Budaya
Home > LOEKELOE > SUPRANATURAL > Budaya > Makam Prabu Angling Darmo ada di Kab. Pati
Total Views: 6984
Page 1 of 2 |  1 2 > 

goenkoe - 05/03/2010 01:28 AM
#1
Makam Prabu Angling Darmo ada di Kab. Pati
Makam prabu Angling Darmo, patih Batik madrim ada di kec. Sukolilo kab. pati. sejarah kerajaan malwopati terdapat di pati di buktikan dengan adanya makam tersebut. makam raja yang deket pusat pemerintahan merupakan ciri kerajaan di jawa.

Cerita rakyat semisal kehidupan Syeh Jangkung (Saridin), Sunan Ngerang, sejarah Kiai Mutamakkin, kerajaan Malwapati dan cerita-cerita lain yang berkelindan dalam ruang hidup dan imajinasi warga Pati merupakan warisan berharga.(suara merdeka edisi 03 okt 2008).
literatur lain juga menerangkan bahwa kerajaan berada di pesisir utara pulau jawa bagian tengah.

http://www.situsgunungkendeng.blogspot.com/

blog sahabat saya ini,bisa di lihat peninggalan-peninggalan bersejarah di kab. pati.
mbah putri - 05/03/2010 01:39 AM
#2

nice share gan .. cek tkp yah.. thanks
Doyxii - 05/03/2010 04:04 AM
#3

benar tuh gan... ane peninggalan pati jg..
wiz18 - 05/03/2010 04:13 AM
#4

ane kira anglingdarma itu cuma cerita di sinetron aja gan,,

gak taunya memang benar ada...

nice info gan...
goenkoe - 05/03/2010 04:17 AM
#5

itu sejarah gan, bukan fiksi
namelezz234 - 05/03/2010 06:15 AM
#6

0ption - 05/03/2010 08:29 AM
#7

Quote:
nice info gan . . .
blue72ers - 05/03/2010 08:39 AM
#8

Nais info.jd inget film angling darmo
pandu32 - 05/03/2010 08:51 AM
#9

ke TKP gan....
:mgacir
amirasya - 05/03/2010 08:54 AM
#10

nais infoh gan
cek ke tekape
ANUStertusuk - 05/03/2010 09:11 AM
#11

Quote:
Original Posted By goenkoe
Makam prabu Angling Darmo, patih Batik madrim ada di kec. Sukolilo kab. pati. sejarah kerajaan malwopati terdapat di pati di buktikan dengan adanya makam tersebut. makam raja yang deket pusat pemerintahan merupakan ciri kerajaan di jawa.

Cerita rakyat semisal kehidupan Syeh Jangkung (Saridin), Sunan Ngerang, sejarah Kiai Mutamakkin, kerajaan Malwapati dan cerita-cerita lain yang berkelindan dalam ruang hidup dan imajinasi warga Pati merupakan warisan berharga.(suara merdeka edisi 03 okt 2008).
literatur lain juga menerangkan bahwa kerajaan berada di pesisir utara pulau jawa bagian tengah.

http://www.situsgunungkendeng.blogspot.com/

blog sahabat saya ini,bisa di lihat peninggalan-peninggalan bersejarah di kab. pati.


gan, tapi kok Angling Darmo juga populer di Kab. Bojonegoro, Jatim ya? kebetulan saya lama tinggal di Bojonegoro (25 tahun).
malah pendopo kabupatennya sendiri namanya Pendopo Malowopati. trus di kantor bupatinya juga ada ruang rapat yg namanya Batik Madrim.

dulu juga ada taman wisata yang namanya Meliwis Putih, tapi sekarang dah bertahun2 mangkrak karena sepi pengunjung. konon, prabu Angling Darmo ini juga bisa menjelma jadi burung Meliwis yang bulunya putih bersih.

tapi kalo peninggalan sejarah yang bener2 nyata, saya sendiri blom pernah liat -misalnya semacam candi, prasasti, dll - jadi kesannya prabu Angling Darmo sama Kerajaan Malowopati ini kok bau2 nya seperti legenda lokal saja.

kalo mas TS punya penjelasan dan bukti2 sejarah ttg keberadaan Angling darmo ini mohon dibeber saja
kuojiang - 06/03/2010 11:59 AM
#12

nice info gannnnn
klobotjagung - 06/03/2010 12:43 PM
#13

ane orang pati, tp baru tw kllo makan angling darmo ada didaerah ane, info bagus gan
laisalax - 06/03/2010 12:45 PM
#14

angling darmo tu ukuran sepatunya berapa ya gan??
mhmmd - 06/03/2010 01:28 PM
#15

wah baru tahu malah kalao ternyata di pati ituh ada... padahal lahir di pati asli heheheh
pecelbungkus - 15/03/2010 09:58 AM
#16

saya pernah baca tulisan di sebuah koran mengenai angling darmo
bahwa angling darmo sendiri adalah sebuah sanepan atau simbol
angling darmo berasal dari kata angel ing darmo(susahnya memenuhi darmo)
untuk menunjukkan bahwa hidup ini tidak gampang
terutama untuk hidup di daerah seperti daerah bojonegoro yang waktu itu hutan dan sering banjir
jadi sanepan itu ditulis sebagai pengingat bahwa hidup ini tidak mudah dan jangan menyerah
prabuanom - 15/03/2010 04:07 PM
#17

mangga dilanjut
pho3n1x - 15/03/2010 04:12 PM
#18

emang ada ya film tentang angling darmo??? dmn tv mana gan??
(ane jarang nonton tipi gan)
prabuanom - 15/03/2010 04:55 PM
#19

Quote:
Original Posted By pho3n1x
emang ada ya film tentang angling darmo??? dmn tv mana gan??
(ane jarang nonton tipi gan)


dulu ada gan di indosiar, sekarang dah ga ada diprotes karena di episode terahir dipaksakan ada SARA didalamnya . jd banyak yg protes.... . terutama drkalangan umat hindu
ANUStertusuk - 16/03/2010 06:49 PM
#20

Quote:
Original Posted By pecelbungkus
saya pernah baca tulisan di sebuah koran mengenai angling darmo
bahwa angling darmo sendiri adalah sebuah sanepan atau simbol
angling darmo berasal dari kata angel ing darmo(susahnya memenuhi darmo)
untuk menunjukkan bahwa hidup ini tidak gampang
terutama untuk hidup di daerah seperti daerah bojonegoro yang waktu itu hutan dan sering banjir
jadi sanepan itu ditulis sebagai pengingat bahwa hidup ini tidak mudah dan jangan menyerah


ooo gitu ya gan? makasih infonya.

soalnya ane sih rada2 ga percaya sama fakta sejarah angling darmo ini. setau ane waktu baca2 buku2 sejarah (terutama ttg kerajaan2 hindu) keberadaan Malowopati ini sama sekali ga pernah disinggung2.
Page 1 of 2 |  1 2 > 
Home > LOEKELOE > SUPRANATURAL > Budaya > Makam Prabu Angling Darmo ada di Kab. Pati