Budaya
Home > LOEKELOE > SUPRANATURAL > Budaya > Mengupas karakter pawayangan "Bima"
Total Views: 5221
Page 5 of 8 |  < 1 2 3 4 5 6 7 8 > 

AndreasWardhana - 28/03/2012 11:05 PM
#81

Quote:
Original Posted By GCIDPrinceJr
yang ngalahin bima siapa ya kalo di ceritanya ?


Di Cerita Perang Baratayuda? Tidak ada yang mengalahkan Bima mbah. Kan sudah diatur Bahwa ksatria vs ksatria, pendeta vs pendeta, senopati vs senopati. DalamPerang Baratayudha itu senopati dari pihak pandaaw yang pertama adalah Drestadjumna, kemudian digantikan oleh arjuna. Padahal Arjuna saja tidak terkalahkan, Jadi Bima bukan Senopati dan tidak berhak melawan Senopati. Jadi Bima tidak melawan lawan yang setara kemampuannya. Musuh terberat dari Bima yaitu Duryudana dan Bima menang, karena walaupun bukan senopati tapi sudah digariskan bahwa yang menumpas angkaramurka sampai titik penghabisan Bima bukan Arjuna. Dan lagi sebenarnya Baratayudha itu kan arena untuk menebus karma, sedangkan Pandawa yang dijadikan tokoh Utama dianggap tidak mempunyai karma jahat. Jadi ya Pandawa termasuk Bima kalahnya adalah pada takdirnya sendiri yang paling mendasar yaitu pulang ke sang pencipta, bukan kalah melalui perang tapi "muksa" alias jiwa raga lenyap kembali ke sang pencipta tanpa ada sebabnya.
buhitoz - 29/03/2012 12:15 AM
#82

Quote:
Original Posted By panposcraze
sepertinya makna tritnya udah bergeses... hehehe

atao emang ane salah ngasih judul trit kli ya..

yang pengen ane maksud dari mengupas karakter ini adalah mengupas makna yang ter sirat gan bukan seluk beluk dan cerita bima versi aslinya ato versi pawayangan

salam


ha ha ha
yang baca ini banyak
tentu saja dengan pendapatnya masing-masing
susah kalo mau tetep ada dalam rel yang agan inginkan
biarin aja mau jadi kayak apa ntar obrolannya

sosok bima ini memang sudah banyak dibahas dengan semua
makna yang tersiratnya
dalam trit-trit tentang wayang di forum ini

"mengupas makna yang ter sirat gan bukan seluk beluk dan cerita bima versi aslinya ato versi pawayangan"

agak bingung nih, gan
bima versi asli yang mana?
versi pewayangan yang mana?

Lantas makna yang tersirat dari versi apa yang agan inginkan?

eniwey
lanjuuuuut, gan
AndreasWardhana - 29/03/2012 09:25 AM
#83

Quote:
Original Posted By buhitoz
ha ha ha
yang baca ini banyak
tentu saja dengan pendapatnya masing-masing
susah kalo mau tetep ada dalam rel yang agan inginkan
biarin aja mau jadi kayak apa ntar obrolannya

sosok bima ini memang sudah banyak dibahas dengan semua
makna yang tersiratnya
dalam trit-trit tentang wayang di forum ini

"mengupas makna yang ter sirat gan bukan seluk beluk dan cerita bima versi aslinya ato versi pawayangan"

agak bingung nih, gan
bima versi asli yang mana?
versi pewayangan yang mana?

Lantas makna yang tersirat dari versi apa yang agan inginkan?

eniwey
lanjuuuuut, gan


sebenarnya kalau menurut saya sama saja mbah mau dilihat dari versi mana sifatnya / wataknya bima, karena Bima itu tokoh asli dari India yang tidak banyak dirubah sifatnya
panposcraze - 29/03/2012 09:35 AM
#84

Quote:
Original Posted By buhitoz


ha ha ha
yang baca ini banyak
tentu saja dengan pendapatnya masing-masing
susah kalo mau tetep ada dalam rel yang agan inginkan
biarin aja mau jadi kayak apa ntar obrolannya

sosok bima ini memang sudah banyak dibahas dengan semua
makna yang tersiratnya
dalam trit-trit tentang wayang di forum ini

"mengupas makna yang ter sirat gan bukan seluk beluk dan cerita bima versi aslinya ato versi pawayangan"

agak bingung nih, gan
bima versi asli yang mana?
versi pewayangan yang mana?

Lantas makna yang tersirat dari versi apa yang agan inginkan?

eniwey
lanjuuuuut, gan


mungkin ini akan membantu...

bukan masalah versi yang ane harapkan gan.

makanya ane merasa kok pada gak baca isi trit nya... :matabelo :matabelo

harapan ane sih yu sama sama kita mengambil hikmah dari seorang karakter BIMA

apa sih yang agan agan dapet dari karakter bima yang bisa di terapkan di kehidupan sehari hari..

atau lebih jauh apa sih pesan yang di sampaikan penulis atau dalang dengan menggambarkan bima

dan bukan hanya bima, ane sangat, berharap dan mendambakan untuk mengupas lebih banyak karakter lainnya.

ane yakin klo agan-agan baca ngerti kok maksud yang ingin ane sampaikan



AndreasWardhana - 29/03/2012 09:42 AM
#85

Quote:
Original Posted By panposcraze
mungkin ini akan membantu...

bukan masalah versi yang ane harapkan gan.

makanya ane merasa kok pada gak baca isi trit nya... :matabelo :matabelo

harapan ane sih yu sama sama kita mengambil hikmah dari seorang karakter BIMA

apa sih yang agan agan dapet dari karakter bima yang bisa di terapkan di kehidupan sehari hari..

atau lebih jauh apa sih pesan yang di sampaikan penulis atau dalang dengan menggambarkan bima

dan bukan hanya bima, ane sangat, berharap dan mendambakan untuk mengupas lebih banyak karakter lainnya.

ane yakin klo agan-agan baca ngerti kok maksud yang ingin ane sampaikan


mungkin sebenarnya para sesepuh juga sudah paham maksudnya simbah, tapi jaman sekarang ini kan pemikiran manusia sudah semakin kritis. Jika kita memberi tahu langsung ke karakter bima tanpa memberi tau asal muasal karakter itu, lalu dalam bagian apa karakter itu muncul, lalu kenapa bima bisa digambarkan memiliki karakter tersebut, maka akan sedikit susah dimengerti apalagi untuk yang baru belajar budaya wayang. Dengan kita mengetahui jalan cerita bima secara otomatis kita dapat menafsirkan sendiri tentang karakter bima itu mbah. bukan hanya karakternya, tapi kehidupan sehari hari bima yang diceritakan dalam suatu lakon wayang pun banyak yang bisa kita terapkan dalam kehidupan kita
panposcraze - 29/03/2012 09:57 AM
#86

Quote:
Original Posted By AndreasWardhana


mungkin sebenarnya para sesepuh juga sudah paham maksudnya simbah, tapi jaman sekarang ini kan pemikiran manusia sudah semakin kritis. Jika kita memberi tahu langsung ke karakter bima tanpa memberi tau asal muasal karakter itu, lalu dalam bagian apa karakter itu muncul, lalu kenapa bima bisa digambarkan memiliki karakter tersebut, maka akan sedikit susah dimengerti apalagi untuk yang baru belajar budaya wayang. Dengan kita mengetahui jalan cerita bima secara otomatis kita dapat menafsirkan sendiri tentang karakter bima itu mbah. bukan hanya karakternya, tapi kehidupan sehari hari bima yang diceritakan dalam suatu lakon wayang pun banyak yang bisa kita terapkan dalam kehidupan kita


apakah akan cukup untuk membahan dari awa.

ane rasa banyak kok sumber untuk mengenal BIMA dari jalan cerita dan asal usul.

ini salah satunya klik

dan ane rasa banyak lagi

suatu trit gak bisa jadi one stop information.. malah jadi informasi yang di sampaikan hambar karena ter pecah kemana mana
termasuk komen komen yang ane buat sekarang ini.

mungkin (hanya asumsi ane) hal seperti ini yang akan mengikis semangat menulis dan semangat menyampaikan informasi

salam

GCIDPrinceJr - 29/03/2012 11:07 AM
#87

nah loh....sekarang malah ada trit khusus Bima..
asik juga sih...tapi Kaskusnya jadi g asik ni

myumet ndaskuuuu.....
panposcraze - 29/03/2012 12:33 PM
#88

Quote:
Original Posted By GCIDPrinceJr
nah loh....sekarang malah ada trit khusus Bima..
asik juga sih...tapi Kaskusnya jadi g asik ni

myumet ndaskuuuu.....


balaprabu - 29/03/2012 02:00 PM
#89

santai aja gan, setiap orang punya pemaknaan sendiri akan sifat bima. jd ga bisa begitu saja disamakan satu dengan lainnya. jd ga perlu disamakan persepsi yg ada. mending mengalir saja. obrolan biar saja terjadi. tanpa obrolan hanya akan ada komentar seperti "bagus gan, mantab gan, teruskan gan" apa itu yg diharapkan oleh ts?

atau tread ini jd semarak dengan diskusi mengenai bima dr segala sisi?. karena jelas beda pemahaman berbagai versi. paling mudah adalah pemahaman mengenai pusaka bima. di awal saya lihat mau dijabarkan dua pusaka bima. yg bahasanya dr versi sunda. padahal ada juga pemahaman dr versi jawa. dengan nama yg berbeda beda. nah apakah ini bisa ditemukan?jika tanpa adanya obrolan mengenai siapa bima itu aslinya.

lalu komentar agan sendiri yg menyatakan bahwa bima itu mudah terprovokasi. ada benarnya karena bima sering ngamuk dan marah, apalagi jika di bisiki drona. tp ada sisi sisi lainnya juga. misal ngamuknya bima lebih karena bima sangat menghormati gurunya. ketika sudah diredam oleh kakaknya yaitu yudistira biasanya bima akan diam, ini juga bukti bima sangat patuh dengan kakaknya. pertanyaannya hal ini ikut diungkap juga atau tidak?. atau cuma berhenti pada anggapan bahwa bima mudah terprovokasi, titik?

kalo cuma karakter bima disini banyak yg paham, cuma mereka menyampaikan dengan cara mereka sendiri. coba agan telaah dr depan. apa yg dibahas oleh rekan rekan mengenai sejarah dan juga versi versi yg diungkapkan?apa maknanya anaknya bima ada 3, 4 atau 5?. apa maknanya poleng?apa maknanya istri istri bima?.

terahir adalah, tread budaya itu biasanya sepi, jd kalo ada temen temen mampir biarkan saja. apa lagi mereka masuk untuk membahas hal yg sama. tidak oot, kalo agan mempermasalahkan cara pembahasan dll, dan menolak kehadiran teman teman disini ya siap siap saja tread ini sepi.
panposcraze - 29/03/2012 03:15 PM
#90

Quote:
Original Posted By balaprabu
santai aja gan, setiap orang punya pemaknaan sendiri akan sifat bima. jd ga bisa begitu saja disamakan satu dengan lainnya. jd ga perlu disamakan persepsi yg ada. mending mengalir saja. obrolan biar saja terjadi. tanpa obrolan hanya akan ada komentar seperti "bagus gan, mantab gan, teruskan gan" apa itu yg diharapkan oleh ts?

atau tread ini jd semarak dengan diskusi mengenai bima dr segala sisi?. karena jelas beda pemahaman berbagai versi. paling mudah adalah pemahaman mengenai pusaka bima. di awal saya lihat mau dijabarkan dua pusaka bima. yg bahasanya dr versi sunda. padahal ada juga pemahaman dr versi jawa. dengan nama yg berbeda beda. nah apakah ini bisa ditemukan?jika tanpa adanya obrolan mengenai siapa bima itu aslinya.

lalu komentar agan sendiri yg menyatakan bahwa bima itu mudah terprovokasi. ada benarnya karena bima sering ngamuk dan marah, apalagi jika di bisiki drona. tp ada sisi sisi lainnya juga. misal ngamuknya bima lebih karena bima sangat menghormati gurunya. ketika sudah diredam oleh kakaknya yaitu yudistira biasanya bima akan diam, ini juga bukti bima sangat patuh dengan kakaknya. pertanyaannya hal ini ikut diungkap juga atau tidak?. atau cuma berhenti pada anggapan bahwa bima mudah terprovokasi, titik?

kalo cuma karakter bima disini banyak yg paham, cuma mereka menyampaikan dengan cara mereka sendiri. coba agan telaah dr depan. apa yg dibahas oleh rekan rekan mengenai sejarah dan juga versi versi yg diungkapkan?apa maknanya anaknya bima ada 3, 4 atau 5?. apa maknanya poleng?apa maknanya istri istri bima?.

terahir adalah, tread budaya itu biasanya sepi, jd kalo ada temen temen mampir biarkan saja. apa lagi mereka masuk untuk membahas hal yg sama. tidak oot, kalo agan mempermasalahkan cara pembahasan dll, dan menolak kehadiran teman teman disini ya siap siap saja tread ini sepi.




siap gan

mungkin ane terlalu berharap akan adanya saling bertukar pikiran antara agan-agan..

siap-sap kita lanjutkan pembahasan dan biarkan mengalir..

klo begitu ane selaku TS minta maaf sebesar besarnya.

salam
balaprabu - 29/03/2012 10:16 PM
#91

Quote:
Original Posted By panposcraze




siap gan

mungkin ane terlalu berharap akan adanya saling bertukar pikiran antara agan-agan..

siap-sap kita lanjutkan pembahasan dan biarkan mengalir..

klo begitu ane selaku TS minta maaf sebesar besarnya.

salam


lanjut puh

saya berharap dibahas yang hakekat senjata bima dalam versi golek. karena saya jujur ga paham mengenai hal tersebut. kalo dibahas kan saya bisa belajar banyak puh....ditunggu ya pembahasannya
Digdadinaya - 30/03/2012 09:01 AM
#92

Quote:
Original Posted By panposcraze




siap gan

mungkin ane terlalu berharap akan adanya saling bertukar pikiran antara agan-agan..

siap-sap kita lanjutkan pembahasan dan biarkan mengalir..

klo begitu ane selaku TS minta maaf sebesar besarnya.

salam


bukannya kita lagi bertukar pikiran ya?
jadi bingung.....
gak ikutan aja deh,padahal asik....

Quote:
Original Posted By balaprabu


lanjut puh

saya berharap dibahas yang hakekat senjata bima dalam versi golek. karena saya jujur ga paham mengenai hal tersebut. kalo dibahas kan saya bisa belajar banyak puh....ditunggu ya pembahasannya


kalo masalah wayang golek nanti saya suruh Kang Agung buat mampir deh...
balaprabu - 30/03/2012 11:43 AM
#93

Quote:
Original Posted By Digdadinaya


bukannya kita lagi bertukar pikiran ya?
jadi bingung.....
gak ikutan aja deh,padahal asik....



kalo masalah wayang golek nanti saya suruh Kang Agung buat mampir deh...


mungkin beda cara aja mbah, mbah ts minta kita bisa menanggapi dan coment serta tanya ajwab mengenai tulisan beliau. sementara kita membicarakan banyak hal lainnya. sehingga terkesan tidak bertukar pikiran. padahal justru tidak kita coment karena kita sebenernya cocok dengan tulisan beliau dan mengembangkan pembicaraan ke sisi sisi lain karakter bima.

jangan pergi mbah, ntar sepi disini. :army
Digdadinaya - 01/04/2012 06:28 PM
#94

Quote:
Original Posted By balaprabu


mungkin beda cara aja mbah, mbah ts minta kita bisa menanggapi dan coment serta tanya ajwab mengenai tulisan beliau. sementara kita membicarakan banyak hal lainnya. sehingga terkesan tidak bertukar pikiran. padahal justru tidak kita coment karena kita sebenernya cocok dengan tulisan beliau dan mengembangkan pembicaraan ke sisi sisi lain karakter bima.

jangan pergi mbah, ntar sepi disini. :army


mampir ah....
sebenernya trit ini bagus lho...maksud n tujuan TS juga bagus.
tapi ya itu...pelan2.page awal pasti belom seru,trit2 wayang lain baru seru n kena intinya ktika sudah mencapai page ratusan.

@TS,jangan lupa sisi lain dari Bima adalah sangat romantis pada istri2nya...walaupun diungkapkan dengan cara yang "tidak lumrah"
balaprabu - 01/04/2012 09:47 PM
#95

Quote:
Original Posted By Digdadinaya


mampir ah....
sebenernya trit ini bagus lho...maksud n tujuan TS juga bagus.
tapi ya itu...pelan2.page awal pasti belom seru,trit2 wayang lain baru seru n kena intinya ktika sudah mencapai page ratusan.

@TS,jangan lupa sisi lain dari Bima adalah sangat romantis pada istri2nya...walaupun diungkapkan dengan cara yang "tidak lumrah"


masalahnya istrinya ya ga lumrah juga mbah, kaya arimbi itu raksasa, lalu nagagini ular, dan urang ayu itu ikan. saya ingat dulu ada tulisan bagus mengenai bima yg mengobat abitkan naga gini sampai ayahnya antaboga marah. tp ternyata naga gini suka sensasi di obat abitkan itu. serasa diawan kata nagagini. mungkin terasa sangat nikmat bagi sesosok ular untuk diuntang untingke. hal yg ga mungkin disukai wanita lumrah hahahahhaa

Digdadinaya - 03/04/2012 11:05 AM
#96

Quote:
Original Posted By balaprabu


masalahnya istrinya ya ga lumrah juga mbah, kaya arimbi itu raksasa, lalu nagagini ular, dan urang ayu itu ikan. saya ingat dulu ada tulisan bagus mengenai bima yg mengobat abitkan naga gini sampai ayahnya antaboga marah. tp ternyata naga gini suka sensasi di obat abitkan itu. serasa diawan kata nagagini. mungkin terasa sangat nikmat bagi sesosok ular untuk diuntang untingke. hal yg ga mungkin disukai wanita lumrah hahahahhaa



berarti...sebenarnya Bima itu pengertian to dhe....
ilmu sangkan paraning dumadi bener2 di terapin....Nagagini kan sangkan paraning ulo.....

sampe sekarang saya masih bertanya2 tentang istri2nya...kenapa gak ada yang manusia biasa dan dari berbagai macam ras....

menurut njenengan ada maksudnya gak dhe?
mengingat yang di versi India istrinya yang saya tahu cuma Drupadi dan Arimbi.
balaprabu - 03/04/2012 11:54 AM
#97

Quote:
Original Posted By Digdadinaya


berarti...sebenarnya Bima itu pengertian to dhe....
ilmu sangkan paraning dumadi bener2 di terapin....Nagagini kan sangkan paraning ulo.....

sampe sekarang saya masih bertanya2 tentang istri2nya...kenapa gak ada yang manusia biasa dan dari berbagai macam ras....

menurut njenengan ada maksudnya gak dhe?
mengingat yang di versi India istrinya yang saya tahu cuma Drupadi dan Arimbi.


lambang kekuatan mungkin mbah, kalo secara filosofinya sih kalo suaminya kuat luar biasa maka istrinya juga harus memiliki kemampuan yang sama agar bisa menerima "benih" dari sang suami. ada sebuah kisah salah satu pangeran dr salah satu pulau sangat kuat dlm bercinta, semalaman penuh sampai pagi. sayangnya istrinya ga ada yg mampu menjadi wadah. ahirnya beliau katanya tak memiliki keturunan. saya rasa bima sangat diidentikan dengan kekuatan, kalo wanita biasa dianggap ga akan mampu menjadi tempat benihnya bima. maka harus wanita yg memiliki kekuatan. karena itu munculah arimbi dr bangsa raksasa, nagagini dr bangsa naga, dan urang ayu dari bangsa samudra. ada juga kemungkinan berkaitan simbolisasi 3 nafsu yg dikalahkan, dll.
Digdadinaya - 03/04/2012 12:39 PM
#98

Quote:
Original Posted By balaprabu


lambang kekuatan mungkin mbah, kalo secara filosofinya sih kalo suaminya kuat luar biasa maka istrinya juga harus memiliki kemampuan yang sama agar bisa menerima "benih" dari sang suami. ada sebuah kisah salah satu pangeran dr salah satu pulau sangat kuat dlm bercinta, semalaman penuh sampai pagi. sayangnya istrinya ga ada yg mampu menjadi wadah. ahirnya beliau katanya tak memiliki keturunan. saya rasa bima sangat diidentikan dengan kekuatan, kalo wanita biasa dianggap ga akan mampu menjadi tempat benihnya bima. maka harus wanita yg memiliki kekuatan. karena itu munculah arimbi dr bangsa raksasa, nagagini dr bangsa naga, dan urang ayu dari bangsa samudra. ada juga kemungkinan berkaitan simbolisasi 3 nafsu yg dikalahkan, dll.


mungkin juga dhe...perlambang dari Udara, laut dan tanah.

aku wedi nek ngomong kadohan ewk..ngko ndak diarani OOT.
fina.chan - 03/04/2012 12:51 PM
#99

Bagus banget gan filosofonya,

mewakili masyarakat banget

:2thumbup :2thumbup
:rate5
antasena_kekota - 03/04/2012 01:05 PM
#100

Quote:
Original Posted By Digdadinaya


berarti...sebenarnya Bima itu pengertian to dhe....
ilmu sangkan paraning dumadi bener2 di terapin....Nagagini kan sangkan paraning ulo.....

sampe sekarang saya masih bertanya2 tentang istri2nya...kenapa gak ada yang manusia biasa dan dari berbagai macam ras....

menurut njenengan ada maksudnya gak dhe?
mengingat yang di versi India istrinya yang saya tahu cuma Drupadi dan Arimbi.


jadi inget waktu lakon wahyu makutha rama, werkudara njotos gatutkaca & antareja. lalu kedua anaknya berkata, "apa salah kami?" dan dijawab oleh werkudara, "jangan salah sangka, beginilah cara werkudara menimang anak lelakinya". lalu gatutkaca berkata, "silahkan dijotos lagi". mungkin karena saking lurusnya dan werkudara harus diakui bukan tipikal ayah yg merawat anaknya secara langsung sewaktu mereka masih kecil.

selain itu berulang kali antasena dan para patih jodipati berkata bahwa werkudara memang sosok yg sangat pendiam. dan raut mukanya memang njegadhul (apa ya bahasa indonesianya?) terus. padahal sebenarnya mungkin suasana hatinya lagi gembira. apalagi kalo ada masalah tambah menakutkan raut mukanya.

Quote:
Original Posted By balaprabu


lambang kekuatan mungkin mbah, kalo secara filosofinya sih kalo suaminya kuat luar biasa maka istrinya juga harus memiliki kemampuan yang sama agar bisa menerima "benih" dari sang suami. ada sebuah kisah salah satu pangeran dr salah satu pulau sangat kuat dlm bercinta, semalaman penuh sampai pagi. sayangnya istrinya ga ada yg mampu menjadi wadah. ahirnya beliau katanya tak memiliki keturunan. saya rasa bima sangat diidentikan dengan kekuatan, kalo wanita biasa dianggap ga akan mampu menjadi tempat benihnya bima. maka harus wanita yg memiliki kekuatan. karena itu munculah arimbi dr bangsa raksasa, nagagini dr bangsa naga, dan urang ayu dari bangsa samudra. ada juga kemungkinan berkaitan simbolisasi 3 nafsu yg dikalahkan, dll.


soalnya yg momong dia kan batara bayu dan bayu (angin) adalah lambang kekuatan. pemikiran yg bagus dan masuk akal, mbah. mungkin karena dia tidak memilih-milih pasangan hidup, lalu dewata pun malah menghadiahi werkudara dgn wanita-wanita perkasa tersebut.

Quote:
Original Posted By Digdadinaya


mungkin juga dhe...perlambang dari Udara, laut dan tanah.

aku wedi nek ngomong kadohan ewk..ngko ndak diarani OOT.


tambahin api (pancasena) terlihat dari motif celananya. kurang unsur logam nih
Page 5 of 8 |  < 1 2 3 4 5 6 7 8 > 
Home > LOEKELOE > SUPRANATURAL > Budaya > Mengupas karakter pawayangan "Bima"