Spiritual
Home > LOEKELOE > SUPRANATURAL > Spiritual > ask: Manaqib jawahirul ma'ani
Total Views: 6490
Page 1 of 3 |  1 2 3 > 

mrmcse2002 - 14/09/2009 04:53 AM
#1
ask: Manaqib jawahirul ma'ani
Salam,

Ada yang mengetahui ttg Manqib Jawahirul Ma'ani nggak? tolong dong si share ttg tulisannya, khasiat dan manfaatnya

Wassalam
itachikun - 14/09/2009 06:28 AM
#2

Manaqib JAWAHIRUL MA'ANI adalah manaqib (riwayat hidup) yang menceritakan tentang Sulthonul Auliya' Syech Abdul Qodir Al Jilani (ada yang menyebut Al Jaelani). Mulai dari Kelahirannya, perjalanan beliau menuntut ilmu, karomah-karomahnya sampai pada wafatnya.

Manaqib ini di susun oleh seorang ulama Almarhum Almagfurillah KH. Ahmad Jauhari Umar. Dulu beliau pemimpin Pondok Pesantren Darus Salam, Pasuruan Jawa Timur.
KH. Ahmad jauhari umar mengajarkan dan 'mengijazahkan' manaqib ini kepada para murid-murid beliau. Dari murid-murid beliau inilah manaqib ini akhirnya tersebar luas ke seluruh nusantara bahkan mungkin sampai ke negara tetangga juga.

Di dalam kitab manaqib (pada halaman belakang) tersebut juga di jelaskan manfaat dari manaqib tersebut dan cara pengamalannya. Misalnya : Supaya bisa mendapatkan ilmu Laduni , luas rezki maka setiap hari membaca wirid Ya Badii' 946x di lanjutkan membaca manaqib Jawahirul Ma'ani tersebut.

Bagi yang ingin mengamalkan manaqib tersebut, tinggal beli saja kitabnya. Ga mahal, paling 5 ribu rupiah. Tapi harus bisa membaca tulisan Arab, karena manaqibnya berbahasa Arab. Untuk kegunaannya dijelaskan dengan huruf Pegon (penulisannya pakai huruf hijaiyah tapi bahasanya bahasa jawa).

FYI : sudah banyak yang membuktikan kegunaan dari manaqib tersebut, bahkan di daerah saya (Kudus) diadakan acara rutin pembacaan Manaqib Jawahirul Ma'ani setiap tanggal 11 bulan hijriah.

telorbuduk - 14/09/2009 06:30 AM
#3

Manqib Jawahirul Ma'ani itu kitab warisan rasullah yang menceritakan tentang aturan keduniawinan
kotaro.minami - 14/09/2009 06:34 AM
#4

wuii wuiii... saya aja ndak tahu loh gan... padahal saya asli kudus juga hehe...

jadi
dhamcao - 14/09/2009 06:45 AM
#5

subhanalloh..
Allohuma sholi ala syaidina Muhammad wa'ala alihi washobihi wasalam
keringetikus - 14/09/2009 06:54 AM
#6

menyembuhkan sakit hati
dayatstuff - 14/09/2009 08:35 AM
#7

Bisa dicoba ini...
bang.bokir - 14/09/2009 10:31 AM
#8

Quote:
Original Posted By itachikun
Manaqib JAWAHIRUL MA'ANI adalah manaqib (riwayat hidup) yang menceritakan tentang Sulthonul Auliya' Syech Abdul Qodir Al Jilani (ada yang menyebut Al Jaelani). Mulai dari Kelahirannya, perjalanan beliau menuntut ilmu, karomah-karomahnya sampai pada wafatnya.

Manaqib ini di susun oleh seorang ulama Almarhum Almagfurillah KH. Ahmad Jauhari Umar. Dulu beliau pemimpin Pondok Pesantren Darus Salam, Pasuruan Jawa Timur.
KH. Ahmad jauhari umar mengajarkan dan 'mengijazahkan' manaqib ini kepada para murid-murid beliau. Dari murid-murid beliau inilah manaqib ini akhirnya tersebar luas ke seluruh nusantara bahkan mungkin sampai ke negara tetangga juga.

Di dalam kitab manaqib (pada halaman belakang) tersebut juga di jelaskan manfaat dari manaqib tersebut dan cara pengamalannya. Misalnya : Supaya bisa mendapatkan ilmu Laduni , luas rezki maka setiap hari membaca wirid Ya Badii' 946x di lanjutkan membaca manaqib Jawahirul Ma'ani tersebut.

Bagi yang ingin mengamalkan manaqib tersebut, tinggal beli saja kitabnya. Ga mahal, paling 5 ribu rupiah. Tapi harus bisa membaca tulisan Arab, karena manaqibnya berbahasa Arab. Untuk kegunaannya dijelaskan dengan huruf Pegon (penulisannya pakai huruf hijaiyah tapi bahasanya bahasa jawa).

FYI : sudah banyak yang membuktikan kegunaan dari manaqib tersebut, bahkan di daerah saya (Kudus) diadakan acara rutin pembacaan Manaqib Jawahirul Ma'ani setiap tanggal 11 bulan hijriah.



Quote:
Original Posted By telorbuduk
Manqib Jawahirul Ma'ani itu kitab warisan rasullah yang menceritakan tentang aturan keduniawinan


Lah??? Yang bener yang mana nih gan??
itachikun - 14/09/2009 02:31 PM
#9

Quote:
Original Posted By bang.bokir
Lah??? Yang bener yang mana nih gan??



PERLU DI CATET

ROSULULLAH MUHAMMAD SHOLLALLAHU ALAIHI WASALLAM TIDAK PERNAH MEWARISKAN KITAB APAPUN.

Al-Qur'an bukan warisan dari Rosulullah, itu adalah Firman Allah yang di turunkan kepada Rosulullah untuk seluruh umat manusia.

Yang namanya Manqib dimana-mana itu ya kitab yang menceritakan perjalanan hidup orang-orang sholeh (waliyullah).
itachikun - 14/09/2009 02:38 PM
#10

Quote:
Original Posted By telorbuduk
Manqib Jawahirul Ma'ani itu kitab warisan rasullah yang menceritakan tentang aturan keduniawinan



kalo mo posting dipikir dulu, brur. Kalau sudah menyangkut Rosulullah itu adalah masalah yang sensitif. Menyebarkan berita yang tidak benar mengenai sesuatu yang menyangkut Rosulullah berarti ente booking tempat di neraka.

klo mo bukti silahkan beli kitab Manaqib jawahirul Ma'ani di toko-toko kitab islami terdekat. disitu ditulis siapa penyusunnya.

Ane salah satu pembaca rutin manaqib ini

gozeltea - 14/09/2009 02:42 PM
#11

Quote:
Original Posted By itachikun
PERLU DI CATET

ROSULULLAH MUHAMMAD SHOLLALLAHU ALAIHI WASALLAM TIDAK PERNAH MEWARISKAN KITAB APAPUN.

Al-Qur'an bukan warisan dari Rosulullah, itu adalah Firman Allah yang di turunkan kepada Rosulullah untuk seluruh umat manusia.

Yang namanya Manqib dimana-mana itu ya kitab yang menceritakan perjalanan hidup orang-orang sholeh (waliyullah).


cocok gan.....

hati - hati tuh......jangan ampe punya pendapat bahwa kitab
manakib...merupakan kitab yang meriwayatkan kehidupan rasul, apalagi kita warisan rosul...
red_scorpion - 14/09/2009 03:29 PM
#12

Ati2 kalo mau nge-post gan.,
kalo ga` tau mending duduk manis `n nunggu sesepuh yang ngejelasin.,
Kayak ane., wkwkwkw
iece:
Lintang9 - 14/09/2009 04:11 PM
#13
@@
hmm...
thegreenfrog - 14/09/2009 04:41 PM
#14

Quote:
Original Posted By Lintang9
hmm...


betul spt yang dibabar oleh mas Itachikun .. kitab tersebut adalah manakib Syech Abdul Qadir Jailani.
tapi sampe skr aku blm bisa bacanya, soalnya tulisan arabnya kecil-kecil. Paling baca terjemahannya aja .. hehehe

Mas Itachikun, punya tulisan latinnya ga? .. hehehe

mrmcse2002 - 14/09/2009 05:01 PM
#15
Alhamdulillah
Quote:
Original Posted By itachikun
Manaqib JAWAHIRUL MA'ANI adalah manaqib (riwayat hidup) yang menceritakan tentang Sulthonul Auliya' Syech Abdul Qodir Al Jilani (ada yang menyebut Al Jaelani). Mulai dari Kelahirannya, perjalanan beliau menuntut ilmu, karomah-karomahnya sampai pada wafatnya.

Manaqib ini di susun oleh seorang ulama Almarhum Almagfurillah KH. Ahmad Jauhari Umar. Dulu beliau pemimpin Pondok Pesantren Darus Salam, Pasuruan Jawa Timur.
KH. Ahmad jauhari umar mengajarkan dan 'mengijazahkan' manaqib ini kepada para murid-murid beliau. Dari murid-murid beliau inilah manaqib ini akhirnya tersebar luas ke seluruh nusantara bahkan mungkin sampai ke negara tetangga juga.

Di dalam kitab manaqib (pada halaman belakang) tersebut juga di jelaskan manfaat dari manaqib tersebut dan cara pengamalannya. Misalnya : Supaya bisa mendapatkan ilmu Laduni , luas rezki maka setiap hari membaca wirid Ya Badii' 946x di lanjutkan membaca manaqib Jawahirul Ma'ani tersebut.

Bagi yang ingin mengamalkan manaqib tersebut, tinggal beli saja kitabnya. Ga mahal, paling 5 ribu rupiah. Tapi harus bisa membaca tulisan Arab, karena manaqibnya berbahasa Arab. Untuk kegunaannya dijelaskan dengan huruf Pegon (penulisannya pakai huruf hijaiyah tapi bahasanya bahasa jawa).

FYI : sudah banyak yang membuktikan kegunaan dari manaqib tersebut, bahkan di daerah saya (Kudus) diadakan acara rutin pembacaan Manaqib Jawahirul Ma'ani setiap tanggal 11 bulan hijriah.



Terim Masih Mas Ithacikun! atas informasinya, Apakah di daerah jakarta bisa di dapat dengan mudah buku manaqib ini? apakah perlu pengijazahan sebelum mengamalkan manaqib ini? apakah ada buku yang sudah ada latinnya ?

Wassalam
thegreenfrog - 14/09/2009 05:11 PM
#16
manaqib jawahirul ma'any
mp3 manakib jawahirul ma'any bisa donlod disini

http://www.4shared.com/file/132503751/97c94e92/manakib_jawahirul_maani.html

semoga bermanfaat dan membawa berkah. amiin
mrmcse2002 - 14/09/2009 05:20 PM
#17

Quote:
Original Posted By thegreenfrog
mp3 manakib jawahirul ma'any bisa donlod disini

http://www.4shared.com/file/132503751/97c94e92/manakib_jawahirul_maani.html

semoga bermanfaat dan membawa berkah. amiin


Alhamdulillah, dapat juga jawahirul ma'ani walaupun hanya audionya, Thanks ya bro Thegreenfog! syukur2 ada yang upload tulisannya nanti...
gozeltea - 14/09/2009 08:38 PM
#18

Quote:
Original Posted By mrmcse2002
Alhamdulillah, dapat juga jawahirul ma'ani walaupun hanya audionya, Thanks ya bro Thegreenfog! syukur2 ada yang upload tulisannya nanti...


kalo tulisannya kayanya berat gan...soalnya...tulisannya banyak banget n bahasa arab pula.....
itachikun - 15/09/2009 06:59 AM
#19

Quote:
Original Posted By mrmcse2002
Terim Masih Mas Ithacikun! atas informasinya, Apakah di daerah jakarta bisa di dapat dengan mudah buku manaqib ini? apakah perlu pengijazahan sebelum mengamalkan manaqib ini? apakah ada buku yang sudah ada latinnya ?

Wassalam


Setahu saya untuk pengijazahan secara khusus tidak di wajibkan, karena di kitabnya sudah tertulis bahwa oleh penyusunnya kitab itu sudah di ijazahkan secara massal untuk seluruh kaum muslimin.

Sekedar informasi, dulu pernah ada rekan yang belum bisa baca huruf arab lalu meminta saya menuliskan Manaqib tsb dlm huruf latin. sebelumnya saya sempat ragu-ragu untuk memenuhi permintaan tersebut karena dikitabnya ada semacam 'copyright', jadi tdk boleh di kopi dlm bentuk apapun.
Kemudian saya berkonsultasi dengan salah seorang Murid dari Almarhum KH. Ahmad Jauhari Umar (penyusun Manaqib) tentang masalah tersebut. Menurut beliau menuliskan kitab tersebut dalam huruf latin tidak apa-apa untuk membantu saudara-saudara kita yang masih belum bisa baca huruf hijaiyah.
Kemudian saya mulai proyek tersebut.

SAYANGNYA.....baru dapat 1/4 bagian, saya ada kesibukan lain yang tidak memungkinkan saya melanjutkan proyek tersebut, di tambah lagi rekan yang meminta saya untuk proyek tsb juga 'lost contact' dengan saya beberapa bulan. proyek tsb akhirnya tdk selesai. File nya juga sudah hilang.

jadi kesimpulannya : kalau ada rekan yang ingin men - translasi - kan Manaqib tersebut ke huruf latin, boleh-boleh saja.

Untuk rekan-rekan yang belum bisa baca tulis huruf hijaiyah sangat di anjurkan agar bersedia belajar.
(atau bagaimana kalau kita buka thread tentang pembelajaran baca tulis huruf hijaiyah)

Bagi rekan-rekan yang kesulitan mendapatkan kitab Manaqib tersebut, saya bisa bantu.
thegreenfrog - 15/09/2009 11:51 AM
#20

Quote:
Original Posted By itachikun

Bagi rekan-rekan yang kesulitan mendapatkan kitab Manaqib tersebut, saya bisa bantu.


ntu die masalahnye, karena ukurannye kecil. ane ga brn bacanya takut ada salah2 ...

ditoko buku udah ada terjemahan manakib tsb, ane kebetulan pernah beli, cuma ya itu ada perbedaan isinya dikit dengan kitab aslinya.

ane ada usul , gimane kalo pas Mas baca, di rekam n dibikin mp3 ... hehehe... peace ah
Page 1 of 3 |  1 2 3 > 
Home > LOEKELOE > SUPRANATURAL > Spiritual > ask: Manaqib jawahirul ma'ani