SURAT PEMBACA
Home > CASCISCUS > SURAT PEMBACA > Cara Cermat Membayar Tagihan Air PAM
Total Views: 3402

denny1804sd - 29/01/2010 01:29 AM
#1
Cara Cermat Membayar Tagihan Air PAM
saya Khususkan untuk masyarakat Bekasi karena Tarif yang saya dapat untuk Bekasi, dan saya tidak tahu apakah sama untuk daerah lainnya

saya punya sedikit cerita nih gan..jadi ceritanya nih saya kaget melihat tagihan air saya yang sangat besar yaitu Rp.117,752 padahal sehari hari saya mengkonsumsi air sesuai dengan kebutuhan. biasanya tagihan per Bulan tidak pernah lebih dari Rp. 45,000 dan paling besar seinget saya Rp. 80,000 itu juga cuma sekali...nah begitu saya mendapat tagihan Rp.117,752 konstan saya kaget, gila tagihan air kaya buat mandiin orang se RT (gerutu saya)...akhirnya saya sebelum membayar mencoba jke bagian pengaduan untuk meminta rincian dan akhirnya saya diberikan selembar rincian dan saya juga minta bagaimana cara menghitung tagihan kita. dan saya diberikan selembar kertas yang kurang lebih seperti berikut

Spoiler for hasil ketik ulang sebagian dari surat Pemberuitahuan PDAM Bekasi Mengenai Kenaikan Tarif No.156/Pemb/PDAM/Bks/X/2009 (maap aye baru tau kalo ada ini) ternyata berlaku dari oktober 2009


jadi, cara menghitungnya gini gan

ambil sampel tagihan ane yang Rp. 117,752
jadi, pamakaiannya adalah sebesar 36 m3 (meter kubik), saya termasuk golongan Rumah Tangga 2.
hitungannya: (10*Rp. 1,852)+(10*Rp.2,645)+(10*Rp. 3,439)+(6*Rp. 4,232)
totalnya = Rp. 104,752 lalu ditambah BEAMETER Rp. 4,000, BEAADM Rp. 4,000 dan Denda Rp. 5,000 jadi TOTAL SEMUANYA adalah Rp. 117,752..ini jadi akhir dari permasalahan saya.

sekedar tips untuk mencegah HUMAN ERROR nih gan soalnya imbasnya ke rupiah yang agan keluarkan.

tips-tips
1. selalu catat meteran anda bersamaan petugas pencatatan meteran yang sering datang kerumah (untuk menghindari kesalahan pencatatan)
2. lakukan pembayaran tepat waktu karena dengan tepat waktu lumayan gan kepotong Rp. 5,000
3. sebelum Membayar biasakan untuk meminta rincian tagihan kepada bagian pengaduan.
4. hitung apakah jumlah yang terpakai sesuai dengan jumlah yang dibayar menggunakan hitungan dan tabel diatas untuk rincian biaya
5. kemudian yang terakhir selalu kunci kendaraan anda karena biasanya tempat pembayaran rawan maling (alhamdulillah belum pernah dan jangan sampe dah)..lebay nih..

dan aye masih punya pertanyaan yang mengganjal sih
1. kenapa setiap 10 m3 itu harganya berbeda?
2. beameter itu biaya untuk apa? jumlahnya memang kecil tapi coba lihat perkaliannya?


mudah-mudahan ad agan-agan sekalian yang kebetulan bekerja di instansi tersebut atau mungkin lebih mengetahui bisa share disini atau mungkin juga pernah menanyakan sebelumnya..

sekian gan dari saya maap kalo
jangan cuma sekedar nyari ....

kalo ad salah2 mohon dimaafkan yaa..
Rumannov - 29/01/2010 06:39 AM
#2

Wah ane kurang bisa bantu jawab neh..mungkin bawah ane bisa bantu..btw pertamax yah..
lunar1980 - 29/01/2010 07:07 AM
#3

.....daripda susah tanya di kaskus kenapa tidak tanya di kantor PAM nya langsung ?
Rasuna - 29/01/2010 07:23 AM
#4

ah itu mang mesti ati2 tante gua yg di semarang ditagih 300.000 pdahal tante gua cuma berdua ama kakek gua yg udah tua dan lagi sakit.
dibilangin aja ama tante gua ke petugas PAMnya ga mungkn pak tagihan saya segini wong saya cuma tinggal berdua ama bapak saya, bapak saya dah tua lumpuh juga jadi cuma mandi 2 kali sehari.
petugasnya diem aja trus cabut besok2nya tagihan ga sampe 300k
tae lah ada aja oknum yg ngambil keuntungan liat2 kek kalo rumahnya mewah mah silahkan aja dimark up jelas2 rumah kakek gua sederhana
alfaw - 29/01/2010 08:10 AM
#5

kenaikan per 10m3 karena menggunakan system progresig.Jadi semaik banyak pemakaian maka harga semakin tinggi per m3nya.
Masalah justru terjadi waktu selama beberapa bulan tagihan kita kecil karena petugas asal menghitung dan dibawah angka meteran kita.begitu ada petugas yang menghitung bener..itu bom nya..kita jadi kena pemakaian yang lebih mahal
jagungturbo - 29/01/2010 08:30 AM
#6

moga2 ada org PAM yg ngaskus dan bisa bantu jawab

denny1804sd - 29/01/2010 10:17 AM
#7

Quote:
Original Posted By lunar1980
.....daripda susah tanya di kaskus kenapa tidak tanya di kantor PAM nya langsung ?


kemaren saya baru dari PAM dan saya lupa menanyakannya...makanya saya share dengan agan-agan di kaskus yang terkenal yahud..
siap laksanakan lah...

Quote:
Original Posted By Rasuna
ah itu mang mesti ati2 tante gua yg di semarang ditagih 300.000 pdahal tante gua cuma berdua ama kakek gua yg udah tua dan lagi sakit.
dibilangin aja ama tante gua ke petugas PAMnya ga mungkn pak tagihan saya segini wong saya cuma tinggal berdua ama bapak saya, bapak saya dah tua lumpuh juga jadi cuma mandi 2 kali sehari.
petugasnya diem aja trus cabut besok2nya tagihan ga sampe 300k
tae lah ada aja oknum yg ngambil keuntungan liat2 kek kalo rumahnya mewah mah silahkan aja dimark up :berbusa jelas2 rumah kakek gua sederhana

coba mulai catet gan untuk meminimalisar resiko akibat oknum2 yang kaya gitu...pencatatan ane juga baru berjalan 2 bulan nih gan..

Quote:
Original Posted By alfaw
kenaikan per 10m3 karena menggunakan system progresig.Jadi semaik banyak pemakaian maka harga semakin tinggi per m3nya.
Masalah justru terjadi waktu selama beberapa bulan tagihan kita kecil karena petugas asal menghitung dan dibawah angka meteran kita.begitu ada petugas yang menghitung bener..itu bom nya..kita jadi kena pemakaian yang lebih mahal

bisa agak dijelaskan gan yang dimaksud sistem progresif itu? kalo diumpamakan anek angkot jelas yang bayar lebih besar dia itu memang yang tujuannya paling jauh? tapi kayanya sistem PAM bukan kaya gitu ya, soalnya aye kirain itu harganya flat ternyata tidak? makanya ane bingung dengan perbedaan harga itu..nah kalo masalah bom itu sebenernya kita yang rugi gan karena kenaikan selisih harganya kisaran Rp. 800 untuk rumah tangga 2 tiap kenaikan tarif 1 tingkat..tapi kalo dikali 10 bisa Rp. 8,000 lumayan gan
jadi simplenya gini gan (contoh kita ambil harga yang 0-10 M3 sebagai harga awal/acuan)
kenaikan 1 tingkat tarif: Rp. 8,000
kenaikan 2 tingkat tarif: Rp. 8,000+ Rp. 16,000= Rp. 24,000
kenaikan 3 tingkat tarif: Rp. 8,000+ Rp. 16,000 + Rp. 24,000= Rp. 48,000
frontierfreedom - 29/01/2010 10:56 AM
#8

Kalu gw biasanya setiap petugas dateng org rumah pasti ikut liat proses pencatetan nya jadi g mgk petugasnya nulis asal2an.
denny1804sd - 29/01/2010 07:17 PM
#9

Quote:
Original Posted By jagungturbo
moga2 ada org PAM yg ngaskus dan bisa bantu jawab


semoga aja gan......

Quote:
Original Posted By frontierfreedom
Kalu gw biasanya setiap petugas dateng org rumah pasti ikut liat proses pencatetan nya jadi g mgk petugasnya nulis asal2an.


ok juga sarannya gan.
fadhillah - 30/01/2010 09:55 PM
#10

gw juga punya tips buat lo,
gw dikasih tau bokap gw,
gw juga tgl dibekasi...

gini, kan klo malem pam gede bgt tuh ngucurnya,
saat mo ngisi bak kamar mandi...
klo dah mulai malem, usahakan BUKA KRAN cuma jgn full dibuka,
sampe pagi biarin aja dibuka krannya
hanya yg paling kecil aja,
jadi airnya keluarnya dikit duang,
sambil sesekali liat meteran pamnya
& ini terbukti meteran pam GA BERJALAN SAMA SEKALI...

emang sih cara ini licik....
tpi wong orangnya pam juga licik sma kita,
klo mo dicoba, monggo dicoba,
dulu tagihan pam gw sebesar 18m3, jadi itu diitungnya sebesar 20 m3
nah udah lama gw pake cara ini, jadi turun ga nyampe 10m3
meooong - 30/01/2010 11:14 PM
#11

bea meter itu harga sewa planggan gan ke pdam.. kita ga bkl bisa beli itu meter... seberapa mahalnya kita nawar ga akan bs dijual... karna justru dgn tarip sewa yg selamanya itu maka pdam bs mendapatkan untung lbh..

kl yg tiap 10m3.. hmmmm... ntahlah.. mungkin sbagai pengingat supaya make aer jgn boros..
partoholic - 30/01/2010 11:43 PM
#12

Nais inpo gan
gingasquad - 31/01/2010 12:17 AM
#13

entah itu sengaja ato tidak disengaja..ane juga perna toh tagihan bisa bengkak gt.tapi bukan air, melainkan telp rumah..
denny1804sd - 31/01/2010 12:26 PM
#14

Quote:
Original Posted By fadhillah
gw juga punya tips buat lo,
gw dikasih tau bokap gw,
gw juga tgl dibekasi...

gini, kan klo malem pam gede bgt tuh ngucurnya,
saat mo ngisi bak kamar mandi...
klo dah mulai malem, usahakan BUKA KRAN cuma jgn full dibuka,
sampe pagi biarin aja dibuka krannya
hanya yg paling kecil aja,
jadi airnya keluarnya dikit duang,
sambil sesekali liat meteran pamnya
& ini terbukti meteran pam GA BERJALAN SAMA SEKALI...

emang sih cara ini licik....
tpi wong orangnya pam juga licik sma kita,
klo mo dicoba, monggo dicoba,
dulu tagihan pam gw sebesar 18m3, jadi itu diitungnya sebesar 20 m3
nah udah lama gw pake cara ini, jadi turun ga nyampe 10m3


nice trick gan..ane juga pernah coba tuh...

Quote:
Original Posted By meooong
bea meter itu harga sewa planggan gan ke pdam.. kita ga bkl bisa beli itu meter... seberapa mahalnya kita nawar ga akan bs dijual... karna justru dgn tarip sewa yg selamanya itu maka pdam bs mendapatkan untung lbh..

kl yg tiap 10m3.. hmmmm... ntahlah.. mungkin sbagai pengingat supaya make aer jgn boros..

gila gan sewa seumur hidup...padahal waktu kita pasang air PAM kan yang mahal biaya meterannya itu bukan..dan kenpa ya setiap kita minta fasilitas dari PAM selalu dihitung dengan rupiah... nah aye dapet TKP nih, kebetulan di tetangga ane...jadi dia pake PAM juga nih tapi meteran dia bocor (pas sambungan di meteran) jadi airnya ngucur terus dong...begitu komplain ke PAM ternyata alesannya bocor itu disebabkan oleh pengguna, jadi kena biaya pembetulan sekitar 300rb...ini asli gila banget nih, padahalkan jelas2 dia menjelaskan bahwa dia tidak pernah mengotak-atik meteran dan sebagainya kecuali orang PAM..okelah kita hanya sewa, tapi masa kerusakan yang disebabkan oleh pemilik/ benda pemilik kita yang nanggung (teori darimana ini)..moga2 orang2 pam selalu diberikan hidayah menuju kejalan yang benar..amin

Quote:
Original Posted By gingasquad
entah itu sengaja ato tidak disengaja..ane juga perna toh tagihan bisa bengkak gt.tapi bukan air, melainkan telp rumah..

usulan buat wacana baru nih gan...
neosferatu - 31/01/2010 07:30 PM
#15

sikit sharing ya...

ane baru beli rumah 6 bln yl.
bulan pertama mo bayar2 dong operasional rumah...

ok semua kebayar kecuali... yap... PAM
belum ada tagihannya ktnya..

bulan ke dua.. gitu juga sama...

bulan ke tiga juga...

walhasil bulan ke emprat, gw dapat surat peringatan...
WTF?!?!?!

kalo gw cuma diem duduk gak cari info, wajar lah gw dapat warning.
Ini gw udah samperin PAM BSD, Bank dlsb sampe ke dukun beranak...
usut punya usut, gak ada orang lapangan yang nyatet meteran gw...
SWT!

Singkat cerita, akhirnya ane pasang jet pump dibelakang...
dan keran PAM ane tutup rapet2...

AKHIRNYA ada orang PAM yang datang buat nyatet, dan dia nanya... "Pak, pasang jet pump ya"

secara pemakaian gw bulan itu... "0 besar"
denny1804sd - 04/02/2010 09:08 AM
#16

[QUOTE=neosferatu;162136885]

nice share...
Home > CASCISCUS > SURAT PEMBACA > Cara Cermat Membayar Tagihan Air PAM