Kendaraan Roda 4
Home > LOEKELOE > OTOMOTIF > Kendaraan Roda 4 > ►►Bismania-Kaskus◄◄|★★۩۞۩Keluarga Penggemar Bis۩۞۩★★
Total Views: 70680
Page 1 of 387 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›

bimakus.officer - 13/07/2012 12:38 AM
#1
►►Bismania-Kaskus◄◄|★★۩۞۩Keluarga Penggemar Bis۩۞۩★★
Izin ke pada Momod semuanya
thread ini versi Lanjutan dari thread sebelah
versi upgrade..
guna untuk menertibkan kembali thread yang ada sebelumnya
dengan izin TS dari sebelah


Quote:
[CENTER]Bismania Kaskus adalah sarana diskusi sharing pengetahuan dan berbagi Pikiran dengan menggunakan kaskus untuk menjadi media komunikasi sesama Kaskuser dan Bismania, Bismania Kaskus merupakan Penggemar salah satu dari banyaknya penggemar Bis Indonesia yang dimana disinilah mereka berekspresi , dengan adanya pecinta Bis di kaskus, kita bisa menjadikan kaskus sebagai media penyalur Hobby dan pengetahuan di bidang otomotif yaitu bis,dengan tidak hanya sekedar alat transportasi tetapi juga aneka kreasi,hobby dan informasi.

Bismania Kaskus tidak hanya sebagai sarana pemersatu antara Penggemar bis di Indonesia dengan para kaskuser atau lebih gampangnya penggemar bis yang suka berselancar di forum kaskus ini, tetapi juga berharap dapat berperan memberikan sumbangsih dan peduli untuk memajukan bangsa kita Forum tentang bis dan kemajuan kaskus, khususnya di prasarana transportasi darat, sebagai penghubung antar daerah di Indonesia dan para Kaskuser.disini menjalin hubungan sesama antara Yang awam bisa jadi tahu, yang paham jadi lebih tahu dan yang pinter harus cari tahu yang baru tentang bis

untuk bergabung dan join Group silahkan kunjungi
[SIZE="4"]

Social Group [SIZE="5"]Bimakus
ID 5050[/SIZE]


ON


Official Fans Page Bimakus

[URL="http://www.facebook.com/groups/294114803941730/?notif_t=group_r2j"]Bismania Kaskus Family

[/URL]


@BismaniaKaskus [/SIZE]
[/CENTER]





by Gian Adel

Spoiler for kopdar


Sebelumnya,

Quote:
[CENTER]

anda yang bingung terhadap BIMAKUS,
silahkan baca2 dulu yang ini..

BIMAKUS Independent Bus Lovers
[/CENTER]

     [INDENT]Index Garasi

#1 ►►Bismania-Kaskus◄◄|★★۩۞۩Keluarga Penggemar Bis۩۞۩★★
#2 Official Rules Garasi Bimakus
#3 Bus Modelling dan ATPM Bus
#4 Sejarah Bus Indonesia dan Karoseri
#5 Papan Pengumuman Garasi
#6 Kumpulan Bunting >> Bus Hunting
#7 Tips Naik Bis
#8 Registrasi dan Daftar Kru Bimakus (Verified Crew)
#9 Uncategorized Crew (Member Non Verifikasi)
#10 Kepengurusan Bismania Kaskus
#11 Trayek AKDP AKAP Jakarta
#12 Update Harga Tiket, Daftar Persahaan Bis, Terminal
#13 Sejarah Bismania Kaskus
#14 Pengenalan Chassis dan Mesin Bus 01
#15 Pengenalan Chassis dan Mesin Bus 02
#16 Greeting
#17 Istilah Dunia Perbisan
#18 Narsis Kru Bimakus & Bunting >>> Bus Hunting
#19 Paper Bus >>> Miniatur Bus
#20 Independensi Bismania kaskus[/INDENT]


sssssttttttttt ada surat cinta dari mod arrrry Surat Cinta

Quote:
Original Posted By arrrry
Sekedar mengingatkan saja

Quote:
2. Peraturan Tentang Post


[*]Isi postingan tidak boleh bersifat menyerang, memancing kerusuhan/pertengkaran, NO PORNOGRAFI + NO SARA


[*] Apabila ada masalah yang ingin diselesaikan secara pribadi, silahkan lewat PM/VM


[*] Dilarang ngejar postingan (nge JUNK) seperti Posting : absen, bumping (up/nyundul) thread tanpa ada komentar jelas (hanya gambar atau tulisan "up/sundul lagi" dan sejenisnya) thread yg berindikasi untuk berternak kloningan akan mendapatkan teruran dan atau sanksi oleh pihak moderator


[*] Dianjurkan untuk mempergunakan Quote atau Multiquote






Best Regards
Bismania Kaskus Officer
LatitudeBzt - 13/07/2012 01:07 PM
#2

Rules Official Bimakus


-----------------------------------------------------

Official Rules Garasi

[SIZE="2"][LIST]
[*]Isi Biodata terlebih Dahulu,
agar tidak ada kesalah pahaman dan saling kenal sesama kaskuser dan teman-teman Bismania kaskus

[*]Budayakan Multiquote
>>> +
towny_iowa - 13/07/2012 01:08 PM
#3

[CENTER]Bus Model

Spoiler for bus model


[spoiler=jetbus]
[spoiler=jetbus HD]

Spoiler for jetbus
[/spoiler]

Spoiler for Airport Bus

Spoiler for Marcopolo

[spoiler=New Marcopolo HD]

Spoiler for New Marcopolo
[/spoiler]

Spoiler for Aero Queen


Spoiler for Setra

[spoiler=old setra]


bokong old setra

Spoiler for new setra
[/spoiler]

Spoiler for Irizar
[spoiler=irizar]

Spoiler for irizar BY NS


bokong irizar by NS
[/spoiler]


Spoiler for neoplan


Spoiler for sprinter


Spoiler for travego

[spoiler=travego]

Spoiler for new travego

[/spoiler]


Spoiler for Ventura bt MP


Spoiler for Tourismo Bus


Spoiler for Legacy

[spoiler=legacy]

Spoiler for legacy SR
[/spoiler]

Spoiler for New Celcius


Spoiler for all about EVO
[spoiler=EVO G]

Spoiler for EVO S

Spoiler for EVO C

Spoiler for EVO X

Spoiler for evolution
[/spoiler]

Spoiler for Van Hool by AP


Spoiler for concerto


Spoiler for scorpion king


Spoiler for rombongan by Rahayu Sentosa


Spoiler for galaxy


Spoiler for jupiter li


Spoiler for jupe


Spoiler for inspiro


Spoiler for EVO
[spoiler=evonext]

Spoiler for evobus
[/spoiler]

Spoiler for Aristo


Spoiler for Genesia


Spoiler for magneto


Spoiler for proteus


Spoiler for Nucleus


Spoiler for actor


Spoiler for phoenix

new phoenix

old phoenix


Spoiler for panorama


Spoiler for comofort


Spoiler for prestise


Spoiler for caesar

kosong, akan segera di update


[/spoiler]



[COLOR="Red"]All About Logo Brand[/COLOR]

Spoiler for Logo

[spoiler=Scania]


Spoiler for Mercedez Benz


Spoiler for golden dragon





Spoiler for Volvo


Spoiler for MAN


Spoiler for Hino




Spoiler for mitshubisi


[/spoiler]

Spoiler for bonus
[/CENTER]


Quote:
Photo-photo di atas di ambil jepretannya si mbah Anjar Prasetyo aka cahbiru dan terima kasih sudah diberikan izin buat ngeshare di BiMaKus
dan saya akan up to date buat photo-photo bus nya dari albumnya
towny_iowa - 13/07/2012 01:12 PM
#4

[CENTER]sejarah bus indonesia




Spoiler for All About Bus Jadoel
Bus Mulai Masuk Indonesia Sekitar Tahun 1936.
Sedangkan soal miniatur-miniatur bus, kota Malang, Jawa Timur, merupakan produsen terbesar di Indonesia.

[spoiler=Bus perkebunan di Salatiga, Jateng]


Spoiler for Jadul. Bus ESTO (Eerste Salatigasche Transport Onderneming)


Spoiler for Jadul. Bus Parakan-Wonosobo


Spoiler for Jadul. Tumpang- Malang


Spoiler for Jadul. PO.ADAM
[/spoiler]

Ukuran Bus

Spoiler for Ukuran Bus

[spoiler=Minibus]

Spoiler for Sedang 3/4

Spoiler for Bus

[/spoiler]

Bus Clasess
Spoiler for bus class


[spoiler=Ekonomi]




Spoiler for RS ekonomi



dengan interior seat 2-2 non ac dan non toilet..


Spoiler for PatasAc Eknomi





Spoiler for VIP






Spoiler for Executive




Spoiler for Super Executive





[/spoiler][/CENTER]

Quote:
Klasifikasi berdasarkan jarak tempuh dibedakan menjadi lima. Pertama, berjarak tempuh terjauh adalah bus lintas batas negara. Belum lama ini, Indonesia baru meluncurkan bus lintas batas negara yang menghubungkan Indonesia, Malaysia, dan Brunei Darussalam. Rute bus tersebut adalah Pontianak (Indonesia), Kuching (Malaysia), dan Miri (Brunei Darussalam).
Spoiler for bus


Ada pula bus antarkota antarprovinsi (AKAP). Bus AKAP adalah angkutan dari satu kota ke kota lain yang melalui antardaerah kabupaten/kota yang melalui lebih dari satu daerah provinsi dengan menggunakan mobil bus umum yang terikat dalam trayek

Spoiler for BUs



Karoseri dan Logo Karoseri

Quote:
Karoseri berasal dari bahasa Belanda Carrosserie adalah rumah-rumah kendaraan yang dibangun diatas rangka/chasis mobil atau chasis khusus bus ataupun truk. Pada awalnya karoseri di Indonesia menggunakan rangka kayu, yang dilapisi dengan plat logam tipis. Industri ini berkembang dengan sangat pesat pada tahun 1970an, dan pada saat itu banyak mobil penumpang ataupun minibus yang dibangun dari pickup, termasuk juga pembuatan bus dari chasis truk. Sekarang hanya bus dan truk yang banyak diproduksi oleh industri karoseri disampaing kendaraan khusus seperti ambulance, pemadam kebakaran.
Teknologi baru dalam pembangunanan karoseri adalah Monocoque yang mempunyai tingkat keselamatan yang lebih tinggi serta kenyamanan yang lebih baik, dan penggunaan bahan-bahan ringan dan kuat seperti aluminium, kaca serat termasuk serat arang (Carbon fibre).
Berikut ini beberapa industri karoseri yang produknya masih ada saat ini(yang paling populer aja ya gan,banyak masalahnya)


Spoiler for all about karoseri

[spoiler=Adiputro (AP)]Adiputro telah meraih sertifikat'Excellent Product Quality' dari Mercedes-Benz Indonesia dalam proses pembuatan karoseri bus OH1518 untuk design,produksi dan bus siap kirim.
adiputro telah berhasil memenuhi standard Pedoman Pembuatan Karoseri Bus Mercedes-Benz yang berlaku untuk seluruh dunia.

[spoiler=Salah Satu Produk AP]

[/spoiler]

Spoiler for Restu Ibu





Spoiler for Rahayu Sentosa




Spoiler for tri sakti


Spoiler for New Armada




Spoiler for Anugrah Karoseri




Spoiler for korindo karoseri




Spoiler for Laksana




Spoiler for Mayasari Utama Karoseri




Spoiler for Merpati Bali


Spoiler for Tugas Anda




Spoiler for Morodadi Prima


Spoiler for Tentrem
\



Spoiler for Trijaya Union





[/spoiler]
towny_iowa - 13/07/2012 01:17 PM
#5



Nomor Surat : NOTA DINAS
Lampiran : 1 Lembar
Hal : Undangan Buka Bersama Bismania.com


Dear BIMAKUS,


Buka Bersama BIMAKUS



waktu : 15.30 WIB

Hari :Sabtu, 4 Agustus 2012

Tempat : Jakarta Selatan (Terminal ELBEHH depan masjid... )

Spoiler for Lampiran
To all Bismania,

Bagi rekan-rekan yang ingin menghadiri Buka Puasa bersama Rekan Penggemar Bus Seluruh Indonesia, Khususnya Jabodetabek Area, Serta Bismania Indonesia Group Facebook, Group PO lover, Dan Bismania Kaskus.

Acara : Buka Puasa Bersama, Silahturahmi & Pembagian Makanan Buka Puasa.
Pembahasan Aniversary Bismania & Kunjungan Karoseri.

Kumpul : pukul 15.30 ( Depan Masjid Lebak Bulus )
Tanggal : 4 Agustus ( Sabtu )
Biaya : Rp. 30.000,-/ Pax/ wajib.
Note : Biaya diatas akan di berikan sebagian untuk bingkisan makanan yang akan
Di bagikan ke masyarakat sekitar terminal yang berpuasa ( Agen, Crew Bus, dll ).

Apabila ada yang ingin memberikan Lebih dari biaya di atas kami persilahkan ( Donasi ), mengingat banyaknya makanan yang akan di bagikan.

Apabila ada yang ingin Membawa makanan lebih untuk buka puasa bersama, silahkan kita sangat banyak berterima kasih.

Pendaftaran bisa langsung ke administrator atau Moderator.
Biaya dapat transfer ke :

Paling Lambat 2 Agt 2012

Bank BCA kcu Pondok indah
an. nanang s
ac. no. 2910410965

More info

087878888138 ( Nanang ) SMS ( 082128888138 )
081381650701 ( Huda )


BukBer Bismania Di Term. Lebak Bulus 4 Agustus.

Untuk mempererat tali silahturami antara Crew BiMaKUS dan FORBISCOM, crew, supir - supir dan kernet - kernet BiMaKUS sekalian bagi yang mempunyai waktu luang untuk bisa menghadiri acara BukBer Bismania Di Term. Lebak Bulus 4 Agustus., maka dari ini pendaftaran di buka.

Quote:

1. towny_iowa / Jakarta 08568450304
2. Latititdebzt / Tanggerang 081226934030
3. kalsiumsulfat / Bogor 08123432332
4. tirtakautsar / Yogyakarta 08993537343
5. mameet / Yogyakarta 081228881041
6. EloDan / jakarta 081324672467
7.
8.
9.
10.


Spoiler for contoh format pendaftaran
ID Kaskus#nama#reg#nocan#kirim ke 08568450304

contoh : towny_iowa#towny ganteng imoet#jakarta#08568450304

PM2an Juga boleh.. Telpun2an malah asik


NB :
seperti yang telah dijelaskan surat terlampir untuk masalah pembayaran bisa di bicarakan lagi.


Sekian terima kasih atas perhatiannya buat para crew BiMaKUS.



Semoga ALL [B]BIMAKUS berkenan untuk hadir[/B]





Cium Sayang,



NGUMPUL BUKAN KEWAJIBAN, GA NGUMPUL = KETERLALUAN...!!!


Tembusan :
1. Korwil Jabodetabek 1 : tisaga
2. Korwil jabodetabek 2 : kalsiumsulfat
3. Dan Barisan Korwil lainya (maaf ga bisa sebutin




Ver. 1.0 Beta
tirtakautsar - 13/07/2012 01:32 PM
#6

Kumpulan Foto - Foto BUNTING beserta FR dari Panda Berkacamata



tirtakautsar - 13/07/2012 01:33 PM
#7

tips berpergian dengan bus agar menyenangkan


1. pilih PO dan kelas yg akan digunakan
2. booking tiket jauh2 hari sbelum keberangkatan agar tidak bingung muter2 terminal/agen bt cari tiket
3. pack bawaan anda secara efisien dan rapi agar tidak ribet ketika dibawa maupun ketika ditaruh didalam bagasi
4. beri identitas atau coretan pada barang anda untuk menghindari tertukarnya barang atau bagasi anda
5. taati peraturan yg telah di tetapkan oleh PO ( tertera di bagian belakang tiket/tertempel di dalam bus) maupun anjuran dan petunjuk dari crew, pihak Rumah Makan dan Pengurus PO untuk menghidari keterlambatan
6. tegur/ ajak ngobrol driver atau beri camilan kepada driver jika terlihat driver mengantuk
7. JANGAN PERNAH "MENGOMPORI" DRIVER UNTUK NGEBUT/ UGAL2AN
8. taruh barang berharga anda secara hati2 dan berada di tempat yg mudah anda awasi dan mudah anda raih



untuk mencegah mabuk perjalanan atau mual2 selama di jalan, bisa dengan cara


1.sebelum berangkat,usahakan perut anda sudah terisi makanan
2.sedia camilan atau roti dan minuman untuk pengganjal perut
3.perbanyak asupan vitamin C atau buah2an yang banyak mengandung air
4. selalu bawa air putih, karena haus itu menyiksa
5.posisikan tempat duduk anda senyaman yg anda rasakan, makin nyaman, makin panjang juga waktu anda menjelma menjadi bobokmania
6. usahakan jangan melihat layar ponsel anda terlalu lama.
7.jika perjalanan jauh atau dengan durasi yg lama, gerakkan atau lemas kan otot2
8. putar musik kesukaan anda dengan menggunakan headset agar lebih nyaman
9. jika yang diatas masi belum mujarab mengatasi mual anda, minumlah obat anti mabuk perjalanan dan bersiap menjadi bobokmania sepanjang jalan ( tau nya cm berangkat, servis makan ma nyampe )
bimakus.officer - 13/07/2012 01:38 PM
#8
Kru Bismania Kaskus
Quote:
[SIZE="6"] [COLOR="Red"]Supir - Kondektur - Kernet

BIMAKUS[/COLOR][/SIZE]

Plat Hitam - VERIFIED

Plat#1. buruhcisco - Malang (Regional Leader Malang)
Plat#2. ArtPeople26
Plat#3. Rakean - Malaysia
Plat#4. Blouph - Yogyakarta (Gathering Enthusiast)
Plat#5. anakRT - Yogyakarta (Gathering Enthusiast)
Plat#6. wahyugss - Semarang
Plat#7. antonovic - Yogyakarta
Plat#8. naufalKaskus - Jakarta
Plat#9. Lucio
Plat#10. barrock - Jakarta (moderator kaskus)
Plat#11. bipac7300wifi - Bandung
Plat#12. rycosandy - Malang
Plat#13. santana399 - Semarang
Plat#14. attheawang - Klaten
Plat#15. ndatsa - Semarang (Gathering Enthusiast)
Plat#16. abraham898 - Kutoarjo
Plat#17. black_gagah - Magelang
Plat#18. teminoid - Semarang
Plat#19. Small Country - Tangerang
Plat#20. gagai - Bandung
Plat#21. cahbiru - Yogyakarta (Gathering Enthusiast)
Plat#22. manboox - Pekalongan
Plat#23. bedjuno - Tangerang
Plat#24. amorevast - Tangerang
Plat#25. panzermaus - Jakarta
Plat#26. galihaklaio - Jakarta (Gathering Enthusiast)
Plat#27. bangwer - Semarang
Plat#28. sentelop - puwodadi
Plat#29. habiby18 - Jakarta
Plat#30. gha_doank - Tasikmalaya
Plat#31. Lazioye - Jakarta
Plat#32. ka.142 - Jakarta
Plat#33. bonanza063 - Purwokerto (Gathering Enthusiast)
Plat#34. evomania - Jakarta
Plat#35. ISOS_7 - Kediri
Plat#36. Awasbus Yogyakarta
Plat#37. O'Connor - Madiun (Aktifis Regional Madiun)
Plat#38. adel14 - Tasikmalaya - Aktivis RESIK (Gathering Enthusiast)
Plat#39. monstrousidea - Yogyakarta (Gathering Enthusiast)
Plat#40. Reza06 - Indramayu
Plat#41. Mustdowe - Serpong
Plat#42. Tiger01 - Karawang (Gathering Enthusiast)
Plat#43. diksiunix - Depok
Plat#44. irwanthecuteone - Semarang
Plat#45. ENLAVIO - Palembang
Plat#46. Sacrosact - Madiun (aktivis regional madiun)
Plat#47. DD5678M - Bekasi
Plat#48. chresto - Yogyakarta (Gathering Enthusiast)
Plat#49. bajajzz - Makassar
Plat#50. mad_dog - jakarta
Plat#51. Ft2800 - Jakarta
Plat#52. Louis.dhana - Sidoarjo
Plat#53. arieflash - jakarta
Plat#54. EloDan - Jakarta
Plat#55. rda2184 - Yogyakarta
Plat#56. coolish - Yogyakarta
Plat#57. kalsiumsulfat - Tangerang (Pantura Enthusiast)
Plat#58. tisaga - Jakarta (Gathering Enthusiast)
Plat#59. MizZ.Bis - Yogyakarta BIGO (Bus Indonesian Girl Only)
Plat#60. •ajigiLe• - Jakarta
Plat#61. gudungtea - Aceh
Plat#62. towny_iowa - Jakarta
Plat#63. aew - Palembang
Plat#64. alakadala - Jakarta
Plat#65. penggunatoyota - Jakarta
Plat#66. Black-Kupo - Kediri
Plat#67. rhieei7 - Yogyakarta (Gathering Enthusiast)
Plat#68. LatitudeBzt - Semarang (Gathering Enthusiast)
Plat#69. fahrezamania - Karawang
Plat#70. vicriz - Bandung
Plat#71. baruak_gadang - Padang
Plat#72. masteraxl - Purbalingga
Plat#73. Bahtiararif - Yogyakarta
Plat#74. b3ndjol - Surabaya
Plat#75. GembeL.BerkeLas - Purwokerto (Gathering Enthusiast)
Plat#76. 1988m - Bali
Plat#77. MBOH1526 - Jakarta
Plat#78. finandhita - Bandung
Plat#79. h4mst3r - Bali (Gathering Enthusiast)
Plat#80. jampronk02 - Yogyakarta (Gathering Enthusiast)
Plat#81. azimutyo - Banten (aktivis regional banten)
plat#82. tirtakautsar - Yogyakarta (Gathering Enthusiast)
Plat#83. AboveInside - Tangerang
Plat#84. Civic_ebi - Bandung
Plat#85. ssa.ssiplanxton - Tasikmalaya Aktivis RESIK (Gathering Enthusiast)
Plat#86. Arizariz - Kalteng (Aktivis reg.Kalteng)
Plat#87. Mboez - Semarang
Plat#88. mameet - Yogyakarta (Gathering Enthusiast)
Plat#89. wahdjoey - Jombang (Gathering Enthusiast)
Plat#90. all_in_141 - Yogyakarta (Gathering Enthusiast)
Plat#91. gemblodack - Jombang
Plat#92. Yzbyte - Madiun
Plat#93. Jojondut - Yogyakarta
Plat#94. Joelet39 - Yogyakarta
Plat#95. Imamrudy - Semarang (Gathering Enthusiast)
Plat#96. Adithz46 - Banjarpatroman (Gathering Enthusiast)
Plat#97. Ardian.drummer - Tulungagung
Plat#98. sayaiqbal - Jombang (Gathering Enthusiast)
Plat#99. Chandra483 - Semarang
Plat#100. rizkylallala Jakarta
Plat#101. jempolkumantap - Purwodadi-Banjarnegara / Tapi ikut regional Jakarta
Plat#102. minyumtutus - Jogjakarta
Plat#103. Spirit.Art - Purwokerto (Gathering Enthusiast)
Plat#104. ambssst - Bogor
Plat#105. ersanoid - Bandung
Plat#106. Sexi Bekasi
Plat#107. popo_candybar - Sukabumi (Regional Leader Sukabumi)
Plat#108. Jokiez - Malang Aktivis REG Malang
Plat#109. raden dewo - Depok
Plat#110. FERRYHOLLICS - Yogyakarta
Plat#111. tegge - Yogyakarta


NB : Plat Hitam ini sudah permanent, akan di hilangkan Plat nya apabila melanggar Norma-Norma dan melecehkan atau tindak kriminal lainnya di offline maupun online


Quote:
REGISTRASI MEMBER BIMAKUS

Format Biodata (Daftar By PM TS)
[CODE]
Nama :
ID :
No telp :
FB / YM :
asal / Alamat : [/CODE]

Quote:

Post biodata tersebut di garasi ,
dan kirimkan Single Direct Link #xxx ke TS via PM
bimakus.officer - 13/07/2012 01:39 PM
#9
Daftar List Plat Putih Uncategorized
Daftar List Plat Putih
Uncategorized
MOHON KALO ADA YANG BISA MEREKOMENDASI BISA rubah plat

Spoiler for Monggo

Jabodetabek


[*]buleXTREME Jakarta
[*]big....Brothers Jakarta
[*]Hari575 Jakarta
[*]Nuts_Guyz Jakarta
[*]h3ndraaa94 Jakarta
[*]W3nd4y Jakarta
[*]boneeyy Jakarta
[*]godel2283 Jakarta
[*]lookman_firdaus Jakarta
[*]madsilmi Jakarta
[*]genun Jakarta
[*]sonos jakarta
[*]giggsndeso Jakarta
[*]B1948BY Jakarta
[*]toviqleutiq Jakarta
[*]banewmili Jakarta
[*]gayung.tambunan Jakarta
[*]crevyu09 jakarta
[*]RajaBongsang Jakarta
[*]barbellayang Jakarta
[*]lucky.benz Jakarta
[*]senenbekasi Bekasi
[*]Beniepurba Bekasi
[*]Andryuzaki banten
[*]iqbaaale Depok
[*]g4nja Depok
[*]udhenk Bogor
[*]Ply Bogor
[*]69psychotic69 Bogor
[*]FullBlackIsMe Jakarta
[*]loamme Jakarta
[*]takumikam Jakarta
[*]lanangedun Jakarta
[*]yufimiss Bekasi


Jawa Barat


[*]rizky kiki Bandung
[*]Hendzsaviour Bandung
[*]junoon Bandung
[*]gatotso Bandung
[*]ucokcakri Bandung
[*]cillbo Bandung
[*]VanHool Bandung
[*]hertzdwi Bandung
[*]ubitcancanBandung
[*]orangsuniaraja Bandung
[*]achmadAC Bandung
[*]YanzAdul Bandung
[*]roedei Bandung
[*]lukmanvesparia karawang
[*]octanegear Karawang
[*]illutic Bandung
[*]128 Bandung



Jawa Tengah


[*]dmust2008 Semarang
[*]ngetam Semarang
[*]daroe dkidd Semarang
[*]gojos Semarang
[*]gus81 Semarang
[*]mblengkung Semarang
[*]Arfak Solo
[*]gunfifire Solo
[*]Nikko Pastrana Solo
[*]hasan_x303 Magelang
[*]RyantBig Sragen
[*]MOVIES Wonogiri
[*]ade.alfian - Purwokerto
[*]inyongprimitph - Purwokerto
[*]3203606 - Semarang
[*]massastro91 - Semarang


Jogjakarta


[*]metalprivate Yogyakarta
[*]paijan777 Yogyakarta
[*]syam182 Yogyakarta
[*]pabia Yogyakarta
[*]damasusriko Yogyakarta
[*]nom_cruise Yogyakarta
[*]pham2z Yogyakarta
[*]3639000 Yogyakarta




Jawa Timur & Bali

[*]cyberpacitan Pacitan
[*]Okutet Kediri ( aktivis Regional Kediri )
[*]BakulRombeng Kediri
[*]papapegembyot Kediri
[*]bielly Kediri
[*]Dulgombes Kediri
[*]Louis.dhana Sidoarjo
[*]sepurkluthuk1 Sidoarjo
[*]mbahwir Madiun
[*]zarzid madiun
[*]yogeex Tuban
[*]buahvitalechee Jember
[*]iddur6593 Malang
[*]fahroe Malang
[*]bese Surabaya
[*]blanking Surabaya
[*]RidooPearce Probolinggo
[*]Bluesbang bali


Sumatera

[*]egag Palembang
[*]bolotz2004 Lampung
[*]AlanPintar Lampung



Lain lain

[*]gontro
[*]gilaslampung




monggo Para Korwil yang mau rekomendasi untuk [COLOR="Black"]#Plat HITAM

di penuhi dulu kelengkapan surat jalan nya : [/COLOR]


     [INDENT][INDENT][INDENT][INDENT]
#sering KOPDAR, ato malah GATHERING

#sering POSTING di Garasi Utama :addfriends

#sering Touring Bareng

#sering SMS an

#sering Order Official Merchandise atau Seragam Elegant
[/INDENT][/INDENT][/INDENT][/INDENT]



Monggo yang punya ID tersebut di atas segera memenuhi syarat2 nya
bimakus.officer - 13/07/2012 01:40 PM
#10
Kepengurusan Garasi Bis Mania Kaskus

Kepengurusan Garasi Bis Mania Kaskus
Hasil Rapat Penetapan Koordinator Wilayah Tetap dan member organisasi
Apabila Supir Kami Ugal-Ugalan Silahkan Hubungi Kami
================================================== ========
Penanggung jawab umum Offline : buruhcisco Tito Prima Wijaya
Ketua Korwil/Penanggung Jawab Online : Blouph Adhy Fatahillah

Jabotabek :
Tisaga Momo Purnomo
kalsiumsulfat Taovik Nur Vatony

DIY :
cahbiru Anjar Prasetyo
monstrousidea Penta Tribuana

Jawa Tengah :
bonanza063 Setiawan Okto Gunanto
ndatsa Nanda Atsatalada

Jawa Timur & Bali :
buruhcisco Tito Prima Wijaya
h4mst3r Jengis Ringga

Jawa Barat :
adel14 Gian Adel
gagai Saldi Gaisudraz

Bendahara Umum : Rio Aditya Damar jati (Mameet) / Galih Anggriawan (galihaklaio)
Dokumentasi Umum : Tirta Kautsar Firdausi (tirtakautsar) / Lukman Hakim (manboox)

Observasi Lapangan : Towny Pribadi (Towny_iowa) / Riandy Ramadhan (Latitudebzt)
Humas : Gagah Triyuniar (black_gagah) / Galang Jayusman (Tiger01)

Souvenir & atribute : Afif (Jampronk02) /Teguh Setiawan (all_in_41) / Shulhan Rizal (rhieei7) / Imam Rudy (imamrudy)
kalsiumsulfat - 13/07/2012 01:41 PM
#11

Daftar trayek bus AKAP/AKDP


JAKARTA-CIREBON
PO : Sahabat, Bhinneka, bis2 ke Kuningan
Harga tiket : sekitar 25-40 ribu

JAKARTA-KUNINGAN
PO : Luragung Jaya, Putra Luragung, Luragung Termuda, Setia Negara, Sahabat, Bhinneka
Harga tiket : sekitar 30 ribu

JAKARTA-SUMEDANG
PO : Medal Sekarwangi, Cahaya Bakti Utama
Harga tiket : 30 ribu (AC ekonomi)

JAKARTA-GARUT
PO : Primajasa, Karunia Bakti
Harga tiket : 35 ribu (AC ekonomi)

JAKARTA-TASIK
PO : Primajasa, Budiman, Doa Ibu, Aladin
Harga tiket : 40 ribu (AC ekonomi) 50 ribu (bisnis) 60 ribu (eksekutif)

JAKARTA-CIAMIS-PANGANDARAN
PO : Budiman, Merdeka, Gapuraning Rahayu, Aladin
Harga tiket : sekitar 60 ribuan

JAKARTA-CILACAP
PO : Sinar Jaya, Gapuraning Rahayu
Harga tiket : sekitar 60 ribuan

JAKARTA-TEGAL-PEKALONGAN
PO : Sinar Jaya, Dewi Sri, Dedy Jaya
Harga tiket : sekitar 30 ribu (non AC), 40 ribu (AC patas), 60 ribu (eksekutif Sinar Jaya)

JAKARTA-PURWOKERTO
PO : Sinar Jaya, Dewi Sri, Dedy Jaya, Malino Putra
Harga tiket : 40-60 ribu

JAKARTA-PURBALINGGA-BOBOTSARI
PO : Sinar Jaya , Pahala Kencana
Harga tiket : 60 ribuan

JAKARTA-BANJARNEGARA-WONOSOBO
PO : Sinar Jaya, Malino Putra , Pahala Kencana , Lorena,DMI
Harga tiket : 45 Ribu - 100 ribu (exe)

JAKARTA-SEMARANG
PO : semua bis ke Kudus, Jepara, dan Pati (lihat di bawah)
Harga tiket : VIP sekitar 90 ribu, Eksekutif sekitar 120 ribu

JAKARTA-KUDUS-CEPU
PO : Nusantara , Haryanto
Harga tiket : VIP sekitar 90 ribu -100 ribu

JAKARTA-KUDUS-PATI
PO : Haryanto, Tri Sumber Urip, Selamet, Bejeu , Shantika ,Nusantara ,Muji Jaya
Harga tiket : VIP sekitar 90 ribu, Eksekutif sekitar 120 ribu

JAKARTA-JEPARA
PO : Shantika, Bejeu, Muji Jaya, Haryanto
Harga tiket : VIP sekitar 90 ribu, Eksekutif sekitar 120 ribu

JAKARTA-PURWODADI
PO : Garuda Mas,Haryanto, Zentrum,Sido Rukun
Harga tiket : 80-100 ribu

JAKARTA-JOGJA
pilihan rute :
1. Jakarta-Bandung-Tasik-Wangon-Kebumen-Jogja (Maju Lancar)
2. Jakarta-Bumiayu-Purwokerto-Kebumen-Jogja (Sinar Jaya, Rosalia Indah, Sumber Alam)
3. Jakarta-Weleri-Temanggung-Magelang-Jogja (Shantika, Safari Dharma Raya, Santoso, Handoyo, Lorena)
4. Jakarta-Semarang-Ambarawa-Magelang-Jogja (Ramayana, Kramat Djati)
Harga tiket : VIP 110 ribuan, Eksekutif 150 ribuan, Super Eksekutif 210 ribuan

JAKARTA-WONOSARI
PO : Maju Lancar, Rosalia Indah, Santoso
Harga tiket : sama dgn di atas

JAKARTA-KLATEN
PO : Rosalia Indah, Gajah Mulia Sejahtera (GMS), Santoso, Shantika
Harga tiket : VIP 110 ribuan, Eksekutif 150-160 ribuan

JAKARTA-SOLO
PO : bis2 ke Wonogiri & Pacitan (lihat di bawah), Laju Prima, Safari Dharma Raya, Shantika, Rosalia Indah, Harapan Jaya, Muncul, Mulyo Indah
Harga tiket : VIP 110-130 ribuan, Eksekutif 160 ribuan,Super Exe 185

JAKARTA-WONOGIRI
PO : Raya, Sedya Mulya, Gajah Mungkur, Gajah Mulia Sejahtera (GMS), Tunggal Dara/Putera, Tunggal Daya, Sindoro Satriamas, Gunung Mulia, Handoyo, Agra Mas, Timbul Jaya, Giri Indah, Sumba Putra, Putera Mulya, Purwo Widodo, Harta Sanjaya, Sari Giri
Harga tiket : sama dengan harga jkt-solo

JAKARTA-PACITAN
PO : Aneka Jaya, Pacitan Jaya Putra, GMS, Agra Mas
Harga tiket : unknown

JAKARTA-MADIUN-PONOROGO
PO : Laju Prima, Shantika, Rosalia Indah, Harapan Jaya, GMS, Jaya, Bogor Indah, Gunung Harta
Harga tiket : VIP 150 ribu, Eksekutif 180 ribu

JAKARTA-KEDIRI-BLITAR
PO : Rosalia Indah, Harapan Jaya,
Harga tiket : VIP 160-180 ribu, Eksekutif 210-230 ribu

JAKARTA-TULUNGAGUNG-TRENGGALEK
PO : Harapan Jaya
Harga tiket : kurang lebih seperti di atas

JAKARTA-SURABAYA
PO : Safari Dharma Raya, Malino Putram,Pahala Kencana,Rosalia Indah,Gunung Harta
Harga tiket : Eksekutif 200 ribu-250 ribu

JAKARTA-MADURA
PO : Pahala Kencana, Kramat Djati, Haryanto
Harga tiket : 180 ribu-230 ribu

JAKARTA-MALANG
PO : Safari Dharma Raya, Malino Putra,pahala kencana,Kramat Djati,Gunung Harta
Harga tiket : Eksekutif 230 ribu-250 Ribu

JAKARTA-JEMBER
PO : Safari Dharma Raya, Akas Asri,Rosalia Indah
Hagra tiket : 250 ribu -270 Ribu

JAKARTA-DENPASAR
PO : Safari Dharma Raya, Kramat Djati, Pahala Kencana
Harga tiket : Eksekutif 350 ribuan

JAKARTA-SINGARAJA
PO : Safari Dharma Raya, PK
Harga tiket : sama dgn di atas

JAKARTA-MATARAM-BIMA
PO : Safari Dharma Raya, Rasa Sayang
Harga tiket : 450 ribu

Quote:
sumber : http://iklan789.wordpress.com , harga yang tercantum ialah harga normal . harga bisa berubah sewaktu waktu
bimakus.officer - 13/07/2012 01:41 PM
#12
Perusahaan Otobis dan Terminal di Indonesia
Quote:
TICKETING, List PO, TERMINAL

Quote:
!!!! UPDATE !!!!

Harga Tiket Lebaran



TUSLAH RESMI AKAP EKONOMI

Spoiler for Tuslah

by Elodan






PO Raya harga tiket Raya edisi Lebaran

PO Putra Remaja Harga Tiket PR edisi Lebaran

PO Rosalia Indah Tiket Rosin Jogja - Jakarta (tuslah)

PO Pahala Kencana Tiket Edisi Lebaran

PO MAJU LANCAR Tiket Edisi Lebaran Jkt- Jogja

PO LAjU PRIMA Tiket Arus Balik Jogja -Jakarta

PO HANDOYO Tiket Edisi Lebaran

PO Safari Dharma Raya - OBL Tiket Edisi Lebaran

PO AGRA MAS Harga Tiket edisi Lebaran

PO NUSANTARA Harga Tiket Lebaran

PO MALINO PUTRA Harga Tiket Lebaran

PO Ramayana Dari Jogja

PO SUMBER GROUP Tarif Lebaran

PO PRIMAJASA Tarif Lebaran



Quote:
[QUOTE] Daftar PO di Indonesia



Spoiler for PO di Indonesia
* SUMATERA
1. PO. Siliwangi Antar Nusa (SAN) www.san-putra.com 0763 21811 - 22870
2. PO. Eka Permata Agung 0711 7077329
3. PO. Family Raya Ceria 0746 – 7001069
4. PO. Putra Rafflesia 0736-20313
5. PO. Bengkulu Kito 0736-345370/7007255
6. PT Antar Lintas Sumatera (ALS) (061) 7899744
7. CV. Pelangi 0651-32006 / 24095
8. PT. Raja Perdana Inti (RAPI)
9. PO. Kurnia group
10. PO. Intra group (0622) 24701
11. PO. A.N.S
12. Puspa Jaya Group http://www.puspawisata.com/
13. Siger Kencana Review by adel14

*JAWA BARAT
1. PO. Budiman (0265) 339854
2. PO. Sahabat (0231) 321448
3. PO. Bhinneka - Sangkuriang (022) 7510443/ (0231) 205088 http://www.bhinneka-sangkuriang.com/index.php
4. PO. Metropolitan Tlp/Fax. (0233) 284335, 8285965, 081320696424 http://www.po-metropolitan.com
5. PO. Luragung group (0232)874723
6. PO. Setia Negara (0232)871561
7. PO. Doa ibu
8. PO. Parahiyangan
9. PO. Merdeka
10. PO. Karunia Bhakti
11. PO. Langgeng jaya
12. PO. Bandung Express http://bandungexpress.wordpress.com/

*JABOTABEK
1. PO. Agra Mas http://www.agramasgroup.com/
2. PO. Hiba Utama http://www.hibautama.com
3. PO. Sinar Jaya http://www.sinarjayagroup.co.id/
4. PO. Lorena Group http://www.lorena-karina.com/
5. PO. Mayasari Bakti
6. PO. Kramat Djati 62 21 7238015, 7290080, 22 4200858, 22 4200 http://www.kramat-djati.com/
7. PO. Pahala Kencana 021 4517375 http://www.pahalakencana.com
8. Malino Putra http://www.malinoputra.co.id/

*JAWA TENGAH
1. PO. Shantika (0291) – 593043 http://shantikabus.com/
2. PO. Muji Jaya 0291-593234 / 0291-591350 http://po.mujijaya.biz/index.html
3. PO. Safari 0298-324104
4. PO. Safari Dharma Raya (021) 5485644 http://www.safaridharmaraya.com/profiles.php
5. PO. Bejeu 024 70337182 http://www.bejeu.com/v1/
6. PO. Nusantara (0291)-440019 http://www.nu3tara.com/
7. PO. Senja Furnindo (0291)-754271
8. PO. Coyo (0285)-423621
9. PO. Selamet
10. PO. Karya Jaya 0246584040.
11. PO. Dedy Jaya
12. PO. Tri Sumber Urip (0295)-531681, 531094
13. PO. Dewi Sri http://podewisrijakpool.blogspot.com/
14. PO. Gaya Putra (0271) 5890676
15. PO. Subur Jaya PO. Budi Jaya (0295) 382679
16. PO. Santoso
17. PO. TDI Group
18. PO. Efisiensi (0281) – 7620950 http://www.efisiensibus.com/
19. PO. Rajawali (0271)-719704
20. PO. Rosalia Indah (0271) - 825173 http://www.rosalia-indah.com/
21. PO. Sumber Alam (0275)-641018 http://sumberalam.co.id/
22. PO. Remaja http://www.po-remaja.com/
23. New Ismo - Yellow Wish http://newismo-jkt.blogspot.com/
24. PO Haryanto List No Agen
25. PO Raya harga tiket Raya edisi Lebaran

*Yogyakarta
1. PO. Karya Jasa (0274) 378217, 386186
2. PO. Maju Lancar http://www.pomajulancar.com/
3. PO. Putra Remaja 0274 - 621322 http://www.putraremaja.com/
4. PO. Bimo 0274 - 4435100, http://bimotransport.com/
5. PO. Baker
6. SARGEDE http://www.sargedejogja.com/
7. Padi Mas http://popadimas.blogspot.com/
8. Gege Trans http://www.gegetransport.com/

*Jawa Timur
1. PO. Restu Group
2. PO. Akas
3. PO. Tentrem
4. PO. Zena http://www.zena-trans.com/
5. PO Ladju
6. PO. Jaya
7. PO. Sumber Kencono - Sumber Selamat
8. PO. Harapan Jaya http://www.poharapanjaya.com/
9. PO. Eka - Mira http://www.ekamirabus.com/
10. PO. Jaya Utama group
11. PO. Jaya KUNING

*KALIMANTAN TENGAH
1. PO. Yessoe
2. PO. Logos
3. PO. Rayanang Jaya
4. PO. Kaswa
5. PO. Doa Mama
6. PO. YL

* KALIMANTAN TIMUR
1. Pulau Indah Group
2. PO. Pulau Indah Jaya
3. PO. Bintang Mas
4. PO. Samarinda Lestari
5. PO. Gelora
6. PO. Jahe Raya
7. PO. Arafat

* KALIMANTAN SELATAN
1. PO. Tiga Putra

* SULAWESI
1. PO. Litha & Co
2. PO. Liman
3. PO. Bintang Prima

*BALI & NUSA TENGGARA
1. PO. Gunung Harta http://www.gunungharta.com/
2. PO. Dharma Jaya group - Wiskom http://wisatakomodo.com/
3. PO. Tiara Mas
4. PO. Titian Mas
5. PO. Restu Mulya

[/QUOTE]

Quote:
Quote:
Terminal Di Indonesia


Spoiler for Terminal di Indonesia
- Jakarta : Pulogadung, Kampung Rambutan, Lebak Bulus, kalideres,Pinang Ranti, Grogol, Rawamangun
- Tangerang : Terminal Cimone, Terminal Ciledug, Poris Plawad
- Bogor : Baranangsiang
- Merak : Terpadu
- Bandung : Leuwi Panjang, Cicaheum
- Cirebon : Harjamukti
- Kuningan : Kertawangunan & Terminal Lama Cirendang
- Cianjur : Rawabango, pasir hayam
- Purwokerto : Teluk
- Wonosobo : Mendolo, Sawangan
- Semarang : Terboyo
- Yogya : Giwangan, Jombor
- Solo : Tirtonadi
- Surabaya : Purabaya / Bungurasih
- Malang : Arjosari,Terminal Landungsari,Terminal Gadang
- Salatiga : Tingkir
- Denpasar : Ubung
- RIAU : Bandaraya Payung sekaki (pekanbaru) Gerbang sari (pematang reba)
- mataram : mandalika
- Medan : terminal terpadu Amplas, terminal terpadu Pinang Baris, terminal Sambu
- Lumajang : terminal minak koncar
- Lampung : Rajabasa
- Probolinggo : Terminal Bayuangga
- Tasikmalaya : Terminal Indihiang
- Garut : Terminal Guntur
- Jember : Terminal Tawang Alun dan Terminal Arjasa
- Sukoharjo : terminal sukoharjo,tawangsari,watu kelir
- Magelang : terminal tidar....
- Bojonegoro : rajekwesi
- Ponorogo : Seloaji
- Ngawi : Terminal Kartonegoro
- pati : terminal sleko,terminal tayu.
- Palembang : Terminal Karya Jaya, Terminal KM 12 Alang-Alang Lebar
- banyuwangi : Terminal Karang Ente, Terminal Ketapang, Terminal Brawijaya, Terminal Jajag, Terminal Muncar
- Madiun : Purbaya
- nganjuk : terminal anjukladang
- gresik : terminal bunder
- Kendal : terminal BAHUREKSO
- Blora : terminal GAGAK RIMANG
- Sukabumi : terminal sudirman
- Sragen : Pilang Sari
- sidoarjo : terminal larangan
- mojokerto : terminal kertajaya
- Blitar : terminal patria
- Bukit Tinggi : terminal Aur Kuning
- Solok : Terminal Bareh Solok
- Purworejo : Term. Pendowo
- Sumedang : TERMINAL CIAKAR
- Kediri : Tamanan
- Palangka Raya (Kalteng) : Terminal W.A Gara
- Samarinda (Kaltim) : Terminal Sei Kunjang
- Balikpapan (Kaltim) : Terminal Batu Ampar
- Banjarmasin (Kalsel) : Terminal Pal 6
bimakus.officer - 13/07/2012 01:42 PM
#13
Sejarah Bismania Kaskus
Quote:
Original Posted By bonanza063
      PERJALANAN SINGKAT Bis Mania Kaskus - BIMAKUS

[FONT="Palatino Linotype"]
[FONT="Arial Black"]


[COLOR="DeepSkyBlue"]We're Independent Bus Lover's[/COLOR][/FONT]



Pada tahun 2008, adalah seorang buruhcisco membuat thread seputar bus di Forum Kaskus. Thread ini berisi tentang segala hal tentang bus, trayek, operator bus, karoseri, jadwal perjalanan bus dll. Di dalam thread ini pula para kaskuser sering bertanya tentang dunia per bus an kepada TS, yaitu buruhcisco. Traffic di thread tersebut pun berjalan sangat pelan, ya mungkin bisa di bilang awal mula ada nya thread inilah usaha untuk mengenalkan kepada kaskuser bahwa di Forum Kaskus ada Pecinta Bus yang ingin berbagi informasi dan berbagi hobby.

Akan tetapi karena pada tahun 2008 terjadi penghapusan thread2 di Kaskus, maka Thread yang di TS i oleh buruhcisco pun turut terhapus.

Inilah awal mula adanya Komunitas Penggemar Bus di Forum KasKus, yang kelak nantinya akan di sebut BIMAKUS - Bis Mania Kaskus

Kemudian pada 21 Mei 2008 seorang artpeople26 membuat thread di Forum Otomotif R4 yang berjudul [BUS] Komunitas Penyuka Bis masuk sini - All about bus (Versi Up Grade). Mulai lah para kaskuser berkumpul kembali dalam thread tentang segalah mengenai dunia bus, makin lama makin bnyak kaskuser yang turut bergabung dalam obrolan di thread [BUS] Komunitas Penyuka Bis masuk sini - All about bus (Versi Up Grade).

Obrolan dunia perbusan di thread semakin meluas, mengenai keluhan penumpang, armada bus baru, pelayanan operator, pengenalan chassis dan mesin, bus modelling, perusahaan karoseri, terminal dan agen bus bahkan sampai tingkah dah polah kru, dan penumpang bus pun menjadi obrolan para kaskuser yang berkumpul dan sama-sama memiliki kegemaran akan bus.

Para kaskuser tidak jarang mengunggah photo yang mereka ambil ketika bertemu dengan armada bus, tentunya foto bus yang mereka tampilkan, dan makin terdengarlai istilah BUS HUNTING atau BUNTING.
Ya bunting adalah istilah suatu kegiatan wajib bagi penggemar bus, dengan bunting makin menambah informasi tentang bus, bunting biasanya di lakukan di tempat dimana bus-bus sering menampakkan keelokannya. Terminal, perempatan, garasi, agen, jembatan penyeberangan, parkir obyek wisata, SPBU bahkan tempat berbahaya seperti pintu tol pun di jadikan hot spot para BUNTER, demi mendapatkan objek untuk di unggah dan di bahas di Thread. buruhcisco yang notabene mengawali thread tentang bus pada 2008 pun turut serta berbagi informasi di thread yang di TS i oleh artpeople26.

Dari hasil obrolan ngalor ngidul yang berintikan dunia perbusan, ada seorang kaskuser yang ber ID anakrt, mengusulkan nama BIMAKUS sbg akronim dari BIs MAnia kasKUS. Selentingan nama ini di tanggapi positif oleh buruhcisco dengan pembentukan Social Group Kaskus ~ஜ۩۞۩ஜ~ BiMaKus - BisMania Kaskus ~ஜ۩۞۩ஜ~. Group tertutup ini di kelola langsung oleh buruhcisco, dan member yang ingin bergabung di dalamnya harus mendapat invitasi dari buruhcisco dan rekomendasi dari member yang telah ada di SG sebelumnya.

BIMAKUS menjadi wadah penggemar bus yang ada di Kaskus, dan BIMAKUS tetap menjaga kenetralan terhadap forum-forum penggemar bus yang telah ada sebelumnya. Kenetralan di sini di maksudkan sebagai usaha untuk mewadahi kaskuser yang sebelumnya telah menjadi member di forum terdahulu agar tetap terjalin komunikasi dan berbagi informasi. Ya dalam hal ini Bimakus mempunyai visi untuk menyatukan kaskuser dari forum penggemar bus MANAPUN.

Akhirnya pada 18 September 2011 Seorang kaskuser yang ber ID Blouph meminta ijin kepada moderator Kaskus untuk menata ulang thread [BUS] Komunitas Penyuka Bis masuk sini - All about bus (Versi Up Grade) dan tentunya dengan ijin TS yaitu artpeople26. Pendataan member BIMAKUS dimulai di 1st Official Thread BIMAKUS ஜ۩۞۩ஜ BisMania Kaskus - BIMAKUS ஜ۩۞۩ஜ Semua Tentang Bus- Part 1 Penataan ulang thread sebelumnya dilakukan di thread resmi ini.

Bahkan beberapa agenda kopdar pun di gelar, di awali dengan Kopdar Perdana di Jogja pada tanggal 30 September 2011 yang dihadiri oleh Blouph, cahbiru, monstrousidea, adel14.
Dengan agenda nyantai dan menentukan arah BIMAKUS, pembentukan Kordinator Wilayah, dan rencana kopdar berikutnya..

Disusul dengan
۞ 1st KopDar BIMAKUS (Bis Mania Kaskus) Jabodetabek ۞
yang dilaksanakan pada tanggal 30 Oktober 2011. Di terminal Lebak Bulus. Kopdar pun dilaksanakan sbg acuan arah BIMAKUS kedepan, yaitu tetap menjadi WADAH atau FORUM netral bagi semua penggemar bus yang merupakan KASKUSER.
Bnyak mini kopdar yang dilakukan oleh member BIMAKUS agar tetap terjalin komunikasi.

Untuk di ketahui bersama setelah menata ulang Thread BIMAKUS, traffic di Thread atau lebih di kenal sebagai GARASI, sangat lah cepat dan pesat, garasi sebagai tempat share semakin menarik bagi para kaskuser yang suka bus atau bahkan mulai suka bus. Di garasi tercipta kenyamanan bagi para kru, suasana hangat khas kekeluargaan para sopir bus ada di garasi.

Maka di rencanakanlah ۞ 1st Gathering Komunitas Bismania Kaskus ۞ yang di selenggarakan pada tanggal 10, 11 Desember 2011 di Jogjakarta. Semua kegiatan berjalan dengan lancar dan semakin MENEGASKAN bahwa BIMAKUS adalah Komunitas Penggemar Bus Independen, Hangatnya suasana Gathering Akbar adalah kesan para kru Garasi

Mungkin itu yang bisa saya sampaikan mengenai perjalanan singkat BIMAKUS BIs MAnia kasKUS.

Sekiranya ada hal yang perlu ditambahkan, mohon ditambahkan saja.
Cendol Me If I'm Wrong

Thread BIMAKUS klik aja

[BUS] Komunitas Penyuka Bis masuk sini - All about bus (Versi Up Grade)

ஜ۩۞۩ஜ BisMania Kaskus - BIMAKUS ஜ۩۞۩ஜ Semua Tentang Bus- Part 1

۞Bis Mania Kaskus-BIMAKUS ۞ All About Bus- Part II menuju Sub Forum - Part 1

۞Bis Mania Kaskus - BIMAKUS ۞ All About Bus - Part II menuju Sub Forum - Part 2

۞Bis Mania Kaskus - BIMAKUS ۞ All About Bus - Part IV

*BisMania Kaskus-BIMAKUS { New Edition }*


*BisMania Kaskus-BIMAKUS { New Edition }* - Part 2

►►Bismania-Kaskus◄◄|★★۩۞۩Keluarga Penggemar Bis۩۞۩★★

mohon maaf sekiranya ada kekurangan dalam meresume obrolan saat sesi makan malam Gath Jogjakarta


sedikit menambahkan :
# Pada 11 - 12 Februari 2012 Bismania Kaskus mengadakan Touring Bandung - Kudus dengan Armada Nusantara Signature Class - NS 99

FR Touring Bismania Kaskus Bersama Nusantara NS99

# pada tanggal 16-17 Juni 2012 Bismania Kaskus mengadakan Event Sosialisasi Keselamatan Transportasi dan Donor Darah Masal Di Purwokerto, hal ini menjadikan Bismania Kaskus sebagai Pelopor dari Kepedulian Pecinta Bis terhadap Keselamatan dan Kepedulian Transportasi di Indonesia

BIMAKUS-Bismania Kaskus >> FR Sosialisasi Keselamatan dan Donor Darah

[/FONT]
bimakus.officer - 13/07/2012 01:44 PM
#14
Pengenalan Chassis dan Mesin Bus 01
Quote:
MENGENAL CHASSIS BUS YANG FAMILIAR DI INDONESIA


* PENGKODEAN CHASSIS


Quote:

Mercedes Benz

Spoiler for MERCEDES BENZ

untuk chasis ini biasa nya diawali dgn OH,OF.
O disini berarti Omnibussen
sedangkan H dan F diliat dr penempatan mesinnya
H=mesin belakang F=mesin dpn

ada yg baru lagi yg berawalan 3huruf spt
CBC = City Bus Chassis,
IBC = Intercity Bus Chassis.

utk angka 4 digit, digit 1 dan 2 menunjukan berat dgn muatan (Gross Vehicle Weight)
dan digit 3 dan 4 utk hp nya.
cth :OH1525 =bermesin blkg,dgn GVW 15ton,250hp.


[QUOTE]MB OH 1525 E2
(Rp. 599 jt)

Spoiler for spesifikasi
[CODE]Mesin
Model : OM 906 LA II
Tipe : 6 Silinder, Tegak - Segaris, Turbo charged, Intercooler dengan sistem Telligent
Daya Maksimum : 180 kW (245 PS) @2300 rpm
Torsi Maksimum : 900 Nm (92 mkgf) @1200-1500 rpm
Volume : 6374 cc

Kopling : MF 395, Pelat kering tunggal, digerakan dengan sistem hidraulis-pneumatis

Transmisi : G 85 - 6 / 6.7 - 0.73 Manual, 6 gigi kecepatan maju - Sinkromes penuh Gandar Depan : VL3/7D-5, forged steel I-beam
Gandar Belakang : HH4/05D-10, dengan diameter crown wheel 410 mm

Rem
Rem Utama : Sirkuit Ganda - Udara tekan penuh,
Rem Tromol
Rem Parkir : Tekanan pegas pada silinder rem, dengan kendali udara tekan, bekerja pada roda belakang
Rem Tambahan : Rem Gas buang, digerakan dengan elektro-pneumatis

Suspensi
Depan&Belakang : Semi elliptic leaf spring dengan shock absorbers dan stabilizer

Berat Total (kg)
Gandar Depan : 5000
Gandar Belakang : 10000
Total : 15000

Dimensi (mm)
Jarak Sumbu Roda : 5950
Julur Depan : 2100
Julur Belakang : 3350
Panjang Keseluruhan : 11400

Unjuk kerja Kendaraan
Kecepatan Maksimum : 116 Km/jam
Kemampuan Tanjak maks. : 36%[/CODE]



MB OH 1521 E3
(Rp. 599 jt)

Spoiler for spesifikasi
[CODE]Mesin
OM 924 LA Euro 3, diesel 4-silinder segaris, injeksi langsung dengan turbocharger dan intercooler

Diameter langkah 106/136 mm

Silinder
4.800 CC

Daya maksimum
133 kW (210 HP) pada 2.200 rpm.

Torsi maksimum
740 Nm pada 1.480-1600 rpm

Kopling
MF 295 Single Disc, Dry, servo hydraulic actuated

Transmisi
MB G85-6/70-073 manual 60-percepatan maju, satu mundur.

Kecepatan maks
120 km/h

Perbandingan gigi
5.222 (47.9) Kapasitas: 10.000 kg

Suspensi depan
Pegas daun dengan peredam kejut dan stabilizer

Suspensi belakang
Pegas daun dengan peredam kejut dan stabilizer[/CODE]



MB OH 1526
(Rp. 659 jt)

Spoiler for spesifikasi
[CODE]Mesin : OM-906LA, 6 silinder inline turbocharger intercooler.

Diameter/Langkah : 102/130 mm

Kapasitas : 6374cc Tenaga : 194KW(260 HP) @ 2200 rpm Torsi : 950nm @ 1200 - 1600 rpmKopling : MF 395 - Single Dry Plate, with Coil Spring

Transmisi : G85-6, Manual (6 maju dan 1 mundur)

Gardan
Depan : VL3/7 D-5 - Kapasitas 5000 kg
Belakang : HH 4/08 D-10.5 - Kapasitas 10.000 kg

Suspensi : pegas daun trapesoidal dengan peredam kejut dan stabilizer

Rem
Rem utama : Rem tromol, dua jalur udara tekan penuh
Rem parkir : Pegas, kendali udara tekan pada gardan belakang
Rem mesin : Gas buang, kendali udara tekan (Exhaust breake)

Kemudi : Power Steering ZF 8097

Ban dan Velg : 8.25 x 22.5 dan 11.00 R 22.5

Listrik
Sistem : 24 Volt
Alternator : 28V/80A
Baterei : 2x150Ah, 12 Volt

Ukuran Utama (mm)
Jarak sumbu roda : 5960
Julur depan : 2200
Julur Belakang : 3350
Panjang total : 11500
Lebar total : 2498
Jarak pijak roda depan : 1961
Jarak pijak roda belakang : 1882
Radius putar : 9.440

Standart emisi : Euro III Specific Fuel Consumption : 147 gram per HP per jam pada 1400 rpm GVWR : 15 ton

Kapasitas Tangki : 300 L[/CODE]



MB OH 1626
(Rp. 719 jt)

Spoiler for spesifikasi
[CODE]Mesin : OM906LA, 6374cc 6 silinder inline, turbo intercooler
Power : 260hp@2200rpm
Torque : 950nm@1200-1600rpm

Specific Fuel Consumption : 147g/hp/jam @1400rpm

Gear ratio : 6,70/3,81/2,29/1,48/1,00/0,73 reverse: 6,29

Supply Volume (Liter)
Engine Oil (min/max) : 23/28
Gearbox Oil : 9,0
Clutch Oil : 0,55
Rear axle oil (gardan) : 11
Steering Oil : 3,5
Water cooling system : 37

Weight (kg) without body
Front axle: 600
Rear axle: 4300
Total : 4900[/CODE]



MB OH 1830
(Rp. 919 jt)

Spoiler for spesifikasi
[CODE]Mesin : OM926LA, 7201cc 6 silinder inline, turbo intercooler
Power : 300hp@2200rpm
Torque : 1200nm@1400rpm

Specific Fuel Consumption : 147g/hp/jam @1500rpm
Gear ratio : 6,98/4,06/2,74/1,89/1,31/1,00 reverse: 6,43
Final gear ratio : 3,917

Supply Volume (Liter)
Engine Oil (min/max) : 23/28
Gearbox Oil : 13,0
Rear axle oil (gardan) : 10
Steering Oil : 3,5
Water cooling system : 37

Weight (kg) without body
Front axle: 1030
Rear axle: 4580
Total : 5610[/CODE]



Quote:

Scania

Spoiler for SCANIA

Nomor seri chasis Scania mirip dengan Volvo.
Huruf pertama menunjukkan posisi mesin.

K = vertical engine,
L = Miring 60 derajat,
N = transverse engine

Kemudian diikuti dengan cc mesin dan generasi chasis.
113 = mesin 11000cc generasi ke-3,
94 = mesin 9000cc generasi ke-4

Untuk generasi ke-3, di belakang nomor seri ada tiga hurup.
Contohnya
CRB = single deck, right-hand drive, normal floor height,
CRL = low floor,
DRB = double deck,
ARB = articulated,
ARL = articulated, low floor

Untuk generasi ke-4, ada 2 hurup yang menunjukkan jenis chasis.
UB = urban bus chassis,
IB = intercity bus chassis,
UA = urban articulated chassis.


Quote:
Scania K310
(Rp. 1.050 jt)

Spoiler for spesifikasi
[CODE]Engine
Model : Scania DC911 EURO 3, 4 STROKE, 5 Cylinder in-line, 4 Valve per cylinder, Turbocharged Intercooler, direct injection (unit Injector) Scania PDE

Displacement : 9 L
Net output (HP) : 228KW/310HP at 1,900rpm
Max Torque (NM) : 1,550 at 1,100-1,300 rpm

Equipped with : Cruise Control, Engine Oil Cyclone Clesner and Retarder

Transmisi
Model : GR801R
Gear Shift Control : Comfort Shift

Kecepatan : 7 maju dan 1 mundur
Axle and Suspension
Axle gear : R660
Gear ratio : 3.07

Suspension : 2 front and 4 rear Air Suspension with Shock Absorbers

Clutch
Model : Single with clutch wear protection and clutchoverload warning

Rem
Type : Pneumatic Drum Brake with Automatic Exhaust Brake and ABS (antilock Breaking System)

Kapasitas Tangki : 465 L

Roda dan Velg
Ban : 295/80 x R22.5
Velg : 9 x 22.5

Listrik
Alternator : 2 x 150 A
Batteries : 225 Ah

General Specification
Axle distance : 6.000 mm
Overhang depan: 2.500 mm
Overhang belakang : 3.250 mm
Gross Vehicle Weight : 25.000 kg[/CODE]



Scania K380
(Rp. 1.150 jt)

Spoiler for spesifikasi
[CODE]Engine
Model : Scania DC1217 EURO 3, 4 STROKE, 6 Cylinder in-line, 4 Valve per cylinder, Turbocharged Intercooler, direct injection (unit Injector) Scania PDE

Displacement : 12 L

Net output (HP) : 380HP at 1,900rpm
Max Torque (NM) : 1,550 at 1,100-1,300 rpm

Equipped with : Cruise Control, Engine Oil Cyclone Clesner and Retarder

Transmisi
Model : GR801R
Gear Shift Control : Comfort Shift
Kecepatan : 7 maju dan 1 mundur

Axle and Suspension
Axle gear : R660
Gear ratio : 3.07

Suspension : 2 front and 4 rear Air Suspension with Shock Absorbers

Clutch
Model : Single with clutch wear protection and clutchoverload warning

Rem
Type : Pneumatic Drum Brake with Automatic Exhaust Brake and ABS (antilock Breaking System)

Kapasitas Tangki : 465 L

Roda dan Velg
Ban : 295/80 x R22.5
Velg : 9 x 22.5

General Specification
Axle distance : 6.000 mm
Overhang depan: 2.500 mm
Overhang belakang : 3.250 mm
Gross Vehicle Weight : 25.000 kg[/CODE]



Quote:

HINO

Spoiler for HINO


[CODE]sekedar info utk tipe bis Hino:

AK172 1974-1992 172PS 6443cc H06C
AK173 1985-1992 173PS 6443cc H06C
AK174 1986-1995 174PS 6443cc H06C
RK174 1988-1995 174PS 6443cc H06C
RK2HM 1990-1998 - 6728cc H07C
RK2HR 1991-2004 200PS 6728cc H07C-T (Turbo)
AK176 1991-1997 176PS 6443cc EH700
AK3HR 1995-2007 190PS 7412cc H07D
RG1JN 1996-2005 240PS 7961cc J08C-TI (Turbo Intercooler)
RG1JS 1997-2007 240PS 7961cc J08C-TI (Turbo Intercooler)
AK1JRKA 2004-2007 210PS 7961cc J08C-NA
AK8JRKA 2007-…... 215PS 7684cc J08E-UH (Turbo Intercooler)
RK8JSKA 2007-…... 235PS 7684cc J08E-UG
RK8JSKA 2007-…... 260PS 7684cc J08E-UF (Turbo Intercooler)

NB:
kolom1=sasis
kolom2=thn produksi
kolom3=satuan tenaga (Pferde-Staarke)
kolom4=volume
kolom5=nama mesin

Sasis Kode A: penempatan mesin di depan
Sasis Kode R: penempatan mesin di belakang[/CODE]


[/QUOTE]
bimakus.officer - 13/07/2012 01:47 PM
#15
Pengenalan Chassis dan Mesin Bus 02
Quote:
Quote:
Hino AK A215

(Rp. 453 jt)

Spoiler for spesifikasi
[CODE]Kode Produksi : AK8JRKA-FCJ

MESIN
Model J08E-UH
Tipe : Diesel 4 Stroke; In-Line
Tenaga Maks (PS/rpm) : 215 / 2500
Momen Putir Maks. (Kgm/rpm) : 62 / 1500
Jumlah Silinder : 6
Diameter x Langkah Piston (mm) : 112 x 130
Isi Silinder : 7684

KOPLING
Tipe : Single Dry Plate, with Coil Spring
Diameter : 350

TRANSMISI
Tipe : 6 speeds

KEMUDI
Tipe : Integral Power Steering
Radius Putar Min. (m) : 9.9

SUMBU
Depan : Reverse Elliot, I-Section Beam
Belakang : Full floating type with hypoid gear
Perbandingan gigi akhir : STD = 5.125
Sistem Penggerak : Rear 4x2

REM
Rem Utama : Air Over Hydraulic,
Rem Pelambat : With On Exhaust Pipe
Rem Parkir : Internal Expanding tipe pada transmisi output

RODA & BAN
Ukuran Rim : 20X7.00T-162
Ukuran Ban : 9.00-20-14PR
Jumlah Ban : 6

LISTRIK
Accu : 12V-120Ah x2

TANGKI SOLAR
Kapasitas (L) : 200

DIMENSI (mm)
Jarak Sumbu Roda : 5800
Panjang bak
Total Panjang : 11180
Total Lebar : 2425
Total Tinggi : 2100
Lebar Jejak Depan FR Tr : 1920
Lebar jejak Belakang RR Tr : 1840
Julur Depan FPH : 2030
Julur Belakang ROH : 3350

SUSPENSI
Depan & Belakang : Rigid Axle with Semi Elliptic Leaf Spring

BERAT CHASSIS (kg)
Depan : 2465(calculation)
Belakang : 1940(calculation)
Berat Kosong : 4405(calculation)
GVWR : 14200[/CODE]



Hino RK R235

(Rp. 545 jt)

Spoiler for spesifikasi
[CODE]Kode Produksi : RK8JSKA-MHJ

MESIN
Model : J08E-UG
Tipe : Diesel 4 Stroke; In-Line
Tenaga Maks (PS/rpm) : 235 / 2500
Momen Putir Maks. (Kgm/rpm) : 72 / 1500
Jumlah Silinder : 6
Diameter x Langkah Piston (mm) : 112 x 130
Isi Silinder : 7684

KOPLING
Tipe : Single Dry Plate, with Coil Spring
Diameter : 380

TRANSMISI
Tipe : 6 speeds

KEMUDI
Tipe : Integral Power Steering
Radius Putar Min. (m) : 9.2

SUMBU
Depan : Reverse Elliot, I-Section Beam
Belakang : Full floating type with hypoid gear
Perbandingan gigi akhir : STD = 5.125
Sistem Penggerak : Rear 4x2

REM
Rem Utama : Full Air,with Two Circuit
Rem Pelambat : With On Exhaust Pipe
Rem Parkir : Spring Brake

RODA & BAN
Ukuran Rim : 20X7.00T-162
Ukuran Ban : 10.00-20-14PR
Jumlah Ban : 6

LISTRIK
Accu : 12V-120Ah x2

TANGKI SOLAR
Kapasitas (L) : 270

DIMENSI (mm)
Jarak Sumbu Roda : 6000
Panjang bak
Total Panjang : 11270
Total Lebar : 2440
Total Tinggi : 1865
Lebar Jejak Depan FR Tr : 2040
Lebar jejak Belakang RR Tr : 1840
Julur Depan FPH : 2200
Julur Belakang ROH : 3070

SUSPENSI
Depan & Belakang : Rigid Axle with Semi Elliptic Leaf Spring

BERAT CHASSIS (kg)
Depan : 1270(calculation)
Belakang : 3780(calculation)
Berat Kosong : 5050(calculation)
GVWR : 14200[/CODE]



Hino RK R260
(Rp. 575 jt)

Spoiler for spesifikasi
[CODE]Kode Produksi : RK8JSKA-NHJ

MESIN
Model : J08E-UF
Tipe : Diesel 4 Stroke; In-Line
Tenaga Maks (PS/rpm) : 260 / 2500
Momen Putir Maks. (Kgm/rpm) : 76 / 1500
Jumlah Silinder : 6
Diameter x Langkah Piston (mm) : 112 x 130
Isi Silinder : 7684

KOPLING
Tipe : Single Dry Plate, with Coil Spring
Diameter : 380

TRANSMISI
Tipe : 6 speeds

KEMUDI
Tipe : Integral Power Steering
Radius Putar Min. (m) : 9.2

SUMBU
Depan : Reverse Elliot, I-Section Beam
Belakang : Full floating type with hypoid gear
Perbandingan gigi akhir : STD = 4.300
Sistem Penggerak : Rear 4x2

REM
Rem Utama : Full Air,with Two Circuit
Rem Pelambat : With On Exhaust Pipe
Rem Parkir : Spring Brake

RODA & BAN
Ukuran Rim : 20X7.00T-162
Ukuran Ban : 10.00-20-14PR
Jumlah Ban : 6

LISTRIK
Accu : 12V-120Ah x2

TANGKI SOLAR
Kapasitas (L) : 270

DIMENSI (mm)
Jarak Sumbu Roda : 6000
Panjang bak
Total Panjang : 11270
Total Lebar : 2440
Total Tinggi : 1865
Lebar Jejak Depan FR Tr : 2040
Lebar jejak Belakang RR Tr : 1840
Julur Depan FPH : 2200
Julur Belakang ROH : 3070

SUSPENSI
Depan & Belakang : Rigid Axle with Semi Elliptic Leaf Spring

BERAT CHASSIS (kg)
Depan : 1270(calculation)
Belakang : 3780(calculation)
Berat Kosong : 5050(calculation)
GVWR : 14200[/CODE]



Volvo

Spoiler for VOLVO

utk volvo...misal B7R.
B itu singkatan dr Bakbus (yg artinya bus dlm bhs sweden),
sedangkan 7 disini bermaksud cc mesinnya (7000cc)
dan R itu peletakkan mesin di blkg
klo B12M berarti 12000cc dgn mesin tgh (M)





MAN

Spoiler for MAN

MAN hampir mirip sama mercedes benz
contoh: 18.250 = GVW 18 ton, 250 hp



Quote:
* PENGENALAN CHASSIS dari BONGGOL AS RODA BELAKANG

HINO
Spoiler for "sop iler"

[CODE]RODA BELAKANG HINO
# bonggol as bulat
# baut 8 buah
# tutup bonggol as cembung di tengah dan ada tulisan Hino[/CODE]
MB OH 1518 & 1521 old
Spoiler for "sop iler"

[CODE]RODA BELAKANG MB OH 1518 & 1521 lama
# bonggol as bulat
# baut 10 buah
# tutup bonggol as cembung dan ada logo MB[/CODE]
MB OH 1525
Spoiler for "sop iler"

[CODE]RODA BELAKANG MB OH 1525
# bonggol as berbentuk segi 8
# baut 10 buah
# tutup bonggol as rata dan ada logo MB[/CODE]
MB OH 1518XBC & 1526
Spoiler for "sop iler"

[CODE]RODA BELAKANG MB OH 1518 XBC & 1526
# bonggol as bulat
# baut 10 buah
# tutup bonggol as cembung, ada lubang kecil di tengah dan ada logo MB[/CODE]
MB OH 1626 & 1830
Spoiler for "sop iler"

[CODE]RODA BELAKANG MB OH 1626 & 1830
# bonggol as bulat
# baut 10 buah
# tutup bonggol as menonjol rata dan tidak ada logo MB[/CODE]

ada yang unik disini :

pada bonggol as roda HINO dan MB memiliki jumlah baut yang jumlahnya terbalik,

baut roda HINO berjumlah 8 buah tetapi baut penutup bonggol berjumlah 10

sedangkan

baut roda MB berjumlah 10 tetapi baut penutup bonggol berjumlah 8


Quote:
* PENGENALAN CHASSIS dari KEMUDI/STEERING WHEEL

Spoiler for "sop iler KEMUDI"
[CENTER]
Scania K124IB


Scania K124EB


Scania K380IB


Scania K420EB


Scania K270UB


MAN 24.460


Volvo B7R


Volvo B12M


MBOH 1518 1521 old


MBOF8000


MBOH 1525


MBOH 1518XBC Fam


MBOH 1526


MBOH 1725


MBOH 1830


Merecedes Benz IBC1636


Hino RK8


Hino RG




Nissan Diesel UDJP251S


Nissan Diesel UD JA452S


SUMBER
[/CENTER]
mameet - 13/07/2012 01:48 PM
#16

:hn :hn :hn :hn :hn :hn :hn :hn :hn :hn :hn


Quote:





:selamat Alhamdulillah kita sudah pindahan ke rumah baru nih :selamat

Kedepannya semoga kita lebih kompak, rukun dan bisa turut serta memajukan dunia transportasi khususnya bis yang ada di Indonesia.

Sukses terus Bimakus!!





:cool reserved for any update on bimakus :cool
kalsiumsulfat - 13/07/2012 01:48 PM
#17

ISTILAH DUNIA PERBISAN

ATB (Ac Tarip Biasa)
Bis dengan kelas ekonomi, harga paling murah dari seluruh kelas, (bumel) tetapi untuk menggaet penumpang, memberikan fasilitas tambahan yaitu AC, sehingga diharapkan bisa bersaing dengan bis ekonomi biasa tanpa AC. Konfigurasi tempat duduk biasanya 2 – 3

Bumel
Bis dengan kelas ekonomi, harga paling murah dari seluruh kelas.
Konfigurasi tempat duduk biasanya 2 – 3.
Biasanya tidak ber-AC, tetapi ada beberapa PO yang memberikan fasilitas ini gratis.

Buka jalur
Bis yang terkena macet mencoba masuk jalur yang berlawanan untuk menghindari kemacetan

Lob
Adalah istilah para Driver jika,pada kondisi jalan menurun Driver tidak menyentuh/menggunakan rem .Tapi biasanya Driver tersebut memang sudah hapal/mengenal situasi dan kondisi jalan tersebut.
Bisa juga istilah untuk kondisi menyalip, seperti bola tanggung / ngeblong, dimana menyalip dengan agak memaksa kendaraan dari depan untuk mengalah


Gunting
Istilah bagi kernet / kondektur bis untuk meminta ongkos dari penumpang.


Klok , Mesin Klok
Terdapat kerusakan pada bus di bagian mesin sehingga harus turun mesin
- Mesin mati total
Kres
Bersimpangan, bersilangan atau berpapasan dengan bus (atau kendaraan lain) dari arah berlawanan.
Kadang digunakan juga untuk memberitahu adanya kendaraan lain dari arah berlawanan ketika akan menyalip.


Blong, Ngeblong
1. Mendahului kendaraan dengan memaksa padahal dari jalur berlawanan ada kendaraan.
2. Menerobos lampu merah.
3. Mengambil jalur yang bukan miliknya, biasanya di jembatan.
4. . Tidak masuk ke terminal (yang seharusnya masuk).
5. . Berangkat ke tujuan tanpa penumpang ( ada yang bilang “nglondang” )


Bola Tanggung
Posisi ketika tanggung, antara mau menyalib kendaraan di depannya atau mengerem di belakang kendaraan didepannya, kebanyakan yang terjadi adalah kendaraan memaksa untuk menyalip.

Slah / Selah / Ngeslah
Slah / Selah diambil dari kata celah, atau dari bahasa jawa “sela”, yang artinya jarak atau celah, diartikan sebagai jarak antara bis depannya dan bis nya sendiri dan (atau) bis di belakangnya.
Ngeslah adalah ketika mencoba mencari celah jarak yang cukup bagus (atau lama) untuk mendapatkan lebih banyak penumpang.
Hal ini lebih banyak terjadi pada bis kota, bis reguler atau bis bumel

Tem, Ngetem
Tem merupakan tempat berhenti bis, biasanya tempat dimana banyak calon penumpang.
Ngetem merupakan tindakan bis berhenti menunggu penumpang.

Nyodok
1. Tidak ikut dalam antrian, langsung menyodok ke depan.
2. Memaksa mendahului mobil di depannya (seperti ngeblong)

Perpal
Bis tidak (jadi) berangkat.
=====================================================
PERPAL : Bus yang tiba ke kota Tujuan tetapi tidak harus berangkat kembali pada hari yang sama dan harus nunggu besok dikarenakan sesuatu hal, misalnya: tidak ada penumpang, rusak (engine), habis jadwal, macet parah, dsb..

Rata Bangku
Kondisi ketika bangku bis semuanya terisi, tetapi belum sampai ada penumpang berdiri.

Sewa
Istilah untuk menyebut Penumpang

SPJ
SPJ (Surat Perintah Jalan)
Dokumen yang dipegang oleh kru, dikeluarkan oleh kantor, sebagai bukti penunjukan kerja, sekaligus didalamnya terdapat data yang perlu diisi untuk evaluasi kerja.

Timer
Orang yang mencatat waktu bis lewat di tempatnya. Timer ini berguna sebagai penanda berapa lama jarak (slah / selah) yang dimiliki oleh bis nya, bis di depannya, bahkan bis lebih depannya lagi.

Teler
1. Kejadian ketika bis harus melakukan perjalanan yang sebenarnya bukan trayeknya, karena beberapa alasan.
2. Keadaan pengemudi ketika diharuskan mengemudi ekstra karena terjadinya perubahaan pada trayeknya, karena beberapa alasan.

Quote:
sumber : bismania.org
bimakus.officer - 13/07/2012 01:48 PM
#18
Saat Narsis Kru BIMAKUS
Quote:












Saat Narsis Penggemar Bis










۞ 1st KopDar BIMAKUS (Bis Mania Kaskus) Jabodetabek ۞
30 Oktober 2011
Di terminal Lebak Bulus


Spoiler for Solaria



Spoiler for terminal Lebak Bulus






۞ 1st Gathering BIMAKUS Bismania Kaskus ۞
10, 11 Desember 2011
Jogjakarta


Spoiler for power rangers


Spoiler for paris



Spoiler for adin



Spoiler for prayogo




Spoiler for execute



Spoiler for prayogo samping


Spoiler for kru karawang


Spoiler for komik





Konsolidasi
26 Desember 2011
Di terminal Lebak Bulus


Spoiler for Konsolidasi









[SPOILER=duo][CENTER]


[/CENTER][/SPOILER]




۞ 2nd KopDar BIMAKUS (Bis Mania Kaskus) Jabodetabek ۞
31 Desember 2011
terminal Lebak Bulus


Spoiler for 2nd KopDar




Spoiler for 2nd KopDar



JEJAK BUNTING KRU
rhieei7 - 13/07/2012 01:48 PM
#19

Suka sama bis?
Mau punya miniaturnya? tapi mahal?
terlanjur mupeng mau beli miniatur bis dari kayu/thermoplastic yg harganya sampe ratusan ribu ituuh? :mewek
wake up broo..
ada solusi murah meriah buat para agan2 yg cinta mati sama bis n pengen banget punya miniaturnya

Spoiler for PAPER BUS


Yup, this is Paper bus :2thumbup
kalau kita mau berusaha sebenarnya ada banyaaaak sekali situs2 internet diluar sana yg ngasih kita FREE template model paper bus, dari mulai model-model bis asli Indonesia
ataupun model bis-bis luar negeri :cool
tinggal di donlot, print, gunting-gunting, lipat, lem, jadi deeh

monggo langsung aja masuk ke situsnya gan

Spoiler for donlot paper bus
Paper bus model & livery Indonesia bisa di donlot >>>disini

http://paperbusmodel.wordpress.com/


Kopaja

http://www.kertascraft.com/paper-models/transportation/58-kopaja-shuttle-bus



Deborah

http://www.kertascraft.com/paper-models/transportation/64-po-deborah-shuttle-bus


Miniarta

http://www.kertascraft.com/paper-models/transportation/59-miniarta-shuttle-bus


Metro Mini

http://www.paper-replika.com/index.php?option=com_content&view=article&id=1018:metromini-shuttle-bus& catid=124:transportation&Itemid=200144


Mayasari Bakti

http://paper-replika.com/index.php?option=com_content&view=article&id=628


Agra Mas (model bis ex Jepang)

http://www.paper-replika.com/index.php?option=com_content&view=article&id=2135&Itemid=200144


Trans Jogja

http://mypapermodel.blogspot.com/2010/03/transjogja-papercraft.html


Transjakarta

http://paper-replika.com/index.php?option=com_content&view=article&id=433


Transjakarta CNG (Blue Version)

http://paper-replika.com/index.php?option=com_content&view=article&id=617


Damri

http://www.paper-replika.com/index.php?option=com_content&view=article&id=3588
==================================================

untuk paper bus luar negeri bisa didonlot disini, FREE :2thumbup
http://www.paperbusmodels.com/
http://www.minimodel.cz/
http://modelbus-sailormoon.webs.com/



NB: semua link paperbus diatas rata-rata berlisensi Creative Commons
yg intinya bukan untuk tujuan komersil tanpa seijin sang creator
lebih jelasnya tentang lisensi ini bisa dipelajari >>>disini
http://paperbusmodel.wordpress.com/2012/05/09/lisensi-creative-commons/

:selamatLET's FUN WITH PAPERBUS! :selamat

tirtakautsar - 13/07/2012 01:53 PM
#20

Sebelumnya, anda yang bingung terhadap BIMAKUS,
silahkan baca2 dulu yang ini..



Originally Posted by rukun.sayur
Quote:

ini masalah yang dibahas pada gath kemarin gan
ane cuma bisa njelasin kalo BIMAKUS itu independen berdiri sendiri
MAS TITO kemarin selaku pendiri BIMAKUS mengatakan:
BIMAKUS merupakan wadah penggemar BUS di forum kaskus yang berdiri sendiri
mengenai LOGO sudah disepakati kalo logo itulah yang menjadi logo BIMAKUS
kalo mengenai mirip atau enggaknya dengan forum sebelah, kemarin sudah clear di konfirm tidak apa2 menggunakan logo itu
Nah itu QUOTE cuma masalah narasi mas, nanti bisa diselesaikan baik2 emang aku liatnya rancu kata2 itu

maaf kalo ada yang salah, sekian dari saya


Originally Posted by mad_dog
Quote:
BIMAKUS independent dan tidak pernah ada di bawah BMC (penjelasan masalah hubungan Bimakus)

masalah Logo : ada gag yg keberatan klo lambang Adi putro (karoseri made in Malang, Indonesia) mirip dengan logo ferari (perusahaan otomobil made in Italia)????
jadi intinya mas bro kalo masalah logo mirip itu hal yg biasa di dalam kehidupan.. hal ini sudah di konfirmasikan kepada komunitas yg logo nya mirip tersebut.. namun tidak ada masalah dengan kemiripan logo tsbut..

kalo masalah quote tersebut mungkin TS atau mas Tito a.ka Buruhcisco bisa menjelaskan karena kapasitas saya belum sampai situ



Originally Posted by bonanza06
Quote:
mengenai kutipan dari pejwan yang mas lukman angkat disini ada hal yang perlu dicatat sebelumnya

# media komunikasi sesama Kaskuser dan Bis Mania Community

pada awalnya ada keberadaan member BMC yang juga memiliki ID kaskus, dan di kaskus pulalah member BMC bertukar pikiran dengan KASKUSER yang notabene masih ingin tahu mengenai dunia perBISan di Indonesia, maka munculah Bismania Community Kaskus,
seiring berjalannya waktu maka muncullah para Bimakuser "mungkin bisa disebut ini" yang saling berbagi cerita dan pengalaman dalam koridor hobby yang sama YAITU PECINTA BUS yang ada di KASKUS

maka berkembanglah BIMAKUS hingga saat ini,



# Tidak menjelek-jelekan antar komunitas BMC lainnya dari berbagai jenis BMC yang ada, begitu pun sebaliknya

untuk menghindari hal yang sebelumnya udah terjadi mas


# Kalo emang bukan bagian dari BMC, kenapa font n logo Bimakus hampir mirip ama punyanya BMC?

sudah kami koordinasi dengan penasehat BMC, dan dari hasil koordinasi tersebut di dapat kesepakatan , TIDAK ADA MASALAH mengenai LOGO dan font tersebut


Originally Posted by ft2800
Quote:
met siang mas lukman
semoga bisa menjadi pemikiran kami pula sebagai manusia yang cinta BUS dan cinta kaskus tentunya.

kaskus adalah wadah buat yang cinta bersosialisasi lewat dunia maya ( internet tentunya ) di sini lah kita pempunyai kebebasan dalam berkomentar ,kebebasan dalam mengungkapkan isi curhatan pikiran kita ,sebagai bentuk sosialisasi kita ,

dan tentunya bukan sebuah organisasi yang mengikat terhadap semua yang ada di dalamnya ,nah mengapa kita ( kaskuser ) independent .
dan mengenai "BIS MANIA COMMUNITY" ini cuman sebutan yang sdh enak di ucapkan ,dmn text ini juga ga bener secara EYD ataupun bahasa inggris
sama halnya jika kita menyebut oto=mobil ( buat orang papua ) dan HOnda=motor ( buat orang malang ) ataupun pit=sepeda ( buat orang jateng ) ini hanya text yang enak disebutkan dan sekali lagi kita BIMAKUS Independent

jika di tanya ada berapa BMC?
ini yang di luar pengetahuan Temen-temen BIMAKUS

( ini yang ada di pikiran saya ya Mas ,mudah2 ada masukan lain buat saya dari kaskuser lain )


Originally Posted by Blouph
Quote:
biar gak rancu bacanya
sudah saya ganti2 kata2 yang mungkin bingung mas lookman
cek lagi di page one,

soal Logo, sudah dapet pencerahan
inti dari logo yang kata orang "adopsi dari forum sebelah" dengan tetapi sudah mendapatkan lampu hijau dari penasehat Forum terbesar bismania disebelah dengan tanda kutip " Netralitas harus terjaga"

BMC = bismania community
bismania community = komunitas bis
komunitas bis di indonesia mungkin mas bisa tau lah
setiap kota, setiap PO, setiap karoseri itu bnyak yang mengaku independent juga, tapi disini, kita Welcome buat semuanya, toh sama bahasannya bis kenapa harus di kotak kotakan dengan koridor yaitu, ane seneng ngaskus jadi bahas Bis nya ya di kaskus , itulah kenapa disebut Bismania Kaskus juga sebagai awal langkah pemersatu semua komunitas bis, CMIIW


Originally Posted by cahbiru
Quote:
Sebelumnya terima kasih atas pertanyaan mas lukman di atas
Ane mencoba menjawab sesimpel mungkin, menambahi yang sudah ada di atas
Yang dimaksud BMC disini adalah komunitas bismania yang ada di Indonesia, tidak perlu ane sebutkan satu persatu
Yang dimaksud dengan netralitas disini adalah Bimakus welcome terhadap temen2 dari komunitas bismania laen yang pengen gabung dengan bimakus. Karena disini kita sama2 bergabung dengan kaskuser pencinta bis, bukan mengatasnamakan komunitas laen

Masalah logo dan font saya rasa kalo hanya mirip itu biasa mas, terkecuali sama persis baru itu sebuah masalah CMIIW.

Yang jadi catatan sekarang adalah bahwa kita adalah kaskuser dan cinta bis, maka kita bergabung dalam BimaKus
Page 1 of 387 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›
Home > LOEKELOE > OTOMOTIF > Kendaraan Roda 4 > ►►Bismania-Kaskus◄◄|★★۩۞۩Keluarga Penggemar Bis۩۞۩★★