HEALTH & MEDICAL
Home > LOEKELOE > HEALTH & MEDICAL > help)rambut gua rontok hampir botak 2
Total Views: 427781
Page 1 of 366 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›

satriyana - 12/06/2009 10:13 PM
#1
help)rambut gua rontok hampir botak 2
Berhubung thread yang lama di tutup so ane buka thread ini sebagai benang merah dari thread yang lama.. :

99% yang di bahas di thread ini yi kebotakan yg di sebab kan oleh DHT, apa itu DHT, berikut copas dari salah satu sumber di bawah ..

dht terbentuknya gimana sih ?
testosterone dikonversi oleh enzim yang bernama 5-alpha-reductase menjadi dht.
finasteride itu nama ilmiahnya 5-alpha-reductase-inhibitor artinya dia mencegah konversi dari testosterone ke dht. tp ga smuanya bisa dicegah, 30% masih berubah jadi dht


Quote:
Original Posted By gamaubotak
Tetapi yang mesti dimengerti oleh kita semua, produk itu cocok2 an. Cocok buat ane belum tentu cocok buat agan, cocok buat agan belum tentu cocok buat ane. Selain itu belum ada produk yang hasil nya 100% berhasil.

[I]Kalo ane lebih menyarankan produk yang sudah di approve FDA yaitu: finasteride 1mg (cowo), minoxidil 5% utk cowo dan minoxidil 2% untk cewe, laser buat rambut bisa buat cowo n cewe. Karena produk ini sudah melalui fase yang sangat panjang bisa sampai di approve FDA, sudah teruji secara klinis dan terbukti aman buat jangka panjang.[/I]

Sesuai dengan analisis senior dimari dan bukti penelitian yang mendukung, maka treatment yg paling baik adalah kombinasi dari dalam (oral) dan dari luar (topical).
Untuk itu ane membagi treatmen menjadi 2, yaitu treatment utama (basic) dan treatment pendukung (optional).


Treatment utama:
Oral :
finasteride 1 mg (FDA approve). Paling dianjurkan untuk oral hair loss. Tetapi harus dipahami ada efek sampingnya diantaranya libido menurun. Cuma banyak juga yang ga terkena efek samping ini. Secara medis ini obat yang paling dianjurkan oleh dermatolog buat hair loss.

Merek patent nya itu Propecia. Cuma agak susah karena harus pake resep dokter. Gererik nya antara lain Finpecia, ada dijual di fjb. Selain itu ada juga Granulerx. Cuma ane ragu apakah ini memang pabrikan atau racikan dari cegah botak. Semoga ada klarifikasi dari cegah botak. Tentu nya dengan bukti surat pernyataan produsen yang sudah dilegalisir duta besar negara dari asal.

Untuk ane sendiri karena budget ane terbatas ane melenceng dikit dari aturan, hehe.. Ane beli proscar (patent finasteride 5mg) terus ane minta racikin jadi 1mg di apotik. *ingin dapet barang patent dengan murah.. Hehe.. Tapi ini sebenarnya ga dianjurin ya...

Alternatif lain adalah konsumsi saw palmetto (herbal). Saw palmetto banyak dikonsumsi oleh botaker karena kuatir akan efek samping dari finasteride 1mg. Tetapi uji klinis yang besar belum ada. Mudah2 an dalam waktu dekat ada yang mengadakan uji klinis buat saw palmetto terhadap efektifitasnya untuk hair loss. Jadi botaker konsumsi saw palmetto berdasarkan cara kerja nya yang sama dengan finasteride 1mg, yaitu menghambat perubahan testosteron menjadi DHT. DHT merupakan musuh utama rambut. Rambut yang kena DHT bisa kesulitan mendapat nutirsi dan rontok.

Saw palmetto sangat banyak di jual di pasaran. Yang mesti kita ketahui bahwa saw palmetto itu sama aja. Banyak produsen yang menambah sedikit vitamin dan mineral kemudian bilang ini buat rambut. Padahal bahan yang bisa menghambat dht itu saw palmettonya.
Dosis umum untuk hair loss itu 1000-2000mg saw palmetto berry atau 160-320 saw palmetto berry extract. Lebih bagus sebenarnya yang extract, karna sdh melalui proses lanjutan, yaitu memisahkan inti saw palmetto dari ampasnya. Jadi seluruhnya murni saw palmetto tanpa ampas seperti bagian kulit dll.

Topical:
Minoxidil 5% (FDA approve). Merek patentnya yaitu Rogaine Foam. Versi murah nya ada regrou forte atau kirkland. Cuma mesti diketahui ini merupakan generik atau tiruan dari generasi rogaine sebelumnya yaitu Rogaine solution/Rogaine extra strenght. Rogaine foam belum boleh di ditiru karena hak patent nya belum habis.

Alternatif lain bisa pakai Aminexil (disini ada merek neril), atau gabungan dari generik minoxidil dan aminexil yaitu Spectral DNC-L.

Pakai produk herbal juga bisa, diantaran nya Extract Nisim, procerin dll. Cuma saran ane pilih yang ada uji klinisnya. Jangan hanya cuap2 bagus..


Treatment pendukung:
Sisir Laser (FDA approve).
Merek patentnya Hair Max, harganya mahal diatas 4 jt. Tiruannya ada raymax harganya cuma 1,4 dan 2,7 jt. Laser ini terbukti dapat memperlancar perdaran darah di kulit kepala. Dengan banyak nya darah masuk ke akar rambut membawa oksigen dan nurtisi maka rambut dapat menjadi kuat dan sehat. Sangat bagus di pakai sebelum pakai minoxidil untuk meningkatkan keampuhan minoxidil terutama untuk nw 3 ke atas. *pingin beli

Sampo scalp therapy/sampo dht:
Sampo ini buat bantu bersihkan sebum dan sekaligus membantu mengurangi dht di permukaan kulit kepala. Merek yang terkenal ada Nisim,revivogen, Nioxin. Lokal punya ada intense. Oiya ada lagi dari cegah botak merek muskrat. Tapi juga ga jelas produsennya dari mana. Apakah buatan emang produk import dari Jerman atau racikian cegah botak sendiri. Semoga juga ada klarifikasi.
Selain sampo diatas sampo untuk menghilangkan ketombe seperti Ketoconazole 2% secara klinis juga terbukti bisa buat membersihkan sebum dan mengurangi dht di kulit kepala. Pakai 2 x aja seminggu. Jangan terlalu sering juga karna fungsi utamanya adalah membasmi jamur. Selain itu bisa buat iritasi. Merek patentnya Nizoral, generik banyak ada ketomed atau fungasol.


Suplemen/vitamin rambut:
Vitamin, mineral, protein dan lain2 sangat penting agar rambut kita tumbuh normal dan tidak rontok. Misalnya yang fitnes jgn lupa pasokan proteinnya diperbanyak. Karena kalau kekurangan protein, sementara otot lapar perlu protein utk recovery nya, nanti tubuh ambil cadangan protein yg ada. Sehingga rambut kekurangan protein dan rontok. Selain itu vit B6, magnezium, zinc biotin dan lain2 juga diperlukan agar rambut tumbuh normal.
Suplemen vitamin di pasaran banyak. Bisa dipilih.. dipilih.. misalnya hair shine ultra hair, dll.



Quote:
Original Posted By gamaubotak
Penyakit yang agan derita itu namanya Alopecia Aerata. Alopecia areata adalah suatu kondisi rambut rontok yang umumnya terjadi pada daerah yang berbatas tegas seperti kulit kepala atau kadang dapat juga terjadi pada janggut. Karakteristik alopecia areata dapat menyebabkan satu atau lebih rontoknya rambut dengan kecenderungan terjadi dalam waktu cepat dan sering juga merambat ke sisi kepala yang lain.

Alopecia areata dapat terjadi pada usia muda baik pria maupun wanita. Kerontokan rambut jenis ini berbeda jika dibandingkan dengan kebotakan pada pria ketika memasuki usia senja atau kondisi kebotakan karena keturunan. Kerapkali alopecia areata yang terjadi pada beberapa anggota keluarga dianggap sebagai penyakit keturunan, lain halnya dalam kasus gangguan autoimun di mana sistem kekebalan justru menyerang folikel rambut dan mengganggu pembentukan rambut normal, oleh karena itu hal tersebut dipercaya dapat menyebabkan alopecia areata.

Hasil copas dari web indo:
sumber: http://www.artikelkedokteran.com/2011/alopesia-areata-kebotakan-setempat

Treatment yang bisa digunakan:

sumber: http://www.naaf.org/site/PageServer?pagename=about_alopecia_treatment


Obat2 yang biasa digunakan untuk Alopecia Aerata / jamur (pitak) :

Minoxidil 5%
Merek patent Rogaine Foam. Kalo yang murah ada kirkland atau regrou forte. Lebih bagus apabila di oleskan cortisone cream/kartison cream setelah 30 menit penggunaan minoxidil. *Merek yang bagus bisa tanya ke dokter. Ane ga tau mana yang bagus

Kortikosteroid
Injeksi cartisone/kartison pada kulit kepala dapat digunakan untuk mengatasi alopecia areata. Perawatan biasanya dilakukan rutin setiap bulan. Terkadang dokter juga akan meresepkan pengunaan kortikosteroid tablet untuk mengatasi rambut rontok yang parah. Rambut baru akan tumbuh 4 minggu setelah penyuntikan dilakukan. Tersedia juga bentuk sediaan krim atau salep tetapi kurang efektif dibandingkan sediaan injeksi.

AnthralinTersedia dalam bentuk salep atau krim yang dioleskan di kulit kepala. Biasanya dokter meresepkan ini untuk mengobati psoriasis, tetapi terkadang dapat juga digunakan untuk perawatan masalah kulit lainnya. Anthralin biasanya digunakan untuk pengobatan alopecia areata, rambut baru akan tumbuh sekitar 12 minggu kemudian.[/QUOTE]
satriyana - 13/06/2009 05:30 PM
#2

Quote:
Original Posted By Fenndy
Mantap gan :2thumbup

Pendapat agan mematahkan pendapat di page sebelumnya bahwa produk A kalau tidak dipakai lagi rontok, produk B tidak. Sehingga dianjurkan pakai produk B, karena tidak membuat ketergantungan. Sebenarnya bukan produknya yang buat ketergantungan, melainkan memang kita harus maintenance rambut tersebut agar tidak rontok lagi terus menerus tanpa henti.

Memang faktanya, kita yang mengalami kerontokan rambut dikarenakan faktor genetik harus menjalani terapi seumur hidup.
Jangankan hanya treatment dengan minoxidil/aminexil/atau produk lainnya. Yang sudah menjalani cangkok rambut saja, rambutnya akan rontok kembali bila tidak memaintenance dengan mengkonsumsi DHT bloker seperti finasteride 1mg.

Jadi kita harus tau dulu akar masalah apa penyebab utama rambut rontok karena faktor keturunan/genetik/hormon.
"Kerontokan ini disebabkan oleh dihydrotestosterone (DHT). DHT dihasilkan oleh kontak langsung antara enzim 5-alphareductase (biasanya ditemukan pada kulit kepala) dan hormon testosterone. Hormon DHT inilah yang merupakan musuh utama folikel. Folikel yang terekspos oleh DHT menjadi lemah dan tidak mampu menumbuhkan batang rambut yang sehat."

Ternyata penyebab utamanya adalah hormon testosteron. Produksi hormon ini tidak dapat kita hentikan. Hormon ini baik dan memegang peranan vital dalam tubuh kita, diantaranya pembentukan dan memelihara otot, pembentukan tulang, mencegah osteroporsis, berperan penting dalam produksi sperma dan hasrat seksual/libido.

Jadi hormon ini diproduksi seumur hidup. Bagi yang tidak memiliki masalah hormon ini berlebihan rambutnya aman2 saja. Tidak demikian buat yang hormonnya berlebihan, dapat menyebabkan kebotakan.

Misalnya diibaratkan kulit kepala kita adalah tanah dan rambut kita tanaman. Tanahnya sudah tercemar sehingga tanaman sulit untuk dapat hidup apalagi untuk tumbuh dengan subur. Belum lagi banyak hama2 lain yang menggangu tanaman tersebut. Oleh karena itu tanah nya mesti dibenerin dulu dengan cara di kasi pupuk dan lain sebagainya. Kemudian hamanya di basmi dengan pestisida. Baru tanaman tersebut dapat tumbuh normal.

Sama juga dengan rambut kita, kulit kepala kita tercemar oleh DHT. DHT membuat rambut kesulitan mendapatkan nutrisi, sehingga akhirnya akarnya menciut dan rontok. DHT ini harus dibersihkan dulu agar rambut dapat tumbuh dengan normal. Selain itu penyakit kulit kepala lainnya seperti ketombe juga harus segera diobati.

Jadi yang bisa kita lakukan adalah menghambat hormon testosteron berubah menjadi dht dengan mengkonsumsi DHT bloker sperti finas ataupun saw palmetto.
Selain itu juga menggunakan perawatan topical untuk menekan DHT dari luar dan merangsang pertumbuhan rambut baru seperti Minoxidil, aminexil, dan beberapa produk herbal lainnya yang terbukti dapat membersikan dht di permukaan kulit kepala dan merangsang pertumbuhan kembali rambut.

Tetapi perawatan tersebut harus dilakukan terus menerus bila tidak ingin rambut kembali rontok. Karena bila dihentikan maka DHT akan banyak kembali di kulit kepala dan membuat rambut rontok kembali.

Mari kita buktikan bahwa produk2 papan atas tidak ada yang berani menjanjikan rambut akan terus aman dan makin sehat apabila treatment dihentikan:
1. Rogaine Foam.

Disini jelas sekali dikatakan bahwa kerontokan karena keturunan adalah kondisi seumur hidup. Sehingga harus menggunakan produknya juga terus menerus.

2. Kerastase Aminexil

Disini dikatakan harus menggunakan aminexil 2 x dalam setahun. Jadi bukan sama sekali berhenti. Bila berhenti terlalu lama DHT banyak lagi dan rambut juga akan rontok lagi.

3. Propecia / finasteride 1mg

Dikatakan bila kita stop menggunakan Propecia, maka kita akan kehilangan rambut kita yang telah tumbuh dalam 12 bulan ketika treatment dihentikan.

4. Nisim New Hair Biofactore

Dikatakan bila rambut sudah tumbuh dan sudah seperti yang kita inginkan, Extractnya dapat dihentikan, tinggal mainteance dengan sampo nya. Tetapi tidak berhenti sama sekali.

5. Procerin for Men

Procerin juga mengatakan (walau kelihatan seperti enggan) kebanyakan akan mengalami rontok lagi dalam beberapa bulan. Hanya pria yang masih muda yang diyakini tidak kembali ke posisi sebelum pakai. Ya iya lah karena kalo masih muda produksi hormon testosteron nya juga belum berlebihan. Ketika kita memasuk usia dewasa produksi hormon testosteron bisa berlipat2.


Demikian pendapat dari ane, agan2 bisa membantah atau menambahi.

Tetapi kesimpulannya memang perawatan rambut karena faktor genetik harus melakukan treatment terus menerus seumur hidup. Bila kita stop maka rambut akan rontok kembali. Tetapi bukan karena produk yang kita gunakan membuat ketergantungan, melainkan produksi hormon testosteron kita diproduksi terus menerus yang dapat menjadi DHT. Sehingga bloker dht juga harus dilakukan terus menerus bila tidak ingin rambut kembali rontok.

Salam gondong...


Quote:
Original Posted By m4ru2ch4n
bukan karena kelebihan hormon...
tp genetiknya .. kantung rambut kita sensitif sama dht,

klu emang gara2 kelebihan hormon, knp binaraga yang udh jelas2 suntik steroid ada yang rambutnya utuh ? kyk arnold / sylvester stallone ?
binaraga suntik dht/testosterone biar cpet jadi ototnya...

seperti dikutip dari http://en.wikipedia.org/wiki/Androgenic_alopecia
Male pattern baldness is caused by a genetic sensitivity of hair follicles to DHT, which causes them to shrink or "miniaturize". This shortens their lifespan and prevents them from producing hair normally.[2]

dht terbentuknya gimana sih ?
testosterone dikonversi oleh enzim yang bernama 5-alpha-reductase menjadi dht.
finasteride itu nama ilmiahnya 5-alpha-reductase-inhibitor artinya dia mencegah konversi dari testosterone ke dht. tp ga smuanya bisa dicegah, 30% masih berubah jadi dht

knp bisa muncul side effect klu minum finasteride?
kelebihan testosterone itu dirubah jadi 2 jalur... yang pertama dirubah menjadi dht lewat enzim tadi, yang kedua adalah dirubah menjadi estradiol oleh proses yang dinamakan aromatase

estradiol itu hormon wanita, karena kelebihan testosterone ga bisa dirubah menjadi dht, tubuh secara otomatis merubah testosterone menjadi estradiol.
gynecomastia/tumbuh dada pun bisa muncul karena ini.

dht juga berperan penting dalam ciri sekunder pria,(otot, bulu badan, kumis, jenggot, penis, sperma, dll ) makanya klu orang dht tinggi biasanya badannya berbulu tp kepalanya botak :P
krn dht nya berkurang di tubuh (krn minum finasteride) maka mungkinlah terjadi efek samping yang sudah disebutkan tsb.

cewek knp ga boleh minum / kena debu dari finasteride ?
Finasteride is not indicated for use by women. Finasteride is in the FDA pregnancy category X. This means that it is known to cause birth defects in an unborn baby. Women who are or who may become pregnant must not handle crushed or broken finasteride tablets, because the medication could be absorbed through the skin. Finasteride is known to cause birth defects in a developing male baby. Exposure to whole tablets should be avoided whenever possible, however exposure to whole tablets is not expected to be harmful as long as the tablets are not swallowed.
It is not known whether finasteride passes into breast milk, and thus should not be taken by breastfeeding women. Finasteride may pass into the semen of men.

intinya klu kena debunya finasteride, debunya itu bisa masuk ke dalam kulit, bahaya bagi cewek yang bakal mao hamil atau udh hamil. bisa bikin bayi cacad,
kyknya cwo yang lagi mo bikin anak pun ga boleh minum ginian, anak cacat nanti

hmm treatment jg tidak ada yang abadi
minoxidil efeknya berkurang sekitar tahun ke 2 pemakaian, artinya mulai tahun ke 2 rontok lagi walau dipakai terus
finasteride jg berkurang efeknya sekitar tahun ke 5 pemakaian,

skenario 1 : minum finasteride 5 tahun...
skenario 2 : minum finasteride di tahun ke 2-5
skenario 3 : minum finasteride tahun 1 , trus berenti ditahun ke 2, trus pake lagi tahun ke 3-5
skenario 4 : tidak minum finasteride, grafiknya terjun bebas.


tp dengan kombinasi 2 obat ini, kemungkinan 10 tahun baru tubuh kita resisten terhadap obat ini.

tp pokoknya no worry karena ini cma 1-2% kasus yang jadi kena side effect. selama short term ga da apa2, long term juga bakalan ok.
tp klu short termnya udh muncul side effectnya tp di hajar juga ampe 1-2 tahun, side effectnya ga bakal ilang....

bisa diliat diforum ini:
Forum for men with PERSISTENT sexual, mental & physical side effects which CONTINUE DESPITE QUITTING Finasteride (Propecia, Proscar), a 5Alpha Reductase inhibitor drug for hair loss, prostate enlargement & prostate cancer.
http://www.propeciahelp.com/


jgn lupa ketoconazolenya bisa tambah tumbuh rambut juga ...




Note : lapak tempat tersedia obat2 an diatas bisa di search di :


http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=2950840
FRENGKY_3000 - 13/06/2009 08:01 PM
#3
obat kebotakan
bos, silakan coba obat dengan kandungan zat aktif minoxidil (nama dagang ada banyak, cth : regrou, regrou forte)
indikasi untuk pria yang botak
bisa di beli dan hanya bisa di beli di apotek
moga bermanfaat info nya
salam : frengky,s.farm,apt
satriyana - 13/06/2009 11:00 PM
#4

Quote:
Original Posted By Fenndy
Memang benar karena faktor genetik kantong rambut kita sensitif dengan dht. Tetapi karena tubuh kita berlebihan memproduksi hormon testosteron juga benar. Jadi tidak ada yang salah disini.

Hormon testoteron di produksi tubuh meningkat pesat pada usia kita memasuki usia 20 tahun keatas dan menurun ketika kita usia kita mulai tua. Ini jawaban kenapa kerontokan rambut dimulai biasanya diatas 20 tahun. Dan kenapa memasuki usia tua kemampuan seksual menurun yaitu karena produksi hormon testosteron mulai turun.

Ini hasil penelitian Loreal, ane ambil dari produk informasi Aminexil Kerastase:


Biar mantap satu lagi:
Sumber

Penelitian juga membuktikan bahwa seseorang yang dikebiri ataupun tidak memiliki alat vital karena kecelakaan atau perang tidak akan mengalami kebotakan.
Sumber

Malah ada menurut artikel ini cara terbaik buat mencegah kebotakan adalah dikebiri sebelum masa puber..
Sumber



Jadi biar lengkap ada 3 faktor independent penyebab utama kebotakan karena faktor genetik:

1. Gen
Kebotakan tidak akan terjadi bila tidak ada faktor gen/keturunan. Gen ini dapat diwariskan dari salah satu orang tua.

Dalam tubuh manusia itu terdiri dari 23 pasang kromosom (22 kromosom autosomal, 1 pasang kromosom yang menentukan jenis kelamin). Pasangan kromosom ke-23 itu gunanya adalah untuk menentukan jenis kelamin. kecenderungan seseorang mengalami kebotakan berdasarkan faktor keturunan itu diperoleh dari 22 pasang kromosom lainnya, yang disebut dengan autosomal. Ini berarti bahwa sifat kebotakan dapat diwariskan dari sisi keluarga ibu atau pihak ayah dengan frekuensi yang sama. Pendapat umum bahwa kebotakan datang hanya dari pihak keluarga ibu tidak benar, meskipun untuk alasan nya sepenuhnya belum dipahami, tetapi kecenderungan dari ibu lebih besar dibandingkan dari ayah.

Tapi t'nyata itu bukan satu2nya faktor yang menentukan seseorang akan mengalami kebotakan ato tidak. Jadi bukan lantaran adanya gen kebotakan itu trus anak akan mengalami kebotakan dengan sendirinya. Ada yang dinamakan dengan "expressivity", yaitu kemampuan gen untuk mempengaruhi karakteristik seseorang, yang akan muncul pada orang2 tertentu. Gen ekspresi ini berkaitan dengan sejumlah faktor, terutama hormon dan usia, meskipun stres pun bisa menjadi faktor penyebab kebotakan pada beberapa orang.

2. Hormon
Hormon seks utama pria adalah testosteron. Hormon testosteron dan hormon terkait lainnya terutama yang mempunyai efek maskulin di produksi di testis. Produksi hormon belum akan mencapai level signifikan sampai testis mengembang dan membesar selama masa puber. Pada kenyataannya, hormon yang sama merupakan penyebab dari banyak perubahan yang terjadi pada masa puber, pertumbuhan phallus dan scorotum, produksi sperma, peningkatan hasrat seksual, perubahan suara, pertumbuhan rambut ketiak dan kemaluan, peningkatan tulang dan massa otot, dan perubahan bentuk tubuh dasar.

Hubungan khusus antara rambut rontok testosteron dan hormon diinduksi pada laki-laki ditemukan oleh seorang psikiater awal abad ini. Pada waktu itu, pengebirian biasa dilakukan pada pasien yang mengalami sakit jiwa, karena memiliki efek menenangkan pada banyak pasien dan pengebirian mengurangi dorongan seksual bagi pasien yang tidak dapat mengontrol hasrat seksual mereka. Dokter mencatat bahwa saudara kembar identik dari satu pasien nya memiliki kepala yang botak sedangkan kembarannya yang sakit jiwa (dikebiri) kepalanya penuh dengan rambut.
Dokter memutuskan untuk mengetahui pengaruh testosteron pada pasiennya, Testosteron pada saat itu tersedia dalam bentuk yang telah dimurnikan.
Dia menyuntikkan pasien yang dikebiri itu dengan testosteron. Dalam beberapa minggu, rambut pasiennya mulai rontok semua kecuali bagian pinggir2nya seperti kembaran nya yang tidak dikebiri. Dokter, kemudian, berhenti memberikan testosteron untuk melihat apakah proses tersebut akan berbalik, Tetapi proses kebotakan terus berlanjut dan pasien tidak pernah mendapatkan kembali kepala yang dipenuhi rambut seperti sebelumnya.
Ini memperlihatkan kepadanya bahwa menghilangkan testoreron akan memperlambat, atau menghentikan, rambut rontok lebih lanjut, tetapi tidak dapat menghidupkan kembali akar rambut yang telah mati.

Sebenarnya hormon secara langsung terlibat dalam alopecia androgenetic adalah dihidrotestosteron (DHT) daripada testosteron. DHT dibentuk dari enzyme 5-a reductase pada testosteron.HT bekerja dengan mengikatkan diri pada beberapa reseptor khusus pada sel di folikel rambut yang pada akhirnya dapat menyebabkan kebotakan pada pria, aktivitas enzyme 5-a reductase lebih tinggi pada area yang mengalami kebotakan. Inilah yang menjelaskan kenapa pria mengalami kebotakan yang berpola/ MBP.

3. Usia
Gen dan hormon tidak cukup untuk menyebabkan kebotakan. walapun pria tersebut sudah mengalami pubertas, kantung rambut yang rentan itu harus terkena hormon selama beberapa periode waktu baru akhirnya terjadi kerontokan. Faktor usia ini munculnya bervariasi dari orang yang satu dengan orang lain dan berhubungan dengan komposisi genetik serta kadar testosteron dalam aliran darah orang itu.

Tapi ada satu faktor waktu yang selama ini kurang dimengerti oleh orang-orang. Kerontokan pada pria itu tidak terjadi secara sekaligus maupun stabil, progres yang seperti garis lurus lurus. Melainkan ada siklusnya. ketika pria mengalam kerontokan rambut, dia akan mengalami periode kerontokan yang lambat, cepat, bahkan stabil. Sampai sekarang belum diketahui apa yang menyebabkan perubahan kecepatan kerontokan rambut itu. Tapi yang kita tahu adalah bahwa semakin meningkatnya usia, jumlah volume rambut akan menurun.

Walaupun seseorang itu tidak memiliki kecenderungan botak secara keturunan, semakin pasien bertambah usia, beberapa rambut secara acak akan mengalami miniaturisasi (penyusutan panjang dan lebar) pada masing2 unit kantung rambut. Akibatnya ada beberapa kelompok yang memiliki rambut yang penuh/tebal dan rambut yang mengalami miniaturisasi sehingga daerah itu akan terlihat menipis/terlihat kulit kepala.
Wenkusuma - 14/06/2009 07:21 PM
#5

mo nanya bro minoxidil itu obat minum ato buat oles di kepala?thanks
jaygoodman - 15/06/2009 05:07 AM
#6

pake apa aja... kalo udah dari sononya bakalan BOTAX ya tetep BOTAX

nasiB nih
satriyana - 15/06/2009 01:25 PM
#7

Quote:
Jakarta, Berbagai cara dilakukan orang untuk mencegah kerontokan rambut dan kebotakan. Tapi para ahli merekomendasikan beberapa cara sederhana bila Anda tak ingin botak, yaitu makan kacang dan jangan tinggalkan sarapan.

Kabar baik bagi pria yang takut botak bahwa para ilmuwan telah menemukan penyebab kebotakan, yaitu adanya gen yang menyebabkan kegagalan produksi dan perkembangan sel-sel rambut.

Tapi sayangnya, belum ada cara pengobatan yang benar-benar efektif untuk mengatasinya. Selain itu, sementara gen memainkan peran utama dalam kerontokan rambut, banyak pria tidak menyadari bahwa kebiasaan sehari-harinya dapat memperburuk masalah kebotakan.

Dilansir Dailymail, Senin (11/1/2011), ahli bedah restorasi rambut dari Inggris memberikan beberapa langkah sederhana untuk membantu mengurangi kerontokan rambut, yaitu:

1. Jangan lewatkan waktu sarapan
Rambut terdiri dari keratin, yaitu zat yang memberinya kekuatan. Terlalu sedikit protein akan mempengaruhi tingkat keratin, sehingga menyebabkan rambut kehilangan tenaga dan berhenti tumbuh.

"Sarapan adalah waktu yang tepat untuk meningkatkan protein dalam tubuh, dengan makanan seperti ikan, telur, ayam, daging merah," kata Philip Kingsley, konsultan trichologist.

2. Makan kacang-kacangan
Kurangnya zat besi bisa menyebabkan rambut rontok. Jika Anda tidak memiliki cukup zat besi, maka kadar feritin akan turun, yang merupakan molekul penyimpan zat besi dalam tubuh.

Hal ini pada gilirannya akan mengganggu pertumbuhan rambut normal dan meningkatkan kerontokan rambut. Makan makanan kaya zat besi seperti kacang-kacangan, daging merah, sayuran hijau tua dan buah-buahan kering, ini akan membantu mengurangi rambut rontok berlebihan.

3. Berhenti merokok
Penelitian menunjukkan bahwa rokok juga bisa memicu kerontokan rambut. Hal ini karena rokok dapat menyebabkan kerusakan pembuluh darah dan merusak suplai darah ke folikel rambut. Maka berhenti merokok adalah salah satu cara untuk mencegah kebotakan.

4. Rileks
Memiliki kelebihan hormon laki-laki mungkin tidak terdengar seperti hal yang buruk, tetapi testosteron dan dihidrotestosteron (DHT) dapat memiliki efek buruk pada bagian-bagian tertentu dari folikel rambut.

Hormon tersebut meresap ke batang rambut dan menyebabkan rambut menjadi lebih tipis. Setelah rambut menyusut, dengan diameter tertentu akan berhenti tumbuh sepenuhnya. Ketika pria sedang stres, tubuh akan memproduksi hormon lebih banyak dan cenderung membuat rambut rontok. Jadi cobalah untuk rileks.

5. Jangan menyisir dengan keras
Menyisir rambut dengan keras dapat menggaruk kulit kepala dan menarik rambut keluar dari akar serta merusak folikel rambut. "Sangat penting untuk merawat kulit kepala dengan lembut ketika keramas, dan jangan menarik-narik rambut Anda dengan sikat atau sisir," kata Dr Bessam Farjo, ahli bedah restorasi rambut dari Manchester.

6. Jangan mewarnai rambut
Studi juga menunjukkan bahwa pewarna yang berisi bahan kimia para-phenylenediamine (PPD) dapat menyebabkan reaksi alergi parah dan dermatitis, yang dapat menyebabkan kerusakan pada folikel kulit kepala dan rambut.


(mer/ir)


sumber : http://health.detik.com/read/2011/01/11/103838/1543788/766/jangan-tinggalkan-sarapan-bila-tak-ingin-b otak?l991101755
satriyana - 15/06/2009 01:30 PM
#8

Quote:
Original Posted By jaygoodman
pake apa aja... kalo udah dari sononya bakalan BOTAX ya tetep BOTAX

nasiB nih


Salam ..

Untuk saat ini mengobati kebotakan yang disebab kan oleh DHT yaitu dengan Finasteride sebagai obat minum dan Minoxidil sebagai obat oles di kepala.

Untuk merk finasteride dan minoxidil itu kembali ke pasien karena tiap obat harga nya beda jadi disesuaikan dengan kondisi masing2.

Tapi sejauh ini yg berfungsi sebagai Regimen oral khusus buat kebotakan karena DHT dan telah disetujui oleh FDA yaitu Propecia dan GranuleRX sedangkan Finpro, Proscar dan lain2 itu adalah obat Prostat yang notebene mengandung Finasteride yang berfungsi untuk menekan DHT.

Thanks


Quote:
Original Posted By gamaubotak
Faktor kebotakan karena DHT khan sudah dijelaskan di page 1 gan, berikut ane copas lagi:
"Kerontokan ini disebabkan oleh dihydrotestosterone (DHT). DHT dihasilkan oleh kontak langsung antara enzim 5-alphareductase (biasanya ditemukan pada kulit kepala) dan hormon testosterone. Hormon DHT inilah yang merupakan musuh utama folikel. Folikel yang terekspos oleh DHT menjadi lemah dan tidak mampu menumbuhkan batang rambut yang sehat."

Kalau rambut rontok karena faktor anemia ada lagi. Istilahnya iron deficiency anemia atau anemia karena kekurangan zat besi. Bisanya terjadi pada wanita dan jarang pada pria.

Berikut penelitiannya:


Yang rentan terserang Iron deficiency adalah:

[*]Pelari
[*]Wanita hamil
[*]Wanita yang baru melahirkan


Salah satu efek samping dari anemia adalah kerontokan rambut.

Menurut Wikipedia ini dia ini dia gejala dari anemia karena kekurangan zat besi:


Alasan paling umum kekurangan zat besi meliputi:


[*]Pendarahan di saluran pencernaan, sering karena bisul dan radang lambung (gastritis).
[*]Pregnancy. Kehamilan. Kehilangan darah selama dan setelah kelahiran dapat menyebabkan seorang wanita menjadi kekurangan zat besi, yang dapat mengakibatkan anemia atau kerontokan rambut.
[*]Pendarahan yang berat pada saat menstruasi (menorrhagia) dapat menyebabkan kekurangan zat besi pada wanita, terutama bila dikombinasikan dengan faktor lain, seperti asupan zat besi tidak memadai.
[*]Cedera parah
[*]Diet terlalu ketat.




Anemia dan Zat Besi

Tubuh membutuhkan zat besi untuk membuat hemoglobin. Jika zat besi tidak cukup tersedia, produksi hemoglobin terbatas, yang pada gilirannya mempengaruhi produksi sel darah merah.
Keadaan saat jumlah sel darah merah atau jumlah hemoglobin (protein pembawa oksigen) dalam sel darah merah berada di bawah normal dikenal sebagai anemia. Perlu dicatat tidak semua kasus kekurangan zat besi menyebabkan anemia.

Mengapa kekurangan zat besi menyebabkan rambut kita rontok? Anemia menyebabkan Anda memiliki jumlah darah lebih sedikit dan sistem peredaran darah kurang efektif. Akibatnya, folikel rambut tidak menerima pasokan oksigen dan nutrisi yang diperlukan, yang menyebabkan semakin tipis dan rontok dari waktu ke waktu.


Solusi & Pengobatan

Kerontokan rambut pada wanita dan pria karena kekurangan zat besi dapat dengan mudah diselesaikan dalam banyak kasus dengan modifikasi diet sehari-hari untuk memasukkan lebih banyak makanan kaya vitamin yang dapat mencakup daging merah, buah kering, brokoli, kismis, kerang, tiram, dan bayam. Suplemen zat besi dan asam amino l-lysine juga dapat mengatasi masalah ini. Peran asam amino esensial, l-lysine dalam kerontokan terlihat penting. RDA (Recommended Daily Allowance) untuk Iron adalah 15 mg untuk wanita dan 18 mg untuk pria.



Tips Mengatasi Kurangnya Sirkulasi Darah Di Kulit Kepala
Salah satu penyebab kerontokan juga bisa karena kurang baiknya sirkulasi darah di kulit kepala. Yang penting dalam sirkulasi darah adalah kuantitas dan kualitas darah mencapai akar rambut. Jika akar rambut tidak mendapatkan pasokan suplay darah yang baik, oksigen dan nutrisi, maka akar rambut tersebut menyusut dan mati.

Berkurangnya darah ke kulit kepala adalah salah satu penyebab rambut rontok yang disebabkan oleh kondisi tubuh lain - ketegangan atau stres. Stress yang berlebihan menyebabkan otot mengencang dan mengurangi aliran darah ke bagian terjauh tubuh kita, yaitu kaki, tangan, dan kepala.

Stres juga bekerja sama dengan hormon androgen menyebabkan pengetatan dan pengencangkan kulit kepala, sehingga lebih tipis, dan membuatnya lebih rentan atau memberikan kuntribusi terhadap rambut rontok.

Sirkulasi darah yang tidak baik bisa juga disebabkan oleh sebum dan keringat rambut yang mengkristal. Kristal2 ini menyumbat folikel menyebabkan sekitar jaringan mengeras dan membatasi aliran darah ke folikel rambut.

Setiap arthritis atau mengencangkan otot leher dapat membatasi aliran darah ke kepala. Disini anda membutuhkan pijat leher. Latihan rutin atau pergerakan yang benar akan membantu anda meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala.

Dalam kerontokan karena sirkulasi darah, menggerakkan kepala Anda ke bawah sampai ke bawah hati Anda secara teratur dapat membawa lebih banyak darah ke kulit kepala Anda. Bagi anda yang memiliki tekanan darah tinggi atau masalah sirkulasi, Anda perlu untuk menghindari teknik ini. Anda dapat berbaring di tempat tidur dengan kepala menggantung. Turunkan kepala Anda sampai mendekat ke lantai dan hitung sampai 10 kemudian kembali sejajarkan dengan tubuh Anda. Anda dapat mengulangi ini 6-7 sekali atau dua kali sehari, sekali di pagi hari dan sekali di malam hari. Anda juga dapat meningkatkan hitungan lebih lama dari 10 ketika anda terus melakukan latihan ini.

Ada juga papan miring yang dijual, yang memungkinkan Anda untuk berbaring di papan sehingga kepala anda dekat lantai dan kaki lebih tinggi diudara dan ketinggiannya ditentukan oleh suduk kemiringan papan. Anda juga dapat melakukan sikap kepala yoga, jika Anda melakukan yoga.

Jika Anda ingin melakukan pijat kulit kepala, agar efektif Anda harus melakukannya minimal dua kali sehari. Tempatkan jari Anda pada kulit kepala kulit kepala Anda dan bergerak dalam dua arah - ke depan dan kembali dan dalam sebuah gerakan berputar.
Jangan menggosok atau menggaruk kulit kepala anda untuk menghindari rambut terlepas atau merusak kulit kepala Anda.

Sirkulasi darah merupakan salah satu penyebab rambut rontok yang dapat Anda atasi. Dengan melakukan beberapa teknik merekomendasikan tercantum di sini Anda dapat membantu diri sendiri untuk memiliki rambut yang lebih baik untuk waktu yang lebih lama.
Penulis: http://ezinearticles.com/?expert=Rudy_Silva
Blacknote - 15/06/2009 01:34 PM
#9

penyebab rambut bisa rontok banyak sampai botak itu apa sih gan ??

supaya gejalanya bisa dideteksi dari awal
nicolaidis - 17/06/2009 07:14 PM
#10

Pindah kesini yah
oskab - 18/06/2009 04:35 PM
#11

thread yg lama kemana yah
banyak info yang hilang dong...
tukulers - 20/06/2009 02:04 PM
#12

Quote:
Original Posted By Blacknote
penyebab rambut bisa rontok banyak sampai botak itu apa sih gan ??

supaya gejalanya bisa dideteksi dari awal

penyebab utamax adalah DHT bro,
tukulers - 20/06/2009 07:23 PM
#13

Ane bingung nih, udah minum finpro,saw palmeto, dan pakai regrou forte udah hampir 3 bulan, memang ada rambut2 halus yg tumbuh tapi rambut saya masih rontok, kalau dilihat dibagian depan udah tipis banget, udah kelihatan kulit kepala, bingung nih kerontokan rambutku disebabkan karena DHT atau karena sebab lain, dikeluargaku gak ada yang botak, dari keturunan garis ibu dan ayah sy, aku dari dulu gak merokok, mau kedokter disini gak ada dokter yang spesialis adanya dokter praktek umum,
kooji - 22/06/2009 06:16 PM
#14

gue 3 minggu ini pake regrow bro, kok malah smakin banyak
yang rontok ya,,,
karamas tiap hari ada pengaruhnya nggak ya ,, pake regrow kan mesti kramas dulu

mohon pencerahan bro
tukulers - 22/06/2009 08:12 PM
#15

Quote:
Original Posted By kooji
gue 3 minggu ini pake regrow bro, kok malah smakin banyak
yang rontok ya,,,
karamas tiap hari ada pengaruhnya nggak ya ,, pake regrow kan mesti kramas dulu

mohon pencerahan bro

menurut artikel2 yg sy baca katax wajar tuh gan, krn rmbut yg akarx udah gak kuat akan digantikan dgn rmbut2 baru,
terserah gan malah lbh bgus krn kulit kepala jd bersih kl sy tiap 2 hari, pk regrou gak harus keramas dulu gan tp yg penting kulit kepala dlm keadaan bersih
corea77 - 22/06/2009 08:29 PM
#16

ini cuman sekedar ngebantu, tapi dari tahap mulai kerontokan.
kalau rambut sendiri atau ada teman yang mulai rontok rambutnya, cepat-cepat coba cari shampoo keraztase yang 'bain prevention', ini paling ngga bisa nyetop tapi ngga membantu tumbuh. daripada dibiarkan lebih banyak yang rontok
satriyana - 23/06/2009 04:40 PM
#17

Quote:
Original Posted By gamaubotak
Mesti di ketahui dulu penyebab rontoknya kenapa gan? Karena ada beberapa faktor penyebab rambut rontok. Paling umum sih faktor genetik/dht, kemudian ada lagi karena kekurangan asupan nutrisi, faktor stress juga bisa, anemia juga bisa, info lengkapnya uda dipajang ama om satriana di page one :2thumbup

Untuk ketombe + gatal itu pengobatan yang umum adalah memakai sampo anti ketombe. Karena ane yakin agan2 dimari banyak yang ketombean. Apalagi minox ada alkholnya yang bisa bikin kulit kepala kering sehingga mudah ketombean, ane bahas aja apa itu ketombe dan pengobatannya:

Apa itu ketombe?

Seluruh permukaan tubuh seseorang secara terus menurus melepaskan kulit mati. Kulit itu sendiri lepas setiap 24 hari. Ketombe, merupakan pelepasan kulit mati dari kulit kepala pada tingkat yang berlebihan, adalah hasil dari proses pertumbuhan normal kulit sel dari kulit kepala.

Ketombe terjadi ketika kulit kepala melepaskan sel kulit mati dalam jumlah yang besar. Sisik ketombe tampak kering, putih atau keabu-abuan, terlihat gumpalan kecil dan tak sedap dipandang, terutama di bagian atas kepala.
Pada kulit kepala normal, sel-sel kulit tua mati dan mengelupas kira-kira setiap bulan, dan sel pengganti diproduksi dengan cepat.

Ada dua faktor penyebab ketombe, yaitu internal dan eksternal. Internal ketombe dapat disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon, kurang baiknya kesehatan, kurang menjaga kebersihan, alergi terhadap susu, coklat, kacang atau kerang, kurang istirahat, konsumsi gula berlebihan, stres, dan bisa juga karena kecendrungan faktor keturunan.

Eksternal ketombe dapat disebabkan oleh penggunaan hair sprays dan gel yang berlebihan, penggunaan produk pewarna rambut, penggulung rambut, pengeriting rambut, pengering rambut, stres, jarang keramas dan pembilasan yang tidak memadai ketika keramas. Selain itu produk perawatan rambut yang mengandung alkohol juga dapat mengeringkan kulit kepala dan memicu ketombe. *Minox ada alkoholnya, makanya botaker banyak yang ketombean.

Walaupun kebanyakan orang berasumsi bahwa ketombe berasal dari kulit kepala kering, kebalikannya pun benar : orang-orang dengan kulit kepala berminyak cenderung banyak yang menderita gangguan ketombe. Joseph P. Bark, Ketua Bagian Dermatologi RS St. Joseph di Lexington, mengatakan bahwa kemungkinan hal ini mengacu pada kulit kepala berminyak mendukung pertumbuhan jamur pada kulit kepala, yang dapat menjadi instrumental berkembangnya sisik dan iritasi pada kulit kepala. Pria yang berketombe besar jumlahnya, hal ini dimungkinkan adanya peran hormon androgen pada ketombe.

Lebih lanjut Bark mengatakan bahwa ketombe memiliki sisi baik : Jika kulit kepala tidak melepaskan sel kulit yang mati, kulit kepala manusia akan menjadi sangat tebal. Namun ketika pergantian sel terjadi terlalu banyak dan meningkat, Anda tidak hanya memiliki masalah sisik tebal yang terlihat, namun juga kemerahan dan gatal. Ia juga mengatakan bahwa kemerahan dan gatal sebenarnya merupakan seborrheic dermatitis dan ini biasanya terjadi sekitar area lipatan hidung, alis, tidak hanya pada kulit kepala.

Sebagian besar dokter spesialis kulit menyatakan bahwa ketombe dikaitkan dengan jamur kecil disebut Pityrosporum ovale, or P. ovale. Jamur ini hidup di tubuh dan kulit kepala kita setiap saat, biasanya tanpa menyebabkan masalah.Untuk beberapa orang,hal ini diluar kontrol dan memicu terjadinya ketombe.


Gejala

Jika Anda bermasalah dengan ketombe, ketombe seperti debu putih yang berjatuhan dari kulit kepala ke bahu, Anda tidak sendirian: hampir semua orang memiliki masalah ketombe pada beberapa tingkat keparahan. Namun harus diperhatikan agar tidak membuat ketombe ringan menjadi rancu dengan kondisi lainnya yang mungkin akan menyebabkan penglupasan kulit kepala seperti seborrheic dermatitisor psoriasis.

Ketombe terjadi ketika kulit kepala melepaskan sel kulit mati dalam jumlah yang besar. Sisik ketombe tampak kering, putih atau keabu-abuan, terlihat gumpalan kecil dan tak sedap dipandang, terutama di bagian atas kepala.

Kejadian pengelupasan sel kulit mati ini/ketombe dapat terjadi dimana saja di daerah kulit kepala, di alis, jenggot dan dapat menyebar ke leher dan bahu.


Pencegahan

Sayangnya, tidak ada cara yang diketahui untuk mencegah ketombe sebelum terjadi.


Pengobatan

Karena ketombe adalah proses alami, tidak bisa dihilangkan secara tuntas. Ini hanya bisa di kontrol dan dikendalikan. Salah satu perawatan yang paling umum untuk ketombe adalah shampo ketombe. Ketika shampo ketombe atau produk lain dihentikan, ketombe akan kembali lagi dalam waktu sekitar tiga hari.

Nizoral adalah hanya shampoo yang mengandung bahan aktif yang telah dipatenkan terbukti secara medis efektif terhadap P. ovale, yaitu Ketoconazole 2%. Merek lain diantaranya Ketomed atau Fungasol. Kebanyakan sampo anti ketombe lain bekerja dengan menormalkan pH kulit kepala hanya sementara, sementara Nizoral efek dari Nizoral tahan lama. Karena Anda tidak perlu menggunakan sampo ini setiap hari, Nizoral juga hemat biaya.

Selain sampo Ketoconazole, secara umum disetujui bahwa sampo anti ketombe yang mengandung zinc pyritheone (Head and shoulder, dll) dan selenium sulfide (selsun yellow) sangat efektif dalam membersihkan kulit kepada dari ketombe.

Idealnya, pilih shampoo yang memiliki salah satu bahan di atas dan gunakan secara rutin (tergantung anjuran masing2 sampo) hingga ketombe Anda terkontrol. Jika hal tersebut sudah tercapai, kurangin sedikit frekuensi pemakaiannya.
Anda mungkin menemukan shampoo tertentu berhenti kefektifannya suatu saat, jika hal ini terjadi, tukarlah dengan sampo yang memiliki bahan lainnya.

Pastikan shampoo tersebut mengenai kulit kepala Anda selama beberapa lama sebelum Anda membilasnya - kira-kira sekitar 5 menit, Jika Anda membilasnya terlalu cepat, bahan tersebut tidak akan memiliki cukup waktu untuk bekerja. Jika setelah beberapa minggu perawatan Anda masih tetap memiliki ketombe, Anda sebaiknya mempertimbangkan untuk mendatangi Dokter kulit/dermatolog.

Dalam kasus yang parah, dermatolog akan memberikan resep salep atau lotion steroid khusus untuk mengobati masalah ini.

Menurut “Encyclopedia of Natural Healing” oleh Siegfried Gursche, gizi juga dapat memainkan peran yang besar dalam mengendalikan ketombe. Untuk menetralkan karbohidrad yang tidak efesien dan metabolisme fatty-acid, yang mana dapat menyebabkan ketombe, masukkan banyak vitamin B dalam diet Anda. Bawang putih dan minyak oregano juga sangat baik untuk memerangi ketombe. Anda juga dapat mengkonsumsi suplemen nya dalam bentuk kapsul. Atau Anda juga dapat memotong dua bawang segar dan menggosokkan pada kulit kepala.

Hindari produk rambut yang mengandung alkohol yang dapat mengeringkan kulit kepala. Juga hindari pengering rambut bisa mengeringkan kulit kepada dan menambah masalah.

Sangat penting diingat belum ada obat yang dapat menyembuhkan ketombe. Setelah Anda memiliki masalah ketombe, yang terbaik dapat dilakukan adalah mengontrol dan mengendalikannya.


Kunjungi Dokter Kulit

Jika kulit kepala Anda menunjukkan tanda2 kemerahan, pembengkakan, bopeng, atau serpihan yang sangat banyak, mungkin ada penyakit lain seperti psoriasis atau kurap.
satriyana - 23/06/2009 05:09 PM
#18

Quote:
Original Posted By tukulers
Ane bingung nih, udah minum finpro,saw palmeto, dan pakai regrou forte udah hampir 3 bulan, memang ada rambut2 halus yg tumbuh tapi rambut saya masih rontok, kalau dilihat dibagian depan udah tipis banget, udah kelihatan kulit kepala, bingung nih kerontokan rambutku disebabkan karena DHT atau karena sebab lain, dikeluargaku gak ada yang botak, dari keturunan garis ibu dan ayah sy, aku dari dulu gak merokok, mau kedokter disini gak ada dokter yang spesialis adanya dokter praktek umum,


Salam..

Kl mo konsultasi monggo dipilih bro..:

RS Pluit :

Dr. Hendrik Kunta Adjie, SpKK [Pluit]
Dr. Endah Purwandani, SpKK [Kelapa Gading]

RS Pantai Indah Kapuk :

Dr. Freddy Suseno Hardjoko, SpKK
Dr. Widowati Sambijono, SpKK

RS Sumber Waras :

Dr. Inneke M. Susito, SpKK

RS Mitra Keluarga kelapa Gading

Dr. Gunawan Budisantoso, SpKK


Thanks

Gambar norwood bisa di cek di :

http://www.cegahbotak.com/undrstmpb.html

Norwood 1-2, adalah kondisi saat mulai terjadi penipisan. Pada stadium ini penumpukan DHT sudah mulai terjadi sebagai akibat dari tidak berfungsinya sekresi DHT.

Fase/siklus pertumbuhan rambut mulai kacau sebagai akibat dari peningkatan kadar konsentrasi DHT. Pada stadium ini penanganan sudah harus dilakukan agar DHT di dalam tubuh dapat tersekresi dan sistem metabolisme tubuh dapat mengadaptasi cara sekresi DHT secara alami.

>= Tingkat keberhasilan pada stadium ini 100% mengingat 100% folikel masih eksis. Terapi menggunakan shampo steroid dan DHT INHIBITOR.

Norwood 3-4, adalah kondisi dimana penipisan sudah mulai menunjukkan peningkatan yang progresnya sudah mulai bergerak cepat menuju kebotakan berpola.

Pada stadium ini fase/siklus pertumbuhan rambut mulai stagnan di fase CATAGEN (dorman) dan konsentrasi DHT sudah mulai melakukan akselerasi. Pada stadium ini pengobatan Trichotherapy harus dilakukan secara rutin dalam kurun waktu 6 - 8 bulan minimal untuk dapat melihat pertumbuhan rambut-rambut vellus baru.

>= Tingkat keberhasilan pada stadium ini masih sangat besar (95%-100%), dengan syarat terapi harus dilakukan secara intensif dan tanpa jeda.

Norwood 5 , adalah kondisi dimana penipisan berada pada batasan akhirnya dan sudah mulai bergerak menuju pada kebotakan berpola. Pada stadium ini fase/siklus pertumbuhan rambut sudah berada di fase TELOGEN (rontok berkepanjangan) dan sebagian kecil folikel sudah bermutasi menjadi daging dan kulit.

>= Pada stadium ini diperlukan Trichotherapy dengan durasi yang lebih panjang (18 - 24 bulan) dan disertai penggunaan stimulasi laser. Tingkat keberhasilannya masih 90% +.

Norwood 5A-7 , adalah kondisi dimana sudah terjadi kebotakan berpola. Pada kondisi ini sebagian besar papilla reseptor dan folikel sudah dorman. Kulit kepala sudah terlihat licin tanpa rambut sejelaipun.
Rasio area yang botak sudah melebihi area yang berambut sehingga sudah sangat terlambat sekali untuk melakukan pertolongan dan penumbuhan rambut kembali.

>= Pada stadium ini recovery sudah tidak dapat dilakukan karena sudah tidak adanya lagi folikel aktif yang mampu menumbuhkan rambut.
Ryo_sakazaki - 25/06/2009 03:19 AM
#19

Halo all

i lagi mengalami masalah. rambut mulai tipis di bagian depan.

i search om gog, dapet web :www.cegahbotak.com
mereka tawarkan obat granule RX.

yang mau saya tanyakan :

1. manjur gak untuk menumbuhkan rambut (bagi yang udah pernah coba)
2. Ada efek samping dari mengkonsumsinya?
3. cara pakainya bgm yah?

mohon info dan bantuannya...

tq very much...


please.. di answer yah..
tukulers - 25/06/2009 06:25 AM
#20

Quote:
Original Posted By Ryo_sakazaki
Halo all

i lagi mengalami masalah. rambut mulai tipis di bagian depan.

i search om gog, dapet web :www.cegahbotak.com
mereka tawarkan obat granule RX.

yang mau saya tanyakan :

1. manjur gak untuk menumbuhkan rambut (bagi yang udah pernah coba)
2. Ada efek samping dari mengkonsumsinya?
3. cara pakainya bgm yah?

mohon info dan bantuannya...

tq very much...


please.. di answer yah..

salam botakers
1. Granulerx sangat ampuh untuk menumbuhkan rambut bro tp mahal amat kl mau pakai obat yg murah bs menggunakan proscar atau finpro aku jg menggunakan obat finpro dan mulai kelihatan hasilx.
2. Kalo efek samping granulerx aku tdk tahu krn blm pernah pakai tp kalau efek samping finpro yg aku pakai libidoku agak berkurang
3. Cara pakaix kalo gak salah diminum
Page 1 of 366 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›
Home > LOEKELOE > HEALTH & MEDICAL > help)rambut gua rontok hampir botak 2