Racing / Balap
Home > LOEKELOE > SPORTS > Racing / Balap > forum Khusus grasstrack--majukan dunia grastrack tanah air
Total Views: 329209
Page 8 of 348 | ‹ First  < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 >  Last ›

satria_silver - 27/09/2009 11:36 PM
#141

hasil lombanya td gmn gan????
ZarCK - 01/10/2009 08:26 AM
#142

cumn juara 5 thok kelas 4 tak senior...lagi apes.di domplang

di kandangan temanggung juga sama.juara 5 kelas FFA

komidUn - 02/10/2009 03:09 AM
#143

Quote:
Original Posted By ZarCK
Tangan Sutikno (50) belepotan sabun merah muda. Ia mengoleskan sabun itu ke bagian bawah tangki sepeda motor yang bocor. Sekitar 30 menit, tangki sudah oke dan bisa diisi bensin. Kemudian ia melesat ke arena balap lintasan rumput.

Itulah suasana di sirkuit (paddock) pada seri terakhir kejuaraan daerah grasstrack yang disponsori produsen ban Comet di Sirkuit Taman Ria Gagarajy, Kecamatan Jatitujuh, Majalengka, . Di pinggir lintasan, sekitar 5.000 penonton bersorak saat jagoannya menyalip pembalap lain.

Penonton juga harus waspada kalau-kalau ada motor yang nyelonong keluar lintasan menuju ke arah mereka. Maklum, batas keamanan hanya ditandai oleh bentangan pita plastik. Padahal, kecepatan motor bisa mencapai 55 kilometer per jam.

Panjang lintasan di sirkuit itu sekitar 1,5 kilometer. Pembalap di kelas pemula harus melahap kelokan dan rintangan sebanyak tiga putaran. Yang lebih berpengalaman harus berputar-putar sebanyak enam kali. Rintangannya berupa gundukan tanah dengan tinggi sekitar 0,5-1 meter.

Sepintas, motor yang digunakan di grasstrack ini sama dengan motor yang dipakai di motokros. Namun, mesin di balapan grasstrack memakai mesin motor yang biasa dipakai di jalan raya, baik motor jenis bebek atau sport.

Selain mesin, kerangka utama juga masih memakai kerangka motor yang masih asli. Mekanik tim biasanya menambah lonjoran besi di lekukan sasis utama sebagai penahan tekanan saat melakukan pendaratan setelah melibas rintangan.

Sutikno, Manajer The Flowers Lembang, mulai membalap grasstrack sejak 1974. Karena prestasinya, ia ditarik bekerja di Bank BTPN cabang Subang. Kini, kemampuan membalapnya diwariskan kepada tiga anaknya, Irwan, Irfan Tikno, dan Irsan Tikno. Seni modifikasi

Kreativitas pembalap dan mekanik tim dalam membentuk motor diperlukan. Sebab, tidak ada pabrik motor yang khusus membuat motor untuk grasstrack. Berbeda dengan motokros yang motornya mudah didapat, tetapi harganya paling tidak Rp 40 juta per unit.

Untuk mengubah motor bebek standar menjadi motor "trail" dibutuhkan biaya minimal Rp 4 juta, antara lain untuk membeli ban khusus lintasan lumpur (Rp 1 juta), pemasangan besi tambahan di kerangka utama (Rp 500.000), dan mengutak-atik blok mesin (Rp 2,5 juta). Salah satu motor milik Sutikno adalah motor bebek bermerek Yamaha Force 1 tahun 2004. Ia menambah kapasitas mesin dari 110 cc menjadi 130 cc.

Kreativitas itulah yang menarik minat pembalap Tommy "MJ" Amijaya (18) untuk menekuni balapan ini. Ia adalah pembalap asal Kabupaten Sumedang yang menjadi juara umum di kategori pembalap yunior. "Bagi saya, memodifikasi motor itu bagian dari seni," ujar siswa kelas III SMA Negeri 1 Damaraja, Sumedang, ini. Balapan rakyat

Sejumlah pengurus Ikatan Motor Indonesia Provinsi Jabar menganggap grasstrack sebagai balapan rakyat. Pasalnya, harga motor lebih murah dibandingkan dengan harga motor untuk motokros (special engine). "Pesertanya adalah pemuda sekitar sirkuit yang ingin menjadi pembalap tetapi dengan modal pas-pasan," ujar Usep Garnita, Kepala Bagian Humas IMI Jabar.

Kreativitas menjadi semangat bagi orang yang terlibat dalam balapan jenis ini, yaitu dari penggunaan sabun untuk menambal kebocoran tangki bensin, plakban berwarna coklat untuk melindungi saringan udara mesin dari sumbatan lumpur, hingga mengundang perempuan semampai dari Kota Bandung untuk memayungi pembalap dari sinar matahari.

waaww...gagarajy tempatnya luas gan,parkir luas juga,,,cuman jauh kemana-mana,,pom bensin jauh perkotaan juga jauh...lokasinya arah utara kota majalengka,pokonya jl alternatif dari majalengka ke indramayu nih....
ZarCK - 02/10/2009 06:50 AM
#144

preview GRASSTRACK DOMPLANG AMBARAWA JATENG















ZarCK - 02/10/2009 06:55 AM
#145

ikuti grasstrack gringsing weleri jawa tengah
sirkuit KAYU MANIS
tgl 3-4 okt
ZarCK - 02/10/2009 07:08 AM
#146

numpang iklan yah :

Buat tuner2 yang mau oprek kendaraan khususnya di bagian noken as kini

tidak perlu repot. karena telah hadir mesin khusus buat bubut noken as

Mesin ini merupakan salah satu inovasi di bidang mekanikal

mesin bubut ini khusus buat noken as atau bahasa tekniknya camshaft buat kend roda 2

Dengan bentuk yang kecil hanya 30 x 30 cm sehingga mudah untuk dibawa

kemana2

mungkin di kota2 laen ada yang seperti ini tapi belum tentu bisa seakurat mesin bubut made in:

TAMATECH PRODUCT

klo minat bisa Pm saya

trms atas perhatiannya buat para juragan sekalian

foto penampakan mesin





buat tuner2 yang berminat bisa hub via PM

trm atas perhatiannya

GMX motor - 02/10/2009 12:37 PM
#147
part modif grasstrack
halo untuk semua pecinta grasstrack, untuk yang membutuhkan part modificasi grass track bisa dilihat di http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2423414

trims
gmx
GMX motor - 02/10/2009 02:01 PM
#148

Quote:
Original Posted By ZarCK
buat juragan2 sekalain

bisa di bantu nyarikan inpo yg box filter YZ80 kyk di gambar ini???






kita banyak pak box filter yz80/85 harga 800.000, seperti foto tersebut, thread kita http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2423414



trims
gmx
GMX motor - 02/10/2009 02:14 PM
#149
Shock belakang dual shock untuk kelas grasstrack
Halo grasstrack

INFORMASI SHOCK BELAKANG UNTUK GRASSTRACK YANG MEMPUNYAI REBOUND YANG NYAMAN DAN DESAIN PEFORMA KHUSUS UNTUK MEDAN OFFROAD,

REDWING SHOCK DUAL SHOCK , DIKLAIM MEMPUNYAI KINERJA SEPERTI MONO SHOCK SE/TRAIL,

RED WING DUAL SHOCK MEMPERGUNAKAN SYSTEM TEKANAN OLI, SEPERTI KINERJA SHOCK UPSIDE DEPAN MOTORCROSS, PANJANG 350MM, DAN MEMPUNYAI 5 SETTINGAN REBOUND.

REDWING DUAL SHOCK INI SEBENARNYA ADALAH DI PRODUKSI UNTUK MENGGANTI SHOCK BELAKANG TRAIL LAMA SEPERTI MX, DLL, YANG SHOCK ASLI DARI TRAIL LAMA TERSEBUT SANGATLAH SUSAH DICARI KARENA SUDAH TIDAK DI PRODUKSI LAGI, OLEH MAKA ITU REDWING INI MEMANG DIPRODUKSI DAN DIDESAIN KHUSUS UNTUK MEDAN OFFROAD.

UNTUK LEBIH JELAS BISA MENGHUBUNGI KITA http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2423414

GMX motor - 02/10/2009 02:14 PM
#150
Pengapian asia dan usa
halo grasstrack
informasi bagi yang menggunakan magnet ( pengapian ) racing ( se yz,kx,cr,rm,ktm), pengapian ada 2 versi asia dan usa/eropa , dan kabanyakan yang di jual di indonesia adalah asia, dan sangat jauh kualiatas dan peformanya dengan usa, keduanya menggunakan licenci made in japan, tetapi hati2 karena sangat berbeda asia dan usa, dari bentuk fisik, harga maupun peforma. Trims
ZarCK - 02/10/2009 10:23 PM
#151

Quote:
Original Posted By GMX motor
halo grasstrack
informasi bagi yang menggunakan magnet ( pengapian ) racing ( se yz,kx,cr,rm,ktm), pengapian ada 2 versi asia dan usa/eropa , dan kabanyakan yang di jual di indonesia adalah asia, dan sangat jauh kualiatas dan peformanya dengan usa, keduanya menggunakan licenci made in japan, tetapi hati2 karena sangat berbeda asia dan usa, dari bentuk fisik, harga maupun peforma. Trims


Quote:
Original Posted By GMX motor
Halo grasstrack

INFORMASI SHOCK BELAKANG UNTUK GRASSTRACK YANG MEMPUNYAI REBOUND YANG NYAMAN DAN DESAIN PEFORMA KHUSUS UNTUK MEDAN OFFROAD,

REDWING SHOCK DUAL SHOCK , DIKLAIM MEMPUNYAI KINERJA SEPERTI MONO SHOCK SE/TRAIL,

RED WING DUAL SHOCK MEMPERGUNAKAN SYSTEM TEKANAN OLI, SEPERTI KINERJA SHOCK UPSIDE DEPAN MOTORCROSS, PANJANG 350MM, DAN MEMPUNYAI 5 SETTINGAN REBOUND.

REDWING DUAL SHOCK INI SEBENARNYA ADALAH DI PRODUKSI UNTUK MENGGANTI SHOCK BELAKANG TRAIL LAMA SEPERTI MX, DLL, YANG SHOCK ASLI DARI TRAIL LAMA TERSEBUT SANGATLAH SUSAH DICARI KARENA SUDAH TIDAK DI PRODUKSI LAGI, OLEH MAKA ITU REDWING INI MEMANG DIPRODUKSI DAN DIDESAIN KHUSUS UNTUK MEDAN OFFROAD.

UNTUK LEBIH JELAS BISA MENGHUBUNGI KITA http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2423414



bantu review detailnya donk...biar penggemar grasstrack disini bertambah ilmunya???
satria_silver - 03/10/2009 12:18 AM
#152

Quote:
Original Posted By GMX motor
halo grasstrack
informasi bagi yang menggunakan magnet ( pengapian ) racing ( se yz,kx,cr,rm,ktm), pengapian ada 2 versi asia dan usa/eropa , dan kabanyakan yang di jual di indonesia adalah asia, dan sangat jauh kualiatas dan peformanya dengan usa, keduanya menggunakan licenci made in japan, tetapi hati2 karena sangat berbeda asia dan usa, dari bentuk fisik, harga maupun peforma. Trims


ditunggu inpong nya yah...biar tambah pengalaman klo pke nih barang

GMX motor - 03/10/2009 12:20 AM
#153

Quote:
Original Posted By zarck
bantu review detailnya donk...biar penggemar grasstrack disini bertambah ilmunya???

kita bisa memikirkan secara logika, kenapa dari bidang outomotive seperti cross selalu dari usa, eropa ( bule ) yang nampaknya dangat dominan terkenal dan menjuarai, dan asia selalu seperti tengelam di mata dunia, itu semata2 bukan hanya drivernya, tetapi teknologi juga, kalau berbicara soal driver indonesia juga sangat banyak yang mempunyai potensi tinggi, driver indonesia mempunyai kelebihan adalah fisik yang kuat dan dalam soal medan offroad sudah merupakan perjalanan sehari2 karena indonesia mempunyai banyak medan offroad yang alami, perdesaan, perbukitan, hutan2, hanya sangat disayangkan teknologi atau toolnya yang kurang. Kurang dalam arti juga banyak yang memalsukan part, kita kebanyakan hanya bicara soal part trail, part se, tetapi tidak mengerti tentang se atau trail, mana part yang asli dan mana part yang benar2 asli oem, seperti contohnya magnet atau pengapian dan carburetor atau part lainnya, seperti contohnya diindonesia banyak yang menjual pengapian yz125 untuk modificasi grasstrack, harga baru 4,5 juta, itu sebenarnya sangat mustahil pengapian baru 4,5 juta 1 set, untuk lebih detailnya mingkin para grasstrack dikaskus ini bisa membrowsing dari situs resminya, seperti www.yamaha.com atau yang lainnya.

Kita berani berbicara begini karena memang kita mempunyai bukti yang akurat dan memang dari sumber yang terpecaya, ternyata memang perbedaan baik dari fisik dan peforma sanga berbeda, bila membeli baru contiohnya pengapian yz125, di usa di tawarkan kepada kita option magnetnya, mau yang berapa beratnya, karena optionnya ada 3 bobot magnet, dan lain2, yang kebanyakan dijual diindonesia kebanyakan adalah rakitan thailand atau malaysia, hanya mengambil di beri made in japan saja, tidak logika bila harga dibawah dealer resmi sampai 100%, kecuali black market atau hacker x.

seperti halnya dengan freestyle, kita banyak mengira shock depan mereka adalah kompertisi ( ohlin ), dsbnya, sebenarnya tidak, rata2 mereka mempergunakan shock oem hanya disetting ulang saja, mereka tetap mempergunakan part oem ( bawaan motor ).
sumber dari crosser usa langsung, karena kebetulan kita pernah kerja di georgia covington usa di suatu toko yang menjual part motor
GMX motor - 03/10/2009 12:27 AM
#154

Quote:
Original Posted By zarck
bantu review detailnya donk...biar penggemar grasstrack disini bertambah ilmunya???

untuk schock belakang, mungkin para crosser di forum ini pernah mendengar atau sekarang mempergunakan shock kyb fgs merah atau biru, karena kita lihat banyak yang mempergunakan shock kyb fgs, sebenarnya kenapa kita harus mempergunakan shock kyb seperti itu, kan shock tersebut desain untuk street , bawaan yamaha xjr400 dan cb400sf, memang shock tersebut ( kyb gfs ) mempunyai settingan seperti shock asli trail, tetapi bagaimanapun juga tidak bisa disamakan dengan trail, bila kita mencoba jump 9 meter keatas, dan tidak akan bertahan lama.
Shock red wing adalah shock dengan system oli, kita bisa memasukan oli menurut keinginkan kita di tempatnya, bisa dilihat difoto, system kerjanya seperti shock upside trail, mempergunakan system oli, di usa dikenal dengan rear twin shock vintage dirtbike
GMX motor - 03/10/2009 12:46 AM
#155

Quote:
Original Posted By satria_silver
ditunggu inpong nya yah...biar tambah pengalaman klo pke nih barang


kalau mengiginkan pengapian peforma yan lebih tinggi lagi dari oem trail ( yz. rm, cr, kx, ktm ) bisa mempergunakan pengapian aftermarket PVL, PVL mempunyai 2 option manual dan digital, kalau harga memang dibawah oem USA, tetapi kalau soal peforma menurut ahlinya sich lebih bagus, sebenarnya PVL juga diproduksi untuk mengganti pengapian motor trail lama, yang memang ada beberapa motor lama partnya sudah tidak diproduksi lagi
ZarCK - 04/10/2009 10:02 AM
#156

Quote:
Original Posted By GMX motor
Kita berani berbicara begini karena memang kita mempunyai bukti yang akurat dan memang dari sumber yang terpecaya, ternyata memang perbedaan baik dari fisik dan peforma sanga berbeda, bila membeli baru contiohnya pengapian yz125, di usa di tawarkan kepada kita option magnetnya, mau yang berapa beratnya, karena optionnya ada 3 bobot magnet, dan lain2, yang kebanyakan dijual diindonesia kebanyakan adalah rakitan thailand atau malaysia, hanya mengambil di beri made in japan saja, tidak logika bila harga dibawah dealer resmi sampai 100%, kecuali black market atau hacker x.

seperti halnya dengan freestyle, kita banyak mengira shock depan mereka adalah kompertisi ( ohlin ), dsbnya, sebenarnya tidak, rata2 mereka mempergunakan shock oem hanya disetting ulang saja, mereka tetap mempergunakan part oem ( bawaan motor ).
sumber dari crosser usa langsung, karena kebetulan kita pernah kerja di georgia covington usa di suatu toko yang menjual part motor


biru: kasih contoh donk perbedaan dari ke tiga opsi tersebut. menurut beratnya yang berakhir di performance itu sendiri
hijau : klo ini saya setuju.lebih prefer ke OEM. drpd pke abal2

Quote:
Original Posted By GMX motor
untuk schock belakang, mungkin para crosser di forum ini pernah mendengar atau sekarang mempergunakan shock kyb fgs merah atau biru, karena kita lihat banyak yang mempergunakan shock kyb fgs, sebenarnya kenapa kita harus mempergunakan shock kyb seperti itu, kan shock tersebut desain untuk street , bawaan yamaha xjr400 dan cb400sf, memang shock tersebut ( kyb gfs ) mempunyai settingan seperti shock asli trail, tetapi bagaimanapun juga tidak bisa disamakan dengan trail, bila kita mencoba jump 9 meter keatas, dan tidak akan bertahan lama.
Shock red wing adalah shock dengan system oli, kita bisa memasukan oli menurut keinginkan kita di tempatnya, bisa dilihat difoto, system kerjanya seperti shock upside trail, mempergunakan system oli, di usa dikenal dengan rear twin shock vintage dirtbike


knapa tidak bisa bertahan lama?
mksd nya bertahan lama itu brp lama?
punya tmn saya yang hampir tiap minggu ikut event blm pernah sama sekali rusak.pdhl dari thn 2007.
kelebihan dari penggunaan system oli itu apa?

GMX motor - 04/10/2009 11:29 AM
#157

Quote:
Original Posted By ZarCK
biru: kasih contoh donk perbedaan dari ke tiga opsi tersebut. menurut beratnya yang berakhir di performance itu sendiri
hijau : klo ini saya setuju.lebih prefer ke OEM. drpd pke abal2



knapa tidak bisa bertahan lama?
mksd nya bertahan lama itu brp lama?
punya tmn saya yang hampir tiap minggu ikut event blm pernah sama sekali rusak.pdhl dari thn 2007.
kelebihan dari penggunaan system oli itu apa?



ok, kita bahas tentang magnet dulu, yang dimaksud dengan opsi oem USA adalah mempunyai 3-6 pilihan bobot magnet, ( baru ) untuk lebih jelasnya bisa membuka http://partsfinder.onlinemicrofiche.com/cycleparts/Kawasaki_OEM/KawasakiDB.asp?Type=13&A=74&B=23
bisa melihat list harga rotor opt, disana ada 6 pilihan option, dari 3,8kg-5,9 kg, ( untuk kawasaki kx125 ), secara logika semangkin ringan magnet, perputaran mesin makin cepat, dan pengapian makin besar, sehingga pembakaran bisa sempurna dan kinerja mesin untuk putaran bawah ke menengah bisa maksimal atau cepat ( grasstrack atau offroad kabanyakan hanya main di putaran bawah ke menengah kecuali open wide circuit) dan dengan dimaksud peforma berbeda yang seperti kita jelaskan diatas adalah rpm dan pengapiannya memang sempurna dan lebih besar ( RPM) dari asia region

dan untuk masalah schock digaris bawahi informasi kita diatas adalah jump 6-9 meter keatas, dan kelebihan dari system oli, seperti shock depan bawaan se (upside atau teleskopik ), dan memiliki jarak rebound yang cukup panjang 90mm ( fgs merah memiliki rebound 82,5 mm) melebihi fgs merah dan tentunya lebih stabil waktu jump, double top, high top dan di korner yang tidak rata, shock belakang SE atau trail memiliki kelebihan downnya cepat dan up slow, dan shock redwing juga memiliki kinerja yang sama karena menggunakan system oli seperti pompa hidrolik, dan intinya adalah kinerja diatas fgs merah dan harga dibawah atau sama dengan fgs biru,

trims
gmx
ZarCK - 06/10/2009 07:08 AM
#158

Quote:
Original Posted By GMX motor
ok, kita bahas tentang magnet dulu, yang dimaksud dengan opsi oem USA adalah mempunyai 3-6 pilihan bobot magnet, ( baru ) untuk lebih jelasnya bisa membuka http://partsfinder.onlinemicrofiche.com/cycleparts/Kawasaki_OEM/KawasakiDB.asp?Type=13&A=74&B=23
bisa melihat list harga rotor opt, disana ada 6 pilihan option, dari 3,8kg-5,9 kg, ( untuk kawasaki kx125 ), secara logika semangkin ringan magnet, perputaran mesin makin cepat, dan pengapian makin besar, sehingga pembakaran bisa sempurna dan kinerja mesin untuk putaran bawah ke menengah bisa maksimal atau cepat ( grasstrack atau offroad kabanyakan hanya main di putaran bawah ke menengah kecuali open wide circuit) dan dengan dimaksud peforma berbeda yang seperti kita jelaskan diatas adalah rpm dan pengapiannya memang sempurna dan lebih besar ( RPM) dari asia region

dan untuk masalah schock digaris bawahi informasi kita diatas adalah jump 6-9 meter keatas, dan kelebihan dari system oli, seperti shock depan bawaan se (upside atau teleskopik ), dan memiliki jarak rebound yang cukup panjang 90mm ( fgs merah memiliki rebound 82,5 mm) melebihi fgs merah dan tentunya lebih stabil waktu jump, double top, high top dan di korner yang tidak rata, shock belakang SE atau trail memiliki kelebihan downnya cepat dan up slow, dan shock redwing juga memiliki kinerja yang sama karena menggunakan system oli seperti pompa hidrolik, dan intinya adalah kinerja diatas fgs merah dan harga dibawah atau sama dengan fgs biru,

trims
gmx


nice inpo

adakah yang bisa di bahas lagi??
mungkin di sektor ketahanan mesin ato apa gtu??
mq mq centil - 06/10/2009 07:23 AM
#159

MORNING all
GMX motor - 06/10/2009 01:10 PM
#160

Quote:
Original Posted By ZarCK
nice inpo

adakah yang bisa di bahas lagi??
mungkin di sektor ketahanan mesin ato apa gtu??

kalau masalah ketahanan mesin menurut kita hanya main di oli saja, oli yang benar-bagus, seperti oli motul offroad, belrey, silkolene, yang asli usa, jangan yang abal2, karena grasstrack kan hanya main diputaran bawah kemenengah, kalau putaran ataas ( top speed ) jangat jarang, dan kinerja mesin memang sangat berat naik turun, tidak sama dengan roadrace yang mesinnya bekerja naik terus, apalagi bila medan sircuitnya lumpur dan pasir, dan tegantung juga dari kita modificasi mesinnya, apalagi mesin 2 stroke, lebih mudah lagi, karena modificasi mesin untuk grasstrack berbeda dengan roadrace, asal udah pas settingan bawah saja. karena grasstrack atau offroad yang dibutuhkan adalah 50% driver, 30% struktur motor ( mulai dari body sampai kaki2) dan 20% mesin, dan disini terlihat kalau struktur motor lebih banyak dibutuhkan dari pada kebutuhan mesin, kalau mesin dibutuhkan bagus di putan bawah- menengah saja. dan secara logika, mengapa dari panitia atau juri race tidak kadang tidak diperbolehkan menggunakan frame asli se, atau shock belakang tidak boleh diganti monoshock kalau mesin yang di pakai aslinya dual shock, dari situ kita bisa menilai kalau struktur motor memang sangat menentukan di dalam grasstrack dari pada mesin, trims
Page 8 of 348 | ‹ First  < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 >  Last ›
Home > LOEKELOE > SPORTS > Racing / Balap > forum Khusus grasstrack--majukan dunia grastrack tanah air