TANAMAN
Home > LOEKELOE > TANAMAN > Tabulampot - Part 1
Total Views: 305094
Page 17 of 500 | ‹ First  < 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 >  Last ›

sheets - 26/10/2009 09:41 AM
#321

Quote:
Original Posted By ddionysius
pot plastik gede 85 rb .... hmmm mahal atau gaknya tergantung jenis dan mereknya juga sih.

duren jangan ditanem di pot, susah berbuahnya. walaupun kemungkinan berbuah ada tapi sangat kecil banget.


ok gan.....
jadi klo duren nga bisa yaa....
thx inpo na...
sheets - 26/10/2009 09:45 AM
#322

Quote:
Original Posted By VAT69
Pengalaman dengan 'media tanam' siap pakai gak terlalu bagus bro, kebanyakan kandungan pupuk organiknya tidak lebih dari 30%, pada akhirnya harus ditambahkan pupuk kandang juga

Kebetulan ada akses ke juragan cow manure, chicken manure, dan kandang kambing bro ^_^
Jadi yang ada, di mix saja dengan tanah dan sekam untuk medianya.

Kalau punya akses ke limbah serbuk gergaji, serbuk gergaji bisa langsung di mix dengan pupuk kandang 'matang' dengan perbandingan 1:2. Unsur kalium yang melimpah pada serbuk gergaji akan membuat media tanam kaya unsur Kalium organik. Unsur K diperlukan tabulampot untuk menjaga kualitas buah.
Tabulampot dengan media ini jangan langsung diletakkan di atas permukaan tanah, sebaiknya untuk diletakkan di atas dak beton / lantai untuk menghindari panen rayap.

Pemilihan bibit pakai trik juga

Jeruk Frimong, mangga Namdokmai dan mangga chokanan memang sifatnya genjah, kena pupuk organik sedikit langsung berbuah.
Jambu Lilin Hijau dan jambu pear berasal dari bibit cangkokkan ...

Beberapa tanaman juga di pupuk pakai kompos hasil dari komposter keranjang Takakura dan pengomposan kulit pisang (kebetulan juga rumah dekat dengan juragan pisang goreng).
Untuk menambah unsur hayati, pada pembuatannya, bahan yang akan dikomposkan ditambahkan "STARDEC" yaitu koloni mikroorganisme dekomposisi dan penyubur tanah semacam EM4 tetapi bekerja secara aerob sehingga tidak menimbulkan bau busuk.
Prinsipnya: tanah yang subur adalah tanah yang terjaga sifat fisik, kimiawi, dan biologi nya.



mantap gan sharing naa....
jangan bosen2 sharing yaa gan....
hakiml - 26/10/2009 10:30 AM
#323

Quote:
Original Posted By VAT69
Prinsipnya pemilihan bibit tanaman yang bagus dulu bro.

Media tanam dibuat sesubur mungkin dengan memperhatikan sifat fisik, kimiawi, dan biologi media. Sifat fisik berhubungan media yang gembur, sifat kimiawi berhubungan ketersediaan unsur hara makro dan mikro, sedang sifat biologi berhubungan dengan ketersediaan mikroorganisme penyubur tanah.

Membuat media gembur adalah hal yang mudah, campurkan saja tanah + sekam + pupuk kandang.
Meningkatkan unsur kimiawi juga mudah, tambahkan saja NPK, sifat kimia tanah langsung membaik.

Hal yang sering dilupakan adalah menjaga unsur biologi /hayati tanah. Tanah yang subur adalah tanah yang mengandung mikroorganisme. Tanaman tidak dapat langsung menyerap pupuk urea yang kita taburkan, mikroorganisme inilah yang akan mengolah urea tadi menjadi 'makanan' yang dapat di cerna oleh tanaman dan mejaga sifat fisik tanah.
Pemberian pupuk kimia secara berlebihan pada tanaman dalam jangka panjang akan membuat tanah menjadi 'asam', pada kondisi ini mikroorganisme penyubur tanah akan mati sehingga tanaman tidak memiliki 'koki' lagi. Pada kondisi seperti ini pemberian pupuk kimia tidak lagi dapat menyuburkan tanah (lihat kasus hancurnya perkebunan apel di kota malang) sifat fisik tanah juga akan rusak, tanah menjadi keras, yang menyulitkan perakaran tanaman.

Untuk inilah penambahan mikroorganisme penyubur (biasa kita kenal dengan istilah pupuk hayati) pada media juga perlu dilakukan. Pada pemberian pupuk hayati seperti EM4 disarankan untuk mencampurkan EM4 terlebih dahulu ke larutan gula - lihat cara penggunaan EM4. Mikroorganisme di dalam kemasan botol EM4 dikondisikan berada dalam kondisi dorman (tertidur) jadi kita perlu membangunkannya terlebih dahulu dengan air gula.
Setelah 3 - 4 hari larutan mikroorganisme tersebut dapat diberikan di sekitar perakaran tanaman.

Semoga bermanfaat ^_^



Thank Pak, baru tau cara pemakaian EM4 begitu ya.. coba ahhhh
hakiml - 26/10/2009 10:33 AM
#324

Quote:
Original Posted By sheets
mantap gan sharing naa....
jangan bosen2 sharing yaa gan....


He eh bener.. cuma kalo bisa dibuat berseri gitu.. biar bisa diaplikasikan bertahap.. maklum "kutak-kutik"tanem tabulampot perkembangannya baru bisa diliat 1 bulan kemudian (kalo cepet..)... Thank banget.
hakiml - 26/10/2009 10:38 AM
#325

Quote:
Original Posted By EDITZ1688
Spoiler for VAT69-ilmu yg sgt berharga



wah,bos yg satu ini memang maknyus...
Bos,sekedar usul nih.
kan ga semua org punya akses seperti bos,apalagi dgn tambahan pengalaman n pengetahuannya.
Gimana klo bos,bikin aja adonan siap pakai?
byk kok yg mau....
daripada asal beli media,udah mahal jelek lagi.
klo saya sih mendingan beli yg mahal tapi hasilnya memuaskan.
boleh dipertimbangkan tuh,Bos...


Tul bos,
Saya daftar jadi distributor utama deh :P), yang laen beli lewat saia ya ....

VAT69 - 26/10/2009 03:59 PM
#326

Quote:
Original Posted By EDITZ1688
Spoiler for VAT69-ilmu yg sgt berharga



wah,bos yg satu ini memang maknyus...
Bos,sekedar usul nih.
kan ga semua org punya akses seperti bos,apalagi dgn tambahan pengalaman n pengetahuannya.
Gimana klo bos,bikin aja adonan siap pakai?
byk kok yg mau....
daripada asal beli media,udah mahal jelek lagi.
klo saya sih mendingan beli yg mahal tapi hasilnya memuaskan.
boleh dipertimbangkan tuh,Bos...


Hahaha .. usulnya boleh juga tuh bro ^_^

Ok deh kalau ada kaskuser yang mau coba, kebetulan di kebun masih ada sisa media yang belum terpakai .. bisa jadi sekitar 8 - 10 karung media tanam khusus tabulampot. Lokasi pengambilan, Carefour - Bintaro (sabtu - minggu).

PM saja untuk pesan bro
joeliets - 26/10/2009 06:42 PM
#327

Quote:
Original Posted By VAT69
Hahaha .. usulnya boleh juga tuh bro ^_^

Ok deh kalau ada kaskuser yang mau coba, kebetulan di kebun masih ada sisa media yang belum terpakai .. bisa jadi sekitar 8 - 10 karung media tanam khusus tabulampot. Lokasi pengambilan, Carefour - Bintaro (sabtu - minggu).

PM saja untuk pesan bro

jangan lupa buat promo beli media tanam bonus tanaman buahnya juga....
pasti laris manis...
VAT69 - 26/10/2009 07:51 PM
#328

Quote:
Original Posted By hakiml
He eh bener.. cuma kalo bisa dibuat berseri gitu.. biar bisa diaplikasikan bertahap.. maklum "kutak-kutik"tanem tabulampot perkembangannya baru bisa diliat 1 bulan kemudian (kalo cepet..)... Thank banget.


Ok2 ... sedikit sharing 'berseri' lagi bro

Fase Vegetatif dan Generatif Tanaman - Pedoman Memilih Bibit Tabulampot

Hal yang perlu dipahami oleh banyak penggemar tabulampot ialah adanya fase vegetatif dan fase generatif pada tanaman.

Pada fase vegetatif, tanaman akan mengalami masa pertumbuhan sedangkan pada masa generatif, tanaman akan menghasilkan buah. Pada tanaman dengan fase vegetatif, rasio nitrat dan karbohidrat tanaman adalah 3 : 2.

Pada fase generatif, tanaman akan berbunga (fase vegetatif selesai) dan rasio nitrat dan karbohidrat tanaman menjadi 2 : 3.

Sedang pada tanaman yang tua/ tidak produktif lagi, rasio nitrat dan karbohidrat tanaman adalah 1 : 4

Hal inilah yang menjelaskan kenapa jika kita memilih bibit tabulampot sebaiknya berasal dari bibit hasil cangkokkan atau hasil susuan. Batang tanaman yang dicangkok dan dijadikan susuan biasanya diambil dari tanaman yang sudah cukup umur dan pernah berbuah.

Bibit hasil okulasi adalah pilihan terakhir bagi penggemar tabulampot, bibit hasil okulasi memerlukan waktu lebih lama untuk tumbuh dan mencapai usia 'matang' untuk berbuah jika dibandingkan dengan bibit hasil cangkokan dan susuan.
VAT69 - 26/10/2009 07:57 PM
#329

Quote:
Original Posted By joeliets
jangan lupa buat promo beli media tanam bonus tanaman buahnya juga....
pasti laris manis...


hahaha ... bonusnya boleh nyicip rambutan binjai dan rapiah saja deh awal Desember besok di kebun Bintaro.

Kalau bonusnya tanaman buah, bisa rugi bandar, secara harga media tanam paling cuma 18K sedangkan harga tabulampot yang berbuah bisa diatas 200K

^_^
errando - 26/10/2009 08:11 PM
#330

Quote:
Original Posted By VAT69
Prinsipnya pemilihan bibit tanaman yang bagus dulu bro.

Media tanam dibuat sesubur mungkin dengan memperhatikan sifat fisik, kimiawi, dan biologi media. Sifat fisik berhubungan media yang gembur, sifat kimiawi berhubungan ketersediaan unsur hara makro dan mikro, sedang sifat biologi berhubungan dengan ketersediaan mikroorganisme penyubur tanah.

Membuat media gembur adalah hal yang mudah, campurkan saja tanah + sekam + pupuk kandang.
Meningkatkan unsur kimiawi juga mudah, tambahkan saja NPK, sifat kimia tanah langsung membaik.

Hal yang sering dilupakan adalah menjaga unsur biologi /hayati tanah. Tanah yang subur adalah tanah yang mengandung mikroorganisme. Tanaman tidak dapat langsung menyerap pupuk urea yang kita taburkan, mikroorganisme inilah yang akan mengolah urea tadi menjadi 'makanan' yang dapat di cerna oleh tanaman dan mejaga sifat fisik tanah.
Pemberian pupuk kimia secara berlebihan pada tanaman dalam jangka panjang akan membuat tanah menjadi 'asam', pada kondisi ini mikroorganisme penyubur tanah akan mati sehingga tanaman tidak memiliki 'koki' lagi. Pada kondisi seperti ini pemberian pupuk kimia tidak lagi dapat menyuburkan tanah (lihat kasus hancurnya perkebunan apel di kota malang) sifat fisik tanah juga akan rusak, tanah menjadi keras, yang menyulitkan perakaran tanaman.

Untuk inilah penambahan mikroorganisme penyubur (biasa kita kenal dengan istilah pupuk hayati) pada media juga perlu dilakukan. Pada pemberian pupuk hayati seperti EM4 disarankan untuk mencampurkan EM4 terlebih dahulu ke larutan gula - lihat cara penggunaan EM4. Mikroorganisme di dalam kemasan botol EM4 dikondisikan berada dalam kondisi dorman (tertidur) jadi kita perlu membangunkannya terlebih dahulu dengan air gula.
Setelah 3 - 4 hari larutan mikroorganisme tersebut dapat diberikan di sekitar perakaran tanaman.

Semoga bermanfaat ^_^


betul bgt bro...unsur biologi sesuatu yg sangat penting tapi sering terlupakan...btw kalo campuran m4 ama air gulanya langsung dikocor ke media gmana bro?/ga didiamkan 2-3 ari?
sheets - 26/10/2009 08:15 PM
#331

Quote:
Original Posted By VAT69
hahaha ... bonusnya boleh nyicip rambutan binjai dan rapiah saja deh awal Desember besok di kebun Bintaro.

Kalau bonusnya tanaman buah, bisa rugi bandar, secara harga media tanam paling cuma 18K sedangkan harga tabulampot yang berbuah bisa diatas 200K

^_^


lokasi na dimn ni gan......
klo kaya gini jadi pengen maen nii.......
rambutan bisa di pot ya?
pengen donkkk
sheets - 26/10/2009 08:19 PM
#332

Quote:
Original Posted By VAT69
Ok2 ... sedikit sharing 'berseri' lagi bro

Fase Vegetatif dan Generatif Tanaman - Pedoman Memilih Bibit Tabulampot

Hal yang perlu dipahami oleh banyak penggemar tabulampot ialah adanya fase vegetatif dan fase generatif pada tanaman.

Pada fase vegetatif, tanaman akan mengalami masa pertumbuhan sedangkan pada masa generatif, tanaman akan menghasilkan buah. Pada tanaman dengan fase vegetatif, rasio nitrat dan karbohidrat tanaman adalah 3 : 2.

Pada fase generatif, tanaman akan berbunga (fase vegetatif selesai) dan rasio nitrat dan karbohidrat tanaman menjadi 2 : 3.

Sedang pada tanaman yang tua/ tidak produktif lagi, rasio nitrat dan karbohidrat tanaman adalah 1 : 4

Hal inilah yang menjelaskan kenapa jika kita memilih bibit tabulampot sebaiknya berasal dari bibit hasil cangkokkan atau hasil susuan. Batang tanaman yang dicangkok dan dijadikan susuan biasanya diambil dari tanaman yang sudah cukup umur dan pernah berbuah.

Bibit hasil okulasi adalah pilihan terakhir bagi penggemar tabulampot, bibit hasil okulasi memerlukan waktu lebih lama untuk tumbuh dan mencapai usia 'matang' untuk berbuah jika dibandingkan dengan bibit hasil cangkokan dan susuan.


nah gan klo buat orang awam kaya g nii....
gimn bedain klo tuh bibit hasil dr cangkokan bukan hasil okulasi.....
bisa diliat dari mana na?

thx
VAT69 - 26/10/2009 08:31 PM
#333

Quote:
Original Posted By errando
betul bgt bro...unsur biologi sesuatu yg sangat penting tapi sering terlupakan...btw kalo campuran m4 ama air gulanya langsung dikocor ke media gmana bro?/ga didiamkan 2-3 ari?


Teknik pengocoran langsung biasanya digunakan untuk pembuatan bokashi menggunakan EM4 bro.
Pada pembuatan bokashi, kelembaban media dijaga sekitar 60% dengan menutup material dengan lapisan plastik agar cairan tidak menguap sehingga mikroorganisme tetap mendapat kondisi yang ideal untuk 'bangun tidur'.

Jika air gula langsung dikocorkan ke media, ditakutkan air akan menguap dan media akan kering terkena panas matahari sebelum mikroorganisme bangun semuanya dari kondisi dorman, kondisi ini tentu saja tidaklah diinginkan karena ada kemungkinan mikroorganisme mati kekeringan didalam tidurnya. ^_^
VAT69 - 26/10/2009 08:39 PM
#334

Quote:
Original Posted By sheets
lokasi na dimn ni gan......
klo kaya gini jadi pengen maen nii.......
rambutan bisa di pot ya?
pengen donkkk


Lokasi kebunnya dekat carefour - Bintaro gan ^_^

http://i371.photobucket.com/albums/oo153/GGK_VAT69/LokasiLPC.jpg

rambutan binjai bisa dibuahkan di dalam pot gan, g berhasil pakai teknik stress air



cuma rambutan rapiah sampai nungging2 g belum bisa buahkan sampai sekarang gan ^_^
sheets - 26/10/2009 08:56 PM
#335

sipp d....
nti klo da waktu g mampir yaaa.....
EDITZ1688 - 27/10/2009 08:14 AM
#336

Quote:
Original Posted By hakiml
Tul bos,
Saya daftar jadi distributor utama deh :P), yang laen beli lewat saia ya ....



pebisnis ulung nih...
begitu liat peluang usaha lgsg sabet...hahahaaa...
Indonesia memang lagi butuh2nya semangat seperti ini.
smoga kita cepet melewati krisis ekonomi ini.

Quote:
Original Posted By VAT69
Hahaha .. usulnya boleh juga tuh bro ^_^

Ok deh kalau ada kaskuser yang mau coba, kebetulan di kebun masih ada sisa media yang belum terpakai .. bisa jadi sekitar 8 - 10 karung media tanam khusus tabulampot. Lokasi pengambilan, Carefour - Bintaro (sabtu - minggu).

PM saja untuk pesan bro


ntar klo ada waktu pasti saya mampir.
sebelumnya saya ucapkan dulu terima kasih yg sebesar2nya.
errando - 27/10/2009 11:17 PM
#337

Quote:
Original Posted By VAT69
Teknik pengocoran langsung biasanya digunakan untuk pembuatan bokashi menggunakan EM4 bro.
Pada pembuatan bokashi, kelembaban media dijaga sekitar 60% dengan menutup material dengan lapisan plastik agar cairan tidak menguap sehingga mikroorganisme tetap mendapat kondisi yang ideal untuk 'bangun tidur'.

Jika air gula langsung dikocorkan ke media, ditakutkan air akan menguap dan media akan kering terkena panas matahari sebelum mikroorganisme bangun semuanya dari kondisi dorman, kondisi ini tentu saja tidaklah diinginkan karena ada kemungkinan mikroorganisme mati kekeringan didalam tidurnya. ^_^


hehehe..komposisi adukan em4 ama air gula dlm 1 liter air bagusnya brapa bro?
VAT69 - 28/10/2009 01:14 PM
#338

Quote:
Original Posted By errando
hehehe..komposisi adukan em4 ama air gula dlm 1 liter air bagusnya brapa bro?


Untuk 1 liter air diperlukan 10 ml EM4 (1 takaran tutup botol) dan 0,5 s/d 1 sendok gula pasir / molase. Simpan dalam wadah tertutup rapat selama 3 s/d 4 hari sebelum digunakan.

Setelah 3 s/d 4 hari, larutan EM4 tadi dapat dicampurkan dengan 5 liter air dan disiramkan secukupnya ke sekitar perakaran tanaman setiap 2 minggu sekali. Mikroorganisme akan memfiksasi nitrogen dari udara dan mengurai phosphat dan kalium dari tanah untuk dapat diserap akar tanaman.

Yang juga perlu diingat, selalu gunakan air tanah, jangan pernah gunakan air yang mengandung kaporit seperti air dari PDAM sebagai campuran EM4 dan untuk menyiram tanaman bro.
Air dengan kandungan kaporit akan membunuh mikroorganisme penyubur tanah.

Jika terpaksa menggunakan air PDAM yang mengandung kaporit, endapkan/diamkan air tersebut di dalam bak terpisah selama sekurang-kurangnya 4 hari sampai bau kaporit hilang.
VAT69 - 28/10/2009 02:19 PM
#339

Quote:
Original Posted By sheets
nah gan klo buat orang awam kaya g nii....
gimn bedain klo tuh bibit hasil dr cangkokan bukan hasil okulasi.....
bisa diliat dari mana na?

thx


Cara membedakan asal bibit yang termudah ialah dengan melihat kondisi batang bawah dari bibit bro.


Spoiler for Ciri bibit Cangkok


Spoiler for Ciri bibit Susuan


Spoiler for Ciri bibit Okulasi
VAT69 - 28/10/2009 02:22 PM
#340

Quote:
Original Posted By sheets
sipp d....
nti klo da waktu g mampir yaaa.....


Quote:
Original Posted By EDITZ1688

ntar klo ada waktu pasti saya mampir.
sebelumnya saya ucapkan dulu terima kasih yg sebesar2nya.


Ok2 ... ditunggu ^_^
Page 17 of 500 | ‹ First  < 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 >  Last ›
Home > LOEKELOE > TANAMAN > Tabulampot - Part 1