HEALTH & MEDICAL
Home > LOEKELOE > HEALTH & MEDICAL > (share) bagi penderita hipertensi
Total Views: 34587
Page 18 of 44 | ‹ First  < 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 >  Last ›

teronx - 24/08/2010 06:55 PM
#341

Quote:
Original Posted By Armaggeddon
Gan, 2 bulan yg lalu kalo gak salah ane diperiksa tensinya dan ternyata 170/100
Kira2 obat apa y gan yg cocok?


Wah tinggi juga ya...tapi sdh berapa kali cek tensi nya? Dan dalam situasi bagaimana (habis olahraga, capek, aktivitas tinggi, stres...) Sangat mempengaruhi tensi darah...juga faktor usia.
Saran saya cek beberapa kali dulu dalam waktu dan kondisi yg santai / stabil, ntar kelihatan trend nya, apakah anda benar menderita hipertensi atau tidak.
investman - 29/08/2010 11:49 AM
#342

Quote:
Original Posted By teronx
Kalau gw sih biasa nya cek pas agak tinggi tensi sebelum nya langsung ingat2 penyebab nya;
makan enak (full kolestrol), jarang sport, capek/stress)...
Mudah2an cepat normal tensi nya ya bro...

Keep healthy....


Y Bro thanks atas sarannya..
BlueLook - 31/08/2010 02:22 PM
#343

ane mau tanya : tensi ane 130/90 tu normal kagak ya agan2? toh ane juga ga ngerasain pusing atau lemes dll kondisi ane normal2 aja gan...
investman - 01/09/2010 01:42 PM
#344

Quote:
Original Posted By BlueLook
ane mau tanya : tensi ane 130/90 tu normal kagak ya agan2? toh ane juga ga ngerasain pusing atau lemes dll kondisi ane normal2 aja gan...


Umur agan berapa ?. Dari riwayat keluarga ada gak hipertensi ?. Dari normal sih tensi agan termasuk normal tinggi, tapi jangan kuatir gan. Selama kt menerapi hdp sehat insyaAllah tensi stabil .
medishop - 01/09/2010 09:56 PM
#345

minum suplemen aja gan http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=5041422 bagus bwt yang hipertensi ,bokap ane minum bagus...recommend
BlueLook - 02/09/2010 02:42 PM
#346

Quote:
Original Posted By investman
Umur agan berapa ?. Dari riwayat keluarga ada gak hipertensi ?. Dari normal sih tensi agan termasuk normal tinggi, tapi jangan kuatir gan. Selama kt menerapi hdp sehat insyaAllah tensi stabil .


umur ane 30 gan.. riwayat keluarga ada gan... kalau keluarga juga hipertensi, ane juga pasti hipertensi ya gan? :mewek
teronx - 02/09/2010 09:25 PM
#347

Quote:
Original Posted By BlueLook
umur ane 30 gan.. riwayat keluarga ada gan... kalau keluarga juga hipertensi, ane juga pasti hipertensi ya gan? :mewek


tergantung life style agan, karena sdh ada keturunan hipertensi ya harus di jaga pola hidup.
pola hidup antara lain ; merokok, makan hantam kromo, minum alkohol, tidur larut, tidak pernah olah raga, stress,......
Nah, apabila pola hidup kita spt itu ya ..tunggu saja tanggal main nya (spt ane... )
tenang saja, tensi 130 masih cukup normal kok, yang penting mulai sekarang evaluasi pola hidup agan....bila semua dijalan kan dengan baik di jamin makyooosss....

BlueLook - 03/09/2010 10:59 AM
#348

Quote:
Original Posted By teronx
tergantung life style agan, karena sdh ada keturunan hipertensi ya harus di jaga pola hidup.
pola hidup antara lain ; merokok, makan hantam kromo, minum alkohol, tidur larut, tidak pernah olah raga, stress,......
Nah, apabila pola hidup kita spt itu ya ..tunggu saja tanggal main nya (spt ane... )
tenang saja, tensi 130 masih cukup normal kok, yang penting mulai sekarang evaluasi pola hidup agan....bila semua dijalan kan dengan baik di jamin makyooosss....



Makasih atas pencerahannya gan. brarti mulai sekarang harus merubah pola hidup neh
teronx - 10/09/2010 05:58 PM
#349

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1431 H.
Mohon Maaf Lahir Dan Batin.

Boleh makan enak, tapi ingat Jaga Kesehatan.
radonaga - 17/09/2010 06:01 PM
#350

bokap ane baru kena hypertensi gan...
ampe masuk RS..
tensinya kalo ga salah katany 240..
ane sempet kaget banget...
kok bisa..
bokap ane emang perokok n peminum berat gan..
n agak kurang dalam hal jaga kesehatan...
mau tanya gan..
kalo empedu ular bermamfaat ga bwt hipertensi??
trus saran donk obat2an tradisional yg recomended..
teronx - 23/09/2010 12:48 PM
#351

Quote:
Original Posted By radonaga
bokap ane baru kena hypertensi gan...
ampe masuk RS..
tensinya kalo ga salah katany 240..
ane sempet kaget banget...
kok bisa..
bokap ane emang perokok n peminum berat gan..
n agak kurang dalam hal jaga kesehatan...
mau tanya gan..
kalo empedu ular bermamfaat ga bwt hipertensi??
trus saran donk obat2an tradisional yg recomended..


Ramuan tradisional sebenar nya utk terapi jangka panjang, tidak bisa instant spt obat medis. Dgn kasus hipertensi sampai 240 menurut saya cukup parah sehingga perlu penanganan secepat nya. Saya sarankan agar mengikuti pengobatan medis terlebih dahulu dari dokter. Setelah tensi nya stabil maka boleh dipikirkan terapi tradisional.

Empedu ular..? Saya dengar memang banyak digunakan sebagai bahan ramuan obat tradisional, khusus nya ramuan tradisional china...Namun saya kurang tahu pasti khasiat nya...

punk_9uy - 23/09/2010 01:33 PM
#352

wah, ada threadnya juga nih. ane umur 21 tahun, udah 3 tahun hipertensi.
tinggi 180 cm berat sekarang 91 kg. dulu ane pernah masuk rumah sakit selama seminggu gara-gara pernah 220an gan.
ane sempet diet dan ane normal lagi. hanya, gara-gara terlena, ane jadi santai lagi sampe sempet 100 kg.
nah, pertengahan bulan puasa lalu, ane sakit gan. dada kiri ga enak banget rasanya, pas ditensi 180/120. sekarang ane lagi mengonsumsi hct pagi, norvask 5 mg sama valsartan 80 mb. ane rutin ke rshs sekarang, mulai dari seminggu sampe sebulan sekali. terakhir ditensi masih 160/100. serem juga sih. ane sekarang masih suka sakit dada dan sakit kepala sebelah, daripada berlarut-larut, ane lagi menjalani totok sirkulasi darah, dan weekend ini insyaAllah mau diterapi bekam gan.

nah, ini ane udah bikin threadnya cuman ga ada jawaban dari semalem.
ini threadnya >> http://kask.us/5366673

intinya, apakah agan-agan di sini ada yang udah menjalani proses terapi seperti ini. bagaimana efisiensinya dan pencegahan terhadap penyakit lainnya?
thank you.
semoga kita semua bisa disembuhkan oleh Yang Kuasa.
teronx - 24/09/2010 12:01 PM
#353

Quote:
Original Posted By punk_9uy
ane sekarang masih suka sakit dada dan sakit kepala sebelah, daripada berlarut-larut, ane lagi menjalani totok sirkulasi darah, dan weekend ini insyaAllah mau diterapi bekam gan.

nah, ini ane udah bikin threadnya cuman ga ada jawaban dari semalem.
ini threadnya >> http://kask.us/5366673

intinya, apakah agan-agan di sini ada yang udah menjalani proses terapi seperti ini. bagaimana efisiensinya dan pencegahan terhadap penyakit lainnya?
thank you.
semoga kita semua bisa disembuhkan oleh Yang Kuasa.


Wah..umur baru 21 thn sdh hipertensi ya gan. Yang penting agan punya kemauan diet dan mengubah pola hidup yg baik, saya yakin bisa memberikan hasil yg baik utk terapi hipertensi.
Tenang saja gan, bisa kok, apalagi agan msh muda, istilah nya sparepart (organ2 tubuh) msh kondisi prima shg proses terapi akan lebih mudah.

Masalah terapi bekam, saya kurang paham, bagi saya pengobatan alternatif (tradisional) hanya utk terapi jangka panjang, tetapi kalau utk pengobatan (baik jangka panjang ataupun jangka pendek) saya lebih prefer ke cara medis kedokteran.

Tapi coba saja kalau ada rekan2 lain yg punya pengalaman terapi bekam boleh share di mari.
jayz2083 - 24/09/2010 10:14 PM
#354
tanya dunk
Halo Agan2..

Mo tanya dunk...
Gua jg kena hipertensi..dan menurut dokter jantung ktnya hipertensi saya sudah lama minimal 3 taon krn ktnya otot jantung membesar krn kelamaan hipertensi.

Sama dokter gua dikasi concor 5 mg dan exforge 10x160..
Boleh tahu apakah tipe dari obat ini apa?

Kmdn bbrp hari lalu saya sakit kepala dan ke dokter spesialis syaraf..
Menurut dokter tersebut ktnya concor di stop saja krn bisa membuat lemas..
Dan ktnya jantung tidak apa2 krn emang kl hipertensi otot jantung bakalan melebar krn kerjanya kan jd keras..jd kl ud ga hipertensi lagi bakalan normal lagi..

Emang seh gua ngerasa cepat lemes dan ga kuat dingin / ac..

Gimana bro teronk..apakah obat concor boleh saya tidak makan?
Ada ide or saran?

Thanks
jayz2083 - 24/09/2010 10:22 PM
#355

Quote:
Original Posted By punk_9uy
wah, ada threadnya juga nih. ane umur 21 tahun, udah 3 tahun hipertensi.
tinggi 180 cm berat sekarang 91 kg. dulu ane pernah masuk rumah sakit selama seminggu gara-gara pernah 220an gan.
ane sempet diet dan ane normal lagi. hanya, gara-gara terlena, ane jadi santai lagi sampe sempet 100 kg.
nah, pertengahan bulan puasa lalu, ane sakit gan. dada kiri ga enak banget rasanya, pas ditensi 180/120. sekarang ane lagi mengonsumsi hct pagi, norvask 5 mg sama valsartan 80 mb. ane rutin ke rshs sekarang, mulai dari seminggu sampe sebulan sekali. terakhir ditensi masih 160/100. serem juga sih. ane sekarang masih suka sakit dada dan sakit kepala sebelah, daripada berlarut-larut, ane lagi menjalani totok sirkulasi darah, dan weekend ini insyaAllah mau diterapi bekam gan.

nah, ini ane udah bikin threadnya cuman ga ada jawaban dari semalem.
ini threadnya >> http://kask.us/5366673

intinya, apakah agan-agan di sini ada yang udah menjalani proses terapi seperti ini. bagaimana efisiensinya dan pencegahan terhadap penyakit lainnya?
thank you.
semoga kita semua bisa disembuhkan oleh Yang Kuasa.


3 taaon hipertensi apakah terus minum obat hipertensi trus?
setahu saya ya gan..kl sudah hipertensi obat harus dimakan trus...soalnya kmrn saya jg hipertensi..gara2 saya coba2 berhenti obatnya jadinya tambah parah gan ampe dada sakit...kl dulu awal2 minum obat hipertensi ga pernah dada sakit..tp gara sempat berhenti..jdnya dada sakit pas lg tinggi tensinya..
coba di cek ke dokter jantung..apakah otot jantungnya melebar? bisa ketahuan dari hasil rekam jantung (EKG)
Kl masi tinggi sebaiknya kl kerja cuti dulu gan.. 1minggu dan tiap hari di kontrol trus sampe normal 130/90 baru aktifitas lagi gan...coba meditasi dan releks...byk doa jg gan..
Kl masi tinggi 160an sebaiknya norvask dinaikan ke 10mg aja gan..tp konsultasi dokter dulu..soalnya ane dulu sempat tinggi..dikasi exforge 5mg ga mempan..sama dokter dikasi yg 10mg...skrg dah turun...
teronx - 25/09/2010 05:45 PM
#356

Quote:
Original Posted By jayz2083
Halo Agan2..

Mo tanya dunk...
Gua jg kena hipertensi..dan menurut dokter jantung ktnya hipertensi saya sudah lama minimal 3 taon krn ktnya otot jantung membesar krn kelamaan hipertensi.

Sama dokter gua dikasi concor 5 mg dan exforge 10x160..
Boleh tahu apakah tipe dari obat ini apa?

Kmdn bbrp hari lalu saya sakit kepala dan ke dokter spesialis syaraf..
Menurut dokter tersebut ktnya concor di stop saja krn bisa membuat lemas..
Dan ktnya jantung tidak apa2 krn emang kl hipertensi otot jantung bakalan melebar krn kerjanya kan jd keras..jd kl ud ga hipertensi lagi bakalan normal lagi..

Emang seh gua ngerasa cepat lemes dan ga kuat dingin / ac..

Gimana bro teronk..apakah obat concor boleh saya tidak makan?
Ada ide or saran?

Thanks


Quote:
Original Posted By teronx


Sebelumnya kita harus mengetahui dahulu termasuk jenis apakah hipertensi kita (kalau gw primer /essensial alias ga jelas, atau pola hidup yg salah)

Berdasarkan penyebabnya, Hipertensi dapat digolongkan menjadi 2 yaitu :

1.Hipertensi Essensial atau Primer
Penyebab pasti dari hipertensi esensial sampai saat ini masih belum dapat diketahui. Namun, berbagai faktor diduga turut berperan sebagai penyebab hipertensi primer, seperti bertambahnya umur, stres psikologis, dan hereditas (keturunan). Kurang lebih 90% penderita hipertensi tergolong Hipertensi primer sedangkan 10% nya tergolong hipertensi sekunder.

2.Hipertensi Sekunder
Hipertensi sekunder adalah hipertensi yang penyebabnya dapat diketahui, antara lain kelainan pembuluh darah ginjal, gangguan kelenjar tiroid (hipertiroid), penyakit kelenjar adrenal (hiperaldosteronisme), dan lain lain. Karena golongan terbesar dari penderita hipertensi adalah hipertensia esensial, maka penyelidikan dan pengobatan lebih banyak ditujukan ke penderita hipertensi esensial.



Setahu saya Concor termasuk jenis Betabloker .

Spoiler for penjelasan betabloker
Obat beta bloker merupakan obat yang menghambat efek sistem saraf simpatis.

Sistem saraf simpatis adalah sistem saraf yang dengan segera akan memberikan respon terhadap stres, dengan cara meningkatkan tekanan darah.
Obat beta-blocker efektif diberikan kepada:

1. penderita usia muda
2. penderita yang pernah mengalami serangan jantung
3. penderita dengan denyut jantung yang cepat
4. angina pektoris (nyeri dada)
5. sakit kepala migren.

Obat beta bloker dibagi menjad dua golongan berdasarkan kerjanya pada reseptor beta1 atau reseptor beta2 (kardioselektif) yaitu yang selektif dan nonselektif.

Asebutolol, metoprolol, atenolol dan bisoprolol merupakan obat beta bloker selektif karena mempunyai afinitas yang lebih tinggi terhadap reseptor beta1 daripada reseptor beta2. Obat beta bloker lainnya merupakan obat beta bloker nonselektif.
Cara kerja obat beta bloker

Efek terhadap sistem kardiovaskular merupakan efek obat beta bloker yang terpenting, terutama akibat kerjanya pada jantung.

Obat beta bloker mengurangi denyut jantung dan kontraktilitas miokard. Efek ini kecil pada orang normal dalam keadaan istirahat, tetapi menjadi nyata bila sistem simpatis dipacu, misalnya sewaktu olah raga atau stress.

Obat beta bloker tidak menurunkan tekanan darah yang normal, tetapi menurunkan tekanan darah penderita hipertensi. Mekanisme antihipertensi beta blker ini masih belum jelas.

Pemberian obat beta bloker secara terus menerus pada penderita hipertensi pada akhirnya meyebabkan penurunan resistensi perifer. Mekanismenya belum diketahui, tetapi mungkin sekali karena adanya penyesuaian pembuluh darah perifer terhadap pengurangan curah jantung yang berlangsung secara kronik/terus menerus.

Di samping itu, hambatan sekresi renin dari ginjal oleh obat beta bloker juga menimbulkan efek hipotensi/tekanan darah rendah. Sebagian sekresi renin akibat diet rendah natrium juga dihambat oleh obat beta bloker.

Angina pektoris.

Beta bloker dapat memperlambat respon ventrikel pada takiaritmia supraventrikel bahkan dapat menghilangkan aritmia.

Untuk pemilihan obat beta bloker yang tepat ada baiknya anda harus periksakan diri dan konsultasi ke dokter spesialis jantung.



Spoiler for EXFORGE

adalah obat resep yang digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi (hipertensi). EXFORGE berisi 2 buah komposisi yg bekerjasama untuk menurunkan tekanan darah: amlodipine, a calcium channel blocker (CCB), dan valsartan, an angiotensin receptor blocker (ARB). EXFORGE berisi dua obat resep yang bekerja sama untuk menurunkan tekanan darah: amlodipine, a calcium channel blocker (CCB), dan valsartan, sebuah reseptor blocker angiotensin (ARB).


Nah kalau kita lihat dari kedua jenis obat tersebut yg termasuk jenis betablocker, wajar kalau agan sering lemas,. Oya diawal gw tahu kena hipertensi dulu, gw juga diberikan concor 2,5 mg, tapi tensi masih sering tinggi, jantung berdebar, dan memang kadang cenderung lemas.

Yang penting agan kenali / chek ke dokter dulu jenis hipertensi apa yg menyerang kita terus minta obat yg cocok.

Saran saya kita wajib re-chek (second opinion, bahkan third opinion) ke dokter lain nya (boleh internist, ataupun spesialist jantung).

Maaf gan, ane bukan dokter jadi tidak bisa menyarankan obat apa yg cocok utk agan. Ane hanya bisa menjelaskan yg ringan-ringan saja.

Semoga cepat sembuh ya gan dan apabila ada sesuatu yg lain, boleh di share di mari.

Nico_2k - 25/09/2010 07:05 PM
#357

saya juga terdeteksi darah tinggi, makan suka asin. tapi semenjak beberapa tahun ini mengikuti terapi air walaupun terapi ini masih banyak pendapat kotroversial tapi semuany itu ujung-ujungnya kegunaannya itu benar-benera membuat tekanan darah saya normal bakan cendrung sedikit di bawah normal orang gemuk.
fyi tekanan darah saya pernah terdeteksi 160/120 padahal umur saya waktu itu 25 tahun dokternya juga kaget sampe di tensi beberapa kali.

sekarang stabil di 120/90.


saya juga aktif sebagai pendonor darah ini juga membantu stabilnya tekanan darah saya.
pengkiy - 25/09/2010 08:04 PM
#358

PENGALAMAN PRIBADI..

pas piala dunia kemaren..
Tekanan darah ane naek 145/98, berat 95 akibat dari pola makan yg gak sehat dan banyak begadang..
Karna ane gak tau klo itu hipertensi, ane cuekin aza, soalnya ane kira cuma kurang istirahat..
Seminggu berlalu, tp ko kepala ane gak sembuh'' dari pusing, ane coba periksa ke dokter umum, dan trnyata positif..
Di kasih obat yg bungkusnya warna kuning, tp 1/2 aja minumnya, krna blm trllu parah, kata dokternya ...
Setelah 5hri kmudian badan dah enakan, ane aktif lg di fitnes, karna seblmnya memang aktif tp karna sibuk kerja jd istrht sekitar 2taonan.,.
Alhamdulilah sampe saat ini udh gak terasa lg, badan terasa enak, dan kiloan jd turun ....hehee

saran ane :
olahraga+pola makan yg teratur+istirahat yg cukup(jng tidur diatas jam 10mlm)
Itu obat yg paling manjur untuk hipertensi...

Intinya :
ASAL ADA KEMAUAN, PASTI BISA ..
teronx - 25/09/2010 11:38 PM
#359

Quote:
Original Posted By Nico_2k
saya juga terdeteksi darah tinggi, makan suka asin. tapi semenjak beberapa tahun ini mengikuti terapi air walaupun terapi ini masih banyak pendapat kotroversial tapi semuany itu ujung-ujungnya kegunaannya itu benar-benera membuat tekanan darah saya normal bakan cendrung sedikit di bawah normal orang gemuk.
fyi tekanan darah saya pernah terdeteksi 160/120 padahal umur saya waktu itu 25 tahun dokternya juga kaget sampe di tensi beberapa kali.

sekarang stabil di 120/90.


saya juga aktif sebagai pendonor darah ini juga membantu stabilnya tekanan darah saya.



gan, boleh tahu gimana terapi air nya?


Quote:
Original Posted By pengkiy
PENGALAMAN PRIBADI..

pas piala dunia kemaren..
Tekanan darah ane naek 145/98, berat 95 akibat dari pola makan yg gak sehat dan banyak begadang..
Karna ane gak tau klo itu hipertensi, ane cuekin aza, soalnya ane kira cuma kurang istirahat..
Seminggu berlalu, tp ko kepala ane gak sembuh'' dari pusing, ane coba periksa ke dokter umum, dan trnyata positif..
Di kasih obat yg bungkusnya warna kuning, tp 1/2 aja minumnya, krna blm trllu parah, kata dokternya ...
Setelah 5hri kmudian badan dah enakan, ane aktif lg di fitnes, karna seblmnya memang aktif tp karna sibuk kerja jd istrht sekitar 2taonan.,.
Alhamdulilah sampe saat ini udh gak terasa lg, badan terasa enak, dan kiloan jd turun ....hehee

saran ane :
olahraga+pola makan yg teratur+istirahat yg cukup(jng tidur diatas jam 10mlm)
Itu obat yg paling manjur untuk hipertensi...

Intinya :
ASAL ADA KEMAUAN, PASTI BISA ..


sangat setuju ...!!!

:2thumbup
punk_9uy - 27/09/2010 01:35 AM
#360

ane ga bisa untuk minum obat terus menerus karena bakal larinya itu ke ginjal. oleh sebab itu, ane mau menjalankan terapi jangka panjang. yakni alternatif, karena ane milih beberapa terapi alternatif yang tanpa efek samping.
tapi, dari hasil ane beberapa kali terapi alternatif (totok darah dan bekam), perubahan ke arah membaik dateng. tapi besok ane mau ke rumah sakit juga untuk check up, bagaimanapun, kombinasi medis dan non medis merupakan tindakan yang paling baik anyway.
Page 18 of 44 | ‹ First  < 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 >  Last ›
Home > LOEKELOE > HEALTH & MEDICAL > (share) bagi penderita hipertensi