TANAMAN
Home > LOEKELOE > TANAMAN > Segala macam hal tentang pisang
Total Views: 8514
Page 3 of 6 |  < 1 2 3 4 5 6 > 

w1j4n4rkO - 21/04/2011 09:58 PM
#41

Quote:
Original Posted By uusDK
ini jenis pisang yg dianggap aneh oleh sebagian orang...

dianggap aneh, berhubungan dgn hal klenik ujung2nya ada yg nyimpen dupa lah di bawah pohon pisang disertai cerita mistis lainnya...

padahal mah kan emang jenis pisang nya begini bisa berbuah banyak dalam satu tandan....

tapi kok bau2 promosi ya...............

bukan promosi tp mo bikin BLT x om
J4V45 - 22/04/2011 12:05 AM
#42

+1 sebelom di closed...
J4V45 - 22/04/2011 12:09 AM
#43

Quote:
Original Posted By ExzibiZ
sekedar mengingatkan, sebelum membuat thread sebaiknya melihat indeks yang sudah ada dan atau menggunakan fitur search yang sudah disediakan.

trit yang isinya berita, berita poto biasanya hanya sesaat dan akan segera terbengkalai. kalau memang berita betulan, ada sub forum berita dan politik.

untuk diketahui sudah ada thread pisang sebelumnya yang menurut saya sudah cukup bagus informasinya, sayang sekali kurang aktif. ada baiknya thread tersebut dimanfaatkan dan diaktifkan kembali agar lebih bermanfaat bagi warga forum kita ini.

informasi dan ilmu agan Handa tentunya sangat ditunggu untuk dibagi di thread ini Segala macam hal tentang pisang

sekian dan trimakasih

sudah ada tritnya mbah.. lebih bagus digabung saja

Betul...betul...betul... Like This
xero19 - 22/04/2011 02:16 PM
#44

wah kok bisa gitu ditempat saya paling setengah dari batang.a wew....
dmn tuh gan.
seoyeon - 22/04/2011 10:27 PM
#45

lucu yah,,,ada pohon pisang yang berbuah banyak kayak gtiuh,,,,aneh bin ajaib deh
GeraiSepatu - 22/04/2011 11:06 PM
#46

pisang apa namanya Om..?
alapalap - 23/04/2011 08:31 AM
#47

Quote:
Original Posted By odoy.koprol
trit tentang pisang belum ada khan....

dimulai dari sini aja....

ane pernah lihat buah pisang mirip pisang raja, tapi cuma setinggi semeter dah berbuah.
pisang apakah itu ?

om handa, kalau boleh disharing ilmunya, sulitkah menanam pisang ?
bagian bonggol yg mana yg ditanam ?

* fasum 20 x 50 m depan tumah mo tak tanami pisang aja, sepertinya banyak manfaatnya...


Pisang yang tinggi hanya setengah meter sudah berbuah (sosok pisang juga kekar) di tempat saya disebut pisang Barangan. Tandan buah cukup banyak, bahkan sampai menyentuh tanah. Saya ada tuh, tapi blom berbuah.

Sejauh ini, menanam pisang cukup mudah, apalagi musim hujan begini.
Kalo saya, pemisahan anakan saat tinggi anakan minimal 50cm. Tapi paling penting, bonggol anakan cukup besar saat dipisahkan. Ini nantinya sumber nutrisi untuk anakan menumbuhkan akar bagu selama masa adaptasi ditanam individu.

Semoga infonya bermanfaat...
alapalap - 23/04/2011 08:34 AM
#48

Quote:
Original Posted By habib_xa
halo om handa, salam kenal dari saya
tritnya sangat menarik sekali ,

btw itu pohonnya cukup kuat ya om buat nahan 1000 > pisang , nggak disangga pake bambu atau apa gitu ya ?


Salam kenal juga, Bos..
Sejauh ini, pohon cukup kuat menggendong buah-buahnya. Nampaknya belum perlu diberikan penyangga. Sengaja saya biarkan, biar benar benar alami.


alapalap - 23/04/2011 08:36 AM
#49

Quote:
Original Posted By xero19
wah kok bisa gitu ditempat saya paling setengah dari batang.a wew....
dmn tuh gan.


Karena jenisnya emang beda, Bos.
Pisang 1000 jari (thousand of finger)
Lokasi di kebun belakang rumah di Tulungagung
alapalap - 23/04/2011 08:38 AM
#50

Quote:
Original Posted By seoyeon
lucu yah,,,ada pohon pisang yang berbuah banyak kayak gtiuh,,,,aneh bin ajaib deh


Aneh dan ajaib karena baru pertama liat. Kalo sering liat, jadi biasa..ha ha
Di media massa / pemberitaan, seringkali disangka pisang yang punya kekuatan mistis...!
Makanya, edukasi dan pemberitaan yang benar perlu disampaikan, agar masyarakat tidak terjerumus ke hal hal yang syirik.

pujo_83 - 23/04/2011 08:20 PM
#51

ajib... banyak banget tuh pisang nya, cuman sebesar ibu jari...

ane bisa makan sampe banyak tapi males kupas nya
yogo1991 - 23/04/2011 09:19 PM
#52

Quote:
Original Posted By alapalap


Pisang yang tinggi hanya setengah meter sudah berbuah (sosok pisang juga kekar) di tempat saya disebut pisang Barangan. Tandan buah cukup banyak, bahkan sampai menyentuh tanah. Saya ada tuh, tapi blom berbuah.

Sejauh ini, menanam pisang cukup mudah, apalagi musim hujan begini.
Kalo saya, pemisahan anakan saat tinggi anakan minimal 50cm. Tapi paling penting, bonggol anakan cukup besar saat dipisahkan. Ini nantinya sumber nutrisi untuk anakan menumbuhkan akar bagu selama masa adaptasi ditanam individu.

Semoga infonya bermanfaat...


Pisang barangan yg dimaksud om alapalap ini seperti yg dikembangkan di medan kah?
Ciri2 kulit tipis, ukuran sedang, buah memanjang, tidak gemuk, kulit berbintik, manis, tidak bergetah/keras stelah masak (tdk spt raja sereh).
Wah kalu bener, mu ikut mantau ah.
erixe - 23/04/2011 10:20 PM
#53

Quote:
Original Posted By alapalap
Karena jenisnya emang beda, Bos.
Pisang 1000 jari (thousand of finger)
Lokasi di kebun belakang rumah di Tulungagung

permisi, ini pisang beneran sebanyak itu yah gan buahnya? terus pisang ini jenisnya bisa tumbuh didaerah mana saja gak gan? bisa dikomsumsi seperti pisang ambon kan gan? terimakasih sebelumnya juragan
alapalap - 24/04/2011 12:32 AM
#54

Salam sukses..
Mohon maaf, saya merevisi keterangan pisang yang pendek kekar dan sudah berbuah. Namanya pisang MOROSEBO, bukan BARANGAN.
Tinggi Pisang Morosebo antara 1-1,5 meter. Tandan buah juga cukup banyak, karena pendek memudahkan saat panen.
Semoga revisi ini bisa dimaklumi, karena saya masih pemula di bidang musa ini.

Thx...
alapalap - 24/04/2011 12:36 AM
#55

Quote:
Original Posted By erixe
permisi, ini pisang beneran sebanyak itu yah gan buahnya? terus pisang ini jenisnya bisa tumbuh didaerah mana saja gak gan? bisa dikomsumsi seperti pisang ambon kan gan? terimakasih sebelumnya juragan


Salam sukses...
Betul, buah memang sangat banyak. Bahkan sudah 2 bulan sejak mekar dari jantung pisang, sampai hari ini terus memproduksi buah.
Lokasi tumbuh di Tulungagung pada ketinggian 100an meter dpl.
Jenis pisang adalah tanaman tropis, bagus tumbuh di dataran rendah sampai menengah (50-500 meter dpl) untuk area Tropis.
Pisang ini dapat dikonsumsi, untuk rasa belum bisa saya jelaskan, karena pertamakali berbuah di kebun saya. Nanti jika sudah saya cicipi, akan saya share bagaimana rasanya.


yogo1991 - 27/04/2011 04:19 PM
#56

terima kasih Om alapalap tritnya digabung, ramein lg nyok.

btw ada yg punya bibit pisang barangan ga? BLTin dunk

trus munanya sekalian, supaya pisangtidak burik gimana caranya? and penyebabnya itu apa?
BaDay11 - 27/04/2011 04:26 PM
#57

Quote:
Original Posted By yogo1991
terima kasih Om alapalap tritnya digabung, ramein lg nyok.

btw ada yg punya bibit pisang barangan ga? BLTin dunk

trus munanya sekalian, supaya pisangtidak burik gimana caranya? and penyebabnya itu apa?
kyk nya kmrn ibu sy ada beli pisang barangan...pisangnya langka ya om?ada pic nya om biar ntar sy cari infonya
yogo1991 - 25/05/2011 03:14 PM
#58

Sundul lagi, masih pengen belajar ttg pisang,


Quote:
Original Posted By BaDay11
kyk nya kmrn ibu sy ada beli pisang barangan...pisangnya langka ya om?ada pic nya om biar ntar sy cari infonya



ini Om si barangan,


kira2 warga FT ada yg punya pohonnya ga ya?
anekaflora - 26/05/2011 11:36 AM
#59

masih banyak jenis2 pisang lokal yang belum dibudidayakan dengan baik
seperti pisang uli, pisang bakar, pisang lampung, pisang emas, pisang kepok
bit - 26/05/2011 12:34 PM
#60

Duwh..pengen pisang tapi tanamnya yg males di halaman rumah. Gampang tumbuh tapi masalahnya nanti kalau mau dibuang, susah banget matiinnya..musti diangkat semua bonggol akarnya.
Page 3 of 6 |  < 1 2 3 4 5 6 > 
Home > LOEKELOE > TANAMAN > Segala macam hal tentang pisang