Spiritual
Home > LOEKELOE > SUPRANATURAL > Spiritual > Reinkarnasi dalam Islam..
Total Views: 3479
Page 2.5 of 5 |  < 1 2 3 4 5 > 

adi7yan - 06/04/2012 10:48 AM
#31

terima kasih buat sudut pandang dari hindhu..
smoga bermanfaat informasi yg diberikan..
PUCUKHA - 06/04/2012 11:17 AM
#32

kalo tidak ada reinkarnasi maka dejavu tidak akan terjadi.
setiap pertemuan bukanlah suatu kebetulan.
think universe.
Kroco.com - 06/04/2012 11:18 AM
#33

menurut saya sih gak ada hehehe

hmm kalau manusia bisa reinkarnasi berarti jumlah manusia ada brp

dan kalau mati hidup lagi cuma nama aja yg di ganti jadi bingung

hehehe

maklum saya gak ngerti begituan tapi cuma bisa bilang gak ada reinkarnasi

btw ati2 tersesat sama hal2 berbau Keagamaan hehehe


Cukup 1 Cinta 4JJI
TuyulSuper - 06/04/2012 01:49 PM
#34

Quote:
Original Posted By Kroco.com
menurut saya sih gak ada hehehe

hmm kalau manusia bisa reinkarnasi berarti jumlah manusia ada brp

dan kalau mati hidup lagi cuma nama aja yg di ganti jadi bingung

hehehe

maklum saya gak ngerti begituan tapi cuma bisa bilang gak ada reinkarnasi

btw ati2 tersesat sama hal2 berbau Keagamaan hehehe


Cukup 1 Cinta 4JJI


maaf toong dibaca post saya sebelumnya. Kalau kurang paham silahkan ditanyakan lagi. Untuk jumlah manusia, jujur saya tidak tahu. Karena memang ada sesuatu yang menjadi rahasia yang sellau dijaga oleh Tuhan kan? tapi menurut saya jumlahnya ngga tetap, karena bisa saja beberapa atma diturunkan lagi di bumi sebagai manusia yang baru (belum pernah reinkarnasi) menemani manusia lama yang sudah bereinkarnasi berkali-kali. CMIIW
Pitnat - 06/04/2012 11:53 PM
#35
Perjalanan Hidup Manusia
Quote:
Original Posted By adi7yan
Mohon maaf sebelumnya,,
sebenarnya pandangan islam mengenai reinkarnasi itu seperti apa?
saya pernah membaca salah satu artikel yg disana dibahas ttg reinkarnasi berdasarkan ayat-ayat dalam al-quran..
namun saya mohon pandangan lain baik dari pemahaman al-quran, hadist, atau pemikiran saja dari saudaaku sesama muslim..

lalu mohon juga kalau memang ada larangan secara tegas dari islam mengenai hal itu..

mohon penjelasannya..


Kalo menurut saya Reinkarnasi tidak ada dalam Islam jika pengertian reinkarnasi seperti ini
Quote:
Reinkarnasi (dari bahasa Latin untuk "lahir kembali" atau "kelahiran semula"[1]) atau t(um)itis, merujuk kepada kepercayaan bahwa seseorang itu akan mati dan dilahirkan kembali dalam bentuk kehidupan lain. Yang dilahirkan itu bukanlah wujud fisik sebagaimana keberadaan kita saat ini. Yang lahir kembali itu adalah jiwa orang tersebut yang kemudian mengambil wujud tertentu sesuai dengan hasil pebuatannya terdahulu. (id.wikipedia.org/wiki/Reinkarnasi)

Mungkin pengertian Reinkarnasi menurut TS dan agan2 yang lain bisa berbeda. Saya mencoba jabarkan perjalanan kehidupan menurut Islam, jika setuju dengan penjabaran saya kita cari "adakah?" atau jika ada "dimanakah?" Reinkarnasi itu terjadi. (tolong koreksi ya kalo ada yang salah kata atau maksud )

Umat Islam ada yang membagi perjalanan hidup atau alam kehidupan manusia menjadi 4, 5 dan 6 alam sesuai dengan pemikiran yang disandarkan pada dalil2 dari Al-Qur'an dan Hadits. dan yang membagi menjadi 4 dan 5 alam sudah tercakup pada yang membagi menjadi 6 alam.

Saya coba ambil yang 6 alam. (takut ada yang tertinggal) :armys

1. Alam Ruuh

Persiapan pertama, Allah mengambil perjanjian dan kesaksian dari calon manusia, yaitu ruh-ruh manusia yang berada di alam arwah. Allah mengambil sumpah kepada mereka sebagaimana disebutkan dalam Al-Qur’an:

Quote:
"Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu mengeluarkan keturunan anak-anak Adam dari sulbi mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap jiwa mereka (seraya berfirman): “Bukankah Aku ini Tuhanmu?” Mereka menjawab: “Betul (Engkau Tuhan kami), kami menjadi saksi.” (Kami lakukan yang demikian itu) agar di hari kiamat kamu tidak mengatakan: “Sesungguhnya kami (Bani Adam) adalah orang-orang yang lengah terhadap ini (keesaan Tuhan).” (Al A’raf: 172)"



2. Alam Rahim

Rihlah pertama yang akan dilalui manusia adalah kehidupan di alam rahim: 40 hari berupa nutfah, 40 hari berupa ‘alaqah (gumpalan darah), dan 40 hari berupa mudghah (gumpalan daging), kemudian ditiupkan ruh dan jadilah janin yang sempurna. Setelah kurang lebih sembilan bulan, maka lahirlah manusia ke dunia.

Quote:
Allah swt. berfirman: “Hai manusia, jika kamu dalam keraguan tentang kebangkitan (dari kubur), maka (ketahuilah) sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setitis mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu dan Kami tetapkan dalam rahim, apa yang Kami kehendaki sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampailah kepada kedewasaan, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dipanjangkan umurnya sampai pikun, supaya dia tidak mengetahui lagi sesuatupun yang dahulunya telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air di atasnya, hiduplah bumi itu dan suburlah dan menumbuhkan berbagai macam tumbuh-tumbuhan yang indah.” (Al-Hajj: 5)


Quote:
Rasulullah saw. bersabda: “Sesungguhnya seseorang dari kamu dikumpulkan penciptaannya di perut ibunya 40 hari nutfah, kemudian ‘alaqoh selama hari yang sama, kemudian mudghoh selama hari yang sama. Kemudian diutus baginya malaikat untuk meniupkan ruh dan ditetapkan 4 kalimat; ketetapan rezeki, ajal, amal, dan sengsara atau bahagia.” (HR Bukhari dan Muslim)



3. Alam Dunia

Alam kita saat ini. Di Dunia, perjalanan manusia melalui proses panjang. Dari mulai bayi yang hanya minum susu ibu lalu tubuh menjadi kanak-kanak, remaja dan baligh. Selanjutnya menjadi dewasa, tua dan diakhiri dengan meninggal dunia. Proses ini tidak berjalan sama antara satu orang dengan yang lainnya. Kematian akan datang saat tiba-tiba saja untuk menjemput manusia dan tidak mengenal usia. Sebagian meninggal saat masih bayi, sebagian lagi saat masa kanak-kanak, sebahagian yang lain ketika sudah remaja dan dewasa, sebahagian lainnya ketika sudah tua.


4. Alam Barzakh / Alam Kubur

Alam berikutnya manusia akan memasuki alam kubur atau alam barzakh. Di sana mereka tinggal sendirian.

Quote:
QS. Al Mukminun (23): 99 - 100
"Hingga apabila datang kematian kepada sesoorang di antara mereka, dia berkata : Ya Tuhanku kembalikanlah aku (ke dunia)"
"Agar aku berbuat amal yang saleh terhadap yang telah aku tinggalkan. Sekali-kali tidak. Sesungguhnya itu adalah perkataan yang diucapkan saja. Dan di hadapan mereka ada dinding (barzakh) sampai mereka dibangkitkan."



5. Alam Mahsyar (Hari Kebangkitan dan Hisab)

Diawali dengan kehancuran alam semesta lalu diikuti dengan kebangkitan dari kubur dan pada hari itu akan dihitung amalan2 manusia ketika didunia (Yaumul Hisab).

Quote:
Al-Zalzalah
1. apabila bumi digoncangkan dengan goncangan (yang dahsyat),
2. dan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat (yang dikandung)nya,
3. dan manusia bertanya: "Mengapa bumi (menjadi begini)?",
4. pada hari itu bumi menceritakan beritanya,
5. karena Sesungguhnya Tuhanmu telah memerintahkan (yang sedemikian itu) kepadanya.
6. pada hari itu manusia ke luar dari kuburnya dalam Keadaan bermacam-macam, supaya diperlihatkan kepada mereka (balasan) pekerjaan mereka,
7. Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya Dia akan melihat (balasan)nya.
8. dan Barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrahpun, niscaya Dia akan melihat (balasan)nya pula.


Quote:
Al-Qiyamah:1-5
1. aku bersumpah demi hari kiamat,
2. dan aku bersumpah dengan jiwa yang Amat menyesali (dirinya sendiri).
3. Apakah manusia mengira, bahwa Kami tidak akan mengumpulkan (kembali) tulang belulangnya?
4. bukan demikian, sebenarnya Kami Kuasa menyusun (kembali) jari jemarinya dengan sempurna.
5. bahkan manusia itu hendak membuat maksiat terus menerus.


Quote:
An-Nazi’at: 10-14
10. (orang2 kafir) berkata: "Apakah Sesungguhnya Kami benar-benar dikembalikan kepada kehidupan semula?
11. Apakah (akan dibangkitkan juga) apabila Kami telah menjadi tulang belulang yang hancur lumat?"
12. mereka berkata: "Kalau demikian, itu adalah suatu pengembalian yang merugikan".
13. Sesungguhnya pengembalian itu hanyalah satu kali tiupan saja,
14. Maka dengan serta merta mereka hidup kembali di permukaan bumi.


Quote:
Al-Kahfi:99
Kami biarkan mereka di hari itu[di hari kehancuran dunia yang dijanjikan oleh Allah] bercampur aduk antara satu dengan yang lain, kemudian ditiup lagi[tiupan yang kedua Yaitu tiupan sebagai tanda kebangkitan dari kubur dan pengumpulan ke padang Mahsyar, sedang tiupan yang pertama ialah tiupan kehancuran alam ini] sangkakala, lalu Kami kumpulkan mereka itu semuanya,


6. Alam Syurga dan Neraka

Inilah kisah akhir perjalanan manusia yang menempati salah satu antara syurga dan neraka tergantung dari amal perbuatannya didunia.

Quote:
dan dimasukkanlah orang-orang yang beriman dan beramal saleh ke dalam syurga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya dengan seizin Tuhan mereka. Ucapan penghormatan mereka dalam syurga itu ialah "salaam" [sejahtera dari segala bencana]. (Ibrahim:23)


Quote:
dan (ingatlah) hari (ketika) orang-orang kafir dihadapkan kepada neraka, (Dikatakan kepada mereka): "Bukankah (azab) ini benar?" mereka menjawab: "Ya benar, demi Tuhan kami". Allah berfirman "Maka rasakanlah azab ini disebabkan kamu selalu ingkar". (Al-Ahqaaf:34)



Jadi kesimpulan saya:
Reinkarnasi dalam Islam tidak ada, sementara Ruh dalam jasad atau tubuh yang ada dari alam rahim sampai alam syurga dan neraka adalah jasad yang sama.

Kesipulan anda:
Spoiler for
Ayo berbagi....


Jika ada kesalahan tolong dikoreksi, Jika ada kekurangan tolong ditambahkan, Jika ada pertanyaan Insya Allah akan saya jawab. Kebenaran Hanya Milik Allah.

http://safirasafitriaulia.blogspot.com/2012/03/perjalanan-hidup-manusia-dari-alam.html Perjalanan Hidup Manusia
poppymania - 07/04/2012 02:06 AM
#36

Semua pandangan mempunyai kekayaan Argumentasi masing-masing,.itu membuktikan bahwa memang ada Rahasia Sang Pencipta yang hanya menusia pilihan Sang Pencipta tersebut yang diberi tahu...
Pitnat - 07/04/2012 02:11 AM
#37

Quote:
Original Posted By poppymania
Semua pandangan mempunyai kekayaan Argumentasi masing-masing,.itu membuktikan bahwa memang ada Rahasia Sang Pencipta yang hanya menusia pilihan Sang Pencipta tersebut yang diberi tahu...


Setuju gan... Rahasia Sang Pencipta itulah sarana mempertebal Iman dari masing2 keyakinan. b
cmiiw
donnybeatles - 07/04/2012 02:24 AM
#38

Wah baru denger tuh d Islam ada reinkarnasi ! mana ayatnya ? kayanya ngga ada deh ...ok !
adi7yan - 07/04/2012 06:51 PM
#39

Quote:
Original Posted By donnybeatles
Wah baru denger tuh d Islam ada reinkarnasi ! mana ayatnya ? kayanya ngga ada deh ...ok !


maka dari itu gan,,
saya nyari keterangan..
kalo mmg ada mana, kalo dilarang ayatnya mana..
cetyaone - 09/04/2012 12:53 AM
#40

Saya pernah bertanya kepada seseorang yang lumayan mengerti masalah agama, saya pernah bertanya juga seperti pertanyaan agan TS masalah reinkarnasi,.

nah ane dapet jawaban begini,.

kita pernah mungkin pernah merasakan DEJAVU rasa nya kita pernah mengalami kejadian itu sebelum nya,. nah itu yg banyak di kait2kan dengan reinkarnasi, bahwa sebelum hari ini ada kita dulu memang pernah mengalami nya. Beliau menjelaskan bahwa setiap manusia itu akan melewati 4 ALAM yaitu :
1. alam RUH
2. alam KANDUNGAN
3. alam DUNIA
4. alam AKHIRAT

nah di alam RUH itu lah kita pernah merasakan hal yang sama pada waktu kita mengalami DEJAVU,. kata beliau seperti itu penjabaran reinkarnasi menurut pandangan islam,.

sekian, mohon maaf kalo ada yang salah, sekira nya sesepuh-sesepuh disini bisa memberikan pencerahan buat ane nubitol


wss.
adi7yan - 09/04/2012 02:18 PM
#41

Quote:
Original Posted By cetyaone
Saya pernah bertanya kepada seseorang yang lumayan mengerti masalah agama, saya pernah bertanya juga seperti pertanyaan agan TS masalah reinkarnasi,.

nah ane dapet jawaban begini,.

kita pernah mungkin pernah merasakan DEJAVU rasa nya kita pernah mengalami kejadian itu sebelum nya,. nah itu yg banyak di kait2kan dengan reinkarnasi, bahwa sebelum hari ini ada kita dulu memang pernah mengalami nya. Beliau menjelaskan bahwa setiap manusia itu akan melewati 4 ALAM yaitu :
1. alam RUH
2. alam KANDUNGAN
3. alam DUNIA
4. alam AKHIRAT

nah di alam RUH itu lah kita pernah merasakan hal yang sama pada waktu kita mengalami DEJAVU,. kata beliau seperti itu penjabaran reinkarnasi menurut pandangan islam,.

sekian, mohon maaf kalo ada yang salah, sekira nya sesepuh-sesepuh disini bisa memberikan pencerahan buat ane nubitol


wss.


nah ini bandar laptop mpe ke forspri..
hehe nti kapan2 order asus g seriesnya lagi ya..
thx gan buat sharingnya,,
zorndaike - 09/04/2012 03:25 PM
#42

sepertinya dahulu sudah pernah ada yg bahas ini juga

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=6530726
AtongBulan - 09/04/2012 04:16 PM
#43

kelak sesudah kiamat baru muslim dihidupkan lagi dalam keadaan mahshar



Posted with [color=orange]kaskusBetaQR[/color]
tonifrw - 09/04/2012 04:59 PM
#44

Quote:
Original Posted By GungunXiie
Aku mempunyai satu jiwa tetapi memiliki seratus ribu tubuh. Namun aku tak bisa banyak bicara karena syariah memaksa diriku diam seribu bahasa. Aku telah menyaksikan diriku dalam dua ribu wajah manusia, tetapi semua wujud itu tak sebaik diriku saat ini.

Dia juga menyatakan:

Aku tetaplah satu jiwa meski memiliki seratus ribu tubuh. Tetapi jiwa dan ribuan tubuh itu semua adalah Aku.

Dan:


Jika kusaksikan Ruh, kulihat sembilan ratus tujuh puluh tubuh. Tapi jika hanya kusaksikan keadaanku, aku seperti tumbuhan yang terus tumbuh dan tumbuh.

Dalam puisinya, Rumi tampak sangat yakin, pada mulanya Tuhan menciptakan materi yang di dalamnya terkandung benih materi fisik dunia dalam bentuk yang lebih kasar—materi dunia yang kita ketahui saat ini. Dia menandaskan, segala sesuatu yang ada saat ini selalu mempunyai masa lalu dan masa depan. Tak ada sesuatu pun yang berhenti, semuanya bergerak, berkembang dari satu tingkat ke tingkat berikutnya:

Meskipun aku keturunan Adam, sesungguhnya akulah yang menjadi nenek moyangnya. Sehingga… bisa dikatakan ayahku adalah anakku, dan di luar pohon tumbuhlah sebuah benih.

Selanjutnya:


Selama seribu tahun aku mengapung dalam ether, bahkan ketika atom bergerak tanpa kendali. Jika aku tidak sepenuhnya ingat keadaanku saat itu, maka aku sering memimpikan perjalanan atom-atom yang menyusun tubuhku.

Puisi tersebut terlihat mengacu pada evolusi dan reinkarnasi.
Sebagai tahapan yang harus dilalui wujud lahir, tingkatan wujud berikutnya berjalan sesuai dengan rancangan wujud sebelumnya. Dengan cara ini, muncullah ribuan perubahan, dan tiap perubahan selalu lebih baik dari sebelumnya. Sadarilah selalu wujud saat ini karena jika kau berpikir tentang wujudmu di masa lalu, kau akan memisahkan dirimu dari Diri sejatimu. Inilah semua keadaan yang tetap, yang kau saksikan dalam kematian. Lalu, mengapa kau palingkan wajahmu dari kematian? Ketika tahapan kedua lebih baik dari tahapan pertama, maka matilah dengan senyum suka cita, dan pandanglah ke depan untuk menempati wujud baru yang lebih baik dari wujud sebelumnya. Sadarilah, dan jangan tergesa-gesa. Kau harus mati sebelum memperbaiki diri. Bagai sang surya, hanya jika kau tenggelam di Barat, maka di Timur, kau akan menyaksikan wajahmu yang cerlang gemilang.

Kesaksian akan keberadaan reinkarnasi dalam Islam bisa pula ditemukan pada pujangga sufi lain yang sangat terkenal, Mansoor al-Hallaj. Sufi yang berkata Ana al-Haq, persatuan dengan Tuhan, yang membuatnya harus membayar mahal dengan nyawanya. Tanpa keraguan dia menyatakan:


Seperti rerumputan, aku tumbuh berkali-kali di tepian sungai yang deras mengalir. Selama ribuan tahun aku hidup, berkarya, dan berusaha dalam beraneka ragam tubuh.

Pada kesempatan lain dia menulis:


Waktu melaju tiada henti-hentinya, seperti setetes air, aku menyatu dengan lautan. Tapi, saksikanlah bagaimana aku menyatu dari situ. Sebagaimana embun, aku melayang-layang di atas samudera keabadian dan muncul sebagai gelombang yang menderu di lautan.

Ahmed Jam, seorang sufi yang dijuluki sebagai ‘the mad elephant’ (gajah gila) di kalangan penyair juga memberikan kesaksian pada prinsip reinkarnasi ketika ia bernyanyi:


Seperti air keringat yang berada dalam tubuh dan kulit, meski telah terpisahkan dari samudera luas, aku tetaplah air yang sama. Pada awalnya aku adalah kayu bakar. Tapi lihatlah titik puncak yang telah kucapai. Saat terbakar dalam kobaran api, kayu bakar itu pun menjadi api itu sendiri. Dan dari api aku berubah menjadi Cahaya (nur). Ya…, tiada lain aku adalah cahaya. Sekarang diriku adalah matahari itu sendiri. Akulah lautan dan aku pula yang menjadi gelombang.

Masih dalam kesaksian adanya evolusi, seorang guru Sufi yang terkenal, Hakim Sanai, pernah menulis:


Dalam ruang iman dan kebijaksanaan, kematian tubuh berarti kehidupan jiwa. Korbankanlah napsu tubuh, hingga kau bisa tinggal dalam kesadaran alam ruh.

Dengan semangat yang sama, Khakani menyatakan:


Setelah bermanifestasi dalam dunia mineral, tumbuhan dan dunia binatang, tujuan puncak kehidupan adalah kesadaran kemanusiaan. Seperti al-Quran yang diturunkan setelah tiga kitab sebelumnya, kemanusiaan juga berkembang dari ketiga dunia itu.

Sebagai tambahan para penyair sufi yang telah disebutkan di muka, para pembaca bisa mempelajari karya-karya Sheikh Bahlool yang menyatakan pernah mengalami penyatuan selama dua tahun dengan Tuhan. Juga karya Sheikh Abdul Hussein Kharkani yang bisa mengingat kejadian-kejadian yang dia alami selama masih menjadi embrio dalam rahim ibu. Para penyair sufi yang disebut di sini hanyalah sebagian kecil dari banyak sufi lain yang memberikan kesaksiannya dalam buku ini. Nama-nama lain bisa ditambahkan untuk mendukung kandungan buku ini. Tapi saya kira buku ini bisa dikatakan cukup untuk meyakinkan para pembaca bahwa agama Islam sesungguhnya tidak asing dengan konsep reinkarnasi.


Hati-hati dalam menafsirkan itu dalam kehidupan sekarang jangan asal jiplak aja. islam mempunyai hukum tertinggi yaitu kitab alquran dan sunnah rasul klo orang syufi itu bukan merupakan hukum islam jadi jangan dijadikan pedoman. klo teladan tidak apa-apa SELAGI sesuai dengan alquran dan sunnah rasul

GungunXiie - 09/04/2012 09:49 PM
#45

Quote:
Original Posted By tonifrw


Hati-hati dalam menafsirkan itu dalam kehidupan sekarang jangan asal jiplak aja. islam mempunyai hukum tertinggi yaitu kitab alquran dan sunnah rasul klo orang syufi itu bukan merupakan hukum islam jadi jangan dijadikan pedoman. klo teladan tidak apa-apa SELAGI sesuai dengan alquran dan sunnah rasul



se7 gan,, tp sufi jg sama seperti kita,, manusia jg______
N' ilmu tuhan itu sangat luas, masih banyak yg belum diketahui manusia, adapun para sufi seperti maulana jaluludin rummi mungkin beliau sudah sampai pada hakikat ilmu yg notabene orang kebanyakan belum bisa sampai dengan apa yg telah di alami oleh beliau,,, CMIIW
kakarose - 09/04/2012 10:05 PM
#46

Quote:
Original Posted By adi7yan
Mohon maaf sebelumnya,,
sebenarnya pandangan islam mengenai reinkarnasi itu seperti apa?
saya pernah membaca salah satu artikel yg disana dibahas ttg reinkarnasi berdasarkan ayat-ayat dalam al-quran..
namun saya mohon pandangan lain baik dari pemahaman al-quran, hadist, atau pemikiran saja dari saudaaku sesama muslim..

lalu mohon juga kalau memang ada larangan secara tegas dari islam mengenai hal itu..

mohon penjelasannya..


Reinkarnasi = tanasukh.
ketika jasad meninggal dunia, ruhnya berpindah ke jasad lain entah bahagia atau naas sesuai dengan amal perbuatan yang dilakukan.
di islam tidak ada Reinkarnasi
iman kepada Allah dan akhirat termasuk kebangkitan, hisab & balasan yang terdapat di dalamnya harus menjadi pegangan tiap muslim.
dalam islam ketika manusia meninggal dunia ia akan kembali kepada Allah dengan melalui kehidupan alam bardzah.
"Setiap jiwa pasti mengalami kematian dan kepada Kamilah kalian dikembalikan." (QS al-Ankabut: 57)

seluruh manusia dibangkitkan, dikumpulkan, dan dihisab oleh Allah Swt untuk kemudian dimasukkan ke dalam sorga atau neraka.
Wallahu a'lam bish-shawab.
resi.betmen - 10/04/2012 10:15 AM
#47

mohon maaf jk nubi yg bodoh ini ikut berkomentar.

sepanjang sepengetahuan nubi yg terbatas ini, di quran tdk ada keterangan yg secara tegas menyatakan bahwa ada atau tidak ada reinkarnasi.

namun di quran diceritakan berbagai hal tentang kehidupan setelah mati yg kmdn dapat ditafsirkan berbeda oleh berbagai ulama.

namun demikian, sblm kita bicara reinkarnasi, ada baiknya kita menjawab bbrp persoalan dulu:

1. jika manusia mati, kapan kah hisab (perhitungan amal) dilakukan? dan kapankah hukuman (neraka) dan hadiah (surga) diberikan? apakah segera setelah mati atau menunggu kiamat?

mayoritas muslim mungkin akan menjawab menunggu kiamat. namun jg sudah menjadi pengetahuan umum ttg adanya siksa kubur dan 'rumah indah' di dunia orang mati yg mencerminkan adanya hukuman dan hadiah sebelum kiamat ... jg sering ada cerita ttg para penghuni neraka dan surga ... baik cerita yg di kaitkan dgn perjalanan spiritual para nabi maupun para ulama .... ini mengindikasikan adanya hukuman (neraka) dan hadiah (surga) sebelum kiamat.

jika kita berpendapat bahwa hukuman dan hadiah (hisab) hanya ada setelah kiamat ... maka secara otomatis konsep reinkarnasi akan gugur ....

namun jika kita berpendapat bahwa ada hisab setelah mati tanpa menunggu kiamat .. maka konsep reinkarnasi menjadi relevan

2. di quran memang disebutkan adanya kiamat, jg disebutkan adanya kebangkitan kembali ... namun sepanjang sepengetahuan saya .... tidak pernah disebutkan bahwa kebangkitan itu hanya setelah kiamat ....

dengan demikian apabila kita berasumsi ada kebangkitan sblm kiamat .. maka konsep reinkarnasi ini menjadi "mungkin"

3. jika ada reinkarnasi ... lalu bagaimana dgn kiamat? jika kita berasumsi adanya reinkarnasi sbg bagian dr konsep mensucikan ruh ... maka kiamat adalah masa dimana siklus penyucian ruh menjadi berhenti ... saat itu lah tidak ada kesempatan lg bagi para ruh utk memperbaiki amal perbuatannya didunia ....

setelah diberi kesempatan berulang kali utk memperbaiki diri ... maka setelah kiamat ... hukuman dan hadiahnya menjadi lbh permanen ...

sbg catatan: dr rekan kita yg beragama hindu, dijelaskan bahwa tubuh manusia itu terdiri dari ruh, badan halus dan badan kasar ... ini disebabnya manusia disebut makhluk yg sempurna ... krn merupakan makhluk 3 dunia ... ruh (dunia langit), badan halus (dunia halus/gaib), badan kasar (dunia kita saat ini) ....

ketika mati .... badan kasar meninggal, namun badan halus dan ruh pindah ke alam halus (alam gaib) ... disini ada hisab .... dimana badan halus akan mendapatkan hukuman (neraka) dan hadiah (surga) dunia .... setelah hukuman dan hadiah terbalaskan ... badan halus akan mati ... lalu ruh akan kembali ke dunia langit .... jika ruh masih masih ada utang dunia .. maka ruh dpt kembali ke dunia (reinkarnasi) dkmn seterusnya ....


--- mungkin dpt saya tambahkan .. (klo ada) reinkarnasi versi islam ---

... sampai kiamat .... lalu ada hisab penghabisan ... disinilah ada neraka dan surga langit .... yg abadi ...

mungkin konsep reinkarnasi diatas (hindu) tidak akan sama dgn (kalaupun ada) dgn konsep reinkarnasi di islam ...

secara personal ... saya tidak percaya adanya reinkarnasi ... namun saya masih membuka diri utk belajar ....

alam langit ... ruh dan dunia setelah kematian merupakan rahasia Allah .. dan manusia hanya tahu sedikit .... krn itu ... marilah kita terus belajar dan jgn menganggap pengetahuan kita adalah yg terbenar ...
HasanHusen - 10/04/2012 10:48 AM
#48

Menurut Ane begini Gan , Reinkarnasi tidak ada Dalam Islam , lalu pertanyaannya gimana ada orang yang menyerupai tingkah lakunya seperti Orang-orang terdahulu seolah dia adalah orang yang pernah hidup pada jaman dahulu dan orang tersebut juga Orang yang punya pengaruh pada jamannya , pedahal orang itu adalah kita tahu dari kecil hingga besar bahkan kita kenal baik keluarganya .

berdasarkan pelajaran yang Ane pahami , manusia itu terdiri dari Ruh , jasad, dan Ilmu .ketika manusia meninggal segala amal perbuatan baik akan naik kelangit ,sedangkan Roh yang baik akan naik ke langit kemudian dikembalikan lagi ke Bumi dan di kembalikan lagi ke jasad menunggu Hari Akhir.

Sedangkan Ilmu orang yang meninggal akan naik ke langit yang kemudian di sebarkan lagi ke bumi .Dalam kondisi tertentu, itulah mengapa sebabnya ada orang yang mendapatkan Ilmu pengetahuan serta tindak tanduknya seperti Orang terdahulu ,atau mempunya Ilmu turunan dan secara awam kita menyebutnya seolah itu adalah Reinkarnasi orang terdahulu.
modernprimate - 10/04/2012 12:59 PM
#49

bilang inkarnasi sih engga.....cuman kalo dikembalikan dan di mana bakal dikembalikan Al-Qur'an menyebutnya

QS 79:10~14 (An Naazi´aat)

10. (Orang-orang kafir) berkata: "Apakah sesungguhnya kami benar-benar dikembalikan kepada kehidupan semula?
11. Apakah (akan dibangkitkan juga) apabila kami telah menjadi tulang belulang yang hancur lumat?"
12. Mereka berkata: "Kalau demikian, itu adalah suatu pengembalian yang merugikan."
13. Sesungguhnya pengembalian itu hanyalah satu kali tiupan saja,
14. maka dengan serta merta mereka hidup kembali di permukaan bumi.

NYANYUKAMBER - 10/04/2012 03:38 PM
#50

KESIMPULANNYA ADALAH REINKARNASI DALAM ISLAM ADALAH TIDAK ADA.



Posted with [color=orange]kaskusBetaQR[/color]
Page 2.5 of 5 |  < 1 2 3 4 5 > 
Home > LOEKELOE > SUPRANATURAL > Spiritual > Reinkarnasi dalam Islam..