Kendaraan Roda 4
Home > LOEKELOE > OTOMOTIF > Kendaraan Roda 4 > Minta Saran AERIO, BALENO, SOLUNA, / City Z ??? bggung >.<
Total Views: 12148
Page 2 of 2 |  < 1 2

dhiba12 - 18/12/2009 09:30 AM
#21

Quote:
Original Posted By singachu
eh di surabaya yah ? deket dong.....

gua baru pake mobil ya aerio ini om jadi susah juga sih kalo mo buat perbandingan ama mobil laen

soal cat yah..... hmmm oreo gua Maret 2003 sampe saat ini kok ga ada masalah apa2 yak ? gua ga ada keluhan soal cat ini...
soal plat body..... hmmm ndak tau om.... tapi seperti bro kijang bilang sih berat aerio ini...
dari buku manual yak :
Berat kosong : 1150 - 1250 kg
Berat Total 2WD : 1640 kg (yang 4WD ga usah ta tulis, ga masuk di indonesia )
Panjang : 4230 mm
Lebar : 1690 mm

misal dibandingkan ama avanza :
http://www.toyota.co.id/cars/dimension/?Model=Avanza
Berat Kosong : 1045 - 1085 kg (yang 1085 kg ntuh Avanza 1500cc)
Panjang : 4120 mm
Lebar : 1630 mm

trus baca2 lagi di forum tetangga yang senang drag
Aerio ditrondolin abis.... ban serep udah lepas, bangku tinggal 1, karpet dasar udah ilang, Head Unit udah bolong..... ntuh berat masih blom bisa di bawah 1000 kg, sedangkan city type Z ditrondolin juga bisa 800 kg-an
Jadi kelemahannya kalo buat drag bakalan berat di body, tentu saja tarikan ya kalah lah..... kode mesin sama kayak Swift tapi body jelas2 berat... kesimpulannya ?
Spoiler for ngomong ke irit vs Swift

ban lebar 195, swift lebar 185.
bobot dah beda beratnya.
mesin sama, swift mungkin ada pengembangan sana-sini (yg kliatan sih MAF sensor, kalo aerio MAP sensor).
Aerio masih open loop, Swift sudah closed loop.
Power steering conventional, Swift EPS, yang conventional beban ke mesin dong....
kompresor AC, well ga terlalu ngerti sih tapi Aerio dingin bos dibanding Swift ST punya saudara.... dari condensor AC di depan Swift kipasnya satu, Aerio kipasnya dua jadi ada extra fan khusus AC.kompresor AC semakin gede semakin beban ke mesin kan ???
final gear, swift lebih kecil ya ini sih ok2 aja kalo aerio dikasi sekecil swift punya bisa tambah bolot.
gear ratio 1 s/d 4 sama seperti swift, cuman krn final gear lebih gede ya jatohnya di rpm yang sama gigi yang sama kecepatan kencengan swift dong
gear ratio 5 aerio terlalu deket ama gigi 4 kecilan punya swift ditambah final gear jadinya untuk cruising di 100 kpj si swift kisaran sebelom 3000 rpm (sori cuman pernah make sekali lupa tepatnya), si aerio udah lebih 1 strip dari 3000 ya anggap 3200 rpm..... so kalo cruising di tol kecepatan sama ya iritan swift dong ?

ntuh perkiraan iritnya dibanding swift, silahkan terjemahin sendiri
Swift ST punya saudara sih "katanya" dia 1:12 lebih pakai premium, cuman rute dia banyak tolnya juga tapi perbandingan pasti berapa tol berapa dalkotnya ga ngerti bos


soal radius putar juga kelemahan (kalo misal dianggap kelemahan) lebih gede daripada radius putar xenia xi, kapan hari gua ngikutin xenia xi saudara punya dia puter balik langsung sukses, gua terpaksa mundur dikit baru prei....

soal wheather-strip bener kata bro aka3nov bisa diganti beludru....
cuman di UMC A Yani jangan harap dapet gratis
trus ada yang dah ganti katanya sih masih bisa baret juga (sori katanya karena gua ga liat sendiri) mungkin karena dah lama bakalan numpuk kotoron juga kali....., solusi lain rada di sayat dikit karetnya biar ndak terlalu nempel ke kaca film.



gear 1 : bener
kopling berat : banyak yang bilang relatif berat memang dibanding mobil laen, cuman ya ga sampe bikin betis gede.
bantingan keras : juga iya

kaca film gua v-kool juga ada baret2nya kok cuman masih bisa gua toleransi sih....

ABS EBD juga mantap ngerem ndadak ga sampe ngepot, cuma ya ati2 aja yang belakang masih sempet ngerem gak, depan slamet blakang blom tentu slamet

kaki2 lumayan tahan ? hmmmm relatif kali yak.... penggerak depan, macpherson strut jangan dibandingin ama penggerak belakang, kayaknya ama Avanza/Xenia/APV pun kalah tangguh deh....
cuman kalo gopok ato gampang rusak..... syukur deh oreo gua sampe saat ini ga ada masalah.
cuman beberapa aerio ya berhubung umur pemakaian juga udah ada yang ganti :
* shockbreaker
* CV Joint dan atau karet bootnya aja
* karet2 bushing
* Engine Mounting

tapi kayaknya sih ntuh wajar2 aja semua kan ada umurnya



yak udah kejadian di gua akhir taon 2007 kmaren
untung mesin ga kenapa2..... ternyata radiator bocor sampe abis tuh coolant

----------------
kelemahan lain :
* Old model kisi2 AC bagian tengah gampang patah
* Old model jam nya menyatu ama Head Unit, jadi kalo Headunit mati ato dah diganti yang ga ada jam nya ya ga bisa liat jam
* Bunyi2an di interior

Saran sih testdrive aja, kalo ente demen responsif & kenceng kayaknya type z
kalo soal irit banyak yang bilang sih soluna
kalo demen mendandani / asesoris : aerio susah carinya (kalo ga mau bilang ga ada)

sori cuman tau soal oreo yang gua bawa ini aja, jadi penilaian yang lain dari "katanya"

* Mencoba kasi info semampu gua, semoga bisa membantu memutuskan dan tidak menyesal di kemudian hari *
kalo ternyata ente jadinya ambil aerio, kontak2 yah bos

o ya kalo mo gali2 info2 tambahan tentang aerio, mungkin site ini bisa bantu :
http://www.aerio-indonesia.com/forum/

regards,
singachu


wuidiiihhh sesepuhnya aerio berbicara....
wah ane juga lebih milih aerio om..buat modifnya gampang,bisa beda ma yg laen(tergantung sich),nyaman dan yg pasti lebih lega kabinnya,,tenaga okelah buat dalkot ato luar kotaan,pokonya enaklah kalo kata ane sich..
sangperusuh - 26/12/2009 01:17 AM
#22

vote for aerio and baleno. kalo mau yang lega ambil aerio, kalo mau stabil pas ngebut dan gaya ambil baleno. okay
frogile - 26/12/2009 03:23 AM
#23

punten , kalo kata saya mah vote buat city z,
bentuk honda , lebih asik buat di modif , bentuknya racing look bgt hehe
iidicilini - 26/12/2009 11:10 PM
#24

Quote:
Original Posted By MyHob
Mohon bantuan donk...Saya mau beli mobil, budget < 100juta, ya kira" yg jadi alternatif anatara lain :

1. Suzuki Aerio
2.Suzuki Baleno
3. Toyota Soluna
4. Honda City Type Z

Kalo bokap sih pingginnya ambil baleno aja, katanya sih irit, nyaman soalnya sedan..

Tapi kalo aq sih pingginya lebih ke Aerio atau Honda city type Z..

Tapi berhubung dapet kabar dari sana sini, yg ini lemah ini, yg itu lemah itu, jadinya semakin >CONFUSE....<

Jadi minta Saran donk , Kalo bisa perbandingan kelebihan kelemahannya,

ikutin bokap aja maunya apa gan........


klo boil buat lu sendiri, baru lu milih2...
ini menurut gw scr garis besar
1. Suzuki Aerio (Liana DX) >> gak irit, sparepart reasonable, speedo digital, "katanya" msh cbu, fitur gak kalah ama sedan, harga jual drop
1+ Suzuki Aerio new model with spoiler >> gak irit, sparepart reasonable, fitur gak kalah ama sedan, spido jarum, harga jual jelek

2. Suzuki Baleno >> dibilang irit jg kagak, dashboard bulky & berkesan jadul, harga jual jelek
2+ Suzuki Baleno NextG >> iritnya mirip2 sm aerio, sparepart jg, harga jual drop

3. Toyota Soluna >> irit, sparepart murah, tahan banting, harga jual stabil

4. Honda City Type Z >> irit, sparepart mahal, kaki2 rada sensitif & body suka bunyi2, harga jual tinggi

klo ngomong "bentuknya bagus mana" nah itu gw angkat tangan dahh
MyHob - 27/12/2009 08:30 AM
#25

heheheheh...thanx alll...udah dapet baleno next G silver...^^ thanx ya saran" nya...
Bujur Ledeh - 03/01/2010 11:26 AM
#26

Balenonya jual aja, beli Aerio, Gan
aditpatria - 03/01/2010 01:27 PM
#27

Quote:
Original Posted By iidicilini
ikutin bokap aja maunya apa gan........


klo boil buat lu sendiri, baru lu milih2...
ini menurut gw scr garis besar
1. Suzuki Aerio (Liana DX) >> gak irit, sparepart reasonable, speedo digital, "katanya" msh cbu, fitur gak kalah ama sedan, harga jual drop
1+ Suzuki Aerio new model with spoiler >> gak irit, sparepart reasonable, fitur gak kalah ama sedan, spido jarum, harga jual jelek

2. Suzuki Baleno >> dibilang irit jg kagak, dashboard bulky & berkesan jadul, harga jual jelek
2+ Suzuki Baleno NextG >> iritnya mirip2 sm aerio, sparepart jg, harga jual drop

3. Toyota Soluna >> irit, sparepart murah, tahan banting, harga jual stabil

4. Honda City Type Z >> irit, sparepart mahal, kaki2 rada sensitif & body suka bunyi2, harga jual tinggi

klo ngomong "bentuknya bagus mana" nah itu gw angkat tangan dahh


kata siapa? gua bandingin sama temen gua yang pake soluna, maintenance costnya terutama yang spareparts fast moving mahalan soluna...

untuk yang type z, fast movingnya, tapi agak lama nih harganya, sekitar 6-7bulanan yang lalu, mobil gua baru mau masuk bengkel lagi mau serpis 180rebu kilo...
- filter oli 30rebu
- filter udara 65rebu
- filter bensin 98rebu
- kampas rem depan 115rebu
- kampas rem belakang 170rebu
- timing belt 160rebu
- v-belt 30rebu

kaki-kaki sensitif, iya betul kalo part yang dipake dari baru udah di replace, gua bongkar pertama tahun 2007, saat itu odo udah 150an rebu,part pengganti originalpun cuma tahan 1,5 tahun, lagian kaki sedan mana kuat sih kecuali sedan2 eropa... kalo mau kuat ya beli aja truk ato minibus2 kaya carry...

temen gua masukin innova ke bengkel resmi serpis 80rebu kilo kena 4.5 jeti, crv serpis 40rebu
aditpatria - 09/01/2010 04:55 PM
#28

[QUOTE=aditpatria;150026547]kata siapa? gua bandingin sama temen gua yang pake soluna, maintenance costnya terutama yang spareparts fast moving mahalan soluna...

untuk yang type z, fast movingnya, tapi agak lama nih harganya, sekitar 6-7bulanan yang lalu, mobil gua baru mau masuk bengkel lagi mau serpis 180rebu kilo...
- filter oli 30rebu
- filter udara 65rebu
- filter bensin 98rebu
- kampas rem depan 115rebu
- kampas rem belakang 170rebu
- timing belt 160rebu
- v-belt 30rebu

kaki-kaki sensitif, iya betul kalo part yang dipake dari baru udah di replace, gua bongkar pertama tahun 2007, saat itu odo udah 150an rebu,part pengganti originalpun cuma tahan 1,5 tahun, lagian kaki sedan mana kuat sih kecuali sedan2 eropa... kalo mau kuat ya beli aja truk ato minibus2 kaya carry...

temen gua masukin innova ke bengkel resmi serpis 80rebu kilo kena 4.5 jeti, crv serpis 40rebu
sonichounds - 09/01/2010 06:48 PM
#29

sy lbh demen aerio new model, walaupun dulu sempet pake aerio oldmodel sebentar, city z jg prnh tmn kostan punya, suka aye pinjem jg, nyetirnya, feelingnya lbh enak city yah.. cm klo bicara value for money IMHO ya aerio menang, dr fasilitas, feature, hrg yg drop, tahun

spare part beda tipis kali ya, klo dibandingin sama2 ori nya
yus.kapopa - 09/01/2010 08:05 PM
#30

balik lagi masalah budget gan....
iidicilini - 24/04/2010 06:52 PM
#31

Quote:
Original Posted By aditpatria
kata siapa? gua bandingin sama temen gua yang pake soluna, maintenance costnya terutama yang spareparts fast moving mahalan soluna...
ya masak kata Roy Sukro...
kata gue dong gan....
liatnya per tahun aja, total costnya khusus untuk spareparts nya berapa.
kalo diliat per 3 tahun, lebih mabok lagi dech.....
ori bandingin sama ori, kw bandingin sama kw.

dan jangan lupa klo sparepart alternatif buat toyota juga lebih mudah didapat. makanya bisa dibilang murah, karena TS kan ngomong duit, berarti ya gw consider cari murahnya.... honda rada2 sulit tuh buat cari parts alternatif


yang innova vs. crv ya rada lucu juga lah ngebandinginnya... yang satu servis 80rb km, yang satu lagi 20rb/40rb km.... klo mo head-to-head ya liat aja ntar tuh crv kena brapa pas di 80rb km

ato ngomongn adilnya, liat aja tu inova dari 0km - sekarang vs. crv dari 0km - skrg udah ngabisin brapa buat sparepart

yah gan adit....


Quote:
to TS: selamat udah naek Baleno Next G..... good choice...
mirip2 aerio tapi ruang bagasinya kecilan dikit....
toothpicks - 24/04/2010 07:29 PM
#32

Quote:
Original Posted By kinoy22
iyeh om... banyak mobil baru yg cuman lampu biru merah doank
makanya tiap taon gue pasti serpis radiator.... mencegah lebih baik drpd ngobatin.....


jangan diserpis om, radiator selain sarang tawon dari plastik semua, gak bakal karatan...

malahan kalo lu servis, kepala atas sama dak bawahnya jadi gak kuat lagi klemannya, bisa jadi begitu ada fan yang mati, radiatornya ikutan pecah... temen gua udah ada yang begini soalnya... terserah mau percaya apa nggak...
toothpicks - 24/04/2010 07:32 PM
#33

Quote:
Original Posted By iidicilini
ya masak kata Roy Sukro...
kata gue dong gan....
liatnya per tahun aja, total costnya khusus untuk spareparts nya berapa.
kalo diliat per 3 tahun, lebih mabok lagi dech.....
ori bandingin sama ori, kw bandingin sama kw.

dan jangan lupa klo sparepart alternatif buat toyota juga lebih mudah didapat. makanya bisa dibilang murah, karena TS kan ngomong duit, berarti ya gw consider cari murahnya.... honda rada2 sulit tuh buat cari parts alternatif


yang innova vs. crv ya rada lucu juga lah ngebandinginnya... yang satu servis 80rb km, yang satu lagi 20rb/40rb km.... klo mo head-to-head ya liat aja ntar tuh crv kena brapa pas di 80rb km

ato ngomongn adilnya, liat aja tu inova dari 0km - sekarang vs. crv dari 0km - skrg udah ngabisin brapa buat sparepart

yah gan adit....


ngeyel dah, orang 40 rebu sama 80ribu kilo treatmentnya sama...
MyHob - 24/04/2010 09:24 PM
#34

thanx gan saran" nya, kesan gw pake baleno next G yg tahun 2003 nih, kilometernya udah banyak sih100 rebu lebih...nih yg pake sebelumnya emg bagusin interior nya, jadi bagian" dalem nya udah di spet item metalic, trus bagian dek pintunya di bungkus kain yg sesuai ma jok nya..jadi mewah bgt deh, temen": gw pada bilang mewah...tp yg akir" ini masalah kena kampas kopling, ball joint , dll...mulai kena satu...lumayan gan...koel nya 1 jutaan, kampas kopling satu set sama matahari dll 1 jutaan ...trus terakir kena apa itu lupa, sambungan antara roda depan, tengah nya itu ada gearnya...itu yg ori beli satu set nya 5 juta...
Thanx ya all...^^ hehehe
Michiel - 24/04/2010 10:48 PM
#35

Quote:
Original Posted By aditpatria
diupdate dikit harga partnya

kampas rem depan 100rebu
timing belt + tensioner 330rebu
filter bensin 90rebu
filter udara 80 rebu


Yang boneng Gan? Ori apa kw? Itu cuma timing belt aja yg imbang, yg lain lebih murah dari greco, apalagi kanvas rem, hampir 3x lbh murah. Tapi ori lho. Kalo kw sih greco (soluna juga) bisa lebih murah dari diatas.
aditpatria - 25/04/2010 09:22 AM
#36

Quote:
Original Posted By Michiel
Yang boneng Gan? Ori apa kw? Itu cuma timing belt aja yg imbang, yg lain lebih murah dari greco, apalagi kanvas rem, hampir 3x lbh murah. Tapi ori lho. Kalo kw sih greco (soluna juga) bisa lebih murah dari diatas.


original harga bengkel resmi...
MyHob - 25/04/2010 10:35 AM
#37

Biasa nya agan" kalo ganti spare part pake yg ORI ato yg KW ya gan?? emg KW bisa tahan lama yah??
aditpatria - 25/04/2010 07:26 PM
#38

Quote:
Original Posted By MyHob
Biasa nya agan" kalo ganti spare part pake yg ORI ato yg KW ya gan?? emg KW bisa tahan lama yah??


untuk part mesin dan yang fast moving selalu yang ori gan... abisnya yang ori aja harganya udah terjangkau, ngapain lagi cari part kw, malah dalam beberapa kasus seperti filter oli, yang original lebih murah dari yang kw merek hamp, yang ori harganya 30rebu, yang hamp 40-45 rebu...

kecuali part kaki2 deh, gak tahan harganya, long tie rod yang original (OEM) sebiji harganya kayak shockbreaker sepasang, tapi ya memang tahan lama sih kalo kasih yang original, bisa tahan 6-7 tahunan... yang kw bisa tahan 1 tahun lebih dikit aja udah prestasi gemilang...
ZicZac - 14/06/2010 02:16 PM
#39

Klo pilihannya spt diatas.. ane milih Aerio om Yg taon baru ajah Facelift selain uda pembaharuan, ente jg ga usa pusing2 cr yg bener2 bagus (coz taon lbh muda pastinya :thumbup ) tp hoki2an jg sih klo dapet taon 2003an tp masi okeh

Terserah bos dah yg penting Aerio
ZicZac - 14/06/2010 02:19 PM
#40

Quote:
Original Posted By MyHob
heheheheh...thanx alll...udah dapet baleno next G silver...^^ thanx ya saran" nya...


Sipp masih sodaraan kt om

Mampir2 http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3970483

regards
ZicZac
Page 2 of 2 |  < 1 2
Home > LOEKELOE > OTOMOTIF > Kendaraan Roda 4 > Minta Saran AERIO, BALENO, SOLUNA, / City Z ??? bggung >.<