Domestik
Home > LOEKELOE > TRAVELLERS > Domestik > +++ Kumpulan Tempat Wisata Kuliner Di Indonesia +++ (Update Trus)
Total Views: 34426 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 10 of 13 | ‹ First  < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > 

ThinkingOfU - 19/12/2011 06:29 AM
#181

pagi2 ngomongin makanan jadi laper malu:
bagi yg rumahnya di daerah sekitar bintaro,
soto ayam yg deket mesjid bintaro maknyus tuh thumbup:
nyi_iteung - 21/12/2011 08:15 PM
#182

Quote:
Original Posted By kadalxburik
Ke Wamena, Menikmati Udang Selingkuh

Sudah waktunya makan siang ketika kami tiba di Wamena, Papua, pada pertengahan Desember tahun lalu. Sejenak melepas lelah, setelah berjam-jam terbang dari Jakarta menuju Sentani dilanjutkan dari Bandar Udara Sentani ke Wamena, dengan pesawat ATR 72-200 dari maskapai Triguna.
Rumah makan Blambangan, yang menurut kami paling bagus di daerah itu, menjadi sasaran kami untuk mengisi perut dan melepas dahaga. Rumah makan ini dilayani oleh gadis-gadis muda berpakaian modis. Karena masih flu, saya tak tertarik dengan sajian jus terong Belanda dan jus pokat. Saya memesan jeruk panas. Tanpa es, rasanya nikmat.

Saya mencoba mentimun dari kelompok lalapan. Rasanya manis. Juga wortelnya. Di sini tidak ada yang menggunakan pestisida.

"Oh, jadi tanaman organik, ya?" tanya saya.

"Ya, tanaman organik," ucap pemilik rumah makan itu. Esoknya, di pasar, kami melihat kubis alias kol sedikit berlubang-lubang alias dimakan ulat. Itu pertanda kol tidak disemprot dengan pestisida.

Makanan lain adalah ikan mujair goreng. Tapi yang paling nikmat adalah lauk utama: "udang selingkuh". Kenapa disebut udang selingkuh? Alasannya sederhana. Badannya memang udang, tapi sepit utamanya seperti sepit kepiting. Jadi perpaduan udang dengan kepiting, yang hidup di air tawar, terutama di Sungai Baliem yang mengalir di pinggir Wamena.

Jenis udang ini terdapat di Papua dan Australia. Ada yang besar, sebesar udang galah. Banyak yang kecil-kecil, yang kini banyak dibudidayakan di Pulau Jawa, yang dikenal sebagai lobster air tawar. Yang jelas rasanya amat manis, terutama yang sebesar jari orang dewasa. Saya coba yang besar, rasa manisnya agak kurang. Tapi secara keseluruhan nikmat. Apalagi cara penggorengannya memang cocok. Saya lihat minyaknya berwarna merah. Udangnya memang merah.

Sesampainya di Hotel Baliem Pilamo, kami hanya beristirahat sebentar.

"Sore biasanya hujan, Pak. Mumpung lagi cerah, kita langsung melihat mumi dan gua!" ucap Martin, yang menemani kami.

Dengan mobil Triton, yang cocok untuk daerah pegunungan, kami keluar dari kota sekitar 2 kilometer. Mobil memasuki jalan tanah yang mengeras. Setelah memarkir mobil di pelataran yang dikelilingi pohon-pohon besar, kami memasuki kompleks perumahan berpagar kayu, dengan pintu gerbangnya antik.

Sekelompok orang sedang membakar batu untuk memasak talas dan ubi jalar. Saya bertanya-tanya dalam hati, kenapa harus membakar batu dulu baru memasak talas? Api untuk memanaskan batu saja sudah mampu mematangkan talas. Tapi, ya, itulah adat mereka.

Mari kita beralih ke mumi, yang dipegangi seseorang sambil duduk dan bersembunyi di balik mumi. Dua orang dewasa mengenakan koteka memayunginya. Alex, seorang kepala suku, menjelaskan bahwa usia mumi itu sudah 370 tahun. Itu terlihat dari jumlah kalungnya yang dipasang setiap lima tahun.

Gerimis mulai turun. Kami memasuki "honai", rumah orang Wamena yang terbuka, tempat berkumpul kaum lelaki. Honai tempat menyimpan mumi itu khusus untuk kaum lelaki dewasa. Di sebelah kanannya, honai untuk perempuan berdekatan dengan honai untuk anak-anak.

Di honai untuk dapur dan gudang makanan, sekelompok ibu tua meminta rokok kepada saya. Untunglah teman saya membawa banyak rokok untuk disuguhkan kepada Alex dan kawan-kawan. Perbincangan pun berlangsung akrab diselingi tawa.

"Kalau mau 'begituan' gimana?" tanya saya kepada Alex tentang hubungan seks.
"Oh, tinggal kasih kode, pergi ke hutan!" jawabnya.
"Ini masih bisa?" tanya saya kepada orang tua di samping saya.
"Saya tidak bisa lagi!" jawabnya sambil tertawa.
"Kalau berfoto sama yang bergelantungan bagaimana?"

"Bisa Ibu, tapi yang tadi dibayar dulu," jawab Alex. Teman saya merogoh kocek Rp 250 ribu untuk melihat dan berfoto-foto dengan mumi. Untuk berfoto dengan ibu-ibu diperlukan Rp 100 ribu lagi.

Kembali ke penginapan, hujan turun.

Malam di Wamena ternyata alamiah sekali. Dinginnya bukan main. Wamena berada di ketinggian 2.400 meter di atas permukaan laut. Sangat terasa dingin ketika malam tiba.

Keesokan harinya, seusai sarapan, saya sempatkan berjalan-jalan di sekitar hotel. Lalu dengan mobil Triton, yang di Wamena seharga Rp 400 juta padahal di Jakarta Rp 280 juta, kami keluar dari kota. Dalam perjalanan ini barulah terlihat betapa pentingnya penggunaan mobil tersebut. Dua kilometer jalanan masih bagus. Begitu berbelok ke kanan, melewati Sungai Baliem, jalanan sedikit menanjak dan menanjak lagi, melalui jalanan yang terbuat dari batu-batu. Jalanan mendaki terus, sampai ke puncak, tempat The Baliem Valley Resort, yang merupakan kerja sama Jerman-Indonesia.

Bangunan utama resor ini berupa bangunan kayu yang sedang direnovasi, agaknya yang menjadi kantor, pelayanan tamu, tempat makan, serta lobi yang memuat beragam patung dan ukiran, baik Asmat maupun dari Lembah Baliem. Di bangunan itu pula terdapat pelataran untuk memandang ke lembah, dan nun di kejauhan terlihat Kota Wamena. Di lobi ini pula dipajang kerangka kepala buaya besar, burung kasuari, serta sebuah lemari yang diisi beberapa puluh buku.

Berkunjung ke Wamena, tak afdal jika tak belanja untuk oleh-oleh pulang ke Jakarta. Karena itu, saya sempatkan pula mengunjungi pasar tradisional Wamena dengan naik becak. Dari hotel, ongkos normal Rp 8.000. Teman saya membayar Rp 50 ribu untuk dua becak.

Pasar masih sepi Minggu itu karena waktunya orang pergi ke gereja. Udang selingkuh yang ditawarkan seorang penjual tak menarik minat saya. Saya lebih tertarik hasil rajutan berwarna-warni yang ditawarkan seorang wanita muda. Saya beli satu walau harganya relatif mahal, Rp 200 ribu.

Suvenir? Tentu saya tak lupa. Di New Guinea Art Shop, toko suvenir dekat hotel, saya membeli tas kulit kayu, hiasan dinding, kalung dan gelang, serta sebuah patung seorang ibu yang menggendong bayinya. Harga patung ini lumayan: Rp 350. Semua itu kami bawa pulang, dengan pesawat jenis ATR 72-200. Berakhirlah perjalanan saya ke Wamena.

Spoiler for udang selingkuh
+++ Kumpulan Tempat Wisata Kuliner Di Indonesia +++ (Update Trus)[/IMG]


Spoiler for wamena
+++ Kumpulan Tempat Wisata Kuliner Di Indonesia +++ (Update Trus)[/IMG]



iloveindonesiailoveindonesiailoveindonesia


ooh udang selingkuh sama kepiting ya gan.. jadinya lobster kiikkiiik..
TheBobop - 26/12/2011 11:26 AM
#183

gan nanya donk klo di dalam taman safari itu ada kuliner apa aja yaa?? kaya KFC atau Hokbennya gitu ada gak ya? kebetulan saya nanti awal januari mau kesana dengan keponakan2 saya..
Badvriel - 29/12/2011 09:40 PM
#184

Quote:
Original Posted By TheBobop
gan nanya donk klo di dalam taman safari itu ada kuliner apa aja yaa?? kaya KFC atau Hokbennya gitu ada gak ya? kebetulan saya nanti awal januari mau kesana dengan keponakan2 saya..


beberapa tahun lalu sih ada gan kaga tau nah sekarang D
eleutheroi - 05/01/2012 05:00 PM
#185
kuliner
wah ane jadi laper nih..
ngacir ke kantin ah..
wkwkwk..
ngakakngacir2ngacir2ngacir2ngacir2ngacir2
VaNiX3N - 06/01/2012 10:56 PM
#186

:thumbup

Wah baru tau ane nih MOD , ada trit keren ... buat referensi ya MOD ...

ane numpang izin nyimak linux2:
chegue2vara - 08/01/2012 07:03 PM
#187

udah ga di update lagi yah di page one \(
gmn klo di updatenya per daerah.. jadi enak ngeliatnya D
Badvriel - 11/01/2012 01:09 AM
#188

Quote:
Original Posted By chegue2vara
udah ga di update lagi yah di page one \(
gmn klo di updatenya per daerah.. jadi enak ngeliatnya D


kalo mau tau daerah bandung main ke reg bandung gan malus
i2nUpil - 20/01/2012 12:04 AM
#189

haddehhh..

malem malem jadi lapeeerrr..

DDD
whitebase - 24/01/2012 02:03 PM
#190

hmmmm btw aku blum makan siang jadi tambah luaperr
kusumargiii - 27/01/2012 07:49 AM
#191

Quote:
Original Posted By kadalxburik
Sate Kerbau Nusantara

Salah satu kuliner khas kota Kudus, selain Soto Kudus, Lentog , Jenang, Nasi Pindang adalah Sate Kerbau. Saya tidak tahu apakah di daerah lain ada sate yang menggunakan daging kerbau. Sate Kerbau Nusantara ini adalah salah satu penjual sate yang cukup terkenal di Kudus, penjualnya merupakan generasi ke dua dari penjual sate kerbau yang legendaris di Kudus yaitu Sate Kerbau Pak Jastro. Kenapa namanya berubah , dikarenakan nama Sate Jastro ini masih digunakan oleh istri kedua dari pak Jastro ini.

Spoiler for sate kerbau
+++ Kumpulan Tempat Wisata Kuliner Di Indonesia +++ (Update Trus)[/IMG]


Sebenarnya sate Kerbau ini tidak sebagaimana lazimnya sate yaitu menggunakan daging mentah yang dibakar, tapi dagingnya dibuat seperti dendeng terlebih dahulu yaitu dimemarkan dan dibumbui dan dimasak terlebih dahulu , baru kemudian di balutkan ketusuk satenya.

Cara pemesanan dan cara penyajiannya juga berbeda dari sate yang lain, biasanya kalau kita makan sate yang lain , kita pesan berapa tusuk baru dibakar tapi kalo sate kerbau ini kita tidak perlu pesan berapa tusuk melainkan langsung disajikan tumpukan sate dalam piring yang dialasi daun jati. Tinggal kita pilih yang daging atau koyor (jeroan, kaskus, ati).

Selain itu kita juga bebas untuk mengambil bumbu sate yang telah disediakan dalam baskom besar, biasanya sate nya kita celupin kedalam baskom tersebut.

Spoiler for sate kerbau
+++ Kumpulan Tempat Wisata Kuliner Di Indonesia +++ (Update Trus)[/IMG]


bumbu satenya ini dibuat dari gilingan kacang tanah dan srundeng (kelapa parut yang disangrai).

Nasi putih yang disajikan juga beralaskan daun jati , bagi yang suka pedas bisa memilih apakah menggunakan sambel ulek atau menggunakan cabe rawit yang di rebus.

Spoiler for sate kerbau
+++ Kumpulan Tempat Wisata Kuliner Di Indonesia +++ (Update Trus)[/IMG]



iloveindonesiailoveindonesiailoveindonesia



wuihhh, recomenendeed nich,,,kpn yabs liburan ke sanailoveindonesias
ArdiFannie - 27/01/2012 12:18 PM
#192
-salah post-
-salah post-
Derizal123 - 29/01/2012 11:13 AM
#193


AYO Gan diantar call aja kami




[B][B]Rental Mobil Jakarta dan Bekasi Murah
Rental Mobil Murah Jakarta
[/B][/B]


Informasi Lengakap:
Email: [email]derizal123@yahoo.co.id[/email] (Segera Kami Balas Email Anda)
0813 225 666 44

Antar Jemput Bandara Jakarta
Bagi Agan Aganwati yang mau ke jakarta butuh transport bandara atau rental mobil Murah di jakarta, hubungi kami:

www.rentalmobilku.com

Kami akan menjemput Anda di bandara dan untuk keamanan anda Supir Kami akan menunjukan identitas pemesanan,

Cukup Membayar 300rb Sewa Mobil Avanza sudah termasuk supir, bensin dan tol, Sewa Mobil Innova untuk sekali jalan Antar Jemput Bandara Jakarta / Airport Cengkareng Soekarno Hatta Jakarta
Promo 250rb (Week Day Only) berlaku untuk dalam Kota Jakarta, sudah termasuk Bensin dan Tol, Anda tidak perlu khawatir supir kami yang ramah akan mengantar anda sampai tujuan.

jasa yg kami Berikan :
Antar Jemput Bandara Hotel, wisata.
Rental Mobil Bekasi / Jakarta tujuan bandung Murah
Rental Mobil Murah di jakarta
invin - 01/02/2012 02:24 AM
#194

bikin ngiler gan.. ntar keluatannya semanggi suroboyo layak untuk dicari... D
pratama1 - 01/02/2012 11:21 AM
#195

Jadi laper nih hahaha
Sibero - 04/02/2012 09:13 AM
#196

wuiiiihhh infonya lengkap gan...ijin bookmark biar jadi referensi kalo2 ane dinas ama kantor
cendols
pratama1 - 05/02/2012 09:08 AM
#197

Sate keyboard enak yah.....wah dagingnya rasa kaya bagman yah.....
ade.boentooth - 05/02/2012 07:50 PM
#198

mari kita sama2 mnggemukkan badan gan.... ngakak
putrifarrah - 05/02/2012 11:46 PM
#199

Quote:
Original Posted By kadalxburik
Sate Kerbau Nusantara

Salah satu kuliner khas kota Kudus, selain Soto Kudus, Lentog , Jenang, Nasi Pindang adalah Sate Kerbau. Saya tidak tahu apakah di daerah lain ada sate yang menggunakan daging kerbau. Sate Kerbau Nusantara ini adalah salah satu penjual sate yang cukup terkenal di Kudus, penjualnya merupakan generasi ke dua dari penjual sate kerbau yang legendaris di Kudus yaitu Sate Kerbau Pak Jastro. Kenapa namanya berubah , dikarenakan nama Sate Jastro ini masih digunakan oleh istri kedua dari pak Jastro ini.

Spoiler for sate kerbau
+++ Kumpulan Tempat Wisata Kuliner Di Indonesia +++ (Update Trus)[/IMG]


Sebenarnya sate Kerbau ini tidak sebagaimana lazimnya sate yaitu menggunakan daging mentah yang dibakar, tapi dagingnya dibuat seperti dendeng terlebih dahulu yaitu dimemarkan dan dibumbui dan dimasak terlebih dahulu , baru kemudian di balutkan ketusuk satenya.

Cara pemesanan dan cara penyajiannya juga berbeda dari sate yang lain, biasanya kalau kita makan sate yang lain , kita pesan berapa tusuk baru dibakar tapi kalo sate kerbau ini kita tidak perlu pesan berapa tusuk melainkan langsung disajikan tumpukan sate dalam piring yang dialasi daun jati. Tinggal kita pilih yang daging atau koyor (jeroan, kaskus, ati).

Selain itu kita juga bebas untuk mengambil bumbu sate yang telah disediakan dalam baskom besar, biasanya sate nya kita celupin kedalam baskom tersebut.

Spoiler for sate kerbau
+++ Kumpulan Tempat Wisata Kuliner Di Indonesia +++ (Update Trus)[/IMG]


bumbu satenya ini dibuat dari gilingan kacang tanah dan srundeng (kelapa parut yang disangrai).

Nasi putih yang disajikan juga beralaskan daun jati , bagi yang suka pedas bisa memilih apakah menggunakan sambel ulek atau menggunakan cabe rawit yang di rebus.

Spoiler for sate kerbau
+++ Kumpulan Tempat Wisata Kuliner Di Indonesia +++ (Update Trus)[/IMG]



iloveindonesiailoveindonesiailoveindonesia


baru tau ada sate kebo, ama sate kuda enk mana ya? klo soto kebo ane pernah makan, enakkk...
putrifarrah - 05/02/2012 11:47 PM
#200

Quote:
Original Posted By kadalxburik
Sate Kerbau Nusantara

Salah satu kuliner khas kota Kudus, selain Soto Kudus, Lentog , Jenang, Nasi Pindang adalah Sate Kerbau. Saya tidak tahu apakah di daerah lain ada sate yang menggunakan daging kerbau. Sate Kerbau Nusantara ini adalah salah satu penjual sate yang cukup terkenal di Kudus, penjualnya merupakan generasi ke dua dari penjual sate kerbau yang legendaris di Kudus yaitu Sate Kerbau Pak Jastro. Kenapa namanya berubah , dikarenakan nama Sate Jastro ini masih digunakan oleh istri kedua dari pak Jastro ini.

Spoiler for sate kerbau
+++ Kumpulan Tempat Wisata Kuliner Di Indonesia +++ (Update Trus)[/IMG]


Sebenarnya sate Kerbau ini tidak sebagaimana lazimnya sate yaitu menggunakan daging mentah yang dibakar, tapi dagingnya dibuat seperti dendeng terlebih dahulu yaitu dimemarkan dan dibumbui dan dimasak terlebih dahulu , baru kemudian di balutkan ketusuk satenya.

Cara pemesanan dan cara penyajiannya juga berbeda dari sate yang lain, biasanya kalau kita makan sate yang lain , kita pesan berapa tusuk baru dibakar tapi kalo sate kerbau ini kita tidak perlu pesan berapa tusuk melainkan langsung disajikan tumpukan sate dalam piring yang dialasi daun jati. Tinggal kita pilih yang daging atau koyor (jeroan, kaskus, ati).

Selain itu kita juga bebas untuk mengambil bumbu sate yang telah disediakan dalam baskom besar, biasanya sate nya kita celupin kedalam baskom tersebut.

Spoiler for sate kerbau
+++ Kumpulan Tempat Wisata Kuliner Di Indonesia +++ (Update Trus)[/IMG]


bumbu satenya ini dibuat dari gilingan kacang tanah dan srundeng (kelapa parut yang disangrai).

Nasi putih yang disajikan juga beralaskan daun jati , bagi yang suka pedas bisa memilih apakah menggunakan sambel ulek atau menggunakan cabe rawit yang di rebus.

Spoiler for sate kerbau
+++ Kumpulan Tempat Wisata Kuliner Di Indonesia +++ (Update Trus)[/IMG]



iloveindonesiailoveindonesiailoveindonesia


slurp....slurp... ngilerrrrr
Page 10 of 13 | ‹ First  < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > 
Home > LOEKELOE > TRAVELLERS > Domestik > +++ Kumpulan Tempat Wisata Kuliner Di Indonesia +++ (Update Trus)