Arsip Forum
Home > CASCISCUS > WELCOME TO KASKUS > Arsip Forum > [FAQ]Bertanya soal Batam ?? Disini Tempatnya !!
Total Views: 31820
Page 10 of 99 | ‹ First  < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 >  Last ›

emonosphere - 15/03/2010 04:06 PM
#181

Quote:
Original Posted By r1kr1k
kuliner nya kok lom di update ya???...
1.restaurant seafood rezeki...pantai batu besar - batam ...www.seafoodrezeki.com
2.restaurant setia budi...pantai nongsa - batam
3.warung kopi rodamas...belakang goodway hotel - nagoya - batam
4.restaurant new shangrilla...bcs mall - batam
5.la costa...batam
yang lain tambahin yah...


ada lagi gan yg murah meriah n juga enk ..
6. D'Sampan - ruko greenland - batam centre
7. Warung "Pak De" - samping gedung Dana Graha - Nagoya
"ni warung menu spesialnya 3T Superpedas (tahu,tempe,telur)"hehe,
menu ekonomis yahuuddd dah..."



booboo1212 - 15/03/2010 04:25 PM
#182

sore semua

mu nanya neh... ada yang tau gk klu ngirim

barang bekas dari batam ke jakarta kena pajak gk sih..

soalnya ane kemaren mu ngirim sepeda bekas ( beli disengkuang bener2

bekas dan aada karatnya alias bener2 barang bekas )

gw mu kirim ke jakarta, di cargo bandara dikenain pajak 200k,

apa bener barang bekas dikenain pajak?

setau ane sih cuma barang electronic dan Hp aja yang kena pajak..

gw kaget 2 sepeda bekas gw beli 1,2K berat 2 sepeda 30kg...pajakya 432K...

sayang resinya gw buang krn kesel ama Bea C*&ai nya...
untieno - 15/03/2010 04:31 PM
#183

Quote:
Original Posted By booboo1212
sore semua

mu nanya neh... ada yang tau gk klu ngirim

barang bekas dari batam ke jakarta kena pajak gk sih..

soalnya ane kemaren mu ngirim sepeda bekas ( beli disengkuang bener2

bekas dan aada karatnya alias bener2 barang bekas )

gw mu kirim ke jakarta, di cargo bandara dikenain pajak 200k,

apa bener barang bekas dikenain pajak?

setau ane sih cuma barang electronic dan Hp aja yang kena pajak..

gw kaget 2 sepeda bekas gw beli 1,2K berat 2 sepeda 30kg...pajakya 432K...

sayang resinya gw buang krn kesel ama Bea C*&ai nya...


setau saya barang yang lebih dari Rp.500.000,- bakalan kena pajak gan,pajaknya bukan tergantung barang,tapi tergantung harga
harusnya agan bilang berapa ratus ribu saja gan
bilang juga barang seken
CMIIW,spengalaman saya ngirim tustel seken
booboo1212 - 15/03/2010 04:35 PM
#184

Quote:
Original Posted By untieno
setau saya barang yang lebih dari Rp.500.000,- bakalan kena pajak gan,pajaknya bukan tergantung barang,tapi tergantung harga
harusnya agan bilang berapa ratus ribu saja gan
bilang juga barang seken
CMIIW,spengalaman saya ngirim tustel seken


wkwkwkkwwkkwwk

kaga bakal percaya tuh orang gan... sepeda 2 biji satunya 200k

wkwkwkwk MTB lagi.... binging gw ama peraturan dibatam neh....

2 bulan yang lalu gw kirim dari bandung kebatam kaga kena pajak apa2

di bandara husein sastra..... eh di sini gw dikerjain.....
HerryJr87 - 15/03/2010 04:37 PM
#185

Quote:
Original Posted By booboo1212
sore semua

mu nanya neh... ada yang tau gk klu ngirim

barang bekas dari batam ke jakarta kena pajak gk sih..

soalnya ane kemaren mu ngirim sepeda bekas ( beli disengkuang bener2

bekas dan aada karatnya alias bener2 barang bekas )

gw mu kirim ke jakarta, di cargo bandara dikenain pajak 200k,

apa bener barang bekas dikenain pajak?

setau ane sih cuma barang electronic dan Hp aja yang kena pajak..

gw kaget 2 sepeda bekas gw beli 1,2K berat 2 sepeda 30kg...pajakya 432K...

sayang resinya gw buang krn kesel ama Bea C*&ai nya...


1,2k ??? berapa tuh maksudnya bro...
bea cukai tau nya... setiap barang yg harganya lebih dari 50 dollar us... tetep dikenakan pajak... tapi ga tau deh pajaknya brp... kl elektronik...

harga barang - 50 Dollar US x 17,5% = pajak bea cukai... lom termasuk ongkir..

mungkin bro salah pikir.. mungkin itu ongkos kirimnya yg mahal... itung aja 30kg... dikalikan 20rb per 1kg ongkirnya ... udah kena 600.000 ???

tapi kok bisa 432...

itu udah ongkir keseluruhan ato cuma pajak bea cukai ya ?
HerryJr87 - 15/03/2010 04:39 PM
#186

Quote:
Original Posted By booboo1212
wkwkwkkwwkkwwk

kaga bakal percaya tuh orang gan... sepeda 2 biji satunya 200k

wkwkwkwk MTB lagi.... binging gw ama peraturan dibatam neh....

2 bulan yang lalu gw kirim dari bandung kebatam kaga kena pajak apa2

di bandara husein sastra..... eh di sini gw dikerjain.....


kl dari bandung emang ga bakal kena pajak...

batam daerah FTZ... dimana maksudnya... barang yg masuk dari luar tidak dikenakan pajak... jadi kl ada pengiriman keluar.. itulah makanya dikenakan pajak
booboo1212 - 15/03/2010 04:45 PM
#187

Quote:
Original Posted By HerryJr87
1,2k ??? berapa tuh maksudnya bro...
bea cukai tau nya... setiap barang yg harganya lebih dari 50 dollar us... tetep dikenakan pajak... tapi ga tau deh pajaknya brp... kl elektronik...

harga barang - 50 Dollar US x 17,5% = pajak bea cukai... lom termasuk ongkir..

mungkin bro salah pikir.. mungkin itu ongkos kirimnya yg mahal... itung aja 30kg... dikalikan 20rb per 1kg ongkirnya ... udah kena 600.000 ???

tapi kok bisa 432...

itu udah ongkir keseluruhan ato cuma pajak bea cukai ya ?

>>>>>>>>>>>>>>>>>>>
2 sepeda gw beli di sengkuang rp 1,2jt sori bukan 1,2K hehehehhe
di resinya ada tertera pajak........ 10%. pajak.......10% pajak.......10% pajak...... 7%. resinya gw buang gan kesel bgt... itu belum ongkir...
nah yang gw bingung gw kirim sepeda dari bandung ke batam kena 80.000 tanpak kena pajak sedikitpun krn di cargo tsb ada batas minimum pengiriman
per 10kg, dari 1kg-10kg ya 80rb, lebih dari itu per Kg rp 3500.. lah kok dibatam jadi berbeda... klu electronic gw ngerti gan... ini sepeda bekas
kena paja juga.... gmn gw kirim makanan bekas ya wkkwkwwk kena pajak juga kali ya makanan bekas ato baju bekas.... :linux:
nah pajak nya keluar2 rp 432K... bingung kan.... krn males debat gw tinggalin aja, akhirnya gw titip ama teman aja yang berangkat ke jakarta tadi pagi.
HerryJr87 - 15/03/2010 04:58 PM
#188

Quote:
Original Posted By booboo1212
>>>>>>>>>>>>>>>>>>>
2 sepeda gw beli di sengkuang rp 1,2jt sori bukan 1,2K hehehehhe
di resinya ada tertera pajak........ 10%. pajak.......10% pajak.......10% pajak...... 7%. resinya gw buang gan kesel bgt... itu belum ongkir...
nah yang gw bingung gw kirim sepeda dari bandung ke batam kena 80.000 tanpak kena pajak sedikitpun krn di cargo tsb ada batas minimum pengiriman
per 10kg, dari 1kg-10kg ya 80rb, lebih dari itu per Kg rp 3500.. lah kok dibatam jadi berbeda... klu electronic gw ngerti gan... ini sepeda bekas
kena paja juga.... gmn gw kirim makanan bekas ya wkkwkwwk kena pajak juga kali ya makanan bekas ato baju bekas.... :linux:
nah pajak nya keluar2 rp 432K... bingung kan.... krn males debat gw tinggalin aja, akhirnya gw titip ama teman aja yang berangkat ke jakarta tadi pagi.


wew... sampe 37%... keQ nya agak2 gila ya... setahu gua sih paling kena pajak 17,5%

jadi harga 1.200.000

dikurang 50 USD = lebih kurang 465.000

jadi 735.000 dikalikan 17,5% = 128.625

nah itu harga pajaknya... ditambah harga ongkir bro

setahu ane sih begitu
ato coba cari si handyclean... dia kerja di bagian pajak
handyclean - 15/03/2010 05:04 PM
#189

Quote:
Original Posted By booboo1212
>>>>>>>>>>>>>>>>>>>
2 sepeda gw beli di sengkuang rp 1,2jt sori bukan 1,2K hehehehhe
di resinya ada tertera pajak........ 10%. pajak.......10% pajak.......10% pajak...... 7%. resinya gw buang gan kesel bgt... itu belum ongkir...
nah yang gw bingung gw kirim sepeda dari bandung ke batam kena 80.000 tanpak kena pajak sedikitpun krn di cargo tsb ada batas minimum pengiriman
per 10kg, dari 1kg-10kg ya 80rb, lebih dari itu per Kg rp 3500.. lah kok dibatam jadi berbeda... klu electronic gw ngerti gan... ini sepeda bekas
kena paja juga.... gmn gw kirim makanan bekas ya wkkwkwwk kena pajak juga kali ya makanan bekas ato baju bekas.... :linux:
nah pajak nya keluar2 rp 432K... bingung kan.... krn males debat gw tinggalin aja, akhirnya gw titip ama teman aja yang berangkat ke jakarta tadi pagi.


setau saya perhitungannya begini :
(harga barang - 50 USD) x tarif pajak
tarif pajak disini ada 4 macam :
1. Bea Masuk (tergantung jenis barang)
2. PPN (besarnya 10%,berlaku untuk semua jenis barang)
3. PPnBM (tergantung jenis barang, klo masuk kategori barang mewah, ya kena)
4. PPh (besarnya 7,5%, berlaku untuk semua jenis barang)

nah karena agan tadi beli harganya 1,2 jt >>
dan 50 USD = 459.400 (kurs 1 USD = Rp. 9.188)
perhitungannya (mungkin) seperti ini :
yg dikenakan pajak >> 1.200.000 - 459.400 = 740.600
perhitungan :
BM 10 % x 740.600 = 74.060
PPN 10% x (740.600+74.060) = 81.466
PPh 7,5% x (740.600+74.060) = 55.545
total pajak : Rp. 211.071
itu menurut perhitungan saya gan. CMIIW

trus klo masalah kirim dari Bandung gk kena pajak,emg seharusnya seperti itu.karena hanya di Batam aja klo mo kirim barang keluar kota harus bayar pajak.
hal ini dikarenakan Batam sudah menjadi FTZ.barang impor yg masuk ke Batam tidak dikenakan pajak. jadi klo mau dibawa keluar batam,baru dipungut pajaknya.
kyosho_11 - 15/03/2010 06:08 PM
#190
Ask
hallo, salam kenal

saya mau tanya nih, apa benar jika melakukan pengiriman dari batam ke singapore maupun ke malasia biaya lebih murah ? ada yang pernah coba ga ? ato bisa share ke saya ?

sorry klo salah room, sya mau cari info mungkin bisa dapet di regional batam.

thanks
otanaya - 15/03/2010 10:01 PM
#191

Quote:
Original Posted By handyclean
setau saya perhitungannya begini :
(harga barang - 50 USD) x tarif pajak
tarif pajak disini ada 4 macam :
1. Bea Masuk (tergantung jenis barang)
2. PPN (besarnya 10%,berlaku untuk semua jenis barang)
3. PPnBM (tergantung jenis barang, klo masuk kategori barang mewah, ya kena)
4. PPh (besarnya 7,5%, berlaku untuk semua jenis barang).
hal ini dikarenakan Batam sudah menjadi FTZ.barang impor yg masuk ke Batam tidak dikenakan pajak. jadi klo mau dibawa keluar batam,baru dipungut pajaknya.


Tengkyu nais inpoh gan.

Btw mo nanya dunk, kalo someday gw balik ke Jakarta:

1. Gw bawa komputer desktop lengkap dari Jakarta. Trus kelak klo gw balik ke Jakarta bawa komputer itu, kena pajak berapa %?

2. Misal gw beli barang komputer / elektronik bekas di Batam, trus gw balik ke Jakarta, pajaknya berapa %?

Tengkyu lagi gan..
HerryJr87 - 15/03/2010 10:03 PM
#192

Quote:
Original Posted By kyosho_11
hallo, salam kenal

saya mau tanya nih, apa benar jika melakukan pengiriman dari batam ke singapore maupun ke malasia biaya lebih murah ? ada yang pernah coba ga ? ato bisa share ke saya ?

sorry klo salah room, sya mau cari info mungkin bisa dapet di regional batam.

thanks


wadoh... kirim keluar negri gua lom pernah nih... jadi lom tau
handyclean - 15/03/2010 10:21 PM
#193

Quote:
Original Posted By otanaya
Tengkyu nais inpoh gan.

Btw mo nanya dunk, kalo someday gw balik ke Jakarta:

1. Gw bawa komputer desktop lengkap dari Jakarta. Trus kelak klo gw balik ke Jakarta bawa komputer itu, kena pajak berapa %?

2. Misal gw beli barang komputer / elektronik bekas di Batam, trus gw balik ke Jakarta, pajaknya berapa %?

Tengkyu lagi gan..


okehh..saya coba jawab satu persatu

1. klo juragan bawa barang dari luar Batam (misal Jakarta) dan akan dibawa kembali ke Jakarta (ato daerah laen), maka pada saat nyampe di Batam (bandara Hang Nadim) langsung cari petugas bea cukai disitu.terus bilang "mau lapor pak.saya bawa barang dari Jakarta dan akan dibawa kembali".
nanti petugas akan kasih surat keterangan yg menyatakan bahwa barang tersebut benar berasal dari Jakarta. nah pada saat mau dibawa kembali ke
Jakarta,tinggal tunjukin aja surat itu ke petugas. asal barang yg dibawa cocok (jumlah,jenis,nomor serinya ato apalah) dgn yg ada di surat keterangan.

2.klo beli barang di Batam,seperti yg udah saya jelaskan sebelumnya,pungutan pajak didasarkan pada harga barang setelah dikurangi pembebasan. pembebasannya sebesar : 50 USD untuk barang kiriman pos ato jasa titipan lain (Tiki,Elteha,JNE,dll) dan 250 USD untuk barang bawaan penumpang.
tarif pajak yg dikenakan berbeda-beda untuk setiap jenis barang.misalnya untuk HaPe, Bea Masuknya 0%,PPN 10%,PPnBM 0% dan PPh 7,5%.jadi totalnya 17,5%(untuk hape aja ). dan yg perlu diingat,yg dikenakan pajak bukan hanya elektronik.

demikianlah yg dapat kami sampaikan.mohon maaf apabila ada salah-salah kata (kok kayak orang pidato

semoga membantu gan
klo kurang jelas bisa tanya lagi,sepanjang saya tau jawabannya
HerryJr87 - 15/03/2010 10:24 PM
#194

^
yang kerja di bea.cukai emang ngerti banget deh soal pengiriman

thanks handy
handyclean - 15/03/2010 10:35 PM
#195

Quote:
Original Posted By HerryJr87
^
yang kerja di bea.cukai emang ngerti banget deh soal pengiriman

thanks handy


sama2 om RL
pokoke selama bisa membantu,ya saya bantu
HerryJr87 - 15/03/2010 10:39 PM
#196

Quote:
Original Posted By handyclean

sama2 om RL
pokoke selama bisa membantu,ya saya bantu


sama2 dah bro
ada yg seger2 tuh masuk ke kulkas nya
handyclean - 15/03/2010 10:50 PM
#197

Quote:
Original Posted By HerryJr87
sama2 dah bro
ada yg seger2 tuh masuk ke kulkas nya


waaahhh...dapet cendol dari RL
makasih RL yg baek hati
madamdadam - 16/03/2010 12:53 AM
#198

Klo mau ke batam bahaya ga sih seandainya bw laptop tp isinya software bjakan? Srg ada razia g di airportny? Soalnya isi lapie ane windows bjakan + software crack2an.
nitrogliserin - 16/03/2010 01:01 AM
#199

Quote:
Original Posted By madamdadam
Klo mau ke batam bahaya ga sih seandainya bw laptop tp isinya software bjakan? Srg ada razia g di airportny? Soalnya isi lapie ane windows bjakan + software krack2an.


asal ada sticker hologram windows di laptopnya,
aman kok gan...

biasanya diperiksa, tapi cuman diliatin stiker ijo windows genuinenya di bawah casing lappie...
HerryJr87 - 16/03/2010 07:09 AM
#200

Quote:
Original Posted By nitrogliserin
asal ada sticker hologram windows di laptopnya,
aman kok gan...

biasanya diperiksa, tapi cuman diliatin stiker ijo windows genuinenya di bawah casing lappie...


wah.... ada artist CCPB mampir di thread ku
sungguh beruntung aku


Page 10 of 99 | ‹ First  < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 >  Last ›
Home > CASCISCUS > WELCOME TO KASKUS > Arsip Forum > [FAQ]Bertanya soal Batam ?? Disini Tempatnya !!