EDUCATION
Home > CASCISCUS > EDUCATION > Lulusan STAN 2011 terlantar ?????
Total Views: 2908
Page 1 of 3 |  1 2 3 > 

marchuss - 25/01/2012 07:26 PM
#1
Lulusan STAN 2011 terlantar ?????
baru tau lulusan STAN nganggur
Quote:

Membaca cerita nasib lulusan 2011 rasanya miris sekali. Hampir 3 bulan sudah setelah mereka diwisuda dari sekolah tinggi akuntansi negara, nasib 1000 lebih lulusan tahun 2011 belum jelas. Kementerian Keuangan sebagai unit pengguna pun belum ada tanda-tanda jelas kapan mengenai mereka akan mulai bekerja. Mengingat ketika masuk stan dulu, mereka inilah yang dulu direkrut berdasarkan “kebutuhan” tiga tahun mendatang atau dengan kata lain mereka udah diplot langsung bekerja setelah lulus.

Itu dulu!!!

Tapi, ketika mereka masuk sebenarnya sudah harus menandatangani Surat Pernyataan Bersedia Ditempatkan Dimana Saja. Namun, semua itu bisa berubah ketika pimpinan juga berganti.

Berikut ada curhatan dari salah seorang melalui milis alumni stan :

Perlakuan Untuk Angkatan kami sedikit berbeda dengan angkatan sebelum-sebelumnya, kita diharuskan ujian CPNS dulu sebelum mulai magang/bekerja, Ujian Psikotest sudah kami lakukan di tanggal 13 Desember 2012, dan dari SR (Surat Rahasia) yang disampaikan Setjen (SeKretariat Jenderal Kemenkeu) ke masing-masing BDK, dimana salah satunya adalah STAN, akan diumumkan tanggal 23 Desember 2011. Ternyata ditanggal 23 Desember tersebut belum diumumkan (Mengenai kelulusan Psikotest dan Penempatan Instansi).

Setelah itu pada tanggal 27 Desember, Pihak setjen Memberitahukan bahwa ada perubahan sehingga pengumuman tersebut belum bisa diumumkan. Berikut Rasionalisasi dari Setjen kepada Angkatan kami terkait hal ini:

Proses CPNS untuk angkatan 2008 melibatkan beberapa unsur, yaitu Tim Reformasi Birokrasi Nasional (RBN), KemenPAN, Badan Kepegawaian Negara (BKN), dan Kemenkeu. Prosesnya dimulai dari pengajuan formasi PNS sesuai dengan kebutuhan Kemenkeu kepada Tim RBN dan KemenPAN. Hal tersebut juga dilakukan oleh Kementerian lain yang memiliki lulusan ikatan dinas.

Sampai saat ini, Kemenkeu belum juga mendapatkan jadwal presentasi tentang formasi ini dari Tim RBN, artinya belum ada persetujuan dari Tim RBN dan KemenPAN mengenai masalah formasi ini, yang sebenarnya formasi ini merupakan dasar untuk SK CPNS. Hal ini yang membuat sampai saat ini, pengumuman penempatan instansi lulusan STAN 2011 belum bisa diumumkan karena belum ada penetapan dari Tim RBN dan KemenPAN mengenai formasi dari Kemenkeu tersebut, meskipun sebenarnya telah ada format penempatan instansi yang dibuat oleh biro SDM Setjen. Saat ini, Kemenkeu terus berupaya agar proses CPNS lulusan STAN tahun 2011 bisa dilakukan secepatnya. Bahkan waktu itu, Menkeu sempat memberikan instruksi agar lulusan STAN 2011 terhitung mulai tanggal 2 Januari 2012 sudah masuk kantor.

Kemenkeu saat ini sedang mengusahakan alternatif cara agar proses CPNS untuk lulusan STAN 2011 bisa dilakukan secepatnya. Bisa jadi, hari ini, Jumat 30 Desember 2011 dimumkan penempatan instansi, kemudian kita masuk di unit instansi terlebih dahulu, baru dilakukan pemberkasan. Atau dengan alternatif lain yang nantinya akan diputuskan oleh Kemenkeu. Atau kondisi seburuk-buruknya proses di tim RBN lambat, sehingga proses untuk angkatan kita juga semakin tertunda. Tetapi tertundanya proses untuk angkatan kita akan berimbas juga untuk adik-adik kita, yang akan lulus tahun 2012 dan 2013. Untuk itu berbagai opsi sedang dirapatkan oleh pejabat-pejabat yang berwenang. Sekali lagi, ini ranah Kemenkeu yang tengah mengusahakan proses CPNS secepatnya untuk lulusan STAN 2011. Untuk itu, belum bisa ditentukan waktunya cepat atau lambat, tetapi akan segera diputuskan alternatif mana yang akan dipilih, sehingga nantinya bisa diperkirakan rentang waktu yang dibutuhkan untuk proses CPNS lulusan STAN tahun 2011. Pihak Kemenkeu akan mengambil langkah terbaik, agar tidak terjadi masalah pengangkatan CPNS di kemudian hari.

Kesimpulanya adalah: bahwa angkatan kami, suruh menunggu tapi dengan tidak adanya kepastian waktu (menggantung), katanya bisa cepat bisa lambat.

Kemungkinan paling buruk dari hal ini, yang saya pikirkan adalah bahwa angkatan kami (2008) baru mulai diangkat setelah masa moratorium ini berakhir (tanggal 31 desember 2012).

1. Kami memohon kepada Abang-abang sekalian yang mungkin saat ini mempunya posisi strategis terkait dengan masalah ini untuk bisa memberikan alternatif terbaik buat angkatan kami. Karena kami jujur sangat bingung dengan ketidakpastian ini.

2. Dengan rendah hati kami memohon kepada abang-abang sekalian, jikalau mempunyai usaha, yang bisa memanfaatkan jasa kami, mohon informasinya.

Curhatan diatas ditulis oleh salah satu lulusan stan 2011/angkatan 2008.

nb: Jika ada pihak yang kurang berkenan dengan postingan ini kami mohon maaf. Kami bersedia menghapus post ini jika diperlukan.

Kepada pihak yang bertanggung jawab atas hal ini, semoga solusi atas masalah ini segera dapat diselesaikan dan tidak terulang kembali. Nasib anak orang jangan dipermainkan.

Salam hangat.sumber = http://mahasiswastan.info/2012/01/11/tak-ada-kejelasan-lulusan-2011-ditempatkan/


kenapa nih??apa dah gak ikatan dinas ato STAN mau dibubarin???ada yang tau sebabnya???

Quote:
(February 2, 2012)
Pemberlakuan moratorium CPNS tahun 2011 silam ternyata membawa dampak yang luar biasa. Masyarakat yang ingin mengadu nasib menjadi abni negara sepertinya harus lebih bersabar, tidak terkecuali adalah Lulusan STAN 2011 yang notabene telah dipersiapkan untuk diangkat langsung menjadi CPNS terpaksa harus tertunda.

Memang kejadian ini diluar kendali STAN sebagai penyelenggara pendidikan karena memang setelah lulus dari Sekolah Tinggi Akuntansi Negara, kewenangan untuk penempatan terletak pada Biro SDM Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan.

Berbagai upaya telah dilakukan supaya nasib mereka menjadi jelas, tetapi itu semua terhalang dengan adanya MORATORIUM. Mulai dari permintaan pengecualian kepada Kementeria Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi sampai Presentasi kepada Wakil Presiden pun dilakukan untuk memperjuangkan nasib lulusan STAN 2011. Karena posisi Bapak Wapres adalah sebagai pembina dari Keputusan Moratorium yang disepakati beberapa Menteri termasuk salah satunya adalah Menteri Keuangan.http://mahasiswastan.info/2012/02/02/pengangkatan-lulusan-2011-terhalang-moratorium/


Pengumuman Penempatan Prodip STAN 2011
Diterbitkan pada Selasa, 21 Februari 2012 14:01
Quote:
Fransdaprof - 25/01/2012 08:12 PM
#2

Ada wacana kalau STAN tidak lagi sekolah kedinasan.
2502760 - 25/01/2012 08:22 PM
#3

seharusnya aturan baru dikenakan ke mahasiswa yg akan datang

bukan ke mahasiswa sebelumnya

ini kan sama aja jadi jebakkan betmen

mereka milih STAN tentu karena iming2 kepastian kerja

ada juga loh mahasiswa STAN yg sebenarnya dapat di kampus negeri besar
celso.petso - 25/01/2012 09:36 PM
#4

del......
paraparadox - 26/01/2012 03:33 AM
#5

*uhuk* *uhuk*

booking tmpat dolo, mana nih orang2 STAN
Shaaan - 26/01/2012 06:35 AM
#6

wah, ko kaya gitu sih..
kan kasian yang udah masuk stan, tapi ga tau ternyata sekarang udah kaya gitu
turingneumann - 26/01/2012 06:59 AM
#7

angkatan 2008 ya, ada temen ane tuh disitu
dia malah ngelepas PTN nya buat diterima di STAN, kemungkinan besar karena kuliahnya gratis dan ada ikatan dinas

tapi kalau begini, pasti nyesel itu
samsularz - 26/01/2012 06:20 PM
#8

hmm kalo setau ane gini gan
kalo angkatan 2008, 2009, 2010 tuh emang katanya masih diharuskan untuk tes cpns (katanya si formalitas aja)
soalnya mereka pas USM cuma 1 tahap aja (tahap tes tertulis)
nah kalau yang angkatan 2011 pas USM udah 3 tahap (tertulis, fisik, assesment) jadinya menurut direktur STAN udah gak perlu tes CPNS lagi
kemungkinan besar kalo USM 2012 ada, ya tetep pake sistem 3 tahap itu

nah begitu yang ane tau
CMIIW
2502760 - 26/01/2012 07:16 PM
#9

Quote:
Original Posted By samsularz
hmm kalo setau ane gini gan
kalo angkatan 2008, 2009, 2010 tuh emang katanya masih diharuskan untuk tes cpns (katanya si formalitas aja)
soalnya mereka pas USM cuma 1 tahap aja (tahap tes tertulis)
nah kalau yang angkatan 2011 pas USM udah 3 tahap (tertulis, fisik, assesment) jadinya menurut direktur STAN udah gak perlu tes CPNS lagi
kemungkinan besar kalo USM 2012 ada, ya tetep pake sistem 3 tahap itu

nah begitu yang ane tau
CMIIW


bukannya bea cukai doank yah yg pake fisik
rhizQ - 26/01/2012 08:03 PM
#10

denger-denger April pengumumannya gan? emang agak gimana gitu, pengumumannya kok diundur-undur terus, bikin kagak tenang,temen ane malah pada nyari kerja (freelance) sembari nunggu. Kagak bisa mbayangin dah efeknya ntar juga buat angkatan berikutnya,,,
Salah satu efek PMK 215, yang mengharuskan lulusan STAN mengikuti tes CPNS, ga mandang tu USMnya keq mana,,,
samsularz - 26/01/2012 08:14 PM
#11

Quote:
Original Posted By 2502760
bukannya bea cukai doank yah yg pake fisik


sekarang semuanya pake tes fisik gan
cek kesehatan, lari 12 menit, sama shuttle run
andracans - 26/01/2012 08:17 PM
#12

waduh judulnya ga enak banget dibaca

itu karena moraturium (penghentian sementara) penerimaan PNS gan
karena efek PNS yang terlalu banyak, maka dibuat moraturium itu

ya akhirnya ngefek ke anak2 stan juga, mereka mesti nunggu dulu beberapa saat (nah beberapa saatnya ini ga tau) sebelum akhirnya diangkat

ya tapi ga terlantar kayak apa aja , banyak dari mereka bermodalkan selembar fotokopian surat keterangan lulus, bisa diterima di beberapa KAP (kantor akuntan publik) atau kerjaan lain. tapi mayoritas memang di KAP sih

tapi ada juga yang nunggu aja, ga kerja.

pajang di page one donk
marchuss - 27/01/2012 05:23 PM
#13

Quote:
Original Posted By andracans
waduh judulnya ga enak banget dibaca

itu karena moraturium (penghentian sementara) penerimaan PNS gan
karena efek PNS yang terlalu banyak, maka dibuat moraturium itu

ya akhirnya ngefek ke anak2 stan juga, mereka mesti nunggu dulu beberapa saat (nah beberapa saatnya ini ga tau) sebelum akhirnya diangkat

ya tapi ga terlantar kayak apa aja , banyak dari mereka bermodalkan selembar fotokopian surat keterangan lulus, bisa diterima di beberapa KAP (kantor akuntan publik) atau kerjaan lain. tapi mayoritas memang di KAP sih

tapi ada juga yang nunggu aja, ga kerja.

pajang di page one donk


kalo yang D1 kmaren kan berarti tahun ini lulus gan..la tambah cadangan pegawai lagi dong gan???jadi moratoriumnya gmana..belum lagi yg angkatan 2009 mau lulus jg
palingwaras - 28/01/2012 02:52 AM
#14

Kalo ane denger emang stan udah nggak ikatan dinas. Ane denger ini sejak jaman belum kuliah dulu, sebelum tahun 2008. Susah juga tuh, gak boleh kemana-mana, tapi belum jelas penempatannya. Padahal (katanya), swasta juga banyak yang berminat sama lulusan stan.
turingneumann - 28/01/2012 07:38 AM
#15

Quote:
Original Posted By palingwaras
Kalo ane denger emang stan udah nggak ikatan dinas. Ane denger ini sejak jaman belum kuliah dulu, sebelum tahun 2008. Susah juga tuh, gak boleh kemana-mana, tapi belum jelas penempatannya. Padahal (katanya), swasta juga banyak yang berminat sama lulusan stan.


tapi salah banget menurut ane gan kalau lulusan STAN kerja di swasta
sementara mereka kuliahnya dibayarin ama pemerintah. suatu kerugian aja menurut ane
Celso - 28/01/2012 12:19 PM
#16

IMO aja ya.. kalo salah silakan dikoreksi.. emang udah ga ikatan dinas kok

definisi ikatan dinas bukannya dari tingkat pertama dah dikasih Nomer Pegawai dan gaji, dan terakhir kali itu dipake tahun 90an...

yang ada istilahnya adalah ikatan kerja di Kemenkeu.. jadi setelah kuliah ya wajib kerja

dan sekarang dengan morotarium PNS, lulusan STAN juga kena imbasnya

Kemenkeu sendiri sampe sekarang belum nemu (kayaknya) cara supaya lulusan STAN bisa kerja setelah lulus tapi bisa sejalan dengan moratarium ini.. baru antara pilihan antara tes lagi setelah lulus atau USM tiga tahap

kalo kata sepuh sih, kerja jelas tapi kapannya ga jelas

Quote:
Original Posted By turingneumann


tapi salah banget menurut ane gan kalau lulusan STAN kerja di swasta
sementara mereka kuliahnya dibayarin ama pemerintah. suatu kerugian aja menurut ane


banyak kok lulusan STAN yang kerja di swasta atau wirausaha
tapi kebanyakan 10-15 tahun kerja di kementrian terus keluar
iwakbobok - 29/01/2012 07:43 PM
#17

ambil sisi positipnya gan..buat adik adik kelas ane..kalo emang kagak bisa masuk pns.kerja aja di swasta ato bumn..buat ngasah kemampuan...ntar kalo masuk ke pns kayak ane ntar.jadi tukang staples doank mpe 3 taon ampe ilmu kuliah ilang karna gak pernah kepake..
Flanker93 - 29/01/2012 09:27 PM
#18

kalo emang menkeu gak sanggup gaji pns lulusan stan, mending gak usah dibuka pendaftaran stan kalo tau kedepannya bakal terombang ambing
jeroanayam - 29/01/2012 11:21 PM
#19

Tahun 2011 emang ga ada pengangkatan PNS gan. jd wajarlah kalo masih nganggur, tp nanti juga kalo dah waktunya mah bakal jd PNS
celso.petso - 30/01/2012 12:09 AM
#20

Quote:
Original Posted By iwakbobok
ambil sisi positipnya gan..buat adik adik kelas ane..kalo emang kagak bisa masuk pns.kerja aja di swasta ato bumn..buat ngasah kemampuan...ntar kalo masuk ke pns kayak ane ntar.jadi tukang staples doank mpe 3 taon ampe ilmu kuliah ilang karna gak pernah kepake..


jadi inget waktu ke kelurahan beberapa tahun lalu

btw ente PNS di lingkungan mana gan?

Quote:
Original Posted By Flanker93
kalo emang menkeu gak sanggup gaji pns lulusan stan, mending gak usah dibuka pendaftaran stan kalo tau kedepannya bakal terombang ambing


masalahnya permintaan yang pengen masuk STAN banyak gan
Page 1 of 3 |  1 2 3 > 
Home > CASCISCUS > EDUCATION > Lulusan STAN 2011 terlantar ?????