SUPRANATURAL
Home > LOEKELOE > SUPRANATURAL > ۞★ஜ๑~ Kemistisan/Kekeramatan di Alas Purwo, Banyuwangi, Jawa Timur ~๑ஜ★۞
Total Views: 15196 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 4 of 20 |  < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 >  Last ›

kazaav - 04/03/2012 08:25 PM
#61

Quote:
Original Posted By hateisworthless
Sedikit share mengenai alas Purwo ini yaw...

Menurut beberapa sumber informasi yang telah saya temui dan sedikit mengorek informasi mengenai alas purwo ini, baik supranaturalis, spiritualis, budayawan, sejarawan dll.

Alas purwo ini disinyalir sebagai tempat pengungsian / pelarian sejak jaman perang paregreg ( majapahit vs blambangan), ekspansi mataram ke tlatah timur jawa, jaman perjuangan sebelum dan masa kemerdekaan serta jaman pergolakan orde lama ke orde baru. Ataupun pelarian kawanan penjahat dari kejaran pihak berwenang.

Oleh karena itu sebelum masa2 pertengahan 70an, alas ini masih terkenal dengan sarang perampok dan begalnya selain keangkeran dan kemistikannya. Namun lambat laun kesan sarang perampok dan begal tsb hilang setelah alas ini menjadi salah satu andalan tempat wisatawan.

Jika teman2 kesana sampai hari ini pun masih banyak orang2 yang bertapa / bersemedi / menyepi disana. Dan tak jarang berpapasan dengan para wisatawan yang berkunjung kesana. Saya sendiri pernah menemui seorang pertapa laki2 yang telah 5 thn disana serta seorang ibu2 yang telah 2th an di alas tsb untuk menyepi.

Kunjungan terakhir saya kesana sekitar awal 2000an saya sempat menemui seseorang yang melakukan tirakat / menyepi di salah satu goa disana yg telah berada disana 3bln an. Dan beliau adalah seorang pengusaha besar batubara di kalimantan. Setiap tahun dia menyempatkan diri untuk tinggal di alas purwo utk menyepi utk beberapa bulan lamanya.

Itu dulu tambahan dari saya yaw, utk yg lainnya silahkan dishare kalo punya pengalaman kesana ataupun pengetahuan mengenai alas purwo yang berada di kampung halaman saya ini.

shakehand2


very interisting

kalo ge jogja bleh jg jalan kesana
empeldhum - 04/03/2012 08:26 PM
#62

Quote:
Original Posted By kazaav
very interisting

kalo ge jogja bleh jg jalan kesana


alas purwo itu bukan di jogja loh gun
hateisworthless - 04/03/2012 08:28 PM
#63
Kesan pertama begitu menggoda
Ya itulah kesan saya sewaktu pertama kali kesana...

alkisah akhir 80an, dimasa liburan sekolah panjang waktu saya masih bersekolah di SD Penganjuran 2, kecamatan Banyuwangi.
Saya pergi ke rumah kakek saya yang berada di desa Bubuk, kecamatan Rogojampi.

Setelah sesampainya dirumah Kakek, saya diajak pergi ke alas purwo ini tentunya keadaan jalan masuk dan fasilitas waktu itu jauh lebih buruk dari sekarang yang jalan masukknya sudah beraspal.

Untuk beberapa hari satu2 dari goa2 yang ada di alas purwo tsb kami kunjungi, sampai disuatu goa yang saya tidak ingat namanya,
saya ditinggal oleh kakek saya dan berpesan beliau akan pergi dan akan menjemput saya lagi beberapa hari lagi.

Perasaan saya pada waktu itu hanya berpasrah saja, mengingat selama ini kakek saya tsb sangat dekat dan tentu saja tidak akan mencelakakan saya. Entah apa saja yang terjadi hari2 saya selama saya disana tentu bisa jadi drama sinetron kalo diceritakan dithread ini, namun pada suatu hari kakek saya datang menjemput dan kami pun balik ke Banyuwangi. Yang ternyata masa sekolah kurang 2 hari lagi berakhir, jadi kira2 4 minggu kurang sedikit saya berada di alas tsb dan 3mingguan saya ditinggal sendiri disalah satu goa di alas purwo tsb.

Sungguh pengalaman yang mengasyikan dan menyenangkan Peace:
kejangketek - 04/03/2012 08:34 PM
#64

Quote:
Original Posted By tisanndut


ngakaks


pitnah iki , aku malah sing ape di ijazahi ilmu karo suhu ketek ngakaks


prreeettt.... p

ngapusi tak dongake luntur kabeh ilmune ngakaks
kejangketek - 04/03/2012 08:36 PM
#65

Quote:
Original Posted By hateisworthless
Ya itulah kesan saya sewaktu pertama kali kesana...

alkisah akhir 80an, dimasa liburan sekolah panjang waktu saya masih bersekolah di SD Penganjuran 2, kecamatan Banyuwangi.
Saya pergi ke rumah kakek saya yang berada di desa Bubuk, kecamatan Rogojampi.

Setelah sesampainya dirumah Kakek, saya diajak pergi ke alas purwo ini tentunya keadaan jalan masuk dan fasilitas waktu itu jauh lebih buruk dari sekarang yang jalan masukknya sudah beraspal.

Untuk beberapa hari satu2 dari goa2 yang ada di alas purwo tsb kami kunjungi, sampai disuatu goa yang saya tidak ingat namanya,
saya ditinggal oleh kakek saya dan berpesan beliau akan pergi dan akan menjemput saya lagi beberapa hari lagi.

Perasaan saya pada waktu itu hanya berpasrah saja, mengingat selama ini kakek saya tsb sangat dekat dan tentu saja tidak akan mencelakakan saya. Entah apa saja yang terjadi hari2 saya selama saya disana tentu bisa jadi drama sinetron kalo diceritakan dithread ini, namun pada suatu hari kakek saya datang menjemput dan kami pun balik ke Banyuwangi. Yang ternyata masa sekolah kurang 2 hari lagi berakhir, jadi kira2 4 minggu kurang sedikit saya berada di alas tsb dan 3mingguan saya ditinggal sendiri disalah satu goa di alas purwo tsb.

Sungguh pengalaman yang mengasyikan dan menyenangkan Peace:


bussseetttt...gimane makannye mod? matabelo:

kampretzoo - 04/03/2012 08:36 PM
#66

Quote:
Original Posted By hateisworthless
Ya itulah kesan saya sewaktu pertama kali kesana...

alkisah akhir 80an, dimasa liburan sekolah panjang waktu saya masih bersekolah di SD Penganjuran 2, kecamatan Banyuwangi.
Saya pergi ke rumah kakek saya yang berada di desa Bubuk, kecamatan Rogojampi.

Setelah sesampainya dirumah Kakek, saya diajak pergi ke alas purwo ini tentunya keadaan jalan masuk dan fasilitas waktu itu jauh lebih buruk dari sekarang yang jalan masukknya sudah beraspal.

Untuk beberapa hari satu2 dari goa2 yang ada di alas purwo tsb kami kunjungi, sampai disuatu goa yang saya tidak ingat namanya,
saya ditinggal oleh kakek saya dan berpesan beliau akan pergi dan akan menjemput saya lagi beberapa hari lagi.

Perasaan saya pada waktu itu hanya berpasrah saja, mengingat selama ini kakek saya tsb sangat dekat dan tentu saja tidak akan mencelakakan saya. Entah apa saja yang terjadi hari2 saya selama saya disana tentu bisa jadi drama sinetron kalo diceritakan dithread ini, namun pada suatu hari kakek saya datang menjemput dan kami pun balik ke Banyuwangi. Yang ternyata masa sekolah kurang 2 hari lagi berakhir, jadi kira2 4 minggu kurang sedikit saya berada di alas tsb dan 3mingguan saya ditinggal sendiri disalah satu goa di alas purwo tsb.

Sungguh pengalaman yang mengasyikan dan menyenangkan Peace:


sndirian mbah mod?? :matabelo kakek yg kejam Peace:
tisanndut - 04/03/2012 08:45 PM
#67

Quote:
Original Posted By hateisworthless
Sedikit share mengenai alas Purwo ini yaw...

Menurut beberapa sumber informasi yang telah saya temui dan sedikit mengorek informasi mengenai alas purwo ini, baik supranaturalis, spiritualis, budayawan, sejarawan dll.

Alas purwo ini disinyalir sebagai tempat pengungsian / pelarian sejak jaman perang paregreg ( majapahit vs blambangan), ekspansi mataram ke tlatah timur jawa, jaman perjuangan sebelum dan masa kemerdekaan serta jaman pergolakan orde lama ke orde baru. Ataupun pelarian kawanan penjahat dari kejaran pihak berwenang.

Oleh karena itu sebelum masa2 pertengahan 70an, alas ini masih terkenal dengan sarang perampok dan begalnya selain keangkeran dan kemistikannya. Namun lambat laun kesan sarang perampok dan begal tsb hilang setelah alas ini menjadi salah satu andalan tempat wisatawan.

Jika teman2 kesana sampai hari ini pun masih banyak orang2 yang bertapa / bersemedi / menyepi disana. Dan tak jarang berpapasan dengan para wisatawan yang berkunjung kesana. Saya sendiri pernah menemui seorang pertapa laki2 yang telah 5 thn disana serta seorang ibu2 yang telah 2th an di alas tsb untuk menyepi.

Kunjungan terakhir saya kesana sekitar awal 2000an saya sempat menemui seseorang yang melakukan tirakat / menyepi di salah satu goa disana yg telah berada disana 3bln an. Dan beliau adalah seorang pengusaha besar batubara di kalimantan. Setiap tahun dia menyempatkan diri untuk tinggal di alas purwo utk menyepi utk beberapa bulan lamanya.

Itu dulu tambahan dari saya yaw, utk yg lainnya silahkan dishare kalo punya pengalaman kesana ataupun pengetahuan mengenai alas purwo yang berada di kampung halaman saya ini.

shakehand2


mantebzz mod
mungkin jika ada yg mau ke alas purwo bisa liat ada orang bertapa yg sudah jd batu di sana saking lama'a petapa di alas purwo.
mungkin mbah mod pernah liat/pernah denger ???
hateisworthless - 04/03/2012 08:45 PM
#68

Quote:
Original Posted By kejangketek
bussseetttt...gimane makannye mod? matabelo:


ada deh ngakak

Quote:
Original Posted By kampretzoo
sndirian mbah mod?? :matabelo kakek yg kejam Peace:


yoi mbah D

ti ati disamperin loh, beliau udah almarhum soalnya

ngakak
hateisworthless - 04/03/2012 08:48 PM
#69

Quote:
Original Posted By tisanndut
mantebzz mod
mungkin jika ada yg mau ke alas purwo bisa liat ada orang bertapa yg sudah jd batu di sana saking lama'a petapa di alas purwo.
mungkin mbah mod pernah liat/pernah denger ???


iya saya pernah dengar
konon beliau awal bertapanya pada masa akhir Majapahit. t
api itu konon katanya.

D
tisanndut - 04/03/2012 08:50 PM
#70

Quote:
Original Posted By cengeh
ijik mistis kamarmu ngakak

nohope: tekek wae di kei neng spring bad hammer:


psszzzt kuwi pengalaman mu nek kamar ku , ojok kok omongne D

Quote:
Original Posted By mantol.surontol

sep dah,,tak adang nang jogja army:


ho'oh,,,medeni kamara si gun tisan takuts


btw gun tisan jadi mampir ke jogja kagak ye?


iya gun ntar ane kabari kalo kesana D

Quote:
Original Posted By 4Leo
um um penerjemah please emot nangis................................


ntar terjemahan ane smz gun D

Quote:
Original Posted By kritinz
juragan pusaka akhire gawe trit D


ngakaks akuh bukan juragan pusaka gun D

Quote:
Original Posted By empeldhum


ting ting,,sue g duet,,:mewek
cendole ting....ngacir:


aku yow gelem gun malus

Quote:
Original Posted By kejangketek


prreeettt.... p

ngapusi tak dongake luntur kabeh ilmune ngakaks


owww tidak bisaa , aku gak duwe ilmu luntur ko endi ??? Peace:
hateisworthless - 04/03/2012 08:51 PM
#71
selingan aka intermezzo yaw
geno tambah semangat dulur D

[youtube]vuVATU-0bCI[/youtube]
[COLOR="DarkRed"]
Abang wani, cemeng mati
kadung hing wanen yo matio baen dulur

Blambangan Jenggirat Tangi

:2thumbup[/COLOR]
tisanndut - 04/03/2012 08:53 PM
#72

Quote:
Original Posted By hateisworthless


iya saya pernah dengar
konon beliau awal bertapanya pada masa akhir Majapahit. t
api itu konon katanya.

D


iya mbah mod , tp msh bisa liat kok kalo ke alas purwo batu'a masih ada.

ntar ane ceritain ganti pengalaman ane di alas purwo mod, entah knp hari ini pikiran ku blank hammers
tisanndut - 04/03/2012 09:02 PM
#73

Quote:
Original Posted By hateisworthless
Ya itulah kesan saya sewaktu pertama kali kesana...

alkisah akhir 80an, dimasa liburan sekolah panjang waktu saya masih bersekolah di SD Penganjuran 2, kecamatan Banyuwangi.
Saya pergi ke rumah kakek saya yang berada di desa Bubuk, kecamatan Rogojampi.

Setelah sesampainya dirumah Kakek, saya diajak pergi ke alas purwo ini tentunya keadaan jalan masuk dan fasilitas waktu itu jauh lebih buruk dari sekarang yang jalan masukknya sudah beraspal.

Untuk beberapa hari satu2 dari goa2 yang ada di alas purwo tsb kami kunjungi, sampai disuatu goa yang saya tidak ingat namanya,
saya ditinggal oleh kakek saya dan berpesan beliau akan pergi dan akan menjemput saya lagi beberapa hari lagi.

Perasaan saya pada waktu itu hanya berpasrah saja, mengingat selama ini kakek saya tsb sangat dekat dan tentu saja tidak akan mencelakakan saya. Entah apa saja yang terjadi hari2 saya selama saya disana tentu bisa jadi drama sinetron kalo diceritakan dithread ini, namun pada suatu hari kakek saya datang menjemput dan kami pun balik ke Banyuwangi. Yang ternyata masa sekolah kurang 2 hari lagi berakhir, jadi kira2 4 minggu kurang sedikit saya berada di alas tsb dan 3mingguan saya ditinggal sendiri disalah satu goa di alas purwo tsb.

Sungguh pengalaman yang mengasyikan dan menyenangkan Peace:


sungguh pengalaman yg menarik gun mod D
kalo ke alas purwo jangan lupa mampir sejenak di pura kawitan, disana ada pemangku yg bisa di ajak sharing tentang suatu keadaan di alas purwo.
pertanyaan yg sering di ucapkan oleh pemangku itu adalah gmn perasaan atau hati km saat berada di alas purwo ???
kebanyakan semua orang jawaban'a sama saat berada di alas purwo hati jd tenang ayem semua masalah kayak tiada D
hateisworthless - 04/03/2012 09:06 PM
#74

Quote:
Original Posted By tisanndut
iya mbah mod , tp msh bisa liat kok kalo ke alas purwo batu'a masih ada.

ntar ane ceritain ganti pengalaman ane di alas purwo mod, entah knp hari ini pikiran ku blank hammers


ngrungokno kendang kempul
sulung kadung gedigu lek

ngakak

[youtube]giQ4vxGaERU[/youtube]
jande - 04/03/2012 09:06 PM
#75

ane telat deh kunjungi treet mbah sesepuh \(
:selamat yah..warjok emang mantep dah..banyak inspirasi D
Peace:
:selamat ya mbah tisandut :selamat
tisanndut - 04/03/2012 09:10 PM
#76

Quote:
Original Posted By hateisworthless


ngrungokno kendang kempul
sulung kadung gedigu lek

ngakak

[youtube]giQ4vxGaERU[/youtube]


mantebzz kang kendang kempol ngakaks
mungkin ini bisa di jadikan utk wisata spiritual bersama utk menjalin silaturahmi yg di adakan di alas purwo kang.
kpn dan bisa'a ntar di kabarkan aja gmn ???

Quote:
Original Posted By jande
ane telat deh kunjungi treet mbah sesepuh \(
:selamat yah..warjok emang mantep dah..banyak inspirasi D
Peace:
:selamat ya mbah tisandut :selamat


ngakaks iyok kang warjok mank mantebzz
ini jg atas dukungan momod bikin trit ini D
jande - 04/03/2012 09:13 PM
#77

Quote:
Original Posted By tisanndut


mantebzz kang kendang kempol ngakaks
mungkin ini bisa di jadikan utk wisata spiritual bersama utk menjalin silaturahmi yg di adakan di alas purwo kang.
kpn dan bisa'a ntar di kabarkan aja gmn ???



ngakaks iyok kang warjok mank mantebzz
ini jg atas dukungan momod bikin trit ini D


karena momod yang saranin..
minta cendol satu balok sama momod mbahe ngakaks
Peace: mbah mod D
............................ ngacir:
janusandi - 04/03/2012 09:17 PM
#78

Quote:
Original Posted By hateisworthless
geno tambah semangat dulur D

[youtube]vuVATU-0bCI[/youtube]
[COLOR="DarkRed"]
Abang wani, cemeng mati
kadung hing wanen yo matio baen dulur

Blambangan Jenggirat Tangi

:2thumbup[/COLOR]


byek emang bener kau semboyane Larosbeer:
tisanndut - 04/03/2012 09:18 PM
#79

mungkin orang bingung apa yg ane maksud dengan ghoib disana, itu adalah makhluk ghoib yg berada di alas purwo.
jika ingin semedi/ritual disana sebaik'a ijin dulu di goa istana pak karno.

dan kalo mau semedi liat apa ghoib'a ada di goa yg akan buat semedi, karena percuma jika km semedi disana ghoib'a gak berada disana.

hateisworthless - 04/03/2012 09:20 PM
#80

Quote:
Original Posted By tisanndut
mantebzz kang kendang kempol ngakaks
mungkin ini bisa di jadikan utk wisata spiritual bersama utk menjalin silaturahmi yg di adakan di alas purwo kang.
kpn dan bisa'a ntar di kabarkan aja gmn ???



ngakaks iyok kang warjok mank mantebzz
ini jg atas dukungan momod bikin trit ini D


Untuk teman2 Forsup Besuki, Jember dan Bali
mungkin bisa dikoordinasikan, karena wilayahnya gak terlalu jauh.
Tapi karena transportasi dan akomodasi yang butuh persiapan matang
nampaknya sulit diwujudkan. Kecuali dalam kelompok2 kecil karena lebih mudah utk koordinasinya. Diusulkan aja ke Forsup2 regional tsb lek.

referensi lain mengenai alas purwo:

[code]http://banyuwangi.wisatanesia.com/2010/11/taman-nasional-alas-purwo.html[/code]
[code]http://disbudpar.jatimprov.go.id/wisata/75-tofan-ardi.html[/code]
[code]http://tnalaspurwo.org/[/code]
[code]http://www.dephut.go.id/index.php?q=id/node/3218[/code]
Page 4 of 20 |  < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 >  Last ›
Home > LOEKELOE > SUPRANATURAL > ۞★ஜ๑~ Kemistisan/Kekeramatan di Alas Purwo, Banyuwangi, Jawa Timur ~๑ஜ★۞