BERITA DAN POLITIK
Home > CASCISCUS > BERITA DAN POLITIK > Kemendikbud: Bahasa alay perkaya kosa kata
Total Views: 1720
Page 1 of 3 |  1 2 3 > 

BERlSlK - 19/10/2012 08:58 AM
#1
[Baca Baik-baik] Kemendikbud: Bahasa alay perkaya kosa kata
Bahasa gaul atau bahasa alay yang dewasa ini sering digunakan generasi muda dalam pergaulan sehari-hari dinilai justru akan memperkaya perbendaharaan kosa kata Bahasa Indonesia. Bahasa gaul adalah bahasa yang digunakan oleh kelompok-kelompok tertentu dengan tujuan ingin mencirikan identitas kelompok tersebut.

"Yang perlu diperhatikan saat ini adalah bagaimana dalam situasi formal kita tetap menggunakan Bahasa Indonesia yang baik sesuai dengan kaedah," kata Sekretaris Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud, Yeyen Mariani usai seminar "Bahasa dan Sastra Membangun Pendidikan Indonesia yang Berkarakter" seperti dilansir dari antara, Kamis (11/10).

Dia mengatakan, jika dilihat dari sisi kebahasaan, bahasa gaul tersebut memang bisa saja berkembang dengan sendirinya pada masing-masing kelompok tertentu. Sebab, bahasa gaul tidak digunakan dalam dunia formal, seperti misalnya dalam dunia pendidikan.

Bisa saja, suatu saat beberapa kosa kata dalam bahasa gaul tersebut bisa menjadi Bahasa Indonesia jika memang belum ada padanannya dalam Bahasa Indonesia. Dengan kata lain bahasa gaul juga bisa memperkaya perbendaharaan Bahasa Indonesia.

"Yang penting saat ini adalah bagaimana kita bisa bersama-sama menjaga dan mempergunakan Bahasa Indonesia dengan baik. Dengan demikian Bahasa Indonesia tetap terjaga kelestariannya," katanya.

EMBER

Kalo gak dijaga ntar malaysia mengklaim lho , asal jangan masuk kurikulum aja
rexdamnatorum - 19/10/2012 09:03 AM
#2

maklum gan
mendikbud nya sendiri juga alay sich
masak pemerkosaan siswi dibilang suka sama suka ??
Monte Carlo - 19/10/2012 09:06 AM
#3

ciuss nee ???
wisnupjat - 19/10/2012 09:10 AM
#4

kamus besar bahasa indonesia mesti direvisi lg donk ?
bhs indo kbnykn kata serapan trs
dayflying - 19/10/2012 09:13 AM
#5

gak bner nih kek gini. masak bahasa alay memperkaya kosa kata ? dimana memperkayanya ???
ya jelas-jelas ini merusak lah. bahasa gak jelas, penggunaan kata yg ga jelas, gimana bisa jadi memperkaya ?

kok kek gini ya sekarang

willspasta - 19/10/2012 09:14 AM
#6

Td sekilas gw baca "perkosa kosa kata indonesia"
Gw dlm hati bilang stuju
Lha kok ternyata mata gw yg siwer
ternyata perkaya. . .
Ampun pakdeeee. .
Bengong saia. . .
sikere009 - 19/10/2012 09:17 AM
#7

makanya itu pemerintah jangan bego cuman ngurusin duit proyek mulu... tapi pendidikan di no 2 kan.. akhinrya banyak anak2 muda galau muncul seperti sekarang ini.
gorky001 - 19/10/2012 09:24 AM
#8

memperkaya?
tapi kalo forum resmi harus pakai bahasa formal?

buat statement itu yg konsisten atuh
my130589 - 19/10/2012 09:27 AM
#9

eh ciyuussss alaaay mau jadi bahasaa resmiii

cumpeh loch

jijik bener gue baca bbm atau sms kaya begini pasti gue kata katain, mau doi pelanggan kek sebodo amat, ngalay bikin moral makin ngawur
krupukalengan - 19/10/2012 09:31 AM
#10

Spoiler for ciyus


satu dua tiga empat lima
Fela Kuti - 19/10/2012 09:31 AM
#11

huwanjir kok ane bacanya "bahasa alay perkosa kosa kata" ya?
upik.langkar - 19/10/2012 09:33 AM
#12

Quote:
Original Posted By rexdamnatorum
maklum gan
mendikbud nya sendiri juga alay sich
masak pemerkosaan siswi dibilang suka sama suka ??


benar gan,.,
bretpitt - 19/10/2012 09:46 AM
#13

lama kelamaan bahasa indonesia bisa punah kalo menterinya alay begini
ran.sato - 19/10/2012 09:57 AM
#14

Quote:
Original Posted By Fela Kuti
huwanjir kok ane bacanya "bahasa alay perkosa kosa kata" ya?


awalnya ane baca seperti itu juga, ane pikir nih kemendikbud mau turun tangan mengatasinya.
setelah di baca ulang kok "memperkaya" ane langsung miris melihatnya, dan langsung berubah pandangan ane "nih kemendikbud ternyata golongan alay"

—satu dua tiga empat
herot12345 - 19/10/2012 11:00 AM
#15

Siap-siap bahasa alay jadi muatan lokal
PANCASILA - 19/10/2012 11:03 AM
#16

Quote:
Original Posted By willspasta
Td sekilas gw baca "perkosa kosa kata indonesia"
Gw dlm hati bilang stuju
Lha kok ternyata mata gw yg siwer
ternyata perkaya. . .
Ampun pakdeeee. .
Bengong saia. . .


saya juga mengalami hal yang sama gan
MountUpGun - 19/10/2012 11:14 AM
#17

Bahasa alay yang belum ada padanannya di bahasa indonesia? yang mana tuh?

Bahasa alay khan semua dah ada padanannya,
cuma di lafal cadel aja biar keliatan imut (katanya).
Mungkin nanti ada lagi bahasa alay yang di lafal secara gagu' : aiu aiu weq weq
ane pribadi, baca bahasa alay = jijik!
revanraffa - 19/10/2012 11:14 AM
#18

Quote:
Original Posted By krupukalengan
Spoiler for ciyus


satu dua tiga empat lima



ciuuussss????
miapah???
rokokopimik - 19/10/2012 11:24 AM
#19

Quote:
Original Posted By krupukalengan
Spoiler for ciyus


satu dua tiga empat lima


ciyuss gan?? enelaaan??
Dewa2424 - 19/10/2012 11:27 AM
#20

ini kementerian udah bikin percobaan kurikulum sekarang nambah bego bilang bahasa alay memperkaya kosa kata bahasa indonesia
seharus mereka berupaya agar bahasa daerah di indonesia jangan sampe punah bukannya malah mau nambahin bahasa alay ke bahasa indonesia
Page 1 of 3 |  1 2 3 > 
Home > CASCISCUS > BERITA DAN POLITIK > Kemendikbud: Bahasa alay perkaya kosa kata