Militer
Home > CASCISCUS > MILITER & KEPOLISIAN > Militer > Yon Kav 2/Tank: Busi Vespa Jadi Penggerak Utama Tank
Total Views: 6258
Page 1 of 4 |  1 2 3 4 > 

Kenyot9 - 16/02/2012 08:41 AM
#1
Yon Kav 2/Tank: Busi Vespa Jadi Penggerak Utama Tank
update di page 2


Keterbatasan alat utama sistem senjata (alutsista) yang dimiliki TNI tidak menyurutkan langkah para prajurit itu untuk tetap semangat berjuang.Salah satu jajaran TNI yang berhasil berinovasi adalah Batalion Kavaleri 2/Tank.

Batalion yang selalu berurusan dengan alat tempur berat tank ini cukup direpotkan dengan puluhan tank yang sudah berusia tua. Onderdil mesin tank yang dimiliki batalion ini sudah tidak dijual di pasaran umum. Alhasil jika mesin tank rusak, akan susah untuk memperbaikinya. Namun,para prajurit Yon Kav 2/Tank tidak kehilangan akal.Mereka pun mencoba berinovasi dengan onderdil lain untuk menggantikan fungsi onderdil tank yang sudah rusak dan uzur atau istilahnya “dikanibal”. Hasilnya sungguh di luar dugaan.

Busi tank jenis AMX 13 pun mampu digantikan hanya dengan busi vespa. Kepala Staf Komando Daerah Militer (Kasdam) IV/Diponegoro Brigjen TNI Dedi Kusnadi Thamim mengaku bangga atas kreasi dan inovasi prajurit Yon Kav 2/Tank tersebut.“Kita akan melakukan penelitian lebih mendalam dan akan mengikutkan inovasi tersebut dalam lomba cipta karya teknologi militer,yang kemudian akan dipatenkan,” ungkap Dedi seusai mencoba Tank AMX 13 yang sudah dikanibal dengan busi vespa di Lapangan Parade Makodam IV/Diponegoro,Semarang, kemarin.

Kasdam mengaku,setelah melakukan uji coba,tidak bisa merasakan mana tank yang kanibal dengan tank asli.Dari segi manuver kemampuan dan kecepatan,tidak berbeda. “Sepuluh tahun yang lalu saya pernah mengendarai tank jenis yang sama dan masih asli, rasanya tidak ada yang beda,” ungkapnya. Dengan inovasi yang dilakukan,“kuda besi”jenis AMX 13 buatan Prancis yang sudah berusia setengah abad itu masih tetap bisa difungsikan secara maksimal. Kasdam mengatakan, inovasi yang dilakukan Yon Kav 2/Tank ini perlu ditiru kesatuan lain dalam rangka kemajuan satuan dan efisiensi peralatan di tengah minimnya anggaran belanja alutsista.

KomandanYon Kav 2/Tank Letkol Kav Dicky Armunanto Mulkan mengaku, inovasi tersebut berupa kanibalisme suku cadang itu terpaksa dilakukan karena suku cadang untuk tank jenis AMX 13 sudah tidak diproduksi lagi. ”Seperti businya,sekarang ini sudah tidak ada. Karena itu, kita ganti dengan busi vespa yang modifikasi dengan cara dibuatkan konventer (sambungan), maka jadilah busi motor menjadi busi tank,” ungkapnya.

Dicky mengaku,Yon Kav 2/Tank memiliki 2 jenis AMX 13,yakni AMX 13 tipe tempur yang mengusung persenjataan berat Cannon 105 mm, senapan mesin berat (SMR) Browning 50 atau kaliber 12,7 mm,senapan mesin ringan (SMR) kaliber 7,62 mm,dan AMX 13 tipe Angkut Personel Carrier (APC). Selain busi,inovasi lain yang dilakukan prajurit Yon Kav 2/Tank adalah memodifikasi senjata SMB. Modifikasi ini mengadopsi senjata air soft gun.“Pada senjata yang asli, rangkaian penggeraknya diganti dengan peranti kuningan yang berfungsi sebagai pelontar amunisi dengan memanfaatkan tekanan gas sehingga tidak merusak yang asli,”paparnya.

Rangkaian yang dibuat dalam waktu hanya satu bulan oleh Koptu Hadi Mulyono itu merupakan rakitan dari bahan kuningan blok diameter 3,88 mm,pipa kuningan diameter 16mm, serta as kuningan diameter 16 dan 28 mm. Inovasi lainnya adalah pengembangan sistem CCTV pada tank.Kamera tersembunyi yang dipasang dalam tank itu dapat langsung online sehingga bisa langsung diakses pimpinan.

“Dengan kamera yang dipasang di ranpur, akan memudahkan pemberian instruksi kepada pengemudi tank karena komando atas bisa langsung memantau,”ungkapnya.

sumber: http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/469837/37/

======================================

btw, Pangdam IV sudah meminta agar Leopard juga ditempatkan di Ambarawa Dan Yogyakarta. kok belum dimuat beritanya ya?
IvyBridge. - 16/02/2012 08:45 AM
#2

Quote:
Original Posted By Kenyot9
Inovasi lainnya adalah pengembangan sistem CCTV pada tank.Kamera tersembunyi yang dipasang dalam tank itu dapat langsung online sehingga bisa langsung diakses pimpinan.

“Dengan kamera yang dipasang di ranpur, akan memudahkan pemberian instruksi kepada pengemudi tank karena komando atas bisa langsung memantau,”ungkapnya


kita ga butuh UAV, karena CCTV udah ada di tank :2thumbup :thumbup
kabei - 16/02/2012 08:53 AM
#3

Quote:
Batalion yang selalu berurusan dengan alat tempur berat tank ini cukup direpotkan dengan puluhan tank yang sudah berusia tua. Onderdil mesin tank yang dimiliki batalion ini sudah tidak dijual di pasaran umum. Alhasil jika mesin tank rusak, akan susah untuk memperbaikinya.

ini pasti fitnah

kata pengamat militer tuh teng ga jalan karena jatah bbm cuma 10 liter perbulan perkendaraan
grz09 - 16/02/2012 08:58 AM
#4

Quote:
Original Posted By IvyBridge.
kita ga butuh UAV, karena CCTV udah ada di tank :2thumbup :thumbup


Dafuq!
emang AMX 13 bisa terbang apa ?
Roelense86 - 16/02/2012 09:00 AM
#5

ane salut buat kreatifitasnya tapi juga sekaligus sedih dengan alutsista yang ada
rumah.KENYOT - 16/02/2012 09:01 AM
#6

Quote:
Original Posted By grz09
Dafuq!
emang AMX 13 bisa terbang apa ?


tinggal dipasang mesin jet, dikasih sayap

jadi deh




* Ahmad Muzani mode : on
ATHELETE68 - 16/02/2012 09:10 AM
#7

semua tipe busi vespa ada masing2 fungsi cmiiw
panas [hot], kecepatan rendah . . .
finandhita - 16/02/2012 09:41 AM
#8

pria sejati oper gigi pake tangan kiri.. hidup vespa!
bung.kus - 16/02/2012 09:59 AM
#9

mesinnya masih pake bensin yak?

kok masih pake busi?
IvyBridge. - 16/02/2012 10:04 AM
#10

Quote:
Original Posted By bung.kus
mesinnya masih pake bensin yak?

kok masih pake busi?


ya jelas.....

diesel buat apa dipasangi busi
alexander hagal - 16/02/2012 10:07 AM
#11

jadi inget statement Jeng Lily wahid yang katanya leo dari belanda itu Besi rongsokan

lha terus kalau yang ini....lebih dari besi rongsokan alias kaleng rombeng..

ngenes alat pemukul TNIAD, lebih ngenes lagi dengan statement anggota K1
keongvespagw - 16/02/2012 10:15 AM
#12

Woww teknologi canggih masih pake pengapian busi,, luar biasa..
finandhita - 16/02/2012 10:19 AM
#13

Quote:
Original Posted By keongvespagw
Woww teknologi canggih masih pake pengapian busi,, luar biasa..


canggih apaan? wong AMX-13 ini teknologi mesinnya tahun 50-an koq,, 11-12 ama vespa lah..
ntoskrnl - 16/02/2012 10:20 AM
#14

[OOT]Kalo K-1 denger gaswat....
Noh AMX aja muasih jalan pake busi Vespa, Buat apa beli Leo ...

Serius : kalo di LN ada gak yah Armynya yg kreatip gini, ato mereka memang sudah tidak bisa buat apa di akalin, request baru aja.
pinocchio - 16/02/2012 10:49 AM
#15

mudah-mudahan kalo belum ada penggantinya, minimal bisa diretrofit secepatnya..
su35bm - 16/02/2012 11:01 AM
#16

Quote:
Original Posted By IvyBridge.
kita ga butuh UAV, karena CCTV udah ada di tank :2thumbup :thumbup


wong edan.........

anda pasti utusan dari gedung ijo ya?
ch1ps - 16/02/2012 11:34 AM
#17

Quote:
Original Posted By ATHELETE68
semua tipe busi vespa ada masing2 fungsi cmiiw
panas [hot], kecepatan rendah . . .

kayaknya pake busi vespa yg ulir panjang ini. paling NGK T 6000. kalau begitu, sebenarnya bisa pake busi mobil lama macam katana/VW. tapi emang yg paling murah ya busi vespa ini.. 12 rb perbiji.

Quote:
Original Posted By finandhita
pria sejati oper gigi pake tangan kiri.. hidup vespa!

viva la vespa !!
Beka.RM.ST. - 16/02/2012 12:22 PM
#18

kayaknya kemarin ada orang posting gambar vespa dipasangin senjata.
MasRiyaT - 16/02/2012 12:27 PM
#19

wow ditempatin di jogja dan ambarawa.... asikkk foto2
rumah.KENYOT - 16/02/2012 12:27 PM
#20

Quote:
Original Posted By Beka.RM.ST.
kayaknya kemarin ada orang posting gambar vespa dipasangin senjata.


dipasangi recoilles rifle
Page 1 of 4 |  1 2 3 4 > 
Home > CASCISCUS > MILITER & KEPOLISIAN > Militer > Yon Kav 2/Tank: Busi Vespa Jadi Penggerak Utama Tank