Sains & Teknologi new
Home > CASCISCUS > EDUCATION > Sains & Teknologi new > [BIOLOGI] Yuk kenalan sama Terumbu Karang (coral reef)
Total Views: 1387
Page 1 of 4 |  1 2 3 4 > 

monikaruwaimana - 19/06/2012 11:37 AM
#1
[BIOLOGI] Yuk kenalan sama Terumbu Karang (coral reef)


Agan-agan pasti udah pernah denger tentang makhluk ini, minimal pas nonton tipi yang acara bahari nyelam-nyelam, biasanyal terumbu karang keliatan di backgroundnya. Bentuknya macem-macem, berwarna-warni, sehingga gak heran kadang-kadang dijuluki ekosistem tercantik. Dan negara kita adalah salah satu pemilik terumbu karang terbesar di dunia
Karena itu, agan HARUS kenalan ma yang satu ini :



Quote:

Langsung aja cekidot indeksnya :
post #1 Apasih terumbu karang itu?
post #1 Ekosistem terumbu karang
post #2 Status & Ancaman : karang kita yang malang
post #2 Upaya penyelamatan terumbu karang
post #2 Apa yang dapat Agan lakukan soal terumbu karang


Quote:

Apasih terumbu karang itu?

Quote:

Karang / Reef
Karang adalah lapisan batu keras yang terletak di bawah air. Lapisan ini bisa terbentuk karena proses sedimentasi, ataupun karena proses kehidupan.
Dari bentuk & letaknya, karang bisa dibagi jadi

[*]Fringing: tumbuh didekat pantai (Menjangan, Bali; Raja Ampat, Papua; Karimun Jawa)
[*]Barrier: tumbuh agak terpisah dari pantai (Great Barrier Reef, Aussie)
[*]Atoll: lingkaran coral yang mengelilingi laguna (Mapia, Papua; Maratua, KalTim)



Spoiler for bentuk karang



Karang yang dibentuk makhluk hidup umumnya terbentuk dari kalsium karbonat (CaCo3). Makhluk hidup yang bisa menghasilkan reef (reef building organism) ada banyak :

[*]Scleractinian sponge. Dari namanya sclera atau batu, sponge ini keras, karena bisa menumpuk kalsium karbonat. Sponge mampu membentuk karang di kedalaman yang jauh dari sinar matahari, karena tidak tergantung fotosintesis.
[*]Coralline alga, makhluk mikroskopis yang sering tidak dianggap ini ternyata memiliki fungsi penting bagi ekosistem. Berfungsi sebagai perekat dari karang2 besar lain yang mati, sehingga stabil sebagai substrat tumbuh reef building organism berikutnya. Tanpa coralline alga, karang2 pecah akan berserakan terbawa arus, tak pernah menyatu dan tak dapat ditumbuhi.
[*]Coral. Makhluk serupa anemone kecil yang berkoloni ini membentuk jaringan kalsium karbonat. Kerangka batu ini berfungsi sebagai rumah penyokong dan tempat menjangkarkan polipnya yang lemah. Diantara semua reef building organism, coral adalah yang strukturnya paling unik. Bercabang-cabang, berbentuk kipas, meja dsb.. menyediakan banyak celah bagi ikan kecil dan anakan ikan besar untuk tinggal



Selain itu, kerang, barnacleboy, dan makhluk2 bercangkang lainnya, juga membantu membangun reef. Saat mereka mati, cangkang mereka yang berserakan akan dilekatkan oleh coralline alga dan menambah volume karang.



Quote:

Terumbunya
Coral, atau terumbu, adalah pembentuk reef utama di daerah tropis. Coral adalah hewan koloni yang tersusun dari polip-polip kecil (0,05-0,5mm) serupa anemon. Coral, terutama yang membentuk terumbu 10% makanannya dari berburu, dan 90%nya dari simbiosis dengan zooxanthella.
Zooxanthella adalah alga fotosintesis kecil dalam tentakel-tentakel. Sama seperti kita yang bercocok tanam padi sebagai makanan, coral melakukan hal yang sama. Kerena itu, coral tidak bisa hidup di daerah tanpa sinar matahari yang diperlukan untuk menghidupi zooxanthella peliharaannya.

Spoiler for anatomi coral
bentuk polip coral. zooxanthellanya tinggal di tentakel


Coral ada yang mampu membentuk kerangka batu kalsium karbonat, ada yang tidak. Yang mampu membentuk kerangka batu, disebut HARD CORAL (ilmiahnya hermatypic coral/sclerectinian). Yang tidak mampu disebut SOFT CORAL (ahermatypic coral). Kado di kingdom hewan, coral termasuk antozoa (hewan bunga, bentuknya kayak bunga). Sodara coral yang juga antozoa adalah anemon laut.

Spoiler for silsilah coral di kerajaan hewan


Bentuk-bentuk coral bisa beragam banget. Ni beberapa contohnya.

[*]kayak otak – brain coral (zombie laper liatnya)
[*]kayak tanduk elk, ntu hewan yg tandunknya kayak kipas, ane juga belum pernah liat. Namanya elkhorn coral.
[*]kayak tanduk rusa – staghorn coral
[*]kayak jari - finger coral





Hewan ini juga tergolong cerewet. Kondisi lingkungannya harus memeliki spesifikasi khusus:

[*]Temperatur 24-26?C
[*]Salinitas 35ppt
[*]Air harus jernih agar cahaya bisa masuk
[*]Daerah tidak banyak sedimentasi, karena bisa mencekik polip
[*]Tidak di area pasang-surut yang terpapar udara



Cara kimpoi
Acara kimpoi terumbu karang disebut mass spawning, biasanya terjadi pada malam bulan purnama, dimana berbagai jenis coral melepaskan telur dan sperma ke air. Kadang sampe laut jadi putih dan berbuih, kayak penuh salju. Setelah pembuahan, akan terbentuk larva planula, yang berenang mencari batu, menembel dan tumbuh jadi coral baru. Selain itu coral bisa juga bereproduksi secara aseksual.






Quote:

Ekosistem terumbu karang

Quote:
Fungsinya
Terumbu karang ntu memiliki banyak fungsi yang gak kita sadari & syukuri, atau kita take for granted. Kata akuntan lingkungan, nilai coral reef di Filipina itu 1,35 milliar US$. Ntu Filipina, kaluo Indonesia yang wilayahnya lebih luas? Gak kebayang gan, duitnya banyak banget untuk beli cendol sedanau mungkin. Ini hanya beberapa contoh fungsinya :

[*]Suaka Biodiversitas – pernah denger Raja Ampat? Yup, dive spot yang lagi booming ini dijuluki titik hotspot biodiversitas yang paling “panas “. Buanyak banget spesies baru yang ditemukan disitu. Tempat ini memiliki 553 spesies coral.
[*]Perikanan – ekosistem ini merupakan tempat ikan kimpoi dan menghabiskan masa kecilnya. Kalo ekosistem ini rusak, ikan gak bisa kimpoi. Ntu mengapa daerah yang terumbu karangnya rusak jumlah tangkapan ikan juga turun.
[*]Perlindungan pantai - ekosistem trumbu karang mempunyai struktur yang kasar, sehingga bisa menahan energy gelombang, jadi bisa mencegak erosi pantai.
[*]Potensi zat biokimia baru ¬– dari biodiversitasnya yang tinggi, zat kimia yang dihasilkan makhluk2nya juga macem2. Dari zat tersebut, bisa aja ada obat HIV, atau obat kanker dll.
[*]Pariwisata – gak perlu diragukan lagi, siapa yang gak kepincut berenang-renang diatas karang yang indah? Banyak banget tempat wisata yang berbasis ekosistem coral reef sebagai daya tariknya. Contohnya, Tulamben, Bali yang pernah masuk #2 dive spot top dunia. Karangnya yang tumbuh diatas bangkai kapal perang bikin orang (kebanyakan bule sih, gak bosan datang. Bunaken, Wakatobi, Kakaban, Menjangan, Karimunjawa, semuanya wisata yang berbasis kelautan dan ekosistem terumbu karang



Quote:
Penghuninya
Nah, ini ane bingung mau nampilin apa, banyak banget soalnya. Meskipun hanya mencakup 0,1% luas lautan, ekosistem terumbu karang adalah yang paling kaya keanekaragamannya. Terumbu karang ibaratnya hutan tropis daratan. Dan coral, adalah pepohonannya. Spesies lain seperti ikan, penyu, siput, udang, bulu babi, bintang laut adah sebagian kecil dari penghuni hutan tersebut.
Beberapa gambar penghuni yang lagi nongrong di terumbu karang




Quote:

Persebarannya
Langsung cek petanya :


Terumbu karang kebayakan terletak di daerah tropis. Biasanya dibagi dalam 2 region, yaitu Atlantin & Indo-pasifik. Indonesia sendiri memiliki seperlima (18%) terumbu karang dunia seluas 85.200km2
Ada wilayah megabiodiversitas coral yang disebut Coral Triangle melingkupi Indonesia, Malaysia, Papua New Guinea, Filipina, Kepulauan Salomon dan Timor Leste. Bangga dong, ternyata sebagian besar wilayah coral triangle negara kita yang punya.

Coral triangle ini memiliki lebih dari 76% spesies (605) coral reef dunia, dan pusat biodiversitasnya ada di Kepala Burung Papua (lokasi Raja Ampat). Lebih dari 2000 spesies ikan, 7 dari 8 spesies penyu, paus biru yang merupakan mamalia terbesar, serta dugong yang hampir punah, semuanya ada disini.



monikaruwaimana - 19/06/2012 11:38 AM
#2

Quote:

Status & Ancaman

[QUOTE]
Data dari Pusat Penelitian Oseanografi (P2O) - LIPI kondisi terumbu karang di Tanah Air pada akhir 2006:
     5,2% dalam kondisi sangat baik,
24,2% persen dalam kondisi baik,
37,3% persen dalam kondisi sedang
33,1% persen dalam kondisi buruk
Sepertiga terumbu kita lagi rusak sekarang gan , dan jumlah ini bisa terus bertambah kalo kita gak peduli.

Penyebab kerusakannya ada yang karena alam, ada yang karena manusia.
Secara alami, biasanya terumbu karang rusak karena gempa, banjir, tsunami, ENSO (badai el nino), dan karena penyakit. Namun kalo penyebabnya alami, biasanya setelah 5-10 tahun akan pulih.
Kalo karena manusia, disebabkan oleh

[*]Pemancingan menggunakan bom atau racun sianida
[*]Polusi dan sedimentasi dari daratan
[*]Rekreasi berlebihan dan wisatawan nakal. Kadang miris gan, di karimun itu kapal parkir seenaknya. Gada tempat jangkar khusus, jadi jangkar dibuang asal aja kebawah. Hasilnya karang ditempat kapal parkir patah dan mati.
[*]Global warming yang membuat air laut jadi asam dan permukaannya naik, sehingga kondisi lingkungan tidak cocok lagi untuk terumbu karang hidup.




karang yang rusak warnanya jadi putih, karena proses yang disebut bleaching. Kasian gan, jadi kayak hantu putih pucat gitu (emangnya hantu putih? tau ah, gak pernah liat)
Spoiler for mekanisme coral bleaching






[QUOTE]
Kasus : Anchaster planci outbreak

Ane mau cerita tentang kasus kerusakan terumbu karang. Jadi begini gan, coral itu juga punya predator, dan salah satunya bernama Anchaster planci (crown of thorn starfish), bintang laut yang bentuknya kayak duren, banyak duri. Yang menjadi pemangsa si predator ini adalah triton, keong laut raksasa.

Spoiler for triton ma Anchaster lagi berantem

konon berantemnya bisa sampe berminggu2, dalam posisi saling mengunci. bosan kali nontonnya ya.


Si triton punya cangkang yang indah, dan akibatnya menarik pemangsa yang lebih tinggi lagi : manusia.
Triton biasanya diambil untuk keperluan dekoratif, dan bisa juga dijadiin alat music (kyk trompet gitu).

Pengambilan berlebihan bikin populasi triton turun, dan mangsanya yaitu bintang laut berduri menjadi banyak, dari yang normal
monikaruwaimana - 19/06/2012 11:39 AM
#3

q & a

Spoiler for relung ekologis dan habitat coral

Quote:
Quote:
Original Posted By afifapip

Quote:
hewan ini juga tergolong cerewet. Kondisi lingkungannya harus memeliki spesifikasi khusus:
– temperatur 24-26?c
– salinitas 35ppt
– air harus jernih agar cahaya bisa masuk
– daerah tidak banyak sedimentasi, karena bisa mencekik polip
– tidak di area pasang-surut atau terpapar udara

kalo boleh tau kenapa ya harus seperti ini?


penjelasannya, semua makhluk hidup itu punya ecological niche (relung ekologis), atau bahasa lazimnya habitat gan. Niche ini tempat dan kondisi dimana makhluk hidup bisa hidup, dan niche itu punya batasan seperti cahaya, ph, suhu, kelembaban dll. Dan tiap makhluk hidup punya niche spesial. Contoh, niche untuk taneman yaitu di tempat yang kena sinar matahari. Kado dalam gelap tumbuhan gak bisa berfotosintesis. Untuk manusia, range suhu yang enak sekitar 20-25?c. Kalo mpe 40?c kayak di gurun, dah kerasa gerah dan gak enak, kalo mpe 100?c bisa mateng gan.

Jadi yang dijelasin diatas ntu spesifikasi niche untuk si coral.

[*]temperatur 24-26?c - ini suhu optimal, suhu yang nyaman buat coral.
[*]salinitas 35ppt - ini kadar garam normal air laut, n coral juga teradaptasi dan nyaman di kondisi ini
[*]air harus jernih agar cahaya bisa masuk - cahaya penting untuk fotosintesis zooxanthella
[*]daerah tidak banyak sedimentasi, karena bisa mencekik polip - kalo polip faringnya ketutupan lumpur, sama kayak kerongkongan kita kemasukan debu, batuk2, kebanyakan bisa kecekik gan.
[*]tidak di area pasang-surut atau terpapar udara - coral kalo kelamaan kena udara (biasanya >1jam), bakal kekeringan dan mati



tapi gak semua coral spesifikasinya nichenya gitu gan, ada juga soft coral yang bisa hidup di laut dalam tanpa cahaya matahari, ada coral yang tahan suhu rada panas, ada coral yang lebi sensitif ma sedimen, dll... Beda jenis beda spesifikasi. Yang diatas ntu secara umum untuk coral reef daerah tropis.


Spoiler for kimpoi dan reproduksi aseksual coral


Quote:
Quote:
Original Posted By shuma-gorath
berapa banyak kira-kira jumlah larva planula yang dihasilkan oleh terumbu karang saat melakukan perkimpoian? Terus bagaimana mekanisme reproduksi terumbu karang secara aseksual?


jumlah telur dan sperma yang dilepaskan bisa mencapai jutaan (ane belum nemu data yang pasti, kebanyakn pake range). Kalo yang berhasil menyatu jadi planula juga banyak, bisa ribuan. Namun yang bertahan hidup sedikit, ada yang sial dimangsa ikan, salah nempel dll. Udah berhasil nempel n tumbuh aja kadang masih ditindas ma coral lain. Nasib anak2 spesies r selection, banyak yang mati muda.
[spoiler=larva planula lagi dipanen untuk budidaya]
kadang sampe penuh tu permukaan air gan. Planula ntu ukurannya kecil, sekitar 1mm, jadi bisa bayangin sekali serok ada ribuan ekor

o iya, sekali mass spawning itu gak cuma satu spesies yang kimpoi, kadang2 mpe puluhan spesies sekaligus kimpoi massal. Karena itu, spesiasi pada coral ada yang masuk tipe reticulate evolution, spesiasinya dihasilkan karena hibrid spesies yang berbeda.

Secara aseksual, ada 2 cara : Intratentacular dan extratentacular.

kalo di intra, membelah diri kayak pembelahan biner di bakteri, polip lama membelah jadi dua.
Kalo di extra, polip baru tumbuh diluar polip lama
[/spoiler]

Spoiler for taksonomi coral

Quote:
Quote:
Original Posted By aingpersib
coral itu masuk ke dalam porifera atau coelenterata?


cekidot po'on silsilahnya dimari
[spoiler=pohon filogeni]

porifera masuk di grup parazoa (yang jaringannya masih gak jelas)
coelenterata, coral, ubur dll masuknya di eumetazoa (yang jaringanya jelas)

eumetazoa yang bentuknya bulet (simetri radial) termasuk grup radiata,
contoh coral, ubur2
yang bentuknya simentri 2 sisi, masuknya di bilateria, contoh coelenterata (hewan yang punya "coel", rongga tubuh sejati), contoh lain anthropoda (serangga2an, udang2an dll), vertebrata (ikan, penyu, saya, agan)

tambahan aja, bulu babi ma bintang laut, walopun bentuknya radial, masuk di bilateria, karena pas masih larva, bentuknya bilateral. Dah dewasa aja jadi mbulet gitu.

Quote:
Quote:
Original Posted By aingpersib
jadi kesimpulannya coral itu masuk yang eumetazoa, bukan porifera yang notabene parazoa ya? Padahal strukturnya caco3 kan? Sama kayak porifera


klasifikasi porifera/non-porifera itu bukan berdasarkan struktur caco3 gan...
Struktur caco3 ntu tergolong evolusi paralel (bukan khusus 1 filum tertentu, yaitu porifera)
ternyata buanyak banget makhluk hidup yang bisa pake struktur caco3 :
Alga coralline, siput, kerang, bahkan telur ayam, pada pake struktur caco3

silaken cek lagi di bagian "apasih terumbu karang itu? - reef", disitu dijelasin bahwa makhuk laut yang membentuk caco3 berpartisipasi dalam pembentukan karang (kalo telur ayam sih bukan makhluk laut)




Quote:
Original Posted By monikaruwaimana

eh iya gan~ baru cek kitab suci terumbu karang Corals of the World, Veron.
ada millepora ma stylastrina...
terima kasih dan ingatin~
soale kalo gitu jelas2 coral bukan grup monofiletik~ beh, jadi makin rumit klasifikasnya..


Quote:

Phylum Cnidaria
Class Hydrozoa
Order Hydroidea (hydroids)
Order Milleporina* (including Genus Millepora)
Order Stylasterina* (including Genera Distichopora and Stylaster)
Class Scyphozoa (jellyfishes)
Class Cubozoa (sea wasps)
Class Anthozoa
Subclass Octocorallia
Order Helioporacea* (Heliopora coerulea)
Order Alcyonacea* (soft corals, Tubipora, sea fans and relatives)
Order Pennatulacea (sea pens)
Subclass Hexacorallia
Order Actiniaria (simple sea anemones)
Order Zoanthidia (colonial anemones)
Order Corallimorpharia (corallimorpharians)
Order Scleractinia* (true stony corals)
Order Rugosa* (Paleozoic corals)
Order Tabulata* (Paleozoic corals)
Subclass Ceriantipatharia
Order Antipatharia (black corals)
Order Ceriantharia (tube anemones)

*Groups yang beberapa atau semua spesiesnya termasuk coral




[/spoiler]

Spoiler for budidaya coral


Quote:
Quote:
Original Posted By jokiez
apakah trumbu karang bisa diperbanyak dengan cepat di tempat tertentu misal di lab :d

thx


Quote:

memperbanyak
kalo diperbanyak bisa gan, gak harus di lab. Budidaya in vitro biasanya cuma untuk tujuan penelitian, mahal soalnya kalo untuk pelestarian.
Ni alur budidaya secara seksual

1. Larva planula dikumpulin


2. Dibiakkan di akuarium/kolam, disediain substrat batu kapur. Nanti si planula bakal nempel. Yang kiri gambar planula yang nempel, dan mulai tumbuh (beberapa minggu). Yang kanan sesudah umur 9 bulan, ukurannya sekitar 3-4cm


3. Dipindahkan ke kandang laut, untuk pembesaran ma aklimatisasi (penyesuaian diri) coral ma lingkungan laut


4. Ditransplantasi ke daerah yang membutuhkan. Nempelnya bisa pake lem epoksi di daratan (koral bisa tahan kering 1 jam, pake lem yang cepat kering bisa). Dulu ane pake campuran semen putih ma lem, bisa mengeras walopun dalam air.


Quote:

mempercepat
kalo untuk mempercepat, agak susah gan, coz emang tumbuhnya lama. Tapi dengan teknologi biorock, karang yang udah ditransplant bisa tumbuh hingga 5-6 kali lebih cepat.


Quote:

kesetimbangan karbon anorganik dalam larutan, makin basa makin mudah ion karbonat terbentuk, ion karbonat ini bereaksi ma kalsium dalam air laut, membentuk kalsium karbonat yang merupakan bahan rangka terumbu karang.


ne reaksi di anoda katodanya


[spoiler=video budidaya pelestarian terumbu karang]
video budidaya coral
[youtube]xl9yzvuhr18[/youtube]
video biorock di gili trawangan
[youtube]quzfss9mcv0[/youtube]



[/spoiler]
monikaruwaimana - 19/06/2012 01:28 PM
#4

q & a

Spoiler for great barrier reef dan sunda barrier reef

Quote:
Quote:
Original Posted By islamholic
wah akhirnya ada jg yg bahas ini nih

Oiya gan, tau great barrier reef yg di ostrali gak?

Itu dari spesies hewan trumbu karang apa bukan?

Trus kenapa bisa terbentuk gitu? :


great barrier reef (gbr aja biar singkat) terkenal banget gan :d
di bagian apasih terumbu karang - reef, ada ane sebutin sekilas sebagai contoh barrier reef. Ntu cerita anchaster plancii outbreak kejadiannya juga heboh di gbr.
Gbr termasuk 7 nature wonder, dan memegang rekor struktur tunggal terbesar yang dibuat oleh makhluk idup.

[spoiler=cekidot lokasi gbr dimari]
lokasinya
Sepanjang garis yang warnanya agak item di lepas pantai itu gbr, panjangnya sekitar 2600km.


dan dari namanya "reef", jelas itu ekosistem terumbu karang, yang dibangun oleh polip2 coral yang imut berame-rame. Walopun bukan cuma ekslusif coral doang yang membangun sih, kan coraline alga ma smua2 penghuni yang punya kerangka caco3 sedikit-banyak berpartisipasi juga.

Kalo proses pembentukannya secara mendasar sama dengan barrier reef secara umum
Spoiler for pembentukan barrier reef

coral tumbuh mengelilingi pulau >- jadi fringing reef.
Karena sebab geologis (misal pula tenggelam perlahan), atau karena permukaan air laur meningkat perlahan, jadi barrier reef.


kalo sejarah pembentukan gbr (lebih ke geografis neh)

[*]50-48 mya (juta tahun lalu), coral sea basin terbentuk. Coral sea tuh laut tempat gbr sekarang berada, basinnya cekungan disebelah pantai queensland, dan konon pembentukan cekungan itu membentuk kepulauan kecil di lokasi gbr sekarang. Tapi jaman segini coralnya belum tumbuh banyak, karena lempeng benua australia letaknya masih terlalu selatan.. Airnya terlalu dingin buat coral.
[*]25 mya, lempeng benua australia yang bergeser pelan2 ke utara, akhirnya sampe di region tropis, dan coral mulai tumbu mengelilingi pulau2 di coral sea basin. Lama2 pulau ini tenggelam dikit karena muka air laut naik.
[*]di periode ini, gbr rusak dan kembali tumbuh berkali2, entah karena perumbahan muka laut, karena sedimentasi, perubahan iklim. Gbr yang rusak, masih meninggalkan batu karangnya, dan nanti dikolonisasi ma coral baru.
[*]20.000 tahun lalu gbr yang sekarang terbentuk di dasar karang yang lama.



indonesia ternyata juga punya barrier reef, yang terbesar sunda barrier reef, 630km.
Spoiler for sunda barrier reef

[/spoiler]

Spoiler for artificial reef becak di Ancol


Quote:
Quote:
Original Posted By manusiarender

FYI ane inget waktu kecil, becak di jakarta di buang ke pantai ancol
biar jadi terumbu karang.. gatau deh hasilnya

Thx buat info dari agan manusiarender. Sampai sekarang belum nemu info nasib tu becak jadi karang apa kaga.

udah ada inpohnya
Quote:
Original Posted By monikaruwaimana
Gan, ane dah dapat info soal artificial reef becak dijakarta. Narasumbernya Prof. Suharsono dari oseanografi LIPI.

Ntu programnya pemda jakarta gan. Jadi tahun 90an di jakarta sempat razia becak, n becak2 disita.
Becak2 itu bingung mau diapain ma pemda...trus cari2 alasan, yaitu dibuat jadi artificial reef di kepulauan seribu. kemudian, LIPI diminta evaluasi, tanya ke pemda gimana metode nenggelaminnya ma dimana lokasinya, malah pemda gatau apa2. Jadi ya udah gak jelas. Malah ada kecurigaan tu becak dijual lagi atau dikiloin ma pemda.. atau mungkin hanya asal ditenggelamin gada recordnya...

link artikel beritanya dari agan manusiarender ini dan ini



Spoiler for fb coral day Indonesia


Quote:
Facebook Coral Day Indonesia dari agan manusiarender juga
indonesia for coral day
ayo ikut meramaikan gan, support n kalo bisa berpartisipasi



Spoiler for global warming dan coral


Quote:
Original Posted By manusiarender

taun 2010 ane sempet ketakutan gan, pas ada berita
coral bleaching lebih dari 60% di indonesia
takut kiamat


Mass coral bleaching 2010 penyebabnya global warming

[*]Gas CO2 yang nambah banyak, larut kedalam air laut jadi asam karbonat. Efeknya kayak air soda, asam. Coral perlu lingkungan laut yang agak basa (pH air laut 7,5-8.4).. Berubahnya jadi semakin asam, bikin airnya gak sesuai lagi untuk habitat coral...
[*]perubahan iklim : badai el-nino makin sering n iklim gak jelas, sehingga fluktuasi temperatur makin tinggi.. Padahal kita tahu range suhu untuk habitat coral ntu sempit... Kalo pas suhu ekstrim kena di coral (terlalu dingin/terlalu panas), coralnya bisa bleaching.



karena itu gan, kalo kita melakukan tindakan yang mengurangi emisi gas rumah kaca, secara gak langsung kita dah berpatisipasi dalam menyelamatkan coral reef :
[/QUOTE]
afifapip - 19/06/2012 02:14 PM
#5

jangan lupa submit di tritnya ya
Quote:
Hewan ini juga tergolong cerewet. Kondisi lingkungannya harus memeliki spesifikasi khusus:
– Temperatur 24-26˚C
– Salinitas 35ppt
– Air harus jernih agar cahaya bisa masuk
– Daerah tidak banyak sedimentasi, karena bisa mencekik polip
– Tidak di area pasang-sururt atau terpapar udara

kalo boleh tau kenapa ya harus seperti ini?
Shuma-Gorath - 19/06/2012 06:45 PM
#6

Quote:
Langsung aja cekidot indeksnya :
Apasih terumbu karang itu? Terumbunya Karangnya
Ekosistem terumbu karang & penghuni2nya
Status & Ancaman : karang kita yang malang
Upaya penyelamatan terumbu karang
Do and Don’t : Apa yang dapat Agan lakukan soal terumbu karang


Hmm, threadnya belum selesai ya? Soalnya gw liat, baru ada yg "apasih terumbu karang"

Ya udah, gw nanya dulu deh yg bagian ini

Quote:
Cara kimpoi
Acara kimpoi terumbu karang disebut mass spawning, biasanya terjadi pada malam bulan purnama, dimana berbagai jenis coral melepaskan telur dan sperma ke air. Kadang sampe laut jadi putih dan berbuih, kayak penuh salju. Setelah pembuahan, akan terbentuk larva planula, yang berenang mencari batu, menembel dan tumbuh jadi coral baru. Selain itu coral bisa juga bereproduksi secara aseksual.


Berapa banyak kira-kira jumlah larva planula yang dihasilkan oleh terumbu karang saat melakukan perkimpoian? Terus bagaimana mekanisme reproduksi terumbu karang secara aseksual?
monikaruwaimana - 19/06/2012 06:58 PM
#7

Quote:
Quote:
Original Posted By afifapip

Quote:
hewan ini juga tergolong cerewet. Kondisi lingkungannya harus memeliki spesifikasi khusus:
– temperatur 24-26˚c
– salinitas 35ppt
– air harus jernih agar cahaya bisa masuk
– daerah tidak banyak sedimentasi, karena bisa mencekik polip
– tidak di area pasang-surut atau terpapar udara

kalo boleh tau kenapa ya harus seperti ini?


penjelasannya, semua makhluk hidup itu punya ecological niche (relung ekologis), atau bahasa lazimnya habitat gan. Niche ini tempat dan kondisi dimana makhluk hidup bisa hidup, dan niche itu punya batasan seperti cahaya, ph, suhu, kelembaban dll. Dan tiap makhluk hidup punya niche spesial. Contoh, niche untuk taneman yaitu di tempat yang kena sinar matahari. Kado dalam gelap tumbuhan gak bisa berfotosintesis. Untuk manusia, range suhu yang enak sekitar 20-25˚c. Kalo mpe 40˚c kayak di gurun, dah kerasa gerah dan gak enak, kalo mpe 100˚c bisa mateng gan.

Jadi yang dijelasin diatas ntu spesifikasi niche untuk si coral.

[*]temperatur 24-26˚c - ini suhu optimal, suhu yang nyaman buat coral.
[*]salinitas 35ppt - ini kadar garam normal air laut, n coral juga teradaptasi dan nyaman di kondisi ini
[*]air harus jernih agar cahaya bisa masuk - cahaya penting untuk fotosintesis zooxanthella
[*]daerah tidak banyak sedimentasi, karena bisa mencekik polip - kalo polip faringnya ketutupan lumpur, sama kayak kerongkongan kita kemasukan debu, batuk2, kebanyakan bisa kecekik gan.
[*]tidak di area pasang-surut atau terpapar udara - coral kalo kelamaan kena udara (biasanya >1jam), bakal kekeringan dan mati



tapi gak semua coral spesifikasinya nichenya gitu gan, ada juga soft coral yang bisa hidup di laut dalam tanpa cahaya matahari, ada coral yang tahan suhu rada panas, ada coral yang lebi sensitif ma sedimen, dll... Beda jenis beda spesifikasi. Yang diatas ntu secara umum untuk coral reef daerah tropis.


Quote:
Quote:
Original Posted By
berapa banyak kira-kira jumlah larva planula yang dihasilkan oleh terumbu karang saat melakukan perkimpoian? Terus bagaimana mekanisme reproduksi terumbu karang secara aseksual?


jumlah telur dan sperma yang dilepaskan bisa mencapai jutaan (ane belum nemu data yang pasti, kebanyakn pake range). Kalo yang berhasil menyatu jadi planula juga banyak, bisa ribuan. Namun yang bertahan hidup sedikit, ada yang sial dimangsa ikan, salah nempel dll. Udah berhasil nempel n tumbuh aja kadang masih ditindas ma coral lain. Nasib anak2 spesies r selection, banyak yang mati muda.
Spoiler for larva planula lagi dipanen untuk budidaya

kadang sampe penuh tu permukaan air gan. Planula ntu ukurannya kecil, sekitar 1mm, jadi bisa bayangin sekali serok ada ribuan ekor

o iya, sekali mass spawning itu gak cuma satu spesies yang kimpoi, kadang2 mpe puluhan spesies sekaligus kimpoi massal. Karena itu, spesiasi pada coral ada yang masuk tipe reticulate evolution, spesiasinya dihasilkan karena hibrid spesies yang berbeda.

Secara aseksual, ada 2 cara : Intratentacular dan extratentacular.

kalo di intra, membelah diri kayak pembelahan biner di bakteri, polip lama membelah jadi dua.
Kalo di extra, polip baru tumbuh diluar polip lama
AingPersib - 19/06/2012 08:37 PM
#8

ane boleh nanya gak gan?

coral itu masuk ke dalam porifera atau coelenterata? ane baca2 tapi masih gak mudeng
monikaruwaimana - 19/06/2012 08:43 PM
#9

Quote:
Quote:
Original Posted By AingPersib
coral itu masuk ke dalam porifera atau coelenterata?


cekidot po'on silsilahnya dimari
Spoiler for pohon filogeni

porifera masuk di grup parazoa (yang jaringannya masih gak jelas)
coelenterata, coral, ubur dll masuknya di eumetazoa (yang jaringanya jelas)

Eumetazoa yang bentuknya bulet (simetri radial) termasuk grup radiata,
contoh coral, ubur2
Yang bentuknya simentri 2 sisi, masuknya di bilateria, contoh coelenterata (hewan yang punya "coel", rongga tubuh sejati), contoh lain anthropoda (serangga2an, udang2an dll), vertebrata (ikan, penyu, saya, agan)

tambahan aja, bulu babi ma bintang laut, walopun bentuknya radial, masuk di bilateria, karena pas masih larva, bentuknya bilateral. dah dewasa aja jadi mbulet gitu
Jokiez - 19/06/2012 08:55 PM
#10

Trumbu karang habitat makhluk air yg harus dilestarikan

nanh berhubung thread ini lebih ke arah konservasi

sekarang aku mau tanya

gimana kira2 agar kita dapat melestarikan

dan apakah trumbu karang bisa diperbanyak dengan cepat di tempat tertentu misal di lab

thx
AingPersib - 19/06/2012 09:05 PM
#11

Quote:
Original Posted By monikaruwaimana


jadi kesimpulannya coral itu masuk yang eumetazoa, bukan porifera yang notabene parazoa ya? padahal strukturnya CaCO3 kan? sama kayak porifera, maaf kalau masih belum mudeng
monikaruwaimana - 19/06/2012 09:21 PM
#12

Quote:
Original Posted By Jokiez
Trumbu karang habitat makhluk air yg harus dilestarikan

nanh berhubung thread ini lebih ke arah konservasi

sekarang aku mau tanya

gimana kira2 agar kita dapat melestarikan

dan apakah trumbu karang bisa diperbanyak dengan cepat di tempat tertentu misal di lab

thx


Kalo cara pelestarian yang bisa kita lakukan sudah ane jawab beberapa di bagian "Apa yang dapat Agan lakukan soal terumbu karang" ^^
Quote:

Memperbanyak
Kalo diperbanyak bisa gan, gak harus di lab. Budidaya in vitro biasanya cuma untuk tujuan penelitian, mahal soalnya kalo untuk pelestarian.
Ni alur budidaya secara seksual

1. Larva planula dikumpulin


2. Dibiakkan di akuarium/kolam, disediain substrat batu kapur. Nanti si planula bakal nempel. Yang kiri gambar planula yang nempel, dan mulai tumbuh (beberapa minggu). Yang kanan sesudah umur 9 bulan, ukurannya sekitar 3-4cm


3. Dipindahkan ke kandang laut, untuk pembesaran ma aklimatisasi (penyesuaian diri) coral ma lingkungan laut


4. Ditransplantasi ke daerah yang membutuhkan. Nempelnya bisa pake lem epoksi di daratan (koral bisa tahan kering 1 jam, pake lem yang cepat kering bisa). Dulu ane pake campuran semen putih ma lem, bisa mengeras walopun dalam air.


Quote:

Mempercepat
Kalo untuk mempercepat, agak susah gan, coz emang tumbuhnya lama. Tapi dengan teknologi Biorock, karang yang udah ditransplant bisa tumbuh hingga 5-6 kali lebih cepat.

Spoiler for penjelasan proses biorock

copas dari blog ane

1. Ketika tegangan melewati elektroda, maka katoda akan menjadi cukup negatif untuk menarik ion hidrogen dari air laut dan menyumbangkan elektron untuk mengubah ion hidrogen menjadi gas yang akan naik ke permukaan.
2e- + 2H+ → H2(gas)

2. Dengan semakin habisnya ion hidrogen di sekitar elektroda, maka terjadi reaksi kimia:
H2CO3 → H+ + HCO3- → 2H+ + CO32-
Pada saat ion hidrogen di dekat katoda habis, berdasarkan prinsip Le Chatelier’s reaksi akan bergerak ke kanan untuk membentuk ion H pada perairan. Hal ini juga akan meningkatkan konsentrasi ion karbonat (CO32-) pada perairan. Pada akhirnya konsentrasi ion CO32- semakin besar untuk membentuk reaksi:
Ca2+ + CO32- → CaCO3 (solid)

maaf reaksi kimianya gak jelas, gak tau bikin subscript ma upperscript
Jokiez - 19/06/2012 09:23 PM
#13

Quote:
Original Posted By monikaruwaimana
...


wah oke nih penjelasannya

udah pernah lihat sih

bisa dikasih videonya ga biar lebih ngeh lagi
monikaruwaimana - 19/06/2012 09:30 PM
#14

Quote:
Original Posted By AingPersib
jadi kesimpulannya coral itu masuk yang eumetazoa, bukan porifera yang notabene parazoa ya? padahal strukturnya CaCO3 kan? sama kayak porifera, maaf kalau masih belum mudeng


klasifikasi porifera/non-porifera itu bukan berdasarkan struktur CaCO3 gan...
Struktur CaCO3 ntu tergolong evolusi paralel (bukan khusus 1 filum tertentu, yaitu porifera)
Ternyata buanyak banget makhluk hidup yang bisa pake struktur CaCO3 :
Alga coralline, siput, kerang, bahkan telur ayam, pada pake struktur CaCO3

silaken cek lagi di bagian "Apasih terumbu karang itu? - Reef", disitu dijelasin bahwa makhuk laut yang membentuk CaCO3 berpartisipasi dalam pembentukan karang (kalo telur ayam sih bukan makhluk laut)

Semoga membantu dan bisa dipahami gan.
monikaruwaimana - 19/06/2012 09:41 PM
#15

Quote:
Original Posted By Jokiez


wah oke nih penjelasannya

udah pernah lihat sih

bisa dikasih videonya ga biar lebih ngeh lagi


wah, ane malah belum pernah liat langsung gan

Ikut pembiakan karang atau biorock? dimana gan?

ane ngiler banget pengen biorock, tapi muahal berharap tahun ini mampu ngumpulin duit biar bisa nyoba.

Spoiler for video budidaya pelestarian terumbu karang

video budidaya coral
[youtube]xl9yZvUHr18[/youtube]
video biorock di gili trawangan
[youtube]QuzFss9mCv0[/youtube]

maaf gak nemu video prosesnya satu per satu ntu cuma video hasilnya

Jokiez - 19/06/2012 09:58 PM
#16

Quote:
Original Posted By monikaruwaimana
wah, ane malah belum pernah liat langsung gan

Ikut pembiakan karang atau biorock? dimana gan?

ane ngiler banget pengen biorock, tapi muahal Doain tahun ini mampu ngumpulin duit biar bisa nyoba.

Spoiler for video budidaya pelestarian terumbu karang





waduh ga tau

coba aja kontak daerah konservasi atau ke lembaga konservasi

yg pernah lihat cuma pembiakan jalak bali ma lutung
monikaruwaimana - 19/06/2012 10:02 PM
#17

Quote:
Original Posted By Jokiez


waduh ga tau

coba aja kontak daerah konservasi atau ke lembaga konservasi

yg pernah lihat cuma pembiakan jalak bali ma lutung



iya, bulan depan ane KP di bagian coral P2O Lipi, semoga dapat link ke konservasi coral

waw ~ kayaknya aktivis lingkungan ni agan, tontonannya hewan langka kimpoi

thx gan~
islamholic - 21/06/2012 08:28 AM
#18

wah akhirnya ada jg yg bahas ini nih

oiya gan, tau great barrier reef yg di Ostrali gak?

itu dari spesies hewan trumbu karang apa bukan?

trus kenapa bisa terbentuk gitu? :
monikaruwaimana - 21/06/2012 12:30 PM
#19

Quote:
Original Posted By islamholic
wah akhirnya ada jg yg bahas ini nih

oiya gan, tau great barrier reef yg di Ostrali gak?

itu dari spesies hewan trumbu karang apa bukan?

trus kenapa bisa terbentuk gitu? :


Great Barrier Reef (GBR aja biar singkat) terkenal banget gan
Di bagian Apasih Terumbu Karang - Reef, ada ane sebutin sekilas sebagai contoh barrier reef. Ntu cerita Anchaster plancii outbreak kejadiannya juga heboh di GBR.
GBR termasuk 7 Nature Wonder, dan memegang rekor struktur tunggal terbesar yang dibuat oleh makhluk idup.

Spoiler for cekidot lokasi GBR dimari

lokasinya
sepanjang garis yang warnanya agak item di lepas pantai itu GBR, panjangnya sekitar 2600km.


Dan dari namanya "reef", jelas itu ekosistem terumbu karang, yang dibangun oleh polip2 coral yang imut berame-rame. Walopun bukan cuma ekslusif coral doang yang membangun sih, kan coraline alga ma smua2 penghuni yang punya kerangka CaCO3 sedikit-banyak berpartisipasi juga.

Kalo proses pembentukannya secara mendasar sama dengan barrier reef secara umum
Spoiler for pembentukan barrier reef

coral tumbuh mengelilingi pulau >- jadi fringing reef.
karena sebab geologis (misal pula tenggelam perlahan), atau karena permukaan air laur meningkat perlahan, jadi barrier reef.


Kalo sejarah pembentukan GBR (lebih ke geografis neh)

[*]50-48 mya (juta tahun lalu), Coral Sea Basin terbentuk. Coral sea tuh laut tempat GBR sekarang berada, basinnya cekungan disebelah pantai Queensland, dan konon pembentukan cekungan itu membentuk kepulauan kecil di lokasi GBR sekarang. Tapi jaman segini coralnya belum tumbuh banyak, karena lempeng benua Australia letaknya masih terlalu selatan.. airnya terlalu dingin buat coral.
[*]25 mya, lempeng benua Australia yang bergeser pelan2 ke utara, akhirnya sampe di region tropis, dan coral mulai tumbu mengelilingi pulau2 di coral sea basin. Lama2 pulau ini tenggelam dikit karena muka air laut naik.
[*]Di periode ini, GBR rusak dan kembali tumbuh berkali2, entah karena perumbahan muka laut, karena sedimentasi, perubahan iklim. GBR yang rusak, masih meninggalkan batu karangnya, dan nanti dikolonisasi ma coral baru.
[*]20.000 tahun lalu GBR yang sekarang terbentuk di dasar karang yang lama.



Indonesia ternyata juga punya barrier reef, yang terbesar Sunda Barrier Reef, 630km.
Spoiler for sunda barrier reef

Jokiez - 21/06/2012 12:44 PM
#20

Quote:
Original Posted By monikaruwaimana
iya, bulan depan ane KP di bagian coral P2O Lipi, semoga dapat link ke konservasi coral

waw ~ kayaknya aktivis lingkungan ni agan, tontonannya hewan langka kimpoi

thx gan~


amin :angel

mau gimana lagi jurusan menuntut kek gitu, sekarang jadi seneng

udah ah nanti malah kebanyakan OOT
Page 1 of 4 |  1 2 3 4 > 
Home > CASCISCUS > EDUCATION > Sains & Teknologi new > [BIOLOGI] Yuk kenalan sama Terumbu Karang (coral reef)