Kendaraan Roda 4
Home > LOEKELOE > OTOMOTIF > Kendaraan Roda 4 > Komunitas Kijang masuk sini>>>>>>
Total Views: 4553
Page 1 of 3 |  1 2 3 > 

AMzrhmn - 09/04/2010 03:08 PM
#1
Komunitas Kijang masuk sini>>>>>>
Diskusi segala macam tentang TOYOTA kijang......

SEKEDAR REMIND KITA AJA GAN.......!!!!!!!

Toyota Kijang adalah model kendaraan niaga dan keluarga buatan Toyota yang merupakan kendaraan paling populer untuk kelas MiniBus di Indonesia. Toyota Kijang hadir di Indonesia sejak tahun 1977 dan saat ini merupakan salah satu model yang diusung Toyota dan paling laku di negara tersebut. Kini mobil ini dapat ditemukan dengan mudah di seluruh pelosok Indonesia.

Kesuksesan Toyota Kijang telah berdampak dengan munculnya mobil-mobil sejenis yang meniru konsep dari Toyota Kijang (terutama dari segi nama hewan), misalnya Isuzu Panther dan Mitsubishi Kuda. Selain di Indonesia, sebelum hadirnya generasi "Innova", Toyota Kijang juga dijual di Malaysia dengan nama "Unser".

Generasi I (1977-1980)

Sejarah Produksi

Peluncuran perdana dari Toyota Kijang generasi pertama adalah pada tahun 1977. Dimana saat itu terdapat keraguan dari para perancangnya, tentang apakah Kijang dapat diterima oleh pasar Indonesia. Keraguan tersebut disebabkan karena Mitsubishi Colt merupakan jenis kendaraan yang mendominasi pasar mobil mini bus pada saat itu. Generasi pertama Toyota Kijang menerapkan konsep pickup dengan bentuk kotak mendasar. Model ini sering dijuluki "Kijang Buaya" karena tutup kap mesinnya yang dapat dibuka sampai ke samping. Kijang generasi perdana ini diproduksi hingga pada tahun 1980.

Produksi

Pada tahun pertama peluncurannya, total produksi Kijang generasi pertama hanya berjumlah 1.168 unit. Dimana tahun berikutnya, 1978, jumlahnya meningkat menjadi 4.624 unit. Jumlah produksi Kijang terus meningkat dari tahun ke tahun. Kehadiran Kijang sebagai kendaraan multifungsi atau serbaguna yang mudah perawatannya membuat permintaan terus meningkat.

Generasi II (1981-1985)

Generasi II mulai dijual pada September 1981. Bentuk model ini tidak terlalu berbeda dibandingkan dengan generasi sebelumnya, namun memiliki beberapa perubahan yang di antaranya adalah peningkatan kapasitas silinder mesin menjadi 1.300 cc (naik 100 cc). Kapasitas ini kemudian dinaikkan lagi hingga 1.500 cc.

Sejarah Produksi

Mobil ini, walaupun disebut sebut memiliki banyak perubahan, bentuknya masih ada kesamaan dengan kijang buaya. Lampu mobil masih bulat di samping depan kanan-kiri dan gril masih sederhana dengan tulisan TOYOTA pada bagian depan. Garis pada bonnet juga masih simpel dan curam. Meski bukaan pada tutup kap mesin tidak lagi bukaan penuh hingga bagian tepi hidung mobil (bonnet) seperti halnya kijang sebelumnya.

Konsep Produksi

Mobil dengan kode rangka KF20 ini akrab sebagai Doyok (sebutan yang diambil dari sebuah serial kartun bertokoh Doyok pada harian pos kota) sehingga dikenal juga sebagai Kijang Doyok. Pintu lebih manis dengan dilengkapi kaca dengan engsel tidak lagi mirip engsel pintu rumah dan dilengkapi kunci pada tahun 1982. Dengan mesin 4K berkapasitas 1300 cc, transmisi masih 4 percepatan. Suspensi masih double wishbone dengan per daun pada bagian depan dan per daun under axle (dibawah gardan) pada bagian belakang mobil.

Generasi III (1986-1996)

Pada tahun 1986 model generasi ketiga dilempar ke pasaran. Kijang generasi ini bentuknya lebih melengkung pada lekukannya sehingga tampak lebih modern. Model ini hingga saat ini masih banyak digunakan di jalanan di Indonesia meski tidak lagi diproduksi.

Pada generasi ini, konsep kijang sebagai kendaraan angkut mulai bergeser sebagai kendaraan penumpang sekalipun banyak Kijang generasi sebelumnya juga dimodifikasi sebagai kendaraan penumpang. Pada masa ini, bisa dikatakan sebagai generasi kejayaan Kijang sebagai mobil penumpang, terutama sebelum banyak mobil penumpang Built Up impor meramaikan pasar kendaraan di Indonesia serta puncak dominasi Toyota atas model-model kuat seperti Mitsubishi Colt L300 dan minibus tanpa bonnet lainnya seperti Suzuki Carry dan Daihatsu Zebra dimana Kijang menjadi pilihan kuat konsumen saat itu. Toyota mengeluarkan dua tipe Kijang pada generasi ini yakni tipe Kijang Super (1986-1992) dan Kijang Grand (1992-1996) dengan memiliki life cycle cukup panjang (hampir satu dekade) dibandingkan generasi lalu.

Desain mobil ini memiliki bentuk lebih manis dan halus dibandingkan generasi lalu yang kaku mirip kotak sabun. Teknologi full pressed body diperkenalkan untuk menekan penggunaan dempul dalam proses pembuatannya hingga 2-5 kg dempul per mobil. Mesin masih memakai tipe 5K namun memiliki daya kuda (horse power) yang lebih tinggi yakni 63 hp dari sebelumnya 61 hp. Transmisi menggunakan 5 percepatan, yang sebelumnya memakai 4 percepatan.

Setelah Agustus 1992, Toyota memasuki generasi perbaikan bodi mobil yang disebut sebagai Toyota Original Body. Sebuah proses pembuatan bodi mobil dengan mesin press dan metode las titik. Sampai saat ini, bisa dikatakan satu-satunya Kijang yang bebas dempul.

Generasi IV (1997-2004)

Setelah sepuluh tahun bertahan dengan rancangan generasi ketiga, Kijang meluncurkan model berikutnya dengan perubahan pada eksterior dan interiornya yang lebih aerodinamis. Model ini akrab dipanggil "Kijang Kapsul".

Mulai generasi keempat kijang ini, dominasi Jepang semakin besar. Kalau sebelumnya Toyota Astra Motor memanfaatkan perakitan bodi mobil banyak menggunakan karoseri. Pada generasi ini sudah dikatakan menyiratkan mobil yang sesungguhnya. Desainnya membulat seperti kapsul dan lebih aerodinamis dan menjadi loncatan desain pada masanya. Pada kijang yang dikenal sebagai kijang baru ini, Toyota mengeluarkan dua tipe mesin yakni Mesin bensin 1800cc (tipe 7K) seperti generasi-generasi sebelumnya dan Mesin diesel 2500cc (tipe 2L) yang membuat persaingan dengan Isuzu Panther untuk mobil keluarga bermesin diesel yang saat itu mendominasi pasaran.

Pada Kijang versi tahun 1997-2000, mesin bensin menggunakan karburator, baru pada akhir tahun 2000 tersedia mesin bensin dengan sistem injeksi elektronik, Electronic Fuel Injection(EFI). Ada dua pilihan untuk mesin bensin EFI, yaitu 7K-E dengan kapasitas 1800cc bertenaga 80 hp dan 1RZ-E dengan kapasitas 2000 cc Yang Diambil Dari Toyota Hilux. Meskipun mesin 1RZ-E secara teknologi lebih canggih jika dibandingkan dengan mesin 7K-E, namun mesin bensin 2000cc ini kurang laku di pasaran indonesia karena (konsumsi) bahan bakarnya dinilai lebih boros dibandingkan dengan tipe 7K-E.

Generasi V (2004-saat ini)

Kijang kembali diperbaharui pada tahun 2004 dan dipasarkan dengan nama "Kijang Innova". Selain di Indonesia, model ini juga dipasarkan ke pasar luar negeri dengan nama "Innova" (tanpa "Kijang"). Model ini telah mengalami perubahan yang cukup drastis dibandingkan dengan model dari generasi sebelumnya. Jika pada awal konsep Kijang generasi pertama adalah Basic Utility Vehicles atau kendaraan kelas bawah, maka Kijang generasi V lebih dikategorikan sebagai kendaraan kelas menengah. Bentuk model fisiknya jauh lebih modern dan futuristik, terutama dibagian depan kendaraan, dimana tidak lagi menonjolkan bentuk lekukan tajam seperti pada model-model sebelumnya.

Konsep Produksi

Model ini dikeluarkan oleh Toyota Astra Motor pada akhir tahun 2004, yang dipasarkan dengan konsep mobil keluarga jenis MPV (Multi Purposes Vehicle) masa kini, dengan bentuk bodi yang lebih aerodinamis beserta kenyamanan setaraf dengan sedan mewah. Posisi pengendaraan lebih akurat, letak shift knob terjangkau dan panel instrumen yang lebih user friendly. Generasi ini menerapkan Mesin VVT-i 2000 cc dengan jenis 1TR-FE berkatup 16 DOHC dengan tenaga yang jauh lebih besar daripada Kijang generasi sebelumnya, yaitu sebesar 136 hp, menggantikan jenis K/RZ Dan L pada generasi sebelumnya. Kijang generasi ini dirancang dengan sistem Direct Ignition System (DIS) dan merupakan penerapan dari teknologi pedal gas tanpa kabel atau Throttle Control System-Inteligent dan dilengkapi oleh mesin membujur dengan penggerak roda belakang (Rear Wheel System).
Penyempurnaan Produksi

Menggunakan Suspensi Independen Double Wishbone dengan per keong pada bagian depan (Coil Spring) dan 4-link Lateral Rod Rigid Axle pada bagian belakangnya, Kijang generasi ini dapat meredam guncangan lebih nyaman. Chasis masih menggunakan Ladder Bar namun beban suspensi dapat didistribusikan secara merata keseluruh bagian badan mobil sehingga Body Roll dan tingkat Pitching semakin kecil atau sudut geometri suspensi lebih handal ketimbang kijang generasi sebelumnya karena titik jatuh suspensi yang lebih akurat berbanding antara panjang dan lebar mobil.

Total penjualan

* Generasi I: 26.806 unit
* Generasi II: 84.068 unit
* Generasi III: 509.687 unit
* Generasi IV: 429.674 unit

Ekspor

Kijang Generasi IV yang diluncurkan pada tahun 1997 diekspor secara utuh (completely built-up/CBU) ke Brunei Darussalam, Pasifik Selatan, Papua Nugini, dan Timor Timur, serta secara terurai (completely knocked-down/CKD) ke Afrika Selatan, Malaysia, Filipina, dan Taiwan. Nama-nama Kijang versi ini di luar negeri: Unser (Malaysia), Zace (Taiwan), Tamaraw Revo (Filipina), Qualis (India), dan Condor di Afrika Selatan.

Mesin dan Kijang CKD tersebut diekspor ke Filipina dan Vietnam. Mesin Kijang 7K CKD diekspor ke Jepang dan blok silinder 5K diekspor ke Jepang. Total nilai ekspor Toyota Kijang mencapai 715.000.000 dolar AS.

Kijang Innova diekspor ke Malaysia, Thailand, dan Brunei Darusallam dan direncanakan juga mencapai negara ASEAN lainnya, Timur Tengah dan Oseania.

SUMBER : WIKI
MAAP KALO
SEKEDAR REMIND AJA GAN........
MARI KITA SHARE....!!!!!!!
tamidut - 12/04/2010 11:16 PM
#2

Nice remind Gan..
Soalnya ane skrg jg lagi nabung mau beli kijang kotak generasi III
Jd inponya lumayan ngebantu
funkywildeyes - 13/04/2010 12:41 PM
#3

ane paling suka yg generasi 4 gan...
masi ada malah di rumah
enjus - 13/04/2010 12:43 PM
#4

ane masih pake yang generasi ke 3

mobil kesayangan Bokap....
AMzrhmn - 13/04/2010 12:48 PM
#5

Quote:
Original Posted By enjus
ane masih pake yang generasi ke 3

mobil kesayangan Bokap....


iy, d rmah ms ad, handlingny bagus untuk lari di atas 100, stabil, ga mlayang kaya avanza..
azumi.mizuhashi - 18/04/2010 03:40 PM
#6

punya ane generasi 3 dong yah grand extra 96 ?
beli ga sengaja tadinya mau mitsubishi kuda, eh jodoh nya itu
untuk kapasitas sih ama yg sebelum nya emang lebih xtra
mobil standard tapi reliable
ridwanoctario - 10/05/2010 12:25 AM
#7

nice info :

ane pernah dari generasi :

generasi II gan,kijang kotak 1982 gan,mesin nya mantab bgt,truz ganti ke generasi ke tiga gan... lebih nyaman banget gan,udh double ac,truz blm lama ganti generasi ke empat gan.... lagi tahap renovasi agar lebih nyaman bgt gan...






AMzrhmn - 12/05/2010 10:23 PM
#8

Quote:
Original Posted By ridwanoctario
nice info :

ane pernah dari generasi :

generasi II gan,kijang kotak 1982 gan,mesin nya mantab bgt,truz ganti ke generasi ke tiga gan... lebih nyaman banget gan,udh double ac,truz blm lama ganti generasi ke empat gan.... lagi tahap renovasi agar lebih nyaman bgt gan...







mantap tu gan.....
ane denger2....kalo yg generasi ke 4 lbih stabil dari yg trakir....
ane tau dari supir2 travel ne gan.....
rushbrain389 - 13/05/2010 12:44 PM
#9

Quote:
Original Posted By AMzrhmn
mantap tu gan.....
ane denger2....kalo yg generasi ke 4 lbih stabil dari yg trakir....
ane tau dari supir2 travel ne gan.....


setubuh gan.. innova boros, dan limbung kalau buat nyalip-nyalip.. tapi kenyamanan mah ya namanya juga mobil baru hehehe
unjuy - 13/05/2010 08:16 PM
#10

mobil kesayangan orang rumah masuk di generasi ke 3....
AMzrhmn - 16/05/2010 11:18 PM
#11

Quote:
Original Posted By unjuy
mobil kesayangan orang rumah masuk di generasi ke 3....


wah, tumben...
biasanya suka ama sedan tuh..???
bbs - 17/05/2010 12:03 AM
#12

gan, ane lagi bingung mau beli mobil...
mao pilih avanza apa inova ya.
untuk saat ini sih masih buat berdua aja sama bini tercinta.
rada bingung juga sih...sekarang ane pake kijang kapsul, cuma bensinnya haduh boros setengah mati. mau ganti mobil keluarga toyota jadi rada bingung...
tolong sarannya gan...thx
AMzrhmn - 17/05/2010 05:37 PM
#13

Quote:
Original Posted By bbs
gan, ane lagi bingung mau beli mobil...
mao pilih avanza apa inova ya.
untuk saat ini sih masih buat berdua aja sama bini tercinta.
rada bingung juga sih...sekarang ane pake kijang kapsul, cuma bensinnya haduh boros setengah mati. mau ganti mobil keluarga toyota jadi rada bingung...
tolong sarannya gan...thx


ane sih ga terlalu expert di bidang otomotif....
cuman sering nanya2 aja pendapatnya ma yg laen2...

masing2 kendraan pnya kelebihan n kekurangan....
kalo innova, bensinya lebih parah dari kapsul, avanza jauh lebih irit..tapi kalo di bejek gas dalem2, innova langsung pasang lari sribu.......
innova asik di ajak jalan jauh to luar kota, kalau avanza agak melayang di ates 100....
harga innova skitar 200, sdngkan avanza cman 130 an lah....
kira2 garis besarnya itu deh......
saran ane sih tergantung kebutuhan agan, kalo sering di pake dalam kota, enak pake avanza, coba agan bayangin kalo lagi macet n kebetulan agan pake innova, musti rajin ke SPBU gan buat isi minyak....ujung2 nya kantong jebol dah......
CMIIW....
smoga bermanfaat gan......
rushbrain389 - 23/06/2010 10:01 AM
#14

Quote:
Original Posted By bbs
gan, ane lagi bingung mau beli mobil...
mao pilih avanza apa inova ya.
untuk saat ini sih masih buat berdua aja sama bini tercinta.
rada bingung juga sih...sekarang ane pake kijang kapsul, cuma bensinnya haduh boros setengah mati. mau ganti mobil keluarga toyota jadi rada bingung...
tolong sarannya gan...thx


mending kapsul taon 2004 tapi yang 1.8 cc gan! interior gak kalah ama innova tapi irit dan lebih stabil dari avanza juga gak limbung.. harga juga 130an udah dapat lgx (seri paling bagus) gan..
dvd_option - 23/06/2010 10:08 AM
#15

kijang memang tiada duanya...

Spoiler for RAHASIA TRADING OPTIONS
jacobson92 - 03/07/2010 04:38 PM
#16

kalau model ane paling demen yg generasi 3 :matabelo
tapi kalau menurut ane yg paling nyaman pakenya kijang generasi 4 atau kijang kapsul :matabelo
paling enak tuh buat jalan2 jauh apalagi pas lebaran
BEGIG - 02/08/2010 02:20 AM
#17
...telat nih ane bacanya...
ane punya kijang grand extra '95 warna ijo..masih bener2 polos,,
mohon masukannya dari agan2 sekalian untuk memperindah diapain ya??
pengennya sih konsep model offroad,tapi harus gimana ya??
d.no - 02/08/2010 08:23 AM
#18

Quote:
Original Posted By rushbrain389
mending kapsul taon 2004 tapi yang 1.8 cc gan! interior gak kalah ama innova tapi irit dan lebih stabil dari avanza juga gak limbung.. harga juga 130an udah dapat lgx (seri paling bagus) gan..


seri paling bagus kan krista gan
kucingarmstrong - 15/09/2010 11:25 AM
#19

hidup kijang gannn hehehe numpang jualan yak

kijang sgx 97

http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=5139676

kali aja ada yg mo ganti boilnya
supa535 - 20/12/2010 04:46 AM
#20
Kijang LX 2003
Gan ane mau minta pencerahan ,,,ane punya badget 90 jt ,,mau beli kijang lx 2003,dapet gak ya? trus apa kelebihan dan kekurangannya?


Terima kasih ,sebelumnya
Page 1 of 3 |  1 2 3 > 
Home > LOEKELOE > OTOMOTIF > Kendaraan Roda 4 > Komunitas Kijang masuk sini>>>>>>