EDUCATION
Home > CASCISCUS > EDUCATION > [WTA] Arti pengaruh Simultan dan Parsial?
Total Views: 12761

Kootaro Minami - 19/02/2009 02:30 AM
#1
[WTA] Arti pengaruh Simultan dan Parsial?
Maaph om, kalo gw nanya yg agak2 oot nih..
Gw kan lagi proses penyusunan skripsi, nah gw ada sedikit terkendala dengan istilah pengaruh simultan dan pengaruh parsial

Arti dari kedua istilah diatas apaan yah sob..


Gw nanyanya serius ini, makanya gw post di forum edu..

Help me pliiis
wendigun - 26/02/2009 11:08 AM
#2

Quote:
Original Posted By Kootaro Minami
Maaph om, kalo gw nanya yg agak2 oot nih..
Gw kan lagi proses penyusunan skripsi, nah gw ada sedikit terkendala dengan istilah pengaruh simultan dan pengaruh parsial

Arti dari kedua istilah diatas apaan yah sob..


Gw nanyanya serius ini, makanya gw post di forum edu..

Help me pliiis


skripsi apa dulu ni? dalm kontex apa mksdny kuliah km
mercy13019 - 26/02/2009 11:25 AM
#3

kalo parsial tuh pake uji t, ini buat neliti pengaruh tiap variabel independen terhadap variabel dependennya
kalo simultan pake uji F, ini buat neliti pengaruh seluruh variabel independen terhadap variabel dependennya

sori kalo sotoy, maklum masih newbie
ta mo - 25/02/2010 09:40 PM
#4

ane jg pingin tahu
Mussolini 45 - 25/02/2010 10:04 PM
#5

first of all, semua kembali ke hipotesis penelitian anda. kalau anda menggunakan pengaruh simultan dan parsial, berarti topik skripsi anda adalah analisis pengaruh satu atau lebih variabel bebas terhadap variabel terikatnya.

pengaruh simultan sendiri seperti yg dikatakan agan Mercy diatas adalah pengaruh yang ditimbulkan oleh variabel2 bebas jika digabungkan terhadap variabel terikat. dalam istilah statistik pengaruh simultan sendiri digambarkan dengan uji F. sedangkan dalam konteks hipotesis penelitian, pengaruh simultan ditunjukkan dengan hipotesis yg kurang lebih seperti ini :
" variabel bebas 1 dan variabel bebas 2 secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel terikat"
signifikan atau tidaknya pengaruh tsb nampak dari hasil uji F statistik. jika F hitung > F tabel atau F hitung < -F tabel, maka = signfifikan.

sedangkan pengaruh parsial merupakan pengaruh yang ditimbulkan oleh variabel2 bebas secara terpisah/sendiri2 thdp variael terikat. dalam statistik pengaruh parsial digambarkan dengan uji t. dalam konteks hipotesis, pengaruh parsial ditunjukkan dengan pernyataan hipotesis yg kurang lebih spt ini :
" variabel bebas 1 memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel terikat".
signifikan atau tidaknya pengaruh tsb nampak dari hasil uji t statistik. jika t hitung > t tabel atau F hitung < -t tabel, maka = signfifikan.
danzvet - 25/02/2010 10:06 PM
#6

newbie coba bantu pemahaman gan..

Uji parsial : uji yang dilakukan untuk melihat pengaruh dari masing2 variabel independen terhadap variabel dependen..Ex : pengaruh variabel X1 terhadap Y
Signifikansi uji parsial dilhat dari signifikansi Uji t-statistik atau z-statistik

Uji simultan : uji yang dilakukan untuk melihat apakah secara bersama-sama/serempak (simultan) variabel independen berpengaruh terhadap variabel dependen..Lazim menngunakan uji F-statistik..
ILoveFashion - 16/05/2010 02:16 PM
#7

ooowww......
wah bnr2 pencerahan bagiku neh...
aq jg lagi nyusun skripsi...hehe
jd tau neh maw ngrumusin masalah apa.hehe
asliatjeh - 27/10/2010 12:35 PM
#8

Quote:
Original Posted By Mussolini 45
first of all, semua kembali ke hipotesis penelitian anda. kalau anda menggunakan pengaruh simultan dan parsial, berarti topik skripsi anda adalah analisis pengaruh satu atau lebih variabel bebas terhadap variabel terikatnya.

pengaruh simultan sendiri seperti yg dikatakan agan Mercy diatas adalah pengaruh yang ditimbulkan oleh variabel2 bebas jika digabungkan terhadap variabel terikat. dalam istilah statistik pengaruh simultan sendiri digambarkan dengan uji F. sedangkan dalam konteks hipotesis penelitian, pengaruh simultan ditunjukkan dengan hipotesis yg kurang lebih seperti ini :
" variabel bebas 1 dan variabel bebas 2 secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel terikat"
signifikan atau tidaknya pengaruh tsb nampak dari hasil uji F statistik. jika F hitung > F tabel atau F hitung < -F tabel, maka = signfifikan.

sedangkan pengaruh parsial merupakan pengaruh yang ditimbulkan oleh variabel2 bebas secara terpisah/sendiri2 thdp variael terikat. dalam statistik pengaruh parsial digambarkan dengan uji t. dalam konteks hipotesis, pengaruh parsial ditunjukkan dengan pernyataan hipotesis yg kurang lebih spt ini :
" variabel bebas 1 memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel terikat".
signifikan atau tidaknya pengaruh tsb nampak dari hasil uji t statistik. jika t hitung > t tabel atau F hitung < -t tabel, maka = signfifikan.


thnkz gan , kaskus emg mantap euy :thumbup
nyamuk88 - 01/11/2010 01:20 AM
#9

jadi pengen kuliah lagi...arek uk petra longor2...hehehe
somatt - 22/03/2011 10:45 AM
#10

ikutan numpang tanya gan, apakah data hasil parsial bisa berubah manjadi simultan???
tqaluphdan - 25/10/2011 12:40 AM
#11

wah pas banget ini..
pencerahan lagi revisi bab 1.. heheheh
thx ya gan
Home > CASCISCUS > EDUCATION > [WTA] Arti pengaruh Simultan dan Parsial?