Militer
Home > CASCISCUS > MILITER & KEPOLISIAN > Militer > [share] pengalaman menggunakan senjata
Total Views: 236071
Page 246 of 264 | ‹ First  < 241 242 243 244 245 246 247 248 249 250 251 >  Last ›

acepilot - 03/03/2012 10:07 AM

Quote:

I am an old school rifle shooter. I don't shoot like this, nor do I have the tricked up rifle that are "in trend" today. I was shooting out to 600 yards with iron sight fine without any of these crap people add to their rifles today. I was competing fine using my bone stock AR15, AK, and FAL in defensive shooting courses against people with optics and all other craps attached to their guns. Master the BRM and make it your muscle memory and you will be fine.

terimakasih atas pencerahannya pak..

oh ternyata seperti trend saja ya? hihihi
tadinya saya mengira kalau posisi itu adalah sebuah temuan fundamental..
HHSam - 04/03/2012 02:21 AM

[quote="Quoted from Other pep"]
and the last one question..
di US kan sedang booming senjata di pimped dengan aksesoris magpul, dan saya lihat posisi menembak mereka seperti :
[/quote]

[quote="Garandman"]I am an old school rifle shooter. I don't shoot like this, nor do I have the tricked up rifle that are "in trend" today. I was shooting out to 600 yards with iron sight fine without any of these crap people add to their rifles today. I was competing fine using my bone stock AR15, AK, and FAL in defensive shooting courses against people with optics and all other craps attached to their guns. Master the BRM and make it your muscle memory and you will be fine.[/QUOTE]

Yep, second to that. 600~700 yards using iron sight would make a-wow factor to young warriors who happened mostly to be ex-gamers. They think they know how to shoot. Recruiting depots are full of these. First day KD train, they were shooting none but Maggie's Drawers.

Salam,
garandman - 04/03/2012 03:55 AM

Quote:
Original Posted By HHSam
Yep, second to that. 600~700 yards using iron sight would make a-wow factor to young warriors who happened mostly to be ex-gamers. They think they know how to shoot. Recruiting depots are full of these. First day KD train, they were shooting none but Maggie's Drawers.

Salam,

Bang Samosir,

I think this new shooting technique has its merit in some applications. I have not tried this myself, but it appears that those who adopted this technique were employing it in short range targets well under 200 yards, yet too far to be considered a CQB situation. Think about urban environment where the fighting will be between one city block to the next.

Moreover, this shooting technique requires the supporting arm to be fully extended. This is not how a Marine carry his rifle on patrol, is he? Wherever the supporting hand is on the rifle, that's where it is likely going to be when a patrolling Marine suddenly has to engage a target. Unless there has been a change in how Marines carry their rifles while out on combat patrol. Carrying one's rifle with the support arm fully extended like this must be very exhausting. because a fully extended support arm, while rigid, cannot offer much muscle support at all to hold the rifle. CMIIW.
HHSam - 04/03/2012 07:22 AM

Quote:
Original Posted By garandman
Bang Samosir,

I think this new shooting technique has its merit in some applications. I have not tried this myself, but it appears that those who adopted this technique were employing it in short range targets well under 200 yards, yet too far to be considered a CQB situation. Think about urban environment where the fighting will be between one city block to the next.

Moreover, this shooting technique requires the supporting arm to be fully extended. This is not how a Marine carry his rifle on patrol, is he? Wherever the supporting hand is on the rifle, that's where it is likely going to be when a patrolling Marine suddenly has to engage a target. Unless there has been a change in how Marines carry their rifles while out on combat patrol. Carrying one's rifle with the support arm fully extended like this must be very exhausting. because a fully extended support arm, while rigid, cannot offer much muscle support at all to hold the rifle. CMIIW.

You are right, Dik.
It does have its merit in some condition. In my opinion, this technique is aggressive stance in suppressing fire. Throwing anything we have at enemy's position. Though in CQB or Mopping up, what we have are stopping, take knee and secure the area. It's more like cat n' mouse game. Eyes are constantly upon your sight panning potential targets constantly ready to shoot.

It would be a drag if marines extended their support arms, not only it'll be painful, also increasing their silhouete in the scope of a sniper.

Salam,
garandman - 04/03/2012 10:25 PM

Quote:
Original Posted By HHSam
You are right, Dik.
It does have its merit in some condition. In my opinion, this technique is aggressive stance in suppressing fire. Throwing anything we have at enemy's position. Though in CQB or Mopping up, what we have are stopping, take knee and secure the area. It's more like cat n' mouse game. Eyes are constantly upon your sight panning potential targets constantly ready to shoot.

It would be a drag if marines extended their support arms, not only it'll be painful, also increasing their silhouete in the scope of a sniper.

Salam,

Thank you for the confirmation, Bang.

As you said, the stance seems to be geared towards suppression fire, which is a valuable tool in winning a gun fight. But I don't believe this has much contribution to the improvement of one's mastery of basic rifle marksmanship skills.

Speaking of BRM, I am taking the family for our monthly range outing today. The girls want to shoot their M4, while my wife is looking forward to get behind my 308 Savage 10FP-HS tactical rifle. We will also do some handgun training with Glock 17, Walther P22, and some 38 Special snub nose (my wife is evaluating this as her new concealed carry option). And my 13-yr old daughter wants to give the ole 1911 a test drive .... if she (barely over 100 lbs soaking wet) can handle it then the argument that 45ACP is too big for women is completely BS.

I plan to help the girls to improve their trigger control in conjunction of maintaining a good sight picture. So I will bring rifle rests and let them work on a B27 target from 200 yards. The range will be challenging, but all they have to do is to get the sight picture right and to work the trigger gently.

Salam buat mbakyu dan anak2 dirumah.
fitrio nugraha - 04/03/2012 10:49 PM

bang garand, pengen nanya nih, apa udah pernah nyicipin atau ndenger mengenai advanced scope nya punya horus ini ga?

apakah ini bener2 jawaban atas revolusi terhadap mil dot scope ditaun 70an atau malah makin mbikin ribet? mohon petunjuknya oom
garandman - 05/03/2012 08:01 PM

^^^

Wah, saya malah baru tahu ttg range estimation system spt yg diatas ini. I don't use optics much. Optics yg saya pakai di 10FP-HS masih pakai mil-dot saja.

So the vertical variable grid must be meant for compensating bullet drops at farther distances. Then for each vertical grid, there is a horizontal grid ... which I suspect is used for windage or target lead estimation?
zaeyus - 05/03/2012 09:31 PM

Quote:
Original Posted By acepilot
what luger yang diatas itu buatan pindad? wah baru tau ane..
BTW yang disebelahnya itu apa aja gan?

iya gan, yang merah itu dimensinya lebih kecil, tapi kalo gak salah yang merah itu tracer round ya?

Maaf baru balas komenya, bebrapa hari ini cuacanya buruk terus (jadi sakit)

Sebelah di fotonya ? oh itu Assesoris kontainer granat tangan sama granat lontar, buat gaya"an aja.

Oh iya, tapi kok lebih kecil ya bentuk ujungnya ?

N.B : Oh iya terimakasih cendolnya gan

Quote:
Aha ... yes, FTF disini artinya "Failure To Feed".

Pasangannya adalah FTE (Failure To Extract/Eject).

Oh, I see mungkin harus ditambahkan nih supaya ada segmen Weapon Acronym

Quote:
Inilah salah satu dari unintended consequences dari ketatnya hukum senjata di RI. Bikin spare parts saja tidak boleh. Pemerintah harusnya jeli dalam menangani masalah ini. Pindad has done a good job so far (given the limited resources they have). Namun kekurangan atau lambatnya Pindad memenuhi kebutuhan spare parts seharusnya bisa diantisipasi oleh pemerintah (dalam hal ini bagian logistics di TNI or Polri). Jangan tunggu senjata rusak sebelum beli spare parts. Mereka yg faham senjata api akan tahu to stock extra magazines, magazine spring, recoil spring, extractor, extractor spring, trigger group (hammer, sear/disconnector, trigger, and springs), piston, piston spring ... Jadi kesatuan2 TNI tidak perlu contact ke Pindad setiap kali ada parts senjata ada yg perlu diganti. Di US military, setiap unit ada designated armorers dengan basic set of spare parts utk merawat senjata2 di unit tsb. Seharusnya TNI juga memiliki unit yg sama.

Sebenarnya sih di kesatuan TNI itu ada unit bagian yang membidangi itu namanya PAL kepanjangan dari "Persenjataan dan Perlengkapan" (CMIIW), tetapi kendala mereka ya itu susahnya mencari spare part senjatanya, malah kadang mereka berimprovisasi dengan mengkanibal senjata yang akan di disposal, untuk diambil spare part yang masih bagus di senjata yang akan di disposal itu. miris memang melihatnya ya tapi harus bagimana lagi itulah hukum yang ada disini. tetapi sisi baiknya, mereka dituntut selalu kreatif karena kekurangan itu.

Quote:
The question is ... berapa banyak ammo yg sudah dimakan di senjata organic tsb? Biasanya it will take > 5000 rounds for a rifle utk mulai menunjukkan adanya wear and tear.

Saya collector besi tua. Jadi saya sudah banyak melihat worn out extractor dan parts lainnya yg membuat sepucuk senjata organik tidak berfungsi dgn penuh. I had a Glock 17 Gen-2 buatan 1993. Ini ex Police gun. Extractor is worn, kadang2 saya mengalami FTE. I sold it to a friend, and replaced the extractor claw with a new one. Now the old Glock is back to 100% functionality.

5000 peluru ? alangkah indahnya jika bisa mendapatkan spare part dengan mudah disini

Quote:
Let get it straight. 9x19mm adalah metric nomenclature yg resmi dari 9mm Parabellum or 9mm Luger.

PMC is an ammo manufacturer (PMC = Precision Made Cartridge). It is an OK quality ammo, but not the best.

Di awal thread ini sudah didiskusikan panjang lebar perbandingan antara 9x19 buatan Pindad dengan ammo dari luar (PMC and Winchester). Kesimpulan yg diambil adalah: Pindad's ammo is loaded HOT. Kemungkinannya karena ammo ini juga diperuntukkan for SMG. How hot Pindad's 9x19 saya tidak tahu. Namun kalau mereka mengikuti NATO spec, maka it will be a 124 grain FMJ projectile loaded to the equivalent of +P (10% over the maximum chamber pressure specified by SAAMI=Sporting Arms and Ammunition Manufacturing Institute).

Modern handguns spt Glock dan Sig dapat menggunakan +P ammo dengan aman. BUT, it will wear out the gun faster. If you plan to shoot a bunch of +P ammo out of a handgun, you should replace the recoil spring with an extra power one. A standard factory recoil spring for a Glock 17 is 17 lb. You may want to put a 20 lb spring if all the ammo you shoot will be +P. The stronger recoil spring will slow down the slide movement during the cycle. It will dampen the impact caused by the slide hitting the frame. Tanpa stronger recoil spring, you can cause premature frame failure.

Terima kasih untuk saranya bisa menjadi bahan pembelajaran saya untuk tipe munisi

Quote:
.22 Magnum is not sufficient for self defense. Lagipula the NAA revolver is too small for positive grip.

Memang betul sih apabila dibandingkan disana penjahatnya saja memiliki senjata yang lebih besar, apa pengaruhnya kaliber .22 disana ?
garandman - 06/03/2012 01:20 AM

Quote:
Original Posted By zaeyus

Oh, I see mungkin harus ditambahkan nih supaya ada segmen Weapon Acronym

Sebenarnya sih di kesatuan TNI itu ada unit bagian yang membidangi itu namanya PAL kepanjangan dari "Persenjataan dan Perlengkapan" (CMIIW), tetapi kendala mereka ya itu susahnya mencari spare part senjatanya, malah kadang mereka berimprovisasi dengan mengkanibal senjata yang akan di disposal, untuk diambil spare part yang masih bagus di senjata yang akan di disposal itu. miris memang melihatnya ya tapi harus bagimana lagi itulah hukum yang ada disini. tetapi sisi baiknya, mereka dituntut selalu kreatif karena kekurangan itu.

Kesulitan ini sebabnya apa mas? Apakah karena:
1. Spare parts sudah habis, atau
2. Spare parts tidak pernah ada?

Kalau spare parts sudah habis, berarti jumlah spare parts yg dulu dipesan tidak sesuai dengan wear-and-tear rate dari senjata yg digunakan. Ini yg harus diperhatikan, kalau sampai ini terjadi berarti ada kesalahan perhitungan dalam pengadaan barang dimana jumlah yg dipesan tidak secara accurate menangkap kebutuhan di lapangan.

Hukum itu kan buatan manusia. Jangan menunjuk pada hukum sebagai alasan mengapa semua kekurangan ini bisa terjadi. Jika hukum yg ada justru menjadi kendala bagi kesatuan2 TNI utk bisa mempersiapkan alat2 mereka in top operational condition, then change the law.

Quote:

5000 peluru ? alangkah indahnya jika bisa mendapatkan spare part dengan mudah disini

Memangnya senapan2 yg mulai mengalami kerusakan setelah makan peluru berapa banyak? Kalau belum mencapai 5000 butir sudah mulai rusak ... berarti manufacturing quality dari senjata2 dan parts yg digunakan yg buruk. If you have a brand new infantry rifle, it should be able to function flawlessly for the first 5000 rounds of normal use with proper cleaning and other regular maintenance. Now, kalau senjata dibawa operasi tempur lain cerita ya. High frequency of full-auto fire will wear out many parts prematurely.

Quote:

Memang betul sih apabila dibandingkan disana penjahatnya saja memiliki senjata yang lebih besar, apa pengaruhnya kaliber .22 disana ?

[/quote]

22LR weapons lebih baik daripada gak ada. Sejauh ini sudah cukup banyak orang yg tewas kena tembak 22LR. The issue here is not about lethality, namun stopping power. In self defense situation, kita kan tidak purposely shoot with intend to kill. But we shoot with intend to stop the attacker from carrying out his action much further. 22LR will mess up the internal organs and is likely to be lethal. But this effect may take hours to materialize. Sedangkan in self defense situation, we want the bad guy to stop threatening us RFN. It does no good if our 22LR bullets eventually kill him at the hospital hours later, if he managed to kill us first during his rampaging attack.
zaeyus - 06/03/2012 08:16 PM

Quote:
Kesulitan ini sebabnya apa mas? Apakah karena:
1. Spare parts sudah habis, atau
2. Spare parts tidak pernah ada?

Kalau spare parts sudah habis, berarti jumlah spare parts yg dulu dipesan tidak sesuai dengan wear-and-tear rate dari senjata yg digunakan. Ini yg harus diperhatikan, kalau sampai ini terjadi berarti ada kesalahan perhitungan dalam pengadaan barang dimana jumlah yg dipesan tidak secara accurate menangkap kebutuhan di lapangan.

Hukum itu kan buatan manusia. Jangan menunjuk pada hukum sebagai alasan mengapa semua kekurangan ini bisa terjadi. Jika hukum yg ada justru menjadi kendala bagi kesatuan2 TNI utk bisa mempersiapkan alat2 mereka in top operational condition, then change the law.

Sebenarnya sih bukan dari hukumnya menurut saya, tapi manajemenya yang kurang bagus, karena jika untuk pengisuan perbaikan senjata, mereka hanya mengisukan untuk senjata yang sedang rusak saja, tetapi tidak diisukan untuk senjata yang kondisinya sudah mulai tidak baik, jadi siklus ini yang membuat permasalahan yang ada. sebenarnya sih tidak ada masalah untuk kehabisan spare part, karena pasti akan datang terus (walaupun agak lama nunggunya)

Andaikan saya punya kapasitas untuk itu, saya akan ganti . soalnya hukum yang ada masih menggunakan hukum tahun 1951 (UU NO.12/DRT/1951), yang dibuat untuk kebutuhan tahun segitu, bayangkan sekarang udah tahun 2012 besok mau kiamat tapi belum ada perubahan (Maaf, Malah jadi OOT)

Quote:
Memangnya senapan2 yg mulai mengalami kerusakan setelah makan peluru berapa banyak? Kalau belum mencapai 5000 butir sudah mulai rusak ... berarti manufacturing quality dari senjata2 dan parts yg digunakan yg buruk. If you have a brand new infantry rifle, it should be able to function flawlessly for the first 5000 rounds of normal use with proper cleaning and other regular maintenance. Now, kalau senjata dibawa operasi tempur lain cerita ya. High frequency of full-auto fire will wear out many parts prematurely.

Maksud saya ngomong itu untuk kebutuhan pribadi pak, soalnya kalau kita punya senpi di sini susah kalau sudah mulai rusak, karena kita tidak tau mau memperbaikinya kemana, paling hanya orang yang memiliki koneksi khusus seperti mengikuti klub di perbakin yang tau harus kemana, itu pun terkadang di monopoli seseorang, jadi wadah untuk gun ethusiast (Bukan Penjahat) di negara ini belum cukup kuat lah menurut saya.

Quote:
22LR weapons lebih baik daripada gak ada. Sejauh ini sudah cukup banyak orang yg tewas kena tembak 22LR. The issue here is not about lethality, namun stopping power. In self defense situation, kita kan tidak purposely shoot with intend to kill. But we shoot with intend to stop the attacker from carrying out his action much further. 22LR will mess up the internal organs and is likely to be lethal. But this effect may take hours to materialize. Sedangkan in self defense situation, we want the bad guy to stop threatening us RFN. It does no good if our 22LR bullets eventually kill him at the hospital hours later, if he managed to kill us first during his rampaging attack.

Oh, memang betul juga sih, lebih baik the perpetrator get shoot and dead, than get shoot but still can carry on his action and dead later. jadi senjata .22 ini cocoknya untuk assasin (kebanyakan nonton film )

Btw what is RFN ?
garandman - 06/03/2012 09:30 PM

Quote:
Original Posted By zaeyus
Sebenarnya sih bukan dari hukumnya menurut saya, tapi manajemenya yang kurang bagus, karena jika untuk pengisuan perbaikan senjata, mereka hanya mengisukan untuk senjata yang sedang rusak saja, tetapi tidak diisukan untuk senjata yang kondisinya sudah mulai tidak baik, jadi siklus ini yang membuat permasalahan yang ada. sebenarnya sih tidak ada masalah untuk kehabisan spare part, karena pasti akan datang terus (walaupun agak lama nunggunya)

Agreed. Apalagi kalau produk yg digunakan adalah buatan Pindad. Semua tergantung pada perencanaan. Jangan senjata rusak baru kontak produsen. Atau jangan2 orang2 bagian logistics ini tidak ngerti ttg siklus pakai senjata ya? Mrk berpikir senjata itu dipakai normal dan tahu2 rusak begitu saja tanpa bisa diprediksi?

Quote:

Andaikan saya punya kapasitas untuk itu, saya akan ganti . soalnya hukum yang ada masih menggunakan hukum tahun 1951 (UU NO.12/DRT/1951), yang dibuat untuk kebutuhan tahun segitu, bayangkan sekarang udah tahun 2012 besok mau kiamat tapi belum ada perubahan (Maaf, Malah jadi OOT)

Agreed again. Tapi yg mau bikin perubahan siapa coba? Yg bisa kan 2 pihak ... pemerintah dan DPR. Apa incentive pemerintah utk memperbaharui UU ini? Justru UU ini banyak daerah abu2 nya yg notabene memberikan keleluasaan bagi pemerintah utk bikin peraturan2 utk kepentingan mereka sendiri. Hasilnya kebijakan pemerintah spt plin-plan ... coba lihat policy Polri ttg senjata api utk self defense? Ganti pejabat, ganti policy kan?

Sedangkan DPR .... mana mau mereka menggodok RUU utk menggantikan UU darurat ini ... kan nggak ada duitnya. Hehehehe.

Quote:

Maksud saya ngomong itu untuk kebutuhan pribadi pak, soalnya kalau kita punya senpi di sini susah kalau sudah mulai rusak, karena kita tidak tau mau memperbaikinya kemana, paling hanya orang yang memiliki koneksi khusus seperti mengikuti klub di perbakin yang tau harus kemana, itu pun terkadang di monopoli seseorang, jadi wadah untuk gun ethusiast (Bukan Penjahat) di negara ini belum cukup kuat lah menurut saya.

Again, kembali ke soal UU darurat tadi. Selama itu masih berlaku, ya sportsmen/women spt anda hanya bisa gigit jari saja.

Quote:

Oh, memang betul juga sih, lebih baik the perpetrator get shoot and dead, than get shoot but still can carry on his action and dead later. jadi senjata .22 ini cocoknya untuk assasin (kebanyakan nonton film )

Btw what is RFN ?

Yg penting we stop the bad guys immediately. Apakah ini berarti si bad guys kabur lintang pukang begitu melihat senjata diarahkan ke badannya, atau dia kena DOR dan mengundurkan diri leaking blood all over the street, atau kena DOR dan jatuh ditempat but alive crying for his mommy while waiting for paramedics to arrive, .... or .... kena DOR dan langsung dijemput malaikat maut. Hasilnya kan sama saja: we stop the bad guy. Hanya saja jangan terus menembak kalau the bad guy sudah mengundurkan diri atau jatuh dan menghentikan perlawanan. Ini akan mengubah status penembakan dari self defense menjadi murder.

22LR itu lethal, namun harus digunakan dalam jarak dekat dan dengan shot placement yg tepat. Dalam kondisi self defense, adrenaline is pumping, jadi menembak dengan tepat lebih sulit dilakukan. Oleh sebab itu kita butuh caliber dan jenis ammunition yg, walaupun sedikit meleset dari organ vital, masih mampu memberikan shock yg besar (which hopefully could knock the fight out of the bad guy).

RFN = Right Fu***n' Now
garandman - 06/03/2012 09:31 PM

Double Tap
sphinx123 - 07/03/2012 07:33 AM

bos bos besar ditempat saya kemarin sudah dikomporin bahkan kami datangkan langsung satu2nya gunsmith di indonesia penguasa golok yth Bpk G..

semua jenis golok dibawa dari cal .22 sampai golok 18C yang pakai roni kit ya namanya yang menjadi mirip SMG..moga2 sih keracunan.

sayang .32 yang sekarang direncanakan "target" masa pakainya 20 tahun..WTF
zaeyus - 08/03/2012 01:33 AM

Quote:
Agreed. Apalagi kalau produk yg digunakan adalah buatan Pindad. Semua tergantung pada perencanaan. Jangan senjata rusak baru kontak produsen. Atau jangan2 orang2 bagian logistics ini tidak ngerti ttg siklus pakai senjata ya? Mrk berpikir senjata itu dipakai normal dan tahu2 rusak begitu saja tanpa bisa diprediksi?

Ya begitulah pak keadaanya, selama masih bisa meletus, PAKAI !
Nanti kalau ada waktu saya foto"kan keadaan senjatanya pak.

Quote:
Agreed again. Tapi yg mau bikin perubahan siapa coba? Yg bisa kan 2 pihak ... pemerintah dan DPR. Apa incentive pemerintah utk memperbaharui UU ini? Justru UU ini banyak daerah abu2 nya yg notabene memberikan keleluasaan bagi pemerintah utk bikin peraturan2 utk kepentingan mereka sendiri. Hasilnya kebijakan pemerintah spt plin-plan ... coba lihat policy Polri ttg senjata api utk self defense? Ganti pejabat, ganti policy kan?

Sedangkan DPR .... mana mau mereka menggodok RUU utk menggantikan UU darurat ini ... kan nggak ada duitnya. Hehehehe.

Setuju sekali itu pak, ganti pejabat ganti kebijakan. ini yang aneh tidak adanya kekuatan hukum yang tetap untuk masalah ini.Ya kalo berharap ke DPR nanti malah berujung ke UUD pak (Ujung Ujungnya Duit). Saya cuma bisa berdoa saja deh

Quote:
Yg penting we stop the bad guys immediately. Apakah ini berarti si bad guys kabur lintang pukang begitu melihat senjata diarahkan ke badannya, atau dia kena DOR dan mengundurkan diri leaking blood all over the street, atau kena DOR dan jatuh ditempat but alive crying for his mommy while waiting for paramedics to arrive, .... or .... kena DOR dan langsung dijemput malaikat maut. Hasilnya kan sama saja: we stop the bad guy. Hanya saja jangan terus menembak kalau the bad guy sudah mengundurkan diri atau jatuh dan menghentikan perlawanan. Ini akan mengubah status penembakan dari self defense menjadi murder.

22LR itu lethal, namun harus digunakan dalam jarak dekat dan dengan shot placement yg tepat. Dalam kondisi self defense, adrenaline is pumping, jadi menembak dengan tepat lebih sulit dilakukan. Oleh sebab itu kita butuh caliber dan jenis ammunition yg, walaupun sedikit meleset dari organ vital, masih mampu memberikan shock yg besar (which hopefully could knock the fight out of the bad guy).

RFN = Right Fu***n' Now

Betul juga sih pak, setiap kaliber mempunyai kriterianya masing", terima kasih pak sharingnya sangat membantu sekali.

Quote:
Original Posted By sphinx123
bos bos besar ditempat saya kemarin sudah dikomporin bahkan kami datangkan langsung satu2nya gunsmith di indonesia penguasa golok yth Bpk G..

semua jenis golok dibawa dari cal .22 sampai golok 18C yang pakai roni kit ya namanya yang menjadi mirip SMG..moga2 sih keracunan.

Wah boleh donk dikenalin , kalo enggak nitip satu goloknya
garandman - 08/03/2012 03:50 AM

Quote:
Original Posted By sphinx123

Jika pimpinan BC sudah merencanakan bhw .32 ACP itu memiliki masa pakai 20 th, saya respect sekali. Sebab berarti mereka sudah bikin commitment utk menyiapkan budget dan personil utk merawat dan memelihara senjata2 itu selama 20 th.

I know, saya adalah orang yg paling sering bikin comment bhw 32 ACP is sub-optimal utk bisa dipakai secara effective in self defense situation. I stand by that statement. But, utk organisasi anda, mungkin pertanyaannya harus sedikit dirubah menjadi: "Apakah 32 ACP sudah memenuhi kebutuhan BC?"

Apakah pernah ada kasus dimana anggota BC sampai terluka atau malah terbunuh karena senjata genggam yg dia bawa (32 ACP) tidak mampu menghentikan serangan dari pihak kriminal secara effective?

Kalau memang sudah terbukti di lapangan bhw 32 ACP yg kang Sphinx dan rekan2 di BC bawa kurang effective, maka argument can be made utk menggantinya dgn caliber yg lebih besar.

Kalau pimpinan sudah mengerti bhw 32 ACP is anemic, namun sesuai rencana senjata2 32 ACP harus dipakai selama 20 th kedepan, maka bisa disarankan agar bila senjata2 ini ada yg hilang atau rusak beyond repair, maka penggantinya diambil dengan caliber yg lebih besar yg lebih effective dalam melindungi keselamatan personil BC di lapangan.

Selain masalah ballistics, bisa juga disoroti masalah biaya ammo. Selama ini dapat 32 ACP ammo dari mana dan berapa harganya? Apakah lebih mahal dibandingkan 9x19 dari Pindad? Di tempat saya, 32 ACP FMJ harganya bisa hampir 50-75% lebih mahal dari 9x19 FMJ. Why? Karena volume pemakaian yg sangat rendah. Tidak banyak orang pakai 32 ACP di US sekarang. Utk apa coba? Buat hunting jelas nggak bisa. Self defense ... marginal performance at best. Competition? Nope. Paling2 orang pakai 32 ACP utk BUG (back-up gun).
sphinx123 - 08/03/2012 11:06 AM

Jika diitung2 dari segi biaya jelas jauh wong ammo .32 lokal harganya 3 kali lipat dari 9mm..yang impor 5 kalinya malah.

pengalaman saya hanya di lap angon pak, penggunaan sapi dialam liar nggak tahu pak dan kalopun suatu saat tahu mohon maaf mending saya ngak tahu saja... its complicated.
fitrio nugraha - 08/03/2012 12:38 PM

Quote:
^^^

Wah, saya malah baru tahu ttg range estimation system spt yg diatas ini. I don't use optics much. Optics yg saya pakai di 10FP-HS masih pakai mil-dot saja.

So the vertical variable grid must be meant for compensating bullet drops at farther distances. Then for each vertical grid, there is a horizontal grid ... which I suspect is used for windage or target lead estimation?

saya beneran baru liat ini dari brosur kontrak untuk survei dengan spotting scope dari horus vision, iseng2 saya liat di gunscopenya ada ini, bener kang itu untuk estimation, tapi katanya bisa untuk merubah-rubah zero secara dinamis tanpa harus muter2 drum lagi untuk kompensate jatuhan peluru, karena ada banyak dot katanya bisa untuk calling shot lebih akurat
benbeno - 12/03/2012 09:27 AM

Quote:
Original Posted By kokoarico

sama gan
biasa buat nembak burung sore-sore

haha, sepakat gan. ditambah sesekali air soft gun pinjem pnya temen
sphinx123 - 14/03/2012 04:52 PM

Le clerc - 15/03/2012 12:56 AM

M1 garand diperkosa...

dimodernisasi ato diperkosa.. entahlah... wkwkwkw
http://networkedblogs.com/v8cez
Page 246 of 264 | ‹ First  < 241 242 243 244 245 246 247 248 249 250 251 >  Last ›
Home > CASCISCUS > MILITER & KEPOLISIAN > Militer > [share] pengalaman menggunakan senjata