TANAMAN
Home > LOEKELOE > TANAMAN > {ASK}pohon kelengkeng
Total Views: 113975
Page 157 of 196 | ‹ First  < 152 153 154 155 156 157 158 159 160 161 162 >  Last ›

ojiedarojie - 21/10/2011 04:08 PM
#3121

Quote:
Original Posted By sinarvalentin
ya mas nati saya sampaikan,..
media lama cukup dikurangi aja mas,.dan tambahkan media baru,..lalu setiap bulan kasih hormon perangsang akar...

ane pernah denger tu om,..katanya buah nya kayak ada bulu2 halus nya ya


Quote:
Original Posted By vgla1m
tks om sarannya




baru dengar juga nih lenkeng mata kucing, kalo ada picnya sharing dong nah kalo ada yg punya buahnya boleh juga dibagi


Lengkeng mata kucing


ternyata berkhasiat juga buah ini cek di http://wong168.wordpress.com/2010/01/26/khasiat-buah-mata-kucing/
ayoberkebun - 21/10/2011 08:56 PM
#3122

Quote:
Original Posted By HermanHO
salam kenal master2 tabulampot gue sng baca blog lengkengnya karna penasaran dan tertarik ingin mencoba makanya seminggu yg lalu gue beli juga bibit lengkeng...tolong dibantu master2,gue baru beli ni bibit lengkeng aroma duren seminggu yg lalu melalui online,karna gak liat bibitnya lgs jd agak kecewa nih bibitnya tinggi amat +/- 1,5m gak ad cabangnya ngelancir ke atas ni tajuknya trus seperti mau jatuh pdhl uda sy ikat batangnya dgn penahan,sebaiknya lgs dipangkas ya batang atasnya?tapi batang bawahnya gak ad cabang dan daun lain karna cabang dan daunnya hanya ada di atas nih.thankss..sebelumnya gue uda baca2 juga blog om hervin(ayoberkebun) tp ms tetap bingung nih mau ambil keputusann..thankss
ni fotonya


wah itu bibit emang keliatan langsing banget ya he he he ...kayaknya "tinggi" tanaman dijadikan tolak ukur nih ....
menurut ane sih ada beberapa alternatif bro, tergantung ketegaan kita dan kesabaran aja....
1.bisa di kerat kulitnya agar auksin gak lari keatas,so akan timbul cabang baru di bawah keratan.....hasilnya : akan keluar cabang baru tapi sosok tanaman tetap langsing gak proposional...
2. di rundukkan ke arah tertentu, tujuannya sama agar auksin gak naik keatas, trus keluar tunas baru pada lengkungan, hasilnya : tanaman masih keliatan gak proposional, sebab masih terlalu langsing kebawah/kesamping, lagian kurang ssedap dipandang kl cuma searah perundukannya...
3. disambung susu pake batang bawah yg seukuran, selain dapat bibit baru kemungkinan tumbuh tunas juga masih besar, sebab ada proses pelukaan di sambungan susu (tadi nyari2 fotonya gak ketemu)....hasilnya : dapat bibit baru, tapi lumayan lama nunggu proses nya, (2 bulanan lah)
4. di pangkas abis.....ini cara ekstrim, tapi harus jadi raja tega dan peluang 50:50, tapi dengan misalnya disungkup, trus ditempat teduh dll peluang akan semakin besar, lagian batang atasnya bisa di pakai latihan sambung pucuk (ardu memiliki tingkat kemudahan yang tinggi utk jenis lengkeng dalam sambung pucuk)....

silahkan tentukan pilihan sesuai selera....
HermanHO - 21/10/2011 09:17 PM
#3123

Quote:
Original Posted By ayoberkebun
wah itu bibit emang keliatan langsing banget ya he he he ...kayaknya "tinggi" tanaman dijadikan tolak ukur nih ....
menurut ane sih ada beberapa alternatif bro, tergantung ketegaan kita dan kesabaran aja....
1.bisa di kerat kulitnya agar auksin gak lari keatas,so akan timbul cabang baru di bawah keratan.....hasilnya : akan keluar cabang baru tapi sosok tanaman tetap langsing gak proposional...
2. di rundukkan ke arah tertentu, tujuannya sama agar auksin gak naik keatas, trus keluar tunas baru pada lengkungan, hasilnya : tanaman masih keliatan gak proposional, sebab masih terlalu langsing kebawah/kesamping, lagian kurang ssedap dipandang kl cuma searah perundukannya...
3. disambung susu pake batang bawah yg seukuran, selain dapat bibit baru kemungkinan tumbuh tunas juga masih besar, sebab ada proses pelukaan di sambungan susu (tadi nyari2 fotonya gak ketemu)....hasilnya : dapat bibit baru, tapi lumayan lama nunggu proses nya, (2 bulanan lah)
4. di pangkas abis.....ini cara ekstrim, tapi harus jadi raja tega dan peluang 50:50, tapi dengan misalnya disungkup, trus ditempat teduh dll peluang akan semakin besar, lagian batang atasnya bisa di pakai latihan sambung pucuk (ardu memiliki tingkat kemudahan yang tinggi utk jenis lengkeng dalam sambung pucuk)....

silahkan tentukan pilihan sesuai selera....

om hervin jadi di keratnya brp byk ya??trus biar supaya gemukan batangnya diapain ya om?jadi bingung nih tentuin pilihan ,mnrt saran om hervin diantara pilihan tsb yg mana yg terbaik n mudah abis ane ms nubie nih kalu pake pilihan ke 3..kalu pilihan ke 4 disungkupnya seluruh batang ya sampe ke metannya..kalu pilihan ke 1 batangnya tetap gak bakal gemuk ya om trus kalu uda di kerat tumbuh tunas,pucuknya boleh dipangkas ya om biar gak keliatan tinggi?jadi nyesel beli online
ayoberkebun - 21/10/2011 09:25 PM
#3124

Quote:
Original Posted By HermanHO
om hervin jadi di keratnya brp byk ya??trus biar supaya gemukan batangnya diapain ya om?jadi bingung nih tentuin pilihan ,mnrt saran om hervin diantara pilihan tsb yg mana yg terbaik n mudah abis ane ms nubie nih kalu pake pilihan ke 3..kalu pilihan ke 4 disungkupnya seluruh batang ya sampe ke metannya..kalu pilihan ke 1 batangnya tetap gak bakal gemuk ya om trus kalu uda di kerat tumbuh tunas,pucuknya boleh dipangkas ya om biar gak keliatan tinggi?jadi nyesel beli online


he he he gak boleh nyesel beli ol....asal tahu rambu2 dan kredibilitas penjual....ada tuh ulasan tentang tip memilih bibit lengkeng di sini ..anggap aja ini buat pengalaman,

kl 7 an nya utk penggemukan batang (biar proposional) kayaknya mending alternatif 3 dan 4....tanaman akan jadi pendek n rimbun, sehingga proposional....
kl masih kepincut no 4, penyungkupannya cuma batang atasnya aja, utk menjaga kelembaban, cuma sebelum melakukan tanaman harus kondisi sehat....anggap nothing to loose aja,,,,kl hidup ya sukur kl mati (kering ) ya belum rejeki....he he he (biar kl gagal beneran gak begitu menyesal)....
HermanHO - 21/10/2011 10:16 PM
#3125

Quote:
Original Posted By ayoberkebun


he he he gak boleh nyesel beli ol....asal tahu rambu2 dan kredibilitas penjual....ada tuh ulasan tentang tip memilih bibit lengkeng di sini ..anggap aja ini buat pengalaman,

kl 7 an nya utk penggemukan batang (biar proposional) kayaknya mending alternatif 3 dan 4....tanaman akan jadi pendek n rimbun, sehingga proposional....
kl masih kepincut no 4, penyungkupannya cuma batang atasnya aja, utk menjaga kelembaban, cuma sebelum melakukan tanaman harus kondisi sehat....anggap nothing to loose aja,,,,kl hidup ya sukur kl mati (kering ) ya belum rejeki....he he he (biar kl gagal beneran gak begitu menyesal)....

Mksdnya dikerat gmn ya om??Kalu sy kerat dulu om trus biar tumbuh tunas di bagian batang bawahnya kemudian sy br pangkas batang atasnya giman ya om??kalu lgs ambil piihan 4 kemungkinan bakal mati lebih besar ya om??kl sy pangkas idealnya uk tinggi nya brp ya om buat tabulampot??thanks ni om hervin,sy jg sk baca blog om hervin makanya kmrn ad rencana ingin pangkas spt yg di blog om tp kondisinya berbeda di bibitku blum ad cabang di batangnya..tp d rmh ad lengkeng(gak tau jenisnya) yg gue tanam di drum dr biji tajuknya jg ngelacir batangnya uda gede uda gue amputasi batangnya tinggal 30cm an dr metan tp ms bisa tumbuh tunas ni om..beda ya kasusnya dgn yg bibit skr kl di pangkas lgs??thanks om..
HermanHO - 22/10/2011 12:07 AM
#3126

Quote:
Original Posted By vgla1m

sayang gak ada picnya
Dengan perlakuan tarik batang : kalo dah tumbuh tunas di bawahnya ( note:bukan bawah sambungan lho!) & daunnya dah cukup umur (ijo tua) bisa dipangkas batang diatas munculnya tunas baru.
Kalo skg mau "nekat" pangkas batangnya dibawah tajuk yg gak ada daunnya boleh aja, habis dipotong batangnya ditutup pake plastik (bisa plastik es lilin) lalu ikat untuk menjaga kelembaban, taruh ditempat yg teduh. terus terang saya blm pernah coba teknik ini..kayaknya page sebelumnya pernah diulas disini.
cmiiw

Rencana sih emank mau melakukan pemtongan lgs tajuk atas..perlakuan tarik btg hanya batang hijau aja kan yg lentur kl yg kecoklatan kita tarik bukannya akan patah ya batangnya,sayang gak ad pictnya jd membayangkannya rada blum jelas..thanks ya sarannya
vgla1m - 22/10/2011 08:06 AM
#3127

Quote:
Original Posted By ayoberkebun
wah itu bibit emang keliatan langsing banget ya he he he ...kayaknya "tinggi" tanaman dijadikan tolak ukur nih ....
menurut ane sih ada beberapa alternatif bro, tergantung ketegaan kita dan kesabaran aja....
1.bisa di kerat kulitnya agar auksin gak lari keatas,so akan timbul cabang baru di bawah keratan.....hasilnya : akan keluar cabang baru tapi sosok tanaman tetap langsing gak proposional...
2. di rundukkan ke arah tertentu, tujuannya sama agar auksin gak naik keatas, trus keluar tunas baru pada lengkungan, hasilnya : tanaman masih keliatan gak proposional, sebab masih terlalu langsing kebawah/kesamping, lagian kurang ssedap dipandang kl cuma searah perundukannya...
3. disambung susu pake batang bawah yg seukuran, selain dapat bibit baru kemungkinan tumbuh tunas juga masih besar, sebab ada proses pelukaan di sambungan susu (tadi nyari2 fotonya gak ketemu)....hasilnya : dapat bibit baru, tapi lumayan lama nunggu proses nya, (2 bulanan lah)
4. di pangkas abis.....ini cara ekstrim, tapi harus jadi raja tega dan peluang 50:50, tapi dengan misalnya disungkup, trus ditempat teduh dll peluang akan semakin besar, lagian batang atasnya bisa di pakai latihan sambung pucuk (ardu memiliki tingkat kemudahan yang tinggi utk jenis lengkeng dalam sambung pucuk)....

silahkan tentukan pilihan sesuai selera....


Quote:
Original Posted By ayoberkebun
he he he gak boleh nyesel beli ol....asal tahu rambu2 dan kredibilitas penjual....ada tuh ulasan tentang tip memilih bibit lengkeng di sini ..anggap aja ini buat pengalaman,

kl 7 an nya utk penggemukan batang (biar proposional) kayaknya mending alternatif 3 dan 4....tanaman akan jadi pendek n rimbun, sehingga proposional....
kl masih kepincut no 4, penyungkupannya cuma batang atasnya aja, utk menjaga kelembaban, cuma sebelum melakukan tanaman harus kondisi sehat....anggap nothing to loose aja,,,,kl hidup ya sukur kl mati (kering ) ya belum rejeki....he he he (biar kl gagal beneran gak begitu menyesal)....


:2thumbup
vgla1m - 22/10/2011 08:13 AM
#3128

Quote:
Original Posted By ojiedarojie
Lengkeng mata kucing
Spoiler for


ternyata berkhasiat juga buah ini cek di http://wong168.wordpress.com/2010/01/26/khasiat-buah-mata-kucing/


jadi mata kucing tuh sebutan lain klengkeng di malaysia ya bukan nama jenisnya
lihat kulitnya bikin geli dagingnya keliatan tipis trus gimana rasa buahnya om oji? masuk kategori dataran tinggi ato rendah om?
sorra1991 - 22/10/2011 03:10 PM
#3129

Quote:
Original Posted By vgla1m


jadi mata kucing tuh sebutan lain klengkeng di malaysia ya bukan nama jenisnya
lihat kulitnya bikin geli dagingnya keliatan tipis trus gimana rasa buahnya om oji? masuk kategori dataran tinggi ato rendah om?


Asli serawak klu ga salah cmiiw
Kulit'y bikin merinding.
jungan89 - 22/10/2011 07:06 PM
#3130

Quote:
Original Posted By ojiedarojie
Lengkeng mata kucing


ternyata berkhasiat juga buah ini cek di http://wong168.wordpress.com/2010/01/26/khasiat-buah-mata-kucing/


spertinya ane udh pernah mkn om. .
ini bukanya buah asli dr kalimantan ya. .???
sinarvalentin - 22/10/2011 10:20 PM
#3131

Quote:
Original Posted By ojiedarojie
Lengkeng mata kucing


ternyata berkhasiat juga buah ini cek di http://wong168.wordpress.com/2010/01/26/khasiat-buah-mata-kucing/

mantap om,..:2thumbup
newbie.saham - 23/10/2011 01:16 AM
#3132

Quote:
Original Posted By HermanHO
Rencana sih emank mau melakukan pemtongan lgs tajuk atas..perlakuan tarik btg hanya batang hijau aja kan yg lentur kl yg kecoklatan kita tarik bukannya akan patah ya batangnya,sayang gak ad pictnya jd membayangkannya rada blum jelas..thanks ya sarannya


Dibengkokkan ke bawah batangnya, ngk perlu sampai 90 derajat (pakai tali terus digandulin pemberat ie. bata), potong pucuk atasnya, kerat dikit batangnya. Semprot hormon di batangnya (kan punya pupuk hantu, itu cocok buat pertumbuhan daun/batang, sitokinin > auksin, plus N tinggi)... kasih jg di medianya, tapi jgn terlalu banyak.

Dibuat coba2 aja, daripada ngk sreg

Cmiiw
xirio - 23/10/2011 01:53 AM
#3133

Quote:
Original Posted By w_elly
KK gua dirumah ada pohon kelengkeng yg udah lama and udah gede nihh tapi kok belum ada buah atau bunga nya ya??? kata orang2 harus di kawin kan apa bener??? kawin gimana maksud nya??? thanks


biasanya.. kata orang tua se gan..
klo mo nanam kelengkeng biasanya dua or tiga biji dijadiin di satu lobang.. biasanya klo dah gede yang idup emang cuman satu..
cos emang kudu di kawin kan..
sorra1991 - 23/10/2011 02:37 AM
#3134

Quote:
Original Posted By xirio


biasanya.. kata orang tua se gan..
klo mo nanam kelengkeng biasanya dua or tiga biji dijadiin di satu lobang.. biasanya klo dah gede yang idup emang cuman satu..
cos emang kudu di kawin kan..


Waduh mas mas, baca'y semua posting dong.
Sudah ada riset dan penemuan masa masih ngawinin pohon.
Mas kawin'y apa mas

Saat ìni sudah bny beredar lengkeng dataran rendah yg tidak diperlukan perlakuan agar berbuah.
Salah satu penyebab tidak berbuah bukan krn tdk ada jodoh'y tp krn ketinggian muka tanah. Selama ini lengkeng merupakan tanaman dataran tinggi. Cmiiw
cak_noer - 23/10/2011 07:37 AM
#3135

Quote:
Original Posted By ayoberkebun
gak tahan utk coment wkkk.....
kalau si lengkeng lokal gede kayak gambar tadi emang bener2 udah pernah berbuah secara alami.....ane berani nyaranin pake 1/4 paket
dengan syarat aplikasi tidak sedang ada pupus muda Insya Allah udah bisa berbunga lebat.....cara aplikasi 1/4 paket kesemuanya bisa di campur ke dalam 20 liter air, dibikin semacam parit sekeliling batang lalu disiramkan pelan2 secara merata hingga meresap, beberapa liter bisa di gosokkan ke batang yg sebelumnya udah di bersihkan kulit keringnya. spt teknik memandikan yang telah di muat di page sebelumnya (lupa page nya).

ingat dosis 1/4 ini ane rekom jika dia udah bener2 pernah berbuah secara alami........
gut luck


Sesuai petunjuk master setelah aplikasi dilaksanaken dengan cara dikuas di batang pohon dan dikocor dan inilah akibatnya

Spoiler for lenkeng

Spoiler for Barisan bunga di cabang2 batang





Ulat yang sepintas mirip bunga lengkeng
Spoiler for ulat

setau ane ni mirip ulat yang biasanya ada di daun2 pisang, bila tersentuh kulit akan menimbulkan rasa nyeri,

Tanks Gan 'ayoberkebun'
meski mulai diguyur hujan mudah mudahan lengkeng aman aman aja hingga panen nanti amiin...
sorra1991 - 23/10/2011 09:49 AM
#3136

Quote:
Original Posted By cak_noer


Sesuai petunjuk master setelah aplikasi dilaksanaken dengan cara dikuas di batang pohon dan dikocor dan inilah akibatnya

Spoiler for lenkeng

Spoiler for Barisan bunga di cabang2 batang





Ulat yang sepintas mirip bunga lengkeng
Spoiler for ulat

setau ane ni mirip ulat yang biasanya ada di daun2 pisang, bila tersentuh kulit akan menimbulkan rasa nyeri,

Tanks Gan 'ayoberkebun'
meski mulai diguyur hujan mudah mudahan lengkeng aman aman aja hingga panen nanti amiin...


Akibat yg ga baik ni, ga baik buat pedagang buah lengkeng kehilangan 1 pelanggan hehehd
:2thumbup:
vgla1m - 23/10/2011 11:53 AM
#3137

Quote:
Original Posted By sorra1991
Asli serawak klu ga salah cmiiw
Kulit'y bikin merinding.

dari negeri sebrang ya..
Quote:
Original Posted By cak_noer
Sesuai petunjuk master setelah aplikasi dilaksanaken dengan cara dikuas di batang pohon dan dikocor dan inilah akibatnya

Spoiler for lenkeng

Spoiler for Barisan bunga di cabang2 batang





Ulat yang sepintas mirip bunga lengkeng
Spoiler for ulat

setau ane ni mirip ulat yang biasanya ada di daun2 pisang, bila tersentuh kulit akan menimbulkan rasa nyeri,

Tanks Gan 'ayoberkebun'
meski mulai diguyur hujan mudah mudahan lengkeng aman aman aja hingga panen nanti amiin...


wow ruaarrrr biasa sampe keluar bunga di tengah batang gitu, ini efek boosternya ato jenir lengkengnya yg mampu berbuah di tengah cabang cak nur? boleh sharing ini jenis lengkeng apa, umur brp thn & aplikasi boosternya kapan? bisa kasih penampakan pohon seutuhnya? penasaran cak
btw lokasi dimana cak? oya ada suplemen baru tuh buat mempertahankan bunga dari gempuran hujan..coba cek di cak hervin
D1N4R5Y - 23/10/2011 12:18 PM
#3138

Quote:
Original Posted By cak_noer
Sesuai petunjuk master setelah aplikasi dilaksanaken dengan cara dikuas di batang pohon dan dikocor dan inilah akibatnya

Spoiler for lenkeng

Spoiler for Barisan bunga di cabang2 batang





Ulat yang sepintas mirip bunga lengkeng
Spoiler for ulat

setau ane ni mirip ulat yang biasanya ada di daun2 pisang, bila tersentuh kulit akan menimbulkan rasa nyeri,

Tanks Gan 'ayoberkebun'
meski mulai diguyur hujan mudah mudahan lengkeng aman aman aja hingga panen nanti amiin...

joss... :2thumbup
tapi sayang ketika berbunga udah hampir memasuki musim penghujan... semoga bunganya gak rontok dan bisa panen gede....
cak_noer - 23/10/2011 09:26 PM
#3139

Quote:
Original Posted By sorra1991
Akibat yg ga baik ni, ga baik buat pedagang buah lengkeng kehilangan 1 pelanggan hehehd
:2thumbup:


yup gimana ya nantinya jika pelangganya udah pada punya pohon lengkeng

Quote:
Original Posted By vgla1m
dari negeri sebrang ya..


wow ruaarrrr biasa sampe keluar bunga di tengah batang gitu, ini efek boosternya ato jenir lengkengnya yg mampu berbuah di tengah cabang cak nur? boleh sharing ini jenis lengkeng apa, umur brp thn & aplikasi boosternya kapan? bisa kasih penampakan pohon seutuhnya? penasaran cak
btw lokasi dimana cak? oya ada suplemen baru tuh buat mempertahankan bunga dari gempuran hujan..coba cek di cak hervin


booster sangat berpengaruh gan,karena sebelumnya ni lengkeng belum pernah berbunga selebat itu,emang sih dah pernah berbuah alami tapi sangat jarang, mungkin juga lenkengnya, tapi ini jenis lokal dari biji usia 10thnan start aplikasi tgl 25 agustus, lokai kab blora jateng penampakan aslinya bisa dicek di page2 sebelumnya bos, lupa pagenya berapa , tetangga juga punya malah belum pernah buah sekarang juga berbunga dan ada juga bunga di cabang2 setelah diaplikasi tapi dengan cara suntik ga tau pake boster apa karna dia pake jasa. lenkeng ane udah takasih pupuk tiap minggu tinggal pasrah dan bedoa ja mudah2an selamat sampai tujuan

Quote:
Original Posted By D1N4R5Y
joss... :2thumbup
tapi sayang ketika berbunga udah hampir memasuki musim penghujan... semoga bunganya gak rontok dan bisa panen gede....


Amiiiin.... tanks gan atas doanya
HermanHO - 23/10/2011 10:03 PM
#3140

Quote:
Original Posted By newbie.saham
Dibengkokkan ke bawah batangnya, ngk perlu sampai 90 derajat (pakai tali terus digandulin pemberat ie. bata), potong pucuk atasnya, kerat dikit batangnya. Semprot hormon di batangnya (kan punya pupuk hantu, itu cocok buat pertumbuhan daun/batang, sitokinin > auksin, plus N tinggi)... kasih jg di medianya, tapi jgn terlalu banyak.

Dibuat coba2 aja, daripada ngk sreg

Cmiiw

iya gan,ntar ane aplikasikan,kemungkinan ane tunggu tumbuh tunas di batang2nya baru ane pangkas batang atasnya..thanks sarannya..:2thumbup
Page 157 of 196 | ‹ First  < 152 153 154 155 156 157 158 159 160 161 162 >  Last ›
Home > LOEKELOE > TANAMAN > {ASK}pohon kelengkeng