Properti Sejarah Nasional
Home > KASKUS CORNER > CINTA INDONESIAKU > Properti Sejarah Nasional > Properti Sejarah Nasional - Gambar
Total Views: 32890
Page 1 of 3 |  1 2 3 > 

template - 07/10/2009 06:46 PM
#1
Properti Sejarah Nasional - Gambar
Contoh Posting :

aldoboy - 08/10/2009 04:12 AM
#2
Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
Kaskus ID : aldoboy
Katagori : Sejarah Nasional
Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Proklam...kaan_Indonesia
Keterangan :
Gambar Teks Proklamasi

Teks Proklamasi

Spoiler for teks asli tulis tangan


Spoiler for teks asli proklamasi diketik sayuti melik


Quote:
penjelasan gambar:
Diketik dengan ejaan lama : boelan,tahoen dsb
05 merupakan tahun 2605 (tahun jepang yang berbeda 60 tahun dengan Indonesia pada saat itu


Spoiler for sejarah singkat proklamasi
Perundingan antara golongan muda dan golongan tua dalam penyusunan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia berlangsung pukul 02.00 - 04.00 dini hari. Teks proklamasi ditulis di ruang makan di laksamana Tadashi Maeda jln Imam Bonjol No 1. Para penyusun teks proklamasi itu adalah Ir. Soekarno, Drs. Moh. Hatta, dan Mr. Ahmad Soebarjo. Konsep teks proklamasi ditulis oleh Ir. Soekarno sendiri. Di ruang depan, hadir B.M Diah Sayuti Melik, Sukarni dan Soediro. Sukarni mengusulkan agar yang menandatangani teks proklamasi itu adalah Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta atas nama bangsa Indonesia. Teks Proklamasi Indonesia itu diketik oleh Sayuti melik. Pagi harinya, 17 Agustus 1945, di kediaman Soekarno, Jalan Pegangsaan Timur 56 telah hadir antara lain Soewirjo, Wilopo, Gafar Pringgodigdo, Tabrani dan Trimurti. Acara dimulai pada pukul 10:00 dengan pembacaan proklamasi oleh Soekarno dan disambung pidato singkat tanpa teks. Kemudian bendera Merah Putih, yang telah dijahit oleh bu Fatmawati, dikibarkan, disusul dengan sambutan oleh Soewirjo, wakil walikota Jakarta saat itu dan Moewardi, pimpinan Barisan Pelopor.

Pada awalnya Trimurti diminta untuk menaikkan bendera namun ia menolak dengan alasan pengerekan bendera sebaiknya dilakukan oleh seorang prajurit. Oleh sebab itu ditunjuklah Latief Hendraningrat, seorang prajurit PETA, dibantu oleh Soehoed untuk tugas tersebut. Seorang pemudi muncul dari belakang membawa nampan berisi bendera Merah Putih (Sang Saka Merah Putih), yang dijahit oleh Fatmawati beberapa hari sebelumnya. Setelah bendera berkibar, hadirin menyanyikan lagu Indonesia Raya.[4]. Sampai saat ini, bendera pusaka tersebut masih disimpan di Museum Tugu Monumen Nasional.

Setelah upacara selesai berlangsung, kurang lebih 100 orang anggota Barisan Pelopor yang dipimpin S.Brata datang terburu-buru karena mereka tidak mengetahui perubahan tempat mendadak dari Ikada ke Pegangsaan. Mereka menuntut Soekarno mengulang pembacaan Proklamasi, namun ditolak. Akhirnya Hatta memberikan amanat singkat kepada mereka.[5]


Pada tanggal 18 Agustus 1945, Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) mengambil keputusan, mengesahkan dan menetapkan Undang-Undang Dasar (UUD) sebagai dasar negara Republik Indonesia, yang selanjutnya dikenal sebagai UUD 45. Dengan demikian terbentuklah Pemerintahan Negara Kesatuan Indonesia yang berbentuk Republik (NKRI) dengan kedaulatan di tangan rakyat yang dilakukan sepenuhnya oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) yang akan dibentuk kemudian.

Setelah itu Soekarno dan M.Hatta terpilih atas usul dari Oto Iskandardinata dan persetujuan dari PPKI sebagai presiden dan wakil presiden Republik Indonesia yang pertama. Presiden dan wakil presiden akan dibantu oleh sebuah Komite Nasional.
[sunting] Isi Teks Proklamasi

Isi teks proklamasi kemerdekaan yang singkat ini adalah:


Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.

Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan
dengan tjara seksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.

Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05
Atas nama bangsa Indonesia.
Soekarno/Hatta


Di sini ditulis tahun 05 karena ini sesuai dengan tahun Jepang yang kala itu adalah tahun 2605.
[sunting] Naskah Otentik

Bunyi Suara Bung Karno membacakan naskah proklamasi di studio RRI tahun 1951, pembacaan atas usul salah satu pendiri RRI Jusuf Ronodipuro
Putar suara

Kesulitan memainkan berkas media?

Teks diatas merupakan hasil ketikan dari Sayuti Melik (atau Sajoeti Melik), salah seorang tokoh pemuda yang ikut andil dalam persiapan proklamasi.

Proklamasi

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.

Hal² jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan
dengan tjara saksama dan dalam tempoh jang sesingkat-singkatnja.

Djakarta, 17-8-45
Wakil2 bangsa Indonesia.

sumber : wikipedia

aldoboy - 08/10/2009 04:33 AM
#3
Bendera Pusaka
Kaskus ID : aldoboy
Katagori : Sejarah Nasional
Sumber :http://iwandahnial.wordpress.com/2009/08/14/bung-karno-menjelang-proklamasi-kemerdekaan-indonesia/
Keterangan :
Bendera Pusaka

Spoiler for Bendera Pusaka


Quote:

Dijahit Oleh : Ibu Fatmawati
Di Kibarkan Pertama 17-8-1945
aldoboy - 08/10/2009 04:43 AM
#4

Kaskus ID : aldoboy
Katagori : Sejarah Nasional
Sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/National_Monument_(Indonesia)
Keterangan :
Monas

Spoiler for Monas


Quote:
Keterangan Gambar:
Location Central Jakarta, Indonesia
Construction
Started 17 August 1961
Inaugurated 12 July 1975
Height 128.7m
Main contractor P.N. Adhi Karya
(foundation piles)
Design team
Architect Frederich Silaban,
R.M. Soedarsono


"Love KasKus , Love Indonesia"

rist - 08/10/2009 01:03 PM
#5
Tugu Proklamasi [Kampung Halamanku]
Kaskus ID : rist
Katagori : Sejarah Nasional
Keterangan :Tugu Proklamasi (Rengasdengklok Karawang)

Spoiler for TUGU PROKLAMASI




Prihatin gan liatnya .. ga di apa2in lagi
mungkin karena jarang pengunjung datang kesana ..
soalnya kebanyakan orang luar datang cuman buat beli Sorabinya doank ..




Spoiler for "keterangan"

Karawang, 5/5 (Roll Sports) - Ketua Yayasan Pembela Tanah Air (Yapeta), Tinton Soeprapto beserta salah seorang pelaku sejarah, Oetarjo, Selasa, mendatangi Kantor Bupati Karawang Dadang S Muchtar, untuk mempertanyakan kondisi Tugu Proklamasi Rengasdengklok, di Kecamatan Rengasdengklok, Karawang.

"Kami menggelar audiensi sebagai langkah awal untuk melestarikan nilai-nilai sejarah dan aset-aset sejarah yang ada. Salah satu aset sejarah di Karawang itu ialah Tugu Proklamasi Rengasdengklok," kata Tinton.

Dikatakannya, Yayasan Pembela Tanah Air merupakan pencetus monumen Peta (Pembela Tanah Air) di Bogor, yang merupakan salah satu tempat lahirnya para perwira Peta, seperti Sarwo Edhie, Bung Karno, dan Soeharto.

Tinton yang juga mantan pembalap nasional mengatakan, pihaknya akan membantu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang untuk memfasilitasi dan melaporkan kepada instansi terkait seperti Dinas Sejarah TNI Angkatan Darat dan meneruskannya kepada Pusat Sejarah Angkatan Darat dan Panglima TNI mengenai rencana pembangunan Tugu Proklamasi Rengasdengklok.

Bupati Karawang, Dadang S Muchtar, mengatakan, pada tahun ini, pihaknya menganggarkan Rp5 miliar yang bersumber dari APBD Karawang untuk pembangunan Tugu Proklamasi Rengasdengklok.

"Rencananya, pembangunan Tugu Proklamasi Rengasdengklok di atas lahan sekira 2 hektare itu dibangun pada Mei ini, dan ditargetkan selesai maksimal pada akhir 2009," katanya.

Pembangunan Tugu Proklamasi Rengasdengklok itu sebenarnya sudah dimulai pada 1996 lalu, tapi terhenti dan kini kondisinya memprihatinkan.

Di sekitar tugu itu, kini sudah tumbuh rumput dan terkadang menjadi lokasi mengembala kambing.

Mantan Perwira Peta, Oetarjo mengatakan, keberadaan Tugu Proklamasi Rengasdengklok itu harus dilestarikan, karena sejarah telah mencatat, daerah Rengasdengklok sebagai ujung tombak kemerdekaan Indonesia.

"Kami berharap, agar (lanjutan) pembangunan Tugu Proklamasi Rengasdengklok itu bisa dilakukan pada tahun ini. Tugu Proklamasi itu bernilai sejarah, karena bendera merah putih dikibarkan di daerah itu sehari sebelum dikibarkan di Jakarta pada 17 Agustus 1945," katanya.

Data Dinas Penerangan dan Pariwisata Karawang menyebutkan, Tugu Proklamasi Rengasdengklok itu berbentuk tangan kiri yang mengepalkan tinju sebagai makna perlawanan. Sedangkan tangan kanan tidak dilukiskan, karena memegang senjata atau bambu runcing.

sumber : http://sports.id.finroll.com/boxing/9892-____yapeta-pertanyakan-kondisi-tugu-proklamasi-rengasdengklo k____.html

Quote:

Tempat ini kayaknya udah terlupakan gan ..
kampung halaman ane ini uda ga di urus lagi ..
banyak becak2 ga beraturan, pasar2 yang semrawut dan bau .. dll

e-New - 08/10/2009 03:04 PM
#6

pasatimpo

Kaskus ID: e-New
Kategori: Properti Sejarah Nasional - Gambar
Bentuk Karya: Senjata traditional sulteng [suku kaili]
Sumber: Disini
Keterangan: Senjata tradisional sulteng [suku kaili]



Spoiler for pasatimpo
Sejenis senjata tradisional yang terkenal di Sulawesi Tengah adalah pasatimpo, yaitu sejenis parang yang hulunya bengkok dan sarungnya diberi tali. Jenis senjata panjang yang sering digunakan masyarakat berupa tombak, yang terdiri atas kanjae dan surampa (bermata tiga seperti senjata trisula).

Selain itu jenis senjata tradisional yang lain berupa parang panjang (guma) yang dibuat oleh tukang besi (pande) yang ahli membuat senjata tajam. Sebagai alat pelindung diri dari serangan lawan digunakan perisai (cakalele) yang terbuat dari kayu dan dilapisi dengan sekeping besi tipis. Semua jenis senjata tradisional tersebut terutama digunakan untuk berperang melawan musuh atau melindungi diri dari serangan binatang buas.

Pada saat ini jenis-jenis senjata tradisional yang ada juga digunakan untuk berbagai keperluan dalam rangka aktivitas hidup sehari-hari, seperti untuk mencari kayu bakar, memotong hewan buruan atau piaraan untuk dikonsumsi, dan lain-lain.
verditch - 08/10/2009 03:07 PM
#7

kaskus ID : verditch

kategori : Properti Sejarah Nasional

bentuk karya : Monumen Pancasila Sakti

sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Monumen_Pancasila_Sakti

keterangan : ini adalah gambar monumen pancasila sakti

Spoiler for gambar
dcapriyo - 09/10/2009 02:29 AM
#8

kaskus ID : dcapriyo
kategori : Properti Sejarah Nasional
asal : Suroboyo


1. bentuk karya : Tugu Pahlawan

sumber : http://casrudi.files.wordpress.com/2009/05/patung-proklamator.jpg

keterangan : top markotop

Spoiler for tugu pahlawan surabaya










2. bentuk karya : Tugu Bambu Runcing

sumber : http://1.bp.blogspot.com/_H0cxwpOvrsQ/Sl7VnCdsYXI/AAAAAAAAABo/vRe4Q7mr9B8/s400/b8.jpg

keterangan : top markotop

Spoiler for tugu bambu runcing surabaya






3. bentuk karya : Jembatan Merah

sumber : http://copicopi.files.wordpress.com/2008/06/sby-1-roode-brug-jembatan-merah-1890.jpg

keterangan : top markotop

Spoiler for jembatan merah surabaya











pasukan arek2 suroboyo







capt_alfons - 11/10/2009 12:44 AM
#9

Kaskus ID : capt_alfons
Kategori : Properti Sejarah Nasional
Bentuk karya : Rumah Pengasingan Soekarno di Bengkulu
Sumber : http://yendi-bengkulu.blogspot.com/2008/08/rumah-pengasingan-presiden-soekarno-di.html
Keterangan: Ini adalah gambar rumah yang didiami Soekarno selama pengasingan di Bengkulu tahun 1938-1942

Spoiler for Rumah Pengasingan Soekarno di Bengkulu




rholupat - 11/10/2009 08:29 AM
#10

Kaskus ID : rholupat
Katagori : Sejarah Surabaya
Sumber : Koleksi pribadi
Keterangan :
Foto-foto berlangsungnya peristiwa 10 November dan peninggalan sejaraj lain.

Hotel Orange
Quote:
Merupakan hotel tempat peristiwa perobekan bendera Belanda yang dilakukan oleh Arek2 Soerobojo dan dipimpin oleh Boeng Tomo. Tampak depan Hotel Oranje pada tahun 1935, sebelum dibangun lobby hotel.

Spoiler for "Hotel Orange"



Tanjung Perak
Quote:
Foto ini diambil pada tahun 1930-an. Pemandangan dari udara kesibukan kapal-kapal yang berlabuh di tepi Kalimas, Surabaya. Pada tahun 1909 diputuskan untuk membangun pelabuhan besar di Surabaya supaya kapal-kapal bisa merapat langsung ke dermaga. Pelabuhan tersebut dinamakan Tanjungperak.

Spoiler for "Tanjung Perak"



Jalan Pemuda
[Quote]Foto ini menunjukkan pintu masuk utama rumah sakit umum Jalan Simpang (sekarang Jalan Pemuda), Surabaya. Rumah sakit ini dibangun sebelum tahun 1900. Setelah kemerdekaan rumah sakit ini dinamakan RS. DR. Sutomo. Kemudian dipindahkan ke Jalan Dharma Husada. Setelah itu rumah sakit umum di Jalan Pemuda tersebut diratakan dengan tanah. Diatasnya dibangun komplek pertokoan Surabaya Delta Plaza.[/Qoute]
Spoiler for "Jl. Pemuda"
sejuta bintang - 11/10/2009 10:29 PM
#11

Kaskus ID : sejuta bintang
Katagori : Sejarah Nasional
Sumber : Foto pribadi
Keterangan : Tugu Perang Rakyat Silungkang 1926-1927 (Sumatera Barat). Diresmikan oleh Bung Hatta

Spoiler for Tugu



e-New - 12/10/2009 01:44 PM
#12

Kaskus ID: e-New
Kategori: Properti Sejarah Nasional - Gambar
Bentuk karya: Megalith
Sumber: Disini
Keterangan: Megalith, peninggalan prasejarah.. yang berada di Taman Nasional Lore Lindu Kab. Poso Sulawesi Tengah...

Spoiler for megalith


verditch - 14/10/2009 12:19 PM
#13

kaskus ID : verditch

kategori : Properti Sejarah Nasional

bentuk karya : gambar MONPERA (monumen perjuangan rakyat) di palembang

sumber : palembangcity.com

keterangan : Monumen ini dibangun untuk mengenang perjuangan rakyat Sumatera Selatan ketika melawan kaum penjajah pada masa revolusi fisik yang dikenal dengan Pertempuran Lima Hari Lima Malam di Palembang yang pecah pada tanggal 1 Januari 1947 yang melibatkan seluruh rakyat Palembang melawan Belanda.

Spoiler for monpera


[spoiler=1]


Spoiler for 2


[/spoiler]
ponga - 15/10/2009 08:53 AM
#14

kaskus id : ponga
Kategori : Properti sejarah
bentuk karya: Kota tua jakarta
sumber: google

Spoiler
Kuta tua jaman dulu [/IMG]





carpenter - 12/11/2009 09:23 PM
#15

Kaskus id : carpenter
Kategori : Properti Sejarah Nasional
Bentuk Karya : Jam Gadang
Sumber : http://captoel.wordpress.com
Keterangan : Peninggalan jaman perang dulu, ada di Bukittinggi - Sumatera Barat

Spoiler for landmark of bukittinggi
carpenter - 12/11/2009 09:24 PM
#16

Kaskus id : carpenter
Kategori : Properti Sejarah Nasional
Bentuk Karya : Istana Raja Siak Sri Indrapura
Sumber : http://captoel.wordpress.com
Keterangan : Kabupaten Siak Sri Indrapura, Riau

Spoiler for istana siak
iyosdahgila - 19/11/2009 10:32 PM
#17
Candi Prambanan
Kaskus id : iyosdahgila
Kategori : Peninggalan Sejarah
Bentuk Karya : candi prambanan
Sumber : google.co.id
Keterangan :

Quote:

verditch - 04/12/2009 05:24 PM
#18

kaskus ID : verditch

kategori : Properti Sejarah Nasional

bentuk karya : gambar "tugu 0 kilometer" di kota sabang,NAD

sumber : http://vibizlife.com/travel_details.php?pg=travel&awal=0&page=1&id=427

keterangan : "Kota Sabang terletak di pulau Weh. Di pulau ini juga terdapat tugu kilometer nol sebagai tanda kilometer nol sebagai hasil pengukuran dari Badang Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Tugu ini terletak di ujung barat pulau Weh dan diresmikan Wakil Presiden Try Sutrisno pada tanggal 9 September 1997. Posisi tugu berada di atas bukit yang tubirnya berada persis di tepi laut, 29 km dari pusat kota Sabang. Atau tepatnya, tugu itu berada di desa Iboih, kecamatan Sukakarya Ujung Ba'u. Dari titik kilometer nol ini, seseorang bisa langsung melihat ke laut lepas. Dapat dilihat juga tiga buah pulau kecil yang sebelum tsunami merupakan satu kesatuan"

Spoiler for

[spoiler=1]


Spoiler for 2

[/spoiler]
verditch - 06/12/2009 11:25 AM
#19

kaskus ID : verditch

kategori : Properti Sejarah Nasional

bentuk karya : Gambar Prasasti Batu kapur

sumber : http://www.ubb.ac.id

keterangan : utk artikel nya klik disini "Prasasti Kota Kapur"

Spoiler for
Prasasti Kota Kapur adalah salah satu dari lima buah batu prasasti kutukan yang dibuat oleh Dapunta Hiyaŋ, seorang penguasa dari Kadātuan Śrīwijaya.

[spoiler=1]


Spoiler for 2


[/spoiler]
verditch - 07/12/2009 10:21 AM
#20

kaskus ID : verditch

kategori : Properti Sejarah Nasional

bentuk karya : Gambar Monumen Bandung Lautan Api

sumber :www.bandung.go.id
bandungdailyphoto.com

keterangan : Monumen Bandung Lautan Api, merupakan monumen tertinggi di Bandung. Monumen ini berada di kawasan Tegallega. Monumen ini tingginya 5,4 m. Gunanya untuk memperingati peristiwa pembumihangusan Bandung Selatan yang dipimpin oleh Muhammad Toha.

Spoiler for


[spoiler=1]


Spoiler for 2
[/spoiler]
Page 1 of 3 |  1 2 3 > 
Home > KASKUS CORNER > CINTA INDONESIAKU > Properti Sejarah Nasional > Properti Sejarah Nasional - Gambar