Kendaraan Roda 2
Home > LOEKELOE > OTOMOTIF > Kendaraan Roda 2 > [share info]Keunggulan Mesin Tegak dibanding Mesin Horisontal
Total Views: 4154
Page 2.5 of 6 |  < 1 2 3 4 5 6 > 

okka14 - 16/02/2010 10:15 AM
#31

gan klo bisa sekalian dikasih foto2na biar org yg awam tau
chancellor hgt - 16/02/2010 10:24 AM
#32

Quote:
Original Posted By wasuretta
wah jadinya pendapat ts sm agan fukego bikin gua bingung nh


gak usah bingung

Mungkin bisa disimpulkan begini :

- Pendapat TS berdasarkan situs yamaha , maka betul yang dibilang om fuk (baca : fukego) bahwa itu pendapat pendapat tersebut berlaku bagi mesin yamaha atau setidaknya yamaha meyakininya demikian

- Pendapat om Fukego mungkin berdasarkan dari pemikiran pemikiran para ilmuwan / ahli mesin motor (saya bilang mungkin karena saya sendiri bukan yang mengerti mesin ). Kalau membahas konfigurasi mesin mana yang paling bagus/baik bakalan gak ada habisnya juga kali ya karena beberapa merek pabrikan punya ciri khas konfigurasi / fanatik terhadap konfigurasi mesin tertentu yang berbeda satu sama lain. contoh : BMW dan HD

om fuk dan TS bahas jg dunk ttg konfigurasi mesin lainnya, mis : inline dsb


Kendaraan yang penting sesuai peruntukannya aja alias tepat guna. untuk kondisi di kita bebek ama matic paling uenakkk wis.........................


jangan lupa dirawat
CogantapiJelek - 16/02/2010 10:29 AM
#33

wah itu toh kelebihan dari mesin posisi tegak
lordofthelor - 16/02/2010 10:30 AM
#34

xixixi, jd inget debat di forum tetangga
disitu dijelasin juga mesin tegak vs. tidur
dan pendapat terakhir yg bisa diterima ya seperti yg suhu fukego bilang gan
pengaruh friksi dan gaya gravitasi klo diitung tuh ga ngaruh banyak.

mesin boxer bmw yg "tiduran" juga tetep aja ganas performanya gan
VodkaDeviL - 16/02/2010 10:31 AM
#35

wah setelah baca2 jadi paham..
nice info gan
CogantapiJelek - 16/02/2010 11:46 AM
#36

Quote:
Original Posted By fukego
itu kan dari sudut pandang yamaha...maka itu tidak akan bertahan selamanya

subaru n ferrari (cars) ama bmw motorrad pasti punya counter-argument yang tidak kalah meyakinkan

karena mesin F1 pun pernah dirancang flat-12...dengan kemampuan yang tidak kalah dari narrow angle V12 ...

poin pertama:
saya lihat (berdasarkan kesimpulan setelah membaca penelitian para ahli) gravitasi dan gesekan berlebih pada mesin horizontal tidak lagi relevan karena tenaga putaran akan mengalahkan power loss akibat gesekan (yang bagaimanapun kecil atau besar tetap tidak bisa dihapus di mesin motor reciprocating internal combustion)

poin kedua:
EFI akan segera menyelesaikan masalah manifold (leher angsa) yang selama ini diasosiasikan denga gravity-fed fuel (aka karburator).
straight downdraft throttle body...

poin ketiga:
busi dan area di sekitarnya bisa dibuat waterproof. kanzen pernah bikin bebek yang bener-bener bisa nerabas banjir kan?

poin keempat:
terpaku dengan dimensi? itu kalau konfigurasinya masih tradisional linear dari depan ke belakang...
...saya pernah bikin thread ada mesin balap (husqvarna dirtbike) dimana kruk-as dan transmisi bertumpuk secara vertikal....jadi panjangnya depan ke belakang lebih pendek daripada konfigurasi tradisional.
biarpun silindernya tidur pun panjang totalnya bisa sama kayak yang mesin tegak

...itu yang balap...kalo ntar yamaha lexam sama bebek honda CVT udah beredar, poin keempat bisa semakin ditekan lagi karena tidak adanya persneling bisa memangkas panjang total mesin secara drastis...

poin kelima: titik berat yang lebih rendah justru makin bagus buat handling.
itu aja...lower CoG is the best...

tentu saja tidak ada argumen manusia yang akan sempurna di dunia ini...
teknologi terus berjalan ke arah kemajuan
dan kayaknya suatu saat kita tidak perlu lagi debat soal ini

karena mesin internal combustion yang sekarang ini akan musnah dan diganti hasil teknologi terbaru (yang tentunya akan memicu perdebatan baru tentang mana yang lebih unggul)


nice ideas to share, my friend...kalo ada cendol dari fukego dilempar ke ente...tolong ditangkep yak


bahasanya tingkat dewa nih nubitol ga ngerti
supersilit - 16/02/2010 12:11 PM
#37

Quote:
Original Posted By fukego
silit super? diameter berapa itu?

dan kenapa saya ditunggu-tunggu? ada yang mau nagih utang bakso kemaren?


nunggu penjabaran dari sampeyan om

seru bacanya ..

kekkekekek
combrozmu - 16/02/2010 12:47 PM
#38
Beberapa tipe mesin lainnya.

[*]Mesin berikut adalah mesin berkonfigurasi inline cylinder atau silinder segaris. Dengan konfigurasi seperti ini, mesin cukup menggunakan satu poros engkol dan satu garis kepala silinder. Kelebihan dari konfigurasi mesin ini yaitu mudah dipasang dan mudah diservis. Namun kelemahannya adalah mesin jenis ini memiliki tinggi yang cukup tinggi dan tenaga yang dihasilkan tidak sebesar mesin berkonfigurasi V.







[*]Mesin berkonfigurasi V atau biasanya orang barat bilang V-engine. Silinder disusun ke dalam 2 bentuk, bentuk bersudut 60 atau 90 derajat. Mesin ini menggunakan satu poros engkol. Masing-masing jurnal poros engkol digunakan untuk memasang 2 batang piston. Lantaran memiliki 2 buah blok mesin, mesin jenis ini memiliki dua kepala silinder. Keuntungan mesin ini, yaitu memiliki tenaga yang lebih berlimpah dibanding inline silinder namun kerugiannya adalah boros BBM dan bila rusak lebih sulit diperbaiki dibanding inline.





[*]Slant Cylinder Engine adalah konfigurasi mesin segaris atau inline namun dengan posisi miring. Mesin jenis ini sama seperti inline dan dengan posisi ini, jenis mesin ini sangat cocok untuk minibus.




[*]Konfigurasi mesin ini sering disebut mesin boxer yang digunakan untuk mobil VW dan Porsche. Mesin jenis ini memiliki ketinggian mesin yang cukup rendah, karena sudut antar silinder berlawanan adalah 180 derajat dan hanya dengan satu poros





[*]Konfigurasi mesin ini memiliki lebih dari dua silinder dengan mengelilingi sebuah poros engkol dibagian tengahnya. Biasanya konfigrasi mesin ini digunakan untuk mesin pesawat terbang dengan pendingin udara. Kelemahan model ini adalah gerak batang piston yang lambat.




Sebagian besar untuk mesin mobil, tapi ada juga motor bermesin seperti diatas, terutama in-line engine.
Kalau ada yang punya keterangan tentang rotary engine dan W3 , share ya..
kega - 16/02/2010 02:07 PM
#39

Quote:
Original Posted By combrozmu

[*]Mesin berikut adalah mesin berkonfigurasi inline cylinder atau silinder segaris. Dengan konfigurasi seperti ini, mesin cukup menggunakan satu poros engkol dan satu garis kepala silinder. Kelebihan dari konfigurasi mesin ini yaitu mudah dipasang dan mudah diservis. Namun kelemahannya adalah mesin jenis ini memiliki tinggi yang cukup tinggi dan tenaga yang dihasilkan tidak sebesar mesin berkonfigurasi V.







[*]Mesin berkonfigurasi V atau biasanya orang barat bilang V-engine. Silinder disusun ke dalam 2 bentuk, bentuk bersudut 60 atau 90 derajat. Mesin ini menggunakan satu poros engkol. Masing-masing jurnal poros engkol digunakan untuk memasang 2 batang piston. Lantaran memiliki 2 buah blok mesin, mesin jenis ini memiliki dua kepala silinder. Keuntungan mesin ini, yaitu memiliki tenaga yang lebih berlimpah dibanding inline silinder namun kerugiannya adalah boros BBM dan bila rusak lebih sulit diperbaiki dibanding inline.





[*]Slant Cylinder Engine adalah konfigurasi mesin segaris atau inline namun dengan posisi miring. Mesin jenis ini sama seperti inline dan dengan posisi ini, jenis mesin ini sangat cocok untuk minibus.




[*]Konfigurasi mesin ini sering disebut mesin boxer yang digunakan untuk mobil VW dan Porsche. Mesin jenis ini memiliki ketinggian mesin yang cukup rendah, karena sudut antar silinder berlawanan adalah 180 derajat dan hanya dengan satu poros





[*]Konfigurasi mesin ini memiliki lebih dari dua silinder dengan mengelilingi sebuah poros engkol dibagian tengahnya. Biasanya konfigrasi mesin ini digunakan untuk mesin pesawat terbang dengan pendingin udara. Kelemahan model ini adalah gerak batang piston yang lambat.




Sebagian besar untuk mesin mobil, tapi ada juga motor bermesin seperti diatas, terutama in-line engine.
Kalau ada yang punya keterangan tentang rotary engine dan W3 , share ya..


mantap bener penjelasannya gan....
Ayo gan dilanjutkan lagi, kan mayan nambah ilmu untuk kita - kita yg nubi ni.
wasuretta - 16/02/2010 02:11 PM
#40

Quote:
Original Posted By fukego
gak usah bingung...yang penting motor anda gak rewel dan ngerepotin (apapun bentuk mesinnya)...iya kan?


ga tuh gan, pasti rewel kalo udh masa umurnya tuh part2
wasuretta - 16/02/2010 02:13 PM
#41

Quote:
Original Posted By chancellor hgt
gak usah bingung

Mungkin bisa disimpulkan begini :

- Pendapat TS berdasarkan situs yamaha , maka betul yang dibilang om fuk (baca : fukego) bahwa itu pendapat pendapat tersebut berlaku bagi mesin yamaha atau setidaknya yamaha meyakininya demikian

- Pendapat om Fukego mungkin berdasarkan dari pemikiran pemikiran para ilmuwan / ahli mesin motor (saya bilang mungkin karena saya sendiri bukan yang mengerti mesin ). Kalau membahas konfigurasi mesin mana yang paling bagus/baik bakalan gak ada habisnya juga kali ya karena beberapa merek pabrikan punya ciri khas konfigurasi / fanatik terhadap konfigurasi mesin tertentu yang berbeda satu sama lain. contoh : BMW dan HD

om fuk dan TS bahas jg dunk ttg konfigurasi mesin lainnya, mis : inline dsb


Kendaraan yang penting sesuai peruntukannya aja alias tepat guna. untuk kondisi di kita bebek ama matic paling uenakkk wis.........................


jangan lupa dirawat


wokeh deh brader, makasih yak
skalorman - 16/02/2010 02:24 PM
#42

Quote:
Original Posted By combrozmu
Jika kita cermati, Hampir Semua Motor Sport dan Bebek Sport memakai mesin dengan konvigurasi mesin tegak. Nah apa sih keunggulan mesin tegak? kok nyaris semua motor sport modern memakai mesin jenis ini.

Oke coba kita bahas satu persatu keunggulan mesin tegak.
Pertama, gesekan yang terjadi pada dinding piston dengan dinding dalam silinder akan lebih kecil jika kondisi arah gesekan semakin vertikal tegak lurus dengan bumi. Sehingga performa mesin akan lebih baik karena gesekan yang terjadi pada bagian inti penggerak ini lebih kecil. Mesinpun akan lebih effisien sehingga konsumsi bahan bakar lebih irit.

Kedua, bahan bakar yang masuk kedalam mesin melalui karburator akan lebih lancar, karena tidak perlu melalui leher angsa. Akan tetapi langsung lurus masuk kedalam mesin. Performa mesin tentu saja lebih baik dengan adanya pasokan bahan bakar yang lebih lancar dan merata.

Ketiga, mesin tegak lebih tahan banjir. Karena bagian filter udara dan karburator terletak lebih tinggi dan lebih terlindung dari pada mesin horisontal. Busi-pun terletak lebih tinggi, sehingga bagian pemicu pembakaran ini lebih aman dari resiko terendam air.

Keempat, mesin tegak dengan kapasitas mesin (cc) yang besar akan tetap kompak secara dimensi, tidak sepanjang mesin horisontal. Hal ini mengakibatkan sepeda motor lebih stabil karena titik berat motor dapat lebih terpusat di tengah. Selain itu beragam fitur yang lebih baik dapat diterapkan pada motor yang memakai konfigurasi mesin tegak. Semisal ada ruang yang cukup untuk Radiator, Monoshock Suspension, dan penggunaan Delta Box Frame. Tentunya motor makin superior dengan beragam Fitur ini.

Kelima, sepeda motor yang menggunakan mesin tegak akan lebih lincah ditikungan, karena titik berat pada mesin tegak lebih tinggi dari pada titik berat pada mesin horisontal. Hal ini akan membuat motor lebih dinamis saat bermanuver maupun saat melahap tikungan pada kecepatan tinggi. Demikian halnya jika kita terjebak dalam kemacetan jalanan kota besar, motor juga tetap lebih lincah dan handal.
sumber: www.yamaha-friends.com

sory kalau repost..


Quote:
Original Posted By fukego
itu kan dari sudut pandang yamaha...maka itu tidak akan bertahan selamanya

subaru n ferrari (cars) ama bmw motorrad pasti punya counter-argument yang tidak kalah meyakinkan

karena mesin F1 pun pernah dirancang flat-12...dengan kemampuan yang tidak kalah dari narrow angle V12 ...

poin pertama:
saya lihat (berdasarkan kesimpulan setelah membaca penelitian para ahli) gravitasi dan gesekan berlebih pada mesin horizontal tidak lagi relevan karena tenaga putaran akan mengalahkan power loss akibat gesekan (yang bagaimanapun kecil atau besar tetap tidak bisa dihapus di mesin motor reciprocating internal combustion)

poin kedua:
EFI akan segera menyelesaikan masalah manifold (leher angsa) yang selama ini diasosiasikan denga gravity-fed fuel (aka karburator).
straight downdraft throttle body...

poin ketiga:
busi dan area di sekitarnya bisa dibuat waterproof. kanzen pernah bikin bebek yang bener-bener bisa nerabas banjir kan?

poin keempat:
terpaku dengan dimensi? itu kalau konfigurasinya masih tradisional linear dari depan ke belakang...
...saya pernah bikin thread ada mesin balap (husqvarna dirtbike) dimana kruk-as dan transmisi bertumpuk secara vertikal....jadi panjangnya depan ke belakang lebih pendek daripada konfigurasi tradisional.
biarpun silindernya tidur pun panjang totalnya bisa sama kayak yang mesin tegak

...itu yang balap...kalo ntar yamaha lexam sama bebek honda CVT udah beredar, poin keempat bisa semakin ditekan lagi karena tidak adanya persneling bisa memangkas panjang total mesin secara drastis...

poin kelima: titik berat yang lebih rendah justru makin bagus buat handling.
itu aja...lower CoG is the best...

tentu saja tidak ada argumen manusia yang akan sempurna di dunia ini...
teknologi terus berjalan ke arah kemajuan
dan kayaknya suatu saat kita tidak perlu lagi debat soal ini

karena mesin internal combustion yang sekarang ini akan musnah dan diganti hasil teknologi terbaru (yang tentunya akan memicu perdebatan baru tentang mana yang lebih unggul)


nice ideas to share, my friend...kalo ada cendol dari fukego dilempar ke ente...tolong ditangkep yak



kalo suhu2 udah ngomong kayak gini, ane nyimak aja deh, kagak bisa komen apa2
RiedhoKTAV - 16/02/2010 02:41 PM
#43

Nice info gan... Emang mesin tegak emang terbukti lebih tahan banting juga ketimbang mesin horizontal...

Sisanya? Yaaaah, tergantung cara riding, perawatan, dll.nya gan...
RiedhoKTAV - 16/02/2010 02:43 PM
#44

Quote:
Original Posted By fukego
itu kan dari sudut pandang yamaha...maka itu tidak akan bertahan selamanya

subaru n ferrari (cars) ama bmw motorrad pasti punya counter-argument yang tidak kalah meyakinkan

karena mesin F1 pun pernah dirancang flat-12...dengan kemampuan yang tidak kalah dari narrow angle V12 ...

poin pertama:
saya lihat (berdasarkan kesimpulan setelah membaca penelitian para ahli) gravitasi dan gesekan berlebih pada mesin horizontal tidak lagi relevan karena tenaga putaran akan mengalahkan power loss akibat gesekan (yang bagaimanapun kecil atau besar tetap tidak bisa dihapus di mesin motor reciprocating internal combustion)

poin kedua:
EFI akan segera menyelesaikan masalah manifold (leher angsa) yang selama ini diasosiasikan denga gravity-fed fuel (aka karburator).
straight downdraft throttle body...

poin ketiga:
busi dan area di sekitarnya bisa dibuat waterproof. kanzen pernah bikin bebek yang bener-bener bisa nerabas banjir kan?

poin keempat:
terpaku dengan dimensi? itu kalau konfigurasinya masih tradisional linear dari depan ke belakang...
...saya pernah bikin thread ada mesin balap (husqvarna dirtbike) dimana kruk-as dan transmisi bertumpuk secara vertikal....jadi panjangnya depan ke belakang lebih pendek daripada konfigurasi tradisional.
biarpun silindernya tidur pun panjang totalnya bisa sama kayak yang mesin tegak

...itu yang balap...kalo ntar yamaha lexam sama bebek honda CVT udah beredar, poin keempat bisa semakin ditekan lagi karena tidak adanya persneling bisa memangkas panjang total mesin secara drastis...

poin kelima: titik berat yang lebih rendah justru makin bagus buat handling.
itu aja...lower CoG is the best...

tentu saja tidak ada argumen manusia yang akan sempurna di dunia ini...
teknologi terus berjalan ke arah kemajuan
dan kayaknya suatu saat kita tidak perlu lagi debat soal ini

karena mesin internal combustion yang sekarang ini akan musnah dan diganti hasil teknologi terbaru (yang tentunya akan memicu perdebatan baru tentang mana yang lebih unggul)


nice ideas to share, my friend...kalo ada cendol dari fukego dilempar ke ente...tolong ditangkep yak




Suhunya mesin sepertinya udah dateng dimarih...

Ane duduk manis aja deh klo gitu...

Maklum masih belajar...
wasuretta - 16/02/2010 02:51 PM
#45

Quote:
Original Posted By RiedhoKTAV


Suhunya mesin sepertinya udah dateng dimarih...

Ane duduk manis aja deh klo gitu...

Maklum masih belajar...


lah lo kan juga suhu dho

KOLONJENGKING - 16/02/2010 04:13 PM
#46



terkesima.....
ikokunling - 16/02/2010 04:18 PM
#47

nice tips om TS
FLAP137 - 16/02/2010 04:19 PM
#48

Quote:
Original Posted By fukego
itu kan dari sudut pandang yamaha...maka itu tidak akan bertahan selamanya

subaru n ferrari (cars) ama bmw motorrad pasti punya counter-argument yang tidak kalah meyakinkan

karena mesin F1 pun pernah dirancang flat-12...dengan kemampuan yang tidak kalah dari narrow angle V12 ...

poin pertama:
saya lihat (berdasarkan kesimpulan setelah membaca penelitian para ahli) gravitasi dan gesekan berlebih pada mesin horizontal tidak lagi relevan karena tenaga putaran akan mengalahkan power loss akibat gesekan (yang bagaimanapun kecil atau besar tetap tidak bisa dihapus di mesin motor reciprocating internal combustion)

poin kedua:
EFI akan segera menyelesaikan masalah manifold (leher angsa) yang selama ini diasosiasikan denga gravity-fed fuel (aka karburator).
straight downdraft throttle body...

poin ketiga:
busi dan area di sekitarnya bisa dibuat waterproof. kanzen pernah bikin bebek yang bener-bener bisa nerabas banjir kan?

poin keempat:
terpaku dengan dimensi? itu kalau konfigurasinya masih tradisional linear dari depan ke belakang...
...saya pernah bikin thread ada mesin balap (husqvarna dirtbike) dimana kruk-as dan transmisi bertumpuk secara vertikal....jadi panjangnya depan ke belakang lebih pendek daripada konfigurasi tradisional.
biarpun silindernya tidur pun panjang totalnya bisa sama kayak yang mesin tegak

...itu yang balap...kalo ntar yamaha lexam sama bebek honda CVT udah beredar, poin keempat bisa semakin ditekan lagi karena tidak adanya persneling bisa memangkas panjang total mesin secara drastis...

poin kelima: titik berat yang lebih rendah justru makin bagus buat handling.
itu aja...lower CoG is the best...

tentu saja tidak ada argumen manusia yang akan sempurna di dunia ini...
teknologi terus berjalan ke arah kemajuan
dan kayaknya suatu saat kita tidak perlu lagi debat soal ini

karena mesin internal combustion yang sekarang ini akan musnah dan diganti hasil teknologi terbaru (yang tentunya akan memicu perdebatan baru tentang mana yang lebih unggul)


nice ideas to share, my friend...kalo ada cendol dari fukego dilempar ke ente...tolong ditangkep yak

Very nice analysis, bro.
dindindinz - 16/02/2010 05:15 PM
#49

Ikut menyimak...
qio - 16/02/2010 05:29 PM
#50

wih mantap gan, ane juga sempet liat tuh ada cb-125 mesin nya L-series
Page 2.5 of 6 |  < 1 2 3 4 5 6 > 
Home > LOEKELOE > OTOMOTIF > Kendaraan Roda 2 > [share info]Keunggulan Mesin Tegak dibanding Mesin Horisontal