Mancanegara
Home > LOEKELOE > TRAVELLERS > Mancanegara > FR: perjalanan sebulan vietnam, laos , kamboja.
Total Views: 4376
Page 2 of 6 |  < 1 2 3 4 5 6 > 

h3rl1n4 - 23/04/2012 01:41 PM
#21
Lanjut...........
hari 18
Setelah menikmati makanan khas laos kemarin malam, hari ini kita akan kembali ke kota vientiane karena dari kota ini tidak ada bis yang langsung ke siem reap maka terpaksa kita harus kembali ke vientiane. satu2nya bis international dari kota ini hanya ke kota kunming (china) yang akan memakan waktu 32 jam.

kita berangkat ke station bis mengejar bis jam 2 sore. di kota ini kita masih sempat menyewa sepeda seharga 1 usd dan mengelilingi kota ini sebelum berangkat meninggalkan luang prabang.

tepat jam 2 siang kira berangkat kembali ke kota vientiane, karena takut longsor 2 hari kemarin, kita sempat ragu untuk kembali ke kota vientiane. tetapi penjual tiket bus meyakinkan kita bahwa longsor sudah diatasi dan jalan sudah dibuka kembali.

sekitar jam 18.00 bis mendadak berhenti kembali. terlihat antrian kendaraan yang panjang di depan mata kita. ternyata longsor yang terjadi 2 hari kemarin belum sepenuhnya diatasi, dengar2 orang lokal semalam terjadi lagi longsor di tempat yang sama dengan longsor 2 hari kemarin hahaha......akhirnya kita mau tidak mau harus menunggu lagi di bis. sempat terpikir untuk kembali lagi ke luang prabang menggunakan bis yang lain, tetapi akhirnya niat ini kita batalkan, soalnya bis untuk kembali ke luang prabang tidak ada, mereka pun tejebak di arah yang berlawanan dengan kita karena longsor.

hampir semua kandaraan yang lewat di jalur ini kendaraan besar. truk yang mengangkut barang serta bis2, jarang sekali kendaraan kecil yang lewat. dikarenakan lebar jalan yang kecil hampir tidak mungkin untuk kendaraan kecil berbalik arah apalagi bagi bus dan truk yang sudah pasti tidak mungkin.

hari ini kita melewati kembali malam di dalam bus hehehe.....

hari 19
pagi ini bis masih tetap berada pada posisi kemarin tidak bergerak. pengerjaan untuk mengatasi longsor dilanjutkan pagi ini, dimana semalam dihentikan karena tidak adanya pencahayaan. untungnya alat berat yang melakukan pengerjaan hari ini cukup banyak ada sekitar 5-6 alat berat. dengan berharap
pengerjaan cepat selesai sebagian penduduk lokal yang sudah tidak sabar memindahkan barang mereka dan mereka menyewa ojek untuk melewati area longsor (saat ini motor sudah bisa lewat), membuat bis yang kami tumpangi penuh hampir kosong. tadinya kita juga akan melakukan hal serupa, tapi kita mikir lagi emang di sebrang longsoran adakah kendaraan yang ke vientiane? pikiran ini yang memutuskan kita untuk menunggu sampai bis bisa jalan kembali.

setelah seharian menunggu akhirnya sekitar jam 13.30 bis bergerak. moment ini merupakan moment yang sangat menyenangkan buat kita, yang ngak bisa di deskripsikan. akhirnya.........bis jalan lagi.......hahahaha......kendaraan dari kedua arah pun berjalan bergiliran, karena jalan hanya bisa di lalui oleh satu kendaraan saja.

setelah melewati area longsor, terlihat antrian kendaraan yang sangat panjang dari arah yang berlawanan. dan hal yang lucu pun terjadi disini. penumpang bis yang bersama dengan kita (penduduk lokal yang memutuskan melewati area
longsor naik ojek), menunggu di pinggir jalan karena tidak ada kendaraan lain yang munuju ke vientiane naik kembali menaiki bis yang sama yang mereka tinggalkan sebelumnya. bis yang tadinya hampir kosong kembali menjadi penuh. membuat kita semua satu bis bersama dengan supir tertawa terbahak2.

pemandangan sepanjang perjalanan dari luang prabang ke vientiane indah sekali oleh gunung yang bertumpuk2 dimana bentuk gunung yang berbeda-beda dengan air terjun di lereng gunung. dikarenakan kondisi landscape yang indah seperti inilah yang membuat jalur ini sangat mudah longsor terutama musim hujan. kita melihat longsor2 kecil yang terjadi sepanjang perjalanan kembali ke vientiane, namun tidak terlalu mengganggu perjalanan.

akhirnya kita tiba di kota vientiane pukul 08.30 malam, dan langsung menggunakan tuk2 ke area backpacker dan selanjutnya kita pun check in ke penginapan sekitar jam 11.00 malam.

perjalanan kembali ke vientiane akhirnya kita tempuh dalam waktu 33 jam.


Quote:
Original Posted By Azote
gile..kerja kantoran dimana gan bisa 1 bulan libur?

agan yang punya kantornya ya hehehe....

btw, vietnam sama laos gmn gan?biaya hidupnya lebih mahal dari kamboja / lebih murah?
tempat2 menarik di vietnam dan laos apa aja ya yg kira2 bagus difoto?


amin gan, doain ane supaya secepatnya punya kantor sendiri gan ^^
waktu itu ane baru resign, masih belom dapet kerjaan baru. nganggur gan hehehe......

diantara tiga negara paling mahal di kamboja, vietnam lebih murah dari laos, tapi cuma beda dikit gan.

mau foto apa gan?
pemandangan :
sapa, halong bay. denger2 danang ama mui ne juga bagus gan cuma kita ngak sempat ke kota ini. (vietnam)

Luang prabang, kuang si water fall, plus pemandangan sepanjang perjalanan dari vientiane ke luang prabang dan perjalanan dari luang prabang ke kuang si water fall. (laos)

perbatasan vietnam dan laos.

kota kuno:
hue city, hoi an (vietnam). luang prabang (laos)

Bangunan modern plus Tipe eropa:
hcmc (vietnam)


Quote:
Original Posted By baguskuning
ngebolang ini sama temen atw soloing gan?..
sebelumnya udh pernah ke sono atw ini first experience?...

ane ngebolangnya berdueting gan. ^^
sebelumnya belom pernah kesana gan, first experience di tiga negara ini ^^

Quote:
Original Posted By newbiezoid
Baru ane mau Komeng begini ehAUEHAUE
Btw Keren banget sampe pelosok2 gitu.
udah gitu Alamnya Enyak2 bner:addfriends


Quote:
Original Posted By dihatikuadakamu
sawah nya baguuuss ................

:matabelo


makasih gan udah pada mampir

to be continued.....
Vinc_Freak - 24/04/2012 01:17 AM
#22

habis brp duit gan ?
h3rl1n4 - 24/04/2012 11:08 AM
#23

Quote:
Original Posted By Vinc_Freak
habis brp duit gan ?

total semua 9 jt kurang dikit. termasuk tiket pesawat AA, visa, air port tax, ama oleh2.
h3rl1n4 - 24/04/2012 12:29 PM
#24
Lanjut...........
hari 20
rencananya hari ini kita akan berangkat meninggalkan kota ini menggunakan bis malam, tapi karena kita sudah kelelahan karena terperangkap longsor yang selama perjalanan menuju kota ini. aknirnya kita memutuskan untuk beristirahat sehari di kota vientiane.

jadi seharian ini kita muter2 kota vientiane menggunakan sepeda dan sekalian membeli tiket menuju phnom penh untuk keberangkatan besok malam, di station bis international. (station dimana kita pertama kali tiba di kota ini dari hanoi).

tidak banyak yang kita lakukan hari ini kita hanya mengunjungi mall talat sao (lebih ke plaza sih dari pada mall), pasar traditional di area tersebut.kemudian kita berlanjut mengunjung presidential palace disini kita ngak bisa masuk soalnya palace sedang dalam renovasi, yang di sambung mengunjungi lao national museum.

hari 21
bis kita menuju phnom penh berangkat pukul 19.00 malam, sehingga kita masih memiliki waktu untuk berbelanja keperluan untuk perjalanan serta oleh2 kerajinan tangan laos. kita check out dari hotel pukul 11.00 siang. lalu kita menghabiskan waktu menikmati taman kota si pesisir sungai mekong, serta mengunjungi kuil yang letaknya berada di pesisir sungai mekong.

setelah makan malam kita menggunakan tuk2 menuju station bis, tepat pukul 07.00 malam kita pun meninggalkan kota ini menuju kota berikutnya.

hari 22
pagi hari jam 06.30 kita tiba di pakse untuk ganti bis yang menuju ke phnom penh. sekitar 2 jam kita menunggu bis berikutnya membuat kita sempat untuk mengisi perut dan melihat2 sekilas keadaan kota ini.

tepat pukul 08.30 bis yang kita tunggu akhirnya datang, kira2 setelah memakan waktu sekitar dua setengah jam kita pun tiba di perbatasan laos dan kamboja. di perbatasan ini tidak ada pemandangan alam yang bisa kita lihat. sangat berbeda jauh dengan kondisi perbatasan antara vietnam dan laos. sama seperti di perabatasan vietnam dan laos, kita di minta mengosongkan bus.

seperti biasa yang kita butuhkan untuk visa hanya mengisi formulir dan menyerahkan 1 lembar foto.kita menghabiskan biaya 25 usd untuk visa ditambah 3 usd yang tidak jelas untuk apa dicounter VOA kamboja, disini pun kita di berikan selembar kerta health of declare yang menyatakan kita dalam keadaan sehat saat memasuki wilayah kamboja. kita juga mengeluarkan 1 usd dolar di bagian laos departure agar paspor kita bisa di cap.

note: walau sudah ada perjanjian bebas visa untuk WNI, namun saat itu belum diimplementasikan jadi kita tetetp harus bikin VOA. kagak tahu sekarang udah di implementasikan apa belom. untuk pastinya silahkan ditanyakan di kedutaan kamboja di indo.

setelah semuanya selesai kita pun kembali memasuki bus dan melanjutkan perjalanan. siang kita beristirahat untuk makan siang, karena kita belum menukarkan uang kamboja kita pun membayar makan siang kita dengan usd dan uang kembalian yang kita dapat dalam uang kamboja (riel).

kita tiba di kota phnom penh pukul 09.00 malam. kita pun langsung naik tuk2 3 usd menuju penginapan yang di rekomendasikan oleh supir tuk2. setelah check in kita pun langsung mencari makan malam.

jam 09.00 malam di kota phnom penh sudah sepi, hampir semua toko2 sudah tutup. tidak seperti kota besar umumnya yang biasanya jam segini masih ramai. sehingga agak sulit bagi kita untuk mencari makan malam. akhirnya kita pun menemukan pasar traditional dimana ada beberapa pedagang kaki lima yang masih buka menjual makanan.

Spoiler for kumpulan foto

salah satu sudut kota vientiane







to be continued........
3llen - 24/04/2012 10:48 PM
#25

Wahh keren gan ane juga baru mendarat kmren malam di hcmc. Disini kerja mulai minggu depan. Mungkin nanti pas TET. Ato Chinese new year mau backpackingan hehehe seru gan ane baca mpe habis bisa buat nambah pengalaman. Tp makan di sini aneh2 gan ane lumayan gak suka :-(
S7P - 25/04/2012 07:59 PM
#26

Gan ane mau tanya nih.. Ane udh booking tiket untuk ke Ho Chi Minh City buat bulan Agustus. Cuman 5 hari gan jadi kayaknya gak bakal bisa berkelana sampe ke Hanoi nih. Kira-kira menurut agan enaknya kemana ya sama nginep nya dimana? Kalo daerah Nha Trang seperti yang agan tulis itu dari Ho Chi Minh City jauh ngga ya? Jadi ya ane nginep disitu aja gitu..hehe Thanks gan!
S7P - 25/04/2012 08:14 PM
#27

Oh sorry gan, ane salah baca ternyata naik bus dulu ya ke Nha Tram dari HCMC.. Itu kalo boleh info nya gan mengenai beli tiket bus nya sama nomer bus nya ato gmn? Ato di Sinh Tourist bisa beli darisana semua? Sinh Tourist itu dimana ya gan bisa kasih petunjuk? hehe
newhope83 - 26/04/2012 01:03 AM
#28

Permisi, sorry mau tanya nih. Waktu masuk ke kamboja kan lewat jalur darat tuh. Pertanyaannya, ada ga waktu itu ngisi kartu imigrasi pas masuk kamboja? Saya rencananya mau masuk siem reap dari Bangkok.
h3rl1n4 - 26/04/2012 10:38 AM
#29
ane coba jawab pertanyaan agan2.....
Quote:
Original Posted By 3llen
Wahh keren gan ane juga baru mendarat kmren malam di hcmc. Disini kerja mulai minggu depan. Mungkin nanti pas TET. Ato Chinese new year mau backpackingan hehehe seru gan ane baca mpe habis bisa buat nambah pengalaman. Tp makan di sini aneh2 gan ane lumayan gak suka :-(


makasih gan dah mampir. iya gan mumpung ada disono, liburan keliling indochina ^^. kalo soal makanan emang sih ama lidah indo kurang sreg hehehe......

Quote:
Original Posted By S7P
Oh sorry gan, ane salah baca ternyata naik bus dulu ya ke Nha Tram dari HCMC.. Itu kalo boleh info nya gan mengenai beli tiket bus nya sama nomer bus nya ato gmn? Ato di Sinh Tourist bisa beli darisana semua? Sinh Tourist itu dimana ya gan bisa kasih petunjuk? hehe


kalo mau ke nha trang beli aja tiket bis open tour di sinh tourist gan. untuk tiket open tour busnya banyak koq hampir ke semua kota2 di vietnam. kantornya hcmc di jalan de tham daerah pham ngu lao. antara jalan pham ngu lao ama bui vien, ini Websitenya: http://www.thesinhtourist.vn

kalo mau nginep di hcmc daerah pham ngu lao aja atau bui vien, banyak koq pilihan dan tingkatan hotel yang agan mau di daerah sini. ^^

perjalanan dari hcmc ke nha trang lumayan jauh juga gan naik bis bisa semaleman kurang lebih 10-11 jam. jadi harus bener2 atur jadwalnya agan kalo cuma 5 hari di vietnam.

Quote:
Original Posted By newhope83
Permisi, sorry mau tanya nih. Waktu masuk ke kamboja kan lewat jalur darat tuh. Pertanyaannya, ada ga waktu itu ngisi kartu imigrasi pas masuk kamboja? Saya rencananya mau masuk siem reap dari Bangkok.


tenang gan ada waktu koq, biasanya bus nya nunggu kita.
newhope83 - 26/04/2012 05:51 PM
#30

Quote:
Original Posted By h3rl1n4





tenang gan ada waktu koq, biasanya bus nya nunggu kita.


Kita rencananya mo independent travel gan naik kereta api ke aranhyaphratet dulu baru nyebrang ke Poipet. Nah yang jadi masalah dari hasil googling, saya dapat informasi kalau hari Minggu antrian imigrasi di perbatasan tuh luar biasa panjang, mulai dari warga Laos, Kamboja dan para expat di Thailand yang kerja di Thailand utk memperpanjang visanya, warga Thai yg mau berjudi di Poipet, turis yg mo ke Siem Reap.
Kebetulan kita nyebrangnya memang pas pulak di hari Minggu, sebenarnya bisa sih menghindari antrian imigrasi dengan berangkat dari Mochit terminal jam setengah empat pagi, sampe Aranyaphratet jam 8 pagi (masih sepi). Tapi kita lebih memilih naik kereta dari Hualampong aja, berangkat jam 6 pagi sampe perbatasan jam setengah dua belas.
Nah, yang menjadi concern saya kali ini, selain antri buat mendapatkan visa (btw WNI udah bebas visa kan), stempel keluar-masuk. Apa termasuk pula antrian buat isi form kartu kedatangan ke Kamboja? Kalau iya, agan tau ga ngambil kartu form itu dimana? Di loket atau gmn? Kalau di pesawat kan biasanya udah dibagiin tuh sama FA nya sebelum mendarat.
Maksud pertanyaan ini sih biar kita bisa prepare aja gambaran sewaktu menyebrang perbatasan Aran-Poipet itu kayak gimana.
h3rl1n4 - 26/04/2012 09:52 PM
#31

Quote:
Original Posted By newhope83
Kita rencananya mo independent travel gan naik kereta api ke aranhyaphratet dulu baru nyebrang ke Poipet. Nah yang jadi masalah dari hasil googling, saya dapat informasi kalau hari Minggu antrian imigrasi di perbatasan tuh luar biasa panjang, mulai dari warga Laos, Kamboja dan para expat di Thailand yang kerja di Thailand utk memperpanjang visanya, warga Thai yg mau berjudi di Poipet, turis yg mo ke Siem Reap.
Kebetulan kita nyebrangnya memang pas pulak di hari Minggu, sebenarnya bisa sih menghindari antrian imigrasi dengan berangkat dari Mochit terminal jam setengah empat pagi, sampe Aranyaphratet jam 8 pagi (masih sepi). Tapi kita lebih memilih naik kereta dari Hualampong aja, berangkat jam 6 pagi sampe perbatasan jam setengah dua belas.
Nah, yang menjadi concern saya kali ini, selain antri buat mendapatkan visa (btw WNI udah bebas visa kan), stempel keluar-masuk. Apa termasuk pula antrian buat isi form kartu kedatangan ke Kamboja? Kalau iya, agan tau ga ngambil kartu form itu dimana? Di loket atau gmn? Kalau di pesawat kan biasanya udah dibagiin tuh sama FA nya sebelum mendarat.
Maksud pertanyaan ini sih biar kita bisa prepare aja gambaran sewaktu menyebrang perbatasan Aran-Poipet itu kayak gimana.


waktu ane lewat di perbatasan antara laos-kamboja sih, ane langsung ke counter VOA langsung dikasih form bikin visa plus arrival card.
waktu ane jalan udah ada sih perjanjian bebas visa bagi WNI cuma belum diimplementasikan di lapangan. kagak tahu sekarang udah diimplementasiin belom, pastinya lebih baik tanya ke kedutaan kamboja di indo.
semoga membantu gan ^^
h3rl1n4 - 28/04/2012 02:07 PM
#32
Lanjut...........
hari 23
hari ini kita mulai dengan mengunjungi wat ounalom, dimana hari ini kuil sedang ada perayaan agama sehingga membuat kuil ini dipenuhi dengan warga lokal yang akan beribadah. kita pun penasaran dan masuk ke dalam untuk melihat acara2 yang ada di dalam kuil. kita melihat para warga lokal yang memberikan
persembahan berupa berbagai macam makanan pada para biksu, selain itu kuil ini pun di penuhi dengan para pengemis yang juga ikut untuk mendapatkan rejeki dari para pengunung kuil ini.

saat kami mengunjungi kuil ini kami tidak menyadari banyak orang lokal yang melihat kami dengan wajah yang aneh. awalnya kita ngak sadar kenapa mereka memandangi kami dengan wajah mereka yang aneh. tak lama kami pun menyadari ternyata ada yang salah dengan pakaian kami. kita lihat semua pengunjung yang memasuki kuil menggunakan pakaian berwarna putih, sedangkan pakaian yang kami pakai berwarna. segera setelah menyadari hal itu kita pun dengan segera keluar dari kuil tersebut.

setelah itu kita melanjutkan perjalanan kita ke national museum. harga tiket 3 usd, di museum ini kita bisa melihat patung2 peninggalan angkor wat yang dibawa ke phnom penh, disini kita juga bisa mengetahui kerajaan kuno khmer
yang dahulu membangun angkor wat.setelah puas mengunjungi museum ini
kita melanjutkan perjalanan kita ke royal palace. dikarenakan royal palace tutup untuk istirahat siang maka kita pun mencari makan siang dahulu dan kembali lagi jam 2 siang dimana royal palace baru dibuka kembali.tiket masuk ke royal palace seharga 25000 riel.setelah itu kami pun melanjutkan mengunjungi independence monument dan cambodia-vietnam friendship monument.

hari 24
acara kita hari ini mengunjungi wat phnom. wat ini berada di atas bukit di tengah2 kota phnom penh, kita pun mengunjungi museum yang berada di areal kuil ini, dimana di museum ini kita bisa mengetahui asal mula kota phnom penh. setelah puas kita pun melanjutkan ke danau boeng kak dan terakhir kita central market sekalian membeli tiket bis sorya untuk besok pagi ke siem reap. kita pun mengakhiri jalan2 kita di phnom penh ke sorya shopping mall dengan makan malam disini.

hari 25
karena bis kita berangkat ke siem reap jam 10 pagi, maka kita masih mempunyai sedikit waktu untuk menikmati pesisir sungai tonle sap.tepat jam 10 bis pun berangkat ke siem reap. bis yang kita gunakan bis double dekker, yang bagian bawah digunakan untuk penyimpanan barang, bagian atas digunakan untuk penumpang. hampir setiap jam bis dari phnom penh ada.

selama perjalanan dari phnom penh ke siem reap kita di suguhkan pemandangan berbeda, hampir sepanjang jalan yang kita lihat adalah pemandangan bajir, air semua di sisi kiri dan kanan jalan. rumah2 lokal yang terendam banjir. awalnya kita bingung emangnya kedua sisi jalan sungaikah atau danau? setelah kita perhatikan lagi ternyata ada tiang listrik, ada tanda lalu lintas ditengah2 dan rumah2 yang terendam air. ada pula sebagian rumah panggung.

sebenernya kita salut juga sih ama penduduk lokal kamboja, di karenakan pemerintah mereka yang tidak bisa mengatasi banjir di negara ini yang setiap tahun terjadi saat musim hujan, penduduk kamboja ini bisa menyesuaikan dengan keadaan ini. hampir semua rumah di kamboja adalah rumah panggung jadi banjir ngak kerendem, mereka bilang saat musim panas mereka bertanam padi dimana jalan bisa dilalui menggunakan motor. namum saat musim hujan air menggenang mereka merubah profesi mereka menjadi nelayan, transportasi pun berubah dari motor menjadi perahu. lucunya sapi dan motor mereka simpan di pinggir jalan antar kota. bila banjir hanya jalan antar kota yang tidak terendam, soalnya ini jalan setiap tahun ditinggiin ama pemerintah kamboja.

akhirnya kita pun tiba di siem reap sekitar jam 05.00 sore. saat kita turun bis sudah banyak tuk2 yang menunggu kita dan berebut pelanggan untuk mengantarkan kita ke penginapan yang kita tuju. kita pun akhirnya menuju penginapan yang supir tuk2 sarankan. kita meminta penginapan yang dekat dengan psar chaa (old market) karena area ini merupakan area backpacker yang akan akan memudah bagi kita untuk mencari fasilitas yang kita butuhkan. kita pun memakai jasa supir tuk2 ini untuk mengantarkan kita esok hari ke angkor wat.

Spoiler for kumpulan foto

independent monument


what phnom


salah satu sudut royal palace




to be continued......
h3rl1n4 - 28/04/2012 02:08 PM
#33

thanks gan udah pada mampir
topx666 - 29/04/2012 11:28 PM
#34

astaganaga :matabelo

dari dulu saya juga bercita2 keliling indochina gan. semoga cepet bisa deh.

lanjut terus gan!
leonelme - 30/04/2012 12:23 AM
#35

mantep banget gan.. travelling sebulan..
seru banget kayaknya.. numpang nyimak yah hehe
h3rl1n4 - 30/04/2012 02:33 PM
#36
Lanjut...........
hari 26
kita berangkat dari penginapan jam 07.00 pagi dimana supir tuk2 telah menunggu kita di depan penginapan. kita hari ini mengunjungi komplek angkor wat yang di mulai dari lady tample. lady tample ini jaraknya lumayan jauh dari komplek angkor wat. warna tamplenya pun berbeda warnanya tanah liat orange.

sebelumnya kita mampir dulu di tempat penjualan tiket. harga tiket untuk satu hari sebesar 20 usd.ada tiga macam tiket yang dijual disini tiket untuk kunjungan 1 hari, 3 hari dan satu minggu, harganya sudah pasti berbeda2. tiketnya sangat private karena ditiket ini tercetak foto kita sehingga tiket ini tidak bisa digunakan oleh orang lain.

kami pun berlanjut ke tample2 yang lain banteay kdei, beng thom,bayon, ta prohm, yang diakhiri dengan tample utama angkor wat. perjalan kita berakhir sekitar pukul 05.00 sore yang dilanjutkan dengan makan malam di dekat old market.

hari 27
hari ini kita berangkat dari penginapan jam 09.00 pagi untuk pergi mengunjungin water village, mangrove jungle dan danau (lupa namanya) tempat ini berada di pinggiran kota siem reap, jadi kita pun menggunakan jasa supir tuk2 yang mengantarkan kita sehari sebelumnya ke angkor wat. perjalanan kira2 memakan waktu 1 jam setelah sampai di dermaga kita melanjutkan menggunakan perahu ke water village. di water village ini pun kita mengunjungi sebuah kuil, keunikan kuil ini hanya berada di atas air doang yang lainnya hampir mirip dengan kuil2 yang sudah kita lihat sebelumnya sehingga tidak terlalu istimewa bagi kita.

dilanjutkan ke mangrove jungle kita beralih ke perahu yang lebih kecil untuk memasuki hutan ini. setelah puas dengan hutan mangrove kita kembali menaiki perahu besar yang menuju danau. setelah puas kami pun memutuskan untuk makan siang di water village, dan bagi yang ingin berenang mereka bisa berenang di sini. sorepun kami kembali ke penginapan, seperti biasa diakhiri makan malam di area backpack.

Spoiler for kumpulan foto

salah satu sudut angkor wat


salah satu sudut ta phrom


menuju mangrove jungle




to be continued..........

buat agan2 thanks for reading n comments ^^
tedwib - 30/04/2012 03:19 PM
#37

tanya ya gan...
selama jalan2 sebulan itu, apakah bawa uang cash, atau ngandalin credit card?
total habis berapa tuh gan kira-kira nya?
h3rl1n4 - 01/05/2012 12:30 PM
#38

Quote:
Original Posted By tedwib
tanya ya gan...
selama jalan2 sebulan itu, apakah bawa uang cash, atau ngandalin credit card?
total habis berapa tuh gan kira-kira nya?

ane bawa cash gan, tapi credit card juga bawa buat jaga2. kemaren ini habis total semua 9 jtan ^^
h3rl1n4 - 01/05/2012 12:33 PM
#39
Lanjut...........
hari 28
hari ini merupakan hari terakhir kita di kamboja. kami menyewa sepeda seharga 1 usd untuk melihat dan berkeliling kota, mencoba makanan lokal, mencari oleh2 sebelum kita meninggalkan kota ini esok pagi.

kota ini nyaman juga bagi turis untuk beristirahat sebelum melanjukan perjalanan ke tujuan berikutnya, namum yang menjadi kendala bila musim hujan air sungai stung siem reap naik dan meluap yang membuat sebagian kota ini terendam air.

hari 29
hari ini pesawat kita berangkat menuju kuala lumpur pukul 08.00 pagi. kami pun berangkat dari penginapan dengan menggunakan tuk2 yang sudah kami pesan sehari sebelumnya.

air port disiem reap tidak terlalu besar, malah kecil untuk ukuran sebuah international air port. yang bikin kita kaget untuk air port tax-nya aja di sini kita harus membayar cukup mahal 25 usd.

pukul 02.00 siang kita pun tiba di kuala lumpur LCCT, dari sini kita naik bis menuju KL sentral. dari sini kita menuju pasar seni menggunakan MRT untuk mencari penginapan di petaling.

kita memang tidak ada rencana untuk mengunjungi kota ini. kota ini merupakan kota transit bagi kita yang esok harinya kita kembali ke jakarta dengan penerbangan siang

hari 30
hari ini kita beragkat dari penginapan sekitar jam 09.00 pagi untuk kembali ke LCCT mengejar pesawat siang menuju jakarta. setelah perjalanan selama sebulan pun akhirnya kita kembali ke jakarta sekitar sore hari. berakhir pulalah perjalanan sebulan ini.

thanks buat agan2 yang sudah menyempatkan waktu buat baca ^^
S7P - 01/05/2012 04:44 PM
#40

Iya gan ane udah kontek sama sinh tourist itu mengenai tiket busnya. Yang ane mau tanya gan mengenai di Nha Trang itu, bisa ngga kalo dari tempat stop bus nya itu kita ke tempat yang agan kunjungin (long son pagoda dan Po Nagar Cham Towers) sendiri? Jadi ada petunjuknya ato apa ngga gan? Soalnya kan itu di Vietnam most of them ngga terlalu familiar sama english jg kan?
Page 2 of 6 |  < 1 2 3 4 5 6 > 
Home > LOEKELOE > TRAVELLERS > Mancanegara > FR: perjalanan sebulan vietnam, laos , kamboja.