MODEL KIT & R/C
Home > LOEKELOE > MODEL KIT & R/C > Rc boat indonesia - Part 2
Total Views: 8157
Page 8 of 25 | ‹ First  < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 >  Last ›

dhenipapatyo - 27/09/2012 02:05 PM
#141

Quote:
Original Posted By dwsalfin
ekekekekekek....
ajib paketnya

footy mau sy pesen, lagi nego2 dulu,
mau sekolahin HDD internal 3.5" 1Tb dulu..
lumayan bisa dapat RTR footy.

he he..


:thumbup
Emang gitu om, harus ada yg disekolahin.... Kemaren saya bela2in jual TT01 buat ongkir tongkol dan beli motor Arowana, eh.... Motornya kualitas bawah....

Barusan selesai Rigging... Bukaan layar full cuma 70* doank....
Rencananya ntar sore mau diubah kayak riggingnya Seawind, posisi cantolan agak dimajuin ke arah mast....
Om Talimas, mau tanya neh....
Kalo cantolan di main boom dimajuin, berarti di Jib Boom juga dimajuin ke arah Pivot Point Jib yah???? Mohon masukannya.... Hehehehehehe....
Talimas - 27/09/2012 06:04 PM
#142

Quote:
Original Posted By dhenipapatyo
:thumbup
Emang gitu om, harus ada yg disekolahin.... Kemaren saya bela2in jual TT01 buat ongkir tongkol dan beli motor Arowana, eh.... Motornya kualitas bawah....

Barusan selesai Rigging... Bukaan layar full cuma 70* doank....
Rencananya ntar sore mau diubah kayak riggingnya Seawind, posisi cantolan agak dimajuin ke arah mast....
Om Talimas, mau tanya neh....
Kalo cantolan di main boom dimajuin, berarti di Jib Boom juga dimajuin ke arah Pivot Point Jib yah???? Mohon masukannya.... Hehehehehehe....

Yang saya rubah di racing sparrow sih gitu oom, talinya langsung di ikat ke servo arm dan pake servo 8 kilo sudah ok dan bukaan layarpun bisa lebih jauh ... b ...

Oom Biar ga ada salah perngertian disini Bukan setiap sailboat harus bukaan 80 - 90 derajat sukur2 bisa. Baiknya di test dulu aja dgn bukaan 70 derajat si tongkinya, kecuali bukaan maksimalnya 50/40 derajat nah itu nyiksa main di angin gede.

Berhubung sy dan rekan2 di jakarta sll main di angin besar dan banyak ketemu masalah di angin yg besar krn tiap sailboat ( Tergantung Besar layar, panjang keel, Berat ballast, besar hull, dll ) ada limitnya terhadap kecepatan angin ... yah mau ga mau harus berusaha sailboatnya tetep bisa dikendalikan.

Nahhh ... buat sy pribadi kadang kl angin sdh trll besar selain setingan yg pas, bukaan layar dgn sudut besar itu sy perluin sewaktu ganti arah atau tacking dan itupun harus cepet, jangan smp kehilangan momentum dan pinter2 kombinasi dgn rudder. Yg sering kejadian sailing di angin besar adalah sudut bukaan posisi boat ga pas terhadap arah angin, bukaan layar salah, speed boat dah pelan baru tacking sdh kehilangan momentum dan sudut2 bukaan layar sebesar apapun percuma krn layar cuma akan geleber2 ga karuan dan boat diem aja sambil jeblak2.
dhenipapatyo - 27/09/2012 06:50 PM
#143

Quote:
Original Posted By Talimas
Yang saya rubah di racing sparrow sih gitu oom, talinya langsung di ikat ke servo arm dan pake servo 8 kilo sudah ok dan bukaan layarpun bisa lebih jauh ... b ... oom di test dulu aja dgn bukaan 70 derajat si tongkinya, kecuali bukaan maksimalnya 50/40 derajat nah itu nyiksa main di angin gede.

Oom biar ga ada miss komunikasi disini, bukan berarti bukaan boat harus 80 - 90 derajat sukur2 bisa.

@ Om Talimas :
Nah ntu dia yang saya alami barusan maen.... Tadi maen cuma 15 menit.... Pas turun pertama angin kecil, 5 menit kemudian mulai gede karena mau turun hujan.... Nah semakin gede sampai "Gede Banget", boatnya jadi kayak kena badai... Tapi asyik banget maennya sampai Hujan udah mulai turun deras saya masih asyik aja berlayar....

Cuma Rigging saya masih salah ternyata, bukaan Jib kecil dibanding main sail....
Saya mau tanya, misalkan arah angin dari Kanan khan boatnya miring kiri, pas saya mau puter arah berbalik kok gak bisa muter kanan ya? Harus puter kiri baru bisa balik.....

Nih sedikit Video waktu angin mulai gede.....
Spoiler for Tongky

[youtube]cTw3SOzh8S0[/youtube]


Mohon kritik dan masukannya.....
Talimas - 27/09/2012 06:58 PM
#144

Quote:
Original Posted By dhenipapatyo
[QUOTE=Talimas;753440355]Yang saya rubah di racing sparrow sih gitu oom, talinya langsung di ikat ke servo arm dan pake servo 8 kilo sudah ok dan bukaan layarpun bisa lebih jauh ... b ... oom di test dulu aja dgn bukaan 70 derajat si tongkinya, kecuali bukaan maksimalnya 50/40 derajat nah itu nyiksa main di angin gede.

Oom biar ga ada miss komunikasi disini, bukan berarti bukaan boat harus 80 - 90 derajat sukur2 bisa.
@ Om Talimas :
Nah ntu dia yang saya alami barusan maen.... Tadi maen cuma 15 menit.... Pas turun pertama angin kecil, 5 menit kemudian mulai gede karena mau turun hujan.... Nah semakin gede sampai "Gede Banget", boatnya jadi kayak kena badai... Tapi asyik banget maennya sampai Hujan udah mulai turun deras saya masih asyik aja berlayar....

Cuma Rigging saya masih salah ternyata, bukaan Jib kecil dibanding main sail....
Saya mau tanya, misalkan arah angin dari Kanan khan boatnya miring kiri, pas saya mau puter arah berbalik kok gak bisa muter kanan ya? Harus puter kiri baru bisa balik.....

Nih sedikit Video waktu angin mulai gede.....
Spoiler for Tongky

[youtube]cTw3SOzh8S0[/youtube]


Mohon kritik dan masukannya.....
Layarnya buka dulu baru belokin.
dhenipapatyo - 27/09/2012 08:36 PM
#145

Quote:
Original Posted By Talimas
[QUOTE=dhenipapatyo;753452988] Layarnya buka dulu baru belokin.


Udah mas udah saya buka layarnya,, pas mau muter eh malah diem itu boat...., balik ke kiri baru deh bisa muter.....

Apa itu gejala Lee Helm yah?

Eh, ini kaskus kok ke Betok lagi????? Dah sehat gak nih Versi Betok???
dr_sigit - 27/09/2012 08:57 PM
#146

Wah dah nyampe dengan selamat ya mas Dheny tongkolnya, lega deh..
Baru sempet monitor lagi....tau2 kok versi bethok begini..
Talimas - 27/09/2012 09:45 PM
#147

Quote:
Original Posted By dhenipapatyo
[QUOTE=Talimas;000000000000000753455200]

Udah mas udah saya buka layarnya,, pas mau muter eh malah diem itu boat...., balik ke kiri baru deh bisa muter.....

Apa itu gejala Lee Helm yah?

Eh, ini kaskus kok ke Betok lagi????? Dah sehat gak nih Versi Betok???
itu bukan lee helm ... di video dah weather helm di angin kecil, kl di angin gede baru lebih terasa nanti muternya deh ... biasanya gejala ky gitu masalah twist layar depan kebanyakan dan dikurangin aja dan sett lg tutupan maksimum di 10 degree buat jib ... b ...

Logikanya :

1. Boat ga bisa belok kanan ( angin dari ke arah starboad ): Sewaktu tacking ke kanan akan melewati posisi In iron ( Bow berhadapan lurus dengan arah angin ), kl twist kebanyakan di posisi in iron layar cuma geleber2 doang dan shape yg seharusnya tidak akan terbentuk untuk mendorong bow ke arah tacking yg semestinya.

2. Boat gampang belok kiri ( angin dr arah starboard ) : Sewaktu tacking ke kiri, akan melewati posisinya akan downwind ( Angin bertiup dri arah transom ) dan boat akan dapat momentum buat maju setelah itu mudah untuk tacking ke arah yg semestinya ... mudeng ora ya kira2 ... bahasane2 ... wkwkwkwkwk ...
nherdananto - 27/09/2012 10:38 PM
#148

Quote:
Original Posted By Talimas
[QUOTE=dhenipapatyo;753458513]Kl lee helm ga gitu oom ... di video dah cukup weather helm kok di angin kecil, kl di angin gede baru lebih terasa nanti muternya deh ... biasanya gejala ky gitu masalah twist layar depan kebanyakan dan dikurangin aja dan sett lg tutupan maksimum di 10 degree buat jib ... b ...

Logikanya :

1. Boat ga bisa belok kanan ( angin dari ke arah starboad ): Sewaktu tacking ke kanan akan melewati posisi In iron ( Bow berhadapan lurus dengan arah angin ), kl twist kebanyakan di posisi seperti itu layar cuma geleber2 doang dan shape yg seharusnya tidak akan terbentuk untuk mendorong bow ke arah tacking yg semestinya.

2. Boat gampang belok kiri ( angin dr arah starboard ) : Sewaktu tacking ke kiri, akan melewati posisinya akan downwind ( Angin bertiup dri arah transom ) dan boat akan dapat momentum buat maju setelah itu mudah untuk tacking ke arah yg semestinya ... mudeng ora ya kira2 ... bahasane2 ... wkwkwkwkwk ...


bener nih kata om talimas, boatnya udah cukup weather. saya liat pideo ulang2 terus baru ngeh.. (maap tadi di sms bilang lee mas, belum liat sih..)

waktu terkena angin besar dadakan, moncong secara otomatis gerak kearah asal angin, ini udah indikasi ada weather helm..

seperti yang dibilang om talimas, " Layarnya buka dulu baru belokin. "
itu trik utk tacking dengan mulus..
contoh seperti di pideo, angin dari arah starboard, lalu boat dibelokin ke starboard ga mau.
triknya adalah biarkan boat dpt kecepatan dulu, lalu dengan cepat buka layar sambil dibelokan ke arah starboard.. cara nekuk rudder juga harus halus, jangan full dibanting (ngedrag dan gagal lagi, dijamin)..
setelah melewati posisi "in iron", tutup layar lagi..

semoga bisa dipahami
dhenipapatyo - 27/09/2012 11:06 PM
#149

Quote:
Original Posted By Talimas
[QUOTE=dhenipapatyo;753458513]itu bukan lee helm ... di video dah weather helm di angin kecil, kl di angin gede baru lebih terasa nanti muternya deh ... biasanya gejala ky gitu masalah twist layar depan kebanyakan dan dikurangin aja dan sett lg tutupan maksimum di 10 degree buat jib ... b ...

Logikanya :

1. Boat ga bisa belok kanan ( angin dari ke arah starboad ): Sewaktu tacking ke kanan akan melewati posisi In iron ( Bow berhadapan lurus dengan arah angin ), kl twist kebanyakan di posisi in iron layar cuma geleber2 doang dan shape yg seharusnya tidak akan terbentuk untuk mendorong bow ke arah tacking yg semestinya.

2. Boat gampang belok kiri ( angin dr arah starboard ) : Sewaktu tacking ke kiri, akan melewati posisinya akan downwind ( Angin bertiup dri arah transom ) dan boat akan dapat momentum buat maju setelah itu mudah untuk tacking ke arah yg semestinya ... mudeng ora ya kira2 ... bahasane2 ... wkwkwkwkwk ...

Oke om, udah ngarti...
Saya kira itu efek lee helm... Wekekekeke...
Tadi emang twistnya kegedean, jarak leech ke toping lift saat boat dimiringkan lebih dari 4 jari...
Udah saya benerin sekalian mindahin tempat cantolan di boom, bergeser 3 cm di masing2 boom.
Saat full bukaan Jib HARUS lebih besardari main boom yah om? Minimal sama, gitu yah?

Quote:
Original Posted By nherdananto
[QUOTE=Talimas;753476334]

bener nih kata om talimas, boatnya udah cukup weather. saya liat pideo ulang2 terus baru ngeh.. (maap tadi di sms bilang lee mas, belum liat sih..)

waktu terkena angin besar dadakan, moncong secara otomatis gerak kearah asal angin, ini udah indikasi ada weather helm..

seperti yang dibilang om talimas, " Layarnya buka dulu baru belokin. "
itu trik utk tacking dengan mulus..
contoh seperti di pideo, angin dari arah starboard, lalu boat dibelokin ke starboard ga mau.
triknya adalah biarkan boat dpt kecepatan dulu, lalu dengan cepat buka layar sambil dibelokan ke arah starboard.. cara nekuk rudder juga harus halus, jangan full dibanting (ngedrag dan gagal lagi, dijamin)..
setelah melewati posisi "in iron", tutup layar lagi..

semoga bisa dipahami


Thanks om tips nya..... Ntar nyebur saya coba tipsnya.... Ternyata rudder pun gak boleh sembarang yah belokinnya..... Maklumlah om, sailor baru ini....

Nih para Sailor yg laen pada kemana? FE lovers mana neh? QDers juga hayo gabung....
nherdananto - 28/09/2012 12:11 AM
#150

Quote:
Original Posted By dhenipapatyo

Barusan selesai Rigging... Bukaan layar full cuma 70* doank....
Rencananya ntar sore mau diubah kayak riggingnya Seawind, posisi cantolan agak dimajuin ke arah mast....
Om Talimas, mau tanya neh....
Kalo cantolan di main boom dimajuin, berarti di Jib Boom juga dimajuin ke arah Pivot Point Jib yah???? Mohon masukannya.... Hehehehehehe....


mas, biar 90derajat, jarak titik sheeting di boom/jib boom vs engselnya harus sama persis dengan panjang servo arm diukur dari titik putaran servo arm sampai titik tali terpasang.

rumusnya:
(jarak titik putaran servo vs titik tali terpasang di servo arm) = ( jarak engsel boom/jib boom vs titik tali sheeting )


Quote:
Original Posted By dhenipapatyo

Saat full bukaan Jib HARUS lebih besardari main boom yah om? Minimal sama, gitu yah?


kalo jarak titik sheeting antara jib dan boom sudah sama, harusnya bukaan lebih besar si jib..
dhenipapatyo - 28/09/2012 09:03 AM
#151

Quote:
Original Posted By nherdananto
mas, biar 90derajat, jarak titik sheeting di boom/jib boom vs engselnya harus sama persis dengan panjang servo arm diukur dari titik putaran servo arm sampai titik tali terpasang.

rumusnya:
(jarak titik putaran servo vs titik tali terpasang di servo arm) = ( jarak engsel boom/jib boom vs titik tali sheeting )

kalo jarak titik sheeting antara jib dan boom sudah sama, harusnya bukaan lebih besar si jib..


Udah om, udah saya ubah cantolannya... bergeser 3 cm maju di masing2 boom, hasilnya bukaan layar udah bisa 80*... hehehehehehe...
cuma kemaren setelah digeser, bukaan jib saat full lebih kecil ketimbang main boom... akhirnya cantolan yang buat lewat tali sheeting jib sebelum ke boom itu saya geser ke belakang, baru deh bukaan Jibnya lebih besar dari main boom...
setting layar kayak maen puzzle, ubah yang ini... yang itu juga harus diubah....
keren dah maen sailboat itu, lebih elegant dan berwibawa deh.... :cool

++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
enakan pake Old Kaskus, pindah lagi deh ke Old kaskus......
dwsalfin - 28/09/2012 09:41 AM
#152

@om dheni: widiw, tongkinya sudah di oprek ya.. mantab

ikut menyimak rumus2 kolor..
dhenipapatyo - 28/09/2012 09:46 AM
#153

Quote:
Original Posted By dwsalfin
@om dheni: widiw, tongkinya sudah di oprek ya.. mantab

ikut menyimak rumus2 kolor..


Udah dioprek om, kemaren juga udah dimaenin walaupun cuma 15 menit... Hujannya gede banget...
ntar sore kalo angin bagus dan gak hujan rencananya mau nyebur lagi tuh Tongki.... sekalian kejar jam terbangnya.... karena semakin tinggi jam terbang skippernya, makin banyak pula pertanyaannya...

@ Om Talimas & Om Nherdananto : ini baru 2 hari yah saya punya sailboat tapi tiap hari sms/telp om nanyain settingan sailboat.... jangan kapok atau kesel, harus tanggung jawab udah meracuni saya ke sailboat......

Yang lain yang masih bingung soal sailboat boleh tanya ke saya langsung, No HP 085264734518.... Nanti saya jawab setelah dapet jawab dari Om Master2.... :ngacir
dwsalfin - 28/09/2012 11:26 AM
#154

Nah nah ini om dheni ada² aja, guru yang masih berguru sip2..
dhenipapatyo - 28/09/2012 12:00 PM
#155

Quote:
Original Posted By dwsalfin
Nah nah ini om dheni ada² aja, guru yang masih berguru sip2..



niatnya sekalian pengen promosiin No. HP... terbukti sih... langsung ada yang nelp pengen gabung di RC Boaters, warga Tangerang... langsung deh saya kasih no. HP om Talimas sebagai Juru Kunci Danau BSD dan sekitarnya.....
Talimas - 28/09/2012 12:14 PM
#156

Quote:
Original Posted By dhenipapatyo
Udah dioprek om, kemaren juga udah dimaenin walaupun cuma 15 menit... Hujannya gede banget...
ntar sore kalo angin bagus dan gak hujan rencananya mau nyebur lagi tuh Tongki.... sekalian kejar jam terbangnya.... karena semakin tinggi jam terbang skippernya, makin banyak pula pertanyaannya...

@ Om Talimas & Om Nherdananto : ini baru 2 hari yah saya punya sailboat tapi tiap hari sms/telp om nanyain settingan sailboat.... jangan kapok atau kesel, harus tanggung jawab udah meracuni saya ke sailboat......

Yang lain yang masih bingung soal sailboat boleh tanya ke saya langsung, No HP 085264734518.... Nanti saya jawab setelah dapet jawab dari Om Master2.... :ngacir
Hehehehehe ... Sampe buka call center segala ... coba sekalian buka call center khusus yg butuh duit .... wkwkwkwkw .... mau nanya oom kalo sailboat supaya jalannya ga miring2 diapain yah ?
dhenipapatyo - 28/09/2012 01:23 PM
#157

Quote:
Original Posted By Talimas
Hehehehehe ... Sampe buka call center segala ... coba sekalian buka call center khusus yg butuh duit .... wkwkwkwkw .... mau nanya oom kalo sailboat supaya jalannya ga miring2 diapain yah ?



Iya donk.... Buka call centre, 2 bulan lagi buka toko.... Wkwkwkwkwkwkwkwk......
Nih lagi hunting part2nya.... Huehuehue....

Pengen sailboatnya gak miring2 jalannya??? Gampang banget om..... Ballastnya ganti pake bata 3 biji.....
Talimas - 28/09/2012 02:16 PM
#158

Quote:
Original Posted By dhenipapatyo

Iya donk.... Buka call centre, 2 bulan lagi buka toko.... Wkwkwkwkwkwkwkwk......
Nih lagi hunting part2nya.... Huehuehue....

Pengen sailboatnya gak miring2 jalannya??? Gampang banget om..... Ballastnya ganti pake bata 3 biji.....
Salah jawabannya oom kalo ballast pake bata 3 biji yg tenggelem boatnya ... jawabannya : Jangan dimainin tapi di pajang aja .... hehehehehehe ....
dwsalfin - 28/09/2012 02:46 PM
#159

Quote:
Original Posted By dhenipapatyo

Iya donk.... Buka call centre, 2 bulan lagi buka toko.... Wkwkwkwkwkwkwkwk......
Nih lagi hunting part2nya.... Huehuehue....

Pengen sailboatnya gak miring2 jalannya??? Gampang banget om..... Ballastnya ganti pake bata 3 biji.....


Quote:
Original Posted By Talimas
Salah jawabannya oom kalo ballast pake bata 3 biji yg tenggelem boatnya ... jawabannya : Jangan dimainin tapi di pajang aja .... hehehehehehe ....



wkwkwkwkwkwk....

tambah 1 jawaban lagi; kolornya digantung diatas air..
Talimas - 28/09/2012 02:58 PM
#160

Quote:
Original Posted By dwsalfin

wkwkwkwkwkwk....

tambah 1 jawaban lagi; kolornya digantung diatas air..
wkwkwkwkwkw ... kemane aje oom ? kolor di gantung dulu sementara nih ? jangan banyak kerja nanti stress kudu diimbangin sama main sekali2 bolehlah ...
Page 8 of 25 | ‹ First  < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 >  Last ›
Home > LOEKELOE > MODEL KIT & R/C > Rc boat indonesia - Part 2