BERITA DAN POLITIK
Home > CASCISCUS > BERITA DAN POLITIK > Para Sarjana Ditantang Jadi Perwira TNI
Total Views: 34084
Page 1 of 33 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›

aSAPlover - 29/08/2012 05:55 PM
#1
Para Sarjana Ditantang Jadi Perwira TNI
Ayo gan jadi perwira, mari kita bersihkan sistem kita yg korup langsung dari dalam sistem

JAKARTA, (PRLM).- Tentara Nasional Indonesia kembali membuka kesempatan kepada putra-putri Indonesia lulusan perguruan tinggi untuk bergabung menjadi seorang Perwira TNI melalui pendidikan pertama Perwira Prajurit Karier TNI.

“Alokasi Perwira Prajurit Karier TNI yang dibutuhkan bagi lulusan perguruan tinggi sebanyak 128 orang, terdiri dari 109 pria dan 19 wanita. Materi seleksi meliputi administrasi, kesehatan, kesamaptaan jasmani, psikologi dan mental ideologi,” kata Kadispenum Puspen TNI, Kolonel Cpl Ir. Minulyo Suprapto di Jakarta, Selasa (28/8).

Menurut Minulyo, pendaftaran dimulai dari tanggal 15 Agustus sampai 30 September 2012, dengan sejumlah persyaratan seperti pendidikan terakhir serendah-rendahnya D3 sesuai kebutuhan angkatan, umur 26 tahun bagi yang berijazah D3, 30 tahun bagi S1, dan 32 tahun untuk S1 Profesi pada saat pembukaan pendidikan pertama.

Selain itu, dibutuhkan IPK untuk program studi akreditasi ‘A’ minimal 2,80 untuk S1 (umum maupun profesi), dan minimal 2,70 untuk program Diploma Tiga, serta IPK untuk program studi Akreditasi ‘B’ ditambah 0,20, kecuali Perguruan Tinggi binaan Kemhan.

Adapun yang berasal dari Perguruan Tinggi binaan Kemhan yaitu UPN Veteran, Universitas Suryadarma, STT Adisucipto, Universitas Ahmad Yani dan Universitas Hang Tuah, persyaratan IPK tidak kurang dari 2,80, status belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama mengikuti pendidikan pertama, kecuali untuk pendaftar berprofesi dokter diperbolehkan sudah menikah, atau bagi profesi dokter wanita belum mempunyai anak dan sanggup tidak mempunyai anak/hamil selama dalam pendidikan pertama.

“Tidak kehilangan hak untuk menjadi prajurit berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap serta sehat jasmani, rohani dan bebas narkoba,” terang Minulyo. (kominfo/A-26).***

Sumber:
http://www.dikti.go.id/?p=5359&lang=id&utm_campaign=Berita%20Pendidikan&utm_medium=twitter&utm_source =twitter
nicolevicius - 29/08/2012 08:06 PM
#2

s1anakmalam - 30/08/2012 10:23 AM
#3

Ngapain masuk tentara? Di negara-negara maju, yang mau jadi tentara itu orang yang kurang kerjaan alias pengangguran. Orang yang siap mati kena peluru di medan perang.



eugen - 30/08/2012 10:27 AM
#4

jadi non-akmil masuk tentara itu susah dapet jabatan... percaya deh
pangkat paling mentok kolonel (hoki banget ada yang bisa dapet bintang), jabatan asisten (asintel, aspers, asdll) dikasiin ke lulusan akmil semua...


Quote:
Original Posted By Olipvigess
ane kurang setuju gan..
soalnya ada yg abituren akmil 1988 sampe skrg masih Mayor padahal yang tahun 1989 udah pada Kolonel gan.
malah, di komplek ane ada lulusan Akmil 1992 sekarang masih Mayor, malah ada Dari Secaba tahun 83 udah letkol gan..

ya tergantung orangnya masing masing sih. kalau ybs mengejar karir pasti dapat kok gan..

kan yang Pa PK sesuai Jurusan masing masing. contohnya yang dari kedokteran ditempatkan di kesehatan (CKM) , yang Arsitektur mungkin di Zeni.
yang psikologi di Dispsi. itu masing masing kan ada yang memimpin di pangkat Bintang (Direktur). jadi bukan gak mungkin kita bisa ada di situ kalau karir nya bagus.

Sekian,
itu yang di ajarin Ayah ane ke ane.. hehe


ane gak bilang pangkat doang kan, ane bilangnya jabatan...
jabatan beda sama pangkat, cepet ato enggaknya naek pangkat emang gak ngaruh mo dia akmil atau bukan, tapi kalo jabatan? eits tunggu dulu
saat misalnya ada jabatan kosong, misalnya asintel, yang diisi ke jabatan tersebut ya akmil yang diistimewakan...
lah yang non akmil (PK) gimana? ya udah makan gaji pangkat aja sono tanpa tunjangan jabatan (dan gajinya relatif pas-pasan meskipun dia kolonel)

Quote:
Original Posted By etrijuni

Dua kawan ane yang lain, yang dari jalur PK, yang satu masuk tahun 2000 (sarjana Farmasi), yang satu lagi masuk tahun 2002 (sarjana Geofisika). Sekarang dua-duanya sudah berpangkat Kapten juga. Akselerasinya lebih cepat ternyata daripada kawan ane yang lulusan AAU. Pendapatan? Lebih besar daripada pendapatan ane yang karyawan swasta di Bandung (pendapatan ane plus minus 5 jt per bulan). Yang jelas, mereka juga bangga bisa mengabdi pada negara. Bagi mereka, it's priceless.


percaya gan, bokap gw orang PK, terakhir kolonel AL. memang melejit pas diperwira bawah, nah pas udah nyentuh letkol, banyak yg stuck lah yang dari PK itu...
jujur aja, keluarga gw lebih makmur pas jabat letkol di lantamal 1 medan sono dibanding pas sampe ke kolonel di jakarta, akhirnya terakhir terpaksa rotasi jabatan ngalah ke yang lulusan AAL yang lebih muda. ini fact gw gak ngarang

temen bokap yang kolonel juga, tapi dah gak ada jabatan sampe minta kupon bensin gratis punya bokap gw coba (tuh kupon dapet kalo pas megang jabatan aja) sangking pas2annya...

Quote:
Original Posted By etrijuni

Nah, sekarang pertanyaannya: mau cari jabatan atau mau mengabdi pada negara? Pertanyaan ane pertanyaan Idealis ya? Tapi ga salah kan? Cuma masalah pilihan doang kok. That simple. Hehehe....

bicara teori emang gitu, but.... pas udah perwira menengah dan gak ada jabatan, yang situ makan cuma gaji bersih doang somewhere between 6-7 juta gitu (cmiiw)... dan itu pas2an buat bayar bensin ke kantor,makan dan kuliahin anak (karena usia pas sampe perwira menengah, anak pasti udah gede)
makanya bokap gw akhirnya gak kuat pensiun dini en kerja di perminyakan sekarang (dan banyak temen2nya yang PK banyak yang out nyari rejeki diluar, beberapa masi ada yang tahan meski di anak tirikan disono) this is all true story
ndutzy - 30/08/2012 10:29 AM
#5

jaman sekarang perangnya ekonomi.....
arrahmaho - 30/08/2012 10:30 AM
#6

Quote:
Original Posted By s1anakmalam
Ngapain masuk tentara? Di negara-negara maju, yang mau jadi tentara itu orang yang kurang kerjaan alias pengangguran. Orang yang siap mati kena peluru di medan perang.



siap mati kena peluru demi bela negara kok diketawain gan
Lumineuses - 30/08/2012 10:30 AM
#7

Quote:
Original Posted By nicolevicius
yah semoga banyak para sarjana merasa tertantang
kalo ane cuma D3, berarti ga usah ya

D3 boleh kok ikutan


Begitu lulus pendidikan langsung jadi perwira loh
Lumineuses - 30/08/2012 10:33 AM
#8

Quote:
Original Posted By s1anakmalam
Ngapain masuk tentara? Di negara-negara maju, yang mau jadi tentara itu orang yang kurang kerjaan alias pengangguran. Orang yang siap mati kena peluru di medan perang.


Dinegara maju?

Emang dah pernah ke negara maju gan?
Di negara maju namanya wajib militer gan, mau lu pinter mau goblok tetep harus jadi tentara asal kondisi fisik memungkinkan
invisiblemode - 30/08/2012 10:35 AM
#9

takut gan entar ada diskriminasi antara akmil dan non akmil
Uthe18 - 30/08/2012 10:40 AM
#10

Quote:
Original Posted By eugen
jadi non-akmil masuk tentara itu susah dapet jabatan... percaya deh
pangkat paling mentok kolonel (hoki banget ada yang bisa dapet bintang), jabatan asisten (asintel, aspers, asdll) dikasiin ke lulusan akmil semua...


Klau dapet jabatan mah tetap ada om, lah itu yg masuk dr jenjang S1 kedokteran
tapi masalah yg gak dapet bintang itu memang sulit sih
Klau temen gw bilang sih klau loe bisa menemukan suatu yg berharga (dibidang ilmu-loe) nah loe bisa dapet bintang tapi itupun CUMA 1 biji bintangnya
antost - 30/08/2012 10:42 AM
#11

Quote:
Original Posted By s1anakmalam
Ngapain masuk tentara? Di negara-negara maju, yang mau jadi tentara itu orang yang kurang kerjaan alias pengangguran. Orang yang siap mati kena peluru di medan perang.



negara maju mana gan

jangan asal ngablak deh
not4given - 30/08/2012 10:50 AM
#12

ane siap gan..
ini daftar karir militer ane selama jadi mahasiswa dulu :
semester 1-2 : Age of Empires II
semester 3-4 : Red Alert 2 and CM 2
semester 5-6 : General and The Sims
semester 6-8 : ane main dota sama cs doang
selanjutnya ane kuliah sampe lulus..
berdasarkan pengalaman itu.. ane bisa jadi ahli strategi gak ya..?
beibeh18 - 30/08/2012 11:23 AM
#13

yah kita tunggu aja nih siapa yang bisa dan berani?
konyolBESAR - 30/08/2012 11:26 AM
#14

wah, ane udah lewat gan,
buat agan yang lain aja deh

yang universitas binaan TNI lebih gampang loh
-={D137ER}=- - 30/08/2012 11:48 AM
#15

Quote:
Original Posted By Uthe18
Klau dapet jabatan mah tetap ada om, lah itu yg masuk dr jenjang S1 kedokteran
tapi masalah yg gak dapet bintang itu memang sulit sih
Klau temen gw bilang sih klau loe bisa menemukan suatu yg berharga (dibidang ilmu-loe) nah loe bisa dapet bintang tapi itupun CUMA 1 biji bintangnya


dapet cuman 1 jg gpp ... krn dambaan dr semua anggota adalah ada bintang nongkrong di pundaknya ...
watchdogofhades - 30/08/2012 12:09 PM
#16

Quote:
Original Posted By eugen
jadi non-akmil masuk tentara itu susah dapet jabatan... percaya deh
pangkat paling mentok kolonel (hoki banget ada yang bisa dapet bintang), jabatan asisten (asintel, aspers, asdll) dikasiin ke lulusan akmil semua...


yg boneng gan brati suram donk klo ngarep pangkat tinggi
warriors.united - 30/08/2012 12:12 PM
#17

maunya sih daftar

tapi kira2 ada embel2 rupiah gak nanti waktu seleksi nih?
betalphi - 30/08/2012 12:19 PM
#18

Quote:
Original Posted By not4given
ane siap gan..
ini daftar karir militer ane selama jadi mahasiswa dulu :
semester 1-2 : Age of Empires II
semester 3-4 : Red Alert 2 and CM 2
semester 5-6 : General and The Sims
semester 6-8 : ane main dota sama cs doang
selanjutnya ane kuliah sampe lulus..
berdasarkan pengalaman itu.. ane bisa jadi ahli strategi gak ya..?



kayaknya jago strategi banget neh...
eugen - 30/08/2012 12:20 PM
#19

Quote:
Original Posted By Uthe18
Klau dapet jabatan mah tetap ada om, lah itu yg masuk dr jenjang S1 kedokteran
tapi masalah yg gak dapet bintang itu memang sulit sih
Klau temen gw bilang sih klau loe bisa menemukan suatu yg berharga (dibidang ilmu-loe) nah loe bisa dapet bintang tapi itupun CUMA 1 biji bintangnya


kan ane ga bilang 'ga bakalan dapet', tapi 'susah' dapet jabatan... banyak kan yang non-akmil sekarang pangkat letkol or kolonel cuma keluar masuk kantor tapi ga ada jabatannya
mo dapet bintang itu sekolah lagi kan? (dan bayar mahal?)
L.Banditz - 30/08/2012 12:24 PM
#20

Quote:
Original Posted By eugen
jadi non-akmil masuk tentara itu susah dapet jabatan... percaya deh
pangkat paling mentok kolonel (hoki banget ada yang bisa dapet bintang), jabatan asisten (asintel, aspers, asdll) dikasiin ke lulusan akmil semua...


baru mau komen yang sama udah keduluan ente gan

jalur yang dari sarjana karir ngga secemerlang yang dari lulusan akmil

cuman bagi yang mau dihormati sama disegani silahkan masuk
Page 1 of 33 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›
Home > CASCISCUS > BERITA DAN POLITIK > Para Sarjana Ditantang Jadi Perwira TNI