THE LOUNGE
Home > CASCISCUS > THE LOUNGE > Mengapa Seseorang Mudah Menghina Orang Lain??
Total Views: 395

abachriel - 16/10/2012 03:20 AM
#1
Mengapa Seseorang Mudah Menghina Orang Lain??

Permisi agan2, min and mod ane ikutan bikin trit kali ini tentang

Mengapa Seseorang Mudah Menghina Orang Lain??

Kadang ane suka nemu di trit orang saling menghina, berbicara kasar, menjelek-jelekan, berkata tidak baik, mengumbat dll, dkk, dst, dsl ...ane ga ngerti kenapa harus dengan berkata kasar, atau menghina? padahal kenal juga engga? apalagi bisa mengetahui kebenarannya apakah seseorang itu memang seperti yang dikatakannya. Semisal tolol, apakah benar2 orang tersebut tolol atau hanya keseleo lidah, khilaf, atau mungkin kurang teliti? rasanya semua kemungkinan tersebut bisa saja terjadi.
Kenapa harus langsung berkata kasar, menghina, merendahkan yang sudah jelas banyak minusnya jika kita mengatakan hal tersebut, untuk apa menyatakan orang lain lebih rendah dan hina sementara kita sendiri belum tentu lebih baik? Untuk apa? rasanya tidak ada untungnya juga - apa setelah kita mrendahkan orang lain lantas kita menjadi orang yang lebih tinggi dibandingkan orang yang kita hina? ga juga kayaknya....
seingat saya ada pepatah mengatakan "diatas langit masih ada langit" Seberapapun kita mengaku sebagai orang pintar, pasti masih ada orang lain yang lebih pintar.

Dalam islam sendiri menghina orang lain itu dilarang nih gan ayat nya

Al-Hujuraat [49:11]



Yaa ayyuhaalladziina aamanuu laa yaskhar qawmun min qawmin 'asaa an yakuunuu khayran minhum walaa nisaaun min nisaa-in 'asaa an yakunna khayran minhunna walaa talmizuu anfusakum walaa tanaabazuu bil-alqaabi bi/sa l-ismu lfusuuqu ba'da l-iimaani waman lam yatub faulaa-ika humu zhzhaalimuun

[49:11] Hai orang-orang yang beriman, janganlah sekumpulan orang laki-laki merendahkan kumpulan yang lain, boleh jadi yang ditertawakan itu lebih baik dari mereka. Dan jangan pula sekumpulan perempuan merendahkan kumpulan lainnya, boleh jadi yang direndahkan itu lebih baik. Dan janganlah suka mencela dirimu sendiri dan jangan memanggil dengan gelaran yang mengandung ejekan. Seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk sesudah iman dan barangsiapa yang tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang zalim.

Al-Hujuraat [49:12]



Yaa ayyuhaalladziina aamanuu ijtanibuu katsiiran mina zhzhanni inna ba'dha zhzhanni itsmun walaa tajassasuu walaa yaghtab ba'dhukum ba'dhan ayuhibbu ahadukum an ya/kula lahma akhiihi maytan fakarihtumuuhu wattaquullaaha innallaaha tawwaabun rahiim

[49:12] Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.

dan saya juga yakin semua agama didunia ini mengajarkan pada sesuatu yang baik, tidak ada agama yang mengajarkan untuk menghina orang lain.

Penyebab seseorang melakukan tindakan menghina, merendahkan, menghujat, berkata kasar atau melakukan sumpah serapah diantaranya :
- Karena ketidak tahuannya
- Karena Dalam pengaruh obat, alkohol, diluar kesadaran [gila].
- Karena terbawa emosi
- Karena meniru
- Karena tren [lingkungan]

Jadi kesimpulannya dan pencegahannya gan:

[*]Teliti sebelum melakukan komentar, agar tidak menimbulkan kesalahan
[*]Berusaha menanggapi segala sesuatu dengan fikiran yang tenang, tidak terbawa emosi [hadapi dengan "kepala dingin"]
[*]Berprasangka baik terhadap orang lain/positif thinking
[*]Selalu mengambil hikmahnya dari segala sesuatu
[*]Tetap belajar dan mengambil pelajaran meski dari sesuatu yang dianggap lebih rendah atau hina.
[*]Cari cara untuk meluapkan kekesalan dengan cara2 yg baik, misal mendengarkan musik hingar bingar, bernyanyi dll
[*]Hindari tindakan spontan, impulsive
[*]Perketat nilai, norma, adab dan sopan santun



Dalam semua hal sebaiknya jangan biasakan mengumpat, menghina, atau merendahkan orang lain apalagi jika agan sudah punya anak... hati2 karena anak akan dengan mudah menirukan apa yang dilakukan dan dikatakan orang dewasa dan ini akan membentuk jiwanya..

Kata-kata bijak :

Lebih baik menjadi orang tidak berilmu tapi bertabiat dan berprilaku baik
dari pada berilmu tapi bertabiat dan berperilaku tidak baik

Lebih baik lagi menjadi orang berilmu dan bertabiat serta berperilaku baik

karena ilmu dan keilmuan bisa didapat dimanapun, kapanpun dan dari siapapun, tapi tabiat dan perilaku tidak baik akan lebih sulit dan membutuhkan waktu untuk merubahnya menjadi baik

Mulai sekarang biasakan untuk tidak mengumpat, menghina, merendahkan orang lain dan atau berkata-kata kotor..ya gan

Terakhir gan... kalo agan berkenan boleh memberikan :rate5 apalagi pasti ane mauu hehe terima kasih gan

AboNz789 - 16/10/2012 03:24 AM
#2

Namanya juga manusia gan, sifatnya beda2...tergantung gimna kita menyikapinya...
zagzigzugzeg - 16/10/2012 03:26 AM
#3

terkadang manusia tidak bercermin dengan dirinya sendiri, belum tentu lebih baik
:2thumbup mantep gan,
terima kasih atas informasinya...
maaf gan ane mau sedikit nyari rezeki yah
[CENTER]
KLIK: [SIZE="5"][COLOR="Lime"]www.pantofel.tk[/COLOR][/SIZE]untuk kaskus lama!!!
KLIK: [SIZE="5"][COLOR="Lime"]www.pantofel.tk[/COLOR][/SIZE]untuk kaskus BETA!!!
sepatu pantofel modern dan stylish!!!.
Terima Kasih.
[/CENTER]
pali - 16/10/2012 03:29 AM
#4

ujung"nya menta cendol

btw, ente pernah nonton Fight Club [kalo ga salah] gak
mungkin budaya seperti itu yg mereka bawa












Vote for_KASKUS_Skin
titatutet - 16/10/2012 03:34 AM
#5

wah ini emang orang nya aja yg ngerasa lebih daripada orang lain
karena mengakui kelebihan orang itu lebih sulit daripada menjatuhkan seseorang

Ayo berkunjung kesini gan eluk
»» Menurut agan alasan pacaran itu apa sih? kalo menurut ane pacaran itu... ««
»» Jadilah Seorang PRIA! Bukan Cowok ataupun Laki² ««
»» jadilah seorang WANITA! bukan CEWEK ataupun PEREMPUAN «« NEW
»» PEROKOK si TUKANG NGELES «« NEW


۞ original posted by ۞
♥ titatutet ♥
@tata_puspita12 on twitter
abachriel - 16/10/2012 07:42 PM
#6

Quote:
Original Posted By AboNz789
Namanya juga manusia gan, sifatnya beda2...tergantung gimna kita menyikapinya...


iya gan makanya kalo dibawa esmosi berabe ya...
toew - 16/10/2012 07:47 PM
#7

karena manusia makhluk sempurna yg tdk sempurna
abachriel - 18/10/2012 08:59 AM
#8

Quote:
Original Posted By toew
karena manusia makhluk sempurna yg tdk sempurna


simichan - 18/10/2012 06:43 PM
#9

menghina orang emang nggak baik.. akan menyakitkan dan menyinggung perasaan


Quote:
[youtube]LIRm7ABLLpM[/youtube]
dwirawan - 18/10/2012 06:54 PM
#10

Quote:
Original Posted By zagzigzugzeg
terkadang manusia tidak bercermin dengan dirinya sendiri, belum tentu lebih baik
:2thumbup mantep gan,
terima kasih atas informasinya...

iya bner tuh gan terkadang manusia tidak bercermin dengan diri nya sendiri
abachriel - 19/10/2012 08:34 AM
#11

Quote:
Original Posted By simichan
menghina orang emang nggak baik.. akan menyakitkan dan menyinggung perasaan


hehe yg pengang papan iklannya boleh tuh gan...:shutups
Zreel - 19/10/2012 08:38 AM
#12

Karena sudah emosi kali gan
origine8 - 19/10/2012 08:39 AM
#13

Gut Trit gan... Mantap :2thumbup
abachriel - 19/10/2012 02:03 PM
#14

Quote:
Original Posted By Zreel
Karena sudah emosi kali gan

nah itu gan ... sebaiknya tahan emosi...

Quote:
Original Posted By origine8
Gut Trit gan... Mantap :2thumbup

thx gan udah mampir ....bantu rate gan ...
Zayu - 19/10/2012 02:22 PM
#15

semoga ane bisa instropeksi untuk selalu berbuat baik
abachriel - 19/10/2012 02:40 PM
#16

Quote:
Original Posted By Zayu
semoga ane bisa instropeksi untuk selalu berbuat baik


sama-sama gan ane berharap bisa selalu berbuat baik dan berkelakuan baik pula ...sama-sama belajar ya gan....
Ucle - 19/10/2012 02:53 PM
#17

namanya juga manusia gak sempurna gan, pasti khilaf melakukan sesuatu baik perbuatan maupun tutur kata
Home > CASCISCUS > THE LOUNGE > Mengapa Seseorang Mudah Menghina Orang Lain??