Martial Arts
Home > LOEKELOE > SPORTS > Martial Arts > Silat Syahbandar
Total Views: 4682
Page 5 of 7 |  < 1 2 3 4 5 6 7 > 

Destroyer9 - 18/01/2010 09:01 PM
#81
Ya..
Quote:
Original Posted By dewakambing
ki sawung kan main sendirian tuh.

maksudnya itu adalah jurus silat simple dan sederhana tapi efektif.
coba perhatikan lagi videonya, itu kan pukulan.
konsepnya ngak perlu menangkis, tapi pukulan yang membuat lawan "tidak merasa" sedang dipukul.


OK....

montarbo - 21/01/2010 10:39 AM
#82

Boleh Ikutan bro, ane juga pernah ngikut SB dulu di bekasi mekarsari gurunya Bang Jojo (Ketut) dan Bang Gusti. Ini anak cabang subrayon 06 Cilandak/DepTan (I Made Djagat)

LAtihannya lumayan berat jg bro...dolo belajar jurus 1-5 setahun terus nyambung 6 -10...Ane ikut 4 tahun bareng temen Billi, Aang. Habis itu pusat pada bikin perguruan sendiri2...Bekasi Bubar!

Ini ada blog syahbandar anak tangerang
http://ps-syahbandar6.blogspot.com/
Ban-Banan artinya tuh di ane yakni Mempraktekan hasil Latihan (tenaga dalam) contohnya berupa pukulan jarak jauh kepada lawan latih...bisa 1 lawan 1 atau dikerubutin 1 lawan banyak

Salam Syahbandar!
montarbo - 23/01/2010 09:53 PM
#83

Bantu up deh gan...
faintsmile - 24/01/2010 02:03 AM
#84

di surabaya ada di mana?
chandrakaka22 - 24/01/2010 03:11 PM
#85

Destroyer9 - 24/01/2010 05:24 PM
#86

Quote:
Original Posted By montarbo

Ini ada blog syahbandar anak tangerang
http://ps-syahbandar6.blogspot.com/
Ban-Banan artinya tuh di ane yakni Mempraktekan hasil Latihan (tenaga dalam) contohnya berupa pukulan jarak jauh kepada lawan latih...bisa 1 lawan 1 atau dikerubutin 1 lawan banyak

Salam Syahbandar!


Tangerang..?

Saya di Islamic Village nih..

Info dunk..

grehot - 05/03/2010 03:50 PM
#87

di daerah cipanas aga ga?
silatsejati - 05/03/2010 11:03 PM
#88

Quote:
Original Posted By grehot
di daerah cipanas aga ga?
silatsejati - 05/03/2010 11:04 PM
#89

di jogja ada pelatihan syahbandar tidak?terima kasih
anak2muda2 - 05/03/2010 11:39 PM
#90

pendekar_muda - 10/03/2010 04:22 PM
#91

Quote:
Original Posted By silatsejati
di jogja ada pelatihan syahbandar tidak?terima kasih


Kalau mau nanti aja pas ke Jakarta, mampir dulu ke Depok. Buku Syahbandar saya masih ada di Om Yossy tuh, lumayan lengkap mulai bahas jurus, sejarah, amalan, dsb.
devnull - 11/03/2010 04:13 AM
#92

Quote:
Original Posted By dewakambing
Mungkin om Muda butuh sedikit dipancing hehehe

Silat/Maenpo Sahbandar dikenal dengan teknik silat dan pernafasannya.
Sahbandar paling sering terdengar bersamaan dengan nama Kari dan Madi.

Ciri khas ketiga gaya tersebut dapat diringkaskan sebagai berikut:
1. Sahbandar (Usik Sahbandar), yang mengandalkan kelenturan tubuh dengan
menyembunyikan tenaga serangan,
2. Kari (Usik Kari) yang berorientasi fisik/adu kekerasan serta gerakan serangan yang serba cepat,
3. Madi (Usik Madi), yang bertujuan menutup gerakan musuh, melalui langkah-langkah menempel (membayangi) gerakan musuh.

Menurut sejarahnya Mama Kosim yang mengembangkan maenpo sahbandar ini berasal dari Sumatera Barat. Lokasi tepatnya, masih jadi pertanyaan karena banyaknya versi cerita yang ada. Tapi yang pasti beliau berdiam di Kampung Sahbandar - Karang Tengah - Cianjur yang menyebabkan permainan/usik/maenpo ini disebut Sahbandar.

Kalau melihat asal muasalnya, kemungkinan silat yang mendasarinya adalah silat yang berasal dari minang. Tapi wujud disana dan disini sudah sangat jauh berbeda. Mungkin karena banyaknya unsur2x yang masuk akibat persahabatan beliau dengan banyak pesilat dari tanah sunda.

Satu hal yang sering kali jadi pertanyaan adalah mengapa jurus2x yang diajarkan memiliki banyak perbedaan terutama pada jumlah jurusnya. Ada yang belajar cuma 5 (kayak ki sawung), atau 7 (Mama Musthofa di Gobras – Tasikmalaya), 11 (banyak di daerah garut), 21, 24 atau 25 (banyak di sukabumi) dan lain sebagainya.

Menurut katanya, jurus dari 11 ke bawah adalah jurus-jurus awal kedatangan beliau ke kampung sahbandar sehingga kebanyakan yang menguasai adalah dari kalangan maenpo cikalong dan selebihnya adalah jurus2x yang di ajarkan pada para santri.

Tapi dasarnya tetep sama, halus - keras, keras - halus, kosong - isi, isi - kosong.
Kadang kepikiran seperti main taichi dengan gaya lugas.

Penguasaan jurus yang pertama sangat penting, karena disinilah dasar yang utama dari seluruhnya. Kalau belum dikuasai maka sama yang lain hanya akan mendapatkan gerak tanpa "isi".
* ayoooo muncul muncul muncullllllll.........................



jurus pertama paling tidak harus dilatih intensif selama setahun
pendekar_muda - 11/03/2010 09:54 AM
#93

Quote:
Original Posted By devnull
jurus pertama paling tidak harus dilatih intensif selama setahun


Saya pribadi dulu latihan jurus 1 cuma 3 bulanan (setiap hari), dari bosen sampai jadi kebutuhan sampai bosen lagi.
devnull - 12/03/2010 12:53 AM
#94

Quote:
Original Posted By pendekar_muda
Saya pribadi dulu latihan jurus 1 cuma 3 bulanan (setiap hari), dari bosen sampai jadi kebutuhan sampai bosen lagi.


maka dari itu jangan tiap hari
tapi emang betul bosen banget..hiburannya pas ikut-ikutan mental-mentalan aja.. selain itu lumayan kalo maraton agustusan gak usah takut gak nyampe finish
pendekar_muda - 14/03/2010 10:01 PM
#95

Quote:
Original Posted By devnull
maka dari itu jangan tiap hari
tapi emang betul bosen banget..hiburannya pas ikut-ikutan mental-mentalan aja.. selain itu lumayan kalo maraton agustusan gak usah takut gak nyampe finish


Kalau saya gak ada latihan mental2an yg ada lempar2an, banting2an, dan pukul2an.
devnull - 15/03/2010 12:59 AM
#96

Quote:
Original Posted By pendekar_muda
Kalau saya gak ada latihan mental2an yg ada lempar2an, banting2an, dan pukul2an.


dari jurus 1?
pendekar_muda - 15/03/2010 11:29 AM
#97

Quote:
Original Posted By devnull
dari jurus 1?


Gak lah dari 5 jurus.
99waystodie - 15/03/2010 05:01 PM
#98

dah lama ga denger ni silat..

jurus2nya unik2 namanya
alifnet - 15/05/2010 09:13 AM
#99

kalau mau latihan dimana ya di jakarta selatan???

Mohon infonya master
beyond99 - 15/05/2010 02:26 PM
#100
syahbandar
ijin menyimak..
Page 5 of 7 |  < 1 2 3 4 5 6 7 > 
Home > LOEKELOE > SPORTS > Martial Arts > Silat Syahbandar