Karesidenan Kediri
Home > Kaskuser Regional > INDONESIA > JAWA TIMUR & BALI > Karesidenan Kediri > [Info] Wisata di Karesidenan Kediri
Total Views: 11456
Page 1 of 25 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›

arifsmart - 10/07/2009 03:14 PM
#1
[Info] Wisata di Karesidenan Kediri



trit ini dibuat untuk sharing tempat- tempat wisata di Kediri,Blitar, Tulungagung, Nganjuk dsb.
serta tempat-tempat yang banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun non lokal



Visit Kediri 2011
dg47 - 10/07/2009 03:21 PM
#2

air terjun ndolo. hehehe

apik tenan wi.

gunung kelud.
dg47 - 10/07/2009 03:38 PM
#3

Pantai Prigi

Spoiler for poto pas di prigi






sekalian narsis. hehehe




mohon bimbingan wat TS
antonsetyadi - 10/07/2009 03:53 PM
#4



Wong Kediri mesti eruh kabeh...

Gunung Klotok...
arifsmart - 10/07/2009 03:59 PM
#5

Quote:
Original Posted By dg47
air terjun ndolo. hehehe

apik tenan wi.

gunung kelud.


air terjun ndolo rung tau ruh

Quote:
Original Posted By dg47
Pantai Prigi

Spoiler for poto pas di prigi






sekalian narsis. hehehe





mohon bimbingan wat TS


pantai prigi bisa dijadikan alternatif buat wisata atau pacaran
tapi ingat jangan sampai nginep / bikin tenda di pantai.. bisa hanyut

Quote:
Original Posted By antonsetyadi


Wong Kediri mesti eruh kabeh...

Gunung Klotok...


wah lek iki mben minggu mrono
jarwo_ooo - 10/07/2009 04:04 PM
#6

Pagora

wkwkwkwkwkwk.....
ariffadly - 10/07/2009 04:09 PM
#7

Quote:
Original Posted By jarwo_ooo
Pagora

wkwkwkwkwkwk.....


Kasri(bandar) & sumber bulus(Tosaren) the best internasional wkwkwk...99X
r3yboy - 10/07/2009 04:11 PM
#8
Gua Selomangleng

Lokasi : Pojok - Mojoroto Kediri
Kordinat GPS : S7.807230 - E111.972810
Ketinggian : 123 m

Gua Selomangleg merupakan objek wisata populer Kediri. Dinamakan Selomangleng dikarenakan lokasinya yang berada di lereng bukit >(Jawa=Selo=Batu, Mangleng=Miring), kira-kira 40 meter dari tanah terendah di kawasan. Gua ini terbentuk dari batu andesit hitam yang berukuran cukup besar, sehingga nampak cukup menyolok dari kejauhan.



Sepintas tidak ada yang istimewa di gua batu ini, keunikan baru terlihat begitu mendekati pintu gua. Beberapa meter dibawah mulut gua terdapat beberapa bongkahan batu yang berserakan. Sebagian diantaranya terdapat pahatan, menandakan bahwa tempat ini sudah pernah disentuh manusia. Berbagai corak relief menghiasai dinding luar gua, diantaranya ada yang berbentuk manusia.

Melongok kedalam gua, suasana gelap gulita dan aroma dupa yang cukup menyengat datang menyambut pengunjung. Tidak heran bila ada beberapa pengunjung yang takut atau berfikir panjang sebelum memutuskan untuk memasukinya. Kesan mistis terasa kental sekali saaat berada didalamnya. Beberapa pengunjung nampak buru-buru keluar setelah tidak lama memasuki ruang karena, dikarenakan tidak kuat dengan aroma dupa yang menyengat.

Gua yang terbuat dari batuan andesit ini menjadikannya kedap air. Tidak ada stalagtit maupun stalagmit yang umum dijumpai pada gua-gua alam. Terdapat tiga ruangan dalam gua, dari pintu masuk kita akan tiba di ruanagan utama yang tidak begitu lebar dengan sebuah pintu kecil disisi kiri dan kanan untuk menuju ruangan lain dari dalam gua.



Didalam gua ini banyak sekali dijumpai relief yang menghiasi dinding gua. Diperlukan penerangan tambahan untuk bisa melihatnya dengan jelas. Saya sendiri menggunakan sinar lampu dari telepon genggam yang kebetulan bisa difungsikan sebagai lampu penerangan (senter). Pada dasar lantai banyak sekali ditemukan bunga-bunga sesajen berwarna merah dan kuning yang masih segar. Suatu pertanda bahwa tempat ini cukup sering digunakan untuk mengasingkan diri, bertapa atau tirakat bagi kalangan masyarakat tertentu.



Memasuki ruangan sebelah kiri dari pintu masuk gua, pengunjung mesti sedikit merangkak dikarenakan ukuran pintunya yang cukup kecil. Ketika mencoba memasuki ruangan tersebut, praktis cahaya yang ada semakin minim dikarenakan tidak adanya penerangan pada ruang tersebut. Ditambah ruangannya yang kecil dengan atap yang rendah sehingga kesan sempit dan sumpek mendominasi suasana dalam ruangan tersebut. Sulit kali untuk melihat apa saja yang ada di dalam ruangan tersebut. Ketika mencoba menelusuri dinding gua dengan penerangan dari telpon genggam, barulah terlihat bahwa bagian dalam gua tersebut juga memiliki relief-relief yang senada dengan bagian luar gua.



Berbeda dengan ruang sebelah kiri gua, pada sisi kanan gua, terdapat relief pada bagain atas dari pintu masuk. Mirip dengan relief yang sering menghiasi bagian atas dari pintu masuk candi. Ruangan ini sedikit lebih lebar dari sisi kiri. Pada dinding gua, terdapat bagian yang menonjol dengan cerukan kecil dibagian bawahnya, membentuk tungku. Sebatang dupa yang masih menyala nampak berada didalam tungku tersebut, menebarkan aroma menyengat yang memenuhi seluruh ruangan. Relief-rleief yang ada masih bisa terlihat cukup jelas untuk dinikmati.

Dari cerita yang beredar, Gua Selomangleng dulu pernah digunakan oleh Dewi Kilisuci sebagai tempat pertapaan. Dewi Kilisuci adalah putri mahkota Raja Erlangga yang menolak menerima tahata kerajaan yang diwariskan kepadanya, dan lebih memilih menjauhkan diri dari kehidupan dunia dengan cara melakukan tapabrata di Gua Selomangleng.

Terlepas dari gelap dan pengapnya suasana dalam gua, objek wisata Gua Selomangleng patut dikunjungi saat anda berada di Kediri. Tak jauh dari lokasi gua ini juga terdapat museum purbakala yang bisa dikunjungi dan banyak sekali menyimpan benda-benda arkeologi berupa patung/arca.

sumber
dg47 - 10/07/2009 04:30 PM
#9

guo selomangleng.

keren deh.

ada yang punya foto view di klotok tapi sing jalan belok ngiri gak? yang dari situ kediri bisa keliatan semua
ariffadly - 10/07/2009 04:41 PM
#10

Quote:
Original Posted By antonsetyadi


Wong Kediri mesti eruh kabeh...

Gunung Klotok...


Wah ton deket e gunung klotok sma 5,piye gak dolan nang sma 5 podo2 lulusan kono..sekolah hollywood
aylun - 10/07/2009 05:06 PM
#11

mas mas sekalian

jangan lupa tuh.... di besuki lumayan keren juga....

bisa lihat kediri secara penuh

kalo di t,agung

waduk wonorejo

kalo blitar nang makam bungkarno ( harus dateng sesekali )
arifsmart - 10/07/2009 05:14 PM
#12

Quote:
Original Posted By dg47
guo selomangleng.

keren deh.

ada yang punya foto view di klotok tapi sing jalan belok ngiri gak? yang dari situ kediri bisa keliatan semua


wah iku lek malam hari tuepak tenan!!

tapi akeh sepeda motor sing diparkir ng pinggir dalan, tapi wonge gak enek
Roh_Kaskus - 10/07/2009 06:08 PM
#13

proliman gumul juga termasuk wisata
dg47 - 10/07/2009 06:39 PM
#14

Quote:
Original Posted By arifsmart
wah iku lek malam hari tuepak tenan!!

tapi akeh sepeda motor sing diparkir ng pinggir dalan, tapi wonge gak enek


ojo ojo sampeyan tau mas?


wah iyha tuh SLG, dan ada lagi Kalasan.
aylun - 11/07/2009 01:00 AM
#15

Quote:
Original Posted By Roh_Kaskus
proliman gumul juga termasuk wisata


saiki sering di gae acara freestyle yah mas... konco2 ku serep nang kono.. freestylean...
jarwo_ooo - 11/07/2009 01:29 AM
#16

Quote:
Original Posted By aylun
saiki sering di gae acara freestyle yah mas... konco2 ku serep nang kono.. freestylean...


freestyle opo? bmx?

nek aku sering mrono bengi, ndik sandinge kali (sisih kulon) nek bengi ruame, akeh bakul2 makanan, wes meh mirip koyok alun2.

biasane golek siomay jakarta.
aylun - 11/07/2009 01:32 AM
#17

Quote:
Original Posted By jarwo_ooo
freestyle opo? bmx?

nek aku sering mrono bengi, ndik sandinge kali (sisih kulon) nek bengi ruame, akeh bakul2 makanan, wes meh mirip koyok alun2.

biasane golek siomay jakarta.


woh onok siomay jakarta juga....

lak sore2 sepeda montor mas... biasae grub koncoku seng freestyle nang kono

jerene ndek kono penak gawe freestylean...

i sih gak pernah lihat...lha sore2.. pas jam ku kerjo
r3yboy - 11/07/2009 10:33 AM
#18
Air terjun sedudo
Spoiler for Awas BW Killer


Air Terjun Sedudo adalah sebuah air terjun dan obyek wisata yang terletak di Desa Ngliman Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Jaraknya sekitar 30 km arah selatan ibukota kabupaten Nganjuk. Berada pada ketinggian 1.438 meter dpl, ketinggian air terjun ini sekitar 105 meter. Tempat wisata ini memiliki fasilitas yang cukup baik, dan jalur transportasi yang mudah diakses.

Masyarakat setempat masih mempercayai, air terjun in memiliki kekuatan supra natural. Lokasi wisata alam ini ramai dikunjungi orang pada bulan Sura (kalender Jawa). Konon mitos yang ada sejak zaman Majapahit, pada bulan itu dipercaya membawa berkah awet muda bagi orang yang mandi di air terjun tersebut.

Setiap Tahun Baru Jawa, air terjun Sedudo dipergunakan untuk upacara ritual, yaitu memandikan arca dalam upacara Parna Prahista, yang kemudian sisa airnya dipercikan untuk keluarga agar mendapat berkah keselamatan dan awet muda. Hingga sekarang pihak Pemkab Nganjuk secara rutin melaksanakan acara ritual Mandi Sedudo setiap tanggal 1 Suro.
sumber : wikipedia

Spoiler for penampakan

Lagi narsis di depan air terjun , padahal tu jepretan jam 12 siang saking rindangnya pepohonan dan dingin banged airnya sampe kliatan kaya pas poto pagi².
aylun - 11/07/2009 10:42 AM
#19

^^

sedudo

aku tau rono pisan...

dalane sempit poll wis ngono tanjakan nya serem....... cuma enak bener deh... ada air terjun yang tinggi banget


btw tekel nang jero kolame wis di benakne durong??? biyen pas rono.... rodok rusak tekel2nya
sh4m33d - 11/07/2009 08:10 PM
#20

Sri Ratu masuk gk?
Page 1 of 25 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›
Home > Kaskuser Regional > INDONESIA > JAWA TIMUR & BALI > Karesidenan Kediri > [Info] Wisata di Karesidenan Kediri