Kendaraan Roda 2
Home > LOEKELOE > OTOMOTIF > Kendaraan Roda 2 > Telat Bayar Pajak Tahunan STNK, Tidak Bisa Ditilang!
Total Views: 926
Page 1 of 2 |  1 2 > 

cash8889 - 09/08/2012 02:09 PM
#1
Telat Bayar Pajak Tahunan STNK, Tidak Bisa Ditilang!
Ada beberapa pembaca menanyakan mengenai aturan tilang. “Apakah kalau Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) yang terdapat di Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) telat dibayar, polisi boleh menilang motor?,” sebut salah seorang pembaca.

Daripada salah omong, mending tanya langsung kepada yang berwewenang.

“Keterlambatan membayar pajak tahunan petugas tidak berhak melakukan penindakan sebab untuk keterlambatan pajak yang berwenang adalah Dispenda bukan polisi,” jelas Kombes Rikwanto, Kabidhumas Polda Metro Jaya.

Kalau nggak bayar atau telat sanksinya berupa denda admistrasi atau denda keterlambatan. “Berbeda jika kalau masa berlaku STNK sudah habis yakni 5 tahun. Kalau itu Kepolisian berhak menilang karena dianggap motor ini gelap dan tidak memiliki STNK yang sah,” jelas Rikwanto.

Kombes Rikwanto juga mengingatkan bahwa pembayaran pajak kendaraan adalah soal kesadaran pengguna kendaran bermotor. “Karena nantinya dana itu akan kembali juga kepada masyarakat dalam bentuk perawatan dan perbaikan jalan,” katanya mengingatkan.

Paham kan?. (motorplus-online.com)
ysc522 - 10/08/2012 11:49 AM
#2

PERTAMAX

nice share inpoh gan.!!
BoLanHok - 10/08/2012 12:27 PM
#3

itu kan teorinya. kondisi realnya pas ente kena razia dikelilingin ratusan polisi n dikasih jawaban "silakan dibuktikan di pengadilan saja", gimane ?
Novalardians - 10/08/2012 06:22 PM
#4

setau ane sih gt gan, tpi klo polisi lagi laper apa aja bisa kena deh...
ReviGranger13 - 10/08/2012 06:34 PM
#5

info yg bagus gan , biar ga ketipu sama polisi yg laper
itiLkejepit - 10/08/2012 06:56 PM
#6

ga ada satu wadah yang bisa mewakilkan rakyat dan mewakilkan polisi.. jadi susah di sosialisaasi.
setand.hittam - 11/08/2012 12:45 PM
#7

ujung2nya tetep ditilang juga gan,
ane pernah ngalamin kogh, tapi mungkin plokisnya lagi gak punya rokok
yowisbenla - 11/08/2012 05:42 PM
#8

Quote:
Original Posted By
Ada beberapa pembaca menanyakan mengenai aturan tilang. “Apakah kalau Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) yang terdapat di Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) telat dibayar, polisi boleh menilang motor?,” sebut salah seorang pembaca.

Daripada salah omong, mending tanya langsung kepada yang berwewenang.

“Keterlambatan membayar pajak tahunan petugas tidak berhak melakukan penindakan sebab untuk keterlambatan pajak yang berwenang adalah Dispenda bukan polisi,” jelas Kombes Rikwanto, Kabidhumas Polda Metro Jaya.

Kalau nggak bayar atau telat sanksinya berupa denda admistrasi atau denda keterlambatan. “Berbeda jika kalau masa berlaku STNK sudah habis yakni 5 tahun. Kalau itu Kepolisian berhak menilang karena dianggap motor ini gelap dan tidak memiliki STNK yang sah,” jelas Rikwanto.

Kombes Rikwanto juga mengingatkan bahwa pembayaran pajak kendaraan adalah soal kesadaran pengguna kendaran bermotor. “Karena nantinya dana itu akan kembali juga kepada masyarakat dalam bentuk perawatan dan perbaikan jalan,” katanya mengingatkan.

Paham kan?. (motorplus-online.com)


Quote:
Original Posted By BoLanHok
itu kan teorinya. kondisi realnya pas ente kena razia dikelilingin ratusan polisi n dikasih jawaban "silakan dibuktikan di pengadilan saja", gimane ?


Sekedar sharing:
Sekitar tahun 2007 or 2008 ana pernah kena razia besar di daerah Pramuka
Seperti biasa SIM & STNK dicek ama polisi pertama. STNK blom diperpanjang (telat seminggu kalo gak salah)
Mungkin karena gak ada pasal buat nilang STNK yg telat bayar akhirnya ana dilepas
AangFM - 11/08/2012 05:54 PM
#9

klo yang di tahan SIM nya bejimana bro????
Novalardians - 13/08/2012 08:19 AM
#10

Quote:
Original Posted By AangFM
klo yang di tahan SIM nya bejimana bro????


ya harus melalui sidang bro..
HaHnDyTo - 14/08/2012 07:21 PM
#11

ada lagi gan cara yang palinggg ampuhh...nunjukin KTA POLRI...hehhe
andreesurya93 - 17/08/2012 01:15 AM
#12

tetep aja ngga bisa gan, kecuali ente emg orang yg nekat gan
contactjunzz - 17/08/2012 01:47 AM
#13

Quote:
Original Posted By AangFM
klo yang di tahan SIM nya bejimana bro????


ya pake jurus SIM SALA BIM BRO..selipin 20rb beres..ane jg sering kena di ringroad.krn ane ga pnah punya sim.sampe skrg umur ane udh 31thn.
Stnk mio ane jg mati 2tahun..
masyarakatBAIK - 17/08/2012 06:46 AM
#14

polisi kok bisa dilawan
pasti tetep kena tilang gan
andreesurya93 - 17/08/2012 10:36 PM
#15

Quote:
Original Posted By contactjunzz


ya pake jurus SIM SALA BIM BRO..selipin 20rb beres..ane jg sering kena di ringroad.krn ane ga pnah punya sim.sampe skrg umur ane udh 31thn.
Stnk mio ane jg mati 2tahun..


buset deh gan udah umur segitu tapi tetep aja ngga bikin SIM
enak polisinya dong gan ente kasih duit terus

kenapa ngga bikin SIM aja gan ?
biar ngga jadi bulan bulanan polisi sama uangnya kan bisa dipake bwt yg laennya
bulusari36 - 18/08/2012 02:12 PM
#16

ini yang ane suka, amanan dikit
pajak telat baru 7 bulan
reineth - 18/08/2012 02:31 PM
#17

Quote:
Original Posted By contactjunzz


ya pake jurus SIM SALA BIM BRO..selipin 20rb beres..ane jg sering kena di ringroad.krn ane ga pnah punya sim.sampe skrg umur ane udh 31thn.
Stnk mio ane jg mati 2tahun..


Damai itu 50rb bro
Apalagi klo org awam yg ga ngerti
Arzoona - 24/08/2012 08:11 PM
#18

Quote:
Original Posted By cash8889
Ada beberapa pembaca menanyakan mengenai aturan tilang. “Apakah kalau Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) yang terdapat di Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) telat dibayar, polisi boleh menilang motor?,” sebut salah seorang pembaca.

Daripada salah omong, mending tanya langsung kepada yang berwewenang.

“Keterlambatan membayar pajak tahunan petugas tidak berhak melakukan penindakan sebab untuk keterlambatan pajak yang berwenang adalah Dispenda bukan polisi,” jelas Kombes Rikwanto, Kabidhumas Polda Metro Jaya.

Kalau nggak bayar atau telat sanksinya berupa denda admistrasi atau denda keterlambatan. “Berbeda jika kalau masa berlaku STNK sudah habis yakni 5 tahun. Kalau itu Kepolisian berhak menilang karena dianggap motor ini gelap dan tidak memiliki STNK yang sah,” jelas Rikwanto.

Kombes Rikwanto juga mengingatkan bahwa pembayaran pajak kendaraan adalah soal kesadaran pengguna kendaran bermotor. “Karena nantinya dana itu akan kembali juga kepada masyarakat dalam bentuk perawatan dan perbaikan jalan,” katanya mengingatkan.

Paham kan?. (motorplus-online.com)


Nice Inpoh gan, langsung ane quote, senjata nih
Rhandit - 25/08/2012 01:03 AM
#19

Quote:
Original Posted By cash8889
Ada beberapa pembaca menanyakan mengenai aturan tilang. “Apakah kalau Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) yang terdapat di Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) telat dibayar, polisi boleh menilang motor?,” sebut salah seorang pembaca.

Daripada salah omong, mending tanya langsung kepada yang berwewenang.

“Keterlambatan membayar pajak tahunan petugas tidak berhak melakukan penindakan sebab untuk keterlambatan pajak yang berwenang adalah Dispenda bukan polisi,” jelas Kombes Rikwanto, Kabidhumas Polda Metro Jaya.

Kalau nggak bayar atau telat sanksinya berupa denda admistrasi atau denda keterlambatan. “Berbeda jika kalau masa berlaku STNK sudah habis yakni 5 tahun. Kalau itu Kepolisian berhak menilang karena dianggap motor ini gelap dan tidak memiliki STNK yang sah,” jelas Rikwanto.

Kombes Rikwanto juga mengingatkan bahwa pembayaran pajak kendaraan adalah soal kesadaran pengguna kendaran bermotor. “Karena nantinya dana itu akan kembali juga kepada masyarakat dalam bentuk perawatan dan perbaikan jalan,” katanya mengingatkan.

Paham kan?. (motorplus-online.com)


Nice share gan... ane sering telat bayar pajak karena nggak ada waktu bwt ngurusnya (maklum bolos sehari kerja aja ilang insentif ane )
Jadi bisa jawab kalo ditilang gara2 hal ini...
oda.kanazama - 25/08/2012 04:51 AM
#20

btul tuh gan ane jg sering kena razia di pasar rebo sminggu bisa 3-4 hr razia trus 2 arah lg...mo ngapain coba y....dasar oknum
btw ane pernah di tilang coz pajak lewat 2 bulan trus mau ditilang (sbelumnya ane jg uda denger jg klo polisi cuma berhak tilang stnk yg pajak nya mati lebih dr 5 thn) y ane lawan gan ane bilang aja klo stnk ane mati kurang dr lima tahun itu urusan ane ama dirjen pajak tp klo lebih 5 thn boleh deh tuh jd urusannya polisi.. uda ky gitu masih ngeyel jg tuh polisi tetep mau nilang n nanya ke ane UU pasal berapa klo polisi gk boleh tilang stnk mati..y ane blikin lg tanya tuh polisi gan "yg jd polisi siapa pak masa tanya UU tilang ke masyarakat?"(kebetulan ane emang gk inget pasal nya klo gk salah dlu ada yg posting jg tp lupa
trus ane bilang ke polisi nya biar ditilang aja tp ane mau foto muka n tag nama di seragamnya mo ane laporin...n dia malah marah2 gk mau difoto n blikin stnk ane trus langsung cabut..

intinya sih klo mau gk ditilang n ngerasa bener lawan aja gan dgn argumen yg ada dasarnya pasti polisi jg gk berani pa lgi klo uda bw kamera tuh makin tkut gan
tp klo agan emang bener2 melanggar jgn coba2 malah bisa kena tilang lg melawan polisi lho
emang agak repot butuh keberanian, tenang n harus belaga intelektual klo argumen ma polisi

itu aja sih sharenya...
Page 1 of 2 |  1 2 > 
Home > LOEKELOE > OTOMOTIF > Kendaraan Roda 2 > Telat Bayar Pajak Tahunan STNK, Tidak Bisa Ditilang!