HEALTH & MEDICAL
Home > LOEKELOE > HEALTH & MEDICAL > (share) bagi penderita hipertensi
Total Views: 34587
Page 38 of 44 | ‹ First  < 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 >  Last ›

anak_singkong - 08/11/2011 09:34 AM
#741

^
betul. asal dikonsumsi rutin pagi/sore hari.

ane udah membuktikannya..

tp jangan berlebihan jg.
gunawan_m - 08/11/2011 12:32 PM
#742

gan mo nanya nih..klo kita pas tensi trus deg2an gitu ada pengaruhnya ga terhadap tekanan darah kita?soalnya ane suka deg2an klo pas ditensi gan dan hasilnya biasanya lebih dari 140/90. terimakasih pencerahannya gan
anak_singkong - 08/11/2011 04:24 PM
#743

^
katanya sih gtu..perasaan tegang, cemas, gelisah bsa bikin tekanan darah naik. -cmiiw

kalo ane..biasanya sebelum di tensi minta jeda dulu sktr 1 menitan buat atur napas..tarik/buang napas dalam2 dan pelan2 selama lbh/krg 30 detik bsa menstabilkan tekanan darah.

hasilnya..terakhir ane tensi 120/80
gjx1 - 26/11/2011 08:21 AM
#744

Mau ikutan share pengalaman ane gan.. ane umur 32thn, 3 Bulan kmn berat ane 98kg/163cm. tensi rata2 140/100... tp setelah diet + olahraga teratur (sepeda + badminton) berat ane skg 81kg. mayan gan turun 17kg an..
Tp yg buat ane seneng, tensi ane skg rata2 normal gan 125/80 an.. fisik jd lbh kuat, napas udh ga berat lg...
bagi agan2 semua yg msh muda, kunci nya cm 1 kl mau nurunin tekanan darah tinggi, jaga pola makan & olahraga teratur.. ane jamin pasti semua normal, sehat jasmani rohani.. :2thumbup
Karamiko - 26/11/2011 09:35 AM
#745

gan,umur gw 21,tapi tensi mayan tinggi,139/149 gw lupa
kemarin pas asam lambung kumat soalnya dicek
eh dikasih obat hipertensi cm susah nyarinya n mahal,.
gw nyari yg tradisional nih gan,ato alternatif,ada masukkan ga??
yoonjoonsuh - 26/11/2011 10:28 AM
#746
Heemmm
agan di atas ane..!! sama kaya ane. ane juga 21, tapi tensi juga udah tinggi. 2 kali mau ikut donor darah. 2 kali juga di tolak. pertama ( karena tensi nya 140 )
kedua karena di cek ternyata darah ane kentel banget ( kebanyakan HB ), waktu itu ane juga sering sakit kepala, leher berat banget..

dan yang membuat ane serem ( saya ada temen, yang ibunya sekarang kena gagal ginjal, yang tiap 2 minggu sekali musti cuci darah, dan alhamdulillahnya beliau keluarga yang mapan, dan masih bisa di cuci darahnya 2 minggu sekali ) di kisahkan, sang ibu ini dulunya sering nahan marah. yang mengakibatkan darah tinggi..



(ane ngebayangin gimana dengan ane.. )
yah sekarang ane g nyari obatnya. tapi ane lebih pengen belajar memanage emosi aja.. ydan sekarang alhamdulillah udah jarang sakit kepala.. karena sekarang saya cuek pada apa pun.. Hahahhahahha

kalo marah, yaudah ane tereak2 aja sendiri di jalanan waktu naek motor.. dan plong rasanya... hahahhaha
wtkaja - 29/11/2011 10:59 AM
#747

Quote:
Original Posted By Karamiko
gan,umur gw 21,tapi tensi mayan tinggi,139/149 gw lupa
kemarin pas asam lambung kumat soalnya dicek
eh dikasih obat hipertensi cm susah nyarinya n mahal,.
gw nyari yg tradisional nih gan,ato alternatif,ada masukkan ga??


mending agan konsultasi dulu ke dokter, banyak kok obat tensi yang terjangkau. Seperti Amplodine, Catopril dll, itu obat2 generic semua. Ane juga tadinya sempet di kasih tensivask sama concor. Cuma berhubung masalah biaya ane minta alternatif lain sama dokternya. Jadi waktu dicoba pake amplodine alhamdulillah cocok. Kalaupun cari yg tradisional ada baiknya dikonsultasikan terlebih dahulu. Kalo herbal sih pake jinten item bisa juga. Cuma ada baiknya tetep di dampingi obat yang dari dokter.
wtkaja - 29/11/2011 11:04 AM
#748

Quote:
Original Posted By yoonjoonsuh
agan di atas ane..!! sama kaya ane. ane juga 21, tapi tensi juga udah tinggi. 2 kali mau ikut donor darah. 2 kali juga di tolak. pertama ( karena tensi nya 140 )
kedua karena di cek ternyata darah ane kentel banget ( kebanyakan HB ), waktu itu ane juga sering sakit kepala, leher berat banget..

dan yang membuat ane serem ( saya ada temen, yang ibunya sekarang kena gagal ginjal, yang tiap 2 minggu sekali musti cuci darah, dan alhamdulillahnya beliau keluarga yang mapan, dan masih bisa di cuci darahnya 2 minggu sekali ) di kisahkan, sang ibu ini dulunya sering nahan marah. yang mengakibatkan darah tinggi..

(ane ngebayangin gimana dengan ane.. )
yah sekarang ane g nyari obatnya. tapi ane lebih pengen belajar memanage emosi aja.. ydan sekarang alhamdulillah udah jarang sakit kepala.. karena sekarang saya cuek pada apa pun.. Hahahhahahha

kalo marah, yaudah ane tereak2 aja sendiri di jalanan waktu naek motor.. dan plong rasanya... hahahhaha


Dampak dari hipertensi yg ngga ke kontrol dengan baik begitu Gan, bisa kemana-mana nantinya. Jadi ada baiknya melatih menahan emosi terus dibantu dengan obat disertai dengan olahraga dan juga jangan lupa pola makan dijaga. Kurangi asupan yang asin2
rifkytralala - 30/11/2011 10:32 PM
#749

Salam Kenal

Nice thread gan, berhubung nyokap ane juga hipertensi. terkahir tensi nya 210/lupa, lalu di rujuk rawat inap di RS. dan juga nyokap juga DM.

yang mau saya tanyakan, makanan dan minuman apa saja sehari hari untuk nyokap ane konsumsi biar tensi nya turun.
_Makanan kurangi garam. Contohnya :.......?
_Minuman (Jus Seledri. Timun+ Wortel) : .... lalu apa lagi..

# Sebagai anak, saya yang mengawasi Pola makan nyokap ane. dan ingin memberikan yang terbaik.

Dan juga kalo ada yang tau Menu makanan dan minuman untuk DM, nyokap ane juga gula darah nya sempet tinggi bgt.

Tolong dijawab ya gan, ane msh awam bgt.
wtkaja - 01/12/2011 10:23 AM
#750
randolph ngtruc
Quote:
Original Posted By rifkytralala
Salam Kenal

Nice thread gan, berhubung nyokap ane juga hipertensi. terkahir tensi nya 210/lupa, lalu di rujuk rawat inap di RS. dan juga nyokap juga DM.

yang mau saya tanyakan, makanan dan minuman apa saja sehari hari untuk nyokap ane konsumsi biar tensi nya turun.
_Makanan kurangi garam. Contohnya :.......?
_Minuman (Jus Seledri. Timun+ Wortel) : .... lalu apa lagi..

# Sebagai anak, saya yang mengawasi Pola makan nyokap ane. dan ingin memberikan yang terbaik.

Dan juga kalo ada yang tau Menu makanan dan minuman untuk DM, nyokap ane juga gula darah nya sempet tinggi bgt.



Untuk diet garam ini ada artikel dari internet semoga bisa membantu.
Quote:
Diet Garam Bagi Penderita Hipertensi
Bayangkan bagaimana rasanya jika masakan tidak dibubuhi garam!
Em.. pasti kurang nikmat rasanya. Bahkan ada pepatah katakan bak sayur tanpa garam itu hambar. Namun perlu hati-hati, jika kebanyakan garam akan berbahaya bagi tubuh. Apalagi bagi Anda penderita hipertensi.
Selama ini diet identik dengan mereka yang bertubuh gemuk. Namun, tahukah Anda bahwa tidak hanya mereka yang bertubuh gemuk yang sebaiknya menjalani diet.
Para penderita sejumlah penyakit juga disarankan untuk menjalani diet sebagai bagian dari pengobatan yang dijalani.

Sebut saja penderita hipertensi atau penyakit tekanan darah tinggi. Mereka harus juga menjalani diet. Ahli gizi dari Departemen Kesehatan Prof. Dr. Wijaya Lukito membagikan sejumlah tips berdiet yang baik dan benar bagi para penderita hipertensi.

“Yang pertama bagi penderita hipertensi ialah kurangi konsumsi garam. Hal itu dapat dimulai dengan penggunaan garam dapur saat memasak,” kata Wijaya. Karena itu, ia mengajurkan agar meminta pendapat orang lain untuk mencicipi masakan, jangan sampai terlalu asin.
artikel_garam
Lebih lanjut Wijaya menerangkan, penting juga untuk tidak meletakkan garam di atas meja makan. “Karena jika ada garam di meja makan, akan memudahkan menambahkan garam ke dalam makanan. Dengan tidak meletakkan garam di atas meja makan, berarti sudah mengurangi konsumsi garam sekitar 25 sampai 30 persen,” ujar Wijaya dalam puncak peringatan Hari Hipertensi Sedunia di Jakarta, belum lama ini.


Lebih lanjut Wijaya menerangkan, penting juga untuk tidak meletakkan garam di atas meja makan. “Karena jika ada garam di meja makan, akan memudahkan menambahkan garam ke dalam makanan. Dengan tidak meletakkan garam di atas meja makan, berarti sudah mengurangi konsumsi garam sekitar 25 sampai 30 persen,” ujar Wijaya dalam puncak peringatan Hari Hipertensi Sedunia di Jakarta, belum lama ini.

Selain itu, perhatikan konsumsi makanan ringan dan makanan jadi yang dibeli di supermaket, karena jenis makanan seperti itu mengandung banyak garam sebagai pengawet. “Lalu bacalah label yang menempel dalam kemasan makanan jadi. Hal itu untuk mengetahui kandungan apa saja yang ada di dalam makanan tersebut dan kandungan garam yang ada di dalamnya. Bila kandungan garam tinggi, jangan dikonsumsi,” ingatnya.

Selain itu, haruslah memperhatikan juga konsumsi makanan cepat saji, karena biasanya makanan itu sangat banyak mengandung natrium dan sodium.

Penderita hipertensi juga harus meningkatkan aktivitas fisik, seperti olahraga. Namun, upayakan agar tekanan darah sudah terkontrol terlebih dahulu sebelum melakukan olahraga.

Yang tidak kalah penting untuk penderita hipertensi adalah hindari asap rokok dan alkohol. “Karena diet tidak akan menimbulkan ’efek baik’ bila masih ada dua hal itu”, tambah Wijaya.

Penderita hipertensi juga harus selalu mempertahankan berat badan ideal. Jika penderita mengalami obesitas, ia harus menurunkan berat badannya sesuai dengan anjuran dokter. Selain itu, periksalah kesehatan secara teratur. Lakukan review atau pengkajian pola diet secara teratur dengan ahli medis.

(Mbs, dbs)


Berikut link artikel jus2an yang dapat membantu menurunkan darah tinggi http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=3669541
d.muzt - 06/12/2011 11:39 AM
#751

salam kenal gan,, wah udah lama ga mampir ke trit ini ..

ane mau share nih, semenjak divonis hipertensi beberapa tahun belakangan yg blom tau sebabnya (essensial) padahal orang tua ane ga ada yg hipertensi, dulu2 tuh tensi ane seringnya 140/90 ane langsung merubah pola hidup gan, stop merokok, makan secukupnya alias diet ga ngopi juga, ditambah ke pengobatan alternatif tetapi belom terlalu keliatan perubahanya, ane coba lagi ke alternatif lainya alias akupuntur sama bekam, trus ane sering makan pisang ditambah skrang seminggu 4x ane olah raga pagi tapi masih blom ada perubahan juga, tensi masih tinggi di 160/100 .. ane udah bingung sekarang, apakah memang bener obat satu2nya jalan keluar ? mohon infonya .. thanks
wtkaja - 06/12/2011 11:49 AM
#752

Quote:
Original Posted By d.muzt
salam kenal gan,, wah udah lama ga mampir ke trit ini ..

ane mau share nih, semenjak divonis hipertensi beberapa tahun belakangan yg blom tau sebabnya (essensial) padahal orang tua ane ga ada yg hipertensi, dulu2 tuh tensi ane seringnya 140/90 ane langsung merubah pola hidup gan, stop merokok, makan secukupnya alias diet ga ngopi juga, ditambah ke pengobatan alternatif tetapi belom terlalu keliatan perubahanya, ane coba lagi ke alternatif lainya alias akupuntur sama bekam, trus ane sering makan pisang ditambah skrang seminggu 4x ane olah raga pagi tapi masih blom ada perubahan juga, tensi masih tinggi di 160/100 .. ane udah bingung sekarang, apakah memang bener obat satu2nya jalan keluar ? mohon infonya .. thanks


Udah konsultasi sama dokter belum Gan? Kalau belum coba deh konsultasi dulu. Udah dibantu minum jus2an? atau bisa juga hobbatusauda. Tapi ada baiknya di konsultasikan dulu ke dokter gan.
d.muzt - 06/12/2011 11:57 AM
#753

Quote:
Original Posted By wtkaja
Udah konsultasi sama dokter belum Gan? Kalau belum coba deh konsultasi dulu. Udah dibantu minum jus2an? atau bisa juga hobbatusauda. Tapi ada baiknya di konsultasikan dulu ke dokter gan.


kalo jus belom pernah coba, habbatusauda juga blom, ane pakenya cuka bunga rosella yg katanya emang bagus buat penderita hipertensi, tapi hasilnya blom terlalu keliatan si gan, kalo dokter ane pernah konsul, ya pasti disuruhnya minum obat, tapi ane dulu mikirnya kalo bisa sembuh selain obat kenapa engga ? tapi sekarang ane kayanya mau konsultasi lagi, kalaupun harus minum obat ane pasrah aja
valmero - 06/12/2011 12:37 PM
#754
alhamdulillah
info bagus, alhamdulillah tensi ane msh stabil.
wtkaja - 06/12/2011 03:47 PM
#755

Quote:
Original Posted By d.muzt
kalo jus belom pernah coba, habbatusauda juga blom, ane pakenya cuka bunga rosella yg katanya emang bagus buat penderita hipertensi, tapi hasilnya blom terlalu keliatan si gan, kalo dokter ane pernah konsul, ya pasti disuruhnya minum obat, tapi ane dulu mikirnya kalo bisa sembuh selain obat kenapa engga ? tapi sekarang ane kayanya mau konsultasi lagi, kalaupun harus minum obat ane pasrah aja


Jangan pasrah gan obat bukan akhir dari segalanya..obat hipertensi sekarang jauh lebih aman..emang ada yang bilang ntar konsumsi obat ginjal bisa kena..justru kalau kita ngga konsumsi obat dan kontrol secara teratur malah bisa menimbulkan kerusakan pada ginjal kita...kasian gan ginjal kita jadi kerja keras karena kondisi hipertensi kita..dan bukan hanya ginjal aja malah bisa kemana-mana nantinya. Maaf ane bukan dokter ataupun mewakili perusahaan farmasi. Ini cuma berdasarkan pengalaman dan info2 yg ane dapetin. Kalau liat dari cerita agan pola hidup sehat agan udah rapih dibanding ane masih berantakan...tapi alhamdulillah dengan konsumsi dan kontrol tensi ane bisa terjaga
d.muzt - 06/12/2011 04:38 PM
#756

Quote:
Original Posted By wtkaja
Jangan pasrah gan obat bukan akhir dari segalanya..obat hipertensi sekarang jauh lebih aman..emang ada yang bilang ntar konsumsi obat ginjal bisa kena..justru kalau kita ngga konsumsi obat dan kontrol secara teratur malah bisa menimbulkan kerusakan pada ginjal kita...kasian gan ginjal kita jadi kerja keras karena kondisi hipertensi kita..dan bukan hanya ginjal aja malah bisa kemana-mana nantinya. Maaf ane bukan dokter ataupun mewakili perusahaan farmasi. Ini cuma berdasarkan pengalaman dan info2 yg ane dapetin. Kalau liat dari cerita agan pola hidup sehat agan udah rapih dibanding ane masih berantakan...tapi alhamdulillah dengan konsumsi dan kontrol tensi ane bisa terjaga


iya gan, ane sih bakal berusaha terus tetep disiplin pola hidup sehat sama berdoa aja, mungkin sekarang ane harus tambah obat karena dengan perubahan gaya hidup sama olah raga dan alternatif blom ada hasil yang maksimal . thanks banget gan masukanya, nambah motivasi
oia misalnya nih kita udah minum obat anggap beberapa tahun apakah ada harapan untuk lepas dari ketergantungan obat itu sendiri nantinya ??
wtkaja - 07/12/2011 10:36 AM
#757

Quote:
Original Posted By d.muzt
iya gan, ane sih bakal berusaha terus tetep disiplin pola hidup sehat sama berdoa aja, mungkin sekarang ane harus tambah obat karena dengan perubahan gaya hidup sama olah raga dan alternatif blom ada hasil yang maksimal . thanks banget gan masukanya, nambah motivasi
oia misalnya nih kita udah minum obat anggap beberapa tahun apakah ada harapan untuk lepas dari ketergantungan obat itu sendiri nantinya ??


Biasanya sih sekali kita menjadi penderita hipertensi obat menjadi pendamping setia kehidupan kita. Tapi dengan kontrol rutin bisa aja pada suatu saat kita bisa melepaskan diri obat. Lagi pula obat hipertensi sih ngga bikin kita nyandu atau ketergantungan. Bisa aja sewaktu waktu kita berhenti. Tapi biasanya tensi jadi ngga normal lagi. Ya kita manusia wajib berikhtiar semampu kita, setelah itu semuanya kita kembalikan ke sang Maha Pencipta...Dia yang menciptkan..Dia pula yang dapat menyembuhkan
d.muzt - 07/12/2011 11:24 AM
#758

btw kemaren sore akhirnya ane ke dokter, tensi masih tinggi 165/100 ..
mau ga mau minum obat, ane dikasih amlodipine 5 mg sehari satu ..
kira2 ada yg pake obat sama kaya ane ?

oia dokter bilang kalo usia 25 kena hipertensi bagusnya dicek dulu ginjalnya, takutnya ada yg bermasalah, ada yg pernah ngalamin juga ga ya ?
d.muzt - 07/12/2011 11:26 AM
#759

Quote:
Original Posted By wtkaja
Biasanya sih sekali kita menjadi penderita hipertensi obat menjadi pendamping setia kehidupan kita. Tapi dengan kontrol rutin bisa aja pada suatu saat kita bisa melepaskan diri obat. Lagi pula obat hipertensi sih ngga bikin kita nyandu atau ketergantungan. Bisa aja sewaktu waktu kita berhenti. Tapi biasanya tensi jadi ngga normal lagi. Ya kita manusia wajib berikhtiar semampu kita, setelah itu semuanya kita kembalikan ke sang Maha Pencipta...Dia yang menciptkan..Dia pula yang dapat menyembuhkan


iya gan, mau ga mau, ane udah siap sekarang kalo harus minum obat, kalo sebelum2nya ane alergi banget sama yg namanya obat ..

mudah2an kita semua diberi kesembuhan oleh-Nya . aamiin
-su - 07/12/2011 04:12 PM
#760

Pas hipertensi gue terdeteksi, dokter juga minta cek ginjal, karena batu ginjal ataupun gangguan fungsi ginjal memang bisa bikin hipertensi. Tapi ternyata ginjal dan organ dalam lain ga masalah.
Sekarang dalam terapi Losartan 50mg dan Amlodipine 5mg 1x1, pernah minimal sampe 105/70, max di 130/90.
Sebelum terapi obat pernah 140/100. Umur gue 26.

Saran gue sih silahkan cek darah ke lab, komponennya hematologi rutin, fungsi ginjal (ureum, kreatinin, asam urat) dan urin lengkap.
Dari sana bisa ada lead kira-kira mesti USG ginjal atau ga perlu.
Kalau mau sekalian, tes kolesterol (trigliserida, HDL, LDL, kolesterol total) juga boleh, biar ketauan apakah ada resiko jantung atau stroke.

Tetap semangat gan!
Page 38 of 44 | ‹ First  < 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 >  Last ›
Home > LOEKELOE > HEALTH & MEDICAL > (share) bagi penderita hipertensi