Kendaraan Roda 4
Home > LOEKELOE > OTOMOTIF > Kendaraan Roda 4 > Mercedes W124 only thread. - Part 2
Total Views: 104516
Page 109 of 173 | ‹ First  < 104 105 106 107 108 109 110 111 112 113 114 >  Last ›

maspakde - 20/07/2012 03:06 PM
#2161

Quote:
Original Posted By wineredlycan
nice :thumbup



udah DPin 300E merah yang kmrn ane posting n dibilang kang handy berdirinya masih bagus


saia tapi udah DP in yang merah nih
lokasi dimana tuh kang? bandung yah?
sama merahnya nih.



wah kalau sudah diambil, bisa nyobain nih om....... :matabelo
hehehehehehe.......
maspakde - 20/07/2012 03:08 PM
#2162

maaf double post.....
Bholot - 20/07/2012 03:28 PM
#2163

bantu ngerangkum... tp gw gak rapihin..

silahkan:

1

Spoiler for "Rangkuman w124 - 1"


Rangkuman W124 - 1

-----------------------------------------------------------------------------------------------
keburukan tanpa jetronik antara lain:
1. autochoke saat mesin dingin/ cold start susah-hrs tahan gas dulu klo nda brebet
2. idle pasti di stel tinggi utk kompensasi rpm turun saat AC on
3. tidak stabilnya stater mesin, kadang gampang kadang susah
4. mesin yg beroperasi tidak dalam kondisi sebenarnya krna tanpa kontrol elektronik sesuai kebutuhan mesin

-------------------------------------------------------

parts slow moving:
fueldist di 300e 19 juta.
ecu di e320 20 jutaan.
jetronik di 300e 7 jutaan.
piston per piece bisa kena 1 jutaan.

-----------------------------------------------------
ganti oli mesin + filter setiap 5000km

----------------------------------------------------

300E pake jetronik...paling jelek emang jetroniknya ini yg rusak...salah satu ciri khas jetronik yg rusak ya gini pas AC on rpm drop.
sekedar catetan hasil kebetan saat ngelmu di bgkl boxer:
1. jetronik rusak=drop saat nyala ac, mesin bisa idle normal
2. ROV rusak=rpm drop saat nyala ac, automatic choke saat cold start nda bekerja, idle pagi suka susah (krn rpm rendah) atau mesti tahan gas dulu atau mesin agak pincang; mesin bisa ttp idle dan kerja normal pd suhu kerja

-----------------------------------------------------
Harga ROV baru 500-700rb trgantung toko, jetronik baru gw ga tau kalo copotan 1.2-1.5jt kondisi apa adanya.

-------------------------------------------------
benerin matic paling abis 6jt-an...itu dah jeroan parts, paking seal set sama jasa...kemahalan kalo dah sampe 10jt ato lebih...ato emang matic ancur kali sampe 10jt.

klo gelondongan matic barang copotan siap pasang gw tanya cuma 14jt dah terpasang rapi di mbl (junkyard pejaten).

bbrp part copotan lain yg sempet gw tanyain:
jetronik copotan 1.2-1.7jt
cdi bosch copotan 3-4jt

-------------------------------------------------
e320 vs 300e
kaki2 sama kecuali balljoint, 300e per piece 350ribu, e320 per piece 1jutaan.
fuel pump sama2 aja.
shock sama2 aja.

------------------------------------------------
fuel pump udah desis ganti baru, bentar lagi itu.

-------------------------------------------------
kalo domisili sekitar jakarta bawa aja ke Ali AMS di lebakbulus...segala keluhan bisa diatasi dr mesin, kaki", elektrikal bahkan body repair

------------------------------------------------
cirendeu bukannya ada gunawan...??

kalo ali ams di gg.h.niman jl. lebak bulus 4

--------------------------------------------------
fuel pump bosch 800 ribu,,ada yg murahnya 600 ribu tp mereknya saya lupa

----------------------------------------------
ada steering wheel yg diameternya lebih kecil dr yg ori nda ya? mohon infonya kalo ada dan brapa kisaran harganya...?
ada, ganti victor aja.
paling bekasannya maksimal 6 juta.

----------------------------------------------
Ada yang tau yang jual dan harga copotan jetronik 300e sekarang berapa ya?
2-2.5 jutaan but not recomended.

-----------------------------------------------
1. kadang liat di lampu depan ada yg pake wiper ada yg ndak pake, yg aslinya pake apa ndak ya?

2. type 300E ada berapa macamnya, misalnya type sportline dan mungkin ada yg lainnya?

3. bedanya masing2 type itu dimana, dari interior, ekterior dan mesin ?

4. apa ada seri 300CE ?

5. 300E terakhir dibuat untuk yg matic tahun berapa?

6. untuk 300E matic, enaknya yg tahun berapa ya?

7. 300E matic, bicara spek standart (bukan modif) yg ga ada PR (ada kecil2 sih ndak apa2) kisaran harga berapa ya?

mohon maaf kalao banyak tanya ya, soale emang bener2 belum tau. daripada takut kejeblos kan bisa runyam hehehe.

makasih para sepuh w124 dimarih


1. yang bawaannya ada wiper lamp itu tipe 6 silinder matic (kalo mas baca yang bener udah puluhan kali dibahas).
2. kalo 300e ada: 300e manual, 300e matic dan 300e sportline, sportline mulai tahun '91 (sudah dibahas pula puluhan kali).
3. pebahasan yang panjang lebar, baca lagi halaman belakan atau telpon saya 0816601426.
4. 300ce ada, 320 ce ada. 320ce tidak beredar resmi di indo.
5. '93 awal.
6. ada harga ada rupa (sudah sering dibahas).
7. klo pengen rada leluasa dengan spek spt itu siapin aja 80+ (non sportline tentunya, hehehe)....

--------------------------------------------




Bholot - 20/07/2012 03:29 PM
#2164

bantu ngerangkum... tp gw gak rapihin..

silahkan:

2

Spoiler for "Rangkuman w124 - 2"


Rangkuman W124 - 2

ROV ato OVR sama aja Relay Over Voltage ato Over Voltage Relay, letaknya pas samping ECU, harganya kisaran 400-700rb an, tp di bbrp boxer ada anomali kalo dilepas OVR ini malah bisa langsam stabil, even ttp ngedrop dikit saat AC on.
CO ini stelan angin istilahnya letaknya pas diatas fueldis, bs diakses lsg dr lobang diatas rumah AF (Air Filter) dan bisa diadjust sendiri tp kudu oleh yg pengalaman (udah pernah saya share disini cara stel CO, silakan liat halaman" blakang)

-----------------------------------------------------------------------------------------------
boxer ane radiator warning nya nyala terus lalu kemudian mati terus nyala lagi tapi temperatur tetep normal, kalu coolant seperti nya tidak kurang ya (belum cek juga).

Kira2 selain radiator nya bocor/air kurang, apa bisa dari sensor nya ya? Karena dulu sensor oli jug sering mati nyala terus diganti sembuh deh penyakitnya. Menurut kang handy dan master2 disini kenapa ya?
kalo emang air nda pernah kurang di reservoir brarti itu sensor patah yg di reservoir dah mulai error, bli aja murah koq cuma 80rb.


skalian nambahin buat para newbie yg baru main boxer sekedar saran dari sesama newbie better diganti semua fuse/sekring di kotaknya, sesuaiin sama color coding yg tertera di contekan dibalik tutup kotak fusenya...ini kecil murah cuma 1rb/kapsul tp vital

---------------------------------------------
e220 dan e320 full computerised.
sementara 230e dan 300e masi jetronik.

--------------------------------------------
Tanda mesin sehat di 300e at bila dilihat Dari asap knalpotnya kayak apa ya ? Kalo asapnya bikin mata Pedes sehat gak ?

-knalpot ngga ada asap, belum tentu mesin sehat .....

-kalo ada asap (mau hitam,putih ,abu2 dll) , pasti mesin lagi sakit (flu kali yah) ....
(kecuali asap putih (+ kadang2 ada tetesan air) pas pertama ngidupin , akibat kondensasi, tapi sebentaran bakal hilang pas mesin u panas)

-Kalo di mata pedes, berarti ada bensin yg ngga kebakar sempurna ......
bisa dari setelan doang, atau ada yang rusak .....
Bensin pasti boros ...

------------------------------------------
-Mata pedes dah pasti ga bener mas...dulu baboon juga gitu...stel" cuma awet 1-2 hari abis itu pedes lagi...akhirnya ganti actuator and solve the problem...sampe endus idung di dpn knalpot jg ga kecium bau ato pedesnya.
@legit: betul kata om mercy...mgkn cuma stelannya aja belom pas...nah kalo di saya kasusnya trnyata actuator dah jebol, stelan cuma awet 1-2 hari abis itu pedes lagi...setelah ganti beres. harga actuator 2.1jt

---------------------------------------------
boxer saya knalpotnya bau,selain actuator apa ya yg bikin bau?
kadang2 kalo jalan suka nyendat2 mesinnya,nyendat2nya ilang kalo berenti dulu masukin netral pedal gas diinjek sampe rpm tinggi baru ilang,,tapi ini biasanya kalo sebelumnya manasin mesin lebih dari 10 menit,,kenapa ya ada yg pernah ngalamin?terimakasih

-banyak sebab mas, stelan gak pas, injektor kotor, elektronik kontrol dah ga fungsi (jetronik), ROV, fuel dist, fuel filter dah minta ganti, dllnya...ga bisa divonis salah satu harus dgn pengecekan menyeluruh.

-klo gejala seperti itu, coba cek saluran2 bensin mas, aliran bensin g lancar tuh. yg paling simple adalah saringan bensin dah kotor.

----------------------------------------
Sore mas, saya pengguna E320 MP '95 M/T kira2 baru 5bln, saya juga suka baca2 (part I dari page 1 - 200an, fiuhhhh... capek juga ya hehehe...) Gini nih ceritanya, sewaktu mobil saya bawa keluar kota, tiba2 AC mendadak gk dingin, sempat bingung juga di tengah jalan. Keesokan harinya saya coba cek di bengkel langganan di sby, ternyata dia angkat tangan (katanya harus ganti panel AC yang ada di dashboard seharga krg lbh 12jt an), lalu saya coba bawa ke bengkel rekomendasi teman yang katanya biasa bongkar AC Mercy. Nah dia bilang emang ada masalah dengan panel AC yang ada di dashboard (otomatis AC nya), lalu disarankan kalo mau murah ganti extra fan karena otomatisnya sdh gk jalan. Extra fan saya belikan baru merk VDO kalo gk salah (hrg 650rb, lalu sama bengkelnya langsung di jumper (jadi ketika kontak dalam posisi ON extra fan langsung menyala keduanya).

1. Yang mau saya tanyakan apakah perlakuan seperti itu dihalalkan buat MB saya, dan apa efeknya bagi MB saya ?
2. Apa ada cara lain yang lbh afdol untuk supaya keadaan MB saya bisa kembali normal ?
3. Oh iya, temperatur saya normal apabila keadaan jalan lancar, kalo macet bisa diatas 100+, apa itu akibat dari hasil jumper extra fan ?

Mohon bantuan dari "suhu2" di tempat ini, Terima kasih buat infonya mas...

- werstand dan switch ac cek.gak perlu ganti2 panel ac, urusan kecil ini mas.

---------------------------------------------
Sekedar sharing , untuk mencegah kejadian penderekan kendaraan saya, di mobil saya selalu menyediakan :

1 Relay OVP (Over Voltage Protection)
1 Relay Fuel Fump

Tentunya relay2 serep tsb dalam keadaan baik, karena namanya alat elektronik ngga bisa dipastikan kapan rusaknya, dan kalau salah satu dari relay tsb ngga berfungsi dapat dipastikan kendaraan anda akan mogok.

Beberapa rekan yg mempunyai kendaraannya cuma punya 1 fuel pump, juga menyertakan fuel pump sebagai cadangan, hal ini sy pandang ngga terlalu penting, karena kebetulan di mobil ada 2 Fuel Pump, dan biasanya Fuel Pump ini menampilkan tanda2 berisik sebelum rusak total.

Tentu sobat2 udah paham ama biaya derek, apalagi jika ke luar kota ngga tahu bengkel yg bisa ngelonin mercy ini.

Tentunya musibah ngga bisa dihindari total, misalnya ban kempes atau sobek barengan 2 buah atau lebih dll.
-----------------------------------------
wiper lamp gak jalan dan antenna belakang ga jalan juga gimana ya ? misal mesti ganti semua nih bisa memakan biaya berapa ya ? thx all

- antenna biasanya giginya tuh rompal, beli bekas unitnya max 2.5 juta.
kalo wiper lamp barunya paling sejutaan per piece.
masih mikir mas, soalnya cape lama2 online, ngebantu tapi banyak yang kurang ajar dan gak ngehargain.
-------------------------------------------

MBTEX ya...bukan MBTECH awas kebalik-balik...

MBTEX=Mercedes Benz Texture...kulit sintetik versi MB
MBTECH=kulit sintetik pelapis jok buatan perusahaan lain

-----------------------------------------
Mas Jacks76, mau nanya neh, kebetulan MB saya divonis Panel AC nya yg rusak tapi bukan bagian speed blower acnya melainkan di temperature nya yg sdh gk fungsi, kira2 apa bisa ya diperbaiki ? hehehehe... sempet cenut cenut juga neh kalo disuruh ngerogoh kocek sampe belasan juta utk panel AC hikzzzz.... thx... hr ini saya balik sby mau bongkar dikit2 panel acnya buat liat part number nya untuk di cross check sama kang Handy... hehehe...

kalo temperatur gak fungsi itu karena dual valve heater sudah ditutup mas.
banyak kasus seperti itu, dual valve hater rusak sehingga ac ngaco, kadang tengah dingin, kir/kanan panas, makanya ditutup.
kenapa ditutup? karena banyak orang kita yang pelit gak mau buang duit 3-4 jutaan dan beranggapan "indonesia panas, gak perlu heater".
makanya dipampetin jadi heater gak bisa fungsi lagi.
apa hubungannya dengan temperatur? heater dan temp controller kerjanya pake air radiator mas, makanya kalo jalur heater ditutup dia udah gak fungsi lagi.

--------------------------------------------

Bholot - 20/07/2012 03:30 PM
#2165

bantu ngerangkum... tp gw gak rapihin..

silahkan:

3

Spoiler for "Rangkuman w124 - 3




Sharing tentang Masalah Overheating Mercedes Benz W124 300E
Berangkat Dari Pengalaman seorang 'Awam' spt sy Nunggang 300E selama ini, berikut sekedar sharing (Sekaligus menjawab beberapa calon pembeli yg bertanya soal ini ):

Masalah Overheating Mercedes Benz 300E W124 :

Sebenarnya type mobil ini termasuk 'Kebal' terhadap masalah overheating.

Kalaupun terjadi overheating , berikut langkah2 cek :

1. Check Termostat (Ganti jika tidak berfungsi sempurna)
Jangan pernah berfikir untuk tidak menggunakan termostat ini !, percayalah .
Cara check : copot termostat, rebus pake air mendidih, jika sekitar 70/80 derajat celcius (Tergantung Type) dia terbuka, berarti masih bagus.


Pengecualian jika tidak memakai Thermostat : Saluran Ke bawah harus disumbat, ......


2. Check Visco Fan
Cara Check : Pada saat mesin dingin, visco mustinya longgar, kipas bisa diputar dengan tangan, Setealh mesin overheat, coba minggir, matiin mesin, normalnya kipas rada seret jika diputar dengan tangan, jika masih longgar juga, ganti visco yg tengah itu atau bisa ditambah silicone doang, pastikan kipas ngga oblak (kalau bearing udah oblak, atau ada bekas kebocoran ganti aja visconya)



3. Check Extra Fan, Biasanya extra fan berputar jika tekanan di selang freon meningkat (Kompressor A/C bekerja) (Berputar lambat),
dan jika suhu mesin telah melewati batas, kipas akan berputar full speed.


Jika Kipas tidak berputar pada saat nyala AC :
Cara Check : cabut soket, tempelkan keduanya, jika kipas berputar berarti kipas ngga masalah, mungkin sensornya atau AC bermasalah.

Jika dicabut kipas ngga muter, ada kemungkinan tahanan (Resistor) putus

Jika Resistor Bagus dan kipas ngga muter juga :

Check Sensor high speed Fan :

Apabila konektor sensor di atas dicabut kipas akan muter dengan kecepatan Penuh.

Check jika fan tidak berputar juga :
Pastikan relay & Sekring tidak rusak :


Pada saat full speed, rasakan suara hembusan anginnya, jika terasa keras dan berisik, berarti fan masih bagus, kalau angin lemah , periksa kisi2 radiator & AC, mungkin kotor atau kipas sudah lemah.

4. Jika semua beres, periksa aliran air di dalam radiator, apakah mampet atau lancar, nah yg ini biasanya saya serahkan ke tukang radiator .... he he he
paling2 sy pegang pake tangan, jika ada perbedaan suhu mencolok di kisi2 radiator, berarti ada yg ngga beres.

5. Lihat RPM di Dashboard ,Jika terlalu rendah (< 500 an) juga membuat sirkulasi air + Olie menjadi lambat dan berakibat pada kenaikan suhu mesin.

6. Lihat Tekanan Olie, jika stasioner harus sekitar angka 2 (ini juga buat bantu ngedinginin mesin lho ...)

7. Cek setelan CO (Jika disetel terlalu kurus (Biar irit, katanya ...) , biasanya mesin akan lebih panas dan lebih susah di starter. (Serahkan aja ke ahli tune up)

8. Jika Masih panas juga, ada kemungkinan Cylinder head anda udah ngga beres (Mungkin pernah dipaksa idup saat overheating berat dan lama), lihat apakah air pendingin tercampur olie ? Jika Ya, musti turun mesin 1/2 deh ....
(mesin badak kaya apapun juga bakalan jebol diperlakukan spt ini)

Trus Berapa sih suhu normal mobil ini ?
Berdasarkan pengalaman sih, kalau semua dalam keadaan fit, kondisi macet berat berat rat .(bisa 2 jam lebih dari Jembatan Keby lama s/d ulujami).., tengah hari bolong, terik banget, penumpang tetap enjoy dengan AC Yg dingin dan temperatur ngga lebih dari 1 strip di atas angka 80, inilah yg boleh dibilang naek BOXER yg sebenarnya, cuma waspada aja kalau jarum bensin mulai begerak turun ..... he he he ... naek mobil laen juga begini kan ...?



IMHO : - Boxer = Panzer rasa sedan !
- Kekurangan sekaligus kelebihan boxer ini : Overheating ngga bakal terasa ke dalam kabin, kecuali anda melirik jarum temperatur, atau sudah sedemikian parahnya sehingga mesin jadi terasa ngga enak.
- Overheating yang keseringan akan memperpendek daya tahan benda2 non metal di boxer anda : karet2, plastik, kulit kabel2, instrument 2 di ruang mesin, dll....

demikianlah sekedar sharing dari pengguna awam, .......(+ cari Montir yg paham + Jujur, jangan dikit2 belom periksa udah nyuruh turun mesin)

-------------------------------------------
Fuel pump ngga bisa dibenerin, Karena Paten & Ngga bisa dibuka, plus resiko fatal karena urusan bensin + pecikan api dari dinamo bisa jadi petasan tuh.

Untuk fuelfump harganya bervariasi dari satu toko ke toko lain, ori Bosch kena 675rb di bilangan sawah besar, yang KWnya banyak bener variasinya mulai dari 400rb an.

Sekedar saran : Mendingan cari bengkel yg bener, soalnya kalo kita beli spart sendiri dan barangnya jelek, ngga bisa dipulangin. Biarin bengkelnya yg rekomendasikan atau cariin dan tokonya tanggung jawab kalau barangnya ngga bagus. Soalnya spart mobil uzur kaya gini banyak yg rebuild, refurbish, eks china, sampe yg palsu sekalipun ada dan umur pakenya kaga jelas.

Dan Fuel pump itu ngga bisa ketahuan jelas kondisinya sampe keisi bensin, dan ini yg sulit untuk klaim bila sudah pernah terpasang .....

-------------------------------------------
Tips ini saya tujukan bagi rekan - rekan yang cukup " berani " bongkar-bongkar,
sebab tingkat kesulitannya agak tinggi. Tulisan ini adalah pengalaman saya
pribadi pada Mercedes Benz 300E A/T 1987 kesayangan saya. Saya pernah coba
seting EHA (actuator). Tetapi saya juga ikuti dengan mensetting FPR ( Fuel
Pressure Regulator ).

Saya coba setel-setel karena gejalanya adalah :

1. RPM mesin nggak bisa maksimal, cuman sampai 3500-4000 RPM.

2. BBM terlalu irit, sampai-sampai kalau akselerasi tiba-tiba mesin ngelitik.

3. Sudah mulai susah mendahului Carry 1000.

Yang saya lakukan adalah :

1. Buka rumah filter udara.

2. Pastikan Jetronic bekerja baik mengatur EHA.

3. Lepaskan konektor kabel EHA.

4. Buka 2 baut bintang EHA. Hati2 O ring-nya gampang jatuh.

5. Lepaskan EHA.

6. Ada baut obeng minus di bagian bawah EHA, dibawah 2 lubang EHA. Lepaskan, ini
hanya baut penutup setelan.

7. Setel baut kecil EHA, putar dengan kunci L no 2 kalau tidak salah. Hati2 1/2
putaran sudah bisa membuat mobil mogok, sulit distart.

8. Putar searah jarum jam 1/4 putaran. Semakin banyak, semakin banyak bensin
disemprotkan, semakin tinggi RPM maksimal.

9. Pasang EHA. Pasang konektor kabel.

10. Jika kita coba hidupkan mesin, RPM maksimal akan naik, tetapi mbrebet di
putaran atas, dan terlalu cepat kembali stasioner jika gas dilepas. Mesin akan
boros dan tidak halus. Maka FPR harus juga disetel.

11. Buka selang bawah FPR (yang ke arah tangki), dengan kunci pas 17. Didalam
lubang tersebut sebenarnya ada baut yang bisa diputar yg menentukan keras
lemahnya per FPR.

12. Masukkan kunci L no 5 (langka) sebagai gantinya bisa juga pakai kunci
bintang no 6.

13. Setel, putar kebalikan arah jarum jam +/- 1/8 putaran.

14. Pasang kembali selang bawah FPR.

15. Coba lagi hidupkan mesin. Putaran mesin kurang tinggi ? EHA kurang ke kanan.
Kembali stasioner lambat ? FPR terlalu ke kiri. RPM atas bergetar ? FPR kurang
ke kiri. Coba diulang beberapa kali hingga didapat setelan yang pas.

16. Jika sudah pas, tinggal setel baut CO adjustment.

17. Selesai.

Mohon maaf acak-acakan.

Semoga membantu
--------------------------------------------------

Bholot - 20/07/2012 03:32 PM
#2166

bantu ngerangkum... tp gw gak rapihin..

silahkan:

4

Spoiler for "Rangkuman w124 - 4"

300e saya rpm nya rada ngayun mas nggak terlalu langsam katanya airflow nya, atau apa ya menurut om? tks om

-Banyak Kemungkinan ...

Pas idle doang ? atau semua RPM ? Starter gampang (Panas & Dingin) ?

1. Pastikan semua selang2 vakum & Selang2 hawa ngga ada yang bocor, mau bocor alus / bocor gede atau kadang2 bocor - Goyang2 aja selang2 vakum tsb, lihat reaksinya.
2. Pastikan udah tune up dengan benar, terutama
- setelan Co harus udah oke,
- busi kalau diintip keenam2 nya harus bersih (Tidak ada yg Basah atau hitam)
- Asep knalpot ngga perih (yaa pastilah kalau CO & Busi udah oke)
3. Injektor harus bersih dulu , kalau perlu di kalibrasi ke enam2-nya.
-----------
4. coba cabut soket Idle Control Valve (ICV) (Dibawah baskom saringan udara)
, jika penyakit hilang ada 2 kemungkinan :
a. ICV ini kotor (bisa dibersihin)
b. sinyal dari jetronic yg masalah (bisa masalah kabel ,soket kendor , kotor atau dari jetronicnya.

Sebenarnya kalau ditulis bisa jadi satu buku tuh, ....
Kalau Ada bengkel yang mendiagnosa airflownya (Kalau kata saya sih Paling2 EHA nya doang yang bermasalah u tipe 300E ini bukan Keseluruhan unit Airflow - nya (EHA adalah bagian yang warna hitam), (bagian2 ini jarang rusak, kecuali ada yang ngga ngerti ngoprek2 bagian ini sampe rusak

Punya anda 300E Kan Bukan E300 ?, coba check pake cara 'Primitif' ini :

Cabut Soket jetronic, idupin mesin , jalanin , penyakit hilang ngga ? Kalau ngga itu bukan masalah kelistrikan , ... IMHO ....

Jika penyakit tidak hilang hilang juga :

5. Baru setelah itu mendiagnosa Fuel Dist (hati2 ama barang antik (mewah) yg satu ini , jangan sembarangan bengkel ) , rekondisi boleh , Kanibalan oke ,beli baru monggo ....
--------------------------------------------------------

Berangkat Dari Pengalaman seorang 'Awam' spt sy Nunggang 300E selama ini, berikut sekedar sharing (Sekaligus menjawab beberapa calon pembeli yg bertanya soal ini ):

Masalah Overheating Mercedes Benz 300E W124 :

Sebenarnya type mobil ini termasuk 'Kebal' terhadap masalah overheating.

Kalaupun terjadi overheating , berikut langkah2 cek :

1. Check Termostat (Ganti jika tidak berfungsi sempurna)
Jangan pernah berfikir untuk tidak menggunakan termostat ini !, percayalah .
Cara check : copot termostat, rebus pake air mendidih, jika sekitar 70/80 derajat celcius (Tergantung Type) dia terbuka, berarti masih bagus.


Click here to view the original image of 500x249px.


2. Check Visco Fan
Cara Check : Pada saat mesin dingin, visco mustinya longgar, kipas bisa diputar dengan tangan, Setealh mesin overheat, coba minggir, matiin mesin, normalnya kipas rada seret jika diputar dengan tangan, jika masih longgar juga, ganti visco yg tengah itu atau bisa ditambah silicone doang, pastikan kipas ngga oblak (kalau bearing udah oblak, atau ada bekas kebocoran ganti aja visconya)



3. Check Extra Fan, Biasanya extra fan berputar jika tekanan di selang freon meningkat (Kompressor A/C bekerja) (Berputar lambat),
dan jika suhu mesin telah melewati batas, kipas akan berputar full speed.


Jika Kipas tidak berputar pada saat nyala AC :
Cara Check : cabut soket, tempelkan keduanya, jika kipas berputar berarti kipas ngga masalah, mungkin sensornya atau AC bermasalah.

Jika dicabut kipas ngga muter, ada kemungkinan tahanan (Resistor) putus

Jika Resistor Bagus dan kipas ngga muter juga :

Check Sensor high speed Fan :

Apabila konektor sensor di atas dicabut kipas akan muter dengan kecepatan Penuh.

Check jika fan tidak berputar juga :
Pastikan relay & Sekring tidak rusak :


Pada saat full speed, rasakan suara hembusan anginnya, jika terasa keras dan berisik, berarti fan masih bagus, kalau angin lemah , periksa kisi2 radiator & AC, mungkin kotor atau kipas sudah lemah.

4. Jika semua beres, periksa aliran air di dalam radiator, apakah mampet atau lancar, nah yg ini biasanya saya serahkan ke tukang radiator .... he he he
paling2 sy pegang pake tangan, jika ada perbedaan suhu mencolok di kisi2 radiator, berarti ada yg ngga beres.

5. Lihat RPM di Dashboard ,Jika terlalu rendah (< 500 an) juga membuat sirkulasi air + Olie menjadi lambat dan berakibat pada kenaikan suhu mesin.

6. Lihat Tekanan Olie, jika stasioner harus sekitar angka 2 (ini juga buat bantu ngedinginin mesin lho ...)

7. Cek setelan CO (Jika disetel terlalu kurus (Biar irit, katanya ...) , biasanya mesin akan lebih panas dan lebih susah di starter. (Serahkan aja ke ahli tune up)

8. Jika Masih panas juga, ada kemungkinan Cylinder head anda udah ngga beres (Mungkin pernah dipaksa idup saat overheating berat dan lama), lihat apakah air pendingin tercampur olie ? Jika Ya, musti turun mesin 1/2 deh ....
(mesin badak kaya apapun juga bakalan jebol diperlakukan spt ini)

Trus Berapa sih suhu normal mobil ini ?
Berdasarkan pengalaman sih, kalau semua dalam keadaan fit, kondisi macet berat berat rat .(bisa 2 jam lebih dari Jembatan Keby lama s/d ulujami).., tengah hari bolong, terik banget, penumpang tetap enjoy dengan AC Yg dingin dan temperatur ngga lebih dari 1 strip di atas angka 80, inilah yg boleh dibilang naek BOXER yg sebenarnya, cuma waspada aja kalau jarum bensin mulai begerak turun ..... he he he ... naek mobil laen juga begini kan ...?

IMHO : - Boxer = Panzer rasa sedan !
- Kekurangan sekaligus kelebihan boxer ini : Overheating ngga bakal terasa ke dalam kabin, kecuali anda melirik jarum temperatur, atau sudah sedemikian parahnya sehingga mesin jadi terasa ngga enak.
- Overheating yang keseringan akan memperpendek daya tahan benda2 non metal di boxer anda : karet2, plastik, kulit kabel2, instrument 2 di ruang mesin, dll....

demikianlah sekedar sharing dari pengguna awam, .......(+ cari Montir yg paham + Jujur, jangan dikit2 belom periksa udah nyuruh turun mesin)
-----------------------------------------------------------------------------------------------
Mumpung lagi libur ,..... iseng2 check Fungsi ABS di Mercy Boxer W124 300E

-- Pastikan lampu ABS di cluster anda nyala pada saat sebelum starter :
karena bisa aja bohlamya putus atau sengaja dicabut karena nyala terus ...
-- Setelah mesin hidup harusnya lampu itu mati, jika tetap nyala berarti masalahnya lain lagi , bukan sekedar kabel sensor tapi di unit ABS-nya

-- Jika setelah mesin hidup lampu itu mati, berarti normal , tapi ......
- Setelah mobil nggelinding beberapa saat lampu itu nyala lagi berarti : salah satu penyebabnya adalah ada kabel yang putus
- Jika lampu kadang nyala kadang engga, berarti salah satu kemungkinan adalah ada kabel yang kadang putus kadang nyambung .....



- Check konektor di dalam unit ABS, kali2 ada yang kotor atau korosi
Bersihin pake kontak cleaner ......

Click here to view the original image of 600x800px.

- Check Konektor Ke sensor RPM (ada 3 , 2 ke roda depan, 1 ke axle belakang ) :

Click here to view the original image of 600x800px.

- Buka sensor di belakang piringan Rem (sekalian ngintip karet2 kaki, kanvas rem, balljoint, tierod dll) :

Click here to view the original image of 600x800px.


Click here to view the original image of 600x800px.

- Bersihin Sensor , sambil check Perkabelan :

Click here to view the original image of 600x800px.

- Ganti kabel , karena ada yang putus ketekuk

Click here to view the original image of 600x800px.


Setelah diuji coba jalan keliling, injek2 rem, naekturun poldur, .. ..... haaaahhh ..... akhirnya tuh lampu ngga nyala nyala lagi ..... Leeee ... gaaa...
-----------------------------------------------------------------------------------------------
Tingkat Kekerasan Lowering kit
kita bicara dari yang paling keras sampai empuk yah....
1.bilstein.
2.eibach.
3.H&R.
4.sachs.
5.OEM sportline.
-----------------------------------------------------------------------------------------------
300E pake jetronik...paling jelek emang jetroniknya ini yg rusak...salah satu ciri khas jetronik yg rusak ya gini pas AC on rpm drop.

sekedar catetan hasil kebetan saat ngelmu di bgkl boxer:
1. jetronik rusak=drop saat nyala ac, mesin bisa idle normal
2. ROV rusak=rpm drop saat nyala ac, automatic choke saat cold start nda bekerja, idle pagi suka susah (krn rpm rendah) atau mesti tahan gas dulu atau mesin agak pincang; mesin bisa ttp idle dan kerja normal pd suhu kerja

Harga ROV baru 500-700rb trgantung toko, jetronik baru gw ga tau kalo copotan 1.2-1.5jt kondisi apa adanya.

Btw saya belum sepuh...cuma doyan ngebengkel bareng aja sambil ngelmu kalo main" k bgkl mercy
-------------------------------------

Bholot - 20/07/2012 03:43 PM
#2167

Sumber = Post dari suhu2 di Thread w124 kaskus..
SoemaliArya - 20/07/2012 03:58 PM
#2168

Quote:
Original Posted By maspakde
makanya itu om... pas liat di gambarnya kok kagak asing sama mobilnya. kayak sering liat dijalan







Waduh jangan capek ngurusi thread ini ya om..... :angel
kasian kami yang gak tau apa-apa ini om....



Iyah om, maka dari itu..
ternyata rumah deketan
SoemaliArya - 20/07/2012 04:00 PM
#2169

Quote:
Original Posted By D7PK
sorry to say guys,

lama2 cape juga yah ngurus thread ini.
hampir semuanya gak mau cape padahal yang ngebalesin cape minta ampun dan melakukan ini gratis.
kenapa sih susah bener baca2 dulu sebelum bertanya?
pertanyaan kalian itu udah RATUSAN kali di jawab di halaman2 belakang.

thanks.
wineredlycan - 20/07/2012 04:05 PM
#2170

Quote:
Original Posted By maspakde
wah kalau sudah diambil, bisa nyobain nih om....... :matabelo
hehehehehehe.......


waduh nemenin ambil aja mau?
Mr.Nomox - 21/07/2012 12:01 AM
#2171

heehhhehe bru bsa mantau aj dr thread 1 n 2 ini,syg blm ksmpean b ,maap yaa suhu2 udh liat2 ilmuna byk2
jmapaliey - 21/07/2012 11:01 AM
#2172

Quote:
Original Posted By D7PK
sorry to say guys,

lama2 cape juga yah ngurus thread ini.
hampir semuanya gak mau cape padahal yang ngebalesin cape minta ampun dan melakukan ini gratis.
kenapa sih susah bener baca2 dulu sebelum bertanya?
pertanyaan kalian itu udah RATUSAN kali di jawab di halaman2 belakang.

thanks.


sama kang di tongkrongan forum otomotif jepun yg sy ikutin juga gitu...pada dateng masuk trus maen nanya aja...ga mau usaha dulu baca" dr awal...heran gw jg koq pada mo gampangnya aja

D7PK - 21/07/2012 11:39 AM
#2173

Quote:
Original Posted By wineredlycan
nice :thumbup



udah DPin 300E merah yang kmrn ane posting n dibilang kang handy berdirinya masih bagus


1st of all, itu bukan 200E, itu 200
1. kelemahanya?ya karbunya itu. dan cc nya, sangat underpower.
panasnya mercy itu beda, kalau ente bandingkan jepang mah suhu ideal kerja mesin mercy emang lebih tinggi
2. 30-45jt kalau harga pasarnya, tergantung kondisi.
kalau saya pass seri ini.
3. mesinnya. gak tertolong underpower dan borosnya...sisanya kondisi mobil keseluruhan.

kalau saya bilang anda tidak mau kecewa ama boxer, cari minimal 230E deh atau 300E sekalian. bensin beda tipis, nyaman beda jauh (yang 6 silinder)

kalau mau 4 silinder ya 230E aja minimal udah injection dan lebih bertenaga dari 200



saya blm pernah setirin bimmer ampe nekuk2
kalau mercy udah katam. masuk gang suempit aja bawa tiger/boxer gampang lolos rasanya nekuk muter balik u-turn juga rasanya lebih gampang daripada bawa papansah



velg 19" gak mentok kah 8,5" depan?



sabar kang, biarin aja kalau ada yang nanya2 hal di ulang2.
di semua thread otomotif d kaskus yang gw perhatiin terjaid kok..

ampe cape emang kadang nungguin pertanyaan sama mulu males googling

biar kita2 aja yang handle orang begituan akang jawabin yang tingkat expert ajah hihihihihi



saia tapi udah DP in yang merah nih
lokasi dimana tuh kang? bandung yah?
sama merahnya nih.





buat gua yangn anya berulang2 tanpa baca dari depan itu adalah TIDAK MENGHORMATI KERJA KERAS orang.
dan gua harap itu tidak terjadi di sini, jangan samain thread kita dengan thread lain yah.

yang merah di bandung, merahnya sama, 1 tangan dari baru, open price pas kepala 6, siap pakai, jok aja dari baru dubungkus, jadi kabayang kan wool geigenya masih perawan kayak gimana.

gak mentok boss, gua aja pake 19x8.5/10"
mobil lu kan masi body boxer kan?
maenin USA style.
wineredlycan - 21/07/2012 01:59 PM
#2174

Quote:
Original Posted By D7PK
buat gua yangn anya berulang2 tanpa baca dari depan itu adalah TIDAK MENGHORMATI KERJA KERAS orang.
dan gua harap itu tidak terjadi di sini, jangan samain thread kita dengan thread lain yah.

yang merah di bandung, merahnya sama, 1 tangan dari baru, open price pas kepala 6, siap pakai, jok aja dari baru dubungkus, jadi kabayang kan wool geigenya masih perawan kayak gimana.

gak mentok boss, gua aja pake 19x8.5/10"
mobil lu kan masi body boxer kan?
maenin USA style.

ya emang bener sih kang... yang di page 1 nya aja dirangkum semua pertanyaan umum dan masalah2 aja, masih ditanyain ulang.. boro2 para alayers mau baca halaman demi halaman

udah kebiasaan banyak orang di negeri kita ini kan maunya di suap alias di dulang terus kang gak ada inisiatif nyari sendiri...

wuih cakep tuh bakalan...

iya ni yang merah masih body boxer
ntar kang ngeracoen nya, ntaaaaaar
D7PK - 21/07/2012 02:12 PM
#2175

cancel DP lu, ambil yang di bandung.
gua jamin gak nyesel.
wineredlycan - 21/07/2012 02:27 PM
#2176

Quote:
Original Posted By D7PK
cancel DP lu, ambil yang di bandung.
gua jamin gak nyesel.


bisa cash tempo kaga

yang disini boleh dibayar 2x 2 bulan

tapi gak enak ah udah dimantepin kmrn... orangnya yang jual juga enak, malah jadi jelek nanti nama saya...

biar yang disini aja kang

kalau tawarannya kmrn2 mgkn gw cari waktu ke bandung dah
ardianBW - 22/07/2012 01:27 AM
#2177

Quote:
Original Posted By D7PK
sorry to say guys,

lama2 cape juga yah ngurus thread ini.
hampir semuanya gak mau cape padahal yang ngebalesin cape minta ampun dan melakukan ini gratis.
kenapa sih susah bener baca2 dulu sebelum bertanya?
pertanyaan kalian itu udah RATUSAN kali di jawab di halaman2 belakang.

thanks.

cini..cini.. dipijit dulu kalo cape
sabar y kang..mungkin memang ada yg males baca tapi ada juga yg kdng gak mudeng ama tulisan di halaman belakang2. jadi tanya lagi d
yo kyk gue kemarin masih bingung apa definisi kata SUPERB,pilih 6 cyl ato 4 cyl, akhirnya gw temuin akang, denger langsung penjelasan ttg mercy, lihat langsung gmn mobil superb
jadi kadang emang tulisan kurang bisa memebrikan info yg jelas, harus dibantu visual dan lisan
ini hanya sekedar saja kang:toast
D7PK - 22/07/2012 10:40 AM
#2178

Quote:
Original Posted By wineredlycan
bisa cash tempo kaga

yang disini boleh dibayar 2x 2 bulan

tapi gak enak ah udah dimantepin kmrn... orangnya yang jual juga enak, malah jadi jelek nanti nama saya...

biar yang disini aja kang

kalau tawarannya kmrn2 mgkn gw cari waktu ke bandung dah


lu pikir tuh mobil punya gua dan lu pikir lu siapa boss?
gua udah mau nyariin aja udah bagus kali yah.
D7PK - 22/07/2012 10:42 AM
#2179

Quote:
Original Posted By ardianBW
cini..cini.. dipijit dulu kalo cape
sabar y kang..mungkin memang ada yg males baca tapi ada juga yg kdng gak mudeng ama tulisan di halaman belakang2. jadi tanya lagi d
yo kyk gue kemarin masih bingung apa definisi kata SUPERB,pilih 6 cyl ato 4 cyl, akhirnya gw temuin akang, denger langsung penjelasan ttg mercy, lihat langsung gmn mobil superb
jadi kadang emang tulisan kurang bisa memebrikan info yg jelas, harus dibantu visual dan lisan
ini hanya sekedar saja kang:toast


yah kalo gak ngerti nomor telpon gua kan sering ada tuh.
tinggal modal pulsa dikit telpon gua nanya juga beres.
gilanya yah, kadang mau nanya yang berarti minta ilmu, ada yang berani SMS lho, edan
mobil papke mercy kelakuan katrok.
ardianBW - 22/07/2012 11:18 AM
#2180

Quote:
Original Posted By D7PK
lu pikir tuh mobil punya gua dan lu pikir lu siapa boss?
gua udah mau nyariin aja udah bagus kali yah.


nah ini udah dikasih kesempatan harusnya diambil. kalo serius mnrt gua sih.

ini kang handy udah break rule nya sendiri. dimana rule nya adalah hanya mau bantu cari barang yg minimal 8 digit besar atau 9 digit sekalian.

jadi kalo tiba2 ditawarin kang handy barang diangka 6, setidaknya dilihat dulu dan dicoba. kang handy gak mungkin asal pilih barang mah,garansi kepuasan dah!! beliau mencarikan barang itu juga karena sayang sm para penghuni thread ini. jgn sampe dapet sampah!!

so, hargailah itu guys:2thumbup

ini hanya sekedar saran dan opini saya saja. gua memang belum punya w124 karena gua pengen ngikutin rule nya akang handy karena gua tau siapa dia. lebih baik sabar n nabung dulu setidaknya untuk beberapa bulan lagi.b
Page 109 of 173 | ‹ First  < 104 105 106 107 108 109 110 111 112 113 114 >  Last ›
Home > LOEKELOE > OTOMOTIF > Kendaraan Roda 4 > Mercedes W124 only thread. - Part 2