SURAT PEMBACA
Home > CASCISCUS > SURAT PEMBACA > Alat PLN Prabayar di hack, PLN tak perduli
Total Views: 2145
Page 1 of 2 |  1 2 > 

abi_kerimit - 14/02/2012 11:39 AM
#1
Alat PLN Prabayar di hack, PLN tak perduli
Langsung aje gan, kejadiannya sih dah lama, 1 tahun yang lalu, ane bingung mo lapor kemane. Ane dah lapor ke cs PLN 123..tetep gak digubris.

di daerah ane ada komplek kontrakan banyak pintu kira2 ada 10 pintu. Nah ntu kontrakkan listriknya pada pake sistem pra bayar dengan membeli voucher pulsa listrik yang bisa di beli di atm, konter pembayaran pln dll.

Gw perhatiin ntu kontrakan beberapa (1-4 pintu) ada yang curang gan, dari meterannya nilai digital pulsanya gak jalan, diem aja gak turun2...pantesan ajah itu kontrakan yang nempatin karakoean terus, tv nyala dari pagi ampe malem dll wong pulsa listriknya aja gak berkurang..Malah gw pernah liat lansung ada orang dengan pakaian bebas utak-atiuk itu meteran prabayar sekitar jam 7 pagi...begitu selesai di utak-atik...ntu meteran gak jalan lagi alias gratissss...


gw dah lapor ke 123 dah berkali2...bilangnya akan di proses..ampe sekarang dah setahun gak di tindak lanjuti...gw cuma ngeri aja ada kebakaran akibat pencurian listrik...

bagi Pihak PLN yang baca ini, silahkan PM gw untuk alamat yang hack pulsa prabayar PLN tersebut..

saran aja PLN pake alat sistem prabayar ini sebenarnya bagus, tapi wong di cek selalu alatnya berfungsi ato ndak....jangan mewek bilang ke rakyat rugi terus...minta naik TDL tiap tahun....kalo kerja kalian begini..ya rugi terus...


Quote:
Original Posted By nentautako
apakah anda yg punya kontrakan tsb? harusnya anda tegor mereka gan... soalnya kalo sampe ketahuan PLN, anda yg akan kena denda? dan tau sendiri kalo sampe berurusan dgn pln.. anda bisa ditembak 5-7juta lho....

btw, heran aja kalo PLN daerah anda gak response... padahal biasanya mereka getol banget nguber orang yg curi listrik


bukan gan..ane salah satu warga deket kontrakan tersebut...parah gan yang nyuri listriknya pake listrik gila-gilaan....Pake AC, nyalain tv 24 jam nonstop, karaokean tiap hari, nyetel musik tiap hari dll....mentang2 gratis.


Quote:
Original Posted By amelidan05
wuih....jangan-jangan PLN gak percaya ma laporan agan, soalnya kan katanya tuh alat canggih


bukannya gak percaya gan...maklumin deh PLN kerja makan gaji buta, padahal mereka satu2nya jasa penyedia listrik ke masyarakat...klo ada perusahaan lain selain PLN gw pilih ntu perusahaan
nentautako - 14/02/2012 12:17 PM
#2

apakah anda yg punya kontrakan tsb? harusnya anda tegor mereka gan... soalnya kalo sampe ketahuan PLN, anda yg akan kena denda? dan tau sendiri kalo sampe berurusan dgn pln.. anda bisa ditembak 5-7juta lho....

btw, heran aja kalo PLN daerah anda gak response... padahal biasanya mereka getol banget nguber orang yg curi listrik
amelidan05 - 14/02/2012 12:29 PM
#3

wuih....jangan-jangan PLN gak percaya ma laporan agan, soalnya kan katanya tuh alat canggih
FRoM2 - 14/02/2012 01:19 PM
#4

mang bisa ya diakalin seperti itu
opensuse - 14/02/2012 01:26 PM
#5

wuih keren bisa di hack :matabelo

yang ngehack canggih juga tuh, biasanya sih yg jago otak atik alat2 PLN gitu justru orang pln nya sendiri. soalnya ane pernah tau ada tetangga ane yg pegawai pln dan dia sering diminta bantuan buat ngotak ngatik listrik. sampe pernah ada yg ketauan langsung dicabut listriknya plus denda 5 juta kalo ga salah.
nentautako - 14/02/2012 03:26 PM
#6

Quote:
Original Posted By FRoM2
mang bisa ya diakalin seperti itu


Quote:
Original Posted By opensuse
wuih keren bisa di hack :matabelo


sebenarnya gw juga penasaran pingin kenal sama yg ngontrak kepada si ts
sonic_pilot - 14/02/2012 08:49 PM
#7

Kapan ni negara mau maju kalo rakyat nya punya mental seperti itu??
arnodsusukacang - 14/02/2012 10:00 PM
#8

Quote:
Original Posted By opensuse
wuih keren bisa di hack :matabelo

yang ngehack canggih juga tuh, biasanya sih yg jago otak atik alat2 PLN gitu justru orang pln nya sendiri. soalnya ane pernah tau ada tetangga ane yg pegawai pln dan dia sering diminta bantuan buat ngotak ngatik listrik. sampe pernah ada yg ketauan langsung dicabut listriknya plus denda 5 juta kalo ga salah.


kalau secara logika sih mungkin dan sederhana. tapi tidak tahu bisa di terapkan tidak. prinsipnya sama kok dengan meteran yang lama. cuma yang ini ditambahkan dengan program pemutus aliran(aliran listriknya masih ada, tetapi di halangi oleh relay) yang bekerja jika nilai digital menunjukkan 0. nah jika ada yang bisa akalin berarti dia bermain di relay nya(hardware) bukan programnya. jadi aliran listrik yang sudah mengalir karena diisi pulsa, langsung di alihkan (mungkin dengan semacam modul pemotong relay awal) ke modul relay baru yang tidak terhubung dengan program.
jadi alat dan program itu tetap membaca penunjukkan nilai digital yang belum menunjukkan nilai 0 dan tetap mengalirkan listrik
widyadewa - 14/02/2012 10:33 PM
#9

masih ada aja orang licik kaya gitu
ganti sistem jadi digital,malah bisa2 nya dihack
langsung laporin ke pln aja kalo gitu,biar didenda
abi_kerimit - 15/02/2012 10:40 AM
#10

Quote:
Original Posted By widyadewa
masih ada aja orang licik kaya gitu
ganti sistem jadi digital,malah bisa2 nya dihack
langsung laporin ke pln aja kalo gitu,biar didenda


dah dilaporin gan...gak tau deh gak di respon...jangan2 petugas yang dateng ngecek justru malah di suap untuk tutup mulut.....

Soalnya pernah pengalaman mertua ane telat bayar 2 bulan, di datengin tuh ama petugas ngancem mo putusin listrik dan denda...eh di sumpel mulutnya pake 20 rban diem langsung pulang...ahaha
abi_kerimit - 15/02/2012 10:41 AM
#11
there scuriss
Quote:
Original Posted By widyadewa
masih ada aja orang licik kaya gitu
ganti sistem jadi digital,malah bisa2 nya dihack
langsung laporin ke pln aja kalo gitu,biar didenda


dah dilaporin gan...gak tau deh gak di respon...jangan2 petugas yang dateng ngecek justru malah di suap untuk tutup mulut.....

Soalnya pernah pengalaman mertua ane telat bayar 2 bulan, di datengin tuh ama petugas ngancem mo putusin listrik dan denda...eh di sumpel mulutnya pake 20 rban diem langsung pulang...ahaha
TikusTobat - 15/02/2012 10:54 AM
#12

Quote:
Original Posted By nentautako
apakah anda yg punya kontrakan tsb? harusnya anda tegor mereka gan... soalnya kalo sampe ketahuan PLN, anda yg akan kena denda? dan tau sendiri kalo sampe berurusan dgn pln.. anda bisa ditembak 5-7juta lho....

btw, heran aja kalo PLN daerah anda gak response... padahal biasanya mereka getol banget nguber orang yg curi listrik



setuju gan, saudara ane pernah ngontrakin rumahnya ke konveksi dan itu konveksi juga bermain curang

eh setelah rumahnya ga dikontrakin lagi, saudara ane kena denda 20 juta gara2 listriknya dicurangin
pr4s7 - 15/02/2012 11:06 AM
#13

gini gans, gue kasih tau cara nya...,.. tapi jangan dipraktekkan ya kalau dipraktekan di luar tanggung jawab ane.
kalau nge hack itu meteran, gue yakin seratus persen bakalan kesulitan. soalnya dah main enkripsi data plus token... dan kalau belajar beginian bisa panas kepala...bikin enkripsi nya aja dah puyeng apalagi ngebobolnya
Trik nya : karena pemakaian meter digital tiap bulan tidak pernah disambangin petugas PLN (Pencatat Meteran) maka konsumen yang "nakal" melihat celah ini. dengan "menggantol" atau menyambung listrik sebelum masuk ke meteran nya. Karena Meteran lama (analog) ataupun baru (digital) sama fungsinya sebagai saklar doang dan pencatat. jadi sebelum masuk ke meteran di bypass/di belokin.
Dan ini klo oleh oknum2 yang ngerti listrik bisa jadi obyekan dia.

kira2 ada yang bisa ngasih solusi buat PLN?? kasihan di daerah2 pedalaman di luar jawa. ndak pernah kebagian listrik... "masa ibu kota propinsi masih byar pet" kata dahlan iskan
abi_kerimit - 16/02/2012 02:34 PM
#14

Quote:
Original Posted By teamworks
TS na Ga boleh iri Loh heheheheh


ih sory ya gan klo iri...masya alllah dah, kasian keluarga ane gan klo hidup dari yang haram2...efeknya ke anak istri jadi bejad nanti.
oranetes1 - 16/02/2012 03:36 PM
#15

Quote:
Original Posted By pr4s7
gini gans, gue kasih tau cara nya...,.. tapi jangan dipraktekkan ya kalau dipraktekan di luar tanggung jawab ane.
kalau nge hack itu meteran, gue yakin seratus persen bakalan kesulitan. soalnya dah main enkripsi data plus token... dan kalau belajar beginian bisa panas kepala...bikin enkripsi nya aja dah puyeng apalagi ngebobolnya
Trik nya : karena pemakaian meter digital tiap bulan tidak pernah disambangin petugas PLN (Pencatat Meteran) maka konsumen yang "nakal" melihat celah ini. dengan "menggantol" atau menyambung listrik sebelum masuk ke meteran nya. Karena Meteran lama (analog) ataupun baru (digital) sama fungsinya sebagai saklar doang dan pencatat. jadi sebelum masuk ke meteran di bypass/di belokin.
Dan ini klo oleh oknum2 yang ngerti listrik bisa jadi obyekan dia.

kira2 ada yang bisa ngasih solusi buat PLN?? kasihan di daerah2 pedalaman di luar jawa. ndak pernah kebagian listrik... "masa ibu kota propinsi masih byar pet" kata dahlan iskan


duh si agan, ngumpan daging ke macan
pr4s7 - 16/02/2012 03:56 PM
#16

Bukan tujuan dan maksud ane gan ngasih daging ke macan. ini sebenernya "rahasia" yang sudah umum klo ndak percaya gaul aja ama orang2 listrik atau anak stm listrik hehe..
ya siapa tau aja pembaca dari kaskus ada yang jadi pegawai PLN yang jujur trus mikirin masalah ini. jadi ada solusi nya. percuma juga kan kita lapor ada yang nyuri tapi ndak di gubris...
polisi kalau mau nangkep maling harus berpikir dengan logika maling. bukan berarti polisi itu maling kan
b66gp - 16/02/2012 04:17 PM
#17

kayanya yg digital itu malah gampang di akali yaks... tapi yah biar mereka rasakan aja lah nanti balasannya...
Kiandita - 16/02/2012 04:18 PM
#18

Lain kali kalo liat itu orang ngutak-atik listriknya, langsung difoto/direkam sembunyi-sembunyi gan. Terus laporin ke petugas PLN, buat bukti. Atau laporin ke yang punya kontrakan dulu deh, kasian nanti dia kena tembak tagihan
T5001S - 16/02/2012 05:48 PM
#19

Quote:
Original Posted By Kiandita
Lain kali kalo liat itu orang ngutak-atik listriknya, langsung difoto/direkam sembunyi-sembunyi gan. Terus laporin ke petugas PLN, buat bukti. Atau laporin ke yang punya kontrakan dulu deh, kasian nanti dia kena tembak tagihan


Boleh juga tuh idenya, saklian aja ke PLN. Biar nanti PLN yang nagih ke yang ngontrak kamar.
snape142 - 24/02/2012 11:59 AM
#20

Quote:
Original Posted By pr4s7
gini gans, gue kasih tau cara nya...,.. tapi jangan dipraktekkan ya kalau dipraktekan di luar tanggung jawab ane.
kalau nge hack itu meteran, gue yakin seratus persen bakalan kesulitan. soalnya dah main enkripsi data plus token... dan kalau belajar beginian bisa panas kepala...bikin enkripsi nya aja dah puyeng apalagi ngebobolnya
Trik nya : karena pemakaian meter digital tiap bulan tidak pernah disambangin petugas PLN (Pencatat Meteran) maka konsumen yang "nakal" melihat celah ini. dengan "menggantol" atau menyambung listrik sebelum masuk ke meteran nya. Karena Meteran lama (analog) ataupun baru (digital) sama fungsinya sebagai saklar doang dan pencatat. jadi sebelum masuk ke meteran di bypass/di belokin.
Dan ini klo oleh oknum2 yang ngerti listrik bisa jadi obyekan dia.

kira2 ada yang bisa ngasih solusi buat PLN?? kasihan di daerah2 pedalaman di luar jawa. ndak pernah kebagian listrik... "masa ibu kota propinsi masih byar pet" kata dahlan iskan


ini jawaban yang paling logis.
betul gan, sepertinya meterannya di bypass.
tempat ortu ane pernah bermasalah dengan meteran prabayar (keluar tulisan PERIKSA), didatengin petugas PLN, tapi ga bisa diperbaiki saat itu juga soalnya harus cek instalasi & harus masukin kode token yang kluar dari PLN dulu. Jadi 1 hari dibypass doang, ane sempet liat, gampang banget ng-bypass-nya, ga perlu buka segel meteran (semacam meter biasa), cuma mindah kabel doang, dimasukin slot satunya (ane inget sih yg mana...).
besoknya pas mo masukin kode token yang dari PLN, dipindah lagi tu kabelnya.

enak betul pikir ane....bisa nih kalo kepepet....hehehehehe....
cuma, ane denger dari petugas BTL, kalo mindah kabel pasti kluar tulisan PERIKSA & wajib lapor PLN gan.

mungkin kasusnya yang dicritain TS, yang ngontrak ga lapor PLN kalo meterannya bermasalah & yg ngontrak nge-bypass sendiri listriknya
Page 1 of 2 |  1 2 > 
Home > CASCISCUS > SURAT PEMBACA > Alat PLN Prabayar di hack, PLN tak perduli