TANAMAN
Home > LOEKELOE > TANAMAN > Marimo Moss Ball (Aegagropila linnaei) ?
Total Views: 1248
Page 1 of 7 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›

azure_fox - 10/09/2012 08:18 PM
#1
Marimo Moss Ball (Aegagropila linnaei) ?
Hai,
kebetulan masih belum ada Thread Marimo di Kaskus, jadi saya memulai thread ini, diperuntukkan untuk para pengemar Marimo, Tanaman yang biasa dikenal sebagai tanaman Hias, Peliharaan, dan Pencegah Lumut bila di taru di akuarium .

Apakah Marimo itu?
http://en.wikipedia.org/wiki/Marimo >-untuk keterangan lengkap.
Iceland Marimo and Legend
Marimo=Lake Balls in Iceland

Marimo ini terdiri dari Filamen2 bulu hijau kecil2 (karena dia Algae, jadi beda dengan tanaman biasanya), dengan pertumbuhan lambat, tanaman ini disukai pengemar aquascape karena tidak mengganggu ekosistem di dalam akuarium. Bentuknya yang bulat dikarenakan putaran arus danau secara alami. Kalau di pelihara sendiri, tentunya harus rutin diroll beberapa hari sekali . Algae ada banyak macamnya, dan sejauh ini yang biasa ditemukan dan dikonsumsi adalah Rumput Laut/Seaweed..

Seberapa besar sih Marimo itu? Dari ukuran mili hingga 5 cm keatas, Dikabarkan yang paling besar di dunia ini sebesar 95CM yang sudah berumur ratusan tahun.
Marimo 23 cm
Hokkaido Marimo
Hokkaido Marimo 2
Hokkaido Marimo 3











Bagaimana memeliharanya?
Spoiler for FAQ

[*]Cukup diberi lampu Low Watt dengan daya 8-12 watt (besar watt tergantung volume air anda yah ) selama 4-8 jam perhari. Karena Marimo merupakan tanaman low light.
[*]Air diganti seminggu-2 minggu sekali.
[*]Dilarang dijemur/kena sinar matahari langsung!!!! Bisa menyebabkan pembakaran filamen dan mati. Untuk memulihkan kembali kesehatannya sangat memakan waktu lama, bisa berbulan-bulan.
[*] Bila memang sakit, gosokkan air garam, dan rendam dengan campuran air yang mengandung Garam sebanyak 5% dari Volume air. Masukkan Kulkas selama 12-48 jam.
[*] Bila sedang keluar kota, bisa dimasukkan di dalam kulkas/chiller . Beberapa pemelihara juga memasukkan di dalam kulkas setiap malamnya, dan dikeluarkan lagi pada pagi hari.
[*] Suhu dibawah 25 derajat Celcius. Diatas itu bisa menyebabkan warna filamen kurang segar, atau bahkan mencoklat karena suhu yang terlalu hangat.
[*] Ciri-ciri Marimo yang sakit : bulu menguning, mencoklat, segera dirawat, bila menghitam dan memutih berarti sudah tidak hidup lagi .
[*] Bisa dipelihara di wadah tertutup, atau terbuka.. bila tertutup mungkin air agak bau dalam waktu beberapa hari saja.
[*] Bisa menggunakan air keran, jadi jangan kuatir dengan chlorine yang ada di dalam air keran, yang penting bersih .
[*] Kok bisa >melayang?- Marimo melayang saat sedang berfotosintesis penuh, balon oksigen yang dibuat menyebabkan marimo menjadi ringan sengga melayang2 di dalam air.




Apa sih keunikan dari Marimo yang bikin menarik?
Berdasarkan pendapat pribadi, tentunya bentuknya yang bulat, karakteristiknya yang berbeda, dan cantiknya dilihat saat sedang berfotosintesis . Pertumbuhannya juga sangat lambat, yakni 5mm pertahun, karena itu tanaman ini menjadi favorit para aquascapers.

Spoiler for Foto Marimo ku










[





MalingCakep - 10/09/2012 08:29 PM
#2

aku ambil posisi pertamax nya terlebih dahulu
abangojan - 10/09/2012 08:34 PM
#3

wah tanaman low light juga ternyata
iwan.vai.stevie - 10/09/2012 09:32 PM
#4

jenis tanaman yang langka kah itu mbak sistah?
azure_fox - 10/09/2012 09:56 PM
#5

Quote:
Original Posted By iwan.vai.stevie
jenis tanaman yang langka kah itu mbak sistah?


langka untuk ukuran 10 cm keatas setahu saya
tapi kalau 1-6 cm yang paling umum diperjual belikan
di hokkaido sendiri banyak dijual untuk souvenir
iwan.vai.stevie - 10/09/2012 10:01 PM
#6

Quote:
Original Posted By azure_fox
langka untuk ukuran 10 cm keatas setahu saya
tapi kalau 1-6 cm yang paling umum diperjual belikan
di hokkaido sendiri banyak dijual untuk souvenir


saya kira itu jenis langka

kalau dilihat teksturnya mirip sekali dengan lumut yah
HARRIS. - 10/09/2012 10:11 PM
#7

lucuk nih..., kaya baso rumput.
jujur aja baru tau ada tumbuhan kaya gini
iwan.vai.stevie - 10/09/2012 10:16 PM
#8

Quote:
Original Posted By HARRIS.
lucuk nih..., kaya baso rumput.
jujur aja baru tau ada tumbuhan kaya gini


kalau saya sudah pernah melihat om
hanya saja tidak tau namanya kirain cuma hiasan saja
HARRIS. - 10/09/2012 11:13 PM
#9

Quote:
Original Posted By iwan.vai.stevie
kalau saya sudah pernah melihat om
hanya saja tidak tau namanya kirain cuma hiasan saja


duh..jadi ketauan banget nih kurang gaulnya saya di dunia tanaman om.
iwan.vai.stevie - 10/09/2012 11:24 PM
#10

Quote:
Original Posted By HARRIS.
duh..jadi ketauan banget nih kurang gaulnya saya di dunia tanaman om.


ah biasa saja om
jangan begitu... justru gunanya kita saling share bersama teman teman yang lain supaya kita tau om
azure_fox - 11/09/2012 12:01 AM
#11

Quote:
Original Posted By iwan.vai.stevie


saya kira itu jenis langka

kalau dilihat teksturnya mirip sekali dengan lumut yah



di jepang dianggap tanaman Langka dan benar2 di lestarikan^^
makanya yang ukuran besar dilindungi negara nya..
kalo dipegang sih beda..ini tidak licin, fluffy empuk2 gtu feelnya
kaya spons loh
azure_fox - 11/09/2012 12:08 AM
#12



foto malam ini..ukuran 5-6 cm
Hendri0482 - 11/09/2012 12:09 AM
#13

Quote:
Original Posted By azure_fox

Spoiler for


foto malam ini..ukuran 5-6 cm


Baru liat,, lucu sekali yah..

Perkembangbiakannya gimana nih?
Dikasih pupuk ga?
azure_fox - 11/09/2012 12:22 AM
#14

Quote:
Original Posted By Hendri0482


Baru liat,, lucu sekali yah..

Perkembangbiakannya gimana nih?
Dikasih pupuk ga?


berdasarkan pembiak yg aku kenal, pupuk/nutrisi tidak terlalu berpengaruh..
dan aku sendiri juga belum tahu pupuk yang tepat untuk marimo apa
mau kasih tapi ga berani, takut mati

paling bagus mungkin kasih CO2 dahulu..
dan rutin masuk kulkas juga

perkembangbiakannya, kalo udah ukuran 3-4 cm, nanti tumbuh tunas sendiri lambat laun trs lepas, jd kecil...
iwan.vai.stevie - 11/09/2012 12:23 AM
#15

Quote:
Original Posted By Hendri0482
Baru liat,, lucu sekali yah..

Perkembangbiakannya gimana nih?
Dikasih pupuk ga?


kalau untuk pemeliharaan sudah ada om diatas
tapi kalau untuk pengembangan saya juga belum tau om
kita simak saja om siapa tau dapat bibit atau entah apanya lah dari TS


Quote:
Original Posted By azure_fox
berdasarkan pembiak yg aku kenal, pupuk/nutrisi tidak terlalu berpengaruh..
dan aku sendiri juga belum tahu pupuk yang tepat untuk marimo apa
mau kasih tapi ga berani, takut mati

paling bagus mungkin kasih CO2 dahulu..
dan rutin masuk kulkas juga

perkembangbiakannya, kalo udah ukuran 3-4 cm, nanti tumbuh tunas sendiri lambat laun trs lepas, jd kecil...


kalau untuk mendapatkan bibitnya dimana mbak sistah?
HARRIS. - 11/09/2012 12:37 AM
#16

Quote:
Original Posted By azure_fox


foto malam ini..ukuran 5-6 cm


bisa dimakan ga sih.., ato mungkin ada yg pnh makan gt?
iwan.vai.stevie - 11/09/2012 12:39 AM
#17

Quote:
Original Posted By HARRIS.
bisa dimakan ga sih.., ato mungkin ada yg pnh makan gt?


kayak sih tidak bisa dimakan om
dilihat dari bentuknya saja lucu dan kasihan
azure_fox - 11/09/2012 12:41 AM
#18

Quote:
Original Posted By iwan.vai.stevie


kalau untuk pemeliharaan sudah ada om diatas
tapi kalau untuk pengembangan saya juga belum tau om
kita simak saja om siapa tau dapat bibit atau entah apanya lah dari TS




kalau untuk mendapatkan bibitnya dimana mbak sistah?


uhm..bibit sih, engga ada... (setau saya cara bikin 1 baby kecil manual, kumpulin filamen2 yg rontok, tetap disinari lampu, makin banyak di roll sendiri.. seperti foto saya diatas itu yg kecil banget.. di situ selang 4 hari filamen2 mereka berkaitan makin kuat, lama2 jadi 1 bola kecil

kalo untuk beli yg minim plg kcil ukuran 1-1.5 cm, saya impor dr Malaysia biasanya . Di malaysia itu pun harus pilih2 seller juga. Ga semua ramah dan bagus kualitasnya.
Di indo sendiri saya berusaha cari susah sekali, distributor nya kurang..dan kontak mereka jarang di reply =_=
carnivor4 - 11/09/2012 12:43 AM
#19

Quote:
Original Posted By HARRIS.
bisa dimakan ga sih.., ato mungkin ada yg pnh makan gt?


maunya apa2 bisa dimakan


btw lucu juga tuh taneman, ada yg mau ngasih saya gak ya
azure_fox - 11/09/2012 12:49 AM
#20

Quote:
Original Posted By HARRIS.


bisa dimakan ga sih.., ato mungkin ada yg pnh makan gt?


em...dimakan ga tau..
tidak pernah ada yang coba makan..XD
tumbuh nya sangat lama, pertahun 5mm...
sayang banget kalo dimakan (piaranya butuh waktu lama sampai besar)
Page 1 of 7 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›
Home > LOEKELOE > TANAMAN > Marimo Moss Ball (Aegagropila linnaei) ?