gejala2 tekor tsb muncul.

Opini & saranku, bila memungkinkan, ganti saja parts kelistrikan (spul + magneto + kiprok, kalo perlu kabel bodi) dgn parts ex Mopang yg sesuai (Supra X ?). Ndak mesti baru utk spul & magneto nya, klo budget mmg terbatas (tp setahuku spul + magneto Supra X ga terlalu mahal kok, sm kiprok paling total 350-400 rb-an). Gulung ulang spul & ganti kiprok ga akan banyak ngaruh klo kualitas alternatornya mmg sudah abal2 sejak awal (dan sudah lumayan berumur). AFAIK & CMIIW.
ArchimageJOE - 20/09/2012 01:38 AM
#3410

Quote:
Original Posted By gunawanspurs
Motcin ya om ? Analisa ku (yg bisa jd ngawur), dr pengalaman motcin itu umumnya parts kelistrikannya rada -maaf- abal2, termasuk alternatornya (spul & magneto).

Gejala yg kutangkap, output alternator kurang memadai utk mendukung aturan AHO, yg mana output spul (arus AC) terus menerus disedot utk menyalakan lampu utama, otomatis bagian arus AC yg bisa direktifikasi kiprok utk charging (pengisian) ke accu jd berkurang. Bila kondisi accu jg udah berumur/mulai soak, ini akan sangat terasa efeknya, hingga gejala2 tekor tsb muncul.

Opini & saranku, bila memungkinkan, ganti saja parts kelistrikan (spul + magneto + kiprok, kalo perlu kabel bodi) dgn parts ex Mopang yg sesuai (Supra X ?). Ndak mesti baru utk spul & magneto nya, klo budget mmg terbatas (tp setahuku spul + magneto Supra X ga terlalu mahal kok, sm kiprok paling total 350-400 rb-an). Gulung ulang spul & ganti kiprok ga akan banyak ngaruh klo kualitas alternatornya mmg sudah abal2 sejak awal (dan sudah lumayan berumur). AFAIK & CMIIW.


halo om gun,

thx nih dah bantu jawab, mantab bgt dah walaupun bahasanya sedikit tingkat tinggi..

iya sanex 100cc yg saya persis supra x 125 om!
cuma bedanya dalemannya semua beda2...
iya nih om, kmarin ganti aki abis 200rb lebih, pdhal klo supra beneran cuma 150an ktnya..

btw, terakhir bgt sblm yg semakin sering strum aki itu saya ganti relay yg buat lampu sein kedip2 (coplok ntah kemana), dan stelah itu saya jadi terus2 pake kick stater gara2 stater yg di tangan udah nggak mau jalan,(tp sblm ganti relay saya jg lupa, soalnya itu deketan sama regulasi AHO yg itu..)
sekali strum aki 3-4jam cuma tahan kurang dari 10hari pulang-pergi kayaknya om..
mungkin gak om si relay ini jadi penyebabnya? tp jrg2 juga sih nyalain sein..
apa klo mungkin saya ganti relay yg cocok jadi saya mungkin gak perlu ganti spul dan kiprok magneto gitu mungkin gak gan?

btw lg, klo magneto itu tempatnya spul om? (sepul=spool, gulungan kabel)
jd klo saya ganti magneto gak perlu ganti spul lg ya ato saya salah googling nih... haha
gunawanspurs - 20/09/2012 08:27 AM
#3411

Quote:
Original Posted By ArchimageJOE
halo om gun,

thx nih dah bantu jawab, mantab bgt dah walaupun bahasanya sedikit tingkat tinggi..

iya sanex 100cc yg saya persis supra x 125 om!
cuma bedanya dalemannya semua beda2...
iya nih om, kmarin ganti aki abis 200rb lebih, pdhal klo supra beneran cuma 150an ktnya..

btw, terakhir bgt sblm yg semakin sering strum aki itu saya ganti relay yg buat lampu sein kedip2 (coplok ntah kemana), dan stelah itu saya jadi terus2 pake kick stater gara2 stater yg di tangan udah nggak mau jalan,(tp sblm ganti relay saya jg lupa, soalnya itu deketan sama regulasi AHO yg itu..)
sekali strum aki 3-4jam cuma tahan kurang dari 10hari pulang-pergi kayaknya om..
mungkin gak om si relay ini jadi penyebabnya? tp jrg2 juga sih nyalain sein..
apa klo mungkin saya ganti relay yg cocok jadi saya mungkin gak perlu ganti spul dan kiprok magneto gitu mungkin gak gan?

btw lg, klo magneto itu tempatnya spul om? (sepul=spool, gulungan kabel)
jd klo saya ganti magneto gak perlu ganti spul lg ya ato saya salah googling nih... haha


Sehari2, motorna dipake jalan rata2 berapa jam bro ? Dr cerita situ, ketekoran accu itu terjadi secara perlahan2 tapi pasti, berarti sebenarnya masih ada pengisian, tapi kurang memadai. Mungkin bisa dicek dulu menggunakan DMM (digital multimeter) ?

Relay utk sein, maksudnya signal flasher ? Scr umum sih biasanya part tsb tdk mengakibatkan ketekoran yg dimaksud, terutama bila berfungsi scr normal, ga ada yg terasa aneh (kedipan sein nya).

Ini ada sharing dr soehoe Sigit gajah_gendut ttg prosedur pengecekan accu, kiprok, dan alternator (spul + magneto) bila ada problem kelistrikan d seputar pengisian:

Quote:

kalo generator di motor (spul-magnet-kiprok), ngeceknya harus satu2.
ane kasih contoh ya:

[1] Spul -- cek dlm kondisi kabel output tdk terhubung ke manapun (termasuk ke kiprok & kabel bodi):
* Cek "continuity" >phase-phase & >phase-ground.
* Cek tahanan kawat spul >phase-phase, nggak boleh > 4 ohm apalagi '~' (infinite). Lebih dari itu, bakal jelek pengisiannya.
* Cek hasil produksi setrum dari spul, kondisi stasioner, setidaknya 10VAC >(phase-phase).
* Cek selisih voltase antar phase < 10% (maksudnya antara A-B, B-C, dan C-A selisihnya nggak banyak ... misal A-B 10VAC, B-C 9.8VAC, dan C-A 10.5VAC ... ini msh dlm toleransi normal). Lebih dari itu, ada phase yg teler, musti ganti stator atau gulung ulang.

Catat hasilnya!

[2] Kalau dari spul semua normal, baru pindah ke kiprok.
pasang kabel output spul ke kabel bodi, pasang kiprok.
ukur tegangan spul di soket kiprok, bandingkan dengan hasil pengukuran yg tadi. kalo hasilnya turun banyak, ada kemungkinan kiprok bocor shunting. kalo normal/sama, lanjut langkah berikutnya.

ukur tegangan pengisian (aki harus terpasang), coba ukur dalam berbagai macam RPM, catet (misal, RPM 1200 13V, 3000 14V, 4000 14.3V ...dst) coba dengan beban lampu2 nyala dan tidak menyala.

coba nyalain mesin di rpm 3000-an, bandingkan saat lampu2 nyala dan mati. jika saat lampu menyala, tegangan pada rpm yg sama terus menurun (sampai ~12V), dipastikan aki tidak bisa menyimpan setrum alias soak.

saat test ini, kiprok akan panas wajar (ga bikin melepuh kulit), kalo panas sekali, kiproknya mabok.

kalo masih bingung, juga.... ane gak tau mesti ngapain
setidaknya ane udah kasih panduan. biasakan jangan mau divonis rusak macem2 tanpa ada hasil pengukuran yg tepat. tidak hanya untuk kelistrikan tapi juga untuk part mesin.

bagi ane (CMIIW), diagnostik kelistrikan ga bisa cuman pake FIDT-nya yamaho, ane lebih percaya diagnostiknya pake multimeter manual maupun digital yg emang khusus buat test setrum.[/spoiler]

kalo salah satu soket gosong, sementara lainnya gak, kemungkinan besar nge-FONG alias terjadi percikan api listrik akibat sambungan yg kendor.


Magneto itu istilah lainnya adalah rotator assy, fly wheel, dia satu kesatuan dgn spul utk membangkitkan arus listrik di kendaraan, gambar sbb:

Spoiler for spul & magneto


gambar alternator motor


spul


magneto (kebetulan masih nemplok di kruk as nya)


Smoga membantu.
didikjepara - 20/09/2012 08:49 AM
#3412

Quote:
Original Posted By eeddoo
wah,, ini yg tak pake buat motorku mas
kurangnya dimana tak lengkapi

weh.. iku relay ne aku gelem.... tak nggo mio ne adik ku...
sesuk tak dolan nggonmu


Siap....:addfriends:addfriends
arienicko - 20/09/2012 03:34 PM
#3413

agan agan suhu suhu para master ...misi ayas mw tanya lagi soal lampu led?????motor saya mio smile,kemarin saya coba lampu sein diganti dengan lampu led (luxeon 5 mata),flasher juga sudah ganti dengan flasher electric,lampu indikator sein juga sudah diganti led juga
gini masalahnya ...kalo sein dihidupkan ke kanan indikator sein spedo mati (gak ikut kedip2),tapi klo pencet kiri indikator seinnya ikut nyala kedip2 sesuai sein.
kemudian kalo sein aktif kiri lampu sebelah kanan ikut nyala juga tapi hanya 1 mata aja yang nyala,begitu juga sebaliknya??????kira2 kenapa ya?????mohon pencerahannya.....????
didikjepara - 21/09/2012 10:28 AM
#3414

Quote:
Original Posted By arienicko
agan agan suhu suhu para master ...misi ayas mw tanya lagi soal lampu led?????motor saya mio smile,kemarin saya coba lampu sein diganti dengan lampu led (luxeon 5 mata),flasher juga sudah ganti dengan flasher electric,lampu indikator sein juga sudah diganti led juga
gini masalahnya ...kalo sein dihidupkan ke kanan indikator sein spedo mati (gak ikut kedip2),tapi klo pencet kiri indikator seinnya ikut nyala kedip2 sesuai sein.
kemudian kalo sein aktif kiri lampu sebelah kanan ikut nyala juga tapi hanya 1 mata aja yang nyala,begitu juga sebaliknya??????kira2 kenapa ya?????mohon pencerahannya.....????


masalah d kontrol seind yg ada d sepido..
coba baca beberapa halaman ke belakang.dah sering d bahas.
AX.Evolution - 21/09/2012 11:21 AM
#3415

para mastah2 LED ane mo nanya donk,
ane rencanya mo padang LED tancep T10 di speedo & lampu senja New MX.
Nah Hrg LED T10 yg type DC dan type AC terpaut cukup jauh ane liat, 2x lipat lebih.
Kl yg type DC (tanpa dioda) pasang di MX yg kelistrikan msh AC, katanya cepat putus LEDnya.
Gimana y cara ngakalinnya supaya awet?

Thanx......
KoTsKiNoVa - 21/09/2012 12:13 PM
#3416

Quote:
Original Posted By AX.Evolution
para mastah2 LED ane mo nanya donk,
ane rencanya mo padang LED tancep T10 di speedo & lampu senja New MX.
Nah Hrg LED T10 yg type DC dan type AC terpaut cukup jauh ane liat, 2x lipat lebih.
Kl yg type DC (tanpa dioda) pasang di MX yg kelistrikan msh AC, katanya cepat putus LEDnya.
Gimana y cara ngakalinnya supaya awet?

Thanx......


HARUS pake dioda ... karena fungsi dioda tuk menyearahkan arah aliran arus listrik (that's mean, AC to DC) ...
tanpa dioda, LED bakal rusak kena reverse voltage (voltase kebalikan) ...
AC kan bolak-balik ... negatip jd positif & positif jd negatif, terus bergantian

dan setau ane gak ada LED yg AC ...
kalo pun dibilang "AC", itu cuma tipe listrik inputnya ... masuk ke sirkuit LED, tetep bakal di-DC-in ... karena LED cuma bisa terima 1 arah arus listrik ...
AX.Evolution - 21/09/2012 05:08 PM
#3417

Quote:
Original Posted By KoTsKiNoVa
HARUS pake dioda ... karena fungsi dioda tuk menyearahkan arah aliran arus listrik (that's mean, AC to DC) ...
tanpa dioda, LED bakal rusak kena reverse voltage (voltase kebalikan) ...
AC kan bolak-balik ... negatip jd positif & positif jd negatif, terus bergantian

dan setau ane gak ada LED yg AC ...
kalo pun dibilang "AC", itu cuma tipe listrik inputnya ... masuk ke sirkuit LED, tetep bakal di-DC-in ... karena LED cuma bisa terima 1 arah arus listrik ...


y maksud ane y gitu gan... Kan ada yg jual LED T10 yg tanpa dioda, jd gk bisa di pake di mongstor yg belum rubah full DC.
Nah cara supaya di pasang kan mo nambah dioda lagi, caranya gimana gan? dioda pasang dimana & yg brp amper?
MattKaulitz - 21/09/2012 05:50 PM
#3418

ane bikin saklar lampu di matic honda yang AHO, saya potong kabel coklat yg menuju saklar Hi/lo buat ke Saklar.
tapi ada yang nyaranin mending kabel ground lampu utama aja yang di potong.
mana yang lebih baik? bisa bikin jebol spul ga yah? soalnya ada yg kejadian bikin saklar d duatu bengkel, tp ntah karena mungkin salah kabel, dlm bbrp hari jebol tuh.

sampe saat ini aman aja udah 2 bulanan dengan memotong kabel coklat.
dsasrkscc - 21/09/2012 09:12 PM
#3419

ada yang pernah ngalamin kaya gini?
Spoiler for LM7809
dsasrkscc - 21/09/2012 09:17 PM
#3420

Quote:
Original Posted By AX.Evolution
para mastah2 LED ane mo nanya donk,
ane rencanya mo padang LED tancep T10 di speedo & lampu senja New MX.
Nah Hrg LED T10 yg type DC dan type AC terpaut cukup jauh ane liat, 2x lipat lebih.
Kl yg type DC (tanpa dioda) pasang di MX yg kelistrikan msh AC, katanya cepat putus LEDnya.
Gimana y cara ngakalinnya supaya awet?

Thanx......


Quote:
Original Posted By KoTsKiNoVa
HARUS pake dioda ... karena fungsi dioda tuk menyearahkan arah aliran arus listrik (that's mean, AC to DC) ...
tanpa dioda, LED bakal rusak kena reverse voltage (voltase kebalikan) ...
AC kan bolak-balik ... negatip jd positif & positif jd negatif, terus bergantian

dan setau ane gak ada LED yg AC ...
kalo pun dibilang "AC", itu cuma tipe listrik inputnya ... masuk ke sirkuit LED, tetep bakal di-DC-in ... karena LED cuma bisa terima 1 arah arus listrik ...


ane pake led t10 yang 5smd buat di spido supra yang masih AC, belinya 25rb sepasang.
dah pake sekitar 6 bulan, masih ok2 aja nyalanya...
Page 171 of 185 | ‹ First  < 166 167 168 169 170 171 172 173 174 175 176 >  Last ›
Home > LOEKELOE > OTOMOTIF > Kendaraan Roda 2 > [Share Info]Serba-Serbi Kelistrikan/LED (para pakar please share) - Part 3