Reptil
Home > LOEKELOE > MY PETS > Reptil > Tutorial membuat incubator DIY
Total Views: 24186
Page 1 of 49 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›

tokebakso - 12/11/2009 02:53 AM
#1
Tutorial membuat incubator DIY
karena banyak desakan sana sini...
dan d teror terus meneror..maka aku buat lah tutorial ini ala kadarnya..sory kalo burem yak..

kalo kita liat di website luar banyak kan tuh ya yang ngejual incubator yang tentunya harga bisa bikin batal niat ngebreeding..nah karena atas dasar itulah pengalaman 4 tahun lebih(karena nggk tiap bulan reptil itu nelur..wkakwkakw) coba-coba buat incubator sendiri.tahun pertama nyoba gagal dengan telur busuk,tahun kedua dengan cara yang sama dan media yang berbeda tetep gagal,nah tahun ketiga mulai ada titik terang setelah berguru dan banyak tanya..akhirnya dapet juga cara yang mujarab dan persentasi menetas sampai 99% dengan 1% gagal......ok tanpa banyak basa basi aku lanjutin ke tutorialnya aja ya...

bahan bahan yang dibutuhkan
1. kontainer/styrofoam box
2. heater ikan
3. thermometer
4. baki ceper
5. sebagai media tinggal pilih (cocopeat,vermiculite atau sekam padi)
6. hygrometer (kalo ada lebih duit boleh beli,tp sayang harganya mahal tp kemarin cek di FJB ada juga yang murah sekitar 40an rb..
7. penyangga baki ceper (boleh batu atau mangkok terserah)
8. kabur pengusir semut dan kecoak
9. Lakban
10. senter led
11. spidol
Spoiler for bahan bahan


berikut ini cara membuat incubator DIY:


[*] siapkan kontaier/styrofoam box dan selanjutnya di sterilkan,khusus untuk kontainer boleh memakai alkohol atau dengan air panas yang di guyurkan ke kontainer dan untuk styrofoam box cukup dengan di spray dengan alkohol dan di keringkan dengan kain. gunanya untuk mencegah bakteri atau cendawan jamur yang nantinya mengakibatkan telur berjamur atau gagal menetas alias busuk.


[*] siapkan media untuk menempatkan telur tadi yakni cocoepat/vermiculite/sekam padi. media tersebut harus di sterilkan dengan cara di kukus atau di rebus sampai 2x.yang pertama di rebus hingga airnya tinggal sedikit lalu di angin - anginkan di bawah terik matahari selanjutnya d rebus kembali hingga airnya hanya tersisa pada medianya saja,didiamkan sebentar agar suhunya turun lalu ambil baki ceper, oleskan rata pada baki ceper tersebut media penempatan telur.
[*] selanjutnya isi kontainer dengan air kira kira setinggi seperempat dari tinggi kontainer, masukan heater ikan dan penyangga baki ceper tadi (untuk penyangga baki ceper disesuaikan dengan tinggi airnya) putar temperatur ke 29 atau 30 drajat pada atas heater ikan, atur posisi heater di tengah - tengah dari penyangga baki ceper tersebut. Selanjutnya lakban kabel heater di bibir kontainer agar terlihat lebih dari dan tidak membuat kebocoran kelembapan dari incubator.
[*] masukan baki ceper ke dalam incubator dan letakan thermometer di samping baki ceper nya (berikut hygrometer bila ada).
Spoiler for isinya

[*] tata telur di media penetasan sampai setengah badan telurnya sampai memenuhi baki ceper dan beri jarak setengah sampai 1 cm tiap tiap telurnya. (catatan: pastikan suhu media penetesan tersebut sudah mulai dingin,jangan pada saat panas di masukan bisa mateng tuh telur)
Spoiler for isi

[*] spray/semprotkan air merata di atas telur dan medianya agar kelembapan stabil.
[*] tutup serapat mungkin kontainer DIY nya.... , tandai saat pertama kali ular bertelur, penting untuk menghitung tanggal kelahiran si jabang bayi..ehehehe .......untuk kapur penghilang semut atau kecoa bisa di taburin di sekitar incubator, karena dari pengalamanku semut tuh menaruh telurnya pada tempat yang lembab jadi mesti sering - sering di periksa telurnya.
[*] tandai pada kotak kontainer dengan spidol permanen tanggal pertama kali si emaknya nelur dan tandai kapan dia lahir (ntar aku share berapa lama incubasi jenis - jenis reptil). untuk perawatan tiap seminggu sekali d cek suhunya dan semprotkan air agar kelembapanya terjaga. sebagai parameter apakah embrio telurnya berkembang apa nggak dapat dilihat telurnya mengempis atau tetep seperti saat pertama kali di telurkan masi bulat. dan sebulan pertama bisa di senter apakah ada isinya apa tidak.(bisa dilihat sebagai contoh di gambar)
Spoiler for nyenterin telur
Fertile
tidak fertile




Selamat kamu telah membuat incubator DIY
nah selamat mencoba..!! ok.!


saran dan caci makinya d tunggu................

update: karena belum jadi2 fotonya..
ane share ebooknya aja dulu yak..
http://www.media*fire..com/file/kqs1dyuy4k76c26/incubator.pdf
silahkan di dongdot..kalo ada saran dan makian silahkan di lontarkan..
tokebakso - 12/11/2009 02:54 AM
#2

yang ngomong pertamax ane timpuk pake buaya..!!!

lama incubasi telur reptil
jenis reptil:
kura - kura 45 - 90 hari

ular 60 - 90 hari
jenis tertentu seperti
retic 90 hari
molu 60 hari

biawak sampai 6 sampai 8 bulan itung sendiri deh harinya..
prasinus complex,lama inkubasi sekita 155-160hari
dwarf varanus similis,auffen sekitar 60-70hari

tambahkan dan koreksi bila berkenan..
ogut_dei - 12/11/2009 03:52 AM
#3

Quote:
Original Posted By tokebakso
yang ngomong pertamax ane timpuk pake buaya..!!!

lama incubasi telur reptil
jenis reptil:
kura - kura 45 - 90 hari

ular 60 - 90 hari
jenis tertentu seperti
retic 90 hari
molu 60 hari

biawak sampai 6 sampai 8 bulan itung sendiri deh harinya..

tambahkan dan koreksi bila berkenan..


kalo keduax ditimpuk apa om?


mantep deh share nyaaa......

udah berhasil nge breed apa aja nih?
sogodamncute - 12/11/2009 10:26 AM
#4

thanks bgt bro!!!
ijin bookmark yaaa.....
DMJ - 12/11/2009 04:33 PM
#5

MANTAF BANGET INFO NYA OM TOKEK
cendol menyusul.......
chibusa - 12/11/2009 04:39 PM
#6

keren om,,

mkasih ya om,,,
tokebakso - 12/11/2009 04:43 PM
#7

Quote:
Original Posted By ogut_dei
kalo keduax ditimpuk apa om?


mantep deh share nyaaa......

udah berhasil nge breed apa aja nih?


breed tokek,cucak rawa,beo,murai batu,cupang,semut dan kemarin akhirnya berhasil ngebreed nyamuk.............
dionr - 12/11/2009 05:31 PM
#8

informasi nya mantepp
klonoa1010 - 13/11/2009 02:18 AM
#9

Quote:
Original Posted By tokebakso
yang ngomong pertamax ane timpuk pake buaya..!!!

lama incubasi telur reptil
jenis reptil:
kura - kura 45 - 90 hari

ular 60 - 90 hari
jenis tertentu seperti
retic 90 hari
molu 60 hari

biawak sampai 6 sampai 8 bulan itung sendiri deh harinya..

tambahkan dan koreksi bila berkenan..


nambahin dikit bud,,,prasinus complex,lama inkubasi sekita 155-160hari
dwarf varanus similis,auffen sekitar 60-70hari
DMJ - 13/11/2009 09:32 PM
#10

@Tokebakso

cendol sent.....
tokebakso - 15/11/2009 01:54 AM
#11

Quote:
Original Posted By klonoa1010
nambahin dikit bud,,,prasinus complex,lama inkubasi sekita 155-160hari
dwarf varanus similis,auffen sekitar 60-70hari


laksanaken juragan...!! OK..!
tokebakso - 15/11/2009 03:04 AM
#12

Quote:
Original Posted By DMJ
@Tokebakso

cendol sent.....


makasi aden................
DMJ - 15/11/2009 12:04 PM
#13

Quote:
Original Posted By tokebakso
makasi aden................


sama-sama om
sogodamncute - 15/11/2009 04:59 PM
#14

cendol sent buat TS-nya...
kirbal kalo mau bro, hehehe...
tokebakso - 17/11/2009 02:17 AM
#15

Quote:
Original Posted By sogodamncute
cendol sent buat TS-nya...
kirbal kalo mau bro, hehehe...


di tunggu aja kirbalnya bro..ehehehe kehabisan cendol neh..
deviljin320 - 17/11/2009 09:52 AM
#16

Bud.... jenis kalkun berapa lama inkubasina yah..??
tokebakso - 17/11/2009 01:53 PM
#17

Quote:
Original Posted By deviljin320
Bud.... jenis kalkun berapa lama inkubasina yah..??


kayaknya 9 bulan...lu sih..kalkun juga d hajar...bunting kan tuh..!
deviljin320 - 17/11/2009 07:37 PM
#18

Quote:
Original Posted By tokebakso
kayaknya 9 bulan...lu sih..kalkun juga d hajar...bunting kan tuh..!


Bud.... doa gue terkabul.... gue akhirna menemukan harta karun sibiru biru yang pernah gue ceritain tempo ari....

jameshermanto - 17/11/2009 11:19 PM
#19

4 untuk tokebakso.
Thanks banget info nya. Guna banget
sebagai hadiah nih kuberi sesuatu


Thx ya
tokebakso - 17/11/2009 11:48 PM
#20

Quote:
Original Posted By deviljin320
Bud.... doa gue terkabul.... gue akhirna menemukan harta karun sibiru biru yang pernah gue ceritain tempo ari....



liat munyuk..!! awas kalo kagak d kasi liat....aku santet titi* mu...........
Page 1 of 49 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›
Home > LOEKELOE > MY PETS > Reptil > Tutorial membuat incubator DIY