Burung
Home > LOEKELOE > MY PETS > Burung > Jenis-Jenis Burung
Total Views: 78432
Page 3 of 10 |  < 1 2 3 4 5 6 7 8 >  Last ›

11112010 - 18/11/2010 07:06 PM
#41
Kasuari (Casuarius)

Klasifikasi Ilmiah
Kingdom : Animalia
Phylum : Chordata
Subphylum : Vertebrata
Class : Aves
Order : Struthioniformes
Family : Casuariidae
Genus : Casuarius
Species : Casuarius sp
Propinsi Papua merupakan daerah Kawasan Timur Indonesia, yang kaya akan keaneka ragaman hayati, baik fauna maupun floranya. Keaneka ragaman fauna Papua dari jenis burung , ada 602 species dengan tingkat endemic 52%. Casuarius adalah salah satu dari dua genus burung di dalam suku Casuariidae. Genus ini terdiri dari tiga spesies Kasuari yang berukuran sangat besar.3 macam species itu Antara lain:
1. Kasuari Gelambir Tunggal (Casuarius unappendiculatus)
2. Kasuari Gelambir-ganda (Casuarius casuarius)
3. Kasuari Kerdil (Casuarius bennetti )
weckl - 21/11/2010 09:29 AM
#42
Penguin



Di seluruh dunia terdapat 17 hingga 19 spesies penguin, tergantung pada apakah dua spesies Eudyptula dihitung juga sebagai spesies. Walaupun seluruh jenis penguin awalnya berasal dari belahan bumi selatan, namun penguin tidak hanya ditemukan di daerah dingin atau di Antartika saja. Terdapat tiga spesies penguin yang hidup di daerah tropis. Salah satu spesies hidup di Kepulauan Galapagos (Penguin Galapagos) dan biasanya menyeberangi garis khatulistiwa untuk mencari makan.
Umumnya penguin memakan krill (sejenis kerang), ikan, cumi-cumi dan hewan air lainnya yang tertangkap ketika berenang di laut. Penguin dapat meminum air laut karena kelenjar supraorbital pada tubuhnya menyaring kelebihan garam laut dari aliran darah. Garam ini lalu dikeluarkan dalam bentuk cairan lewat saluran pernafasan penguin.
Penguin mampu berenang dengan kecepatan 6 hingga 12 km/jam bahkan pernah tercatat hingga 27km/jam. Penguin yang berukuran kecil biasanya menyelam selama satu hingga dua menit dari permukaan air untuk menangkap makanan. Penguin yang berukuran lebih besar, yaitu penguin emperor bisa menyelam lebih dalam hingga 565 meter selama 20 menit.
Untuk menghemat energi, kadang-kadang penguin berjalan dengan kaki pendeknya atau meluncur di salju dengan perutnya.
Untuk melihat jenis kelamin penguin sangat sulit, karena penguin tidak memiliki kelamin eksternal. Akibatnya untuk membedakan jenis kelamin penguin, manusia harus memakai teknik pemeriksaankromosom/DNA.
weckl - 21/11/2010 09:43 AM
#43
burung Cendrawasih



Burung-burung cendrawasih merupakan anggota famili Paradisaeidae dari ordo Passeriformes. Mereka ditemukan di Indonesia timur, pulau-pulau selat Torres, Papua Nugini, dan Australia timur. Burung anggota keluarga ini dikenal karena bulu burung jantan pada banyak jenisnya, terutama bulu yang sangat memanjang dan rumit yang tumbuh dari paruh, sayap atau kepalanya. Ukuran burung cendrawasih mulai dari Cendrawasih Raja pada 50 gram dan 15 cm hingga Cendrawasih Paruh-sabit Hitam pada 110 cm dan Cendrawasih Manukod Jambul-bergulung pada 430 gram.
Burung cendrawasih yang paling terkenal adalah anggota genus Paradisaea, termasuk spesies tipenya, cendrawasih kuning besar, Paradisaea apoda. Jenis ini dideskripsikan dari spesimen yang dibawa ke Eropa dari ekpedisi dagang. Spesimen ini disiapkan oleh pedagang pribumi dengan membuang sayap dan kakinya agar dapat dijadikan hiasan. Hal ini tidak diketahui oleh para penjelajah dan menimbulkan kepercayaan bahwa burung ini tidak pernah mendarat namun tetap berada di udara karena bulu-bulunya. Inilah asal mula nama bird of paradise ('burung surga' oleh orang Inggris) dan nama jenis apoda - yang berarti 'tak berkaki'.
Banyak jenis mempunyai ritual kawin yang rumit, dengan sistem kawin jenis-jenis Paradisaea adalah burung-burung jantan berkumpul untuk bersaing memperlihatkan keelokannya pada burung betina agar dapat kawin. Sementara jenis lain seperti jenis-jenis Cicinnurus dan Parotia memiliki tari perkawinan yang beraturan. Burung jantan pada jenis yang dimorfik seksual bersifat poligami. Banyak burung hibrida yang dideskripsikan sebagai jenis baru, dan beberapa spesies diragukan kevalidannya.
Jumlah telurnya agak kurang pasti. Pada jenis besar, mungkin hampir selalu satu telur. Jenis kecil dapat menghasilkan sebanyak 2-3 telur (Mackay 1990).
weckl - 21/11/2010 10:21 PM
#44
Bangau


Bangau adalah sebutan untuk burung dari keluarga Ciconiidae. Badan berukuran besar, berkaki panjang, berleher panjang namun lebih pendek dari burung Kuntul, dan mempunyai paruh yang besar, kuat dan tebal.
Bangau bisa dijumpai di daerah beriklim hangat. Habitat di daerah yang lebih kering dibandingkan burung Kuntul dan Ibis. Makanan berupa Katak, ikan, serangga, cacing, burung kecil dan mamalia kecil dari lahan basah dan pantai.
Bangau tidak memiliki organ suara syrinx sehingga tidak bersuara. Paruh yang diadu dengan pasangannya merupakan cara berkomunikasi menggantikan suara panggilan.
Bangau merupakan burung pantai migran, terbang jauh dengan cara melayang memanfaatkan arus udara panas sehingga dapat menghemat tenaga. Foto burung Bangau yang sedang terbang oleh Ottomar Anschütz (1884) menjadi inspirasi Otto Lilienthal untuk membuat glider yang digunakan untuk terbang layang pada akhir abad ke-19.
Bangau merupakan burung yang berat dengan rentang sayap yang lebar. Spesies Leptoptilos crumeniferus dari Afrika mempunyai rantang sayap 3,2 meter, sehingga dijuluki sebagai "burung darat dengan rentang sayap terpanjang di dunia" bersaingan dengan burung Kondor dari Pegunungan Andes
Sarang digunakan untuk beberapa tahun, berukuran sangat besar, diameter hingga 2 meter. dan kedalaman sarang 3 meter. Bangau pernah dikira monogami, tapi ternyata tidak selalu benar. Bangau cenderung setia pada sarang dan pasangannya, tapi mungkin juga berganti pasangan sehabis migrasi atau pergi bermigrasi tanpa ditemani pasangannya.
Badan yang berukuran besar, bersifat monogami, dan kesetiaan pada tempat bersarang menjadikan burung Bangau sering dijadikan simbol pembawa kebahagiaan di dalam banyak kebudayaan dan mitologi.
weckl - 25/11/2010 07:00 AM
#45

saya nemu lagi bro kali ini ada fto nya

ini yg cewek

cowok

Klarifikasi :
Burung Cabe2an ( Nama Species: Dicaeum trochileum ; Subspecies: D. t. stresemanni - D. t. trochileum )

Ordo: Passeriformes
Subordo: Passeri
Parvordo: Passerida
Superfamiliae: Certhioidea - Muscicapoidea - Passeroidea - Sylvioidea

Dari Parvordo: Passerida terrdapat 4 superfamilie :
> Certhioidea ( Familia : Certhiidae - Polioptilidae - Sittidae - Troglodytidae )
> Muscicapoidea ( Familia :Bombycillidae - Cinclidae - Muscicapidae - Turdidae - Sturnidae - Mimidae )
> Passeroidea ( Familiae: Alaudidae - Campophagidae - Certhiidae - Cisticolidae - Cracticidae - Dicaeidae - Drepanididae - Fringillidae - Melanocharitidae - Mimidae - Monarchidae - Nectariniidae = Colibri - Paramythiidae - Passeridae - Timaliidae - Troglodytidae - Turdidae )
> Sylvioidea ( Familiae: Aegithalidae - Cisticolidae - Hirundinidae - Hypocoliidae - Paridae - Pnoepygidae - Pycnonotidae - Remizidae - Rhabdornithidae - Sylviidae = Burung Kaca Mata - Timaliidae - Zosteropidae )

Jadi Intinya nie burung masih satu ordo yaitu Passeriformes

Semoga informasi ini dapat membantu dan jangan bingung lagi..
guardiantraitor - 26/03/2011 08:38 PM
#46

JENIS KENARI UMUM

1. Norwich

Burung kenari ini mempunyai sejarah sendiri. Penenun - penenun bangsa Flam yang memelihara burung ini pernah melarikan diri ke Inggris, untuk menghindani pembantaian bangsa Spanyol. Mereka tinggal di wilayah Norwich di Norflok (Inggris). Mereka inilah yang menjaga kelestanian burung ini. Burung kenari norwich dewasa ini merupakan burung kenari yang menanik. Burung ini mempunyai kelompok bulu yang tebal dan mempunyai bentuk yang serba “bulat”. Dengan dada bidang, punggung pendek lebar, sayap pendek dan ekor pendek, serta paruh juga pendek. Banyak dan burung ini yang memiliki warna hijau yang menanik Sekali. Burung ini jarang yang berwarna putih. Panjangnya antara 15—16 cm.

2. Yorkshire

Burung kenari ini merupakan hasil persilangan burung kenari lancashire dan burung kenari belgia. Bentuk burung ini terkadang digambarkan seperti wortel yang terbalik. Burung ini selalu berdiri tegak, dengan kaki panjang. Dengan keadaan seperti itulah para juri menilai keindahan burung kenari ini. Panjang burung mi kira-kira 16 cm.

3. Cinnamon

Burung Cinnamon dewasa ini mempunyai kesamaan dengan kenari Norwich dan ter golong burung yang menarik.Mereka inilah yang menjaga kelestanian burung ini. Burung ini mempunyai kelompok bulu yang tebal dan mempunyai bentuk yang serba “bulat”. Dengan dada bidang, punggung pendek lebar, sayap pendek dan ekor pendek, serta paruh juga pendek. Banyak dan burung ini yang memiliki warna hijau yang menanik Sekali. Burung ini jarang yang berwarna putih. Panjangnya antara 15—16 cm.

4. Border

Burung kenari border merupakan burung kenari yang paling populer. Burung ini berasal dan jenis cumberland fancy, dan bersumber dari negara perbatasan (border) antara lnggris dan Skotlandia. Burung ini berbentuk serba “bulat” dilihat dan sudut mana saja. Di dalam pertandingan, bentuk bulat itu sangat menentukan. Di samping itu tingkah burung harus menunjukkan kebiasaan gerak tertentu. Burung kenari border ini mencapai panjang 14 cm.

5. Gloster

Ini tergolong jenis burung kenari yang dihasilkan dan peternakan akhir-akhir ini. Kenari gloster tergolong lebih kecil, dengan panjang badan tak lebih dan 11 cm. Kenari gloster sengaja diternakkan ke arah jenis yang kecil dan diusahakan agar selalu kecil, sehingga binatang ini tidak boleh lebih dan ± 11 cm saat memasuki pertandingan. Di dalam gambar-gambar yang dapat dijumpai di buku-buku mengenai burung kenari kita akan dapat melihat bahwa kenari ini memiliki warna kuning dengan bagian sayap putih atau kehijau hijauan, sama seperti bagian ekornya. Pada kepala burung kenari gloster terdapat jambul, tetapi ada juga yang tidak. Burung dengan kepala polos dikenal dengan nama consort.

6. Lancashire

Disebutkan bahwa kenari ini adalah jenis kenari yang terbesar di Inggris. Jenis ini sekarang sudah jarang ditemu kan dalam bentuk aslinya. Burung ini lebih banyak disilang kan dengan jenis lain untuk mendapatkan badan yang besar. Jenis ini ada yang memiliki mahkota atau jambul yang di sebut lancashire coppy, dan ada pula yang kepalanya polos dan disebut lancashire plain head.

7. London Fancy

Kenari jenis mi disebutkan telah punah, dan burung kenari mi susah ditelusuri asalnya. Burung mi benar-benar sangat cantik. Bulunya berwarna keemasan yang cemerlang dengan sayap dan ekornya berwarna hitam, yang menaggal kan kontras yang sangat mengesankan. Ini tergolong jenis kenari Inggris yang sudah tua sekali, dan aslinya memiliki bintik-bintik hitam.

8. Fife Fancy

Kenari ini tergolong jenis baru, yang masih muda umurnya baru di pertengahan abad ini Bila melihat gambarnya, burung ini bentuknya sama seperti kenari london fancy, hanya ukurannya kecil, dengan bulu sayap dan ekor berwar na putih. Burung fife fancy mi sebenarnya burung border tetapi ukuran badannya lebih kecil. Disebut demikian ka rena bentuk secara keseluruhan praktis sama, kecuali per bedaan ukurannya. Ukuran burung ini harus tidak lebih dan 11 cm. Burung ini sangat mudah diternakkan dan dapat memberikan variasi bulu yang sangat luas.

9. Belgia

Burung ini merupakan salah satu dan jenis burung-bu rung kenari yang diternakkan sejak dulu. Burung ini merupakan burung yang diambil bentuk dan kedudukannya saja. Kesannya seperti burung cacat, kepalanya kecil seperti kepala ular. Kenari ini sulit diternakkan dan umuninya telurnya ditetaskan dengan memakai burung kenari lain. Kenari ini Juga Bisa digolongkan dengan Kenari Scotch Fancy.

10. Scotch Fancy

Di kalangan penggemar burung di inggris, burung ini di kenal dengan sebutan Bird O Circle, karena formasi dan kepala sampai ke ujung ekor pada waktu dipertandingkan berbentuk setengah lingkaran. Dalam pertandingan ada posisi, gerak, atau bunyi yang harus dipertontonkan oleh burung kenari. Keadaan yang tidak umum ini ditemukan Secara menonjol di wilayah Skotlandia dan Inggris Utara, Sedang di wilayah selatan burung ini tidak populer. Burung Scotch harus memiliki kepala kecil, lebih bulat sedikit dan kepala burung kenari belgia. Lehernya ramping dan pan jang, bahunya terisi penuh namun sempit dan bulat, sayap nya panjang dan menempel kuat ke badan, dan kaki yang panjang kuat terpentang dengan baik.

11. Roller

Telah disebutkan sebelumnya tentang burung kenari roller ini, yang tergolong merajai jenis burung kenari yang berkicau. Burung ini keturunan burung kenari jerman yang diternakkan seeara besar-besaran di wilayah Pegunungan Hartz. Di pegunungan ini kira-klra 400 keluarga berkecimpung mengembangbiakkan kenari dan melatihnya. Cara lama yang dipakai untuk melatih burung ini adalah dengan memasukkan burung ke dalam sangkar kecil dan membiar kan burung ini mendengarkan suara burung yang dikenal indah suaranya (yang telah menang pertandingan, Misalnya). Tetapi dewasa ini orang menggunakan suara piringan hitam atau pita kaset.

12. Crest

Kenari Crest ini tergolong jenis yang tua dan burung kenari, sebab sudah ada di sekitar tahun 1950-an. Mula-mula di kenal dengan nama Turn crown, dan pada permulaan abad ini dikenal sebagai King of the fancy (Raja Fantasi). Mahkota burung.ini haruslah besar dan mengembang dan tengah tengah kepala dan mengembang ke depan sampai ke paruh nya hampir sejajar dengan matanya sehingga mata hampir tertutup. Mahkota ini juga mengembang ke arah belakang kepala. Mahkota ini harus memiliki bentuk yang baik, luas dan tebal dengan bulu-bulu yang lebat dan lembut. Kenari mahkota adalah burung yang besar dan harus memiliki kepala yang besar, leher yang besar pendek dan badan bidang, sama seperti kenari norwich. Ternyata jenis crest ini ada yang mempunyai mahkota, tetapi ada pula yang memiliki kepala yang polos tanpa mahkota

13. Frill

Kenari ini dikenal sebagai kenari belanda di abad ke 18, tetapi kemudian muncul berbagai jenis yang menyebar ke berbagai negara. Dewasa ini dikenal Frill dan Belanda, Italia, Paris, sedang pihak Jepang telah menghasilkan jenis yang kecil. Umumnya jenis frill ini tergolong sebagai burung yang besar, sebab panjangnya dapat lebih dan 20 cm. Ada tiga bagian yang disebut mantle, jabot, dan fin. Mantle (las) adalah bulu-bulu bagian punggung yang membelah di punggung dan jatuh secara sinietnis. Jabot adalah bulu di dada yang berombak dan menggulung ke dalam. Jabot ini harus datang dan tiap sisi dada untuk membentuk suatu ke rutan yang bertemu di bagian tengah bagaikan suatu bentuk kerang yang menutup. Sedang fin adalah bulu-bulu yang panjang, benar-benar berjumbai yang datang dan paha dan bergerak ke atas sekeliling sayap. Kenari frill yang indah dapat menjadi burung yang sangat indah, tetapi kenari yang buruk akan menjadi burung yang memberi kesan ganjil dan aneh karena bentuknya itu. Burung-burung mi tergolong sebagai burung ternak yang baik.
teddyuntung - 25/04/2011 12:24 AM
#47

Copsychus saularis kebanyakan orng memangil nya( KACER )

Copsychus saularis adalah burung pengicau kecil yang sebelumnya dikelompokkan sebagai anggota keluarga Turdidae (murai), tetapi kini dianggap sebagi anggota Muscicapidae. Burung ini berwarna hitam dan putih dengan ekor yang panjang. Ekornya terangkat ke atas jika mereka sedang mencari makanan di tanah atau kadang ketika sedang bertengger. Burung ini banyak ditemukan di daerah Asia Selatan dan Asia tenggara. Mereka adalah burung yang umum untuk berada di taman kota atau hutan. Mereka terkenal atas suara kicauannya.

burung ini banyak disukain pengemar burung kicau ,dikarenakan suara nya yg cukup bagus.harga pun relatif tidak terlalu mahal, makanannya pun gampang Pur,pisang, jangkrik,Kroto



Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Aves
Ordo: Passeriformes
Famili: Muscicapidae
Genus: Copsychus
Spesies: C. saularis
findraarta - 08/05/2011 09:38 PM
#48
Bubut Besar


Status konservasi : Risiko Rendah
Klasifikasi ilmiah
-. Kerajaan: Animalia
-. Filum: Chordata
-. Kelas: Aves
-. Ordo: Cuculiformes
-. Famili: Cuculidae
-. Genus: Centropus
-. Spesies: C. sinensis

Nama binomial:
Centropus sinensis
huakong - 17/05/2011 06:14 PM
#49
Genus Niltava (Tledekan/sulingan)
KLASIFIKASI
Kingdom : Animalia
Phylum : Chordata
Class : Aves
Order : Passeriformes
Family : Muscicapidae
Genus : Niltava

tledekan gunung/bambu jantan


Spoiler for tledekan laut


Spoiler for tledekan cewe


DAERAH PENYEBARAN
Mulai dari Himalaya daerah dari Negeri nepal , Bhutan, India , dan meluas melalui pegunungan dari Myanmar , Thailand, Kamboja, dan Cina barat daya dan Tenggar

MAKANAN DAN POLA MAKAN
Makanan Pokok keluarga Niltava adalah serangga seperti capung, kupu-kupu ulat dan buah buahan kecil. Dikenal pula Tledekan Bambu karena hidupnya di bambu, bersarangnya juga banyak di bambu, juga di pohon. Dia suka makan ulat2 di bambu juga di pohon.
huakong - 17/05/2011 06:38 PM
#50
zoothera citrina ( anis merah / punglor merah )


Taxonavigation:
Regnum: Animalia
Phylum: Chordata
Cladus: Chordata Craniata
Subphylum: Vertebrata
Infraphylum: Gnathostomata
Superclassis: Tetrapoda
Classis: Aves
Subclassis: Carinatae
Infraclassis: Neornithes
Parvclassis: Neognathae
Ordo: Passeriformes
Subordo: Passeri
Parvordo: Passerida
Superfamilia: Muscicapoidea
Familia: Turdidae
Genus: Zoothera
Species: Zoothera citrina

Spoiler for anis merah trotol/muda


Spoiler for anis merah dewasa




burung ini merupakan salah satu burung faforit penggemar kicauan karena gayanya yang sangat memukau..
huakong - 17/05/2011 07:01 PM
#51
Loriculus galgulus [srindit]


Status konservasi
Risiko Rendah
Klasifikasi ilmiah:
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Aves
Ordo: Psittaciformes
Famili: Psittacidae
Genus: Loriculus
Spesies: L. galgulus

Nama binomial
Loriculus galgulus

Serindit Melayu atau dalam nama ilmiahnya Loriculus galgulus adalah sejenis burung yang terdapat di dalam genus burung serindit Loriculus. Burung ini berukuran kecil, dengan panjang mencapai 12cm. Bulunya didominasi oleh warna hijau dengan bulu ekor berwarna merah. Burung ini sangat suka memakan buah buahan.

Populasi Serindit Melayu tersebar di hutan dataran rendah, dari permukaan laut sampai ketinggian 1,300m di negara Brunei, Indonesia, Malaysia, Singapura dan Thailand.
marrley - 18/05/2011 09:00 AM
#52

Quote:
Original Posted By blacks_jackz
Ke Delapan Alap-alap tikus ato Black Winged Kite ato Alap-alap Putih

Alap-alap Tikus :
Burung ini memiliki badan yang putih, di sekitar mata ada lingkaran hitam seperti topeng. Pada jenis burung ini yang masih muda, matanya berwarna kuning, tapi saat sudah dewasa matanya berubah menjadi merah.


Kingdom: Animalia
Phylum: Chordata
Class: Aves
Order: Accipitriformes
Family: Accipitridae
Genus: Elanus
Species: E. caeruleus


Ckep nih elang.
zetazeta - 19/05/2011 09:36 AM
#53
Bondol Peking


Status konservasi : Risiko Rendah

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Aves
Ordo: Passeriformes
Famili: Estrildidae
Genus: Lonchura
Spesies: L. punctulata
Nama binomial: Lonchura punctulata

Bondol peking berukuran kecil, dari paruh hingga ujung ekor sekitar 11 cm. Burung dewasa berwarna coklat kemerahan di leher dan sisi atas tubuhnya, dengan coretan-coretan agak samar berwarna muda. Sisi bawah putih, dengan lukisan serupa sisik berwarna coklat pada dada dan sisi tubuh. Perut bagian bawah sampai pantat putih. Burung muda dengan dada dan perut kuning tua sampai agak coklat kotor. Jantan tidak berbeda dengan betina dalam penampakannya.
Bondol peking sering ditemui di lingkungan pedesaan dan kota, terutama di dekat persawahan atau tegalan. Makanan utama burung ini adalah aneka biji rumput-rumputan termasuk padi. Oleh sebab itu bondol peking kerap mengunjungi sawah, padang rumput, lapangan terbuka bervegetasi dan kebun.
Di Indonesia bondol peking termasuk hama padi tetapi di barat burung ini merupakan burung hias yang diternakkan dan harganya juga lumayan mahal.
dadamwicaksono - 19/05/2011 05:29 PM
#54

LuthfiSukaSuka - 22/05/2011 11:46 AM
#55
rajawali ekor baji






Nama Latin : Aquila audax (Latham, 1801)
Nama Inggris : Wedge-tailed Eagle
Nama lokal : rajawali ekor baji

Deskripsi:
Berukuran sangat besar (80-100 cm). Rajawali yang sangat besar, berwarna gelap dengan ekor baji yang mencolok.ketika terbang, ujung sayap diangkat ke atas. Pangkal bulu-buku terbang burung remaja berbercak putih.

Suara :
“peer-yu” lemah

Penyebaran global :
Papua dan Australia.

Penyebaran lokal :
Di Papua hanya ada di dataran rendah Trans-Fly.

Kebiasaan :
Mencari makan di atas savana, menangkap Walabi (sejenis kanguru) dan mendatangi bangkai. Sering terbang melambung sampai tinggi.

Makanan:
Mamalia: kanguru, walabi, kambing, kucing, anjing; burung: gagak, kakatua, merak, bangau; reptil: bunglon raksasa, biawak, ular; dan bangkai hewan.

Perkembangbiakan:
Musim berbiak Agustus-September, atau Januari-Februari untuk Australia bagian utara. Sarang biasanya berada pada pohon tertinggi, berukuran besar, dan tersusun atas batang pohon yang dijaling dengan dedaunan. Jumlah telur 1-3 (biasanya 2) yang dierami selama 42-48 hari. Anakan belajar terbang dan meninggalkan sarang usia 79-95 hari. Burung muda mulai masak kimpoi setelah berumur 3 tahun.
LuthfiSukaSuka - 22/05/2011 11:50 AM
#56
Bubo philippensis



Kingdom: Animalia
Phylum: Chordata
Class: Aves
Order: Strigiformes
Family: Strigidae
Genus: Bubo
Species: B. philippensis

Bubo philippensis


*sekilas mirip banget sama ketupa ketupu
LuthfiSukaSuka - 25/05/2011 03:26 PM
#57
bonelli's eagle

Nama Latin : Hieraaetus fasciatus (Vieillot, 1822)
Nama Inggris : Bonelli’s Eagle

Deskripsi:
Berukuran sedang (65-72 cm). Tubuh bagian bawah coklat gelap bergaris-garis putih. Mantel abu-abu pucat, ekor abu-abu dengan ujung gelap. Betina berukuran lebih besar, garis-garis pada tubuh bagian bawah lebih lebat. Burung muda berwarna colat gelap, tubuh bagian bawah dan penutup sayap coklat-kemerahan. Bercak putih pada punggung dan ekor lebih sedikit.

Suara :
Nada “kii-kii-kii” yang tinggi ketika musim berbiak.

Penyebaran global :
Afrika, Timur Tengah, Asia Selatan, Cina, Asia Tenggara, Nusa Tenggara, Timor Leste.

Penyebaran lokal :
Nusa Tenggara. Menyukai daerah tropis yang hangat, hidup di padang rumput yang luas, daerah pertanian, dan lahan basah sampai ketinggian 2000 m.

Kebiasaan :
Mendiami hutan di dekat perairan atau di dekat lokasi pakan. Biasanya berburu sendirian atau berpasangan. Sebagian besar mangsa ditangkap di permukaan tanah, sesekali mengejar burung yang terbang.

Makanan:
Burung berukuran sedang: merpati, camar, gagak, kuntul, bangau; mamalia: kelinci, tikus, tupai; reptil: kadal.

Perkembangbiakan:
Sarang berbentuk kantung dari rumput yang tergantung pada dahan yang rendah dan terjalin dengan kapas alang-alang. Telur 2 butir berwarna keputihan berbintik abu-abu putih. Berbiak sepanjang tahun.
LuthfiSukaSuka - 25/05/2011 03:29 PM
#58
bat hawk





Nama Latin: Macheiramphus alcinus (Bonaparte, 1850)
Nama Inggris: Bat Hawk

Deskripsi:
Berukuran sedang (45 cm). Elang dengan mulut lebar dan paruh mungil yang rapuh. Mata kuning dengan tenggorokan dan penutup mata putih, terlihat kontras dibandingkan warna bulu tubuh bagian depan maupun belakang yang hitam. Sayap panjang dan bersudut.

Suara:
Biasanya diam ketika berada jauh dari sarang. Panggilan perlahan “kek-kek-kek-...” digunakan ketika berhubungan dengan pasangannya di saat hari mulai gelap. Sebelum mulai berburu, pejantan akan mengeluarkan suara “kwik-kwik-kwik-kwik” atau “kwiep” yang diulang-ulang secara cepat dan keras. Suara lembut dan berirama “chuk-chik-chuk” dan “woot-woot-woot” digunakan untuk mengusir pendatang.

Penyebaran global:
Afrika, Asia Tenggara, dan Papua Nugini

Penyebaran lokal:
Sumatra, Kalimantan, dan Sulawesi.

Kebiasaan:
Burung penetap di daerah tropis. Terutama menghuni hutan alami, hutan tanaman, dan perkebunan. Juga dapat ditemukan di daerah lain dimana kelelawar dan mangsa lain berada saat senja sampai ketinggian 2000 m, seperti: tebing di bukit kapur, sungai, danau, sampai lampu jalanan dan stasiun kereta di perkotaan. Terbang berkeliling di sekitar sarang atau jalur terbang kelelawar saat senja hari menunggu kelelawar keluar untuk berburu. Setelah memilih calon mangsa, terbang dan bermanuver dengan cepat untuk mencengkeram mangsa dari belakang atau atas, kemudian segera menelan mangsa. Burung dan kelelawar berukuran besar akan dibawa dulu ke tenggeran untuk kemudian dimakan.

Makanan:
Terutama memakan kelelawar kecil dan walet yang bersarang di tebing dan gua. Juga memakan serangga besar dan burung lain sampai seukuran burung dara seperti: layang-layang, cabak, wiwik, dan keluarga burung passerine lainnya.

Perkembangbiakan:
Sarang berukuran 0,5-1 m yang tersusun atas cabang, ranting dan daun. Musim berbiak April-September untuk burung di Malaysia dan Sumatra. Telur 1-2 yang dierami selama 48 hari. Anakan mulai meninggalkan sarang umur 67 hari.
Galih.R - 27/05/2011 11:03 AM
#59

wah gan ternyata jenis buurung itu banyak banget ya
jakbelly - 27/05/2011 03:22 PM
#60
Walet
Walet sarang-hitam (Collocalia maxima) adalah sejenis burung anggota suku Apodidae. Walet ini didapati menyebar di Brunei, Burma, Filipina, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Vietnam.


Habitat alaminya adalah di hutan-hutan hujan dan hutan pegunungan tropika. Bersama dengan walet sarang-putih (C. fuciphaga), walet sarang-hitam merupakan penghasil penting sarang burung walet yang berharga mahal. Meskipun demikian, sarang yang dihasilkan C. maxima masih lebih rendah harganya dibandingkan C. fuciphaga, karena masih perlu dibersihkan dari bulu-bulu hitam dan kotoran lainnya.
Page 3 of 10 |  < 1 2 3 4 5 6 7 8 >  Last ›
Home > LOEKELOE > MY PETS > Burung > Jenis-Jenis Burung