MELEK HUKUM new
Home > CASCISCUS > MELEK HUKUM new > [Ask} Mohon Info Tentang Bea Cukai Kiriman Pos Dari Luar Negri
Total Views: 1650
Page 1 of 3 |  1 2 3 > 

treblakulonuwun - 09/03/2012 11:33 PM
#1
[Ask} Mohon Info Tentang Bea Cukai Kiriman Pos Dari Luar Negri
Misi agan2 sekalian..sori kalo ane salah kamar..coz ane ga tau kudu nanya dimana?
Jadi gini ceritanya gan...cewek ane dapet kiriman dari nyokapnya di Amrik pakaian,tas,sepatu,dsb..
Dikirimlah melalui pos,ditunggu2 satu minggu lebih ga nyampe2..bahkan sudah ditracking segala macem..padahal kirimannya adalah yg express.
Singkat cerita tadi cewek ane ditelpon pihak kantor pos bahwa kiriman sudah sampai, tapi harus diambil sendiri dan tdk dapat diantar karena dikenai tarif bea cukai atau apa lah...dan yang mengejutkan tarifnya mencapai 2,4jt rupiah gan..cewek ane otomatis bingung..ane jg bingung jg..coz ga pernah kirim gini2an..
Padahal beberapa bulan sebelumnya nyokap cewek ane itu jg pernah kirim paket ke tempat kakak nya cewek ane yg di jogja ga masalah gan..kenapa pas ngirim di jakarta masalah ya?
Mohon info dan bantuannya ya agan2..coz ane buta yg beginian..
Terimakasih sebelumnya
anakuper - 10/03/2012 04:29 AM
#2

barang anda dianggap barang impor,

biasalah oknum bea cukai mau meras, tarif pajak impor sekitar 10-30% , makin mewah makin besar. Kalo begitu dinilai pakaian dll nilainya 10juta gan... ntar org cukai minta nego... namanya indonesah ya pada minta setoran...
treblakulonuwun - 10/03/2012 08:14 AM
#3

masalahnya ane disuruh ambilnya di kantor pos daan mogot gan..sebelum ambil suruh bayar pajak bea cukai nya dulu yg katanya udah ditalangin sama pihak kantor pos...
oke lah dianggap barang impor..tapi masa nominal nya sampe 2juta lebih :mewek
SuspectNumber7 - 10/03/2012 09:59 AM
#4

Quote:
Original Posted By treblakulonuwun
masalahnya ane disuruh ambilnya di kantor pos daan mogot gan..sebelum ambil suruh bayar pajak bea cukai nya dulu yg katanya udah ditalangin sama pihak kantor pos...
oke lah dianggap barang impor..tapi masa nominal nya sampe 2juta lebih :mewek


Berarti barang kiriman TS melebihi nominal FOB USD 50 (yang dikenakan pembebasan bea masuk).

Sekarang barang kiriman tersebut terdiri dari beberapa jenis, bisa yang ada di bawah USD 50, bisa ada yang diatas USD 50. Yang dikenakan berarti barang yang diperkirakan diatas USD 50.

Bagaimana Bea Cukai bisa memperkirakan jika barang tersebut bernilai diatas USD 50 walaupun tidak ada lampiran invoice pembelian?
-Bea Cukai mempunyai database harga sebagai pembanding yang digunakan untuk menentukan harga barang kiriman tersebut.

Setelah harga ditentukan diatas USD 50 baru ditentukan tarif Bea Masuknya untuk setiap barang yang ada dalam kiriman tersebut (atau bisa dilihat dalam BTBMI)

Baru dihitung nilai CIFnya (barang tersebut dihitung termasuk dengan biaya kirim + asuransi).

Misal harga satu sepatu USD 60. Berarti nilai CIFnya:
-Biaya kirim: untuk barang dari US berarti dikenakan 15% dari nilai FOB USD 60. Perhitungannya: 60X15%=9.
Berarti biaya kirim = USD 9

-Untuk biaya asuransi jika tidak ada polis asuransinya berarti ditetapkan 0.5% dari nilai C&F.

-Jadi kira2 nilai CIF misalnya: USD70.

-Kemudian dikali kurs yang berlaku (misalnya USD 1=Rp9000,00), berarti USD 70X 9000=Rp.630.000,00

-Misal Tarif Bea Masuk sepatu =15%, berarti Bea masuknya dihitung: 630.000X15%=Rp 94.000,-

-Kemudian dihitung PPN: 10%X(630.000+94.000)=Rp.72.400.

-Kemudian dihitung PPhnya (kalau jasa kiriman biasanya 7,5%), berarti:7,5%X(630.000+94.000)=Rp. 54.300,-

Berarti pajak perhitungan bea masuk yang harus dibayar untuk satu pasang sepatu bernilai USD60 yaitu {94.000+72.400+54.300)=Rp.220.700.

Untuk lebih jelasnya dan bisa dipertanggungjawabkan oleh kantor pos, minta dasar perhitungannya yang dilakukan bea dan cukai untuk setiap item dalam barang kiriman tersebut yang dikenakan bea masuk.
treblakulonuwun - 10/03/2012 04:18 PM
#5

woooooowwww...super skali gan penjelasannya..
tapi setelah kita cek tadi gan ternyata ada perbedaan pada bukti kirimnya..
sepertinya bea cukai main2 nih..
di data berat dan perkiraan harga barang masa dinaikin..
I3imbimbie - 11/03/2012 08:43 AM
#6

Quote:
Original Posted By treblakulonuwun
masalahnya ane disuruh ambilnya di kantor pos daan mogot gan..sebelum ambil suruh bayar pajak bea cukai nya dulu yg katanya udah ditalangin sama pihak kantor pos...
oke lah dianggap barang impor..tapi masa nominal nya sampe 2juta lebih :mewek



gakk ada gan yg namanya ditalangin dulu ama kantor pos.

kantor pos gak tau apa2 tentang pajak ini, mereka cuma dititipi menagih, dan kalo bayar pun ke kas negara (bisa di kantot pos ato bank)

datangin kantor pos, nanti kita bisa liat itungannya si bea cukai/BC. sebenarnya sistem BC indo tidak membedakan itu barang gift atau komersil atao bukan. kalo mau ribet bisa ngurus keberatan ke bea cukai sih.

kalo gakk percaya ama declared value di bungkusnya, biasanya BC bongkar bungkusan, siapa tau invoice lain di dalam, atao bisa naksir sendiri harganya kalo gakk ada invoice yg bisa dipercaya.

yg gak bayar pungutan jika CIF( harga asuransi & ongkir) kurang dari 50USD, selebihnya selisihnya sebagai dasar itungan. komponen yg mesti dibayar: ada bea masuk, PPN, PPH, dan atau PPNBM.... banyak kan emang!!!!

kalo liat tagihannya yg 2 jtan, maka perkiraan nilai CIF sekitar USD600 lebih dikit deh.. u/ pos epress, onkir aja gakk kurang dari USD40.
seventx - 11/03/2012 09:57 AM
#7

wah nyimak yg diatas, dapet ilmu baru nih
cholchol - 12/03/2012 10:35 AM
#8

Quote:
Original Posted By SuspectNumber7
Berarti barang kiriman TS melebihi nominal FOB USD 50 (yang dikenakan pembebasan bea masuk).

Sekarang barang kiriman tersebut terdiri dari beberapa jenis, bisa yang ada di bawah USD 50, bisa ada yang diatas USD 50. Yang dikenakan berarti barang yang diperkirakan diatas USD 50.

Bagaimana Bea Cukai bisa memperkirakan jika barang tersebut bernilai diatas USD 50 walaupun tidak ada lampiran invoice pembelian?
-Bea Cukai mempunyai database harga sebagai pembanding yang digunakan untuk menentukan harga barang kiriman tersebut.

Setelah harga ditentukan diatas USD 50 baru ditentukan tarif Bea Masuknya untuk setiap barang yang ada dalam kiriman tersebut (atau bisa dilihat dalam BTBMI)

Baru dihitung nilai CIFnya (barang tersebut dihitung termasuk dengan biaya kirim + asuransi).

Misal harga satu sepatu USD 60. Berarti nilai CIFnya:
-Biaya kirim: untuk barang dari US berarti dikenakan 15% dari nilai FOB USD 60. Perhitungannya: 60X15%=9.
Berarti biaya kirim = USD 9

-Untuk biaya asuransi jika tidak ada polis asuransinya berarti ditetapkan 0.5% dari nilai C&F.

-Jadi kira2 nilai CIF misalnya: USD70.

-Kemudian dikali kurs yang berlaku (misalnya USD 1=Rp9000,00), berarti USD 70X 9000=Rp.630.000,00

-Misal Tarif Bea Masuk sepatu =15%, berarti Bea masuknya dihitung: 630.000X15%=Rp 94.000,-

-Kemudian dihitung PPN: 10%X(630.000+94.000)=Rp.72.400.

-Kemudian dihitung PPhnya (kalau jasa kiriman biasanya 7,5%), berarti:7,5%X(630.000+94.000)=Rp. 54.300,-

Berarti pajak perhitungan bea masuk yang harus dibayar untuk satu pasang sepatu bernilai USD60 yaitu {94.000+72.400+54.300)=Rp.220.700.

Untuk lebih jelasnya dan bisa dipertanggungjawabkan oleh kantor pos, minta dasar perhitungannya yang dilakukan bea dan cukai untuk setiap item dalam barang kiriman tersebut yang dikenakan bea masuk.


:matabelo
mantab gan
treblakulonuwun - 12/03/2012 09:27 PM
#9

Quote:
Original Posted By I3imbimbie
gakk ada gan yg namanya ditalangin dulu ama kantor pos.

kantor pos gak tau apa2 tentang pajak ini, mereka cuma dititipi menagih, dan kalo bayar pun ke kas negara (bisa di kantot pos ato bank)

datangin kantor pos, nanti kita bisa liat itungannya si bea cukai/BC. sebenarnya sistem BC indo tidak membedakan itu barang gift atau komersil atao bukan. kalo mau ribet bisa ngurus keberatan ke bea cukai sih.

kalo gakk percaya ama declared value di bungkusnya, biasanya BC bongkar bungkusan, siapa tau invoice lain di dalam, atao bisa naksir sendiri harganya kalo gakk ada invoice yg bisa dipercaya.

yg gak bayar pungutan jika CIF( harga asuransi & ongkir) kurang dari 50USD, selebihnya selisihnya sebagai dasar itungan. komponen yg mesti dibayar: ada bea masuk, PPN, PPH, dan atau PPNBM.... banyak kan emang!!!!

kalo liat tagihannya yg 2 jtan, maka perkiraan nilai CIF sekitar USD600 lebih dikit deh.. u/ pos epress, onkir aja gakk kurang dari USD40.


wooooooowww....terimakasih banyak gan...mantap bgt jawabanya..
tapi giman nih..ane pengen bgt komplain harga yg di mark up sama berat barangnya nih
discopotato86 - 13/03/2012 12:52 AM
#10

Quote:
Original Posted By SuspectNumber7


Berarti barang kiriman TS melebihi nominal FOB USD 50 (yang dikenakan pembebasan bea masuk).

Sekarang barang kiriman tersebut terdiri dari beberapa jenis, bisa yang ada di bawah USD 50, bisa ada yang diatas USD 50. Yang dikenakan berarti barang yang diperkirakan diatas USD 50.

Bagaimana Bea Cukai bisa memperkirakan jika barang tersebut bernilai diatas USD 50 walaupun tidak ada lampiran invoice pembelian?
-Bea Cukai mempunyai database harga sebagai pembanding yang digunakan untuk menentukan harga barang kiriman tersebut.

Setelah harga ditentukan diatas USD 50 baru ditentukan tarif Bea Masuknya untuk setiap barang yang ada dalam kiriman tersebut (atau bisa dilihat dalam BTBMI)

Baru dihitung nilai CIFnya (barang tersebut dihitung termasuk dengan biaya kirim + asuransi).

Misal harga satu sepatu USD 60. Berarti nilai CIFnya:
-Biaya kirim: untuk barang dari US berarti dikenakan 15% dari nilai FOB USD 60. Perhitungannya: 60X15%=9.
Berarti biaya kirim = USD 9

-Untuk biaya asuransi jika tidak ada polis asuransinya berarti ditetapkan 0.5% dari nilai C&F.

-Jadi kira2 nilai CIF misalnya: USD70.

-Kemudian dikali kurs yang berlaku (misalnya USD 1=Rp9000,00), berarti USD 70X 9000=Rp.630.000,00

-Misal Tarif Bea Masuk sepatu =15%, berarti Bea masuknya dihitung: 630.000X15%=Rp 94.000,-

-Kemudian dihitung PPN: 10%X(630.000+94.000)=Rp.72.400.

-Kemudian dihitung PPhnya (kalau jasa kiriman biasanya 7,5%), berarti:7,5%X(630.000+94.000)=Rp. 54.300,-

Berarti pajak perhitungan bea masuk yang harus dibayar untuk satu pasang sepatu bernilai USD60 yaitu {94.000+72.400+54.300)=Rp.220.700.

Untuk lebih jelasnya dan bisa dipertanggungjawabkan oleh kantor pos, minta dasar perhitungannya yang dilakukan bea dan cukai untuk setiap item dalam barang kiriman tersebut yang dikenakan bea masuk.


betul penjelasan agan diatas.....salut, smpe pakai ilustrasi detil pajak yg dibebankan....

ada ketentuan yg menyebutkan klo barang yg dinilai memiliki harga diatas USD 50 dikenakan pajak.....bea cukai bisa menaksir barang tsb karena dia pny semacam buku/ data yg berisi perkiraan nilai suatu barang dan itulah yg dijadikan dasar perhitungan besaran pajak yg dijatuhkan walopun paket tsb tidak disertakan invoice pembelian.....

klo pengalaman gw ttg paket dr luar negeri yaitu: apabila barang dikirim melalui pos, pada saat barang yg kena pajak sudah ready untuk dikirim/ diambil oleh penerima maka kantor pos via pak pos akan menghubungi melalui telp atw mengirimkan surat "panggilan" yg berisi besaran pajak + ongkos (7rb) packing yg dibebankan k penerima yg harus dibayarkan pada saat pengambilan d kantor pos yg dituju......setelah dpt surat tsb, penerima harus dtng lngsng k kantor pos tsb dengan membawa surat tsb dan menyetorkan biaya sesuai yg tercantum d surat panggilan td.....jangan kaget sewaktu anda lihat packing/ kemasan barang yg dikirimkan terlihat udh dibuka karena ini merupakan proses d BC untuk melihat dan menaksir isi paket tsb kemudian diisolasi plus stempel BC dan biaya packing (7rb) tsb yg merupakan penggantian atas isolasi dan stempel tsb......

lain halnya klo itu barang ga kena pajak, maka pak pos akan mengantarkan langsung k rumah tp dikenakan biaya 7rb untuk biaya packing ulang td,......

gw perkirakan itu barang yg dikirim lengkap dengan kemasan dan masih baru, lain cerita klo itu barang hanya berupa unit atau kemasan/ dus asli yg disamarkan.....
--------------------------------------------------------------
klo emng mau main akal2an pd saat mengambil d kantor pos langsung sebenarnya ada beberapa trik.....
samz013 - 22/03/2012 10:21 PM
#11

Quote:
Original Posted By discopotato86
betul penjelasan agan diatas.....salut, smpe pakai ilustrasi detil pajak yg dibebankan....

ada ketentuan yg menyebutkan klo barang yg dinilai memiliki harga diatas USD 50 dikenakan pajak.....bea cukai bisa menaksir barang tsb karena dia pny semacam buku/ data yg berisi perkiraan nilai suatu barang dan itulah yg dijadikan dasar perhitungan besaran pajak yg dijatuhkan walopun paket tsb tidak disertakan invoice pembelian.....

klo pengalaman gw ttg paket dr luar negeri yaitu: apabila barang dikirim melalui pos, pada saat barang yg kena pajak sudah ready untuk dikirim/ diambil oleh penerima maka kantor pos via pak pos akan menghubungi melalui telp atw mengirimkan surat "panggilan" yg berisi besaran pajak + ongkos (7rb) packing yg dibebankan k penerima yg harus dibayarkan pada saat pengambilan d kantor pos yg dituju......setelah dpt surat tsb, penerima harus dtng lngsng k kantor pos tsb dengan membawa surat tsb dan menyetorkan biaya sesuai yg tercantum d surat panggilan td.....jangan kaget sewaktu anda lihat packing/ kemasan barang yg dikirimkan terlihat udh dibuka karena ini merupakan proses d BC untuk melihat dan menaksir isi paket tsb kemudian diisolasi plus stempel BC dan biaya packing (7rb) tsb yg merupakan penggantian atas isolasi dan stempel tsb......

lain halnya klo itu barang ga kena pajak, maka pak pos akan mengantarkan langsung k rumah tp dikenakan biaya 7rb untuk biaya packing ulang td,......

gw perkirakan itu barang yg dikirim lengkap dengan kemasan dan masih baru, lain cerita klo itu barang hanya berupa unit atau kemasan/ dus asli yg disamarkan.....
--------------------------------------------------------------
klo emng mau main akal2an pd saat mengambil d kantor pos langsung sebenarnya ada beberapa trik.....


baru tahu nih, thx. btw apa nih trik akal2an nya? hehehe

jadi kalo impor di bawah usd 50 ga kena pajak ya? cuma biaya packing ulang?

kalo kantor pos gitu pasti cek ulang barang impor? gimana kalo brg yg sy impor harganya usd 100, tp sy minta ke sellernya ditulis usd 50 di invoicenya, kira-kira ketauan dan kena pajak ga?

sorry banyak nanya hehe
Commander.Agan - 23/03/2012 03:12 PM
#12

Selamat Siang saya mau tanya, adik saya megirim sepatu dari luar negri dengan harga sekitar 9.jtan ada 2 sepatu

yang saya ingin tanyakan adalah saya dikenakan pajak hampir 100 persen apakah ini benar atau ada permainan?

Terima kasih..

Commander.Agan - 24/03/2012 12:17 AM
#13

uppppp
Commander.Agan - 26/03/2012 08:41 PM
#14

upppp
gun and roses - 27/03/2012 12:22 PM
#15

senasib ma ane. dapet kiriman dari sodara di Jepang DSLR Pentax harga di sono 6JT an. Nebus 1 JT di kantor pos.
:matabelo
teebite - 28/03/2012 02:15 PM
#16

ikuud nyimak... dapet ilmunya...
winzz - 30/03/2012 09:07 AM
#17

Quote:
Original Posted By samz013
baru tahu nih, thx. btw apa nih trik akal2an nya? hehehe

jadi kalo impor di bawah usd 50 ga kena pajak ya? cuma biaya packing ulang?

kalo kantor pos gitu pasti cek ulang barang impor? gimana kalo brg yg sy impor harganya usd 100, tp sy minta ke sellernya ditulis usd 50 di invoicenya, kira-kira ketauan dan kena pajak ga?

sorry banyak nanya hehe


ini neh yg gw pengen tau jawabannya plus kl misalny barang dikirim lewat perusahaan2 jasa kirim internasional ternama macem Fedex, UPS, DHL, gitu masa jg mesti di geledah barangnya? pdhl bayar biaya kirimnya aja udah mahalnya amit2

ada yg bisa kasih pencerahannya ?
syl4s - 02/04/2012 09:15 PM
#18
gan nanya donk
Gan ane ada kirim barang dari korea, trus disuru ambil di daan mogot juga,
ada biaya yang ga jelas juga ni gan di struk pengambilannya,



yang 344ribu itu biaya apa ya gan,
harga barangnya 150ribu won, kalau dirupiahkan 1.2 juta

ad invoice di dalem,
ada yang tau ga gan itu biaya apa ?
Scaplusdotant - 09/04/2012 11:46 PM
#19

Quote:
Original Posted By samz013
baru tahu nih, thx. btw apa nih trik akal2an nya? hehehe

jadi kalo impor di bawah usd 50 ga kena pajak ya? cuma biaya packing ulang?

kalo kantor pos gitu pasti cek ulang barang impor? gimana kalo brg yg sy impor harganya usd 100, tp sy minta ke sellernya ditulis usd 50 di invoicenya, kira-kira ketauan dan kena pajak ga?

sorry banyak nanya hehe


Wah seru nih gan, coba terus di UP...!
Ane jadi takut mau beli barang dari luar gan...
merconbantingan - 11/04/2012 03:17 AM
#20

ikut nimbrung gan .
itung2 belajar masalah pajak impor gan .
nice thread :thumbup :thumbup :thumbup
Page 1 of 3 |  1 2 3 > 
Home > CASCISCUS > MELEK HUKUM new > [Ask} Mohon Info Tentang Bea Cukai Kiriman Pos Dari Luar Negri